Tao Kae Noi 2003

4
Analisa 4p: a. Product Produk Tao Kae Noi sangatlah beraneka ragam mulai dari rasa hingga packaging produknya, sehingga menciptakan suatu diferensiasi dan mampu untuk meyediakan produk yang sesuai kebutuhan berbagai macam konsumennya. Produk Tao Kae Noi juga di produksi dengan menggunakan teknologi tinggi yang higienis dan sesuai standar sehingga kualitasnya terjamin. b. Price Salah satu strategi penting dalam strategi pemasaran adalah harga. Disini Tao Kae Noi dianggap mahal dibandingkan dengan snack sejenisnya. Sehingga diharapkan kedepannya Tao Kae Noi dapat menurunkan harga jualnya sehingga tidak kehilangan konsumennya yang beralih ke produk lain yang lebih murah. c. Place Tao Kae Noi menghadirkan produknya di sebanyak mungkin tempat dengan cara berusaha untuk bekerja sama dengan jaringan retail internasional, Seven Eleven. Dengan kerja sama ini Tao Kae Noi telah berhasil untuk mendekatkan diri dengan konsumennya di seluruh Thailand serta 27 negara di dunia bahkan di Indonesia. Kini Tao Kae Noi dapat ditemukan di berbagai swalayan lokal seperti Indomaret, Alfamaret dan lain-lain. d. Promotion

description

tao kae noi

Transcript of Tao Kae Noi 2003

Analisa 4p:

a. ProductProduk Tao Kae Noi sangatlah beraneka ragam mulai dari rasa hingga packaging produknya, sehingga menciptakan suatu diferensiasi dan mampu untuk meyediakan produk yang sesuai kebutuhan berbagai macam konsumennya.

Produk Tao Kae Noi juga di produksi dengan menggunakan teknologi tinggi yang higienis dan sesuai standar sehingga kualitasnya terjamin.b. Price

Salah satu strategi penting dalam strategi pemasaran adalah harga. Disini Tao Kae Noi dianggap mahal dibandingkan dengan snack sejenisnya. Sehingga diharapkan kedepannya Tao Kae Noi dapat menurunkan harga jualnya sehingga tidak kehilangan konsumennya yang beralih ke produk lain yang lebih murah.c. PlaceTao Kae Noi menghadirkan produknya di sebanyak mungkin tempat dengan cara berusaha untuk bekerja sama dengan jaringan retail internasional, Seven Eleven. Dengan kerja sama ini Tao Kae Noi telah berhasil untuk mendekatkan diri dengan konsumennya di seluruh Thailand serta 27 negara di dunia bahkan di Indonesia. Kini Tao Kae Noi dapat ditemukan di berbagai swalayan lokal seperti Indomaret, Alfamaret dan lain-lain.d. PromotionPromosi sangat penting dalam memperkenalkan produk kepada masyarakat luas. Media promosi yang dapat digunakan untuk promosi antara lain iklan televisi, iklan di media cetak bahkan melalui film The Billionaire. Keberhasilan promosi yang dilakukan oleh Tao Kae Noi membuat produk ini dikenal luas oleh konsumennya.Analisis Visi dan Misi

Top, founder dari Tao Kae Noi, melakukan pengamatan terhadap berbagai hal, misal datang ke para pesaing untuk bertanya, menggali informasi di pasar, di jalan dan juga mengamati lingkungan yang pada akhirnya menghasilkan insight untuk meluncurkan produk rumput lautnya dengan brand dan packaging yang memenuhi syarat produk berkualitas tinggi yang ditetapkan oleh Seven Eleven sehingga tercipta kualitas dan kuantitas produk yang baik.

Tao Kae Noi juga melakukan pengembangan mulai dari flavor sampai packaging produknya, sehingga menciptakan suatu diferensiasi dan mampu untuk meyediakan produk-produk unik sehingga mampu memenuhi kebutuhan konsumen.

Proses promosi mulai dari iklan televise, media cetak, hingga pembuatan film The Billionaire dilakukan dengan tujuan agar produk Tao Kae Noi dikenal luas oleh Konsumen.

Strategi Pemasaran Tao Kae Noi1. Pengamatan/melakukan survey pasar sebelum berbisnis

Seperti yang dilakukan oleh Top dia melakukan pengamatan di bidang bisnis yang akan dia jalani, mulai dari bahan baku, proses produksi, proses penyajian sampai harga yang akan dijual, dalam melakukan survey ini juga Top melakukannya kepada para konsumen sebelum menjual suatu produk.

2. Menentukan Tempat yang Strategis

Dalam setiap bisnis/usaha yang dijalankan oleh Top, dia memilih tempat yang strategis untuk berjualan, memang pada awalnya tempat yang digunakan tidak strategis akan tetapi dia mengganti tempat berjualannya di depan mall agar semua orang bisa melihat jualannya, dan tempat yangstrategis merupakan hal yang sangat penting dalam berbisnis.

3. Pengguanaan SDM yang berkompeten dalam bidangnya

Top berbisnis dengan pamannya, kenapa dia mengajak pamannya ? , ya jawabannya adalah karena pamannya bisa memasak kacang goreng dan juga bisa berkomunikasi dengan baik dengan para pembeli.

4. Menggunakan Desain Produk yang Bagus dan Menarik

Pada awalnya bungkus produk rumput laut yang dipakai oleh Top kurang menarik, oleh karena itu produknya tidak lolos di 7-Eleven, Setelah itu Top membuat desain produk yang menarik dan berkualitas agar konsumen percaya bahwa produk itu adalah produk yang berkualitas.

5. Kemampuan Bernegosiasi yang Baik

Kemampuan berdiskusi atau bernegosiasi itu sangat penting dalam perkembangan bisnis kedepannya, Seperti Top yang pintar menawar dan pintar dalam berkomunikasi dengan orang lain bahkan yang lebih tinggi jabatannya dari dia. Dengan kemampuan ini maka produk atau usaha kita akan bisa dikenal oleh orang lain.

6. Sistem Pemasaran Hutan Rimba

Dalam memasarkan produk rumput laut goreng, Top mengunakan 7-eleven untuk memasarkan produknya, dia menggunakan pemasaran hutan rimba, pemasaran hutan rimba yaitu bagaimana agar produk yang kita jual bisa tersebar dan terdistribusi dengan sangat luas layaknya hutan rimba. Top menggunakan 7-Eleven karena 7-Eleven telah mempunyai jaringan/cabang yang luas bukan hanya di Thailand tetapi di seluruh dunia. Sehingga dengan konsep ini produk Tao Kae Noi bisa tersebar ke seluruh dunia dengan sangat cepat.