Tujuan pembelajaranmarisekolah.com/Materi/Materi SD Kelas 4/IPA/Bab 14...Ilmu Pengetahuan Alam Kelas...

10
Bab 14 Kenampakan Bumi dan Benda Langit 157 157 157 157 157 Tujuan pembelajaran Setelah mengikuti proses belajar-mengajar, diharapkan kamu dapat: mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi; mendeskripsikan bentuk kenampakan bulan dan bintang dari hari ke hari. Perubahan Kenampakan Bumi meliputi Perubahan kenampakan bulan salah satunya tampak dari Perubahan Kenampakan Benda Langit Terjadinya siang dan malam Bentuk bulan yang berubah-ubah Perubahan kenampakan bintang Perubahan Kenampakan akibat dari Rotasi bumi meliputi tampak dari Rasi bintang Di unduh dari : (www.bukupaket.com) Sumber buku : (bse.kemdikbud.go.id)

Transcript of Tujuan pembelajaranmarisekolah.com/Materi/Materi SD Kelas 4/IPA/Bab 14...Ilmu Pengetahuan Alam Kelas...

Page 1: Tujuan pembelajaranmarisekolah.com/Materi/Materi SD Kelas 4/IPA/Bab 14...Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 4 SD/MI 162162162 Dari kegiatan di atas, dapat kita simpulkan hal berikut. Jika

Bab 14 Kenampakan Bumi dan Benda Langit

157157157157157

Tujuan pembelajaran

Setelah mengikuti proses belajar-mengajar, diharapkan kamu dapat:mendeskripsikan perubahan kenampakan bumi;mendeskripsikan bentuk kenampakan bulan dan bintang dari hari ke hari.

PerubahanKenampakan Bumi

meliputi

Perubahankenampakan bulan

salah satunya

tampak dari

Perubahan KenampakanBenda Langit

Terjadinya siangdan malam

Bentuk bulan yangberubah-ubah

Perubahankenampakan bintang

Perubahan Kenampakan

akibat dari

Rotasi bumi

meliputi

tampak dari

Rasi bintang

Di unduh dari : (www.bukupaket.com)Sumber buku : (bse.kemdikbud.go.id)

Page 2: Tujuan pembelajaranmarisekolah.com/Materi/Materi SD Kelas 4/IPA/Bab 14...Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 4 SD/MI 162162162 Dari kegiatan di atas, dapat kita simpulkan hal berikut. Jika

Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 4 SD/MI

158158158158158

Kenampakan bumi senantiasa berubah demikian juga benda langit.Perubahan kenampakan bumi terjadi sewaktu-waktu. Perubahankenampakan benda langit bersifat rutin. Mengapa dikatakan perubahanitu terjadi sewaktu-waktu atau secara rutin?

Perubahan kenampakan bumi dan benda langit berpengaruhterhadap manusia, hewan, dan tumbuhan. Apa pengaruhnya? Danbagaimana terjadinya?

Amati dan pikirkan gambar berikut!

Gambar 14.1Aktivitas apa yang dapat kamu lakukan ketika siang?

Apa yang kamu lakukan ketika malam tiba?

Amati dan Pikirkan!

Tahukah kamu bagaimana terjadinya siang dan malam? Mengapabentuk bulan tampak berubah-ubah? Mengapa matahari hanya terlihatpada siang hari? Mengapa bulan dan bintang hanya terihat pada malamhari? Pernahkah kamu pikirkan bagaimana semuanya itu terjadi?

Sum

ber:

Dok

umen

pen

erbi

t, 20

07.

Di unduh dari : (www.bukupaket.com)Sumber buku : (bse.kemdikbud.go.id)

Page 3: Tujuan pembelajaranmarisekolah.com/Materi/Materi SD Kelas 4/IPA/Bab 14...Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 4 SD/MI 162162162 Dari kegiatan di atas, dapat kita simpulkan hal berikut. Jika

Bab 14 Kenampakan Bumi dan Benda Langit

159159159159159

A.A.A.A.A. P P P P Perererererubahan Kubahan Kubahan Kubahan Kubahan Kenampakenampakenampakenampakenampakan Bumian Bumian Bumian Bumian Bumi

Saat bangun di pagi hari, cobalah kamu lihat ke ufuk Timur! Kamuakan melihat matahari terbit dan memancarkan sinarnya ke seluruhpermukaan bumi. Seluruh alam menjadi terang, bukan?

Ketika sore hari, coba pandanglah ke ufuk Barat! Pasti akan tampakolehmu, matahari berangsur-angsur terbenam dan akhirnya seolah-olah menghilang. Kemudian alam menjadi gelap, sebelum akhirnyaditerangi oleh bulan pada malam hari.

Pernahkah kamu mencatat kapan matahari terbit dan terbenam?Apakah matahari terbit dan terbenam pada waktu yang sama setiaphari? Coba kerjakan tugas berikut!

Catat dan bandingkanwaktu matahari terbit dan terbenam selamasatu minggu! Salin dan lengkapilah tabel 14.1 berikut di buku tulis-mu!

Tugas Rumah

No. Hari Tanggal Bulan Waktu Terbit Waktu Terbenam

1. Senin Pukul … Pukul …

2. Selasa Pukul … Pukul …

3. Rabu Pukul … Pukul …

4. Kamis Pukul … Pukul …

5. Jumat Pukul … Pukul …

6. Sabtu Pukul … Pukul ...

7. Minggu Pukul … Pukul …

Tabel 14.1Hasil pengamatan

Di unduh dari : (www.bukupaket.com)Sumber buku : (bse.kemdikbud.go.id)

Page 4: Tujuan pembelajaranmarisekolah.com/Materi/Materi SD Kelas 4/IPA/Bab 14...Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 4 SD/MI 162162162 Dari kegiatan di atas, dapat kita simpulkan hal berikut. Jika

Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 4 SD/MI

160160160160160

Mengapa ada keteraturan terbit danterbenamnya matahari? Matahari terbit danterbenam karena adanya perputaran bumi.Perhatikan tiruan bumi berikut!

Bumi berputar pada porosnya dari arahbarat ke timur. Benarkah bumi berputar?Mungkin kamu sukar memahami bahwabumi berputar. Sebab, kamu dan benda-benda di sekitarmu tidak ada yang berputar.Semuanya tetap pada tempatnya. Bukankahbegitu? Mari, kita bayangkan bagaimanabumi berputar!

Pernahkah kamu bermain gasing?Gasing memiliki poros atau as. Jika diputar,gasing akan berputar pada porosnya. Nah,seperti gasing itulah bumi kita berputar.

Perputaran bumi pada porosnya dinamakan rotasi. Sekali putaranbumi lamanya 24 jam atau sehari semalam. Akibat dari rotasi bumiadalah terjadinya siang dan malam.

Gambar 14.3Gasing dan globe berputar pada porosnya

Gambar 14.2 Globe

Coba amatilah gambar 14.3 di bawah ini! Bandingkanlah, gasingyang diputar dan globe yang diputar! Apa yang dapat kamu simpul-kan?

Sum

ber:

Dok

umen

pen

erbi

t, 20

07.

Sum

ber:

Dok

umen

pen

erbi

t, 20

07.

Di unduh dari : (www.bukupaket.com)Sumber buku : (bse.kemdikbud.go.id)

Page 5: Tujuan pembelajaranmarisekolah.com/Materi/Materi SD Kelas 4/IPA/Bab 14...Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 4 SD/MI 162162162 Dari kegiatan di atas, dapat kita simpulkan hal berikut. Jika

Bab 14 Kenampakan Bumi dan Benda Langit

161161161161161

Bagian bumi yang mengarah ke matahari dan terkena sinarnya akanmengalami siang. Di siang hari, kita dapat melihat dengan jelas. Sebalik-nya bagian bumi yang membelakangi matahari mengalami waktumalam karena tidak terkena sinar matahari. Bagaimana keadaan ketikamatahari terbenam dan hari berganti malam? Agar lebih jelas, lakukan-lah kegiatan 14.1 berikut ini!

Alat dan Bahan:

- Globe (tiruan bumi)- Lampu senter baterai

Langkah-langkah Kegiatan:

1. Letakkan globe di atas meja. Sinarilah globe itu dengan lampusenter. Perhatikanlah, negara-negara mana yang mendapat ca-haya dan yang tidak mendapat cahaya! Catatlah!

2. Sementara kamu tetap mengarahkan sinar lampu sentermu padaarah yang sama, mintalah bantuan temanmu untuk memutarglobe tersebut sedikit demi sedikit. Amati kembali! Negara manasaja yang mendapat cahaya? Negara mana yang tidak mendapatcahaya? Catatlah kembali!

Lihatlah gambar 14.4!

b. Menyinari globedengan senter

Gambar 14.4Percobaan mengetahui siang dan malam

a. Senter dan globe

Sum

ber:

Dok

umen

pen

erbi

t, 20

07.

Kegiatan 14.1

Di unduh dari : (www.bukupaket.com)Sumber buku : (bse.kemdikbud.go.id)

Page 6: Tujuan pembelajaranmarisekolah.com/Materi/Materi SD Kelas 4/IPA/Bab 14...Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 4 SD/MI 162162162 Dari kegiatan di atas, dapat kita simpulkan hal berikut. Jika

Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 4 SD/MI

162162162162162

Dari kegiatan di atas, dapat kita simpulkan hal berikut. Jika kitamengandaikan lampu senter sebagai matahari, maka negara-negarayang mendapat cahaya adalah negara-negara yang sedang mengalamisiang. Sebaliknya, negara-negara tidak terkena cahaya (gelap) adalahnegara-negara yang sedang mengalami malam. Itulah sebabnya, adaperbedaan waktu antara daerah satu dengan daerah lainnya.

BBBBB..... KKKKKenampakenampakenampakenampakenampakan Bulanan Bulanan Bulanan Bulanan Bulan

Coba pergilah ke luar rumah dan lihatlah ke langit! Apa saja yangkamu lihat? Mungkin kamu akan melihat bulan atau ribuan bintang yangbertaburan di angkasa. Namun, kadang-kadang bulan atau bintang tidakterlihat oleh mata kita, meskipun cuaca pada malam hari cerah.

Apakah bentuk bulan yang kamu lihat selalu sama? Tidak bukan?Bentuk bulan yang terlihat dari bumi tampak berubah-ubah. Cobaamatilah bentuk bulan beberapa kali selama sebulan. Bentuk bulanyang kamu lihat tampak berbeda-beda, bukan? Kadangkala kita akanmelihat bulan berbentuk sabit. Lain hari mungkin kita akan melihat bulanberbentuk setengah lingkaran, atau berbentuk cakram. Lain waktu jugadapat dilihat bulan berbentuk lingkaran penuh atau disebut bulanpurnama. Amati gambar 14.5!

Orbit Bulan

Bulan Purnama

Bentuk-bentuk bulandilihat dari Bumi

Bulan baru

Perempat akhir

Perempat pertama

Gambar 14.5Kedudukan bulan, bumi, dan matahari

Perubahan bentuk-bentuk bulan dari bulan sabit, cakram, purnama,cakram, sabit, dan akhirnya mati dapat kamu lihat pada gambar berikut!

Sum

ber:

Oxf

ord

Ensi

klop

edi P

elaj

ar J

ilid

2, 2

005

Di unduh dari : (www.bukupaket.com)Sumber buku : (bse.kemdikbud.go.id)

Page 7: Tujuan pembelajaranmarisekolah.com/Materi/Materi SD Kelas 4/IPA/Bab 14...Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 4 SD/MI 162162162 Dari kegiatan di atas, dapat kita simpulkan hal berikut. Jika

Bab 14 Kenampakan Bumi dan Benda Langit

163163163163163

Bulan tidak memiliki cahaya seperti halnya matahari. Sebenarnya,bulan hanya memantulkan cahaya matahari. Cahaya matahari yangdipantulkan bulan ke bumi pada malam hari, akan tampak berbedadari hari ke hari. Mengapa? Karena cahaya yang dipantulkan oleh bulantergantung dari cahaya matahari yang diterimanya.

a. bulan sabitsekitar tanggal 1

b. bulan separuhsekitar tanggal 7

c. bulan cakramsekitar tanggal 11

d. bulan purnamasekitar tanggal 15

e. bulan cakramsekitar tanggal 19

f. bulan separuhsekitar tanggal 23

g. bulan sabit sekitartanggal 27

h. bulan mati ataubulan baru

Gambar 14.6Perubahan bentuk bulan

Catatan:Warna putih adalah Bulanyang tampak dari Bumi

CCCCC..... KKKKKenampakenampakenampakenampakenampakan Bintangan Bintangan Bintangan Bintangan Bintang

Apakah bintang itu? Bintang adalah benda langit yang memilikicahaya sendiri. Bintang hanya terlihat pada malam hari. Mengapa?Bintang tidak nampak di siang hari karena cahaya yang dipancarkannyakalah terang dengan cahaya matahari.

Matahari merupakan bintang terbesar. Bintang-bintang lain hanyaterlihat sebagai titik-titik cahaya karena ukurannya lebih kecil danjaraknya lebih jauh dari bumi.

Mari Membuktikan!

Pandanglah ke langit dan amatilah bentuk kenampakan bulan darihari ke hari! Gambarlah bentuknya dan catatlah tanggalnya! Kamudapat mengamati pada tanggal-tanggal yang sesuai dengan gambardi atas. Bandingkanlah gambarmu dengan gambar kawanmu!

Sum

ber:

Enc

yclo

pedi

a A

mer

ican

a Ji

lid 1

9, 2

006

Di unduh dari : (www.bukupaket.com)Sumber buku : (bse.kemdikbud.go.id)

Page 8: Tujuan pembelajaranmarisekolah.com/Materi/Materi SD Kelas 4/IPA/Bab 14...Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 4 SD/MI 162162162 Dari kegiatan di atas, dapat kita simpulkan hal berikut. Jika

Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 4 SD/MI

164164164164164

Di angkasa bertaburan jutaan bintang. Hampir semua bintangberada dalam suatu pasangan, kelompok atau gugusan. Gugusanbintang yang jumlahnya ratusan milyar disebut galaksi. Mataharitermasuk di dalam galaksi yang dinamakan Bimasakti. Kumpulanbintang yang letaknya berdekatan dan membentuk suatu gambarantertentu hingga mudah dikenali disebut rasi bintang.

Mari Membuktikan!

Coba keluarlah pada pagi hari (subuh) dan malam hari, terutamajika hari cerah! Lihatlah ke langit luas! Carilah berbagai bentuk rasibintang. Beberapa mungkin yang telah disebutkan di atas.

Gambar 14.7Beberapa rasi bintang

a. Rasi Pari

1. Rasi Pari (bahasa Jawa: GubugPenceng)

Rasi bintang ini berbentuk sepertiikan pari atau ada yang melihatnyaseperti gubug penceng (gubugyang miring). Rasi bintang ini ber-fungsi untuk menunjukkan arahSelatan.

2. Rasi Kalajengking (Scorpio)

Rasi bintang Kalajengking, terlihatdi langit Tenggara dan berbentukseperti kalajengking.

3. Rasi Waluku (Orion)

Rasi Waluku dapat berfungsi untukmenunjukkan musim bercocoktanam.

b. Rasi Kalajengking

c. Rasi Waluku

Mengapa terjadi siang dan malam? Mengapa bentuk bulan berubah-ubah? Tentu, kamu bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan itu, bukan?

Manfaat apa yang kamu peroleh setelah belajar bab ini? Coba tuliskanpada buku catatanmu!

Di unduh dari : (www.bukupaket.com)Sumber buku : (bse.kemdikbud.go.id)

Page 9: Tujuan pembelajaranmarisekolah.com/Materi/Materi SD Kelas 4/IPA/Bab 14...Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 4 SD/MI 162162162 Dari kegiatan di atas, dapat kita simpulkan hal berikut. Jika

Bab 14 Kenampakan Bumi dan Benda Langit

165165165165165

1. Perputaran bumi pada porosnya disebut rotasi bumi. Rotasi bumimenyebabkan terjadinya siang dan malam. Bagian bumi yangterkena sinar matahari disebut siang. Bagian bumi yang tidakterkena sinar matahari dan gelap disebut malam.

2. Bintang adalah benda langit yang memiliki cahaya sendiri. Mata-hari adalah bintang terbesar sehingga cahayanya lebih terangdibandingkan cahaya bintang.

3. Gugusan bintang yang jumlahnya ratusan milyar disebut galaksi.

4. Rasi bintang adalah kumpulan bintang-bintang yang letaknyaberdekatan dan membentuk gambaran tertentu sehingga mudahdikenali.

5. Cahaya bulan adalah cahaya matahari yang dipantulkan bulan.Cahaya bulan tergantung dari banyak sedikitnya cahaya darimatahari yang diserap bulan. Akibat perbedaan jumlah cahayayang diterima bulan, dari bumi kita melihat bentuk bulan yangselalu berubah-ubah.

A. Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat!

(Tulislah jawabanmu tersebut di buku latihanmu!)

1. Matahari terbit di sebelah ... .

a. timur c. selatanb. barat d. utara

2. Perputaran bumi pada porosnya disebut ... .

a. revolusi c. rotasib. evolusi d. irama

3. Perubahan bentuk bulan berturut-turut adalah ... .

a. bulan sabit–bulan separuh–bulan cakram–bulan purnama–bulan cakram–bulan separuh–bulan sabit–bulan mati

Di unduh dari : (www.bukupaket.com)Sumber buku : (bse.kemdikbud.go.id)

Page 10: Tujuan pembelajaranmarisekolah.com/Materi/Materi SD Kelas 4/IPA/Bab 14...Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 4 SD/MI 162162162 Dari kegiatan di atas, dapat kita simpulkan hal berikut. Jika

Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 4 SD/MI

166166166166166

b. bulan baru–bulan sabit–bulan separuh–bulan cakram–bulanpurnama–bulan cakram–bulan separuh–bulan sabit

c. bulan sabit–bulan purnama–bulan cakram–bulan purnama–bulan cakram–bulan separuh–bulan cakram

d. bulan sabit–bulan separuh–bulan sabit–bulan purnama–bulancakram–bulan separuh–bulan purnama

4. Benda langit yang memiliki cahaya sendiri disebut ... .

a. planet c. bintangb. satelit d. bulan

5. Gugusan bintang yang jumlahnya ratusan milyar disebut ... .

a. galaksi c. koronab. meteor d. zodiak

B. Lengkapilah bagian yang kosong dengan istilah yang tepat!(Tulislah jawabanmu tersebut di buku latihanmu!)

1. Matahari terbit dan terbenam secara teratur. Matahari terbit disebelah ______ dan tenggelam di sebelah ______. Keteraturan inidisebabkan oleh adanya ______ bumi dari arah ______ ke arah______.

2. Ketika kamu mengamati bentuk bulan, terlihat bentuk bulan ituseparuh. Bulan separuh terlihat pada tanggal ______ dan ______.Perbedaan bentuk bulan dari waktu ke waktu disebabkan oleh______.

3. Pada malam hari bintang terlihat berkelap-kelip di langit. Bintanghanya terlihat sebagai titik cahaya karena ukurannya ______dan le-taknya ______ dari bumi. Bintang-bintang berkelompok dan mem-bentuk gambar tertentu, yaitu ______.

C. Jawablah dengan pengetahuan yang kalian pahami!

(Tulislah jawabanmu tersebut di buku latihanmu!)

1. Nelayan berlayar ke tengah laut untuk mencari ikan. Saat itu terjadibadai di laut. Namun, nelayan berhasil mempertahankan kapalnyadari amukan badai. Ketika badai reda, langit kembali cerah, terlihatbintang-bintang, dan laut kembali tenang. Nelayan itu kehilanganarah. Kompas sebagai penunjuk arah rusak. Jika kamu adalahnelayan itu, apa yang kamu lakukan?

Di unduh dari : (www.bukupaket.com)Sumber buku : (bse.kemdikbud.go.id)