OPERATION SYSTEM OPEN SOURCE

of 12 /12
OPERATION SYSTEM OPEN SOURCE

description

OPERATION SYSTEM OPEN SOURCE. Operation system. Sistem operasi (bahasa Inggris: operating system ; OS) adalah seperangkat program yang mengelola sumber daya perangkat keras komputer, dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak. Os open sourch. - PowerPoint PPT Presentation

Transcript of OPERATION SYSTEM OPEN SOURCE

Page 1: OPERATION SYSTEM OPEN SOURCE

OPERATION SYSTEM OPEN SOURCE

Page 2: OPERATION SYSTEM OPEN SOURCE

OPERATION SYSTEM

Sistem operasi (bahasa Inggris: operating system ; OS) adalah seperangkat program yang mengelola sumber daya perangkat keras komputer, dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak.

Page 3: OPERATION SYSTEM OPEN SOURCE

OS OPEN SOURCHOpen Source merupakan gabungan dari kata Open yang berarti

terbuka, dan Source yang berarti Kode/Sumber. Jadi, Open Source merupakan suatu istilah untuk perangkat lunak yang memberikan

kebebasan kode programnya untuk dilihat, diketahui sistem kerjanya, dan dimodifikasi oleh orang lain.

Sistem operasi yang termasuk open source :

linux

Unix

Page 4: OPERATION SYSTEM OPEN SOURCE

SISTEM OPERASI OPEN SOURCE (LINUX)

Pada tahun 1991, seorang mahasiswa S2 di filandia mulai mengembangkan suatu sistem operasi yang disebut linux. Dalam

pengembangan linus torvald Ia melempar kode program dari linux ke komunitas terbuka untuk dikembangkan bersama-sama. Semenjak itu komunitas linux jadi semakin berkembang yang kemudian melahirkan distribusi-distribusi linux yang berbeda tetapi memiliki pondasi yang

sama yaitu Kornel linux dan librari GNU glibc. Seiring dengan semakin stabilnya rilis dari distribusi linux, semakin meningkat juga kebutuhan

untuk mendefinisikan jenis peranti lunak ini.

Page 5: OPERATION SYSTEM OPEN SOURCE

Linux adalah suatu program yang pertumbuhannya paling cepat, dan bersifat multitasking, multi user, yang dapat berjalan di berbagai platform prosesor.

Keunggulan :

- tahan virus

- sistem operasinya bebas

- mudah digunakan

- multi pengguna dan multi tugas

kekurangan :

- tidak ada tampilan grafis

- beberapa hardware sulit menyediakan driver untuk linux

Page 6: OPERATION SYSTEM OPEN SOURCE

DAFTAR DISTRIBUTOR LINUX TERKEMUKA

1. RedHat Linux, distributor paling populer di AS dan salah satu yang paling mudah digunakan.

2. Suse Linux, distribusi Linux paling populer di Eropa yang juga menyediakan perangkat instalasi dan panduan berbahasa Indonesia.

3. Slackware Linux, merupakan distribusi yang pernah merajai di dunia Linux. Hampir semua dokumentasi Linux disusun berdasarkan Slackware. Dua hal penting dari Slackware adalah bahwa semua isinya (kernel, library ataupun aplikasinya) adalah yang sudah teruji. Sehingga mungkin agak tua tapi yang pasti stabil.

4. Debian, distribusi yang mengutamakan kestabilan dan kehandalan, meskipun mengorbankan aspek kemudahan dan kemutakhiran program. Debian menggunakan .deb dalam paket instalasi programnya.

5. Ubuntu merupakan sistem operasi turunan dari debian dan berbasis linux sehingga bersifat open source.

 

Page 7: OPERATION SYSTEM OPEN SOURCE

MACAM-MACAM OS OPEN SOURCHLinux Ubuntu

Linux Mint

BlankOn Linux

Garuda OS

Page 8: OPERATION SYSTEM OPEN SOURCE

LINUX UBUNTU Ubuntu (/ʊˈbʊntuː/) merupakan salah satu distribusi Linux yang berbasiskan Debian dan didistribusikan sebagai perangkat lunak bebas. Nama Ubuntu berasal dari filosofi dari Afrika Selatan yang berarti "kemanusiaan kepada sesama". Ubuntu dirancang untuk kepentingan penggunaan pribadi, namun versi server Ubuntu juga tersedia, dan telah dipakai secara luas.

Page 9: OPERATION SYSTEM OPEN SOURCE

LINUX MINT

Linux Mint adalah sistem operasi berbasis Linux untuk PC. Inti dari LinuxMint adalah Ubuntu, sehingga aplikasi yang dapat berjalan di Ubuntu, juga bisa berjalan pada LinuxMint. Walaupun inti dari LinuxMint adalah Ubuntu, LinuxMint hadir dengan tampilan yang berbeda dengan Ubuntu.

Page 10: OPERATION SYSTEM OPEN SOURCE

BLANKON LINUXBlankOn Linux adalah sebuah distribusi Linux berbasis Debian yang dikembangkan oleh tim pengembang BlankOn Indonesia dengan dukungan dari Yayasan Penggerak Linux Indonesia (YPLI).

Tujuan pengembangan distro Linux BlankOn adalah menghasilkan distro Linux yang sesuai dengan kebutuhan pengguna komputer umum di Indonesia, khususnya untuk dunia pendidikan, perkantoran, dan pemerintahan.

Page 11: OPERATION SYSTEM OPEN SOURCE

GARUDA OSGARUDA adalah sistem operasi (OS) legal berbasis sistem terbuka (Open Source) kreasi dari pengembang lokal. GARUDA menggunakan desktop modern yang menawan dan sangat mudah dipergunakan, bahkan oleh para pengguna yang sudah terbiasa dengan Windows.

Page 12: OPERATION SYSTEM OPEN SOURCE