Software Open Source (Tahun 2011)

3

Click here to load reader

description

Tugas mata kuliah Sistem Operasi-2 semasa semester-II di Politeknik TEDC Bandung.

Transcript of Software Open Source (Tahun 2011)

Page 1: Software Open Source (Tahun 2011)

Muhammad Fajar Said Husainy (TK 101021)Teknik Komputer dan Informatika D3Tugas Sistem Operasi 2: membuat artikel software open source

VUZE (BITTORRENT CLIENT)

Gambar 1: Lambang Vuze

Vuze (sebelumnya bernama Azureus) adalah software BitTorrent clientyang dipakai untuk memindahkan data lewat protokol BitTorrent. Vuze ditulisdalam bahasa pemrograman Java dan memakai Azureus Engine. Agar dapatmengunduh data yang tersambung oleh file .torrent, Azureus mengizinkanpengguna untuk melihat, mengumumkan dan berbagi konten video DVD atau HDorisinil. Kontennya diperkenalkan lewat saluran dan kategori yang mengandungacara TV, video musik, film, game video dan lainnya. Tambahan, jika pemakailebih suka mempublikasikan konten asli mereka, mereka akan mendapatkanuang dari itu.

Azureus pertama kali dirilis pada Juni 2003 di SourceForge.net,kebanyakan untuk percobaan dengan Standard Widget Toolkit dari Eclipse.Kemudian menjadi salah satu BitTorrent clients populer. Software Azureusdirilis dibawah naungan lisensi GNU General Public License, dan tetap sebagaiaplikasi free software. Akan tetapi, software Vuze telah ditambahkan di dalamversi terbaru sebagai proprietary dan pengguna diharuskan menerima banyaksyarat lisensi terbatas untuk memasang versi BitTorrent client yang ada.

Page 2: Software Open Source (Tahun 2011)

SEJARAH RILIS AZUREUSAzureus

Azureus pertama kali dirilis pada Juni 2003 di SourceForge.net. KatakDendrobates Azureus dipilih sebagai logo dan dinamai oleh Tyler Pitchford.Pilihan ini karena nama latin dari katak anak panah beracun dipakai sebagainama kode untuk proyek pengembangannya.

VuzePada 2006, Vuze dirilis sebagai usaha untuk mengubah client menjadi

“social” client dengan kelompok asli pengembang bekas Azureus Inc., segeradinamai Vuze, Inc. Sebuah Vuze versi gratis Azureus dirilis bersamaan denganVuze selama periode Beta. Rilis ini memakai nomer versi 3.0, ketuka Vuze versigratis dilanjutkan dengan nomer rilis 2.5. Reaksi pertama pada perubahanmenemui kebingungan, karena ini. Sebagai tambahan, beberapa pengembangmenyuarakan penentangan pada usaha mengubah klien seluruhnya. Dimulaidengan versi yang tidak diketahui, Vuze telah bergandengan dengan Azureus.Segera setelahnya, versi modifikasi “NoVuze” dirilis di Pirate Bay dengan versi3.1.1.0. Pada 16 Juni 2008, para pengembang Azureus/Vuze memutuskan untukmenghentikan rilis versi yang dinamai Azureus, dan mengubah keseluruhannama ketika rilis versi 3.1. Client engine, tetap tidak diganti sebagai Azureus.

Gambar 2: Tampilan Vuze

Page 3: Software Open Source (Tahun 2011)

PERUBAHAN LISENSI

Sampai versi 2.5.0.4, Azureus didistribusikan dibawah lisensi GNUGeneral Public License (GPL); dimulai dengan distribusi versi 3, lisensidiperlihatkan di atas instalasi. Ketika tetap menyatakan bahwa “AzureusApplication” tersedia dibawah GPL, menyelesaikan instalasi membutuhkanpengguna untuk menyetujui pernyataan “Vuze Platform”, yang menyertakanpembatasan pemakaian, reverse engineering dan sublisensi. Memiliki banyakkesamaan lisensi, lisensi Azureus menyertakan larangan pemakaian software dibawah umur 18 tahun. Diduga, TOS hanya menerima website, vuze.com danbukan software, tetapi sebenarnya TOS menyertakan aplikasi sebagai pagiandari platform.