Psikologi Ekologi Kelompok 1

Click here to load reader

  • date post

    21-Dec-2015
  • Category

    Documents

  • view

    222
  • download

    1

Embed Size (px)

description

Psikologi Ekologi

Transcript of Psikologi Ekologi Kelompok 1

Slide 1

PSIKOLOGI EKOLOGIDosen Pengampu:Neka Erlyani, M.Psi., PsikologKelompok 1

Januar ArmanM. Fadil RinaldyNuzula Alfina RahmawatiListana Yudit AuriaFeggy Estherlia ToewanYenny MarwindaTri MayyasyaLenciya Eddyta Rianda

GREEN CAREPUNGUT SATU. SELAMATKAN RIBUAN JIWAGreen Care yang berarti Peduli Lingkungan.Green Care + Green Environment = Paru-paru Bumi Sehat.Sebagian masyarakat dari kita kurang sadar akan kebersihan dan penghijauan, seperti buang sampah sembarangan (baik sampah organik maupun anorganik). Hal sedemikian itulah yang menyebabkan tumbuhnya penyakit, penyumbatan saluran air (sungai), dan memberikan kadar pH tinggi yang menyebabkan flora dan fauna mengandung racun dan racun itu yang melekat ditubuh kita.

Kalau Tidak dari Kita, Siapa lagi? Oleh sebab itu, kami menciptakan gerakan green care dan mengangkat tema yang berisi slogan Pungut Satu. Selamatkan Ribuan Jiwa. Agar kita bisa mendapatkan banyak manfaat dari lingkungan kita bersama dan lingkungan pun menjadi bersih, aman, nyaman, dan sehat. Bumi adalah tempat tinggal kita dan kita wajib menjaga dan memeliharanya. Maka dari itu, kami mengangkat dan menciptakan gerakan tersebut.VideoDisini kami mengaitkan dengan modifikasi perilaku yang merupakan salah satu teknik yang didasarkan pada pendapat bahwa perilaku terbentuk berdasarkan prinsip-prinsip operant-conditioning atau stimulus respon melalui modelling diperkuat oleh reinforcement baik positif maupun negatif. (Kazdin, 2001)Winslow (1920) seorang ahli kesehatan masyarakat, membuat definisisi tentang kesahatan masyarakat yakni : kesahatan masyarakat adalah ilmu dan seni mencegah penyakit, memperpanjang hidup, dan meningkatan kesehatan melalui usaha-usaha pengorganisasian masyarakatKelebihan memungut sampah dalam perspektif islamDalam hadist riwayat Imam al-Bukhari dari Abu Barzah al-Islami, ia berkata : Aku mengatakan kepada Rasulullah, Tunjukan kepadaku perbuatan yang dapat memasukkan aku kedalam surge. Beliau menjawab, buanglah sesuatu yang mengganggu tempat lewat manusia.Dari Abu Hurairah ra, Rasulullah SAW bersabda, orang yang melntasi jalan yang ada durinya, lalu ia berkata, aku singkirkan duri ini sehingga dtidak membahayakan orang muslim, maka ia akan di ampuni dosa-dosanya yang lalu.Alasan kenapa enggan untuk memungut sampah ??Malas Tidak peduliMalu Dampak membuang sampah semabarangan terhadap masyarakatMenjadi tempat yang cocok bagi bebrapa organisme seperti lalat dan anjing.Penyakit diare, kolera, tifus menyebar dengan cepat karena virus yang berasal dari sampah, begitu juga dengan DBD.Menyebabkan penyakit jamur (jamur kulit).

Adapun dampak terhadap sosial ekonomi adalah Pengelolaan sampah yang kurang baik dapat membentuk lingkungan yang kurang menyenangkan bagi masyarakat, menyebabkan bencana alam, alam yang menjadi tidak bersahabat, bau yang tidak sedap dan pemandangan yang buruk karena sampah bertebaran dimana-mana.

Memberikan dampak negative bagi kepariwisataan. Tindakan pengurangan sampahBawalah keranjang belanja yang dapat dipakai berulang kali.Upayakan daun sebagai pembungkus.Jangan masukan sampah kedalam got, sungai maupun laut.

Yang harus diubah ???Ubah pola pikirMengeluh tidak akan pernah merubah masalah, karena sampah kita tanggung jawab kita.Pisahkan antara sampah organic dan anorganik.Lebih baik lagi jika kita memanfaatkan sampah dengan cara mengolahnya. Dengan cara reuse, reduce, recycle, recover, repair, dan rethink.Mari kita dirikan gerakan pungut sampah.

Dampak Positif Bagi Bagi Kita Jika Melaksanakan Gerakan IniTerhidar dari wabah penyakitBanjir berkurangUdara menjadi segarMakanan dan minuman menjadi sehatFlora dan Fauna terjagaTubuh menjadi sehatLingkungan aman, bersih, dan sehat