PPT MAYOR-JAPFA (FITRIANA, INTAN, LURA).pptx

download PPT MAYOR-JAPFA (FITRIANA, INTAN, LURA).pptx

of 13

  • date post

    18-Jan-2016
  • Category

    Documents

  • view

    336
  • download

    4

Embed Size (px)

Transcript of PPT MAYOR-JAPFA (FITRIANA, INTAN, LURA).pptx

MANAJEMEN STRATEGI

Fitriana Kania Dewi (111200091) Intan Noor Annisa (111200132)Lura Mustika Putteri (111200136)

MANAJEMEN STRATEGI

PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk adalah salah satu perusahaan terbesar dan paling terintegrasi di Indonesia di bidang agri-pangan. Kegiatan bisnis yang dilakukan meliputi pembuatan pakan ternak, pembibitan ayam, pengolahan unggas,budidaya pertanian, serta pengolahan makanan.

PT. Japfa Comfeed Indonesia Tbk (Perseroan) didirikan pada tanggal 18 Januari 1971 dengan nama PT Java Pelletizing Factory, Ltd berdasarkan Akta No.59 di hadapan Notaris Djojo Muljadi, SH. Perseroan memulai produksi komersial pada tahun 1971 dengan produk utama pellet kopra.

Dalam rangka memperkuat struktur permodalan, di tahun 1989 Perseroan mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Jakarta dan Bursa Efek Surabaya. Selanjutnya mengikuti sukses pencatatan saham tersebut di tahun 1990 Perseroan melakukan konsolidasi usaha dengan mengakuisisi empat perusahaan pakan ternak. Sejak saat itu nama PT Java Pelletizing Factory Ltd berubah menjadi PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk.

PROFIL PERUSAHAAN

Mengikuti motto Berkembang Menuju Kesejahteraan Bersama menjadi titik tolak kesuksesan PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk.

visimisiPada tahun 2015 menjadi penyedia terkemuka dan terpercaya di bidang produk pangan berprotein terjangkau di Indonesia, berlandaskan kerjasama dan pengalaman teruji, dalam upaya memberikan manfaat bagi seluruh pihak terkait.

STRATEGI1.Strategi Pengembangan-Divisi Perunggasan : Meningkatkan kapasitas produksi untuk pakan ternak, pembibitan ayam, dan peternakan komersial. Divisi Budidaya Perairan : meningkatkan kapasitas produksi melalui pembangunan pabrik baru.

2.Strategi PemasaranPT Japfa memasarkan produknya melalui penjualan langsung ke peternak dan juga melalui agen-agen maupun toko-toko penyedia sarana peternakan. Selain itu PTJapfa juga memberikan pelayanan jasa kepada para peternak dengan cara memberikan mereka pengarahan dan pembinaan.

3. Strategi RisetSetelah melakukan strategi pemasaran diatas, lalu dilakukanlah Strategi Riset untuk menciptakan strategi pemasaran yang tepat untuk PT Japfa ini.

4.Strategi DiversifikasiStrategi diversifikasi PT Japfa yaitu tidak hanya memiliki satu macam produk melainkan berbagai jenis produk yang di tawarkan ke pada konsumen seperti pakan ternak, susu, nugget, baso, sosis, dan banyak lagi.

Analisis lingkungan eksternal pt japfaApakah jenis keunggulan bersaing yang di hadapi PT Japfa dan seberapa kuatkah mereka dalam menghadapinya?

Ada 5 cara untuk bersaing dalam suatu Industri:Bersaing dengan penjual yang menjadi pesaing kitaBersaing dari pesaing baru yang potensialBersaing dari produsen produk penggantiDaya Tawar SupplierDaya Tawar Consumen

Pesaing utama japfa di industry pakan ternak yaitu PT. Charoen Phokpand dan PT Cheil Jedang feed dimana PT Japfa berada diposisi kedua sedangkan pesaing PT Japfa di industry makanan olahan yaitu PT. Charoen Phokpand (produk Fiesta nugget) dan PT. Belfoods Indonesia. Pada industry ini PT.Japfa berhasil menjadi Market Leader.

Perbandingan produk PT Japfa dengan para pesaingnya

Apakah faktor kunci untuk PT Japfa sukses dalam bersaing dengan rivalnya?

Berani masuk ke kategori baru dari pakan ternak ke industri makanan.Melakukan edukasi langsung ke target pasar mengenai hidup sehat dengan mengkonsusmsi daging.Berani melakukan investasi pemasaran.Tidak langsung menggebrak pasar secara nasional melainkan terjun langsung kedaerah daerah.Produk yang lebih murah namun dengan kualitas yang sama

Analisis lingkungan eksternal pt japfa

SWOT AnalysisStrengthKemampuan merger (yang diawali dengan merger dengan PT Multibreeder Adirama IndonesiaTbk (MBAI), PT Multiphala Adiputra (MA) dan PT Hidon (Hidon) ke dalam PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JCI).Integrasi dan pengendalian di bidang operasional sehingga mempercepat dalam mengambilan keputusanmaupun penetapan strategi bisnis. Ketersediaan bahan baku dan memiliki prospek yang luasDapat menurunkan biaya pendanaan secara keseluruhanWeaknessMunculnya Pesaing dengan lower priceInovasi yang baru yang dilakukan pesaingOpportunitiesPemasaran yang luas meliputi nasional dan internasional (Asia,Amerika dan Eropa) Pasar Indonesia yang kurang mengokosumsi gizi dagingPerdagangan saham Japfa yang lebih likuid memberikan kemudahan likuiditas bagi pemegang saham eks-MBAI.ThreathMunculnya pesaing-pesaing dengan harga murah Kenaikan harga dagingAsian China Free Trade Agreement

Analisis lingkungan Internal pt japfa

1) Turn Around1) Intregasi Vertikal2) Likuidasi2) Diversitifikasi KonglomeratInternalExternal(meninjau kembali sumber daya perusahaan)(Akusisi atau Merger untuk meningkatkan kemampuan perusahaan)1) Konsentrasi pengembangan produk1) Intregasi Horizontal& Pasar2) Joint Venture2) Inovasi

Laporan Keuangan Japfa Tahun 2011 & 2012

a) Create knowledge

Pengetahuan yang ada pada perusahaan ini dimulai dari pengetahuan yang ada pada masing-masing pekerja di PT Japfa Comfeed Indonesia, Tbk baik pengetahuan Direktur dengan keempat manajer senior Departemen ke departemen lain kemudian dilanjutkan lagi hingga pekerja pada masing-masing bagian.

b) Capture knowledge

Pengetahuan baru yang ada pada PT Japfa Comfeed Indonesia, Tbk diidentifikasi sesuai dengan nilainya, dan disajikan dalam cara yang layak seperti rapat dengan pemegang saham dan rapat dengan dewan direksi.

c) Refine knowledge

Pengetahuan baru yang ada pada PT Japfa Comfeed Indonesia, Tbk diletakkan secara kontekstual sehingga dapat ditindaklanjuti oleh masing-masing manajer baik Departemen Produksi, HRD, Keuangan, maupun Pemasaran.

d) Store knowledge

Pengetahuan berharga yang ada pada PT Japfa Comfeed Indonesia, Tbk disimpan dalam format yang layak padaknowledge repositoriessehingga anggota organisasi lainnya dapat mengakses. Contohnya adalah data base yang dimiliki masing-masing departemen.

e) Manage knowledge

Pengetahuan yang ada pada PT Japfa Comfeed Indonesia, Tbk dikelola dan dimutakhirkan seperti proses pembuatan sosis maupun susu.

f) Disseminate knowledge

Pengetahuan yang ada pada PT Japfa Comfeed Indonesia, Tbk dibuat dan tersedia dalam format yang berguna bagi semua pekerja pada masing-masing departemen yang bisa dimanfaatkan di manapun dan kapanpun jugaKNOWLEDGE MANAGEMENT

a) Create knowledge

Pengetahuan yang ada pada perusahaan ini dimulai dari pengetahuan yang ada pada masing-masing pekerja di PT Japfa Comfeed Indonesia, Tbk baik pengetahuan Direktur dengan keempat manajer senior Departemen ke departemen lain kemudian dilanjutkan lagi hingga pekerja pada masing-masing bagian.

11

KESIMPULAN & SARANVisi, misi, pemilihan strategi yang diambil oleh PT Japfa menghasilkan strategi induk, dan tujuan strategi organisasi untuk jangka panjang dan masih sesuai dengan keadaan saat ini, sehingga tidak perlu ada perubahan dari Visi Misi tersebut.Faktor kunci sukses PT Japfa diantaranya :Berani masuk ke kategori baru dari pakan ternak ke industri makananMelakukan edukasi langsung ke target pasar mengenai hidup sehat dengan mengkonsusmsi dagingBerani melakukan investasi pemasaran Tidak langsung menggebrak pasar secara nasional melainkan terjun langsung kedaerah daerahProduk yang lebih murah namun dengan kualitas yang samaPesaing utama japfa di industry pakan ternak yaitu PT. Charoen Phokpand dan PT CJ feed dimana japfa berada diposisi kedua sedangkan pesaing japfa di industry makanan olahan yaitu PT. Charoen Phokpand(Fiesta nugget) dan PT. Belfood Indonesia. Pada industry ini PT.Japfa berhasil menjadi Market Leader.Kelebihan yang dimiliki oleh PT.Japfa adalah merger yang semakin memperkuat posisi pasar,Intregasi didalam operasional sehingga mempercepat pengambilan keputusan,ketersediaan bahan baku dan kemampuan efisiensi biaya.Kelemahan PT. Japfa adalah munculnya pesaing dengan Lower Price cara mengatasinya yaitu japfa mengeluarkan kemasan ekonomis agar bisa menjangkau konsumen ditiap level pasarKesempatan yang dimiliki oleh PT.Japfa yaitu Pemasaran yang luas meliputi nasional dan internasional (Asia,Amerika dan Eropa) ,Pasar Indonesia yang kurang mengokosumsi gizi daging,Perdagangan saham Japfa yang lebih likuid memberikan kemudahan likuiditas bagi pemegang saham eks-MBAI.Ancaman yang harus diwaspadai adalah kenaikan harga daging dan Asian China Free Trade Agreement

TERIMA KASIH