BELUM DITERBITKAN - · PDF fileNama­ nama gadis yang akan ... termasuk sosok ideal,...

Post on 06-Feb-2018

215 views 0 download

Transcript of BELUM DITERBITKAN - · PDF fileNama­ nama gadis yang akan ... termasuk sosok ideal,...

  • 1

    BELUM DITERBITKAN

    Istadiyantha2008

    OrangyangmerasamenghambakandirikepadaAllahitubernamaYuasa.Diamengarungijalanhidupyangberliku,menahanhaus,lapar,danmenanggungderita,walaudemikianterasapulatiupananginsemilirlembutmenyejuk badan, walau kadangkadang harus menanggung derita dariserangan anginkencangnakbadai danpanasnyamatahari.

    BebanpertamayangharusiaselesaikanadalahmenyelesaikanstudiS1nya. Di samping secara moral ia terikat pula oleh keluarganya untukmenjadi teladan bagi adikadiknya.Berkat bimbingan seorang ulama salehdankenamaan,KiaiMuftinamanya,Yuasamampumengendalikandiridarijurangberlumpurperilakuberbahayadisekitarkostnya

    Yuasa telah 4 tahun kuliah di Fakultas PsikologiUGM, skripsinyaakanselesaikirakirasatusemester lagi.YuasasangatmengagumikualitasberagamaKiaiMufti, yang akhlak, fikih, bahkan kecerdasan spiritualnyamenjadikanYuasapatuhdalambimbingannya.KiaiMufti tinggalsatukilometer sebelah barat Pasar Klewer Sala. Kiai Mufti kecualimenyelenggarakan pengajian rutin seminggu tiga kali , ia juga melayanikonsultasi penanganan berbagai masalah kehidupan. Sejak tahun 2008Yuasa telah menjadi murid terkasih Kiai Mufti, Yuasa sering dibanggabanggakan di depan tamutamunya, bahkan Kiai Mufti melarang Yuasauntukmencaricalonisterisecarasendiri,karenadiaakandijodohkanorangdengan seseorang yang dipandang tepat berdampingan dengan Yuasa.NamanamagadisyangakandijodohkandenganYuasaselaluberbedabedanamanya, suatu saat dia diberitahu bahwa akan dijodohkan dengan Lies,tahun berikutnya dengan Luluk, dan terakhir dia diantar ke desa NgunutPonorogountukdikenalkandenganIndah.Nak,Indahinigadisyangtepatbagimu,diaanak tunggal yangbiasahidupdalam suasanapesantrenyangpenuh kedamaian, begitu ucap Kiai Mufti kepada Yuasa. jika nakYuasatakmaudijodohkandengannakIndah,musibahapayangnantikirakira terjadi aku tak tahu, tolong Nanda pikirkan baikbaik nasihatku ini.SemalamsuntukYuasatakdapattidur,karenaYuasamenyedariketajamanbatin Kiai, sehingga ketika menyangkalnya maka terjadilah konflik batin

  • 2

    yangcukupseriusdidalamdirinya.Disuatumalamiaseakanakanmerasakejadianyanganeh,badannyaterasaseakandiputardenganmesinkencangsekali,danYuasapuntakberlarutlarutmengutakatikmaknadariperistiwayangterjadi.

    EsokharinyaYuasadengan tegasmembrikan jawabankepadaKiaiMufti, bahwa dirinya tak cocok dijodohkan dengan Indah, yangberperawakankecildanberkulitkuning.Nak,namanyaseindahorangnya,baik kan? Apalaghi Indah berasal dari Ngunut, menurut bahasa JawaNgunut,berartidiingumanut,Nandamaucari apalagi,kalau takpercayasamasaya,akutaktahuperistiwaapayangakanterjadi?Peristiwainibukansembarangan, saya sudah melakukan tayuh atau mencari tahu kepadaAllahdenganjalanritualtertentutentangfirasatgaibyangakanterjadipadaYuasa,menurutpertimbanganKiaiMufti,IndahakanmampumemberikankontribusiterhadapkehidupanpribadidankeluargaYuasa.

    Kiai Mufti memberikan kesempatan kepada Yuasa untuk berpikirdulu, di pihak lainKiaiMufti cenderunguntukmemaksakan kehendaknyauntuk merealisasikan perjodohan itu dengan berupaya memanggil PakUjang paman dan sekaligus sebagai orang yangmembeayai hidup Yuasa,maklumperkawinanPakUjangdenganBuInahinihanyadikaruniaiseoranganak, itupun telah mati ketikamasih bayi. SehinggaYuasa dianggap olehPakUjang sebagai anakkandung.Yuasa sangat takut terhadap akibat dariketidakpatuhannya terhadap Kiai Mufti, bagi Yuasa Kiai Muftidipandangnya sebagai orang yang tahu apa yang terjadi, berkalikali diamenyaksikan kemahirannya di bidang clayrvoyance, suatu pandangantembus, sehingga Yuasa sering terkenang dengan katakata Kiai Mufti:Kaunantiakanmendapatsesuatuyangkurangbagus,jikamenolakIndah.

    SelanjutnyaIndahpunditinggalkanYuasa,Kiaipuntaktampakadakekewaannya, Kiai terus memberikan bimbingan batin, Yuasa disuruhmelakukan salat malam selama 41 hari dan zikir kurang lebih satu jam,dengan harapan agar Allah memberikan jalan keluar atas kesulitan yangdihadapinya.

    PertengahanApril 2007,Yuasadikenalkan oleh PakUjang denganAnita,gadisremajayangsedangdudukdiSekolahMenengahUmumkelasII,AnitatinggaldiJl.SlametRiyadi,Mojolegi,JawaTimur.Keanpertamaketika Yuasa bertemu Anita, Wajah dan fisik lumayan, perilakunya baikdan ramah, sehingga memenuhi standar, Walaupun baru pertama kalibertemu,Yuasasudahmemastikanbahwainilahgadisyangcocokbaginya.Namun tampaknya Yuasa terbius oleh sugesti Pak Ujang yang selalumempropagandakan kehebatan orang tua Anita, yaitu Pak Padmo.Meskipun Yuasa sangat cocok dijodohkan dengan Anita, namun prosesperjodohan itu dirasa oleh Yuasa berlangsung secara tidak demokratis,Yuasatakdiberikesempatanuntukmempertimbangkanterlebihdahulu,diatakdiberikesempatanuntukmenerimadanmenolak,begitupulaAnita,diamerasa dipaksa orang tuanya, namun demikian masingmasing salingmerasakanadagetarancinta.MenurutAnita,perjodohaniniterlaludini,diamasihterlalumudauntukmemikirkansoalpernikahan,maunyaAnitamasihingin melanjutkan studinya sampai maksimal, tapi apa daya, Pak Ujangsudah keburu segera ingin melangsungkan pesta pernikahan itu, jika bisasetelah Anita lulus SMU. Dalam hal ini Anita dan Yuasa tak adakesempatanuntukmengeluarkanunegunegnya,gejolakhatiYuasaseakaninginmerundingkansoalinikepadfaAnitasecaralangsung,tetapikeduanyamerasakan ada sekat, sehingga tak ada kesempatan, semuanya diserahkankepada kehendak orang tuanya. Yuasa rasanya ingin berbicara sendiridengan Anita, tapi tak ada kesempatan, anita ketika itu masih polos,bagaikan kertas putih bersih yang siap ditulisi apa saja, sayangnyalingkungan keluarganya terdiri dari orang yang sibuk berbisnis, dan takbegitu tekun soal agama, lain halnya dengan Yuasa.Yuasa cukup tekundalamhalmengkajiagama.

    Yuasa agak ambisi untuk berkomunikasi secara langsung denganAnita, tapi takadacarayangdapatdilaksanakan,diajakmainhalma,surat,ataudengancaralain.Yuasatelah3kalikirimsuratdenganAnitatetapitakkunjungadabalasan,Yuasapernahbermalam4kalidirumahAnita,tetapimalammalam itu sangat mencekam, Yuasa tak dapat tidur, barangkali

  • 3

    perasaanyangdemikian ini jugadirasakanolehAnita.LainhalnyadenganPakPadmoayahAnita,diataktahubagaimanaperasaanyangdialamianakanaknya, PakPadmosangatmudah tidur, saatngobroldi ruang tamupundapat tertidur nyenyak, dia orangnya low profile, sabar, santai, sepertiortang yang tak punya masalah, lain halnya dengan Bu Padmo yangpemarahdanmudahpanik.

    Yuasa dan Anita merasa terbebani dengan setumpuk masalah,mereka tak tahu apa yang harus dikerjakannya, pikiran Anita lebih takmenentu lagi, hatinya diliputi perasaan mau dan takmau dinikahi Yuasa,diliputiperasaanmampudan takmampumenyesuaikandiridenganYuasanantinya. Walaupun mereka berdua sudah Nikah Sirri, namun keduanyabelumakrab,bahkanbelumpernahmelakukankewajibannyasebagaisuamiisteri. Anita sebenarnya termasuk gadis yang supel, cerdas, dan mampumenyesuaikandiriterhadaplingkungansecaracepat,olehkarenaituiaperlupembinaan dan pengarahaan yang baik agar nantinya tak salah langkah.Anitamasihsangatminimpengetahuanagamanya.

    KedatanganYuasakeTotogan,Mojolegi saat itu sebenarnya sudahsahsebagaisuamiisteri,karenasemenjak11Mei2007yanglaluYuasadanAnitatelahmenikahsecaraSirridansekaligustukarcincin,akadnikahkaliinidilakukandi sebuah rumahkeluargadekatGorManahan,Sala.SetelahNikah Sirri dilangsungkan, Anita dan keluarganya buruburu pulang keJawa Timur. Setelah itu Yuasa telah berpikiran jauh, sedikit ada harapanagarAnitamaubermalamdiSala.AcaraNikahSirridilangsungkansecarasederhana tapi hikmat. Kiai Mufti, Ki Menggung dari Kraton Sala, sertaKiaiKandardariMojolegiberkenanhadirpadaacarasakralitu.Semuayanghadir secara hikmatmembacakanAlFatihahpuluhankali secara bersamasama, pembacaan ayat dilakukan selamakirakira 20menit ditujukan agarkeduamempelaimendapatberkahdariAllah.

    Kali ini Anita betulbetul belum siap menerima kenyataan ini,kejadian ini sungguhmembingungkan,menakutkan, bahkanmenyedihkan.Fotofoto Anita ketika itu tampak muram, tanda tak berkenan menerimakenyataanitu,danPakPadmoseringdinasihatiolehKiaiKandarkalaudia

    pernahmemandangdenganbasirohataupenglihatanbatinbahwaYuasainiorang istimewa, maka Pak Padmo disarankan oleh Kiai Kandar agarbersabar menerima kenyataan ini. Demikian pula Kiai Mufti, sesekalipernahmenyindirkepadaAnitadanBuPadmodengankatakata:Kencanakaton wingka, wingka katon kencana, artinya Logam mulia disangkapecahan genting, dan pecahan genting dikira logam mulia. Sindiran KiaiMufti tadi dimaksudkan agar Anita dan Bu Padmo bersabar menerimakenyataanini.

    Dapat dimaklumi kalau Anita bingung, karena peristiwa iniberlangsung begitu cepat, tanpa melalui proses pacaran sebagaimanalayaknya anak remaja zaman sekarang, tapi kejadian ini tak dapatdisamakan dengan kisah Siti Nurbaya. Sosok Anita dan Yuasa di sinitermasuk sosok ideal, hanya prosesnya saja yang sedikit mirip cerita SitiNurbaya.

    AdasatukesalahanyangtampaknyafataldilakukanolehPakPadmodanBuPadmo,yaituketikahabisNikahSirriYuasatakdiberikesempatanbertukarpikirandenganAnitasecarasendirian,barangkaliPakPadmotakutkalauYuasatermasuktipepemudayangbernafsudanterburuburusehinggaAnita msih belum siap. Mereeka sama sekali tak ada kesempatan untukberdialog. Keduanya orang lugu dan berpenampilan sederhana, sehinggaalat komunikasi modern seperti Hand Phone tak dimilikinya, walaupunsebenarnyaorangtuaAnitatermasukorangyangberada.

    Suatu ketika Kiai Mufti mendengar bahwa Yuasa tak diberikesempatan oleh kelu arga Padmo, dalam arti mereka tak mau membuatskenario untuk memberi kesempatan pada anak dan menantunya untukakrab. Kiai berkomentar, Bu Padmo itu materialistis kok nak, makanyaNakYuasatakdiberikesempatanberjabathatidenganNakAnita!.LamalamaYuasamenjadi takbersemangatmengunjungiAnita, lagi pulaYuasaharusmenyelesaikanskripsinyayangkirakiraempatbulanlagiselesai.

    Cukup lamaYuasa takmengunjungiAnita, sekitar setahun, hal itudisebabkan oleh kekecewaan yang bermacammacam, bahkan kadangkadang uang sakunya terbatas, dan cukup diprioritaskan untuk

  • 4

    menyelesaikanstudinya.HatikecilYu