Proposal Ryan

Post on 14-Nov-2015

212 views 0 download

Transcript of Proposal Ryan

THE RESEARCH PROPOSAL TEMPLATE

THE RESEARCH PROPOSAL TEMPLATE

Dokumen ini dipersiapkan untuk membantu mahasiswa mempersiapkan proposal penelitiannya. Pengembangan konten proposal bervariasi sesuai dengan jenis penelitian yang dipilih, dan dokumen ini tidak dipersiapkan untuk mengembangkan substansi tersebut. Dukungan yang diberikan utamanya dalam hal seting format, layout, penulisan judul dan sub judul.

Proposal penelitian harus menjelaskan secara lengkap tujuan penelitian dituliskan bersama dengan pembimbing yang ditugaskan. Melalui proposal yang dituliskan mahasiswa harus dapat meyakinkan bahwa penelitian Tugas Akhirnya memberikan kontribusi terhadap suatu persoalan di dalam lingkup disiplin Teknik Industri. Jumlah halaman proposal di antara 5 10 halaman dan mencakup berbagai hal berikut ini : Judul Pendahuluan Latar belakang dan pernyataan permasalahan (dituliskan dengan mengacu pada tinjauan pustaka)

Pertanyaan penelitian atau hipotesa, maksud dan tujuan penelitian Metoda/Rancangan penelitian (tergantung dari tipe penelitian)

Populasi yang diteliti dan cara pengambilan sampel Metoda pengumpulan data dan instrumen yang digunakan Metoda analisa data jelaskan dengan lengkap rencana pengujian statistic, atau sebaliknya perlu dilengkapi dengan bukti bahwa uji statistic tidak perlu dilakukan

Mekanisme untuk menjamin kualitas penelitian misalnya pengendalian terhadap bias

Perioda penelitian - skedul penyelesaian penelitian (tergantung tipe penelitian antara lain: persiapan, pengumpulan data, pengembangan program, pengolahan data, dan penulisan), hingga pelaksanaan seminar dan sidang tugas akhir. Particspan pelaksanaan penelitian tuliskan semua yang dilibatkan di dalam penelitian tugas akhir perlu diidentifikasi beserta peran masing-masing Daftar pustaka Lampiran (copy kuesioner, formulir pengumpulan data, dsb.)

Cara penggunaan template: Template sudah dilengkapi dengan Judul Utama, Judul dan Sub Judul yang diperlukan dalam penulisan proposal. Termasuk didalamnya spasi antar baris dan antar paragraph, page breaks, penomoran halaman, system referensi dan style referensi. Mahasiswa cukup mengedit teks dan mengisikan di setiap bagian sesuai dengan konten Tugas Akhirnya. Jangan merubah styles penulisan judul dan sub-judul, serta jangan mengunakan lebih dari tiga tingkatan judul (yakni Juduj Utama, Sub-Judul,dan Sub-sub-judul). BILA PROPOSAL TELAH SELESAI DI-EDIT, BAGIAN INSTRUKSI INI DI-DELETE Agar dapat menggunakan kembali template ini tambahkan ke dalam directory file Office anda. Caranya, go to the Menu Bar, select File > Save As, when the dialog box appears, at the bottom, under save as type, select Document Template. The MS Office Templates directory automatically appears. You could name your file Proposal Template (which should appear as a default in the dialog box, at the bottom, under Save As). Your template is now saved in the C:\Documents and Settings\User\Application Data\Microsoft\Templates directory.

When you next wish to use this template, click on File > New, the task pane that appears on the right side of your screen will prompt you to use a template, click on on my computer, and from the dialog box that appears, select your template Proposal Template. This brings up the template with all its saved fonts, paragraph settings etc. Once again, simply insert your text, and this time, save your file normally, and NOT as a template!

When you have finished typing, then return to the Contents Page, place your cursor on the greyed out section, right click with the mouse, and select Update entire table

Usulan Rancangan Rute Distribusi Produk Sepatu

Menggunakan Metode Vehicle Routing Problem

NAMA MAHASISWA: Muhammad Ryan Wirakusuma NRP:13-2012-021MATA KULIAH:Metodologi PenelitianJURUSAN:Teknik IndustriKODE MATA KULIAH:TI

NAMA DOSEN:Tuliskan nama dosesTANGGAL PENYERAHAN: DD MMMM 20YY

DAFTAR ISI4ABSTRAK

PENDAHULUAN5LATAR BELAKANG5PERNYATAAN PERSOALAN6Tinjauan6Pertanyaan Penelitian/ Hipotesa Penelitian6MAKSUD DAN TUJUAN7Tujuan Umum7Tujuan Khusus7METODOLOGI PENELITIAN8Tinjauan8Obyek penelitian8Cara pengumpulan data8Jenis dan cara pengumpulan data penelitian8Diagram Alir Metodologi8Penjelasan Diagram Alir9Jadwal Penelitian9KEKUATAN DAN KELEMAHAN PENELITIAN10KONTRIBUSI SIGNIFIKAN YANG DIHARAPKAN11DAFTAR PUSTAKA12LAMPIRAN13Kuesioner13Sumber data penelitian14

ABSTRAKLatar belakangDistribusi dan transportasi merupakan salah satu komponen yang sangat

penting didalam proses siklus manufaktur yang terjadi pemindahan produk dari

penjual kepada pembeli dari satu tempat ke tempat lain. Efisiensi yang terjadi

pada pola distribusi dan transportasi produk dapat memberikan kontribusi yang

cukup besar pada penurunan biaya produk sehingga dapat meningkatkan

keuntungan dan daya saing bagi perusahaan. PT. Primarindo Asia

Infrastructure, Tbk adalah perusahaan manufaktur yang memproduksi sepatu

fashion, casual, dan sporty. Perusahaan melakukan pendistribusian dengan

memberikan tugas sepenuhnya kepada perusahaan logistik untuk

pendistribusian ke distributor yang berada di seluruh Indonesia. Pada saat ini

perusahaan memiliki dua jenis kendaraan untuk pendistribusian tetapi tidak

digunakan sebagaimana mestinya. Khusus untuk pendistribusian di kota

Bandung perusahaan wajib memaksimalkan sumber daya yang ada dengan

melakukan pendistribusian sendiri tanpa mengeluarkan biaya yang besar

kepada perusahaan lain. Usulan rancangan rute distribusi dapat digunakan

sebagai acuan perusahaan untuk mendistribusikan produknya di masa yang

akan dating.MetodaDalam literatur, dinyatakan masalah penentuanrute ini dikenal

dengan istilah metode transportasi yaitu Vehicle Routing Problem. Algoritma

yang digunakan untuk pemecahan masalah ini yaitu dengan menggunakan

nearest neighbor untuk menentukan rute awal dan memperbolehkan

menggunakan algoritma split deliveries vehicle routing problem with single

depot and multiple trips. Pengolahan data menghasilkan jumlah tur dengan

hasil akhir yang didapatkan adalah jumlah kendaraan minimum dengan

beberapa alternatif kendaraan dilihat dari total jarak keseluruhan dan konsumsi

bahan bakar terkecil.Hasil yang diharapkanPembahasan dan KesimpulanDi dalam abstrak jangan menuliskan singkatan, meng-insert table, gambar, atau referensi. Abstrak dituliskan dengan ringkas dan jelas serta tidak boleh lebih dari 300 kata. PENDAHULUANLATAR BELAKANGTuliskan di bagian ini permasalahan umum yang lazim dibahas dalam bidang yang hendak anda teliti di dalam TA.

.PERNYATAAN PERSOALANTinjauanDi bagian ini anda meyakinkan diri anda sendiri dan tentunya juga dosen pemeriksa proposal dengan menyatakan bahwa permasalahan yang anda angkat adalah cukup berbobot. Dari sisi keilmuan tuliskan secara ringkas dan jelas sedikitnya tiga penelitian terdahulu yang telah dilakukan oleh orang lain untuk memecahkan masalah yang tersebut. Tentu saja pilih yang paling dekat atau sesuai dengan topik yang anda kemukakan. Pilih ke tiga pustaka yang mempunyai variasi yang cukup. Hal ini menunjukkan bahwa anda mengawali tugas akhir dengan wawasan pengetahuan yang cukup luas terhadap topik yang diteliti. Di antara ketiga penelitian tersebut jelaskan apa perbedaan antara satu dengan yang lain (dalam hal keunikan persoalan yang dikaji, dalam hal metoda pemecahan, hasil yang diperoleh, dan sebagainya). Kalau memungkinkan garis bawahi kelebihan dan kekurangan masing-masing metoda yang dipakai.Dari sisi terapan tuliskan kontribusi apa yang akan diberikan kalau penelitian ini dilaksanakan dan hasilnya diterapkan.

Catatan: gunakan tata cara menyitir yang benar agar tugas akhir anda terhindar dari tuduhan plagiatisme.Pertanyaan Penelitian/ Hipotesa PenelitianTuliskan apa yang akan diteliti dalam tugas akhir anda. Tergantung pada bidang dan topik yang dipilih maka Pertanyaan Penelitian dapat sangat bervariasi. Hal penting yang perlu diingat dalam penulisannya adalah harus spesifik sehingga dapat menjadi pedoman dalam pemilihan metodologi penelitian yang sesuai.MAKSUD DAN TUJUAN Tujuan UmumTergantung pada bidang dan topik yang dipilih maka Tujuan Umum Penelitian dapat sangat bervariasi. Tuliskan tujuan yang hendak dicapai dengan pemecahan tersebut dalam kaitan dengan latar belakang masalah yang dikemukakan. Tujuan KhususTuliskan secara spesifik dan fokus hasil apa yang hendak anda capai setelah penelitian tersebut dilakukan. Tujuan khusus hendaknya dinyatakan dalam ukuran kinerja yang terukur dan relevan dengan permasalahan yang dikaji.Contoh pernyataan tujuan yang kurang terukur : meningkatkan daya saing, meningkatkan produktifitas, meningkatkan efisiensi, meningkatkan efektifitas, meningkatkan pelayanan, dan sebagainya.

Contoh pernyataan tujuan yang lebih terukur : meningkatkan kapasitas produksi, mengurangi waktu siklus, mengurangi keterlambatan, mengidentifikasi preferensi pelanggan, mengurangi ongkos persediaan, menekan jumlah produk reject, dan sebagainya.METODOLOGI PENELITIAN Tinjauan Tuliskan secara umum metodologi yang hendak dikembangkan. Tergantung pada bidang dan topik yang dipilih maka metodologi penelitian dapat sangat bervariasi. Untuk memperkuat argumentasi mengapa dipilih metodologi tersebut, maka anda perlu menuliskan sumber yang diacu dengan jelas.Obyek penelitian Tergantung pada topik penelitian yang dipilih, tuliskan nama Perusahaan/Institusi/Lembaga. Selanjutnya kalau penelitian TA anda berkaitan dengan penelitian survey tuliskan Populasi dan Sampel yang akan digunakan.Selanjutnya seuai dengan topik TA yang dipilih maka anda dapat menambahkan atau mengosongkan satu atau lebih sub-judul berikutData PenelitianTuliskan data apa saja yang anda butuhkan (kualitatif, kuantitatif).Bila berkaitan dengan penelitian survey tuliskan ukuran sampel dan cara pemilihan sampel.

Jenis dan Cara Pengumpulan Data Tuliskan jenis data (historis, primer, sekunder) dan cara pengumpulannya.

Bagaimana pengelolaan data akan dilakukan.

Tampilkan format/ tabulasi yang akan dipakai dalam pencatatan data tersebut.

Tuliskan metoda analisa data yang akan diterapkanDiagram Alir Metodologi Buat diagram alir langkah penelitian anda.

Diagram alir dalam bagian tertentu yang rinci juga dapat merepresentasikan algoritma/langkah pengolahan data.

Berikan nomor yang jelas pada setiap langkah.

Penjelasan Diagram AlirJelaskan secara ringkas setiap langkah yang anda tuliskan sesuai dengan pe-nomoran dalam diagram alir yang sudah dicantumkan di atas.

Mungkin terdapat langkah yang tidak perlu dijelaskan tuliskan nomor langkah tersebut dan jelaskan mengapa tidak perlu (misalnya langkah menghitung harga rata2 karena sudah sangat umum diketahui).

Bila perlu tuliskan rumus yang digunakan dalam langkah perhitungan tertentu.

Langkah penelitian yang sudah jelas dengan mudah dapat dikomunikasikan dan dilaksanakan.

Jadwal PenelitianJadwal ini dibuat untuk membantu anda mengendalikan kemajuan penyelesaian TA. Maka pastikan bahwa jadwal tersebut anda susun sendiri sesuai dengan kecepatan kerja anda karena hanya anda yang betul-betul tahu berapa waktu yang anda butuhkan untuk setiap kegiatan tersebut. Gunakan jadwal seminar TA yang ditetapkan oleh Jurusan sebagai kegiatan terakhir dari seluruh kegiatan penelitian dan penulisan TA anda.

Catatan:

Buat rincian kegiatan dengan seksama dan asumsinya anda harus melakukan kewajiban dengan baik, yakni terus melaporkan kemajuan materi TA anda agar dosen pembimbing selalu ter update.Jadwalkan pertemuan sedikitnya dua minggu sekali. Artinya progress penulisan TA di setiap minggu harus cukup signifkan, baik untuk menindaklanjuti perbaikan yang harus anda buat maupun untuk melanjukan langkah/penulisan bagian yang sudah disepakati.

Buat perkiraan keterlambatan yang mungkin terjadi, sehingga jadwal ini realistis.Sebagai gambaran berdasarkan data masa lalu waktu tugas akhir rata-rata kurang lebih 7.8 bulan.KEKUATAN DAN KELEMAHAN PENELITIANTuliskan kekuatan dan kelemahan yang sudah ter-antisipasi . Dengan mengetahui hal-hal ini maka pelaksanaan peneltian dilakukan dengan persiapan yang lebih baik.KONTRIBUSI SIGNIFIKAN YANG DIHARAPKANTuliskan hal-hal penting dari hasil penelitian anda yang diharapkan memberikan kontribusi dalam memecahkan permasalahan.DAFTAR PUSTAKAPustaka harus dituliskan sesuai urutan abjad nama pengarang

Tuiskan pustaka yang disitir dalam paragraph, tabel, maupun gambar, menggunakan angka Arab di dalam kurung.

Contoh penulisan daftar putaka dapat dilihat dalam pedoman penulisan tuga akhir.

LAMPIRANKuesionerKalau dalam penelitian anda menggunakan kuesioner dari penelitian terdahulu maka kuesioner tersebut dapat anda lampirkan.Sumber data penelitianApabila data atau pihak-pihak yang akan menjadi sumber data peneltian anda sudah dapat diidentifikasi maka dituliskan di bagian ini.

Semakin fokus dan spesifik isian di bagian ini akan semakin memperjelas langkah pengumpulan data penelitian anda. PAGE 4