Ita Yuli Nofiyanti (201131069) Layanan Mediasi

Post on 30-Jul-2015

55 views 2 download

Transcript of Ita Yuli Nofiyanti (201131069) Layanan Mediasi

Assalamu’alaikum

Disusun oleh:Ita Yuli Nofiyanti (069)

Layanan Mediasi

Pengertian Tawuran :Tawuran antar pelajar adalah

pertemuan antara dua atau lebih kelompok yang sama-sama kurang berpendidikan mampu menimbulkan perkelahian diantara mereka ditempat umum sehingga orang lain yang tidak bersalah banyak menjadi korban.

Tawuran antar pelajar ini termasuk kedalam jenis penyimpangan kolektif (group deviaton) dimana pelajar yang berlaku dalam masyarakat sehingga menimbulkan keresahan, ketidak amanan, ketidak nyamanan serta tindak kriminalitas lainnya.

Kenakalan remaja, dalam hal perkelahian, dapat digolongkan ke dalam 2 jenis delikuensi yaitu situasional dan sistematik.1. Delikuensi situasional, perkelahian terjadi karena adanya situasi yang “mengharuskan” mereka untuk berkelahi. 2. Delikuensi sistematik, para remaja yang terlibat perkelahian itu berada di dalam suatu organisasi tertentu atau geng.

Faktor- faktor yang menyebabkan tawuran pelajar

1.Faktor InternalFaktor internal ini terjadi didalam diri individu itu sendiri yang berlangsung melalui proses internalisasi diri yang keliru dalam menyelesaikan permasalahan disekitarnya dan semua pengaruh yang datang dari luar.

2.Faktor Eksternal Faktor eksternal adalah faktor yang datang dari luar individu, yaitu : a.Faktor KeluargaKeluarga adalah tempat dimana pendidikan pertama dari orangtua diterapkan.

b.Faktor SekolahSekolah tidak hanya untuk menjadikan  para siswa pandai secara akademik namun juga pandai secara akhlaknya . Sekolah merupakan wadah untuk para siswa mengembangkan diri menjadi lebih baik.

Contohnya:  disekolah tidak jarang ditemukan ada seorang guru yang tidak memiliki cukup kesabaran dalam mendidik anak muruidnya akhirnya guru tersebut menunjukkan kemarahannya melalui kekerasan.

c.Faktor LingkunganLingkungan rumah dan lingkungan sekolah dapat mempengaruhi perilaku remaja. Seorang remaja yang tinggal dilingkungan rumah yang tidak baik akan menjadikan remaja tersebut ikut menjadi tidak baik.

Hal yang menjadi pemicu tawuran:

•Tak jarang disebabkan oleh saling mengejek atau bahkan hanya saling menatap antar sesama pelajar yang berbeda sekolahan. Bahkan saling rebutan wanita pun bisa menjadi pemicu tawuran. Dan masih banyak lagi sebab-sebab lainnya.

Dampak karena tawuran pelajar :

•Kerugian fisik, pelajar yang ikut tawuran kemungkinan akan menjadi korban. Baik itu cedera ringan, cedera berat, bahkan sampai kematian•Masyarakat sekitar juga dirugikan. •Terganggunya proses belajar mengajar•Menurunnya moralitas para pelajar•Hilangnya perasaan peka, toleransi, tenggang rasa, dan saling menghargai

Hal-hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi tawuran pelajar :

1.Memberikan pendidikan moral untuk para pelajar2.Menghadirkan seorang figur yang baik untuk dicontoh oleh para pelajar. Seperti hadirnya seorang guru, orangtua, dan teman sebaya yang dapat mengarahkan para pelajar untuk selalu bersikap baik

3.Memberikan perhatian yang lebih untuk para remaja yang sejatinya sedang mencari jati diri

4.Memfasilitasi para pelajar untuk baik dilingkungan rumah atau dilingkungan sekolah untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat  diwaktu luangnya.

Kondisi awal antara kedua belah pihak :

1. Rasa bermusuhan terhadap pihak lain

2. Ada perbedaan kesenjangan dinbanding pihak lain

3. Sikap menjauhi pihak lain4. Sikap mau menang sendiri

terhadap pihak lain5. Sikap ingin membalas6. Sikap kasar dan negative7. Sikap mau benar sendiri

Kondisi yang dikehendaki:

1. Rasa damai terhadap pihak lain2. Adanya persamaan dengan

pihaklain3. Sikap mendekati pihak lain4. Sikap mau memberi dan menerima

terhadap pihak lain5. Sikap memaafkan6. Sikap lembut dan positif7. Sikap mau memahami

Terima Kasih