SOAL UAS Prinsip Stratigrafi 2009-2010

2
SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER FAKULTAS TEKNOLOGI MINERAL JURUSAN TEKNIK GEOFISIKA Mata Uji : PRINSIP STRATIGRAFI Dosen : Ir. Mahap Maha, MT Hari/Tanggal : Jum’at/ 5 Juni 2009 Waktu : 70 Menit Sifat : Buku Tertutup Keterangan : Bila perlu, setiap jawaban disertai dengan gambar/sketsa I. Hasil pemetaan di suatu daerah, dijumpai 2 (dua) satuan batuan, yakni satuan batuan beku dan satuan batupasir (satuan batupasir terbentuk di lingkungan marin/laut dengan kedalaman 100 m). Hasil penelitian menunjukan bahwa kedua satuan batuan tersebut mempunyai hubungan stratigrafi tipe “ Hetrolitic Unconformity”. 1) Sebutkan data laboratorium yang dapat menunjang hubungan stratigrafi kedua satuan battuan tersebut. 2) A. Sebutkan data lapangan yang dapat menunjang tipe hubungan stratigrafi kedua satuan batuan tersebut. B. Jelaskan secara singkat, urutan sejarah pembentukan hubungan stratigrafi tersebut di atas (harus disertai sketsa/gambar). II. 1. A. Menurut saudara apa tujuan dilakukannya pembagian Satuan Litodemik? B. Apa yang dimaksud dengan Satuan Litodemik? 2. Jelaskan secara singkat kalau perlu disetai dengan gambar/sketsa, perbedaan antara Satuan Litodemik dan Satuan Litostratigrafi.

Transcript of SOAL UAS Prinsip Stratigrafi 2009-2010

Page 1: SOAL UAS Prinsip Stratigrafi 2009-2010

SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER

FAKULTAS TEKNOLOGI MINERAL

JURUSAN TEKNIK GEOFISIKA

Mata Uji : PRINSIP STRATIGRAFI

Dosen : Ir. Mahap Maha, MT

Hari/Tanggal : Jum’at/ 5 Juni 2009

Waktu : 70 Menit

Sifat : Buku Tertutup

Keterangan : Bila perlu, setiap jawaban disertai dengan gambar/sketsa

I. Hasil pemetaan di suatu daerah, dijumpai 2 (dua) satuan batuan, yakni satuan batuan beku dan satuan batupasir (satuan batupasir terbentuk di lingkungan marin/laut dengan kedalaman 100 m). Hasil penelitian menunjukan bahwa kedua satuan batuan tersebut mempunyai hubungan stratigrafi tipe “ Hetrolitic Unconformity”.1) Sebutkan data laboratorium yang dapat menunjang hubungan stratigrafi kedua satuan

battuan tersebut.2) A. Sebutkan data lapangan yang dapat menunjang tipe hubungan stratigrafi kedua

satuan batuan tersebut.B. Jelaskan secara singkat, urutan sejarah pembentukan hubungan stratigrafi tersebut di atas (harus disertai sketsa/gambar).

II. 1. A. Menurut saudara apa tujuan dilakukannya pembagian Satuan Litodemik?B. Apa yang dimaksud dengan Satuan Litodemik?

2. Jelaskan secara singkat kalau perlu disetai dengan gambar/sketsa, perbedaan antara Satuan Litodemik dan Satuan Litostratigrafi.

III. 1. Jelaskan, apa tujuan dilakukannya Pengukuran Penampang Stratigrafi (MS) pada suatu daerah.2. Pada pelaksanaan “MS” di suatu daerah yang datar dan rata (β = 0o), diperoleh data

pengukuran sebagai berikut :- jarak dari patok 1 ke patok 2 = 32 meter- Azimuth (arah lintasa) = N 232o E- kedudukan lapisan batuan pada patok 1 = N 136o E / 23o - kedudukan lapisan batuan pada patok 2 = N 148o E / 37o Berapa ketebalan batuan antara patok 1 dan patok 2? (jawaban dinilai lebih lengkap kalau disertai dengan gambar/sketsa)

Page 2: SOAL UAS Prinsip Stratigrafi 2009-2010

IV. 1. Peta geologi dapt dibuat berdasarkan data yang di plot pada Peta Lintasan dan Lokasi Pengamatan. Sebutkan data apa saja yang di plot pada Peta Lintasan san Lokasi Pengamatan, yang dapat diguanakan sebagai dasar pembuatan Peta Geologi. (Jawaban harus disetai gambar/sketsa)2. Apakah data Peta Geologi dan Penampang Geologi penging untuk eksplorasi Minyak dan Gas Bumi ? (Jawaban harus disetai gambar/sketsa)

======================SELAMAT MENGERJAKAN======================

Kodok Laode