08. Matematika XIb (Wajib)

Post on 08-Dec-2015

42 views 3 download

description

adada

Transcript of 08. Matematika XIb (Wajib)

Matematika XIb 1

Kegiatan pembelajaran merupakan prosespendidikan dengan memberikan kesempatan kepadapeserta didik untuk mengembangkan potensinyamenjadi kemampuan yang semakin lama semakinmeningkat dalamsikap, pengetahuan, dan keterampilanyang diperlukan untuk hidup dan bermasyarakat,berbangsa, dan berkontribusi bagi kesejahteraan hidupumatmanusia. Kegiatan pembelajaran diarahkan untukmemberdayakan semua potensi peserta didik menjadikompetensi yang diharapkan.

Menyikapi prinsip dan tujuan kegiatan pem-belajaran di atas, maka pada edisi kali ini tim penyusunmenyajikan buku Pegangan Guru sebagai acuankegiatan pembelajaran di kelas denganmenggunakanbuku KREATIF (Kreasi Belajar Siswa Aktif) yangdilengkapi dengan kompetensi inti, kompetensi dasar,program semester, silabus, rencana pelaksanaanpembelajaran (RPP), serta kunci jawaban danpembahasan. Silabus dan RPPdibuat secara lengkap,mudah dipahami, sistematis, dan mudah diterapkandenganmengedepankan lima pengalamanbelajar yaitumengamati, menanya, mengumpulkan informasi,mengasosiasi, danmengomunikasikan, serta dilengkapipenilaian dan pedoman penskoran.

Mudah-mudahanbuku inimemberikanmanfaatdalam kegiatan pembelajaran guna pencapaian tujuanyang telah ditetapkan.

Tim Penyusun

Kata Pengantar .................................................. 1

Kompetensi Inti (KI) dan

Kompetensi Dasar (KD) ..................................... 2

Program Semester............................................. 3

Silabus ............................................................... 4

Rencana Pelaksanaan

Pembelajaran (RPP) .......................................... 16

Kunci Jawaban dan

Pembahasan ...................................................... 90

2 Matematika XIb

MATEMATIKA XIb

1. Menghayati danmengamalkan ajaran agama yangdianutnya.

2. Menghayati danmengamalkan perilaku jujur, disiplin,tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleransi,damai), santun, responsif dan proaktif, danmenunjukkansikap sebagai bagian dari solusi atas berbagaipermasalahan dalamberinteraksi secara efektif denganlingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagaicerminan bangsa dalampergaulan dunia.

3. Memahami,menerapkan, danmenganalisis pengetahuanfaktual, konseptual, prosedural, danmetakognitifberdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,teknologi, seni, budaya, dan humaniora denganwawasankemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradabanterkait penyebab fenomena dan kejadian, sertamenerapkanpengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifiksesuai bakat danminatnya untukmemecahkanmasalah.

4. Mengolah,menalar, danmenyaji dalam ranah konkret danranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yangdipelajarinya di sekolah secaramandiri, bertindak secaraefektif dan kreatif, sertamampumenggunakanmetodesesuai kaidah keilmuan.

KOMPETENSI INTI KOMPETENSI DASAR

1.1 Menghayati danmengamalkan ajaran agama yang dianutnya.

2.1 Memiliki motivasi internal, kemampuan bekerja sama, konsisten, sikap disiplin, rasa percayadiri, dan sikap toleransi dalam perbedaan strategi berpikir dalam memilih dan menerapkanstrategi menyelesaikanmasalah.

2.2 Mampumentransformasi diri dalamberperilaku jujur, tangguhmenghadapimasalah, kritis dandisiplin dalammelakukan tugas belajar matematika.

2.3 Menunjukkan sikap bertanggung jawab, rasa ingin tahu, jujur, dan perilaku peduli lingkungan.

3.12 Mendeskripsikan danmenggunakan berbagai ukuran pemusatan, letak dan penyebaran datasesuai dengan karakteristik data melalui aturan dan rumus serta menafsirkan danmengomunikasikannya.

3.13 Mendeskripsikandanmenerapkanberbagai aturanpencacahanmelalui beberapa contohnyataserta menyajikan alur perumusan aturan pencacahan (perkalian, permutasi, dan kombinasi)melalui diagram atau cara lainnya.

3.14 Menerapkanberbagaikonsepdanprinsippermutasidankombinasidalampemecahanmasalahnyata.3.15 Mendeskripsikankonsepruangsampeldanmenentukanpeluangsuatukejadiandalamsuatupercobaan.3.16 Mendeskripsikan danmenerapkan aturan/rumus peluang dalammemprediksi terjadinya suatu

kejadian dunia nyata sertamenjelaskan alasan-alasannya.3.17 Mendeskripsikan konsep peluang dan harapan suatu kejadian danmenggunakannya dalam

pemecahanmasalah.3.18 Mendeskripsikan konsep persamaan lingkaran danmenganalisis sifat garis singgung lingkaran

denganmenggunakanmetode koordinat.3.19 Mendeskripsikan konsep dan kurva lingkaran dengan titik pusat tertentu dan menurunkan

persamaan umum lingkaran denganmetode koordinat.3.20 Menganalisis sifat-sifat transformasi geometri (translasi, refleksi garis, dilatasi, dan rotasi) dengan

pendekatan koordinat danmenerapkan dalammenyelesaikanmasalah.3.21 Mendeskripsikan konsep turunan denganmenggunakan konteksmatematik atau konteks lain

danmenerapkannya.3.22 Menurunkan aturan dan sifat turunan fungsi aljabar dari aturan dan sifat limit fungsi.3.23 Memilih danmenerapkan strategi menyelesaikanmasalah dunia nyata danmatematika yang

melibatkan turunan dan integral tak tentu danmemeriksa kebenaran langkah-langkahnya.3.24 Mendeskripsikan konsep turunan danmenggunakannya untukmenganalisis grafik fungsi dan

menguji sifat-sifat yang dimiliki untuk mengetahui fungsi naik dan fungsi turun.3.25 Menerapkan konsep dan sifat turunan fungsi untukmenentukan gradien garis singgung kurva,

garis tangen, dan garis normal.3.26 Mendeskripsikankonsepdansifat turunan fungsi terkait danmenerapkannyauntukmenentukan

titik stasioner (titik maksimum, titik minimum, dan titik belok).3.27 Menganalisis bentukmodelmatematika berupa persamaan fungsi, sertamenerapkan konsep

dan sifat turunan fungsi dalammemecahkanmasalahmaksimumdanminimum.3.28 Mendeskripsikan konsep integral tak tentu suatu fungsi sebagai kebalikan dari turunan fungsi.3.29 Menurunkan aturan dan sifat integral tak tentu dari aturan dan sifat turunan fungsi.

4.9 Menyajikan danmengolah data statistik deskriptif ke dalam tabel distribusi dan histogramuntukmemperjelas danmenyelesaikanmasalah yang berkaitan dengan kehidupan nyata.

4.10 Memilih danmenggunakan aturan pencacahan yang sesuai dalampemecahanmasalah nyatasertamemberikan alasannya.

4.11 Mengidentifikasi masalah nyata danmenerapkan aturan perkalian, permutasi, dan kombinasidalampemecahanmasalah tersebut.

4.12 Mengidentifikasi, menyajikanmodelmatematika, danmenentukan peluang dan harapan suatukejadian dari masalah kontekstual.

4.13 Mengolah informasi dari suatu masalah nyata, mengidentifikasi sebuah titik sebagai pusatlingkaran yang melalui suatu titik tertentu, membuat model matematika berupa persamaanlingkaran, danmenyelesaikanmasalah tersebut.

4.14 Merancangdanmengajukanmasalahnyataterkaitgarissinggunglingkaransertamenyelesaikannyadenganmelakukanmanipulasi aljabar danmenerapkan berbagai konsep lingkaran.

4.15 Menyajikan objek kontekstual,menganalisis informasi terkait sifat-sifat objek, danmenerapkanaturan transformasigeometri (refleksi, translasi, dilatasi, dan rotasi) dalammemecahkanmasalah.

4.16 Memilih strategi yang efektif danmenyajikanmodelmatematika dalammemecahkanmasalahnyata tentang turunan fungsi aljabar.

4.17 Memilih strategi yang efektif danmenyajikanmodelmatematika dalammemecahkanmasalahnyata tentang fungsi naik dan fungsi turun.

4.18 Merancangdanmengajukanmasalahnyata sertamenggunakankonsepdansifat turunan fungsiterkait dalam titik stasioner (titik maksimum, titik minimum, dan titik belok).

4.19 Menyajikan data dari situasi nyata,memilih variabel, danmengomunikasikannya dalambentukmodelmatematikaberupapersamaan fungsi, sertamenerapkan konsepdansifat turunan fungsidalammemecahkanmasalahmaksimumdanminimum.

4.20 Memilih strategi yang efektif danmenyajikanmodelmatematika dalammemecahkanmasalahnyata tentang integral tak tentu dari fungsi aljabar.

Matematika XIb 3

Sekolah : ________________Mata Pelajaran : MatematikaKelas/Semester : XI/2

1 2 3 4 5 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4 5 1 2 3 4 1 2 3 4 1 2 3 4

1.A. 4 4B. 2 2C. 4 2 2

2. ULANGAN HARIAN 1 2 23. BAB 2 ATURAN PENCACAHAN

A.

B. Peluang 2 24. ULANGAN HARIAN 2 2 25. LINGKARAN

A. Persamaan Lingkaran 2 2B. Kedudukan Titik terhadap Lingkaran 2 2C. Kedudukan Garis terhadap Lingkaran 2 2D. Persamaan Garis Singgung 2 2

6. ULANGAN HARIAN 3 2 2

7. ULANGAN TENGAH SEMESTER 2 2

8. BAB 4A. Translasi 2 2B. 4 2 2C. 2 2D. 2 2

9. ULANGAN HARIAN 4 2 210. BAB 5 TURUNAN

A. Konsep Turunan Suatu Fungsi 6 4 2B. Aplikasi Turunan 6 2 4C. Menggambar Grafik Fungsi Aljabar 2 2

11. ULANGAN HARIAN 5 2 2

12. BAB 6 INTEGRALA.

B.

C. 4 4

13. ULANGAN HARIAN 6 2 2

14. ULANGAN AKHIR SEMESTER 2 2

80

JP

4

4

8

4

4

4 4Kaidah Pencacahan (Perkalian,Permutasi, dan Kombinasi)

Notasi Integral dan Rumus DasarIntegral Tak Tentu

RefleksiRotasi

TRANSFORMASI

Menemukan Konsep Integral Tak Tentusebagai Kebalikan dari Turunan Fungsi

No.

: Perkiraan libur akhir semester genap

: Perkiraan Ujian Nasional SMA (Susulan)

: Jam Pelajaran (satu jam pelajaran = 45 menit)

Keterangan:

Dilatasi

Penerapan Integral Tak Tentu

AlokasiWaktu(JP)

Ukuran Letak DataUkuran Penyebaran Data

Juli

: Perkiraan Ujian Nasional SMA (Utama)

Ukuran Pemusatan Data

: Perkiraan kegiatan tengah semester

Pokok Bahasan/Subpokok BahasanJuniFebruari Maret AprilJanuari Mei

BAB 1 STATISTIKA

: Perkiraan remedial/persiapan buku laporan hasil belajar semester genap

Jumlah Jam

: Perkiraan ulangan kenaikan kelas

BAB 3

4 Matematika XIb

Matematika XIb 5

6 Matematika XIb

Matematika XIb 7

8 Matematika XIb

Matematika XIb 9

10 Matematika XIb

Matematika XIb 11

12 Matematika XIb

Matematika XIb 13

14 Matematika XIb

Matematika XIb 15

16 Matematika XIb

Matematika XIb 17

18 Matematika XIb

Matematika XIb 19

20 Matematika XIb

Matematika XIb 21

22 Matematika XIb

Matematika XIb 23

24 Matematika XIb

Matematika XIb 25

26 Matematika XIb

Matematika XIb 27

28 Matematika XIb

Matematika XIb 29

30 Matematika XIb

Matematika XIb 31

32 Matematika XIb

Matematika XIb 33

34 Matematika XIb

Matematika XIb 35

36 Matematika XIb

Matematika XIb 37

38 Matematika XIb

Matematika XIb 39

40 Matematika XIb

Matematika XIb 41

42 Matematika XIb

Matematika XIb 43

44 Matematika XIb

Matematika XIb 45

46 Matematika XIb

Matematika XIb 47

48 Matematika XIb

Matematika XIb 49

50 Matematika XIb

Matematika XIb 51

52 Matematika XIb

Matematika XIb 53

54 Matematika XIb

Matematika XIb 55

56 Matematika XIb

Matematika XIb 57

58 Matematika XIb

Matematika XIb 59

60 Matematika XIb

Matematika XIb 61

62 Matematika XIb

Matematika XIb 63

64 Matematika XIb

Matematika XIb 65

66 Matematika XIb

Matematika XIb 67

68 Matematika XIb

Matematika XIb 69

70 Matematika XIb

Matematika XIb 71

72 Matematika XIb

Matematika XIb 73

74 Matematika XIb

Matematika XIb 75

76 Matematika XIb

Matematika XIb 77

78 Matematika XIb

Matematika XIb 79

80 Matematika XIb

Matematika XIb 81

82 Matematika XIb

Matematika XIb 83

84 Matematika XIb

Matematika XIb 85

86 Matematika XIb

Matematika XIb 87

88 Matematika XIb

Matematika XIb 89

90 Matematika XIb

COBASENDIRI

LATIHAN (HLM. 8)

UJI KOMPETENSI 1

Matematika XIb 91

UJI KOMPETENSI 2

UJI KOMPETENSI 3

92 Matematika XIb

ULANGANHARIAN1

Matematika XIb 93

COBASENDIRI

UJI KOMPETENSI 1

UJI KOMPETENSI 2

LATIHAN (HLM. 24)

UJI KOMPETENSI 3

94 Matematika XIb

UJI KOMPETENSI 4

UJI KOMPETENSI 5

UJI KOMPETENSI 6

Matematika XIb 95

ULANGANHARIAN2

LATIHAN (HLM. 39)

UJI KOMPETENSI 1

96 Matematika XIb

COBASENDIRI

UJI KOMPETENSI 2

UJI KOMPETENSI 3

Matematika XIb 97

UJI KOMPETENSI 4

ULANGANHARIAN3

98 Matematika XIb

Matematika XIb 99

100 Matematika XIb

UJI KOMPETENSI 1

COBASENDIRI

UJI KOMPETENSI 2

Matematika XIb 101

UJI KOMPETENSI 3

LATIHAN (HLM. 57)

UJI KOMPETENSI 4

102 Matematika XIb

ULANGANHARIAN4

Matematika XIb 103

104 Matematika XIb

LATIHAN

UJI KOMPETENSI 1

COBASENDIRI

Matematika XIb 105

UJI KOMPETENSI 2 UJI KOMPETENSI 3

ULANGANHARIAN5

106 Matematika XIb

Matematika XIb 107

COBASENDIRI

UJI KOMPETENSI 1

108 Matematika XIb

UJI KOMPETENSI 3

ULANGANHARIAN6

LATIHAN (HLM. 69)

UJI KOMPETENSI 2

Matematika XIb 109

110 Matematika XIb

Matematika XIb 111

***

112 Matematika XIb