Silabus TAK Genap 2011 2012

8
Program S1 FEUI Silabus TAK Genap 2011-2012 Hal 1 dari 8 UNIVERSITAS INDONESIA FAKULTAS EKONOMI SILABUS TEORI AKUNTANSI KEUANGAN ACCT 11401 SEMESTER GENAP TAHUN 2011-2012 1. Tim Pengajar Kelas Nama Dosen Email A Sylvia Veronica / Viska Anggraita - A [email protected] / [email protected] B Nurul Husnah - B [email protected] / C Ratna Wardhani - C [email protected] D Hilda Rosietta / Elvia Rosantina - D [email protected] / [email protected] E Yan Rahardian / Chaerul D Djakman - E [email protected] / [email protected] F Purwatiningsih - F [email protected] G Eliza Fatimah / Fitriany- G [email protected] / [email protected] 2. Deskripsi Mata Ajaran Mata ajaran ini membahas kerangka acuan (frame of reference) yang mempengaruhi, menjelaskan dan mendasari praktik akuntansi keuangan. Berbagai kerangka acuan tersebut tidak harus konsisten antara satu sama lain dan bahkan dapat memberikan kesimpulan yang berbeda. Materi ajaran meliputi: pengantar dan pendekatan terhadap perumusan teori akuntansi, perkembangan teori akuntansi, dan penentuan kebijakan akuntansi. Jenis : Wajib SKS :3 Mata ajar prasyarat : Akuntansi Keuangan Lanjutan (ACCT 11301) 3. Tujuan Mata Ajaran 3.1. Tujuan mata ajaran yang berkaitan dengan peningkatan kemampuan kognitif adalah: 1. Mahasiswa mampu menganalisis bagaimana laporan keuangan mencerminkan berbagai fenomena ekonomis di suatu perusahaan berdasarkan berbagai kerangka acuan. 2. Mahasiswa mampu mengevaluasi perlakuan dan praktek akuntansi atas suatu fenomena di masa kini dan masa depan. 3. Mahasiswa mempunyai bekal teoritis bagi pengembangan praktek-praktek dan prosedur akuntansi yang baru yang belum muncul saat ini.

description

Silabus TAK Genap 2011 2012

Transcript of Silabus TAK Genap 2011 2012

Page 1: Silabus TAK Genap 2011 2012

Program S1 FEUI Silabus TAK Genap 2011-2012

Hal 1 dari 8

UNIVERSITAS INDONESIAFAKULTAS EKONOMI

SILABUSTEORI AKUNTANSI KEUANGAN

ACCT 11401SEMESTER GENAP TAHUN 2011-2012

1. Tim Pengajar

Kelas Nama Dosen Email

A Sylvia Veronica /Viska Anggraita - A

[email protected] /[email protected]

BNurul Husnah - B

[email protected] /

C Ratna Wardhani - C [email protected]

D Hilda Rosietta / Elvia Rosantina- D

[email protected] /[email protected]

E Yan Rahardian /Chaerul D Djakman - E

[email protected] /[email protected]

F Purwatiningsih - F [email protected]

G Eliza Fatimah / Fitriany- G [email protected] / [email protected]

2. Deskripsi Mata Ajaran

Mata ajaran ini membahas kerangka acuan (frame of reference) yang mempengaruhi, menjelaskandan mendasari praktik akuntansi keuangan. Berbagai kerangka acuan tersebut tidak haruskonsisten antara satu sama lain dan bahkan dapat memberikan kesimpulan yang berbeda. Materiajaran meliputi: pengantar dan pendekatan terhadap perumusan teori akuntansi, perkembanganteori akuntansi, dan penentuan kebijakan akuntansi.Jenis : WajibSKS : 3Mata ajar prasyarat : Akuntansi Keuangan Lanjutan (ACCT 11301)

3. Tujuan Mata Ajaran3.1. Tujuan mata ajaran yang berkaitan dengan peningkatan kemampuan kognitif

adalah:1. Mahasiswa mampu menganalisis bagaimana laporan keuangan mencerminkan berbagai

fenomena ekonomis di suatu perusahaan berdasarkan berbagai kerangka acuan.2. Mahasiswa mampu mengevaluasi perlakuan dan praktek akuntansi atas suatu fenomena

di masa kini dan masa depan.3. Mahasiswa mempunyai bekal teoritis bagi pengembangan praktek-praktek dan prosedur

akuntansi yang baru yang belum muncul saat ini.

Page 2: Silabus TAK Genap 2011 2012

Program S1 FEUI Silabus TAK Genap 2011-2012

Hal 2 dari 8

3.2. Tujuan yang berkaitan dengan pengembangan kepribadian (soft-skill) adalah:1. Pengembangan ketrampilan analitikal2. Pengembangan ketrampilan menulis3. Pengembangan ketrampilan presentasi4. Pengembangan ketrampilan kerjasama kelompok5. Pengembangan ketrampilan diskusi

4. Bahan Bacaan1. Godfrey, Jayne, Allan Hodgson, Ann Tarca, Jane Hamilton, and Scott Holmes. Accounting

Theory, 7th Ed. John Wiley & Sons, Inc. 2010. (GOD)2. Scott, William R. Financial Accounting Theory, 6th Ed. Pearson Prentice Hall, 2012. (WRS)3. Schroeder, Clark, and Cathey. Financial Accounting Theory and Analysis, 9th Edition. John

Wiley & Sons, Inc. 2009. (SCC)4. Paik, Gyung. “The Value Relevance of Fixed Asset Revaluation Reserves in International

Accounting.” International Management Review, 2009. (Paik, 2009)5. McCarthy, Mark G., and Douglas K. Schneider. “Classification of Financial Instruments with

Characteristics of Both Debt and Equity: Evidence Concerning Convertible RedeemablePreferred Stock.” Academy of Accounting and Financial Studies Journal, 2001. (McCarthyand Schneider, 2001)

6. Mintz, Stephen M. “Proposed Changes in Revenue Recognition under U.S. GAAP and IFRS.”The CPA Journal, 2009. (Mintz, 2009)

7. Martin, Jim. “Accounting for Expenses.” The CPA Journal, 2009. (Martin, 2009)8. Caylor, Marcus L. “Strategic Revenue Recognition to Achieve Earnings Benchmark.” Journal

of Accounting & Public Policy, 2010. (Caylor, 2010)9. Ikatan Akuntan Indonesia, Standar Akuntansi Keuangan, Jakarta: Salemba Empat, 2009

(PSAK)10. Selain bahan bacaan tersebut, mahasiswa diharapkan aktif untuk mencari bahan bacaan

lainnya yang relevan dengan topik pembahasan.

5. Metode PengajaranMetode pengajaran yang digunakan dalam mata ajaran Teori Akuntansi Keuangan (TAK) inimengacu pada pembelajaran berorientasi peserta didik (mahasiswa) atau disebut sebagai StudentCentered Learning (SCL). Oleh sebab itu partisipasi aktif dari mahasiswa sangatlah penting.Mahasiswa diharapkan secara aktif dan mandiri membangun self-knowledge, sementara peranutama staf pengajar adalah sebagai fasilitator. Metode pembelajaran yang akan digunakan dalammata ajaran TAK ini adalah perkuliahan aktif (active lecturing) dan pembelajaran kolaboratif(collaborative learning).

Pemilihan metode pembelajaran didasarkan pada kesesuaian metode pembelajaran dengankarakteristik materi yang dibahas agar tujuan instruksional khusus dapat dicapai dengan optimal.Untuk materi yang memiliki sub-bahasan yang banyak dan memerlukan pemahaman yangmendalam maka metode pembelajaran yang digunakan adalah pembelajaran kolaboratif. Metodeini memungkinkan mahasiswa memfokuskan penguasaan pada materi tertentu dan kemudianberbagi dan memperoleh pemahaman materi lain dari rekannya. Sementara untuk materi yang sub-bahasannya tidak terlalu banyak digunakan pendekatan perkuliahan, namun perkuliahan yang

Page 3: Silabus TAK Genap 2011 2012

Program S1 FEUI Silabus TAK Genap 2011-2012

Hal 3 dari 8

bersifat aktif (didahului dengan presentasi dari mahasiswa). Pelaksanaan masing-masing metodeakan dijelaskan pada bagian jadual pengajaran .

6. Evaluasi Hasil Pembelajaran (EHP)

Nilai akhir mahasiswa direncanakan diberikan dengan bobot sebagai berikut:No. Nama Instrumen EHP Deskripsi Bobot

1. Makalah Kelompok Mahasiswa akan diberikan tugas kelompok untukmenyusun makalah ringkas untuk pertemuan ke 2hingga 13.

10%

2. Presentasi Setiap kelompok akan mendapatkan giliranpresentasi untuk pertemuan 2-13. Untuk kuliahActive Lecturing dengan Presentasi akan disajikanoleh 1 kelompok, sedangkan untuk kuliah denganCL akan disajikan oleh 2 kelompok.

10%

3. Partisipasi Nilai partisipasi diperoleh dari 2 (dua) sumber,yaitu penilaian oleh dosen/fasilitator dan penilaianoleh mahasiswa lain (peer review). Nilaipartisipasi mencakup: Partisipasi dalam diskusi kelompok (CL) Partisipasi dalam diskusi paripurna (CL) Partisipasi dalam setiap pertemuan (AL)

10%

4. Kuis Kuis diadakan 2 kali, yaitu pada pertemuan 4 danpertemuan 13. Materi kuis mencakup materi daripertemuan-pertemuan sebelumnya.

10%

5. Ujian Tengah Semester (UTS) Materi UTS mencakup materi pertemuan 1 – 7.Soal ujian berbentuk isian (essay) dan bersifatkonseptual.

30%

6. Ujian Akhir Semeseter (UAS) Materi UAS mencakup materi pertemuan 8 – 14.Soal ujian berbentuk isian (essay) dan bersifatkonseptual.

30%

7. Kebijakan Umum

Kode etik mahasiswa yang mencakup kejujuran akademik adalah hal yang sangat penting, tidakhanya bagi kredibilitas dan harga diri mahasiswa itu sendiri, namun juga mencerminkan nilai danstandar yang dianut oleh FEUI secara keseluruhan. Mahasiswa didorong untuk bekerja samadalam proses pembelajaran, namun pengerjaan tugas-tugas tetap harus dilakukan secara jujur,mandiri, bukan menyalin pekerjaan orang lain dan kemudian diakui sebagai karyanya.

7.1. KehadiranSesuai dengan aturan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, ketidakhadiran tanpa keteranganmaksimum 20%. Bagi mereka yang tingkat ketidakhadiran lebih dari 20% tidak diperbolehkanmengikuti ujian akhir. Kehadiran akan diperhitungkan dalam evaluasi hasil pembelajaran sebagaibagian dari Partisipasi/Diskusi.

Page 4: Silabus TAK Genap 2011 2012

Program S1 FEUI Silabus TAK Genap 2011-2012

Hal 4 dari 8

7.2. PersiapanMahasiswa diasumsikan TELAH MEMBACA bahan ajar sebelum perkuliahan dimulai. Mahasiswaharus menunjukkan motivasi dan komitmen yang sungguh-sungguh untuk belajar secara mandiri.Pusat pembelajaran adalah diri mahasiswa sendiri, bukan dosen. Dosen berperan sebagaifasilitator dan nara sumber proses belajar.

7.3. Fotokopi BukuSesuai dengan Kode Etik di lingkungan FEUI yang menghormati hak atas kekayaan intelektual(HAKI), mahasiswa diharuskan membawa buku teks asli ke kelas; bukan fotokopi. Buku teks tidakharus edisi terbaru sesuai silabus, selama bisa menunjang pembelajaran. Mahasiswa yang tidakmemiliki buku asli, dapat meminjam dari mahasiswa senior atau Perpustakaan FEUI.

7.4. Pedoman PenulisanMakalah penulisan menggunakan standar huruf Times New Roman, font 12, spasi 1,5, kertas A4.

7.5. PlagiarismePlagiarisme adalah mengutip hasil karya orang lain (meliputi namun tidak terbatas pada kata-kata/data/ide/tabel/diagram), baik sebagian atau seluruhnya, tanpa menyebutkan sumbernya, ataumenyajikan ulang hasil karya orang lain seakan-akan karya si penyaji.

Plagiarisme termasuk juga menyalin sebagian atau seluruh pekerjaan mahasiswa lain ataumenyalin dari buku, jurnal, Web, majalah, koran, dan lain-lain.

Plagiarisme juga mencakup oto-plagiarisme yaitu memasukkan kata-kata/kalimat/ ide sendiri yangberasal dari tugas/makalah yang telah dikumpulkan untuk penilaian lainnya tanpa menyebutkansumbernya.

Sanksi atas Plagiarisme Satu kali, makalah diberi nilai nol atau maksimum E Dua kali, mata ajaran terkait diberi nilai E Tiga kali, dikeluarkan dari Departemen Akuntansi FEUI Nama dan pas foto diumumkan di Papan Pengumuman setiap kali melakukan plagiarisme

Panduan untuk Mencegah PlagiarismePanduan untuk mencegah plagiarisme dapat diakses di situs FEUI. Bagi mahasiswa yang belumjelas, dapat menghubungi Departemen Akuntansi FEUI.

Statement of AuthorshipBagi mahasiswa yang mendapatkan tugas membuat makalah/paper, harus menyertakan Statamentof Authorship (terlampir) di halaman depan makalah/ papernya.

Statement of Authorship

“Saya/kami yang bertandatangan dibawah ini menyatakan bahwa makalah/tugas terlampir adalahmurni hasil pekerjaan saya/kami sendiri. Tidak ada pekerjaan orang lain yang saya/kami gunakantanpa menyebutkan sumbernya.Materi ini tidak/belum pernah disajikan/digunakan sebagai bahan untuk makalah/tugas pada mataajaran lain kecuali saya/kami menyatakan dengan jelas bahwa saya/kami menyatakan dengan jelasmenggunakannya.

Page 5: Silabus TAK Genap 2011 2012

Program S1 FEUI Silabus TAK Genap 2011-2012

Hal 5 dari 8

Saya/kami memahami bahwa tugas yang saya/kami kumpulkan ini dapat diperbanyak dan ataudikomunikasikan untuk tujuan mendeteksi adanya plagiarisme.”

Nama :NPM :Tandatangan :Mata Ajaran :Judul Makalah/Tugas :Tanggal :Dosen :(Dibuat oleh seluruh anggota kelompok)

Page 6: Silabus TAK Genap 2011 2012

Program S1 FEUI Silabus TAK Genap 2011-2012

Hal 6 dari 8

8. Jadual Pengajaran

Jadual pengajaran di bawah ini disusun dengan asumsi jumlah pertemuan tatap muka dalam satu semester adalah 14 (empat belas) pertemuan, yangterdiri dari 7 (tujuh) pertemuan sebelum ujian tengah semester dan 7 (tujuh) pertemuan setelah ujian tengah semester.

Pertemuan Topik Sub-Topik Metode Bahan Bacaan

1 Introduction Accounting Theory Construction

Overview of Accounting Theory Pragmatic Theories Syntactic and Semantic Theories Normative Theories Positive Theories Other Perspectives and Issues

Perkuliahan Aktif atau ActiveLecturing (AL)

GOD Bab 1 GOD Bab 2 SCC Bab 1

2 Applying Theory to AccountingRegulation

The Theories of Regulation Relevant toAccounting and Auditing

How the Theories of Regulation Apply toAccounting and Auditing Practice

The Regulatory Framework for FinancialReporting

The Institutional Structure for Setting Accountingand Auditing Standards

Perkuliahan Aktif atau ActiveLecturing (AL) denganPresentasi

GOD Bab 3 WRS Bab 13 (Sub

Bab 13.2) SCC Bab 4

3 A Conceptual Framework The Role of Conceptual Framework Objectives of Conceptual Frameworks Developing a Conceptual Framework A Critique of Conceptual Framework Projects Conceptual Framework for Auditing Standards

Perkuliahan Aktif atau ActiveLecturing (AL) denganPresentasi

GOD Bab 4 PSAK – KDP2LK SCC Bab 2

4 Measurement Theory Importance of Measurement Scales Permissible Operations of Scales Types of Measurement Reliability and Accuracy Measurement in Accounting Measurement Issues for Auditors

Perkuliahan Aktif atau ActiveLecturing (AL) denganPresentasi

GOD Bab 5

5 Accounting Measurement Systems Income and Capital Measurement System Historical Cost Accounting

Perkuliahan Aktif atau ActiveLecturing (AL) dengan

GOD Bab 6 SCC Bab 5

Page 7: Silabus TAK Genap 2011 2012

Program S1 FEUI Silabus TAK Genap 2011-2012

Hal 7 dari 8

Pertemuan Topik Sub-Topik Metode Bahan Bacaan

Current Cost Accounting Financial Capital versus Physical Capital Exit Price Accounting Value in Use versus Value in Exchange A Global Perspective and IFRS Issues for Auditors

Presentasi

6 & 7 Assets

Liabilities and Owner’s Equity

Asset Defined Asset Recognition Asset Measurement Challenges for Standard Setters Issues for Auditors

Proprietary and Entity Theory Liabilities Defined Liability Measurement Challenges for Standard Setters

Perkuliahan Kolaboratif atauCollaborative Learning (CL)

GOD Bab 7 GOD Bab 8 PSAK 16 (revisi 2011) PSAK 19 (revisi 2010) PSAK 50 (revisi 2010)

dan PSAK 55 (revisi2011), kecualiDerivatif

Paik (2009) McCarthy and

Schneider (2001)

8 & 9 Revenue

Expenses

Revenue Defined Revenue Recognition Revenue Measurement Challenges for Standard Setters Issues for Auditors

Expenses Defined Expenses Recognition Expenses Measurement Challenges for Standard Setters

Perkuliahan Kolaboratif atauCollaborative Learning (CL)

GOD Bab 9 GOD Bab 10 PSAK 23 (revisi 2010) PSAK 34 (revisi 2010) Mintz (2009) Martin (2009) Caylor (2010)

10 Positive Theory of AccountingPolicy and Disclosure

Contracting Theory Agency Theory Agency Problems Signaling Theory Political Process Agency Cost Empirical Test of Theory and Evaluating the

Theory Issues for Auditors

Perkuliahan Aktif atau ActiveLecturing (AL) denganPresentasi

GOD Bab 11 WRS Bab 9

Page 8: Silabus TAK Genap 2011 2012

Program S1 FEUI Silabus TAK Genap 2011-2012

Hal 8 dari 8

Pertemuan Topik Sub-Topik Metode Bahan Bacaan

11 Capital Market Research Philosophy of Positive Accounting Theory Strenght of Positive Theory Scope of Positive Accounting Theory Capital Market Research and the Efficient Market

Hypothesis Impact of Accounting Profits Announcements on

Share Prices Trading Strategies Issues for Auditors

Perkuliahan Aktif atau ActiveLecturing (AL) denganPresentasi

GOD Bab 12 WRS Bab 4 dan Bab

8 (Sub Bab 8.2) SCC Bab 4

12 Behavioural Research inAccounting (BAR)

Definition and Scope Why is BAR Important? Representativeness: the Evidence Accounting and Behaviour Limitation of BAR Issues for Auditors

Perkuliahan Aktif atau ActiveLecturing (AL) denganPresentasi

GOD Bab 13

13 Standard Setting Standard Setting: Economics Issues Standard Setting: Political Issues

Perkuliahan Aktif atau ActiveLecturing (AL) denganPresentasi

WRS Bab 12 dan 13(kecuali sub bab13.2)

14 Emerging Issues in Accountingand Auditing

Factors Influencing Accounting and AuditingResearch, Regulation and Practice

Application of Fair Falue Accounting duringGlobal Financial Cricis

Future International Acoounting Standard SettingArrangements

Sustainabiity Accounting, Reporting andAssurance

Other Non Financial Accounting and ReportingIssues

Perkuliahan Aktif atau ActiveLecturing (AL)

GOD Bab 14 SCC Bab 17