Valentine’s day

of 11 /11
VALENTINE’ S DAY

Embed Size (px)

Transcript of Valentine’s day

  1. 1. VALENTINESDAY
  2. 2. SEJARAH VALENTINEO Valentine sebenarnya adalah seorang martyr (dalam Islam disebut Syuhada) yang kerana kesalahan dan bersifat dermawan maka dia diberi gelaran Saint atau Santo.O Pada tanggal 14 Februari 270 M, St. Valentine dibunuh karena pertentangannya (pertelingkahan) dengan penguasa Romawi pada waktu itu iaitu Raja Claudius II (268 - 270 M).
  3. 3. Untuk mengagungkan dia (St. Valentine), yang dianggap sebagai simbol ketabahan, keberanian dan kepasrahan dalam menghadapi cobaan hidup, maka para pengikutnya memperingati kematian St. Valentine sebagai upacara keagamaan. Tetapisejak abad 16 M, upacara keagamaan tersebut mulai beransur-ansur hilang dan berubah menjadi perayaan bukan keagamaan.
  4. 4. Hari Valentine kemudian dihubungkan dengan pestajamuan kasih sayang bangsa Romawi kuno yangdisebut Supercalis yang jatuh pada tanggal 15Februari. Setelah orang-orang Romawi itu masuk agamaNasrani(Kristian), pesta supercaliskemudiandikaitkan dengan upacara kematian St. Valentine. Penerimaan upacara kematian St. Valentine sebagaihari kasih sayang jugadikaitkan dengankepercayaan orang Eropah bahwa waktu kasihsayang itu mulai bersemi bagai burung jantan danbetina pada tanggal 14 Februari ..
  5. 5. Dalam bahasa Perancis Normandia, padaabad pertengahan terdapatkataGalentine yang bererti galant atau cinta. Persamaan bunyi antara galentine danvalentine menyebabkan orang berfikirbahwa sebaiknya para pemuda dalammencari pasangan hidupnya pada tanggal14 Februari.
  6. 6. Lalu sebagai orang Islambagaimana kitamenyikapinya ? Dan bagaimana pandanganIslam tentang hari valentine ?
  7. 7. MENYIKAPI VALDAYAllah SWT berfirman :Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidakmengetahui tentangnya. Sesungguhnyapendengaran, penglihatan dan hati, semuanya akandiminta pertangggungjawabnya? (QS. Al-Isra [17]: 36). Sejarah Valentine di atas menjelaskan apa danbagaimana Valentines Day itu, yang tidak lainbersumber dari paganisme orang musyrik, penyembahanberhala dan penghormatan pada pastor. Bahkan tak adakaitannya dengan kasih sayang. Ikut Valentines Day berarti menghancurkan kepribadiandan karakter kita sendiri, kepribadian muslim. Kita sebagai muslim memiliki karakter dan kepribadianyang khas dan istimewa berdasarkan teladan RasulullahSAW.
  8. 8. PANDANGAN ISLAM TENTANGVALDAY Firman Allah s.w.t. dalam Surah AL Imran (keluargaImran) ayat 85 :Barangsiapa yang mencariagama selain agama Islam, maka sekali-sekalitidaklah diterima (agama itu) daripadanya, dandia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi. Firman Allah swt dalam Surah Al Baqarah ayat 120:Orang-orang Yahudi dan Nasrani tidak akansenang kepada kamu hingga kamu mengikutiagama mereka. Hadis Rasulullah s.a.w: Barang siapa yang meniruatau mengikuti suatu kaum (agama) maka diatermasuk kaum (agama) itu.
  9. 9. NEGARA NEGARA YANGMELARANG HARI VALENTINE Uzbekistan
  10. 10. Arab Saudi
  11. 11. Pakistan Iran Malaysia