Pikiran Rakyat -...

Post on 08-Apr-2019

219 views 0 download

Transcript of Pikiran Rakyat -...

Pikiran Rakyat

f

UNSUR strategis dalammemecahkan keterbe-lakangan sekaligus ger-

bang kemakmuran adalah pen-didikan. Sayangnya, di negeri ini,pendidikan masih belum mendap-at sentuhan yang selayaknya.Mulai dari sistem pendidikan yangsering gonta-ganti, rnasih ba-nyaknya gedung sekolah yangrusak, hingga yang paling parahmenyontek berjemaah yang

disokong oleh guru dan kepalasekolah.Beberapa mahasiswa yang

berasal dari !TB, UPI, Unpad,Unpas, Universitas Terbuka, dananak-anak muda lainnya yangmemiliki kepedulian terhadappendidikan, pada tahun 2000m~ndirikan forum yang dina-makan Frekuensi (Forum Re-aktualisasi Generasi Islami).Hadimya Frekuensi dengan pro-

Frekuensi Educare,Komitmen MendukungPendidikan B'erkualitas

PENGURUS Frekuensi berfow bersarnasiswa SMP Rancabelut yang menjadi binaan Frekuensi Educdre. * .

.11

Iq I pin I Hum ill Un p iId 2 012

gram-program pernbinaannyamendapatkan apresiasi yang san-gat positif dari kalangan sekolahyang secara langsung menjadimitra strategis Frekuensi. Selarnaen am tahun berkiprah dan terusmendapat dukungan, pada tahun2006 Frekuensi melernbagakandiri menjadi LSM Frekuensi(Akta Notaris No. 41/27 Juli2006).

Frekuensi yang berbasis diKecamatan Cicalengka, Bandung,ini memiliki banyak program. Diantaranya program advokasi danpendidikan alternatif, program lit-erasi dan inforrnasi pendidikan,pelatihan dan pengembangan diri,dan pengembangan karakter.

Program advokasi dan pen-didikan alternatif memiliki agen-da Tebar (Teras Belajar)Kabupaten Bandung. Agenda inidi antaranya menvediakan tempatkegiatan belajar-rnengajar, rumahbud aya dan siswa berkarya, per-pustakaan, dan perangkatteknologi desa. Selain itu,Frekuensi lewat program advokasiini juga mengadakan pelatihanuntuk guru honorer se-kabupatenBandung, dan rnembcrikan moti-vasi terhadap masyarakat akanpentingnya pendidikan.

Frekuensi juga, melalui programliterasi dan informasi pendidikanmemfasilitasi masyarakat khusus-nya pelajar agar meningkatkankreativitas mereka melalui mern-

baca. Agenda-agenda yang di-selenggarakan di antaranya bedahbuku, komunitas sastra, wisatabuku (kunjungan ke penerbitbuku temarna), bincang denganpenulis temama, dan sebagainya.

Frekuensi juga menyeleng-garakan pelatihan-pelatihan. Diantaranya pelatihan quantumlearning, quantum teaching, entre-preneurship, dan pelatihan lain-nya. Selain keterampilan,Frekuensi juga menyelenggarakanpelatihan dan pengembangankarakter. Di antaranya mentoringkarakter, jambore pelajarberkarakter, ISGS (IslamicGathering on Sunday], dan awardbagi pelajar yang berkar'akter.

"Dulu Fiekuensi rapatnya darirumah ke rumah pengurus, peng-urusnya hanva lima orang. Saatini alhamdulillah sudah ada 26orang pengurus. Untuk keang-gotaan kita sangat terbuka. Meskibasisnya di Cicalengka, untukrelawan sangat terbuka bagi siapasaja, lintas daerah dan profesi,"kata Asep Awaludin Basori,Direktur Frekuensi.

Berkat kerja keras, Frekuensiterus mendapat dukungan dari se-kolah-sekolah sebagai mitrastrategis, Bahkan, Frekuens: sudahmendapat penghargaan dariBupati Bandung.

" Fatih Zamkampus_pr@yahoo.com

/