Sunday feb 2016

28
EDISI FEBRUARI 2016 Kehabisan Sunday? Lihat saja di w w w . m a j a l a h s u n d a y . . c o m K ela p a G a din g * P ulo m as * Sunter * K ota H arapa n Indah * Buara n * R a w a m an g u n * K alim ala n g T T S G a l a u - C o k e l a t U n i k N a i k i n M o o d - ED I S I V A L E N T I N E U N T U K J O M B L O ! ! ! - D I Y : H a d i a h B u a t T e m a n y a n g J o m b l o

description

 

Transcript of Sunday feb 2016

Page 1: Sunday feb 2016

Edis i FEBRuaRi 2016

Kehabisan

Sunday?

Lihat saja di

ww

w.majalahsunday..c

om

Kelapa G

ading * Pulomas * Sunter * Kota Harapan Indah * Buaran * Rawamangun * Kalimalang

TT

S G

al a

u - C

oke

l at U n i k N a i k i n M

ood - ED I S I VALENT I N E U N T U K JOMBLO ! ! ! -

D I Y: H

ad i ah

Bua t

Te

ma

n y

an

g J

om

bl o

Page 2: Sunday feb 2016
Page 3: Sunday feb 2016

SCAN THISAND TYPE THIS CODE:SCATTO ON SUNDAYSEND IT TO SCATTO LINE@

Page 4: Sunday feb 2016

sunday! 4

Ilustrasi oleh pixabay.com

make your days

Pemimpin Umum

Yudhi Hidayat

Pemimpin Redaksi

Olivia Elena Hakim

Koordinator Iklan, Humas dan Kerjasama Budiman Manurung(0813.842.86.415/ [email protected])

Desain Layout

Scatto! Photography and Design Majalah Sunday adalah publikasi bulanan Alamat REDAKSI

Jl. Tarian Raya Timur blok J 24 Kelapa Gading 14250 Telp: 4586 0389

Nomor ISSN: 2337-8018

Pejuang Sunday!Leny Margaretha Maria EvelyneFirli AfniMahendra Dimas (SMAN 72)Guiliano Fittipaldie (SMA Don Bosco 1)Gabrielle Clarisa (SMA St Yakobus)Daniel R. Tanasal (SMA St Yakobus) Hernanda Satriya Utama (SMAN 72) Daniel Saputra (SMAN 72) Raul Khrisnawan (SMAN 72) Rafly Aufa (SMAN 72) Sultan Salahuddin (SMAN 72)Muhammad Rizki Fauzi Rosandi Dharma (SMAN 72)Juan Marcelino (SMA Don Bosco 1)Jesselin Vemberain (SMA Don Bosco 1)Josephin Jessica (SMA Don Bosco 1)Albertus Akira P.P (SMA Don Bosco 1)Btari Sekar Insani (SMAN 44)Shinta Nur Khasanah (SMKN 48)Tiara Nurmalia Dewi (SMKN 48)

Apa itu Sunday?Jika kamu melakukan hal yang kamu cintai, maka setiap hari akan terasa seperti hari Minggu. Berdasarkan filosofi ini, lahirlah Sunday! Kami adalah free magazine bulanan (tiap tanggal 10) untuk anak muda di kawasan Kelapa Gading, Sunter, Harapan Indah, Buaran, Rawamangun dan Pulomas. Majalah ini dibuat oleh pelajar SMA untuk pelajar SMA. Tim kami percaya, majalah kaum muda bisa tetap asyik tanpa harus ada aneka gosip dan selebriti asing

di dalamnya.

Informasi? Iklan? Saran? Kontak kami ya

FB : Majalah sundayTwitter : @majalahsundayInstagram: majalahsunday

Email : [email protected]

Editor's NoteYuhuuu apa kabar kamu di bulan Februari? :D Sunday mempersembahkan…edisi Valentine khusus JOMBLO! Ya, kamu, yang jomblo! Jangan belagak galau karena Sunday memberikan aneka hal seru untuk dilakukan Valentine ini. Baca yaa :pOh iya, Majalah Sunday bersama Muviblast.com, Carrot Academy dan Sinematek Indonesia menantang kamu untuk mengkarya-ulang poster film-film legendaris H. Usmar Ismail: Darah dan Doa, Tiga Dara, atau Lewat Djam Malam (pilih salah satu). Info selanjutnya cek www.majalahsunday.com!

XOXO Tim Sunday

Page 5: Sunday feb 2016

HEALING Project adalah sebuah proyek sosial di bidang kesehatan (sanitasi dan kebersihan) yang dimotori oleh para mahasiswa President University. Acara akan digelar 11 Januari – 21 Februari 2016 dengan melibatkan sejumlah mahasiswa asing dari berbagai negara. Target proyek ini adalah anak-anak SD sekitar Cikarang. Cari tahu info lebih lanjut dengan Natasha Jane di [email protected]

• Seperti tradisinya setiap tahun, Sekolah Tunas Gading kembali menggelar perayaan Natal di atrium Mall Artha Gading pada Jumat 18 Desember lalu.

• Syukuran kecil-kecilan! Pas ulang tahun Sunday ke-3 yang jatuh 10 Januari, tim Pejuang Sunday rapat bulanan sambil makan kue :p

• Pada 20 Januari 2016 lalu, Sunday dan AMIKOM Trisakti mampir ke SMA Diponegoro

untuk sharing mengenai pengelolaan majalah sekolah.

sunday! 5

• Food PlanetBazar makanan dengan tema Planet

Jupi ter

Grand Indonesia , 4-7 Apr i l 2016

www.four teenevents .com

• KANVAS – Karya Nusantara

BEM IBN membuat satu har i penuh

pameran seni , bazar , dan per tunjukkan

musik & tar i .

Kampus IBN, 23 Maret 2016

@BEMIBN

• Spring Festival IMMANTA dar i Univers i tas Tarumanegara

mengadakan bazar !

Grand Indonesia l t 5 , 18-20 Maret 2016

• Mini Artshop Lihat karya-karya unik anak-anak

ars i tek tur dan desain in ter ior U I .

Roadshow digelar d i beberapa lokasi :

Tra f ique Cof fee, 13-20 Februar i 2016

KAMI I Ruang & Café , 12-19 Maret 2016

Apakah kamu punya

Pertanyaan, komentar, usulan, info-info tentang acara sekolah, koleksi atau hobi atau komunitasmu, blog, karya seni, cerpen atau karya fotografi orisinilyang mau ditampilkan di salah satu Rubrik SUNDAY ?

Ayo informasikan sama kami di [email protected]. Jangan lupa cantumkan Inbox/Watchout/Collection/Shortie di judul email ya ;)

Hajatan Berikutnya (Catet, ya!)

Pengumuman Pemenang Sunday’s Riddle

Donny Marcius - SMA Santo Yakobus (X1)Margareth-SMAK 5 Penabur (XA2)

Jerika Olga - SMA Budhaya 2 St. Agustinus (11 IPA 1)Haura Puteri Juliant - SMA Muhammadiyah 23 (XI MIA 1)Shavira Putri Kusherawaty - SMA Cindera Mata (XII IPA 1)

Selamat! Hadiah akan dikirim ke sekolah kalian

Jawaban: 4 x 3 x 4 = 48

Page 6: Sunday feb 2016

“Kita bisa mati sekarang, atau tidak sama sekali.”

Kamu mendengar suara seseorang gemetar di balik punggung. Karen terisak. Tangan kamu gemetar ketika mengetikkan angka 48. Setelah satu detik yang menegangkan, bom tersebut tampak mati. Kalian bersorak-sorak dan berangkulan.

***Kami dalam mobil, Kak Arfin

berbicara dengan suara tegas. “Setelah ini, kalian tidak boleh ambil risiko seperti tadi lagi. Sakit kepala saya!”

“Tapi yang terpenting Kak,” Karen menyela. “Kita dibuntuti! Mereka tahu gerak-gerik kita.”

“Ya, betul.”Tak lama sebuah van hitam

menyelip kendaraan kalian. “Celaka!” Kalian panik. Kamu

melihat Kak Arfin menyentuh pistol di dalam jasnya. Kalian bertahan dalam mobil sementara sebuah gerombolan aneh keluar dari mobil: perempuan kurus yang berjalan memakai tangannya, laki-laki dengan wajah penuh jahitan, segerombolan orang pendek, dan satu orang yang berpakaian seperti Firaun Mesir, yang tampaknya adalah pemimpin mereka.

Pintu belakang van mereka terbuka dan kamu melihat tumpukan kandang penuh hewan: 4 pasang merpati, seekor biawak, seekor burung merak, sepasang kasuari!

Si Jangkung berbisik di telingamu, “Lihat itu! Ada berapa jumlah kaki di sana?”

Kirim jawabanmu ke [email protected] dengan format NAMA LENGKAP – SMU/SMK ASAL – KELAS – EMAIL- NO HP- JAWABAN

Jawaban ditunggu sebelum 27 Februari 2016. Hanya pengirim dengan format benar yang akan dinilai.

Hadiah kuis bulan ini dipersembahkan oleh: CIRCUS FOOD CART (Mall Artha Gading). Dapatkan lima voucher free corndog untuk lima pemenang yang beruntung!

contact us!pH. 0878 7608 7800line. circusfoodcartmail. [email protected]. foodcartcircus

sunday! 6

Page 7: Sunday feb 2016

sunday! 7

Page 8: Sunday feb 2016

Sabtu 19 Desember, SMAN 92 Jakarta mengadakan kegiatan pentas seni yang dimeriahkan CGV, Goldie Emeralda, dan tidak kalah serunya… mystery guest star yaitu: JKT48. Pengunjung sangat antusias, hal ini terbukti dari sejak pagi pengunjung sudah meramaikan lapangan SMAN 92. Suasana sangat meriah dengan diwarnai holi powder; yang pasti pensi tahun ini benar-benar pecah. Pssst…tahukah kamu, ternyata Nabilah JKT 48 baru saja masuk kelas X di sekolah ini!

Tim Reporter: Sultan & Rizki (SMAN 72), Gui (SMA Don Bosco 1)

Di hari yang sama, Sabtu 19 Desember 2015, SMAN 77 mengadakan closing cup dengan dihadiri guest star yaitu Naif, Dj Putri Danizar, Ras Muhammad, Momonon, Mati Lampu dengan special perfomence dari David & the Woodchair dan musisi pendatang baru asal bandung yaitu Fabian. Walau sempat terhenti sampai dua setengah jam tetapi acara tetap berlangsung meriah dengan warna-warni holi powder. Meski gerimis, para pengunjung tetap berpesta dan acaranya sangat pecah!!! “Kami panitia berdoa supaya hujan berhenti, dan setelah hujan benar-benar berhenti ya sesuai ekspektasi kami party, guest star dan band featuring-nya keren-keren,” ujar Revina, salah satu panitia dari SMAN 77.

Tim Reporter: Sultan & Rizki (SMAN 72)

WATCHOUTsWaG SMAN 92

CuRiOus EXPEdiTiON REVEaL THE POWER OF aRT77 Cup

sunday! 8

WATCHOUT

Page 9: Sunday feb 2016

WATCHOUT

sunday! 9

Seperti sebelumnya, Al-Azhar Kelapa Gading kembali mengadakan acara tahunannya, yaitu ALKAFEST atau Al Azhar Kelapa Gading Festival.

Berlangsung tanggal 12 Desember 2015 bertemakan Abimanaya Dakara, Al Azhar sukses menampilkan Ryan Tedja, Odds, dan Sheila on 7 saat penutup, juga diselingi dengan penampilan Saman Al Azhar, penyanyi dari Al Azhar dan beberapa band lainnya. “Menurut kita sih seru banget! Dari tadi ngeliat penonton enjoy ikutan nyanyi terus ikut loncat-loncat, panitianya juga asik-asik, baik-baik, ramah. Kalo kita main ke Kelapa Gading, kita bakalan inget ini terus. Satu kata buat Alkafest? Gokil!!” Odds, salah satu guest star berkomentar.

Suasana di lapangan sudah seru sedari siang dengan penampilan Ryan Tedja dan Odds. Bertambah seru ketika hari mulai gelap, karena penonton setia Sheila on 7 yang tampil jam

8 malam mulai berdatangan. Tidak hanya penonton dari Jakarta dan sekitarnya, Alkafest sukses membuat fans Sheila on 7 datang jauh dari Lombok loh!

Sejumlah pengunjung yang Sunday temui pun berkomentar:

“Seru banget dan lebih baik dibanding tahun sebelumnya, nggak ngira juga Al Azhar akhirnyang undang So7 dan pastinya pecaaaahhhh!!!”

“Gapapa desek-desekan buat nonton Alkafest, capeknya kebayar ngeliat guest starnya oke punya! Sukses,deh.”

“Sebagai alumni, ini acara sukseslah. Ya dibandingin sama sebelumnya, emang Alkafest seru, tapi yang ini bener-bener bikin bangga sama pencapaiannya di tahun ini.”

La Piazza Summarecon Kelapa Gading mengadakan acara New Years’s Eve Celebration, “Retrofuturism 2015” Acara ini diselenggarakan pada hari Kamis, 31 Desember 2015 jam 19.00 WIB. Tema Retrofuturism ini menggambarkan sebuah gabungan dua era yang berbeda, yaitu masa lampau (retro) dan masa depan (future),

membuat kombinasi yang sangat unik dan menarik. Seperti berada di masa lalu, tetapi sekaligus berada di masa depan!Tim Reporter: Daniel & Gaby (SMA St Yakobus)

Penasaran? Baca reportase lebih lengkapnya di www.majalahsunday.com!

WATCHOUTalkafest 2015

Retrofuturism La Piazza

Page 10: Sunday feb 2016

Galuh, seorang siswi dari SMAN 72 negeri dengan penampilan yang berhi jab dan memiliki suara yang bagus ini memiliki semangat dan penuh motivasi tinggi – kepada Sunday, ia berbagi pengalaman suksesnya menyabet juara satu karya tulis bidang IPA.

Judul karya tulis saya adalah: Pemanfaatan Kelopak Kembang Sepatu sebagai Ekstraksi Dasar Pembuatan Gel Rambut. Awal mula terbentuknya judul itu karena sekarang banyak banget anak muda terutama para pelajar yang memamakai pomade/gel rambut. Awalnya saya kepo, apa sih pomade/gel rambut itu? Apa yang bikin pomade spesial sampai banyak banget yang tertarik menggunakan gel rambut?

Akhirnya saya saya cari tahu tentang pomade, lalu bersamaan diselenggarakan lomba itu, saya akhirnya tertarik membuat pomade yang berbahan dasar lain dari pomade-pomade yang dijual dipasaran sekarang. Satu kali pas saya jalan-jalan ke taman, saya lihat kembang sepatu dan

saya memetik satu tangkai. Tanpa sengaja saya menggosokkan kembang sepatunya ke tangan saya dan ternyata dia mengeluarkan lendir. Di situ saya langsung kepikiran: Bisa nggak ya ini dijadikan bahan dasar buat pomade? Dan ternyata, setelah Googling, kembang sepatu punya khasiat yang bagus banget buat rambut. Dan akhirnya saya buat pomade dari kembang sepatu ini deh hehe.

Setelah juara satu di lomba itu, perasaan ya pasti senang banget sekaligus nggak sangka hahaha karena ini bener-bener pertama kalinya saya ikut lomba dimana saya harus presentasikan hasil karya sendiri di depan dewan juri dan banyak orang.

Reporter: Sultan (SMAN 72)

Her personal style “Saya ini orangnya memang

rasa ingin tahunya tinggi banget dan suka iseng pengen

nyoba sesuatu yang baru”.

Wilhelmina Sistianinggaluh Juara 1 Karya Tulis bidang IPA Individu

(SUDIN Jakarta)10 IPA 2 SMAN 72 Jakarta

po

laro

id b

ag

sunday! 10

Page 11: Sunday feb 2016

sunday! 11

•Selamat pagi, Kak…saya ingin bertanya, gigi deretan atas saya sedikit agak renggang. Itu bisa dibuat jadi rapat tidak? Kalau dibuat rapat biayanya mahal dan prosesnya lama, tidak?

-Indria Herzana, SMAN 10, Kota Harapan Indah

Untuk merapatkan deretan gigi yang renggang bisa dengan berbagai cara perawatan, salah satunya pemasangan kawat gigi. Kebetulan di Ocean Dental lagi ada potongan harga untuk perawatan itu, sehingga harganya mulai dari Rp 2juta untuk pemasangan gigi atas-bawah. Berapa lama prosesnya? Itu tergantung tingkat kesulitannya, oleh sebab itu sebaiknya kamu mampir dulu ke klinik kami untuk diperiksa langsung kondisi giginya.

• Aku lagi ada masalah gigi Kak, kan aku lagi tumbuh gigi bungsu, itu sakit dan nggak nyaman banget…gimana solusi untuk mengurangi sakitnya?

-Btari Sekar Insani, SMAN 44, Buaran-

Untuk mengurangi rasa sakitnya, kamu bisa memakai obat penghilang nyeri seperti Ponstan atau Mefinal, tapi lebih disarankan ke dokter gigi untuk pemeriksaan lebih detail, karena pertumbuhan gigi belakang yang miring akan terus-menerus sakit jika penyebabnya tidak dihilangkan.

• Apa sih yang bakal terjadi pada orang yang nggak pernah gosok gigi?

-Muhammad Akbar, SMAI Al-Azhar, Kota Harapan Indah-

Orang yang tidak pernah gosok gigi akan banyak masalahnya: bau mulut, gigi berlubang, gusi berdarah, dll. Makanya biasakan sikat gigi teratur 2x sehari, pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur.

Photos courtesy of Definitely Dental & Doctor Wellgood

Hay, hay! Sunday punya artikel baru, FAQs! Di sini kamu bebas bertanya apapun yang ada di pikiran kamu, Sunday akan mencarikan narasumber yang

bisa menjawabnya. Asik kan?Nah topik perdana kita adalah ‘mulut dan gigi’ – pertanyaan di jawab oleh tim

dok ter gigi dari Klinik Ocean Dental, Kota Harapan Indah.

Topik bulan depan: MATA! Pertanyaan kamu akan di jawab oleh dok ter optometri dari VIO

Optical Clinic.Emailkan pertanyaan kamu

sebelum 25 Februari 2016 ke [email protected]

Frequently Asked Quest ionsTopik Bulan Ini:

Mulut & Gigi

f.a.q

s

Page 12: Sunday feb 2016

sunday! 12

ithin

kKelapa GadingSMKN 33SMA 72SMA 45SMA Mahatma GadingSMA Tunas GadingSMA Saint PetersSMA Saint Marie JosephSMA Santo YakobusSMA Don Bosco 1SMAI Al Azhar Kelapa GadingRaffles Christian International School Raffles Academy

SMAK Mawar SaronSMAK 5 PenaburSMA Tunas KaryaUniprep Junior College

Pulo MasSMA Don Bosco 2SMA Global SevillaSMAN 21

SunterSMA JubileeSMA Santo Lukas

TK-SMA/SMK Dharma Budhi Bhakti "Plus"Buaran-Duren SawitSMKN 48SMA Budhaya 2 Santo AgustinusSMA Muhammadiyah 23SMAN 44

KalimalangGlobal Prestasi School

Kota Harapan IndahSMAK Penabur Harapan Indah

Temukan Sunday d i :

Kalimat Andalan untuk Sang

Gebetan!ALFIYAH ZAHRAH (10 IPS 2 SMAN 21 )

"I've better lose the argument than lose you."

SASQIA ADINDA (10 IPS 1 SMAN 72)

"'Cause baby, all you have to do was stay with me."

FERRIN AGUSTINE (12 IPS 2 SMAK 5 PENABUR)

"Meeting you is the most beautiful accident in my life."

Page 13: Sunday feb 2016

sunday! 13

Inilah wajah plester di masa depan – terbuat dari bahan hydrogel yang sangat mirip dengan komposisi tubuh manusia, ia bisa direkatkan pada luka segala ukuran dan melepaskan berbagai jenis obat sesuai kebutuhan; yang paling sederhana, cairan antiseptik untuk luka, tetapi saat plester mendeteksi tubuh demam, ia juga bisa melepaskan obat yang dibutuhkan. Masih banyak lagi kegunaan plester buatan tim MIT, Amerika ini. Luar biasa! www.news.mit.edu

Mandi dengan pancuran konon lebih hemat air, apalagi ditambah dengan kepala pancuran canggih yang dikembangkan Smart & Blue dari Perancis. Kepala pancuran dengan merk Hydrao ini dilengkapi dengan rangkaian lampu LED yang berubah warna seiring pemakaian air. Melalui Bluetooth, ia terkoneksi ke aplikasi di ponsel penggunanya dan melaporkan penggunaan air secara teratur. www.hydrao.fr

Malaysia memiliki kondisi iklim yang mirip dengan negara kita; tak heran jika persoalannya pun serupa: nyamuk-nyamuk nakal! Sejumlah peneliti di University of Malaya meluncurkan lampu jalan LED yang energinya berasal dari tenaga sinar matahari dan angin. Cahaya UV yang dikeluarkan juga mengandung sedikit CO2, yang kerap diartikan sebagai ‘manusia’ oleh nyamuk. Saat serangga itu mendekat, jebakan telah menanti! Cara yang keren untuk menerangi malam sekaligus menangkal nyamuk bukan? www.researchsea.com

Plester Canggih Atasi Luka

Pancuran Pintar ala Perancis

Lampu dari Tanaman

Kalimat Andalan untuk Sang

Gebetan!

SMA Santo Yoseph Menteng MetropolitanSMAK Saint JohnSMA John Paul’s SchoolSMAI Al AzharSMAN 10SMA Galatia SMA CinderamataCherry Montessori School & Brighten High School RawamangunSMA Labschool

SMA Muhammadiyah 11SMA DiponegoroKelapa Gading – Resto, Toko Buku, SalonBong KopitownSour SallySunny Side Up Gading WalkBeatrice QuarterBobabitsIntermediaSuccess StationaryOne Piece Hair Studio Bianca Printing

Kelapa Gading – BimbelBimbel UniversalBimbel Galileo GalileiBimbel Genius Math Bimbel QuantumBimbel SahabatBimbel Alfa BetaBimbel SinotifBimbel Peter

Sunter - BimbelBimbel Sinotif

ge

ek

Page 14: Sunday feb 2016

arts

Page 15: Sunday feb 2016

sunday! 15

Pasca keterlibatannya dalam Jakarta Biennale beberapa waktu lalu, Sunday berbincang dengan Ramadanti Putri dari SMA Diponegoro Rawamangun.

Sejak kapan kamu tertarik dengan dunia seni?Sejak kecil, karena mama dan banyak anggota keluarga lain juga suka seni, jadi kebawa deh

Ngapain aja di ajang Jakarta Biennale beberapa waktu lalu?Saya sebagai salah satu pengisi program edukasi publik, yaitu Program Duta Seni. Di sana. saya membuat buku infografis seni rupa Indonesia dan stiker bersama rekan saya, Izzudin

Seperti apa style kamu dalam berkarya?Saat membuat ilustrasi, biasanya media

yang saya pakai kertas, spidol dan pensil. Tapi kadang suka melukis juga.

Apa yang paling berkesan di mata kamu selama menjalani aktivitas seni?Ketika buku ilustrasi yang saya buat disebarkan ke orang-orang dan bisa bermanfaat untuk mereka, membantu mereka lebih memahami apa itu seni rupa.

Apa mimpi kamu ke depannya?Bisa sukses dalam dunia seni rupa dan membuat orangtua, keluarga dan teman-teman bangga hehehe.

Pesan apa yang bakal kamu berikan pada teman-teman yang sedang belajar menggambar?Banyak-banyak berlatih saja, sering-sering diasah lama-kelamaan pasti bisa.

Ramadanti Putri

Sketsa Romansa

Page 16: Sunday feb 2016

cra

ft

sunday! 16

Page 17: Sunday feb 2016

Valentine Chocolate Truffle

Cara membuat:

1. Potong coklat kecil kecil, panaskan di atas api kecil

hingga meleleh

2. Tambahkan whipped cream cair sedikit demi sedikit,

aduk rata. Matikan api, tambahkan telur (usahakan telur bebas salmonela) dan rhum.

3. Masukkan lemari es, apabila sudah dingin ambil sedikit

demi sedikit menggunakan sendok, bulatkan dengan tangan.

4. Tabur Milo bubuk di piring, gulingkan coklat di atas

bubuk milo

5. Bungkus menggunakan kemasan yang cantik, siap

diberikan ke pasangan valentine-mu

*artikel ini merupakan kerjasama Majalah Sunday dengan Cookpad Indonesia

bahan:

175 gram Cokelat Batang50 ml Krim Kocok (Whipped Cream)

1 butir Kuning Telur1 sendok makan Rhum

secukupnya Milo Bubuk

d.i.y.

oleh: Dita Nadia (https://cookpad.com/id/resep/180637-valentine-chocolate-

truffle?ref=search)

Ini resep coklat Valentine yang sudah aku masak selama 11 tahun untuk orang yang sama dan

menggunakan bahan-bahan yang sama :D Yang paling powerful dari resep ini adalah ternyata nggak

membosankan dan selalu dinanti-nanti.

sunday! 17

Page 18: Sunday feb 2016

Muhammad Rizki Fauzi Rosandi Dharma

Dari SMP aku suka banget koleksi diecast. Kenapa? Karena modelnya bermacam-macam, begitu juga dengan skalanya mulai dari skala 1:64 sampai skala 1:18… semua aku punya. Model yang paling banyak aku punya adalah mobil polisi dan kendaraan-kendaraan rescue lainnya. Aku biasa hunting di STC (Senayan Trade Center).

Awalnya aku hanya iseng saja membeli diecast, namun lama-lama jadi banyak. Aku mencoba mengumpulkan uang untuk membeli lemari khusus untuk menyimpan diecastku sendiri. Ya awalnya sih bertentangan dengan pendapat orang tua, karena hobi ini dianggap hanya membuang-buang uang. Tapi aku tetap kekeuh sih hehe abis hobi, mau gimana lagi?

Ada beberapa diecast yang sengaja tidak aku buka alasannya karena sayang dan ingin dijual ketika sudah benar-benar bosan.

Salah satu diecast yang kusayangi adalah H3 dengan skala 1:18 yang diproduksi oleh Hotwheels. Yah entah kenapa, suka aja sama mobil ini. Aku juga mempunyai Tomica Limited tapi sudah kujual kepada kolektor. Yang menarik dari mengoleksi diecast adalah harganya yang bisa meningkat berkali-kali lipat jika sudah menjadi barang langka dan banyak dicari oleh para pecinta diecast.

Die Hard for Diecast

co

llec

tion

s

sunday! 18

Page 19: Sunday feb 2016

sunday! 19

Page 20: Sunday feb 2016

tren

din

g to

pic

MENURUN2. Bentuk favorit di hari Valentine3. Dirayakan setiap 14 Februari5. Barang yang paling banyak diberikan saat Valentine6. Bahan dasar cokelat8. Setiap 11 November di China ada perayaan….12. Negara yang paling banyak mengirim kartu Valentine

MENDATAR1. Hari untuk membalas cokelat Valentine4. Bawa perasaan7. Sendirian di tengah orang pacaran9. Untuk nembak gebetan dibutuhkan…10. Orang spesial masa lalu11. Kota yang dianggap paling romantis

Teks oleh Gaby (SMA St Yakobus) dan Leny (SMK Dharma Budhi Bhakti)

serba-serbi Va l e n t i n e

Jomblo nggak jomblo, semua orang menyukai permainan seru dan cokelat yang

lezat. Let’s have fun!

TTS G a l a u

sunday! 20

Page 21: Sunday feb 2016

sunday! 21

Cokelat-Coklat unik dunia

1. Cokelat Asin: LAYS Milk Chocolate Khusus saat liburan akhir tahun lalu, produsen keripik dari Amerika, Lays, memperkenalkan varian rasa baru: cokelat susu. Keripik kentang yang asin disalut dengan manisnya cokelat, menghadirkan sensasi yang tidak biasa. Camilan limited edition ini hanya edar di Amerika dan kini telah berhenti dipasarkan.

2. Cokelat Tua:Baker’s Cocoa Gelar merk cokelat tertua di dunia dipegang oleh Baker’s Cocoa dari Amerika yang pabriknya sudah berdiri sejak 1780. Tahukah kamu, Baker’s

Cocoa masih beroperasi hingga hari ini di bawah payung Kraft

Foods! Produk mereka adalah cokelat

batangan besar yang biasa

d i g u n a k a n oleh pelaku i n d u s t r i kuliner.

3. Cokelat Mahal:La Madeline au Truffle Bersediakah kamu mengeluarkan uang hampir tiga juta rupiah untuk sebutir cokelat? Cokelat yang dibuat oleh chocolatier Knipschildt ini dijuluki ‘Cokelat Termahal di Dunia’ oleh Majalah Forbes. Sebutir cokelat senilai $250 mengandung 70% Valrhona dark chocolate dan jamur Perigord truffle asal Perancis yang sangat langka.

4.

Cokelat Panjang:

Kereta Belcolade

ExpressBicara soal obsesi pada

cokelat, serahkan saja pada orang Belgia! Sebuah perusahaan

produsen cokelat asal Belgia, Belcolade, membuat dunia terpana ketika ia memecahkan rekor cokelat terpanjang: sebuah kereta api sepanjang 34 meter yang seluruhnya dibuat dari cokelat Belgia premium. Rekor ini dibuat tahun 2012 lalu dan belum ada yang berhasil mematahkannya hingga kini. 5.Cokelat Batangan Raksasa:

Thorntons Plc Tahun 2011 lalu, sebuah perusahaan cokelat tua asal Inggris, Thorntons Plc, merayakan hari jadinya yang ke-100 dengan membuat cokelat batangan yang amat besar, sampai-sampai para penggemar harus memotongnya dengan kapak! Cokelat yang memecahkan rekor dunia ini memiliki berat hampir 6 ton dan luas 4 meter persegi.

Page 22: Sunday feb 2016

Joje dan Jesselin dari SMA Don Bosco 1 memilih judul-judul Raditya Dika favorit mereka.

#Throwback: Best of the Best Raditya Dika

THE FIRST

Kambing Jantan (2006)Setelah SMU, Dika yang memiliki nama panggilan Kambing, melanjutkan kuliah di Adelaide, Australia, m e n g a m b i l j u r u s a n finance yang tidak sesuai dengan minatnya. Ketika itu timbul masalah dengan pacarnya, Kebo, karena menjalani LDR yang menyebabkan pengeluaran besar serta kehidupan kuliah yang membuat mereka merenggang. Saat mengalami kesulitan belajar muncullah Jenny Dickson seorang dosen wanita bule, yang membuat Dika dilema dalam menyelesaikan masalahnya. Dan pertemuannya dengan seorang teman SD yang membaca blog Dika berjudul "Kambing Jantan" membuka pikiran bahwa dia bisa menjadi penulis komedi.

MEMORABLE MOVIE

Manusia Setengah Salmon (2011)Berawal dari ibu Dika yang memutuskan untuk pindah dar i rumah semasa d ia kecil, Dika justru berusaha pindah dari hal yang susah dia lepaskan seperti cinta lamanya dengan Jessica hingga hubungannya dengan bokapnya. Walaupun kurang setuju dengan rencana ibunya, Dika tetap membantu untuk mencari rumah yang baru. Pengalaman lucu mereka dapatkan ketika rumah yang mereka kunjungi ternyata tidak cocok, dari rumah yang jelek banget hingga ada kuburan dan bekas orang gantung diri. Mereka putus asa, sampai akhirnya Dika menemukan rumah yang cocok. Dan di sinilah Dika bertemu dengan Patricia. Masalah muncul karena tanpa Dika sadari ia masih terbayang-bayang mantannya.

EDITOR’S CHOICE

Marmut Merah Jambu (2010)“Orang yang jatuh cinta diam-diam hanya bisa, seperti yang mereka selalu lakukan, jatuh cinta sendirian.”Sebagai komedian tunggal dan pionir serial komedi Youtube Malam Minggu Miko, orang-orang kerap memberi cap seorang Raditya Dika sebagai super kocak dan ceria – tetapi setelah mengikuti buku demi buku, di Sunday mengendus bahwa pria ini sesungguhnya punya karakter melankolis; dan Marmut Merah Jambu seakan ‘membocorkan’ karakter tersebut. Kita nggak selalu ngakak – ya, mungkin k i ta ngakak membaca kumpulan kencan gagal Dika tapi di ujung-ujungnya mendadak kita terpekur dan sedikit ngilu. Ya, itulah Dika apa adanya.

litera

ture

sunday! 22

Page 23: Sunday feb 2016

“Sepertinya lebih baik kita akhiri saja ..”Kalimat itu takan pernah hilang dari

benakku. Kalimat terakhir yang dia ucapkan setelah pertemuan kami di bandara. James, Laki-laki yang ku kenal lebih dari 2 tahun kini telah tiada.

Hari itu sikapnya berubah menjadi dingin, entah apa yang terjadi padanya. Aku berusaha memintanya untuk menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi , namun tak sedikitpun dia mau menjelaskan.

Sejak saat itu hubungan kami berubah; yang kuingat, semalam dia masih meyakinkanku untuk tidak khawatir atas kepindahannya ke Jerman. Namun benar, apa yang kutakutkan terjadi. Candaku hari itu mungkin membuatnya merasa kesal, namun aku tak bermasud seperti itu. Berkali-kali aku meminta maaf atas ucapanku, namun semuanya telah berubah.

“Aku mencintaimu..”Kalimat itu masih dia ucapkan. Dua

minggu sebelum kepindahannya ke Jerman dia berlibur ke Bali. Di saat itu pula hubungan kami semakin jauh. Aku selalu berusaha menghubunginya , namun rasanya banyak

sekali kendala. Sampai suatu hari ketika dia kembali dari liburannya, aku menunggunya di bandara .

Pertemuan kami di bandara tak menghasilkan apapun. Pertanyaan yang kutanyakan hanya dibalas senyuman dan beberapa candaan kecil. Yang kuharapkan masalah kami dapat selesai, namun ternyata aku salah.

“Aku rasa, aku tidak siap menjalani hubungan ini.” Hanya itu alasan terakhir yang dia berikan padaku. Aku berusaha untuk mempertahankannya namun tak bisa.

Semuanya seperti mimpi yang tak pernah bisa aku bayangkan. Perubahan sikapnya membuatku kecewa. Aku menggapnya telah tiada, karena James yang sekarang dengan wanita lain bukanlah seperti James yang kukenal dulu. Dengan mudahnya dia melupakanku, hanya butuh waktu kurang dari sebulan. Dua tahun yang dulu kita jalani tak berarti apapun untuknya

“Seandainya aku tahu itu pertemuan terakhir kami, mungkin aku akan memeluknya dengan erat.....”

Every th ing Has Changed

Sesi l ia (SMA ST. Yakobus)

sho

rtie

Page 24: Sunday feb 2016

truth

or d

are

sunday! 24

• Di balik Nama“Kamo adalah bebek dan Kuma adalah beruang dalam Bahasa Jepang. Kedua maskot ini kami angkat karena mereka memiliki kesan bersahabat. Di sini, mereka adalah dua karakter yang suka menikmati hidangan pencuci mulut!”• Permulaan“Aku kuliah Teknik Pangan – yang sebenarnya nggak ada hubungannya dengan membuka restoran. Tapi diajakin teman-teman. Semua modal nekad – ya dong, kalau nggak ada nekadnya nggak bakal jalan.”• Zona Pertempuran Kuliner“Bisnis makanan di Kelapa Gading itu mirip kaya PIK, yang bisa kami lakukan adalah menjadi seunik mungkin. Crowd di Kamo Kuma Gading dan Kamo Kuma Sunter juga mirip, keluarga sama anak muda. Weekend sudah pasti ramai karena kami menyajikan makanan hangout. Dua kuncinya: bisa hadapi persaingan dan konsisten.”• 3-month Rule “Di sini, menu kami perbaharui tiap tiga bulan, biar orang nggak bosan. Menu favorit

tetap ada, meski kadang kalau sudah kelamaan

kami angkat dulu, biar pada kangen

hehehe. Nanti 3

bulan kemudian baru deh, ‘back by popular demands’. Kenapa tiga bulan? Toh daftar menu setelah tiga bulan biasanya sudah rusak karena terlipat, dll.”• Mencari ‘Menu Emas’“Masyarakat Indonesia itu sekarang cepet banget bosen. Kita nggak akan pernah tahu apa yang mereka suka, sampai kita coba berikan. Misalnya, saya pernah bikin bakmi ayam dan itu nggak laku. Lalu saya tambahkan cabe yang banyak dan jual dengan nama Bakmi Dower. Eh, laku! Saya juga nggak paham kenapa ya orang suka banget Katsudon, padahal di hampir semua resto Jepang itu sudah ada…”• Instagram-oriented“Konsumen sekarang datang karena melihat Instagram. Bahkan sebagian dari mereka nggak lihat buku menu lagi, tapi langsung menunjukkan foto yang ada di Instagramnya pada pelayan.”• Tips untuk Masa Depan “Kamu memiliki restoran sendiri di masa depan? Jangan ikut-ikutan! Lihat situasi pasar, dan buat sesuatu yang baru, yang belum ada atau plesetan dari yang sudah ada. Kalau nggak kepikir hal baru, pastikan apa yang kamu buat itu enak banget. Pada dasarnyanya orang cari makanan yang enak, banyak dan murah – nggak ada deh hal semacam itu di pasaran.”

Kak Sigit dari Kamo Kuma Kelapa Gading menyingkap suka-duka menjadi pelaku industri kuliner.

Facts of a Sweet

Business

Page 25: Sunday feb 2016

sunday! 25

Page 26: Sunday feb 2016

POTONGAN HARGA RP 10.000 tiap print kaus putih

DAN RP 5.000 tiap print kaus warna Tunjukkan kupon ini ketika memesan

kaus.

FREE TRIAL 1 SESSION Illustration Faculty Program untuk usia TK -

SMU (minimum usia 6 tahun) Voucher berlaku 2 bulan dari penerbitan

majalah.Trial tiap hari Senin s/d Jumat Pk 15.30, bawa

kupon ini ke Carrot Academy, Pulomas.

FREE REGISTRASI PROGRAM ILLUSTRATION ESSENTIALS SENILAI

RP.500.000,- untuk jadwal weekdays (Senin - Jumat).

Voucher berlaku s/d 10 Maret 2016. Kelas berdasar sistem kuota, daftar dulu untuk

masuk waiting list.

FREE EYE TREATMENTuntuk pengambilan treatment Facial

1. Tidak dapat digabungkan dengan promo lainnya.2. Reservasi wajib dilakukan min 1 hari sebelumnya

3. Wajib menyertakan "Sunday Coupon" dari Sunday Magazine

FREE BODY SCRUB+MASK / VITALITY THERAPY

untuk pengambilan treatment Body Massage1. Tidak dapat digabungkan dengan promo lainnya.2. Reservasi wajib dilakukan min 1 hari sebelumnya

3. Wajib menyertakan "Sunday Coupon" dari Sunday Magazine

Tradisional Ip Man Wing Chun FREE TRIAL 1 SESSION

Bawa kupon ini ke Atlantic Fitness, Mahaka Square Kelapa Gading, tiap Senin pk 19.00 atau Jumat pk 20.00. Info lebih lanjut buka

www.wingchun-jakarta.com

Page 27: Sunday feb 2016

Usaha tanpa Modal ke TUKANGPRINT aja,Membantu banyak orang menjadi pebisnis.

Apa yang bisa di buat di TUKANGPRINT :Sticker Label, Custom Card

Custom Acrylic, Cetak ApparelPrint di semua Media

( Canvas, Kertas, Spanduk dll )

Mau lihat dan belajar proses produksi datang aja ke TUKANGPRINT aja

( Gratis )

Info : tukangprint.comJln. Cempaka Putih Raya No. 23D (Samping PHD)

Line : Tukangprint

Page 28: Sunday feb 2016