anggakusumah.comanggakusumah.com/.../2015/10/Tugas-Makalah-Kelompok-2.docx · Web viewApa saja...

Post on 07-Mar-2019

234 views 0 download

Transcript of anggakusumah.comanggakusumah.com/.../2015/10/Tugas-Makalah-Kelompok-2.docx · Web viewApa saja...

MAKALAHJenis Komputer

&Peralatan Input Output Komputer

Disusun Oleh :

Ahmad Fauji : 15621001Cahyanie Ayu Khanza Putri Abdi : 15621032Fahrul : 15621064Fitriyani : 15621041Indra Yoga Pangestu : 15621026Muhammad Samudera : 15621077Ninyoman Sri Widi Astuti : 15621022

1

Jurusan AkuntansiPoliteknik Negeri Samarinda

2015KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan

rahmat serta karunia-NYA kepada kami sehingga kami berhasil menyelesaikn

Tugas Makalah ini dengan tepat waktunnya yang berjudul “Jenis dan Peraralatan

komputer”Makalah ini berisi tentang pembahasan judul di atas sehingga dapat

menambah wawasasan ilmu pengetahuan untuk pembaca dan khususnya

kelompok kami.

Kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna, Oleh

karna itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu kami

harapkan demi kesempurnaan makalah ini.Akhir kata, kami mengucapkan terima

kasih kepada semua pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan makalah

ini dari awal sampai akhir penyelesaian.Semoga Allah SWT senantiasa meridloi

segala usaha kita.

Samarinda, 25 September 2015

Penulis

2

Daftar IsiKata Pengantar....................................................................................2

Daftar Isi..............................................................................................3

Bab I Pendahuluan..............................................................................4

A. Latar Belakang.......................................................................4B. Rumusan Masalah.................................................................4C. Tujuan Penulisan...................................................................4

Bab II Pembahasan.............................................................................5

A. Pengenalan Model Komputer..............................................5B. Jenis-Jenis Komputer dan Cara Kerja.................................8C. Jenis Peralatan Output dan Proses....................................13

Bab III Penutup

A. Kesimpulan.........................................................................20B. Saran..................................................................................20

Daftar Pustaka....................................................................................21

Pertanya’an dan Jawaban..................................................................22

3

BAB IPENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Teknologi informasi dan komputer pada awal abad ke-21 ini telah menunjukkan perkembangan yang signifikan.Teknologi ini pada prinsipnya adalah untuk melayani kebutuhan informasi secara tepat waktu (fast), tepat guna (accurate), dan tepat sasaran (relevant). Informasi memenuhi kebutuhan tepat waktu jika dapat tersedia pada saat dibutuhkan, sehingga memerlukan kecepatan proses. Kebutuhan tepat guna akan terpenuhi jika informasi yang dihasilkan benar sehingga mendukung pengambilan keputusan yang benar. Sementara penggunaan informasi tersebut baru dapat dirasakan manfaatnya jika diberikan kepada orang yang tepat dan benar-benar memerlukannya, sehingga informasi juga harus relevan terhadap penggunanya.

Perkembangan teknologi komputer tidak hanya mencakup teknologi yang digunakan, tetapi juga merambah sampai ke metoda pengembangan sistem informasi dan konsep-konsep yang merupakan bagian infrastruktur dari suatu sistem dan teknologi informasi. Perkembangan teknologi komputer sampai saat ini telah melalui tiga gelombang perubahan (Alcaniz & Rey, 2005):

B. Rumusan Masalah

1. Sebutkan apa jenis komputer ?2. Bagaimana cara kerja komputer ?3. Apa saja peralatan input dan output komputer ?4. Cara kerja peralatan input dan output ?5. Apa saja peralatan proses komputer dan cara kerjanya ?

C. Tujuan Penulisan

1. Untuk mengetahui tentang jenis komputer.2. Untuk menambah wawasan tentang komputer.3. Untuk mengetahui alat output, input dan proses komputer.

BAB II

4

PEMBAHASAN

A. Pengenalan Model Komputer saat ini dan prinsip Kerjanya dalam mengolah data :1. Superkomputers

Superkomputer adalah sebuah komputer yang memimpin di dunia dalam kapasitas proses, terutama kecepatan penghitungan, pada awal perkenalannya. Superkomputer diperkenalkan pada tahun 1960-an, didesain oleh Seymour Cray di Control Data Corporation (CDC), memimpin di pasaran pada tahun 1970-an sampai Cray berhenti untuk membentuk perusahaanya sendiri, Cray Research.

Dia kemudian mengambil pasaran superkomputer dengan desainnya, dalam keseluruhan menjadi pemimpin superkomputer selama 25 tahun (1965-1990). Pada tahun 1980an beberapa pesaing kecil memasuki pasar, yang bersamaan dengan penciptaan komputer mini dalam dekade sebelumnya. Sekarang ini, pasar superkomputer dipegang oleh IBM dan HP, meskipun Cray Inc. masih menspesialisasikan dalam pembuatan superkomputer.

Adapun penggunannya adalah sebagai berikut : Superkomputer digunakan untuk tugas penghitungan-

intensif seperti prakiraan cuaca, riset iklim (termasuk riset pemanasan global, pemodelan molekul, simulasi fisik (seperti simulasi kapal terbang dalam terowongan angin, simulasi peledakan senjata nuklir, dan riset fusi nuklir), analisikrip, dan lain-lain. Militer dan agensi sains salah satu pengguna utama supercomputer.

2. Mainframekomputers

5

Komputer Bingkai Utama atau Komputer Kerangka Utama (Bahasa Ingris: Mainframe computer) adalah komputer besar yang digunakan untuk memproses data dan aplikasi yang besar. Mainframe pada umumnya digunakan dalam Perusahaan atau Organisasi yang menangani data seperti sensus, riset penelitian, keperluan militer atau transaksi finansial. Mainframe dapat melayani ratusan pengguna pada waktu yang bersamaan.

Pengguna-pengguna ini menggunakan terminal untuk dapat mengakses data dan aplikasi di dalam komputer besar ini. Komputer ini sangat mahal dan menghabiskan daya listrik dalam jumlah besar sehingga hanya perusahaan besar yang mampu menggunakannya.

3. MinikomputersKomputer mini (Inggris: minicomputer) adalah kelas

komputer multi-user yang dalam spektrum komputasi berada di posisi menengah di bawah kelas komputer mainframe dan sistem komputer single-user seperti komputer pribadi. Istilah komputer mini dalam era sekarang ini sudah dianggap kuno dan diganti dengan istilah-istilah seperti komputer menengah IBM (midrange system) dalam dunia IBM, stasiun kerja (workstation) dalam dunia Sun Microsystems dan UNIX/Linux serta server.

4. Personal Computer (PC)

6

Istilah komputer pribadi atau PC (Bahasa Inggris:Personal Computer)mempunyai beberapa arti: Istilah umum yang merujuk pada komputer yang dapat

digunakan dan diperoleh orang dengan mudah. Istilah umum yang merujuk kepada mikrokomputer yang

sesuai dengan spesifikasi IBM. Komputer pribadi yang pertama kali dikeluarkan oleh IBM dan

secara tidak langsung mencetuskan penggunaan istilah PC (Personal Computer) - lihat PC IBM.

Generasi mikrokomputer yang pertama hanya dijual dalam jumlah kecil kepada orang yang mampu membeli(membuat dan merakit sendiri), dan mengoperasikannya, yaitu: para insinyur dan penggemar bidang elektronika. Mikrokomputer generasi kedua lebih dikenal sebagai komputer rumah (home computer).

Komputer PC banyak digunakan sebagai alat bantu pekerja-pekerja di kantor, lembaga pendidikan maupun di rumah-rumah. Fungsi penggunaan PC pun bermacam-macam, mulai dari penggunaan untuk melayani pelanggan, membuat dokumen-dokumen, mengolah data-data bisnis, mengelola data-data riset, melakukan simulasi penelitian, sampai dengan pada penggunaan untuk hiburan.

5. Hand Held KomputersHandheld computer adalah komputer yang cukup kecil

sehingga dapat digenggam. Komputer genggam ini dapat bekerja dengan fungsi yang hampir sama dengan komputer biasa. Meskipun sangat mudah untuk dibawa, komputer genggam tidak dapat menggantikan komputer biasa (PC) karena hanya memiliki keyboard dan layar yang kecil. Beberapa produsen mencoba untuk memecahkan masalah

7

keyboard yang terlalu kecil. Keyboard tersebut diganti dengan electronic pen. Bagaimanapun, electronic pen ini masih bergantung pada teknologi pengenalan tulisan tangan yang masih dalam tahap pengembangan.

Kelebihan dari komputer genggam ini adalah pengguna dapat menyimpan serta mengatur data dengan lebih efisien dan akurat. Biasanya komputer genggam dilengkapi dengan teknologi Bluetooth. Bluetooth memang tepat untuk mencetak secara nirkabel, menghubungkan antara komputer genggam dengan mobile printer. Tidak hanya dengan printer tetapi komputer genggam juga dapat dihubungkan dengan alat-alat lain melalui koneksi Bluetooth.

Komputer genggam dapat meningkatkan produktivitas pengguna dan memudahkan mereka untuk bekerja lebih efisien. Komputer genggam yang paling banyak digunakan adalah komputer yang khusus dirancang untuk menyediakan fungsi PIM (Personal Information Manager), seperti kalender, agenda, dan buku alamat.

B. Jenis dan Cara Kerja Peralatan Input

1. KeyboardDalam bahasa Indonesia alat ini juga di sebut papan

tombol jari atau papan tuts.Alat ini berbentuk seperti papan dengan banyak tombol di atasnya, berupa huruf,angka dan tombol fungsi lainnya.Alat ini bertugas untuk menginput teks dan mengontrol pengoperasian komputer.

Berikut cara kerja pada keyboard;

a) Tombol keyboard di tekan.Ketika tombol di tekan maka tombol tersebut akan menekan sebuah karet   yang ada di bawah tombol.

b) Keyboard controller menngirim kode untuk tombol yang di tekan ke buffer keyboard yang tugasnya mentransmisikan bentuk-bentuk kode biner.

8

c) Controller keyboard mengirimkan inerrupt request ke software sistem dan sinyal yang di transmisikan akan berbentuk kode biner.

d) Software sistem merespon interrupt dengan membaca kode dari buffer keyboard dan data yang berbentuk biner tersebut akan di generate oleh chip komputer.

e) Software sistem mengirim kode ke CPU.Setelah kode biner di generate maka kode akan tampil kembali menjadi bentuk huruf yang sama seperti tombol yang di tekan pada keyboard.

Keyboard memiliki beberapa port yaitu, port serial, ps2,USB dan wireless dan memiliki 3 jenis yaitu, QWERTY,Dvorak dan Klockenberg.

2. MouseDalam bahasa inggris kata ini berarti tikus.Mengapa harus

mouse? Alat ini di sebut mouse karena bentuknya yang kecil dan kabel belakang yang menjulur seperti buntut tikus.Alat input ini berbentuk mungil dengan trackball yang terletak di antara dua tombol fungsi (kiri dan kanan).Alat ini bekerja sebagai pengatur posisi kursor di layar dengan menggesernya di atas bidang datar dan kursor di layar pun akan bergeser sesuai pergerakan arah mouse.

Cara kerja alat ini simple.Dengan kita menekan atau menggerakannya saja.Jika kita menekan tombol kiri atau biasa di sebut Click, maka akan muncul data objek yang di tunjuk kursor tergantung objek dan aplikasi yang di tunjuk.Jika menekan yang kanan atau biasa di sebut Drag, maka akan objek yang di tunjuk kursor akan bergeser atau tersalin ke objek lain tergantung data atu aplikasi yang di tunjuk kursor.

9

3. TrackballsAlat input ini berbentuk seperti bola bulat.Bekerja hampir

sama dengan mouse yang membedakan adalah konfigurasinya.Bila mouse bekerja dengan menggerakkan seluruh tubuhnya, maka trackball cukup hanya diam dan bisa di tempatkan di tempat yang sempit.Hanya dengan menggerakkannya dengan jari maka 2 sensor putar yang terdapat di dalamnya akan bergerak sesuai penggerakkan yang di kehendaki.

4. JoystickAlat ini biasa di gunakan pada

aplikasi permainan (game).Berbentuk seperti tongkat, namun sekarang joystick berupa kotak yang terbuat dari plastik dengan banyak tombol yang berguna untuk menangkap gerak dinamis atau menggerakkan objek yang di kehendaki.

Cara kerja alat ini adalah dengan memberikan isyarat yang akan di pancarkan joystick kepada proyektil via radio yaitu dengan cara menggerakkan atau menekan tombol untuk menggerakkan objek yang di kehendaki.

5. Pen & Graphics TabletTablet grafis (Inggris:

Graphic Tablet) adalah perangkat keras peranti masukan komputer yang membolehkan pemakainya untuk menggambar dengan tangan dan memasukkan gambar atau sketsa langsung ke komputer, layaknya menggambar di atas kertas menggunakan pensil. Sebuah tablet grafis terdiri dari tablet digital dan sebuah kursor ataupun sebuah pena digital (pen). Tablet

10

digital memiliki permukaan yang pipih sebagai alas gambar yang terdiri atas perlengkapan elektronik yang dapat mendeteksi gerakan kursor atau pena digital kemudian menerjemahkannya menjadi sinyal digital yang dikirim langsung ke komputer.

Setiap titik atau gerakan pada tablet merepresentasikan titik atau gerakan pada layer monitor, inilah yang membedakannya dengan fungsi mouse yang tergantung pada letak kursor. Hasil gambar tidak akan terlihat pada tablet itu sendiri, melainkan pada monitor komputer.

Kursor (disebut juga puck) berfungsi layaknya mouse pada komputer, hanya saja kursor ini dapat memiliki sebanyak 16 tombol dan memiliki jendela dengan helai-helai rambut (crosshairs) di dalamnya sebagai tempat posisi ujung titik yang dituju. Sementara Pena digital (disebut juga stilus) mirip dengan pena, hanya saja memakai tidak memakai tinta melainkan dilengkapi oleh ujung elektronik.

6. Barcode

Berfungsi untuk membaca suatu kode  yang berbentuk kotak-kotak atau garis-  garis tebal vertikal yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Barcode yang kita kenal dan yang paling gampang kita ketahui manfaatnya yaitu kalau kita belanja di supermarket atau swalayan. Kita dapat melihat manfaat dari Barcode dapat meningkatkan kecepatan dalam melayanai pelanggan dan meningkatkan akurasi data produk yang di input oleh kasir.

Di Indonesia sendiri organisasi yang mengelola dan mengatur penggunaan Barcode adalah GS1. Dengan mendaftarkan kode barcode perusahaan ke GS1 maka perusahaan tersebut akan mendapatkan kode barcode khusus yang tidak akan bisa diduplikasi oleh perusahaan lain. Simbologi yang dipakai di GS1 adalah EAN atau Europe Article Number yang terdiri dari 13 atau 8 digit. Informasi lebih lanjut mengenai GS1 bisa dilihat di situsnya www.GS1.com.

11

Penggunaan Barcode sangat dirasakan manfaatnya mulai dari kebutuhan Retail, Industri, Farmasi, Bidang Kesehatan, dan bahkan di instasi pemerintahan seperti PLN, dimana untuk meningkatkan pelayanan kepada pelanggan mulai menggunakan Barcode System.

7. Scanner

Alat input yang satu ini cukup unik karena bentuk dan kerjanya hampir sama seperti mesin fotocopy.Hanya saja hasil dari mesin fotocopy bisa langsung di lihat di kertas, sedangkan scanner hasilnya akan di tampilkan pada layar monitor untuk kemudian bisa di modifikasi atau biasa di sebut proses editing untuk menghasilkan hasil yang lebih bagus seperti text file, dokumen atau gambar.Alat ini memiliki ukuran yang bermacam-macam.Ada yang sebesar kertas folio bahkan postcard.Dan yang paling terbaru adalah scanner berbentuk pulpen yang di luncurkan  oleh WizCom Technologies Inc. yaitu Quicklink.

Ada 2 macam scanner, yaitu scanner yang bisa menyimpan dua warna saja dan scanner yang langsung bisa menyimpan tiga warna.

Cara kerja scanner ;Cara kerja alat ini dio bantu oleh mouse.1. Pergerakan mouse dari komputer bergerak mengendalika

pengiriman objek ke pusat scanning.2. Lalu unit scanning mengatur tempat pengiriman objek ke jalur

yang sesuai untuk selanjutnya di lakukan proses scanning.3. Jika lampu pada alat scanning menyala itu berarti proses

scanning sedang berlangsung.4. Apabila lampu telah berhenti menyala  berarti proses scanning

telah selesai dan hasilnya dapat di lihat di layar monitor komputer.

5. jika hasil yang telah ada ingin di ubah kembali, maka anda bisa menggunakan software-software aplikasi yang ada seperti, fotoshop,adobe,post scanned dan lain-lain.

12

C. Jenis dan Cara Kerja Peralatan proses dan Output

1. CPU

Unit Pemroses Sentral (UPS) (bahasa Inggris: Central Processing Unit; CPU), merujuk kepada perangkat keras komputer yang memahami dan melaksanakan perintah dan data dari perangkat lunak. Istilah lain, pemroses/prosesor (processor), sering digunakan untuk menyebut CPU. Adapun mikroprosesor adalah CPU yang diproduksi dalam sirkuit terpadu, seringkali dalam sebuah paket sirkuit terpadu-tunggal. Sejak pertengahan tahun 1970-an, mikroprosesor sirkuit terpadu-tunggal ini telah umum digunakan dan menjadi aspek penting dalam penerapan CPU.

Saat data dan/atau instruksi dimasukkan ke processing-devices, pertama sekali diletakkan di MAA (melalui Input-storage); apabila berbentuk instruksi ditampung oleh Control Unit di Program-storage, namun apabila berbentuk data ditampung di Working-storage). Jika register siap untuk menerima pengerjaan eksekusi, maka Control Unit akan mengambil instruksi dari Program-storage untuk ditampungkan ke Instruction Register, sedangkan alamat memori yang berisikan instruksi tersebut ditampung di Program Counter. Sedangkan data diambil oleh Control Unit dari Working-storage untuk ditampung di General-purpose register (dalam hal ini di Operand-register). Jika berdasar instruksi pengerjaan yang dilakukan adalah arithmatika dan logika, maka ALU akan mengambil alih operasi untuk mengerjakan berdasar instruksi yang ditetapkan. Hasilnya ditampung di Akumulator. Apabila hasil pengolahan telah selesai, maka Control Unit akan mengambil hasil pengolahan di Accumulator untuk ditampung kembali ke Working-storage. Jika pengerjaan keseluruhan telah selesai, maka Control Unit akan menjemput hasil pengolahan dari Working-storage untuk ditampung ke Output-storage. Lalu selanjutnya dari Output-storage, hasil pengolahan akan ditampilkan ke output-devices.

13

2. Jenis Monitor :

Monitor CRT merupakan monitor menggunakan media tabung sinar katoda atau kebanyakan orang menyebutnya dengan monitor tabung. Monitor CRT dibuat menggunakan tabung hampa untuk layarnya. Monitor CRT mirip dengan jenis televisi tabung. Cara kerja monitor CRT yaitu dengan memancarkan sinar elektron ke sebuah titik-titik kecil di layar. Sinar tersebut menampilkan sisi terang jika diperkuat, sedangkan untuk diperlemah untuk sisi yang gelap. Monitor CRT lebih murah ketimbang jenis-jenis monitor komputer yang lainnya. Namun monitor CRT ini berukuran cukup besar membuat tempat diletakkannya monitor tersebut haruslah luas.

Monitor LCD, Tidak seperti Monitor CRT yang menggunakan tabung hampa, Monitor LCD menggunakan media cairan kristal. Cara Kerja Monitor LCD itu dengan cara memancarkan sinar melalui kristal cair, yang kemudian dipancarkan secara elektrik sehingga membentuk sebuah panel-panel kecil yang datar. Monitor LCD komputer ini dari segi bentuk menggunakan teknologi Flat Panel Display atau monitor berlayar datar. LCD memiliki kemampuan resolusi yang lebih tinggi dibandingkan monitor CRT. Dengan bentuk yang ramping dan pipih penggunaan monitor LCD dipadukan dikomputer portable atau laptop. Berikut ini Kelebihan Monitor LCD dan Kelemahan Monitor LCD.

14

Monitor LED memiliki bentuk seperti Monitor LCD namun monitor LED lebih ramping. Monitor LED memunculkan sebuah tampilan pada layar menggunakan emisi cahaya. Monitor LED menggunakan teknologi LED backlight. LED lebih efisien mengeluarkan cahaya. Kelebihan monitor LED dari segi konsumsi daya listrik monitor LED lebih hemat daripada monitor LCD.  Namun kelemahan monitor LED yaitu harga lebih mahal daripada monitor LCD.

Monitor PLASMA merupakan monitor yang menggunakan gas neon atau xenon yang diletakkan diantara dua lapisan plat kaca. Pada lapisan gas di aliri listrik yang memberi reaksi berupa penciptaan pixel. Kualitas gambar lebih baik karena dalam proses pembuatan gambar dilakukkan secara langsung tanpa harus diuraikan terlebih dahulu. Monitor Plasma menggunakan teknologi gabungan, antara CRT dengan LCD. Hal ini membuat kitipisan Monitor Plasma menyerupai Monitor LCD dan sudut pandang pun luas seperti Monitor CRT.

15

3. Printer

Printer adalah perangkat keras (hardware) dimana perangkat itu akan bekerja apabila pengguna menghubungkannya dengan perangkat komputer, yang bisa digunakan untuk keperluan mencetak tulisan, gambar, dan grafik ke dalam bentuk kertas atau sejenisnya. Printer itu sendiri saat ini sering digunakan untuk mencetak dokumen penting baik itu perusahaan ataupun organisasi sekolah dan lain sebagainya. Dengan demikian, kehadiran printer tentu saja sangat membantu keseharian para pekerja kantoran dan pelajar serta masyarakat lainnya yang memiliki keperluan mencetak suatu dokumen penting.

Jenis Printer :

Printer Dot Matrix

Jenis printer ini merupakan printer yang menggunakan metode pita dalam proses pencetakannya. Hasil cetakan akan terlihat seperti titik yang saling terhubung satu sama lain.

a. Cara Kerja

Head dari printer jenis ini, terdiri atas 7 atau 9 ataupun 24 jarum yang tersusun secara vertical dan membentuk sebuah kolom. Pada saat bekerja, jarum yang ada akan membentuk character images melalui gesekan-gesekan jarum pada karbon dan kertas. Printer jenis ini juga merupakan character printer. Kecepatannya sangat bervariasi, tapi untuk Epson LX-80, adalah 80 caharacter per second. Pada saat head-printer bergerak dari kiri kekanan sambil menyentuh kertas, maka huruf yang sudah terpola dalam suatu susunan jarum akan segera muncul. Pola huruf ini kemudian diterima oleh pita karbon yang dibaliknya terdapat kertas, dan terjadilah pencetakan huruf demi huruf. Setiap character yang terbentuk akan menimbulkan suatu pola unique yang terdiri dari pelbagai titik didalam dimensi sebuah matrix. Jenis printer dot-matrix sangatlah bervariasi, ada yang berjenis color dan ada pula yang non-color. Umumnya, printer jenis dot-matrix juga hanya mempunyai satu warna, yaitu warna hitam. Untuk printer color, digunakan pita (karbon/ribon) khusus yang mempunyai 4 warna, yaitu hitam, biru, merah dan kuning.

16

b. KekuranganPrinter Dot Matrix adalah pencetak yang resolusi

cetakannya masih sangat rendah. Selain itu, printer ini suaranya cenderung keras jika sedang mencetak serta kualitas cetakan yang kurang bagus.

c. KelebihanPrinter jenis ini masih banyak digunakan karena

terkenal awet, selain itu pita printer dot matrix terbilang cukup murah.

Printer Inkjet

Jenis printer inkjet merupakan jenis printer yang menggunakan media tinta cair dalam proses pencetakannya.

a. Cara KerjaPada printer jenis Ink jet menggunakan teknologi

dor on demand, yaitu dengan cara menyemprotkan titik titik kecil tinta pada kertas melalui nozzle atau lubang pipa yang sangat kecil. teknologi lainnya yang dikembangkan oleh produsen printer seperti Canon dan HP dengan menggunakan panas. panas tersebut dapat membuat gelembung-gelembung tinta sehingga jika semakin panas akan semakin menekan tinta ke nozzle yang ditentukan dan tercetak pada kertas.

b. KekuranganKarena menggunakan tinta cair untuk hasil

pencetakan harus menunggu beberapa saat sampai hasil cetakan benar-benar kering.

c. KelebihanHasil cetakan pada printer jenis ini lebih bagus dan

halus. Jenis printer inkjet juga mampu menghasilkan hasil cetakan warna. Biasanya printer jenis ini banyak digunakan untuk kebutuhan pribadi.

17

Printer Laser Jet

Jenis printer ini merupakan jenis printer yang memakai media tinta bubuk atau yang biasa disebut toner dengan menggunakan perangkat infra red dalam proses pencetakannya.

a. Cara Kerjacara kerja printer laser mirip dengan mesin fotokopi,

yaitu menggunakan photographic drum. Prosesnya sebagai berikut:

Kawat corona mengalirkan listrik statis yang membuat drum (photo conductor) bermuatan positif.

Unit laser (exposition) menyorotkan sinar pada permukaan drum yang berputar sesuai dengan informasi yang diperoleh dari computer. Dengan cara ini, laser menggambar huruf atau citra yang akan dicetak sebagai sebuah pola muatan listrik–sebuah citra listrik statis yang bermuatan negative.

Selanjutnya toner atau tinta berwujud serbuk ditaburkan pada drum. Karena toner bermuatan positif, akan menempel pada area bermuatan negatif pada drum, yaitu area yang tadi sudah disorot dengan sinar laser.

Baki kertas memasukkan selembar kertas sehingga digiling oleh drum. Sebelumnya, kertas diberi muatan negatif oleh kawat corona. Muatan itu lebih besar dari muatan negatif citra listrik statis sehingga kertas dapat menarik serbuk toner yang bermuatan positif. Karena berputar dengan kecepatan yang sama dengan perputaran drum, kertas menyalin citra yang ada di drum.

Kertas yang telah menyalin citra itu dilewatkan pada fuser, yakni sepasang penggulung yang dipanaskan. Saat melewati fuser, serbuk toner meleleh dan menempel kuat pada serat kertas. Kemudian kertas dikeluarkan ke baki output.

Setelah citra listrik statis pada drum dipindahkan ke kertas, drum melewati lampu pembebasan. Sorotan lampu yang terang mengenai seluruh permukaan photoconductor dan menghapus citra listrik statisnya. Lalu, drum melewati kawat corona yang memberinya muatan positif kembali. Proses akan diulang lagi untuk pencetakan berikutnya.

18

b. KekuranganSatu kekurangan Printer Laser adalah harganya

yang reltif lebih mahal bila dibandingkan dengan printer inkjet sehingga printer Laser umumnya hanya dipakai oleh instansi atau perkantoran saja.

c. KelebihanHasil cetakannya lebih bagus, Printer laser jet juga

memiliki kecepatan pencetakan yang tinggi dan hasilnyapun juga lebih cepat kering, sama halnya dengan mesin fotocopy. Biasanya printer jenis ini banyak digunakan oleh perusahan dan kantor-kantor besar.

BAB IIIPENUTUP

19

A. Kesimpulan

Unit output ialah alat yang digunakan untuk menampilkan data, dengan kata lain menangkap data yang dikirim oleh mikroprosesor. Peralatan alat output ialah hard copy devices, soft copy devices, dan drive devices. Macam-macam unit output ialah speaker, printer, plotter, monitor, headphone, dan proyektor LCD.

B. Saran

Untuk kemajuan teknologi computer maka diharapkan agar perkembangan computer kedepan mampu mengubah pola fikir dan menjadikan masyarakat Indonesia menjadi manusia yang kreatif dan inovatif. Serta tumbuhnya kratifitas hingga menghasilkan suatu karya yang berguna bagi manusia.

Diharapkan dengan adanya teknologi computer dapat dimanfaat sesuai dengan kegunaan sebenarnya yang mampu mempercerdas bangsa bukannya unutk menghancurkan moral moral bangsa.Kemajuan computer dimasa mendatang diharapkan dapat membantu semua jenis pekerjaan manusia sehingga mereka mampu menyelesaikan pekerjaan mereka dengan cepat karena dimasa depan teknologi akan semakin canggih dan semua pekerjaan dikerjakan dengan system output, input dan proses computer.

DAFTAR PUSTAKAhttp://printerdancarakerjanya.blogspot.co.id/http://rohmatullahh.blogspot.co.id/2013/12/contoh-daftar-isi-makalah-yang-baik.html

20

http://desinilawati.blogspot.co.id/2013/12/apa-itu-super-komputer.htmlhttps://id.wikipedia.org/wiki/Handheld_computerhttps://www.google.co.id/?gws_rd=ssl#q=Jenis+printer+dan+cara+kerjanyahttps://id.wikipedia.org/wiki/Komputer_bingkai_utamahttp://rumahbarcode.com/ind https://id.wikipedia.org/wiki/Unit_Pemroses_Sentralex.php/news/83-pengertian-barcodehttps://id.wikipedia.org/wiki/Tablet_grafishttps://id.wikipedia.org/wiki/Superkomputer

PERTANYA’AN KAWAN-KAWAN

1. Nama : Kharisma Aulia Hanani

Pertanya’an : Apa kelebihan dan kekurangan dari semua jenis printer?

21

Jawaban :

Kelebihan Printer Dot Matrix yaitu Printer jenis ini masih banyak digunakan karena terkenal awet, selain itu pita printer dot matrix terbilang cukup murah.

Kekurangan Printer Dot Matrix yaitu pencetak yang resolusi cetakannya masih sangat rendah. Selain itu, printer ini suaranya cenderung keras jika sedang mencetak serta kualitas cetakan yang kurang bagus.

Kelebihan Printer InkJet yaitu Hasil cetakan pada printer jenis ini lebih bagus dan halus. Jenis printer inkjet juga mampu menghasilkan hasil cetakan warna. Biasanya printer jenis ini banyak digunakan untuk kebutuhan pribadi.

Kekurangan Printer Inkjet yaitu menggunakan tinta cair untuk hasil pencetakan harus menunggu beberapa saat sampai hasil cetakan benar-benar kering.

Kelebihan Printer Laser Jet yaitu Hasil cetakannya lebih bagus, Printer laser jet juga memiliki kecepatan pencetakan yang tinggi dan hasilnyapun juga lebih cepat kering, sama halnya dengan mesin fotocopy. Biasanya printer jenis ini banyak digunakan oleh perusahan dan kantor-kantor besar.

Kekurangan Printer Laset Jet yaitu harganya yang reltif lebih mahal bila dibandingkan dengan printer inkjet sehingga printer Laser umumnya hanya dipakai oleh instansi atau perkantoran saja.

2. Nama : Diah Kartika Sari

Pertanya’an : Apa yang dimaksud dengan IBM ?

Jawaban :

IBM adalah sebuah perusahaan Amerika Serikat yang memproduksi dan menjual perangkat keras dan perangkat lunak komputer.

22

3. Nama : Wiwin

Pertanya’an : Apa sajakah perbedaan dari semua jenis printer?

Jawaban :

Perbedaannya ialah

Printer Dot Matrix menggunakan metode pita dalam proses pencetakannya. Hasil cetakan akan terlihat seperti titik yang saling terhubung satu sama lain.

Printer InkJet merupakan jenis printer yang menggunakan media tinta cair dalam proses pencetakannya.

Printer Laser Jet memakai media tinta bubuk atau yang biasa disebut toner dengan menggunakan perangkat infra red dalam proses pencetakannya.

23