Profile PLN Kuta

Click here to load reader

  • date post

    11-Dec-2015
  • Category

    Documents

  • view

    85
  • download

    19

Embed Size (px)

description

pln kuta

Transcript of Profile PLN Kuta

Profile PLN KutaPropil Bidang Pemasaran danPelayananPT PLN (Persero) Distribusi Bali Area Pelayanan Kuta

1. Batas Wilayah Kerja

Wilayah kerja Pemasaran dan Pelayanan PLN AP Kuta terletak di Daerah Tingkat II Badung Propinsi Bali, luas Area Pelayanan 150,64 kms dengan Jumlah Penduduk164.384 Jiwa (sumber data http://www.badungkab.go.id, tahun 2008) dan terbagi menjadi tiga Kecamatan yaitu : Kecamatan Kuta Utara (31,99 kms), Kecamatan Kuta Tengah (17,52 kms) dan Kecamatan Kuta Selatan (101,13 kms) serta delapan kelurahan tiga desa, dua puluh tiga dusun/Banjar, enam puluh lingkungan sbb :

KAB.KECKELURAHANDESADUSUN/BANJARLINGKUNGANKET

13832360

SK Bupati : 6-3-2002 No.341 Tahun 2002

Kabupaten Tingkat II Badung :

1. Kuta Utara =31,99 kms2. Kuta Tengah =17,52 kms3. Kuta Selatan =101,13 kms

Untuk daerah Kuta Utara meliputi 3 Kelurahan, 3 Desa, 31 Lingkungan dan 35 Banjar namun PLN AP Kuta hanya melayani 1 kelurahan Kerobokan Kelod dengan 10 lingkungan yaitu :

NoNama LingkunganNoNama Lingkungan

1Semer6Merta Nadi

2Umalas Kangin7Pengipian

3Umalas Kauh8Pengubengan Kauh

4Kuwum9Pengubengan Kangin

5Taman10Batubelig

Untuk daerah Kuta Tengah meliputi 5 Kelurahan dan 27 Lingkungan yaitu :

NoNama LingkunganNoNama Lingkungan

1Pengabetan7Segara

2Pering8Anyar

3Pande Mas9Temacun

4Tegal10Pemason

5Buni11Pelasa

6Jaba Jero12Abianbase

II.Kelurahan Legian :

NoNama LingkunganNoNama Lingkungan

1Legian Kaja3Legian Kelod

2Legian Tengah

III. Kelurahan Seminyak :

NoNama LingkunganNoNama Lingkungan

1Basang kasa--

2Seminyak--

IV. Tuban

NoNama LingkunganNoNama Lingkungan

1Pesalakan Tuban3Kelan Desa

2Tuban Geria4Kelan Abian

V. Kedonganan

NoNama LingkunganNoNama Lingkungan

1Kubu Alit4Kertayasa

2Ketapang5Pasek

3Anyar Gede6Pengendaran

Untuk daerah Kuta Selatan meliputi 3 Kelurahan, 3 Desa, 33 Lingkungan dan 9 Dusun/Banjar yaitu :

I.Kelurahan Jimbaran meliputi 11 lingkungan yaitu :

NoNama LingkunganNoNama Lingkungan

1Ubung7Kalanganyar

2Pantai Sari8Taman Geria

3Menega9Tegal

4Pesalakan10Perarudan

5Teba11Cenggiling

6Jerokuta

II.Kelurahan Benoa meliputi 16 lingkungan yaitu :

NoNama LingkunganNoNama Lingkungan

1Terora9Bualu

2Celuk10Bualu Indah

3Peken11Permata Nusa Dua

4Penyarikan12Wisma Nusa Permai

5Peminge13Puri Nusa Dua

6Sawangan14Ancak

7Pande15Menesa

8Balekembar16Mumbul

III.Kelurahan Tanjung Benoa meliputi 6 lingkungan yaitu :

NoNama LingkunganNoNama Lingkungan

1Tanjung Benoa4Anyar

2Purwa Sahanti5Panca Bhineka

3Kerta Pascima6Tengkulung

IV.Desa Ungasan meliputi 10 Dusun/Banjar :

NoNama LingkunganNoNama Lingkungan

1Kauh6Kangin

2Bakung Sari7Santi Karya

3Sari Karya8Giri Darma

4Wana Sari9Kelod

5Kerta Lestari10Wijaya Kesuma

V.Desa Kutuh meliputi 4 Dusun/Banjar :NoNama LingkunganNoNama Lingkungan

1Petangan3Tabu Pura

2Panti Giri4Karya Jati

VI.Desa Pecatu meliputi 9 Dusun/Banjar : Kutuh :

NoNama LingkunganNoNama Lingkungan

1Pecatu Kauh6Karang Bomo

2Labuhan Sait7Pecatu Kangin

3Buana Sari8Tambyek

4Pecatu Tengah9Giri Sari

5Suluban

2. Lokasi Pemasaran PT PLN (Persero) AP KutaPeta lokasi Pemasaran PLN AP Kuta tepatnya berada di Jl. Sunset Road Kuta Bali Indonesia

Detail denah Wilayah kerja PLN AP Kuta

3. Detail denah posisi Kantor PLN AP Kuta

Lokasi PLN AP Kuta terletak di Jalan Sunset Road Kuta Bali.Telepon : (0361) 756756, 764523, 764524 (Hunting).Facsimile : (0361) 759796.E-Mail :[email protected] : www.plnbali.co.id4. Sekilas Sejarah terbentuknya PLN AP Kuta

Sejarah terbentuknya PLN AP Kuta, bermula dari berdirinya Pelayanan Teknik Dinas Gangguan yang berlokasi di Jalan Raya Kuta tepatnya disebelah timur Pura Desa Kuta. Tugasnya khusus untuk mempercepat melayani gangguan, yang sifatnya mendesak mendapatkan penanganan.Sebelum adanya pemekaran wilayah seperti saat ini, Kuta merupakan kota kecamatan dan termasuk wilayah kerja PLN Walayah XI Cabang Denpasar. Seiring dengan bertambahnya waktu, tata kota pemerintahan juga mengalami perubahan status, daerah sekitar kota Denpasar menjadi Kodya dan diluar masih wilayah kerja Kabupaten Badung.Dengan adanya perubahan status tersebut harapan dan tuntutan dari masyarakat akan pelayanan disegala bidang agar berubah menjadi mudah dan baik. Juga tidak ketinggalan PLN pun juga ikut berubah maka atas kebijaksanaan Manajemen PLN pada hari Jumat tanggal 02 Juni Tahun 2000 Kantor jaga yang berlokasi di jalan Raya Kuta dipindahkan ke Jalan By Pass Ngurah Rai kuta tepatnya 200 meter dari Patung Dewa ruci arah ke Nusa Dua, maka secara resmi direalisasikan terbentuknya PLN Rayon Kuta dibawah Pimpinan I Pt Gde Budhyasa, SE. Struktur organisasi Rayon Kuta mengacu SK DIRNomor 021.K/059/Dir/1995 tanggal 23 Mei 1995, Untuk keseragaman dalam melaksanakan tata usaha pelanggan dan pengolahan data pelanggan.

PLN Rayon Kuta tugas hariannya seperti tugas PLN Cabang, mengatur dan melayani administrasi maupun teknis dengan wilayah kerjanya membawahi dua kantor jaga yaitu : Kantor Jaga Bualu serta Kantor Jaga Semawang Sanur.Sejalan dengan diadakan penyempurnaan struktur organisasi maka nama PLN Cabang di Bali yang menangani bidang Administrasi dan Teknik dipisahkan menjadi 2, yaitu Area Pelayanan Jaringan membidangi teknik dan Area Pelayanan membidangi administrasi.Mengingat Kuta merupakan daerah tujuan wisata Dunia, yang mempunyai kemajuan pesat dan pertumbuhan ekonomi tinggi maka pada tanggal 16 Januari 2003 Status PLN Rayon Kuta dinaikkan menjadi PLN UPP Kuta (Unit Pelayanan Kuta) dengan Manajer Ngurah Waspada, BE. Pelayanan PLN UPP Kuta pada saat itu mencakup Bidang Teknik Dinas Gangguan, dan Pelayanan Pelanggan dari mulai survai sampai dengan Penyambungan Baru/Perubahan Daya serta cetak Rekening yang tugasnya mirip dengan APJ (Area Pelayanan dan Jaringan). Unit Pelayanan Pelanggan Kuta (UPP Kuta) membawahiempat Asisten Manajer yaitu :

1.Asisten Manajer Pemasaran dan Pelayanan Pelanggan termasuk melakukan survai Pasang Baru, Perubahan Daya sampai dengan penyambungan SR/APP, baik perluasan Jaringan JTM, JTR & Gardu maupun tanpa perluasan jaringan.2.Asisten Manajer Keuangan dan Komersial menangani bidang keuangan termasuk tagihan tunggakan rekening listrik,3.Asisten Manajer Pencatatan Meter serta Pencetakan Rekening Listrik, khusus menangani bidang catat meter serta pencetakan rekening listrik karena pada saat itu masih mempergunakan sistem pembayaran lewat SOPP (Sistem OnLine Payment Point),4.Asisten Manajer SDM & Administrasi.

Berdasarkan SK GM PT PLN (Persero) Distribusi Bali Nomor........... Tahun Struktur Organisasi Manajemen UPP Kuta (Unit Pelayanan Pelanggan Kuta disempurnakan menjadi AP Kuta (Area Pelayanan Kuta), hal ini dipandang perlu diadakan perubahan sebab Manajemen UPP Kuta belum bisa berjalan sesuai harapan, dengan tujuan tugasnya lebih fokus kepada meningkatkan pelayanan PB/PD. Disamping itu PLN AP merupakan bagian dari wajah PLN secara keseluruhan. Dengan terbentuknya PLN AP Kuta (Area Pelayanan Kuta) dan telah ditunjuk sebagai Manajer adalah : I Gst Ngr Sutama, ST. dengan tugas lebih fokus kepada Pelayanan PB/PD.Seiring terbentuknya PLN AJ BATAN (Bali Selatan) khusus melayani disisi teknik Jaringan dengan wilayah kerja mencakup PLN AP Denpasar, AP Kuta dan AP Tabanan.Sesuai SK Direksi PLN nomor : 118.K/426/DIR/2007 tanggal 28 Nopember 2007 Manajer PLN AP Kuta digantikan oleh Ir. Gde AgungSindu PutraMBA. Pembaruan perubahan struktur organisasi dengan tujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada pelangan menuju layanan setara kelas dunia, sehingga perubahaan dilakukan secara menyeluruh baik mind set pegawai maupun Sistim yang ada secara bertahap dan berkesinambungan.Merunut dari perubahan-perubahan terjadi tak lepas dari keinginan Manajemen PLN Distribusi Bali Area Pelayanan Kuta untuk memberikan Pelayanan yang lebih baik, cepat serta memuaskan pelanggan secara maksimal sesuai dengan tuntutan masyarakat.Apalagi Kuta merupakan central Pariwisata berstandarinternasional, pelanggannya semakin kritis dan dimensi kepuasannya terus berubah, semakin sulit kita memahami keinginan Pelanggan yang beragam. Kalau sekadar mendefinisikan kepuasan Pelanggan di Area Pelayanan Kuta secara normatif mudah saja. Artinya, ketika keinginan, harapan dan kebutuhan pelanggan dipenuhi, berarti telah memenuhi kepuasan pelanggan. Suatu layanan dinilai memuaskan bila layanan tersebut dapat memenuhi kebutuhan dan harapan pelanggan.5. Gardu Induk ( GI ) pendukung suplay energi Listrik PLN AP Kuta

Suplay energi listrik saat ini PLN AP Kutadilayani dengan empat GI (Gardu Induk) antara lain :1.GI Pesanggaran2.GI Nusa Dua3.GI Padang Sambian4.GI Pemecutan KelodDari empat GI tersebut dikeluarkan out going penyulang/feeder sebanyak dua puluh lima feeder untuk melayani pelanggan PLN AP Kuta dengan nama penyulang sbb :

GI - Pesanggaran out going 6 dengan nama penyulang :NoNama PenyulangNoNama Penyulang

1Pelasa6Reagent

2Gelogor Carik

3Nusantara

4Banteng/Suwung

5Buni Sari

GI - Nusa Dua 9 out going dengan nama penyulang :NoNama PenyulangNoNama Penyulang

1Boster Pump6Ungasan

2Tragia7Mumbul

3Hilton8Sawangan

4Tanjung Benoa9Kedonganan

5Kampus Unud

GI - Padang sambian 7 Out going dengan nama penyulang :NoNama PenyulangNoNama Penyulang

1Krobokan6Uma Alas

2Exp. Seminyak7Exp. LP Krobokan

3Tegal lantang

4Batu Belig

5Exp.