SOSIALISASI PENILAIAN KURIKULUM 2013

26
1. Bagi Bapak/Ibu Guru yang membawa laptop silahkan masuk ke wifi Connectify-Kur2013 dengan password akademik untuk menyalin materi sosialisasi. 2. Buka windows explorer, pada address bar ketikkan: \\akademik00\ lalu enter 3. Masuk ke folder Sosialisasi Kurikulum 2013

description

presentasi penilaian kurikulum 2013

Transcript of SOSIALISASI PENILAIAN KURIKULUM 2013

Page 1: SOSIALISASI PENILAIAN KURIKULUM 2013

1. Bagi Bapak/Ibu Guru yang membawa laptop silahkan masuk ke wifi Connectify-Kur2013 dengan password akademik untuk menyalin materi sosialisasi.

2. Buka windows explorer, pada address bar ketikkan:

\\akademik00\ lalu enter3. Masuk ke folder Sosialisasi Kurikulum 20134. Silahkan salin file materi ke laptop Bapak/Ibu

Page 2: SOSIALISASI PENILAIAN KURIKULUM 2013

SOSIALISASI PENILAIAN KURIKULUM 2013SMK NEGERI 1 BATAM

16 NOVEMBER 2013

SELAMAT DATANG

Page 3: SOSIALISASI PENILAIAN KURIKULUM 2013

PENILAIAN SIKAP PENGERTIAN Sikap bermula dari perasaan yang

terkait dengan kecenderungan seseorang dalam merespon sesuatu/objek.

SIKAP terdiri dari tiga komponen, yakni:

1. KOMPONEN AFEKTIF adalah perasaan yang dimiliki oleh seseorang atau penilaiannya terhadap sesuatu objek.

2. KOMPONEN KOGNITIF adalah kepercayaan atau keyakinan seseorang mengenai objek.

3. KOMPONEN KONATIF adalah kecenderungan untuk berperilaku atau berbuat dengan cara-cara tertentu berkenaan dengan kehadiran objek sikap.

Page 4: SOSIALISASI PENILAIAN KURIKULUM 2013

PADA JENJANG SMK

KOMPETENSI SIKAP SPIRITUAL mengacu pada KI-1: Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya,

KOMPETENSI SIKAP SOSIAL mengacu pada KI-2: Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

Page 5: SOSIALISASI PENILAIAN KURIKULUM 2013

PENDEKATAN DAN INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP

1. OBSERVASI merupakan teknik penilaian yang dilakukan secara berkesinambungan dengan menggunakan indera, baik secara langsung maupun tidak langsung dengan menggunakan pedoman observasi yang berisi sejumlah indikator perilaku yang diamati.

2. PENILAIAN DIRI merupakan teknik penilaian dengan cara meminta peserta didik untuk mengemukakan kelebihan dan kekurangan dirinya dalam konteks pencapaian kompetensi. Instrumen yang digunakan berupa lembar penilaian diri.

Page 6: SOSIALISASI PENILAIAN KURIKULUM 2013

PENDEKATAN DAN INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP

3. PENILAIAN ANTARPESERTA DIDIK merupakan teknik penilaian dengan cara meminta peserta didik untuk saling menilai terkait dengan pencapaian kompetensi. Instrumen yang digunakan berupa lembar penilaian antarpeserta didik.

4. JURNAL merupakan catatan pendidik di dalam dan di luar kelas yang berisi informasi hasil pengamatan tentang kekuatan dan kelemahan peserta didik yang berkaitan dengan sikap dan perilaku.

Page 7: SOSIALISASI PENILAIAN KURIKULUM 2013

PENILAIAN KOMPETENSI PENGETAHUAN

TEKNIK & INSTRUMEN PENILAIAN

Page 8: SOSIALISASI PENILAIAN KURIKULUM 2013

PENILAIAN KOMPETENSI KETERAMPILAN PENILAIAN PENCAPAIAN KOMPETENSI KETERAMPILAN

merupakan penilaian yang dilakukan terhadap peserta didik untuk menilai sejauh mana pencapaian SKL, KI, dan KD khusus dalam dimensi keterampilan.

KOMPETENSI INTI 4 KELAS X Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.

Page 9: SOSIALISASI PENILAIAN KURIKULUM 2013

PENILAIAN KOMPETENSI KETERAMPILAN KOMPETENSI INTI 4 KELAS XI DAN XII

Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori.

Page 10: SOSIALISASI PENILAIAN KURIKULUM 2013

TEKNIK PENILAIAN KETERAMPILAN TES PRAKTIK Tes praktik adalah penilaian yang

menuntut respon berupa keterampilan melakukan suatu aktivitas atau perilaku sesuaidengan tuntutan kompetensi. Tes praktik dilakukan dengan mengamati kegiatan peserta didik dalam melakukan sesuatu.Penilaian digunakan untuk menilai ketercapaian kompetensi yang menuntut peserta didik melakukan tugas tertentu seperti: praktik di laboratorium, praktik salat, praktik olahraga, bermain peran, memainkan alat musik, bernyanyi, membaca puisi/deklamasi, dan sebagainya.

Page 11: SOSIALISASI PENILAIAN KURIKULUM 2013

TEKNIK PENILAIAN KETERAMPILAN PENILAIAN PROYEK merupakan kegiatan penilaian

terhadap suatu tugas yang harus diselesaikan dalam periode atau waktu tertentu.Tugas tersebut berupa suatu investigasi sejak dari perencanaan, pengumpulan, pengorganisasian, pengolahan dan penyajian data. Penilaian proyek dapat digunakan untuk mengetahui pemahaman, kemampuan mengaplikasikan, penyelidikan dan menginformasikan peserta didik pada mata pelajaran dan indikator/topik tertentu secara jelas.

Page 12: SOSIALISASI PENILAIAN KURIKULUM 2013

TEKNIK PENILAIAN KETERAMPILAN Penilaian portofolio adalah penilaian

yang dilakukan dengan cara menilai kumpulan seluruh karya peserta didik dalam bidang tertentu yang bersifat reflektif-integratif untuk mengetahui minat, perkembangan, prestasi, dan/atau kreativitas peserta didik dalam kurun waktu tertentu

Page 13: SOSIALISASI PENILAIAN KURIKULUM 2013

RAPOR SMK Nilai Kuantitatif dengan Skala 1 – 4 (berlaku kelipatan

0,33) digunakan untuk Nilai Pengetahuan (KI 3) dan Nilai Keterampilan (KI 4). Sedangkan nilai kualitatif digunakan untuk Nilai Sikap Spiritual (KI 1), Sikap Sosial (KI 2), dan Kegiatan Ekstra Kurikuler, dengan kualifikasi SB (Sangat Baik), B (Baik), C (Cukup), dan K (Kurang).

Page 14: SOSIALISASI PENILAIAN KURIKULUM 2013

PENILAIAN PENGETAHUAN TERDIRI ATAS Nilai Harian (NH) diperoleh dari hasil ulangan harian yang

terdiri dari: tes tulis, tes lisan, dan penugasan yang dilaksanakan pada setiap akhir pembelajaran satu Kompetensi Dasar (KD).

Nilai Ulangan Tengah Semester (NUTS) diperoleh dari hasil tes tulis yang dilaksanakan pada tengah semester. Materi Ulangan Tengah Semester mencakup seluruh kompetensi yang telah dibelajarkan sampai dengan saat pelaksanaan UTS.

Nilai Ulangan Akhir Semester (NUAS) diperoleh dari hasil tes tulis yang dilaksanakan di akhir semester. Materi UAS mencakup seluruh kompetensi pada semester tersebut.

Penghitungan Nilai Pengetahuan diperoleh dari rata-rata Nilai Proses (NP), Ulangan Tengah Semester (UTS), Ulangan Akhir Semester (UAS)/Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) yang bobotnya ditentukan oleh satuan pendidikan.

Page 15: SOSIALISASI PENILAIAN KURIKULUM 2013

PENILAIAN KETERAMPILAN TERDIRI ATAS Nilai Praktik diperoleh dari tes praktik di laboratorium

atau di bengkel atau di industri yang dilakukan pada setiap akhir menyelesaikan satu KD atau lebih.

Nilai Portofolio diperoleh dari kumpulan nilai tugas/pekerjaan yang telah dilakukan oleh siswa selama pembelajaran di kelas atau magang di industri.

Nilai Proyek diperoleh dari akumulasi pengetahuan, keterampilan dan sikap yang diwujudkan mulai perencanaan, pelaksanaan sampai ke pelaporan dalam satu pekerjaan/paket keahlian.

Page 16: SOSIALISASI PENILAIAN KURIKULUM 2013

PENILAIAN SIKAP TERDIRI ATAS Penilaian Sikap diperoleh menggunakan

instrumen: 1. Penilaian observasi (Penilaian Proses)2. Penilaian diri sendiri3. Penilaian antarteman4. Jurnal catatan guru

Pembobotan ditetapkan oleh Satuan Pendidikan dengan mempertimbangkan karakteristik sekolah dan peserta didik

Page 17: SOSIALISASI PENILAIAN KURIKULUM 2013

PENGISIAN RAPOR SMK Lembar CAPAIAN kompetensi semester 1 diisi

dengan:

1. Identitas Satuan Pendidikan dan identitas peserta didik.

2. Pada kolom Pengetahuan dan Keterampilan diisi dengan perolehan nilai dari tiap guru mapel yang berupa angka 1 s.d 4 dengan kelipatan 0,33

3. Untuk kolom Sikap Spiritual dan Sosial (KI 1 dan KI 2), dalam kolom mapel diisi dengan predikat (SB = sangat baik, B = baik, C = cukup, dan K = kurang)

Page 18: SOSIALISASI PENILAIAN KURIKULUM 2013

PENGISIAN RAPOR SMK Lembar CAPAIAN kompetensi semester 1 diisi dengan:

4. Untuk kolom Sikap Spiritual dan Sosial (KI 1 dan KI 2) antarmapel diisi dengan deskripsi kesimpulan dari sikap peserta didik secara keseluruhan dalam mata pelajaran. Kesimpulan tersebut diperoleh melalui koordinasi bersama dengan guru mata pelajaran pada kelas yang sama (lihat contoh dalam lampiran).

5. Kegiatan ekstra kurikuler diisi dengan nilai kualitatif (SB=sangat baik, B=baik, C=cukup, dan K=kurang) dilengkapi dengan deskripsi masing-masing kegiatan ekstra kurikuler yang diikuti. Nilai dan keterangan kegiatan ekstra kurikuler diperoleh dari guru pembina/pelatih ekstra kurikuler.

6. Kolom ketidakhadiran diisi dengan rekapitulasi ketidakhadiran peserta didik (sakit, izin, dan tanpa keterangan) dari wali kelas.

Page 19: SOSIALISASI PENILAIAN KURIKULUM 2013

PENGISIAN RAPOR SMK Lembar catatan DESKRIPSI kompetensi

mata pelajaran diisi dengan: Catatan deskripsi Pengetahuan, Keterampilan, Sikap

Spiritual dan Sosial tiap mata pelajaran diperoleh dari guru mata pelajaran.

Page 20: SOSIALISASI PENILAIAN KURIKULUM 2013

PENGISIAN RAPOR SMK

Pegisian lembar penilaian laporan Pencapaian Kompetensi semester 2 (dua) sama dengan pengisian lembar penilaian laporan Pencapaian Kompetensi semester 1 (satu).

Kriteria kenaikan kelas ditentukan oleh Satuan Pendidikan berdasarkan karakteristik Satuan Pendidikan.

Page 21: SOSIALISASI PENILAIAN KURIKULUM 2013

KATA MUTIARA

Satu-satunya hal yang tidak pernah berubah sampai

kapanpun adalah adanya perubahan. (The Old Paradox)

Page 22: SOSIALISASI PENILAIAN KURIKULUM 2013

KATA MUTIARA

Spesies yang akan bisa bertahan dalam kehidupan ini bukanlah

spesies yang paling kuat, bukan pula yang paling cerdas, tetapi yang paling bisa beradaptasi terhadap perubahanlah yang

bakal bertahan. (Charles Darwin)

Page 23: SOSIALISASI PENILAIAN KURIKULUM 2013

KATA MUTIARA

Kita tidak akan bisa memenuhi potensi kita yang sebenarnya,

bila kita memilih diam dan tetap tinggal di dalam zona nyaman

kita. (Oprah Winfrey)

Page 24: SOSIALISASI PENILAIAN KURIKULUM 2013

KATA MUTIARA

Jadilah perubahan, sehingga perubahan bisa terjadi.

(Mahatma Gandhi)

Page 25: SOSIALISASI PENILAIAN KURIKULUM 2013

KATA MUTIARA

Definisi kegilaan adalah: melakukan hal yang sama terus menerus tetapi mengharapkan hasil berbeda. (Albert Einstein)

Page 26: SOSIALISASI PENILAIAN KURIKULUM 2013

SELAMAT BEKERJA DENGAN KURIKULUM 2013