Tutorial software pembelajaran senyawa turunan alkana

of 49 /49
Nama : Citra Ayuning Tyas NIM : 4301411144 Rombel : 4 Pendidikan Kimia 1.1 Menyadari adanya keteraturan dalam sifat koligatif larutan, reaksi redoks, keragaman sifat unsur, senyawa makromolekul sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang adanya keteraturan tersebut sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif. Kelimpahan unsur-unsur di alam Sifat fisis dan sifat kimia unsur-unsur gas mulia, halogen, alkali, alkali tanah,periode 3, dan periode 4. Pembuatan unsur-unsur dan senyawa halogen, alkali, alkali tanah, aluminium,nitro-gen, oksigen, belerang, silikon, besi, kromium, tembaga. Kegunaan dan dampak unsur/senyawa bagi manusia dan lingkungan Mengamati (Observing) Mengkaji literatur tentang kelimpahan unsur-unsur di alam, khususnya di Indonesia. Mengidentifikasi produk-produk yang mengandung unsur-unsur tertentu. Menanya(Questioning) Mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang sifat-sifat dan kegunaan unsur-unsur gas mulia, mengapa unsur logam dapat bersifat konduktor, sedangkan bukan logam tidak, bagaimana memperoleh logam murni?, produk-produk apalagi yang dapat dihasilkan dari bahan dasar unsur tertentu? Mengumpulkan data (Experimenting)

Embed Size (px)

description

Berisi silabus pembelajaran, RPP dan tutorial software pembelajaran kimia tentang senyawa turunan alkana. Khususnya, alkanal, alkanon, dan alkil alkanoat.

Transcript of Tutorial software pembelajaran senyawa turunan alkana

Page 1: Tutorial software pembelajaran senyawa turunan alkana

Nama : Citra Ayuning Tyas

NIM : 4301411144

Rombel : 4 Pendidikan Kimia

1.1      Menyadari adanya keteraturan dalam sifat koligatif larutan, reaksi redoks, keragaman sifat unsur, senyawa makromolekul sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang adanya keteraturan tersebut sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif.

Kelimpahan unsur-unsur di alam Sifat fisis dan sifat kimia unsur-unsur gas mulia, halogen, alkali, alkali tanah,periode 3,

dan periode 4.

Pembuatan unsur-unsur dan senyawa halogen, alkali, alkali tanah, aluminium,nitro-gen, oksigen, belerang, silikon, besi, kromium,  tembaga.

Kegunaan dan dampak

unsur/senyawa bagi manusia dan lingkungan

Mengamati (Observing) Mengkaji literatur tentang kelimpahan unsur-unsur di alam, khususnya di Indonesia.

Mengidentifikasi produk-produk yang mengandung unsur-unsur tertentu.

Menanya(Questioning)

Mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang sifat-sifat dan kegunaan unsur-unsur gas mulia, mengapa unsur logam dapat bersifat konduktor, sedangkan bukan logam tidak, bagaimana memperoleh logam murni?, produk-produk apalagi yang dapat dihasilkan dari bahan dasar unsur tertentu?

Mengumpulkan data (Experimenting)

Kerja kelompok untuk mendiskusikan kelimpahan unsur/senyawa di alam, khususnya di Indonesia.

Kerja kelompok dalam merancang dan melakukan percobaan dengan seksama atau mengumpulkan data terkait sifat kimia unsur dalam satu golongan/periode

Menganalisis data tentang sifat-sifat fisis (penampilan titik didih,titik leleh, kekerasan, konduktivitas,warna, kerapatan) dan sifat-sifat kimia unsur-unsur  dalam satu golongan/satu periode

Page 2: Tutorial software pembelajaran senyawa turunan alkana

o Mengidentifikasi /menggali informasi tentang cara memperoleh unsur murni dari bahan bakunya

o Mendiskusikan kegunaan unsur/senyawa dalam kehidupan

Mengasosiasi (Associating)

Menyimpulkan keberadaan unsur di alam, dalam sistem periodik berdasarkan sifat fisik dan kimia yang dimiliki.

Menyimpulkan prinsip pembuatan unsur-unsur/senyawa

Menyadari adanya keteraturan dalam sifat-sifat unsur yang diperoleh berkat penemuan kreatif para ahli.

Mensyukuri kelimpahan unsur di alam sebagai anugerah Tuhan YME.

 

Mengkomunikaskan (Communicating)

Membuat laporan percobaan tentang daya oksidasi halogen, reaksi nyala, dan reaksi pengendapan senyawa logam alkali tanah.

Mempresentasikan laporan percobaan tentang daya oksidasi halogen, reaksi nyala, dan reaksi pengendapan senyawa logam alkali tanah.

Mempresentasikan hasil kerja kelompok terkait dengan kelimpahan unsur di alam, sifat fisis dan sifat kimia, kegunaan, dan pembuatan unsur  serta produk yang mengandung unsur tertentu.

Tugas: Merancang dan melakukan percobaan tentang:

-  Daya oksidasi halogen

-  Reaksi nyala

-  Reaksi pengendapan senyawa logam alkali tanah.

 

Membuat bahan presentasi tentang kelimpahan unsur, sifat fisis dan sifat kimia, serta kegunaan dan pembuatan unsur.

 

Observasi

Page 3: Tutorial software pembelajaran senyawa turunan alkana

Sikap ilmiah pada saat melakukan percobaan dan presentasi tentang kelimpahan unsur, sifat fisis dan sifat kimia, serta kegunaan dan pembuatan unsur.

 

Portofolio:

Penulisan artikel atau leaflet/brosur tentang unsur-unsur di alam, sifat fisis, sifat kimia, kegunaan, pembuatan dan dampak unsur/ senyawa

 

Tes tertulis

-     Menganalisis kelimpahan unsur

-     Mengidentifikasi sifat fisis dan sifat kimia unsur dalam golongan/periode

-     Menjelaskan proses pembuatan unsur/senyawa

-     Menentukan kegunaan unsur/senyawa

 

1.2   Mensyukuri kelimpahan unsur golongan utama dan golongan transisi di alam Indonesia sebagai bahan tambang merupakan anugerah Tuhan YME yang digunakan untuk kemakmuran rakyat Indonesia. 2.1      Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin,  jujur, objektif, terbuka,  mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari. 2.2      Menunjukkanperilaku kerjasama, santun, toleran, cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam. 2.3   Menunjukkan perilaku responsif dan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan. 3.1      Menganalisis kelimpahan, kecenderungan sifat fisik dan sifat kimia, manfaat, dampak,  proses pembuatan unsur-unsur golongan utama (gas mulia, halogen, alkali dan alkali tanah, periode 3) serta unsur golongan transisi (periode 4) dan senyawanyadalam kehidupan sehari-hari. 4.6   Menalar dan menganalisis kelimpahan, kecenderungan sifat fisik dan sifat kimia, manfaat, dampak,  proses pembuatan unsur-unsur golongan utama (gas mulia, halogen, alkali dan alkali tanah, periode 3) serta unsur golongan transisi (periode 4) dan senyawanyadalam kehidupan sehari-hari. 1.1      Menyadari adanya keteraturan dalam sifat koligatif larutan, reaksi redoks, keragaman sifat unsur, senyawa makromolekul sebagai wujud kebesaran Tuhan YME dan pengetahuan tentang adanya keteraturan tersebut sebagai hasil pemikiran kreatif manusia yang kebenarannya bersifat tentatif. Struktur, tatanama, sifat, identifikasi dan kegunaan senyawa:

Halo alkana

 

Page 4: Tutorial software pembelajaran senyawa turunan alkana

Mengamati (Observing):  Menggali informasi dengan cara  membaca/ melihat/ mengamati/ menyimak tentang:

rumus struktur (gugus fungsi),  tatanama, sifat, identifikasi dan kegunaan senyawa-senyawa haloalkana yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari .

 

Menanya (Questioning)

Mengajukan  pertanyaan bagaimana senyawa haloalkana dapat merusak ozon, bagaimana cara menanggulanginya, dan apa manfaat senyawa haloalkana dalam kehidupan serta bagaimana menerapkan aturan IUPAC untuk memberi nama senyawa haloalkana

 

 

Mengumpulkan data (Experimenting)

Mendiskusikan rumus struktur dan isomer senyawa haloalkana Mendiskusikan aturan IUPAC untuk memberi nama senyawa haloalkana

Mengumpulkan data sifat fisis dan sifat kimia senyawa-senyawa haloalkana dari literatur.

Menganalisis reaksi identifikasi senyawa haloalkana

Mendiskusikan kegunaan senyawa haloalkana dalam kehidupan (bidang farmasi,  industri)

 

Mengasosiasi (Associating)

Menghubungkan rumus  struktur senyawa dengan sifat kimianya. Menghubungkan rumus molekul dengan rumus struktur  (isomer)

 

Mengkomunikasikan (Communicating)

Menyampaikan secara tertulis atau lisan tentang senyawa haloalkana yang dapat merusak ozon dan cara penanggulangannya.

Mengkomunikasikan kegunaan senyawa haloalkana dalam kehidupan (bidang farmasi,  industri)

 

Page 5: Tutorial software pembelajaran senyawa turunan alkana

Tugas: Menulis artikel “Penggunaan senyawa CFC, dampak, dan penanggulangan nya Membuat peta konsep tentang gugus fungsi dan reaksi dari turunan alkana

 

Observasi

Sikap ilmiah pada saat diskusi, dan presentasi.

 

Portofolio

Artikel yang ditulis Peta konsep

 

Tes tertulis

Pemahaman tentang: Struktur,  tatanama, sifat, kegunaan dan identifikasi senyawa haloalkana

 

 

1.2      Mensyukuri kelimpahan unsur golongan utama dan golongan transisi di alam Indonesia sebagai bahan tambang merupakan anugerah Tuhan YME yang digunakan untuk kemakmuran rakyat Indonesia. 2.1      Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu, disiplin,  jujur, objektif, terbuka,  mampu membedakan fakta dan opini, ulet, teliti, bertanggung jawab, kritis, kreatif, inovatif, demokratis, komunikatif) dalam merancang dan melakukan percobaan serta berdiskusi yang diwujudkan dalam sikap sehari-hari. 2.2      Menunjukkanperilaku kerjasama, santun, toleran, cinta damai dan peduli lingkungan serta hemat dalam memanfaatkan sumber daya alam. 2.3      Menunjukkan perilaku responsif dan pro-aktif serta bijaksana sebagai wujud kemampuan memecahkan masalah dan membuat keputusan. 3.2      Menganalisis struktur, tata nama, sifat dan kegunaan senyawa karbon (halo alkana, alkanol, alkoksi alkana, alkanal, alkanon, asam alkanoat, dan alkil alkanoat) 4.7      Menalar dan menganalisis struktur,  tata nama, sifat dan kegunaan senyawa karbon (halo alkana, alkanol, alkoksi alkana, alkanal, alkanon, asam alkanoat, dan alkil alkanoat).

 

Struktur, tatanama, sifat, identifikasi dan kegunaan senyawa: Alkanol dan Alkoksi alkana

Page 6: Tutorial software pembelajaran senyawa turunan alkana

Mengamati (Observing):  Menggali informasi dengan cara  membaca/ melihat/ mengamati/ menyimak tentang:

rumus struktur (gugus fungsi),  tata-nama, sifat, identifikasi dan kegunaan senyawa-senyawa alkanol dan alkoksi alkana yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari .

Menanya (Questioning)

Bagaimana senyawa alkohol tertentu dapat menjadi alternatif  bahan bakar.

Mengumpulkan data (Experimenting)

Mendiskusikan rumus struktur dan isomer senyawa alkanol dan alkoksi alkan Mendiskusikan aturan IUPAC untuk memberi nama senyawa alkanol dan alkoksi alkan

Mengumpulkan data sifat fisis dan sifat kimia senyawa-senyawa alkanol dan alkoksi alkan, serta senyawa polialkohol,  pembuatan alkohol dengan cara fermentasi, dan cara membedakan alkohol dengan eter dari literatur.

Membedakan alkohol primer, alkohol sekunder, dan alkohol tertier.

Merancang, kemudian melakukan percobaan untuk mengidentifikasi alkanol dan alkoksi alkan

Menganalisis reaksi identifikasi senyawa alkanol dan alkoksi alkan

Mendiskusikan kegunaan senyawa alkanol dan alkoksi alkan dalam  kehidupan (bidang farmasi,  industri)

Mengasosiasi (Associating)

Menghubungkan rumus  struktur senyawa dengan sifat kimianya. Menghubungkan rumus molekul dengan rumus struktur  (isomer)

Mengkomunikasikan (Communicating)

Membuat  laporan percobaan tentang cara membedakan alkohol primer, alkohol sekunder, dan alkohol tertier serta mempresentasikannya.

Mempresentasikan ide/gagasan penggunaan alkanol sebagai alternatif bahan bakar.

Mengkomunikasikan kegunaan senyawa alkanol dan alkoksi alkan  dalam kehidupan (bidang farmasi)

Tugas: Menulis ide /gagasan penggunaan alkanol sebagai alternatif bahan bakar. Merancang percobaan identifikasi alkanol dan alkoksi alkan

 

Page 7: Tutorial software pembelajaran senyawa turunan alkana

Observasi

Sikap ilmiah pada saat melakukan percobaan  (menggunakan pipet tetes, mengukur volume dll) dan diskusi, serta presentasi.

 

Portofolio

Artikel yang ditulis Laporan hasil percobaan

 

Tes tertulis

Pemahaman tentang: Struktur,  tatanama, sifat, kegunaan dan identifikasi senyawa alkanol dan alkoksi alkan

 

  Struktur, tatanama, sifat, identifikasi dan kegunaan senyawa: Alkanal dan Alkanon

Mengamati (Observing):  Menggali informasi dengan cara  membaca/ melihat/ mengamati/menyimak tentang

struktur,  gugus fungsi,  tata-nama, identifikasi dan kegunaan senyawa-senyawa alkanal dan alkanon.

Menanya (Questioning)

Formalin digunakan untuk pengawet preparat (contoh mayat ) apakah formalin juga dapat digunakan sebagai pengawet makanan?

Mengumpulkan data (Experimenting)

Mendiskusikan rumus struktur dan isomer senyawa Alkanal dan Alkanon Mendiskusikan aturan IUPAC untuk memberi nama senyawaAlkanal dan Alkanon

Mengumpulkan data sifat fisis, sifat kimia senyawa-senyawa Alkanal dan Alkanon, serta  identifikasiAlkanal dan Alkanon dari literatur.

Merancang, kemudian melakukan percobaan tentang identifikasi Alkanal dan Alkanon  (misal dengan larutan Fehling dan Tollens).

Mendiskusikan kegunaan senyawa Alkanal dan Alkanon dalam kehidupan (bidang farmasi,  industri)

Page 8: Tutorial software pembelajaran senyawa turunan alkana

Mengasosiasi (Associating)

Menentukan rumus struktur senyawa-senyawa Alkanal dan Alkanon  dari rumus molekul tertentu, isomer dan namanya.

Menghubungkan rumus  struktur senyawa dengan sifat kimianya.

Mengkomunikasikan (Communicating)

Mengkomunikasikan  secara tertulis (membuat  laporan tertulis)  atau lisan tentang hasil identifikasi Alkanal dan Alkanon.

Tugas Mencari artikel tentang kegunaan dan bahaya formalin Merancang percobaan identifikasi alkanal dan alkanon

 

Observasi

Sikap ilmiah dalam melakukan percobaan, diskusi, dan presentasi

 

Portofolio

Artikel yang ditulis Laporan hasil percobaan

 

Tes tertulis

Pemahaman tentang struktur,  tatanama, sifat, kegunaan dan identifikasi senyawa: alkanal (aldehid) dan alkanon (keton)

 

  Struktur, tatanama, sifat, kegunaan dan identifikasi senyawa: Asam alkanoat Alkil alkanoat

 

Mengamati (Observing): 

Page 9: Tutorial software pembelajaran senyawa turunan alkana

Menggali informasi dengan cara  membaca/ melihat/ mengamati/ menyimak tentang gugus fungsi, tata-nama, sifat dan kegunaan senyawa-senyawa asam alkanoat dan alkil alkanoat

 

Menanya (Questioning)

Mengajukan pertanyaan,asam cuka dapat digunakan sebagai penambah rasa pada makanan apakah asam alkanoat yang lain juga bisa?

senyawa-senyawa ester apa saja yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

 

Mengumpulkan data (Experimenting)

Mendiskusikan rumus struktur dan isomer senyawa asam alkanoat dan alkil alkanoat. Mendiskusikan aturan IUPAC untuk memberi nama senyawa asam alkanoat dan alkil

alkanoat.

Mengumpulkan data sifat fisis dan sifat kimia senyawa-senyawa asam alkanoat dan alkil alkanoat dari literatur.

o Merancang, kemudian melakukan percobaan pembuatan alkil alkanoat

o Mengumpulkan data untuk menjawab pertanyaan: senyawa-senyawa asam alkanoat dan alkil alkanoat apa saja yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Mengasosiasi (Associating)

Menghubungkan rumus molekul dengan senyawa asam alkanoat dan alkil alkaoat (isomer).

Menghubungkan rumus  struktur senyawa dengan sifat kimianya

Mengkomunikasikan (Communicating)

 Mengkomunikasikan  secara tertulis (membuat  laporan tertulis)  atau lisan tentang hasil percobaan pembuatan ester.

Menyampaikan secara tertulis atau lisan senyawa-senyawa asam alkanoat dan alkil alkanoat yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari.

Tugas Mencari ester (alkil alkanoat) yang sering digunakan dalam industri makanan/minuman Merancang percobaan esterifikasi

 

Page 10: Tutorial software pembelajaran senyawa turunan alkana

Observasi

Sikap ilmiah dalam melakukan percobaan (mengukur volume, suhu, meneteskan larutan, dll), dan diskusi, serta presentasi

Portofolio

Laporan hasil percobaan

Tes tertulis

Pemahaman tentang struktur, tatanama, sifat, kegunaan dan identifikasi senyawa asam alkanoat (asam karboksilat) dan

alkil alkanoat   (ester)

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP) NO . 2

Mata Pelajaran : Kimia SMA N 1 BOJA

Kelas / Semester : XII / 2

Pertemuan : 3 - 4

Alokasi Waktu : 4 jp

Standart Kompetensi : 4.1. Memahami senyawa organik dan reaksinya, benzena dan

turunannya, dan makromolekul

: Mendeskripsikan struktur, cara penulisan, tata nama, sifat, kegunaan,dan identifikasi senyawa karbon (haloalkana,alkanol, alkoksi alkana,alkanal, alkanon, alkanoat, dan alkil alkanoat)

Indicator ;

Pertemuan 1. 1. Menjelaskan sifat-sifat fisik senyawa alkanal, alkanon ,asam karboksilat dan ester

2. Menjelaskan reaksi identifikasi gugus fungsi senyawa karbon.

Page 11: Tutorial software pembelajaran senyawa turunan alkana

3. Mendeskripsikan kegunaan senyawa alkanal, alkanon , alkanoat dan ester

Pertemuan 2. : 1. Mengamati reaksi identifikasi alkohol

2. Mengamati reaksi identifikasi alkanal

I. Tujuan Pembelajaran : Setelah mempelajari materi ini, diharapkan siswa dapat

Pertemuan 1 1. menjelaskan sifat-sifat fisik senyawa karbon alkanal , alkanon , asam karboksilat dan ester;

2. menjelaskan reaksi identifikasi gugus fungsi senyawa karbon; alkanal , alkanon , asam karboksilat dan ester;

3. mendeskripsikan kegunaan senyawa karbon.

Pertemuan 2 : 1. Dapat merancang dan melakukan percobaan identifikasi alkohol

2. Dapat merancang dan melakukan percobaan identifikasi alkanal

II. Materi Ajar : Senyawa Karbon

III. Metode Pembelajaran : Diskusi informasi

Praktikum

Penugasan

Tanya jawab

IV. Langkah –langkah Pembelajaran :

Kegiatan Awal

Jenis Kegiatan Alokasi waktu

Guru Siswa

Pertemuan I 5 menit

Page 12: Tutorial software pembelajaran senyawa turunan alkana

Motivasi ; membahas PR materi ke 2

Pre tes ; Tuliskan struktur dari alkanal, alkanon, alkanoat,dan ester 10 menit

Pertemuan II

Motivasi ; Menjelaskan tujuan praktikum

Pre tes ; Sebutkan fungsi alat- alat berikut : tabung reaksi, gelas ukur, bath water.

5 menit

10 menit

Kegiatan Inti

Jenis Kegiatan Alokasi Waktu

Guru Siswa

Pertemuan I

Menjelaskan :

1. pengertian senyawa alkanal , alkanon , alkanoat dan alkil alkanoat macam-macam, tata nama, isomer, sifat, reaksi identifikasi, dan kegunaan nya.

2. Memberikan contoh soal pemberian nama, struktur isomer, dan gugus fungsi.

3. Memberi bantuan kepada siswa yang kesulitan dalam mengerjakan soal

30 ‘

20’

Pertemuan II

Menjelaskan :

1. Cara merancang dan merakit alat identifikasi alkohol dan alkanal

2. Cara menentukan sifat- sifat terjadinya reaksi terbentuk

3. Memberi bantuan kepada siswa selama melakukan percobaan

10 ‘

40 ‘

Kegiatan Akhir

Page 13: Tutorial software pembelajaran senyawa turunan alkana

Jenis KegiatanAlokasi waktu

Guru Siswa

Kesimpulan pertemuan I

Bersama siswa menyimpulkan Alkanal,alkanon,alkanoat,alkil alkanoat

Pertemuan 2;

Hasil percobaan identifikasi gugus fungsi

Evaluasi ; Terlampir

Tugas :

1. Tugas Terstruktur :PR secara indifidu

2. Tugas tidak Terstruktur : mencari informasi dari berbagai sumber penggunaan sehari hari tentang senyawa karbon khususnya alkanal . alkanon, alkanoat dan alkil alkanoat.

10 ‘

15 ‘

V. Alat / Bahan/ Sumber Belajar :

- Silabus

- Buku kimia yang relevan

- LKS

- seperangkat alat dan bahan uji alkohol dan aldehid

VI. Penilaian :

Essay test

No No Tujuan Pembelajaran

Butir soal Ranah

Page 14: Tutorial software pembelajaran senyawa turunan alkana

1.

.

2

3

1.

2

3

Jelaskan perbedaan sifat fisik dari senyawa alkanal , alkanon ,alkanoat dan ester

Tuliskan rumus struktur dari nama senyawa berikut :

a. 3 metil– butanal

b. 3- butanon

c. Etil propanoat

Jelaskan kegunaan dari senyawa alkanal ,alkanon , alkanoat dan ester masing-masing 2 buah

C2

C2

C2

1

2.

1

2

Jelaskan cara membedakan alkohol promer ,sekunder dan tersier dari hasil uji coba identifikasi alkohol

Pereaksi apa yang dapat membedakan antara senyawa alkanal dan alkanon

C2

C2

PEDOMAN PENSEKORAN SOAL FORMATIF

NO Kunci / kriteria jawaban / Aspek yang dinilai Skor

1 Jawaban pertemuan 1 lihat pada diktat senyawa karbon

Jawaban pertemuan 2 lihat pada diktat senyawa karbon

100

Ket : 100

Page 15: Tutorial software pembelajaran senyawa turunan alkana

Nilai = skor x 100

Skor mak

FORMAT PENILAIAN PRAKTIKUM KIMIA

NO TAHAPAN KEGIATAN RENTANG BOBOT NILAI AKHIR

1

Persiapan :

1. Pengambilan alat sesuai dengan LKS

2. Pengambilan bahan sesuai dengan LKS

3. Membersihkan alat-alat sebelum dipakai

0-3

0-3

0-3

20 = skor x bobot

Skor mak

2

Pelaksanaan :

1. Merangkai alat sesuai petunjuk

2. Bekerja sesuai petunjuk dan berurutan

3. bekerja tidak ribut / bercanda

4 .kerja sama kelompok

0-3

0-3

0-3

0-3

50 = skor x bobot

Skor mak

3 Akhir :

1. Mengembalikan alat lengkap dan bersih

2. Meja praktek ditinggalkan dalam keadaan bersih

3. Laporan praktikum tersusun dengan

0-3

0-3

0-3

30 = skor x bobot

Skor mak

Page 16: Tutorial software pembelajaran senyawa turunan alkana

benar

FORMAT PENILAIAN SIKAP

NO

URAIAN SIKAP PERILAKU SIKAP JUMLAH

1 2 3 4 5

1

2.

3

4

5

Antusias dalam menyimak penjelasan guru / mata pelajaran

Aktifitas didalam kelas

Dapat bekerja sama dengan teman / kelompok

Berusaha untuk memperbaiki kesalahan

Jujur / dapat dipercaya oleh guru dan temanya

Ket : 1 = sangat baik

2 = baik

3 = cukup

4 = kurang baik

5 = sangat tidak baik

Page 17: Tutorial software pembelajaran senyawa turunan alkana

1. Molecule maker

Review

Molekul Maker adalah alat sederhana yang dibuat untuk siswa untuk mencatat kedepan kelas ilmu kimia dengan menggunakan komputer, lebih cepat dan lebih mudah. Molekul pembuat menggunakan antarmuka pengguna yang sangat sederhana yang mudah untuk belajar dan akan memungkinkan Anda menggambar diagram bahkan zat yang paling kompleks.

Molekul Maker telah diuji oleh mahasiswa yang mengambil kimia A-level yang telah ditemukan untuk menjadi alat yang tak tergantikan saat mengambil catatan pada komputer.

A secara mendalam sistem bantuan penuh disertakan dalam download dan dapat diakses dengan menekan F1 di Molekul Maker.

Tutorial

Molekul Maker dirancang untuk membuat gambar struktur molekul secepat mungkin .Sebagai hasil dari ini antarmuka pengguna grafis ( GUI ) sangat sederhana .Bila Anda membuka Molekul pembuat Anda akan melihat grid dan pointer .Titik di mana dua baris terbesar dari salib pointer adalah di mana garis ( obligasi ) akan ditarik .Curser terpasang ke grid untuk membantu Anda menarik akurat dan merata .Kotak kecil di kanan bawah salib utama menunjukkan daerahdi mana teks ( nama atau simbol elemental ) akan ditarik .Karakter huruf besar mengisi daerah ini benar-benar .Kecil ‘ takik ‘ menunjukkan dua kotak grid dari area teks .Ini akan membantu Anda ruang diagram AndaMari kita mulai dengan membuat etanol molekul .Molekul ini terdiri dari tujuh obligasi , enam hidrogen , dua karbon dan oksigen .Kita mulai dengan menggambar garis ikatan horisontal dua kotak kotak lebar . Ini akan menjadi karbon untuk ikatan karbonuntuk melakukan posisi ini pointer dekat pusat kanvas dan sementara menekan tombol kiri mousememindahkan pointer secara horizontal di dua kotak kotak.Bila Anda melepas tombol mouse garis obligasi akan dibuat .

Page 18: Tutorial software pembelajaran senyawa turunan alkana

Anda dapat membatalkan objek terakhir yang ditambahkan setiap saat dengan menekan Ctrl dan menekan Z. Anda dapat membuat berbagai jenis obligasi dengan menekan tombolSelanjutnya kita harus menambahkan simbol untuk dua karbon ( C )Untuk melakukan posisi ini kotak pointer sehingga di salah satu ujung garis dan klik tombol mouse sebelah kanan .Sekarang Anda dapat mengetik dalam kasus C atas kedepan karbon pertama .

Setelah Anda memasukkan simbol Anda harus tekan enter untuk menyelesaikan teks .Ulangi langkah ini untuk garis ikatan lain dan oksigen .

Page 19: Tutorial software pembelajaran senyawa turunan alkana

Untuk menghemat waktu sementara menambahkan hidrogen Anda dapat membuat beberapa input teks dan ketik mereka secara bersamaan .

Ingatlah untuk tekan enter setelah memasukkan simbol untuk menyelesaikan input teks .

Sumber :

http://www.softpedia.com

2. NCGC STRUCTURE STANDARDIZER

Preview

Struktur NCGC Standardizer dikembangkan sebagai instrumen yang mudah digunakan, dapat diakses dan sederhana dibangun untuk struktur kimia standardisasi.

Sedang dikembangkan menggunakan Java Struktur bahasa pemrograman Standardizer adalah utilitas cross-platform yang dapat digunakan pada Windows, Mac OS X, dan Linux.

Tutorial

1. Install software yang sudah di download2. Buka software NCGC. Akan muncul tampilan sebagai berikut.

Page 20: Tutorial software pembelajaran senyawa turunan alkana

3. Pilih unsur yang ingin kita buat strukturnya. Tidak perlu untuk menambahkan aton H secara manual, karena atom H akan muncul secara otomatis.4. Kemudian pilih garis atau ikatan yang akab menghubungkan tiap unsur. Jika telah terhubung masing-masing unsurnya. Maka ikatan yang terjadi adalah ikatan tunggal. Untuk membuat menjadi ikatan rangkap, cukup garis penghubung antar unsur/ikatan tunggal tadi di klik. Untuk membuatnya menjadi tiga ikatan maka lakukan dengan double klik. Selesai.

5. Fitur yang ditawarkan beragam. Diantaranya kita dapat membuat dengan unsur S,C,N,O,F,P. Terdapat juga widget positif-negatif dan senyawa-senyawa siklik.

3. sumber :4. http://www.softpedia.com/get/Science-CAD/NCGC-Structure-Standardizer.shtml<a

3. ENIG

Preview

Enig . Kimia Asisten dikembangkan untuk menjadi sebuah ekspresi kalkulator untuk perhitungan cepat berat molekul senyawa dengan entri yang mudah rumus kimia .

Tutorial

1. Install software yang telah di download.2. Buka software EniG. Akan muncul tampilan sebagai berikut.

Page 21: Tutorial software pembelajaran senyawa turunan alkana

3. Masukkan rumus dari molekul yang ingin kita ketahui Massa Molekul relatifnya. Kemudian klik button Calculate. Untuk EniG, terdapat juga fitur untuk mencari persentase, ppm dll. Jika telah selesai menginput data, klik button ‘=’

4. Selesai.

Sumber :Softpedia.com

4. CHEMDOODLE

Review

ChemDoodle adalah aplikasi menggambar kimia yang komprehensif yang memungkinkan pengguna untuk belajar kimia sambil bersenang-senang , dengan membuat sketsa struktur molekul dan ikatan kimia .

ChemDoodle native membaca dan menulis berbagai format file umum termasuk ChemDraw itu CDX dan CDXML . Anda dapat menulis file ChemDraw untuk mengirimkan naskah jurnal atau berbagi file dengan teman-teman kaya yang membeli ChemDraw . Tidak lama lagi perlu khawatir jika colleages Anda menggunakan aplikasi yang kompatibel atau sistem operasi .

Page 22: Tutorial software pembelajaran senyawa turunan alkana

Salah satu hal besar mengenai ChemDoodle adalah bahwa itu bukan hanya sebuah program untuk membuat struktur kimia atau gambar molekul . Ini adalah lingkungan kimia 2D mana kimia apapun dapat dimasukkan .

Widget ChemDoodle adalah contoh yang bagus dari kebebasan ini . Ini aplikasi mini melakukan berbagai tugas unik seperti berinteraksi dengan database , menghasilkan dan menafsirkan SMILES string , dan simulasi multiplet .

Output dari widget ini dapat dengan mudah diseret ke kanan dokumen Anda . Kami selalu mencari untuk menambahkan lebih banyak widget , sehingga Anda mungkin akan terkejut setelah mengupdate ChemDoodle , untuk melihat widget baru yang muncul bagi Anda untuk bermain dengan!

Selain Format ChemDoodle sendiri ( ICL ) dan format pengaturan dokumen kimia ( CDS ) , ChemDoodle sempurna dapat membaca dan menulis ChemDraw itu CDX dan CDXML , MDL MOLFiles dan SDFiles , dan markup language kimia ( CML ) .

Jika jurnal tidak menerima format ICL ChemDoodle atau salah satu format gambar vektor yang disediakan , hanya menyimpan dokumen Anda sebagai file ChemDraw dan menyerahkan itu juga.

Semua benda saling inklusif, termasuk bentuk dan gambar , dapat disimpan dengan hampir semua properti diawetkan . Cerita ini di iChemLabs menjelaskan membaca dan menulis file ChemDraw lebih terinci. Anda juga mungkin ingin menggunakan struktur dibuat dalam ChemDoodle dengan aplikasi kimia lainnya .

ChemDoodle mendukung sepenuhnya format MDL , yang telah menjadi format file standar kimia , dan hampir setiap aplikasi kimia akan dapat memuat mereka . Berbagai format asli memungkinkan untuk kemudahan dalam menggunakan ChemDoodle untuk tugas apapun.Berikut adalah beberapa fitur kunci dari ” ChemDoodle “

Tutorial

1. Install software yang sudah di download

Page 23: Tutorial software pembelajaran senyawa turunan alkana

2. Buka software ChemDoodle. Kemudian akan muncul tampilan seperti berikut.

3. Sebagai contoh, akan dibuat unsur etanal.

4. Pertama, kita harus memilih unsur C pada Atom Label. Kemudian arahkan kursor pada worksheet, akan muncul titik pada ujung worksheet apabila kita mengklik suatu tempat pada worksheet.

5. Lalu, buat lagi titik yang lain pada worksheet. Kemudian hubungkan titik-titik yang berupa atom tersebut dengan garis yang diperlukan(Letak garis ikatan biasanya berada di bawah Atom Label).

6. Atur tampilan hydrogen dengan mengklik widget add/remove Hydrogen.

Page 24: Tutorial software pembelajaran senyawa turunan alkana

7. Selesai.

8. ChemDoodle dapat juga di gunakan untuk membuat senyawa turunan benzene, senyawa hidrokarbon, dll. Kemudian orbital juga dapat dimunculkan dengan vitur-vitur yang tersedia.Sumber :http://www.softpedia.com

5. CHEMSPREAD

Preview

Kimia spreadsheet kalkulator beroperasi sebagai applet Java. Hal ini dapat menyeimbangkan setiap persamaan kimia valid termasuk yang dengan elektron bebas. Ini juga memiliki simulator keseimbangan dan 26 built-in persamaan kimia untuk praktek siswa. Spreadsheet ini melakukan puluhan stoikiometrimasalah seperti reagen pembatas, titrasi, gravimetri, gas ideal dan non-ideal, banyak masalah keseimbangan termasuk penentuan konstanta kesetimbangan, cakupan mendalam masalah tekanan parsial termasuk yang dengan persamaan gas Van der Waal.Ini memecahkan banyak masalah dalam berbagai kombinasi dan sehingga memiliki satu set yang sangat besar masalah itu bisa dipecahkan. Dokumen menunjukkan 26 contoh yang berbeda atau penggunaan.

  Tutorial

1. Install software yang telah di download.

Page 25: Tutorial software pembelajaran senyawa turunan alkana

2. Buka software Chemspread. Akan muncul tampilan sebagai berikut.

3. Inputkan rumus senyawa yang ingin di reaksikan. Contoh CH3COOH +  NaHCO3           →        CH3COONa + H2O + CO2. Namun pada saat menginputnya, gunakan tanda (..) untuk mengubah tampilan menjadi subscript dan [..] untuk superscript. Jika belum dirubah menjadi bentuk reaksi yang sesungguhnya, maka pada saat di klik button calculate, tidak akan terjadi apa-apa. Penulisan contoh tersebut, maka menjadi :    CH (3)COOH + NaHCO(3) →   CH(3)COONa + H(2)O + CO(2)

4. Selanjutnya klik button calculate untuk mendapatkan hasilnya. Selanjutnya akan ditampilan mol, gram, mol/litter, liter. Pada table yang tersedia, inputlah data-data yang diketahui, kemudian calculate.

5. Apabila ingin menghitung pereaksi pembatas dan gas/vapor. Juga dapat dihitung dengan Chemspread, cukup mengklik button yang tersedia saja.

Page 26: Tutorial software pembelajaran senyawa turunan alkana

6. Selesai.

sumber :

http://www.softpedia.com/get/Science-CAD/CHEMSPREAD-PRO.shtml

6.QPERIODICTABLE

Preview

QPeriodicTable adalah sederhana, dan aplikasi yang sangat mudah digunakan yang pada dasarnya menampilkan tabel periodik. Perangkat lunak ini ditulis dalam Qt4 dan mungkin membuktikan dirinya sangat berguna dalam studi kimia Anda.

QPeriodicTable adalah alat yang berguna dan open source yang memungkinkan Anda untuk mempelajari lebih lanjut tentang senyawa kimia.

Tutorial

1. Install software yang telah selesai di download.

2. Buka software Qperiodictable.

3. Pilih unsur yang ingin diamati.

4. Widget di sebelah kiri berupa Overview, Time line, State of matter dan Search.

Page 28: Tutorial software pembelajaran senyawa turunan alkana

8. Tampilan search.

9. Anda akan mendapatkan informasi tertentu terkait unsur-unsur yang terdapat di dalam tabel periodik.

Sumber :http://www.softpedia.com

7. CHEMDIGIT

Review

Aplikasi ChemDigiT dirancang untuk menjadi kalkulator kimia. Tidak ada perkiraan yang dibuat . Semua variabel dihitung menunjukkan nilai yang tepat mereka. Algoritma yang digunakan untuk perhitungan didasarkan pada persamaan set lengkap menggambarkan asam / basa dan garam equlibrium disosiasi diselesaikan dengan metode Newton – Raphson .

Bagian pH Asam-BasaCari pH dan keseimbangan konsentrasi yang tepat dari semua spesies dipisahkan dan terdisosiasi dari setiap solusi yang kuat / lemah asam / polyprotic dan basis . Built -in database dari lebih dari 60 asam lemah dan basa dengan pka dan PKB tabel dapat diedit

pH Hidrolisis BagianCari pH dan keseimbangan konsentrasi yang tepat dari semua spesies dipisahkan dan terdisosiasi dari setiap larutan garam .

Campuran pH BagianCari pH dan keseimbangan konsentrasi yang tepat dari semua spesies dipisahkan dan terdisosiasi dari setiap campuran dua asam atau dua pangkalan

Page 29: Tutorial software pembelajaran senyawa turunan alkana

titrasi BagianMelacak kurva titrasi dan menemukan pH dan volume titran ditambahkan pada titik-titik setara dengan setiap kombinasi yang kuat / lemah asam-basa

Saldo BagianMenyeimbangkan persamaan kimia ( max 8 reagen dan 8 produk ) . Jika Berat atau mol satu specie dimasukkan , jumlah semua reagen dan produk akan dihitung . Jika lebih dari satu nilai yang dimasukkan , kemudian ChemDigiT cek jika ada reagen pembatas . Jika demikian nilai ini digunakan untuk perhitungan stoikiometri .

konsentrasi BagianHitung dan mengkonversi konsentrasi ( molaritas , molalitas , konsentrasi persen dan fraksi molar ) . Semua perhitungan secara otomatis akan mengambil kepadatan solusi ke rekening. Built -in database diedit dari lebih dari 300 senyawa dengan tabel kepadatanKalkulator untuk pengenceran dan solusi perhitungan pencampuran .

Buffer BagianHitung A) komposisi penyangga ( asam dan konsentrasi basa konjugasi) atau B ) pH yang diinginkan dan konsentrasi total . ChemDigiT tidak menggunakan persamaan Henderson – Hasselbach , tapi persis memecahkan persamaan derajat keenam . Option Kekuatan ionik untuk mempertimbangkan kegiatan . Persamaan Davies parameter diedit . Hitung pH baru setelah penambahan kuat asam / basa .

kelarutan BagianHitung kelarutan , pH dan ion Kekuatan dari setiap larutan elektrolit kuat buruk larut . Built -in database diedit dari lebih dari 120 senyawa dengan Kelarutan Konstanta produk . Mengevaluasi efek dari Hidrolisis ( Anion ) , pH dan ion Kekuatan pada Kelarutan dalam

 

Tutorial

1. Install Software yang sudah didownload.

2. Buka software ChemDigit. Kemudian pilih bahasa yang ingin digunakan oleh user.

3. Pilih kotak dialog Concentration. Di dalamnya, telah terdapat Kolom isian yang berhubungan dengan sifat koligatif larutan. Kita tinggal menginput nama senyawa, atau pun bilangan-bilangan

Page 30: Tutorial software pembelajaran senyawa turunan alkana

yang kita kehendaki pada kotak dialog.

4. Selesai.

Sumber:

http://www.Softpedia.com

8. QSLD

Review

SLD Calculator adalah aplikasi berguna yang dirancang untuk menyediakan Anda dengan cara sederhana membantu Anda untuk melakukan perhitungan rumus kimia.

SLD Kalkulator pada dasarnya adalah sebuah GUI untuk menghitung karakteristik senyawa kimia bersama dengan Neutron dan X-Ray Hamburan Panjang Densitas.

Tutorial

1. Install software yang telah di download.2. Buka software q SLD. Akan muncul tampilan sebagai berikut.

Page 31: Tutorial software pembelajaran senyawa turunan alkana

3. Inputkn rumus senyawa yang ingin kita ketahui Massa molekul relatifnya pada kotak dialog formula (pojok kanan atas yang di beri tanda lingkaran merah)

4. Selanjutnya klik button calculate untuk mendapatkan hasilnya.

5. Selesai.

Sumber :

http://www.softpedia.com

9. FXCHEMSTRUCT

Review

FX SciencePack datang dibundel dengan tiga aplikasi yaitu FX Chem, FX ChemStruct dan FX Persamaan dan memungkinkan Anda untuk mengenali berbagai komponen dari persamaan kimia.

Page 32: Tutorial software pembelajaran senyawa turunan alkana

Dengan menggunakan FX Chem Anda memiliki kemungkinan untuk menciptakan reaksi pribadi Anda, sementara FX ChemStruct sangat berguna bagi pengguna yang membutuhkan untuk menampilkan struktur kimia sebagai mereka ketik. Juga, dengan bantuan FX Persamaan Anda mampu menghasilkan persamaan matematika dan ilmiah.

Tutorial

1. Install software yang sudah di download2. Buka software FXChemStruct. Kemudian akan muncul tampilan seperti berikut.

3. Sebagai contoh, akan dibuat unsur etanal.

4. FXChemStruct merupakan software penggambaran molekul yang terhitung modern dan amat mudah penggunaannya. Jika software lain meminta user untuk menggambar unsur dan ikatan masing-masing unsure secara mandiri. Maka, dengan FXChemStruct ini kita cukup menginput rumus molekulnya saja kekotak dialog (yang di beri tanda cek), kemudian mengatur tampilannya, maka software yang akan menggambarkannya untuk kita.

Page 33: Tutorial software pembelajaran senyawa turunan alkana

5. Selesai.

6. Yang perlu diperhatikan adalah, rumus yang kita input harus benar. Dan pastikan bahwa rumus tersebut bukan hasil pemampatan, karena software akan menerjemahkan tidak sesuai harapan.

Contoh : untuk etanal kita harus menginputkan ke kotak dialog CH3CHO bukan C2H4O.

7. FXChemStruct tidak terbatas pada pembuatan struktur tertentu saja. Melainkan berlaku untuk semua unsur.

Sumber :

http://www.softpedia.com

10.BKCHEM

Review

BKchem adalah sebuah aplikasi Windows yang ringan yang tujuannya adalah untuk membantu pengguna menggambar struktur kimia .

Ini olahraga antarmuka yang bersih dan sederhana yang memungkinkan Anda untuk mengatur parameter khusus dengan usaha minimal .

BKchem memberikan kemungkinan untuk merancang formula struktur menggunakan beberapa alat bantu yang telah ditetapkan , seperti dua atau tiga garis , garis putus-putus atau terganggu , atau memilih untuk gaya gambar gratis .

Program ini memungkinkan Anda untuk drag dan drop objek untuk setiap area lingkungan kerja , masukkan senyawa kimia atau molekul ( misalnya benzena , siklopropana , cyclobutane , purin , tiofena ) , serta menambahkan atom dan simbol ( misalnya ditambah , minus) .

Page 34: Tutorial software pembelajaran senyawa turunan alkana

Fitur penting lainnya yang layak disebut diwakili oleh kemungkinan untuk menanamkan pesan teks dan kurung , memutar molekul sekitar pusat geometris nya dalam mode 2D atau 3D , dan menyelaraskan molekul pada layar horizontal atau vertikal .

Selain itu, Anda dapat menyisipkan persegi panjang , kotak , oval , lingkaran , dan poligon , menarik polylines , nomor embed dan garis bergelombang , menentukan nama molekul dan ID , menyesuaikan ikatan dalam hal urutan , posisi , dan lebar , dan pilih warna atom , valensi , dan simbol .

Terlebih lagi , Anda dapat mengimpor data dari MOL , CML , atau file XML , membatalkan atau mengulang tindakan Anda , melakukan operasi pengeditan dasar ( cut , copy , paste) , menyelaraskan objek ( atas, bawah , kiri, atau kanan ) , dan membawa benda-benda ke depan atau mengirim mereka ke belakang .

Last but not least, alat menawarkan dukungan untuk Sederhana Molekul – input Garis – Entry System ( SMILES ) , dan memungkinkan Anda menyimpan rumus struktural SVG , ODF , PNG , PDF , CDML , atau format file lainnya .

Semua dalam semua , BKchem menawarkan serangkaian berguna parameter untuk membantu pengguna merancang formula struktural.

Tutorial

1. Install software yang sudah di download2. Buka software BKchem. Kemudian akan muncul tampilan sebagai berikut.

3. Sebagai contoh, akan dibuat unsur etanal.4. Pertama, untuk membuat Unsur CH3 dengan cara mengklik button text yang berlogo ab

seperti yang telah di lingkari pada gambar di bawah ini, kemudian klik pada worksheet, Isikan unsur C pada kotak dialog (yang di beri tanda centang) dengan mengetik biasa dari keyboard. Demikian pula dengan unsure H. Untuk membuat angka 3 menjadi subscript gunakan button subscript yang berada di sebelah kotak dialog.

Page 35: Tutorial software pembelajaran senyawa turunan alkana

5. Kemudian, untuk membuat garis-garis ikatannya gunakan button draw. Kemudian akan muncul banyak tipe garis yang sesuai. Seperti, rantai tunggal, ganda dll. Ulangi langkah 4 dan 5 hingga di dapatkan struktur yang diinginkan.

6. Selesai.

7. BKchem dapat juga di gunakan untuk membuat senyawa turunan benzene, senyawa hidrokarbon, dll.  Cara penggunaannya dapat di golongkan sangat mudah.

sumber : http://www.softpedia.com

11.QMOL

Review

qmol adalah molekul kalkulator massa sederhana . Anda dapat memasukkan rumus , ( misalnya CH3 ( CH2 ) 2OH ) dan mendapatkan berat molekul ( 60,0959 g / mol ) dan komposisi unsurnya ( C3H8O : C 59.96 ; H 13,42 ; O 26.62 % ) .

Page 36: Tutorial software pembelajaran senyawa turunan alkana

qmol dilengkapi dengan set kelompok yang telah ditetapkan ( alkil / aryls , asam amino ) . Selain itu , Anda dapat menentukan simbol kelompok kustom Anda sendiri , asalkan mereka tidak mengganggu nama sebuah elemen .

Ini memiliki modus protein untuk menghitung berat molekul protein ( yaitu H2O pengurangan otomatis ) .Anda dapat menghitung massa protein besar seperti yang ada di halaman ini : protein prolin kaya 12 ( 1215 asam amino , 129.992 g / mol ) . Modus Protein dengan interpretasi asam amino satu huruf dipicu dengan melampirkan formula dalam tanda kurung siku . Misalnya Anda dapat menghitung MW aspartam dengan [ DF ] Me – H ( aspartam adalah ester metil dari N – ( L – α – Aspartyl ) – L – fenilalanin , yaitu Me menambahkan , satu H dikurangi ) .

Mungkin Anda juga akan menemukan fungsi sejarah yang berguna .

qmol merupakan penulisan ulang besar Tomislav Gountchev yang kmol . Aku benar-benar menikmati menggunakan kmol untuk penggunaan laboratorium sehari-hari dalam kimia anorganik sintetik . Maksud asli saya adalah ke pelabuhan kmol , yang didasarkan pada perpustakaan kde3 , untuk kde4 untuk menyingkirkan ketergantungan kde3 tua . Tapi waktu itu saya mencoba itu, saya tidak mengerti cukup C + + / Qt untuk dapat melakukannya . Jadi aku memutuskan aku akan menganalisis kode dengan coding aplikasi lebih atau kurang dari awal tanpa dependensi kde ( yaitu murni Qt ) menggunakan QtCreator .

Tutorial

Cara menggunakan :1. Install qmol

2. Buka softwarenya.

3. Pada kolom formula masukkan rumus senyawa yang hendak anda ukur Massa molekul relatifnya(Mr)

4. Kemudian klik button Calculate

5. Selesai.

6. Untuk mengosongkan worksheet dan memulai perhitungan baru, gunakan button Clear.

Page 37: Tutorial software pembelajaran senyawa turunan alkana

sumber : sourceforge.net

12.SKETCHEL

Review

SketchEl adalah alat molekul kimia sketsa interaktif , dan data spreadsheet molekul aplikasi entri . The set fitur yang disediakan oleh skets molekul sebagian besar terbatas pada fitur minimum yang diperlukan untuk dengan mudah mengedit representasi diagram dari struktur molekul kecil . Toolbars , template , gerakan mouse , keyboard, perintah utilitas dan beberapa mode tampilan yang ditawarkan dalam rangka untuk membuat ini senyaman mungkin . Molekul dapat dengan mudah interconverted dengan format file MDL MOL di mana-mana , meskipun tidak belum tentu tanpa kehilangan informasi . Diagram Molekul tersebut diberikan secara interaktif dalam kualitas tinggi , dan juga dapat diekspor sebagai grafis SVG .

Fitur baru dari datasheet SketchEl memungkinkan melihat dan mengedit tabel data sederhana , yang masing-masing kolom adalah jenis skalar umum (string , int , real , boolean ) atau molekul . Mengedit dan melihat molekul ini terkait dengan alat molekul sketsa . The editing datasheet dimaksudkan untuk menjadi nyaman untuk memasuki properti numerik dan data identifikasi , di samping struktur molekul bunga . Format asli adalah berbasis XML , dengan fitur untuk interconverting dengan file MDL SD .

Semua fitur SketchEl ditulis dan disusun dengan Java 1.5 , dan membuat penuh penggunaan fitur yang tersedia di perpustakaan default. Tidak ada dependensi tambahan . Kode ini paling diuji secara luas pada platform Linux , sering pada Windows, dan kadang-kadang pada Mac OS X. Fitur editing -molekul tunggal dapat dijalankan sebagai Java Applet dalam halaman web , dan isi molekul yang mendasari dapat dimanipulasi oleh program JavaScript .

Tutorial

Page 38: Tutorial software pembelajaran senyawa turunan alkana

Pada dasarnya. Cara penggunaan SketchEl, sama dengan penggunaan Chemsketch.1. Install software2. Buka lembar kerja(worksheet)3. Plih Tool yang ada di sebelah kiri untuk membuat gambar senyawa yang anda inginkan.4. Pada bagian menu di atas terdapat menu Hidrogen yang secara otomatis akan menimbulkan unsur H. Jika ingin menghilangkan Unsur H, pilih menu Hidrogen lalu pilihlah Zero Hidrogen.5. Hubungkan senyawa-senyawa yang diinginkan dengan rantai tunggal, ganda, ikatan rangkap tiga, dsb. Sesuai kebutuhan.6. Selesai

sumber : http://sketchel.sourceforge.net/

13. CHEMSKETCH

   

Review

Software ini digunakan untuk menggambarkan struktur suatu senyawa kimia. Chemsketch lengkap fiturnya hingga kita bisa membuat struktur siklik dan bentuk yang lain. Diantaranya juga

Page 39: Tutorial software pembelajaran senyawa turunan alkana

terdapat ikatan tunggal, rangkap dan rangkap tiga. Untuk Alkanal, Alkanon dan Alkil alkanoat juga bisa di buat dengan bantuan Chemsketch.

Tutorial

Cara menggambar rumus struktur senyawa hidrokarbon dengan menggunakan ChemSketch adalah sebagai berikut:

1. Buka ChemSketch dari Star-Program-ACDLabs12-Chemsketch. Pada keadaan standar (default) ChemSketch dalam mode Structure.

2. Agar semua atom C muncul nantinya silahkan atur propertiesnya dari Tools-Stucutures Properties. Caranya Centang All pada Show Carbons pada tab Common.

3. Pastikan anda ada pada mode Stukture dan bukan pada mode Draw.

Page 40: Tutorial software pembelajaran senyawa turunan alkana

4. Klik Atom C pada menu yg ada disamping kiri layar kerja chemsketch.

5. Drag kemudian klik sekali untuk membuat satu C (metana) dan drag lagi dengan menyambung C pertama itu dan klik untuk menambah satu atom C untuk menjadi etana. Begitu seterusnya, untuk membuat percabangan tinggal klik pada C utama yang akan dijadikan tempat percabangan kemudian di drag dan klik.

6. Pastikan rumus struktur yg digambar pada langkah sebelumnya terpilih, jika belum klik toolbar yang persis di bawah tulisan mode draw. Kemudian lakukan penseleksian struktur untuk tujuan menampilkan secara stukutur terkembang dengan atom H dan C nampak. Caranya klik Tools-Add explicit hydrogens. Jika berhasil maka tampilannya menjadi seperti dibawah ini.

7. Untuk menyalinnya agar bisa dikopikan ke dalam microsoft word, pindahkan dari mode Structure ke mode Draw

Page 41: Tutorial software pembelajaran senyawa turunan alkana

8. Salin (copy) rumus struktur yang sudah jadi kemudian letakkan (rekatkan/paste) dalam microsoft word.

9. Selesai.

http://urip.wordpress.com/2010/10/23/cara-menggambar-rumus-struktur-dengan-chemsketch/