RPS Statistika S2 PKJ Kelas a 2014

7
RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS) PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI MALANG S2 PKj - KELAS A TAHUN 2014 Matakuliah : STATISTIKA Sandi MK : MKU501 SKS/Js : 2/2 Offering : Reguler A Prodi : S2 Pendidikan Kejuruan Pascasarjana UM Hari/Jam/Ruang : Kelas A : Senin Jam ke 5-6 Ruang H2.206 Pengampu : Dr. Eddy Sutadji, M.Pd A. Deskripsi Matakuliah Perkuliahan ini membahas konsep dasar tentang statistik dengan aplikasi dan interpretasi, mencakup konsep-konsep statistika, pemilihan analisis statistika untuk masalah penelitian, statistik deskriptif dan statistik inferensial meliputi korelasi, penentuan populasi dan sampel, pengujian hipotesis, uji-t, chi square, regresi, dan ANOVA, serta analisis data menggunakan software komputer (minimal SPSS). B. Standar Kompetensi Menguasai konsep dan praksis statistika dalam (1) mengumpulkan data (teknik pengambilan sampel), (2) mengorganisasikan data (eksplorasi data), (3) memahami data (menjelaskan informasi yang ada dalam data), (4) memilih teknik analisis data, dan (5) menentukan keputusan secara statistika (pengambilan keputusan secara sistematis berdasarkan informasi yang diperoleh dari data) untuk keperluan analisis penelitian (riset). C. Tujuan Pembelajaran Setelah mengikuti kuliah mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan dalam remembering (C1), understanding (C2), applying (C3), analysing (C4), evaluating (C5), dan creating (C6) tentang 1

description

rps

Transcript of RPS Statistika S2 PKJ Kelas a 2014

Page 1: RPS Statistika S2 PKJ Kelas a 2014

RENCANA PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)PASCASARJANA UNIVERSITAS NEGERI MALANG

S2 PKj - KELAS A TAHUN 2014

Matakuliah : STATISTIKASandi MK : MKU501SKS/Js : 2/2Offering : Reguler AProdi : S2 Pendidikan Kejuruan Pascasarjana UMHari/Jam/Ruang : Kelas A : Senin Jam ke 5-6 Ruang H2.206Pengampu : Dr. Eddy Sutadji, M.Pd

A. Deskripsi Matakuliah

Perkuliahan ini membahas konsep  dasar tentang statistik dengan aplikasi dan interpretasi, mencakup konsep-konsep statistika, pemilihan analisis statistika untuk masalah penelitian, statistik deskriptif dan statistik inferensial meliputi korelasi, penentuan populasi dan sampel, pengujian hipotesis, uji-t, chi square, regresi, dan ANOVA, serta analisis data menggunakan software komputer (minimal SPSS).

B. Standar KompetensiMenguasai konsep dan praksis statistika dalam (1) mengumpulkan data

(teknik pengambilan sampel), (2) mengorganisasikan data (eksplorasi data), (3) memahami data (menjelaskan informasi yang ada dalam data), (4) memilih teknik analisis data, dan (5) menentukan keputusan secara statistika (pengambilan keputusan secara sistematis berdasarkan informasi yang diperoleh dari data) untuk keperluan analisis penelitian (riset).

C. Tujuan PembelajaranSetelah mengikuti kuliah mahasiswa diharapkan memiliki kemampuan dalam

remembering (C1), understanding (C2), applying (C3), analysing (C4), evaluating (C5), dan creating (C6) tentang konsep dan praksis statistika untuk keperluan analisis penelitian.

D. Strategi PerkuliahanPelaksanaan kuliah menggunakan pendekatan ekspositori dan inkuiri

dalam bentuk ceramah, tanya jawab, dan diskusi yang dilengkapi dengan penggunaan LCD dan IT yaitu penyelesaian tugas terstruktur, review buku, review jurnal, review laporan penelitian, observasi dan pengumpulan data (data simulasi), diskusi, pemecahan masalah, dan penyusunan desain analisis data penelitian.

1

Page 2: RPS Statistika S2 PKJ Kelas a 2014

Penjelasan: Pendekatan ekspositori paparan konsep, prinsip, dan prosedur. Pendekatan inkuiri resensi dan analisis kritis berbagai kasus

aplikasi dan interpretasi analisis statistik.

Sajian Materi Perkuliahan

Pertemuanke:

Hari & Tanggal

Materi Pokok(Topik)

Keterangan(Strategi, Media,

Bahan)I. Senin, 2 Sept Orientasi perkuliahan

(course outline, strategi perkuliahan, assignment)

Diskusi Elaborasi

II. Senin, 9 Sept Paparan konsep statistika

Statistik deskriptif Statistik inferensial

Ceramah, diskusi, dan tanya jawab

Rujukan terpilih dan rujukan pendukung

III. Senin, 16 Sept 1. Koefisien korelasi (parametrik)

2. Koefisien korelasi (non parametrik)

Project based learning

Problem based learning

Presentasi dan Diskusi

Multi media Rujukan terpilih

IV. Senin, 23 Sept Populasi dan sampel (ukuran sampel dan teknik sampling)

Sda

V. Senin, 30 Sept Pengujian hipotesis SdaVI. Senin, 7 Okt Uji-t Sda

VII. Senin, 21 Okt Chi-square SdaVIII. Senin, 28 Okt UTS Bahan Pert. I sd VII

IX. Senin, 4 Nop. Regresi (linear & berganda)

Sda

X. Senin, 11 Nop Anova SdaXI. Senin, 18 Nop Presentasi analisis kritis

kasus aplikasi & intepretasi analisis statistik (Membaca dan menganalisis 1 Laporan Hasil Penelitian dan 1 Jurnal)

Sda

XII. Senin, 25 Nop Presentasi analisis kritis kasus aplikasi & intepretasi analisis statistik (Membaca dan menganalisis 1 Laporan Hasil Penelitian dan 1 Jurnal)

Sda

2

Page 3: RPS Statistika S2 PKJ Kelas a 2014

XIII. Senin, 26 Nop Presentasi hasil observasi di sekolah pra penelitian mahasiswa secara kelompok(Rancangan penelitian dianalisis statistik inferensial)

Sda

XIV. Senin, 2 Des Presentasi hasil observasi di sekolah pra penelitian mahasiswa secara kelompok(Rancangan penelitian dianalisis statistik inferensial)

Sda

XV. Senin, 9 Des Kapita Selekta Seluruh MateriXVI. Senin, 17 Des UAS Bahan Pert. IX sd XV

Keterangan:Kewajiban mahasiswa dalam kegiatan tatap muka, kegiatan terstruktur, dan

kegiatan mandiri terinci sebagai berikut:

Bagian I:1. Tugas Mandiri ke I, melakukan kajian topik 3 sampai 10 meliputi:

a. paparan konsep, jenis/macam, syarat, kegunaan, rumus dasar/utama, menyajikan contoh penerapan kasus (diusahakan kasus riil) dilengkapi dengan paparan hasil analisis (cara konvensional dan/atau komputer/spss).

b. mahasiswa sebagai penyaji (sesuai jadwal) wajib mempresentasikan topik perkuliahan dengan ppt (lengkap dengan contoh penerapan dengan menggunakan fasilitas hiperlink), menyajikan dalam bentuk panel (penyaji 2 orang mahasiswa).

c. ppt untuk sajian dibuat singkat, jelas, dan padat (menarik dan komunikatif) sekitar 10 sampai 15 slide.

2. Tugas Mandiri ke II, mahasiswa sebagai audience wajib membuat resensi (ringkasan materi bersumber dari minimal 1 buku teks dan 1 buku sumber pendukung lainnya) serta aktif dalam forum diskusi.(Catatan: resensi materi dibuat singkat, jelas, dan padat berdasarkan kajian teoretik dan empirik sekitar 2 sampai 3 halaman kertas A4 diketik 1,5 spasi atau dibuat dalam bentuk sajian ppt. Wajib menggunakan rujukan terpilih, menulis rujukan yang digunakan, dan tidak menggunakan blog.

3. Tugas Mandiri ke III, membuat proposal singkat yang berisi judul (rencana penelitian untu tesis), tujuan penelitian, hipotesis, rancangan penelitian, dan teknik analisis data.

4. Tugas Kelompok ke I (kelompok I, II, III, IV, V), melakukan analisis kritis kasus aplikasi dan intepretasi analisis statistik (Pertemuan XI dan XII).

3

Page 4: RPS Statistika S2 PKJ Kelas a 2014

5. Tugas Kelompok ke II (kelompok I, II, III, IV, V), melakukan observasi ke sekolah, mengumpulkan data penelitian untuk dianalisis secara statistik, dan disajikan dalam diskusi kelompok (Pertemuan XIII dan XIV).

6. Tugas Kelompok ke III, (kelompok I, II, III, IV, V), mengerjakan soal-soal latihan (Buku Spiegel).

7. Seluruh tugas dikumpulkan dalam bentuk hard dan soft file ke eddysutadji@ yahoo .com . Seluruh kumpulan file dikumpulkan dalam satu folder dikoordinasikan ketua kelas.

Bagian II:Mahasiswa wajib mengikuti kegiatan perkuliahan, berperan aktif dalam diskusi

serta mengikuti UTS dan UAS.

E. Penilaian & Assignment 1. Penilaian Proses dan Produk (bobot 60 %)

a. Partisipasi dan aktivitas dalam mengikuti perkuliahan. b. Aktivitas dan kegairahan dalam mencapai karya terbaik dalam Asesmen

Portofolio (Tugas Mandiri dan Tugas Kelompok) sesuai dengan assigment yg diberikan.

2. Penilaian dalam bentuk paper and pencil test (bobot 40 %) a. Ujian Tengah Semester (UTS).b. Ujian Akhir Semester (UAS).

F. Rujukan Terpilih

Hogg, R.V., & Tanis, E.A. 2001. Probability and Statistical Inference. New Jersey: Prentice Hall International, Inc.

Supranto, J. 2005. Anailsis Multivariat. Jakarta: Rineka Cipta.Santoso, S. 2010. SPSS versi 15: Mengolah Data Statistik dengan SPSS. Jakarta:

Media Komputindo.Spiegel, M.R and Larry J.S. 2008. Theory and Problems of Statistics. New York:

Schaum series, McGRAW-HILL.Singh, Y.K. 2006. Fundamental of Research Methodology and Statistics. New

Delhi: New Age International Limited Pub.

Malang, 1 September 2014Pengampu,

Dr. Eddy Sutadji, M.PdNIP. 19610313 198703 1 003

4

Page 5: RPS Statistika S2 PKJ Kelas a 2014

Daftar Nama Mahasiswa Kuliah StatistikaKelas Reguler A -Tahun 2014

No. Nama MahasiswaTempat Tugas dan

PT Asale-mail Hp

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

9.

10.

11.

12.

13.

14.

15.

5