Profil PATTIRO Semarang 2014

14
Jl Durian IV No. 21 Kelurahan Lamper Kidul Semarang Selatan Semarang, 50249 t. 024-844 5532 f. 024-8445532 e. [email protected] m www.pattirosemarang.org PROFIL LEMBAGA PERHIMPUNAN PATTIRO SEMARANG Selayang Pandang Pemerintahan Orde Baru telah usai, dan pemerintahan yang legitimated telah muncul. Harapannya, seusai pemerintahan otoriter, Indonesia akan memperoleh pemerintahan yang lebih baik; sebuah pemerintahan yang jujur dan bersih KKN. Sebuah pemerintahan yang selaras dan senada dengan aspirasi reformasi. Sayangnya, gap realita dan idealita tetap saja muncul -bahkan cenderung memburuk- di era kepemimpinan baru paska Soeharto ini. Produk-produk hukum yang reformis telah ada, seperti UU No 22 Tahun 1999 –telah diganti dengan UU No 32 Tahun 2004, UU No 25 Tahun 1999 –telah diganti dengan UU No 33 Tahun 2004, dan UU No 28 Tahun 1999. Namun, masih saja ada penyalahgunaan wewenang dari kekuasaan baru ini. Untuk meredusir penyalahgunaan wewenang tersebut, sebenarnya aturan perundang-undangan otonomi daerah telah melegalkan prinsip partisipasi masyarakat dan pertanggungjawaban pemerintah. Partisipasi ini diharapkan akan mampu mendorong keterlibatan publik lebih jauh dalam kebijakan publik dan proses-proses pembangunan dan pemerintahan di daerah. Dan pertanggungjawaban diharap dapat membuat pemerintahan di daerah menjadi lebih baik dan profesional dalam produk-produk kerja dan dampaknya bagi kesejahteraan masyarakat. Dengan maksud melembagakan partisipasi masyarakat tersebut, mempengaruhi adanya pertanggungjawaban pemerintahan daerah, dan mengorganisir keduanya secara efektif sehingga dapat menghadirkan kebijakan di daerahnya yang berkualitas, bermanfaat, dan berkeadilan, LEMBAGA PERHIMPUNAN PATTIRO SEMARANG hadir ditengah-tengah masyarakat. PATTIRO adalah sebuah organisasi non pemerintah yang didirikan pada tanggal 17 April 1999. keberadaan PATTIRO bertujuan mendorong terwujudnya good governance dan mengembangkan partisipasi public di Indonesia,khususnya pada level local.Fokus perhatian PATTIRO adalah peningkatan pelayanan public, pengembangan sistem perencanaan dan penganggaran,peningkatan kapasitas aparat penyelenggara pemerintahan dan anggota legislative, peningkatan kapasitas pers serta pemberdayaan masyarakat warga. 1

description

Profil PATTIRO Semarang 2014

Transcript of Profil PATTIRO Semarang 2014

Page 1: Profil PATTIRO Semarang 2014

Jl Durian IV No. 21 Kelurahan Lamper Kidul Semarang

SelatanSemarang, 50249

t. 024-844 5532f. 024-8445532

e. [email protected]

mwww.pattirosemarang.org

PROFILLEMBAGA PERHIMPUNAN PATTIRO SEMARANG

Selayang PandangPemerintahan Orde Baru telah usai, dan pemerintahan yang legitimated telah muncul. Harapannya, seusai pemerintahan otoriter, Indonesia akan memperoleh pemerintahan yang lebih baik; sebuah pemerintahan yang jujur dan bersih KKN. Sebuah pemerintahan yang selaras dan senada dengan aspirasi reformasi.Sayangnya, gap realita dan idealita tetap saja muncul -bahkan cenderung memburuk- di era kepemimpinan baru paska Soeharto ini. Produk-produk hukum yang reformis telah ada, seperti UU No 22 Tahun 1999 –telah diganti dengan UU No 32 Tahun 2004, UU No 25 Tahun 1999 –telah diganti dengan UU No 33 Tahun 2004, dan UU No 28 Tahun 1999. Namun, masih saja ada penyalahgunaan wewenang dari kekuasaan baru ini.Untuk meredusir penyalahgunaan wewenang tersebut, sebenarnya aturan perundang-undangan otonomi daerah telah melegalkan prinsip partisipasi masyarakat dan pertanggungjawaban pemerintah. Partisipasi ini diharapkan akan mampu mendorong keterlibatan publik lebih jauh dalam kebijakan publik dan proses-proses pembangunan dan pemerintahan di daerah. Dan pertanggungjawaban diharap dapat membuat pemerintahan di daerah menjadi lebih baik dan profesional dalam produk-produk kerja dan dampaknya bagi kesejahteraan masyarakat.Dengan maksud melembagakan partisipasi masyarakat tersebut, mempengaruhi adanya pertanggungjawaban pemerintahan daerah, dan mengorganisir keduanya secara efektif sehingga dapat menghadirkan kebijakan di daerahnya yang berkualitas, bermanfaat, dan berkeadilan, LEMBAGA PERHIMPUNAN PATTIRO SEMARANG hadir ditengah-tengah masyarakat.PATTIRO adalah sebuah organisasi non pemerintah yang didirikan pada tanggal 17 April 1999. keberadaan PATTIRO bertujuan mendorong terwujudnya good governance dan mengembangkan partisipasi public di Indonesia,khususnya pada level local.Fokus perhatian PATTIRO adalah peningkatan pelayanan public, pengembangan sistem perencanaan dan penganggaran,peningkatan kapasitas aparat penyelenggara pemerintahan dan anggota legislative, peningkatan kapasitas pers serta pemberdayaan masyarakat warga.

Azas Lembaga.Demokrasi, Keadilan Sosial dan Ketuhanan.

1

Page 2: Profil PATTIRO Semarang 2014

Jl Durian IV No. 21 Kelurahan Lamper Kidul Semarang

SelatanSemarang, 50249

t. 024-844 5532f. 024-8445532

e. [email protected]

mwww.pattirosemarang.org

Prinsip Lembaga.1. Partisipatif2. Transparan3. Akuntabel4. Profesional5. Adil gender6. Egalitarian

Kultur Lembaga:1. Taat nilai 2. Egaliter3. Cepat kaki, ringan tangan (suka menolong)4. Serius tetapi santai

Visi.Pattiro Semarang menjadi fasilitator penguatan stakeholder dalam proses transformasi social untuk mewujudkan Good Governance.

Misi Untuk menjalankan visi, lembaga menjalankan misi:1. Peningkatan kapasitas, pengorganisasian, dan pendampingan bagi kalangan pemangku kepentingan

(stakeholder) secara terus-menerus sehingga mereka mempunyai loyalitas dan kapabilitas untuk memperjuangkan tata pemerintahan yang baik dan kebijakan publik yang bersih dari korupsi, adil jender, dan berdaya / civilizied.

2. Melakukan kampanye untuk membangun dan membentuk opini publik yang mendukung tata pemerintahan yang baik dan kebijakan publik yang bersih dari korupsi, adil jender, dan berdaya / civilizied tata pemerintahan yang baik dan kebijakan publik yang bersih dari korupsi, adil jender, dan berdaya / civilizied.

3. Membangun pusat informasi dan data base yang tangguh bagi keberlanjutan tata pemerintahan yang baik dan kebijakan publik yang bersih dari korupsi, adil jender, dan berdaya / civilizied..

Tujuan.1. Meningkatkan partisipasi masyarakat dan akuntabilitas pemerintah daerah melalui perkuatan

kapasitas dan inisiatif lokal dalam mempengaruhi dan mengelola kebijakan publik dan anggaran daerah.

2. Memperlebar ruang-ruang publik untuk meningkatkan partisipasi, akuntabilitas, akses, kontrol, dan manfaat bagi masyarakat (laki-laki maupun perempuan) dalam pembangunan dan pemerintahan.

2

Page 3: Profil PATTIRO Semarang 2014

Jl Durian IV No. 21 Kelurahan Lamper Kidul Semarang

SelatanSemarang, 50249

t. 024-844 5532f. 024-8445532

e. [email protected]

mwww.pattirosemarang.org

Strategi dan Program.Strategi yang ditempuh adalah dengan cara mengoptimalkan kekuatan, menambal/ memperbaiki kelemahan, memanfaatkan peluang, dan mengantisipasi kendala/ hambatan.

Dengan acuan pada langkah-langkah berikut: Aktif dalam penggalangan dana Efisiensi dalam penggunaan dana Efektifitas dalam pemanfaatan sumber daya Intervensi aktif dalam mempengaruhi kebijakan publik dan anggaran daerah. Profesional dalam penyelenggaraan program.

Fokus gerakan LEMBAGA PERHIMPUNAN PATTIRO SEMARANG adalah studi dan advokasi kebijakan publik dan anggaran daerah.

Pelaksanaan dari gerakan ini didasarkan pada pola triangle strategi perubahan struktural. Pola ini menampung tiga dimensi yang mengisi kerangka advokasi kebijakan. Ketiga dimensi tersebut adalah fasilitasi pengorganisasian masyarakat (community organizing), fasilitasi reformasi kebijakan (policy reform), dan fasilitasi pendidikan politik untuk rakyat (popular education).

Kegiatan Utama.Merujuk pada pilihan strategi gerakan LEMBAGA PERHIMPUNAN PATTIRO SEMARANG, maka kegiatan-kegiatan utama LPPS adalah:1. Mempengaruhi Kebijakan Publik dan Anggaran Daerah.2. Pendidikan dan Pelatihan Peningkatan Kapasitas dan Inisiatif Lokal.3. Pengorganisasian Politik Stakeholder.4. Penelitian dan Pengembangan Inovasi Pemerintahan dan Sumberdaya.

Organisasi.LEMBAGA PERHIMPUNAN PATTIRO SEMARANG adalah organisasi non-pemerintah yang didirikan dan dikelola oleh aktivis mahasiswa, paralegal, peneliti, dan aktivis buruh. Dan berdiri pada tanggal 12 Maret 2004, dengan status badan hukum Perkumpulan, dengan Akta Notaris Nomor 3 pada Notaris Siti Roayanah.

3

Page 4: Profil PATTIRO Semarang 2014

Jl Durian IV No. 21 Kelurahan Lamper Kidul Semarang

SelatanSemarang, 50249

t. 024-844 5532f. 024-8445532

e. [email protected]

mwww.pattirosemarang.org

Kepengurusan Dewan Etik terdiri dari:1. Rahmat Bowo Suharto, SH, MH.2. Andreas Pandiangan.3. Widi Heryanto.4. Usman Asshidiqy Qohara, S.Sos.

Dewan Pendiri terdiri dari:1. Susana Dewi Rochimah;2. Istiqomah;3. Iskandar Saharudin.swf

Struktur pengelolanya adalah:

4

INFORMATION & DOCUMENTATION

MANAGER(WAHYUNI L)

DIRECTOR(DINI INAYATI)

FINANCIAL & OFFICE MANAGER

(ANITA KUMALASARI)

FINANCE STAFF(NURUL HIDAYAH)

OFFICE STAFF (ELLA CAHYANING)

OFFICE BOY

(FAISAL)

GENDER MAINSTREAMING

(WAHYUNI L)

PUBLIC SERVICES(R. WIDI NUGROHO)

PLANNING AND

BUDGETING ( GALIH PRAMILU

BAKTI)

FUNDRISINGMANAGER

(DWI YUNITA PRISMAWATI)

KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK

(WAHYUNI L)

COMMUNITY ORGANIZER

(KUSDARYANTO)

RESEARCH AND PROGRAME MANAGER(ARYANTO NUGROHO)

ADVOCACY MANAGER

(ARI NUGROHO)

Page 5: Profil PATTIRO Semarang 2014

Jl Durian IV No. 21 Kelurahan Lamper Kidul Semarang

SelatanSemarang, 50249

t. 024-844 5532f. 024-8445532

e. [email protected]

mwww.pattirosemarang.org

Sekretariat Organisasi.Sekretariat Jln. Durian IV No.21 Kelurahan Lamper Kidul, Semarang

Selatan, 50249Telp / Fax 024 – 8445532E -Mail [email protected] http://semarang.pattiro.org

Track Record LembagaLEMBAGA PERHIMPUNAN PATTIRO SEMARANG merupakan anggota jaringan ornop, yaitu Jaringan PATTIRO Raya, yang ada di 16 daerah. Setiap anggota jejaring ini berdiri otonom dan independent yang saling berkoordinasi.

LPPS telah melakukan beberapa kegiatan diantaranya adalah:

JENIS PROGRAM NAMA PROGRAMPerencanaan dan Penganggaran

1. Program Gender Budget Advocacy : Pilot Project in 3 Cities, kerjasama dengan The Asia Foundation, 2003.

2. Advokasi Kebijakan Anti Korupsi melalui Pengajuan Laporan Dugaan Korupsi yaitu; Kasus Dobel Anggaran APBD Kota Semarang Tahun 2003 dan 2004, Kasus Dugaan Korupsi Gedung Wisma Pandanaran/ BDNI, Kasus Dugaan Korupsi Buku Ajar, Kasus Dugaan Korupsi Asuransi Fiktif, dan Kasus Korupsi Beasiswa Fiktif..

3. Advokasi Anggaran terhadap isu-isu aktual, seperti pengadaan Mobil Dinas anggota DPRD di APBD 2005, .pengadaan senjata Satpol PP dan Dishub di APBD 2006, kenaikan retribusi pasar, dan sebagainya.

4. Advokasi PP 37/2006 dan PP 21/2007, melalui koalisi ornop GEMPUR (Januari 2007 –

5

Page 6: Profil PATTIRO Semarang 2014

Jl Durian IV No. 21 Kelurahan Lamper Kidul Semarang

SelatanSemarang, 50249

t. 024-844 5532f. 024-8445532

e. [email protected]

mwww.pattirosemarang.org

2008)5. Program Penguatan Partisipasi Perempuan

dalam Mempengaruhi Anggaran yang Berperspektif Gender, kerjasama dengan The Asia Foundation (Agustus 2003 – December 2003).

6. Pengusulan Program Responsif gender dalam APBD Kota Semarang 2004 dan 2005, kerjasama dengan The Asia Foundation (August 2004 - Juli 2005)

7. Konferensi Perempuan Kota Semarang tentang Kepentingan Perempuan dalam APBD Kota Semarang Tahun 2003, di Balaikota, kerjasama dengan The Asia Foundation (16 Februari 2003).

8. Lokalatih Gender Budget Advocacy, kerjasama dengan The Asia Foundation dan Yayasan PATTIRO, 2003.

9. Pelatihan Penyusunan APBD bagi Organisasi Kemahasiswaan, (Januari 2006)

10. Lokakarya dan Pelatihan Perencanaan Penganggaran Responsif Gender, kerjasama dengan PGR (Maret 2006)

11. Pelatihan Partisipasi OMS dalam Perencanaan dan Penganggaran di Daerah (Kab Kudus dan Kab Semarang), kerjasama dengan LGSP-USAID (Nopember 2006).

12. Pendampingan Capacity Building Penganggaran untuk OMS di Kabupaten Kudus dan Kabupaten Semarang kerjasama kerjasama dengan LGSP-USAID (November – Desember 2006).

13. Program Clearing House of Local Budgeting, kerjasama dengan IDEA Jogjakarta (April 2005 – Oktober 2006)

14. Program Anggaran Responsif Gender, kerjasama dengan The Asia Foundation 2008-

6

Page 7: Profil PATTIRO Semarang 2014

Jl Durian IV No. 21 Kelurahan Lamper Kidul Semarang

SelatanSemarang, 50249

t. 024-844 5532f. 024-8445532

e. [email protected]

mwww.pattirosemarang.org

201015. Program Civil Society Initiative Againt

Poverty (CSIAP), kerjasama dengan The Asia Foundation (2009 – Mei 2011)

16. Program Good Governance and Anti Corruption, kerjasama dengan TI Indonesia dan DANIDA (Januari 2010 –September 2013)

Pemilu 1. Program Strenghtening Women Voters, kerjasama dengan UNDP (Desember 2003 – Maret 2004)

2. Pemantauan Dana Kampanye Pemilu Capres dan Cawapres, kerjasama dengan ICW (June 2004)

3. Presidential Polling for Second Round, kerjasama dengan ICW (August 2004)

4. Presidential Election Stage 1, kerjasama dengan LP3ES, Mei 2004

5. Program Strengthen Media and Civic Engagement in Electoral Process, kerjasama dengan Perludem (Maret-Oktober 2014)

Local Parlemen Support

1. Studi dan Advokasi Legislasi untuk Perda Pendidikan Kota Semarang., kerjasama dengan Ford Foundation, dilanjutkan dengan The Asia Foundation, 2001 - 2006.

2. Studi dan Advokasi Legislasi untuk Perda Pelayanan Publik Kota Semarang, kerjasama dengan Uni Eropa (Nopember 2005 – Desember 2006)

3. Studi dan Advokasi Legislasi untuk Perda tentang LPMK (September 2003 – December 2004).

4. Studi penyusunan Naskah Akademik Raperda tentang Sistem Perencanaan dan Penganggaran Daerah (SPPD) Kota Semarang (2006)

5. Studi penyusunan dan advokasi legislasi RAPERDA Penanggulangan Kemiskinan (Juli 2007

7

Page 8: Profil PATTIRO Semarang 2014

Jl Durian IV No. 21 Kelurahan Lamper Kidul Semarang

SelatanSemarang, 50249

t. 024-844 5532f. 024-8445532

e. [email protected]

mwww.pattirosemarang.org

– Sekarang))6. Program Implementasi Undang-Undang KIP,

kerjasama dengan FITRA 2008-20097. Program Parlemen Pemuda Kader Parpol,

kerjasama dengan IPC-Uni Eropa, 20098. Program Parlemen Pemuda Kader Parpol,

kerjasama dengan IPC-Uni Eropa, 2011Pelayanan Publik 1. Penelitian Kesiapan Institusi Lokal dalam

Pengawasan Kebijakan Pemerintah Daerah pada Penerapan Otonomi Daerah, kerjasama dengan Ford Foundation (Januari 2000 - Mei 2001).

2. Program Penguatan Partisipasi Masyarakat dalam Penyelenggaraan Kebijakan Publik Daerah, kerjasama dengan Ford Foundation. (Juni 2001-April 2003).

3. Lokakarya dan Pelatihan mengenai Peningkatan Partisipasi Perempuan dalam Kebijakan Publik Daerah, kerjasama dengan The Asia Foundation (Februari 2002).

4. Program Penguatan Kapasitas dan Jaringan untuk Peningkatan Partisipasi Perempuan dalam Kebijakan Publik Daerah, kerjasama dengan The Asia Foundation (Agustus 2002 – Februari 2003).

5. Program Konferensi, Diseminasi, dan Public Hearing untuk Memperjuangkan Dewan Masyarakat Kelurahan Kota Semarang, kerjasama dengan Yayasan TIFA (September 2002 - Februari 2003).

6. Pengorganisasian, Monitoring dan Advokasi terhadap Penerimaan Peserta Didik Tahun Ajaran 2005, 2006 dan 2007, kerjasama melalui Koalisi Advokasi PPD dan Forum Peduli Pendidikan Semarang (Juni – Agustus 2005, Juni – Agustus 2006, Mei 2007-Sekarang).

7. Program Pengembangan Inisiatif Masyarakat Dalam Pelayanan Publik Melalui Mekanisme Komplain, kerjasama dengan Yayasan PATTIRO

8

Page 9: Profil PATTIRO Semarang 2014

Jl Durian IV No. 21 Kelurahan Lamper Kidul Semarang

SelatanSemarang, 50249

t. 024-844 5532f. 024-8445532

e. [email protected]

mwww.pattirosemarang.org

dan ACCES-AUSAID (Oktober 2005 – Nopember 2006).

8. Program Penguatan Hak Pendidikan dan Kesehatan Masyarakat Melalui Penerapan Hak Ecosoc dalam Kebijakan Publik Daerah, kerjasama dengan Yayasan PATTIRO dan UNI EROPA (Nopember 2005 – desember 2006).

9. Program Prakarsa Masyarakat Sipil dalam Mengatasi Kemiskinan melalui Keadilan Anggaran Daerah bagi Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah Miskin dan Marjinal, kerjasama dengan The Asia Foundation dan DFID (Desember 2005 – Oktober 2006)

10. Menggagas Model Mekanisme Komplain di Pelayanan Publik Daerah, kerjasama dengan ACCESS-AUSAID (June 2004 - February 2005)

11. Program Report Card System, kerjasama dengan ICW. (March 2004 – Februari 2005)

12. Program ”Mendorong Adanya Kebijakan Daerah tentang Pengurangan Kemiskinan di Kota Semarang”, kerjasama dengan The Asia Foundation (Juli-September 2007).

13. Program Civil Society Initiative Againts Poverty, bekerjasama dengan The Asia Foundation Periode 2009-2011

14. Program “Establishment Of Island Of Integrity ; Pencegahan Korupsi Dalam Pengadaan Barang Dan Jasa Melalui Pakta Integritas”, kerjasama dengan Tranparency International Indonesia dan United Kingdom Foreign & Commonwealth Office (UKFCO). Oktober 2007 – 2009

15. Program Akselerasi Keterbukaan Informasi Publik, kerjasama dengan FITRA dan TIFA (2009)

16. Strengthening Integrity And Accountability Program II, kerjasama dengan USAID (Desember 2010 – Agustus 2012)

9

Page 10: Profil PATTIRO Semarang 2014

Jl Durian IV No. 21 Kelurahan Lamper Kidul Semarang

SelatanSemarang, 50249

t. 024-844 5532f. 024-8445532

e. [email protected]

mwww.pattirosemarang.org

17. Program Penguatan Keterbukaan Informasi Publik, kerjasama dengan GIZ Jateng (Februari – Mei 2012)

18. Program Prakarsa Masyarakat Sipil dalam Mendorong Peningkatan Tata Kelola Pemerintahan Daerah yang Efektif dan Efisien melalui Reformasi Birokrasi di Sektor Pendidikan Kota Semarang dan Kesehatan Kota Surakarta, bekerjasama dengan RTR-c Kemitraan (April 2014-Januari 2015)

19. Program Cek SekolahKu bekerjasama dengan Transparency International Indonesia (Maret-Desember 2014)

10

Page 11: Profil PATTIRO Semarang 2014

Jl Durian IV No. 21 Kelurahan Lamper Kidul Semarang

SelatanSemarang, 50249

t. 024-844 5532f. 024-8445532

e. [email protected]

mwww.pattirosemarang.org

Profil PATTIRO Semarang

11