Triks Psikotes Picture

Click here to load reader

download Triks Psikotes Picture

of 7

  • date post

    13-Sep-2015
  • Category

    Documents

  • view

    288
  • download

    11

Embed Size (px)

Transcript of Triks Psikotes Picture

TRIKS Psikotes PICTURE

om

GAMBAR POHONSebuah pohon terdiri dari akar, batang, dahan, dau. Sebagian pohon memiiki bunga dan buah, sebagian lagi tidak. Gambar phon yang utuh setidak-tidaknya terdiri dari bagian-bagian tersebut. Dalam pelaksanaan tes psikologi, sebut saja di perusahaan, pelamar sring diminta menggambar sebuah pohon, dengan ketentuan pohon yang di gambar harus pohon berkayu, misalnya pohon beringin, pohon mangga, pohon jambu, pohon asem, dan sebaginya. Pohon yang tidak boleh digambar dalam psikotes ini adalah pohon yang tidak berkayu, misalnya pohon padi, pohon tebu atau pun pohon toge he..he..Kriteria penilaian interpretasi kkepribadian subjek meliputi:1. Ukuran GambarDari ukuran gambar, interpretasi kepribadian subjek dapat diketahui. Ada subjek yang lebih suka menggambar pohon dan ukuran kecil, subjek lainnya lebih suka ukuran gambar besar.2. Posisi GambarPosisi atau letak gambar juga dapat dilihat bagaimana kepribadian subjek. Apakah subjek menggambar pohon cenderung di sebelah kiri kertas, kanan kertas, dan bagian atas kertas atau pun juga bawah kertas.3. Cara MenggambarCara menggambar juga mempengaruhi kepribadian seseorang. Ada orang yang menggambar dengan goresan tebal, ada yang lebih memilih garis-garis tipis. Ada pula orang yang suka menggambar dengan garis-garis lurus, yang lain menggambar garis berlekuk-lekuk, garis terputus-putus, gambar penuh coretan, dan sebagainya.4. Detai setiap bagian dari pohonAkar: bagian subjek mengekspose bagian akar, akar tertutup, akar terbuka, akar masuk keadaan tanah, akar menggantung, dan seterusnya.Batang: Baggaimana subjek menonjolkan bentuk batang, apakah bentuk kerucut, bentu segi empat, batang menonjol dan seterusnya.Dahan: Bagaimana subjek mengeksekusi bagian dahan apakah dahan bentuk lurus-lurus, dahan terputus-putus, dahan berlekuk, dan seterusnyaDaun: Bagaimana subjek mengeksekusi bentuk daun, apakah daun seperti bola, daun bentuk kipas, bentuk payung.

A. LOKASI GAMBAR

Posisi gambar pohon di tengah-tengah kertas

Interpretasi:Subjek adalah seorang ribadi luwes, mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan, sifat terbuka, berpikir praktis dan realistis, apa adanya. Dirinya memiliki perasaan aman, peraya diri kuat

Posisi gambar pohon di bagian atas kertas

Interpretasi :Subjek termasuk terpelajar, daya imajinasi kuat, kreatif, berpandangan jauh ke depan, idealis, tetapi energi kurang mendukung.

Posisi gambar pohon di bagian bawah kertas

Interpretasi:Subjek berkarakter terbuka, pandangan luas, orientasi ke depan, mudah beradaptasi dengan lingkungan, merasa nyaman bersosialisasi, suka bekerja sama.

Posisi gambar pohon di bagian kiri kertas

Interpretasi:Subjek berkarakter tertutup, egonya kuat, banyak pertimbangan dalam mengambil keputusan, pendirian kuat, cenderung kaku, subjektif.