Panduan Akademik Program Doktor Fakultas Peternakan UGM (2484)

80

Transcript of Panduan Akademik Program Doktor Fakultas Peternakan UGM (2484)

Buku Panduan Pendidikan Doktor Bidang Ilmu Peternakan 1

I. PENDAHULUAN

I.1. Latar Belakang

Pendidikan formal tertinggi di Universitas adalah program Doktor. Universitas Gadjah Mada telah meluluskan Doktor pertamanya pada tahun 1950. Bentuk dan pelaksanaan pendidikan telah mengalami penyempurnaan dari waktu ke waktu.

Setelah dilaksanakan stratifikasi pendidikan tinggi di Universitas Gadjah Mada dengan jenjang S1, S2 dan S3, program S3 diintregasikan ke dalam Pendidikan Pascasarjana UGM. Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 212/U/1999, Keputusan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 232/

Buku Panduan Pendidikan Doktor Bidang Ilmu Peternakan2

U/2000, dan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 153/2000 mensyaratkan kurikulum Pendidikan Doktor terdiri atas perkuliahan dan penulisan disertasi, maka pendidikan Doktor Ilmu Peternakan membuka program pendidikan Doktor terstruktur, disamping program bebas yang telah dilaksanakan. Perubahan ke sistem terstruktur diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan waktu studi akan lebih singkat.

Bidang Peternakan berhubungan erat dengan peningkatan kualitas sumberdaya manusia Indonesia melalui penyediaan pangan asal ternak yang mengandung nilai gizi tinggi, terutama protein. Dengan demikian pola komsumsi masyarakat yang utamanya berbasis karbohidrat dapat diseimbangkan dengan asupan protein hewani. Oleh karena itu Pendidikan Doktor Ilmu Peternakan mengunggulkan program-program yang mencakup :

1. Penggalian potensi genetik ternak lokal Indonesia serta pengembangan dan peningkatan produktivitasnya

2. Evaluasi potensi, pemanfaatan, dan pengembangan penyediaan pakan ternak Indonesia

3. Penerapan teknologi dan bioteknologi dalam upaya peningkatan diversifikasi, mutu dan keamanan pangan asal ternak

4. Perencanaan dan evaluasi usaha peternakan dan kemampuan sumber daya manusia.

Program Doktor Ilmu Peternakan Fakultas Peternakan UGM didukung oleh tenaga pengajar sebanyak 49 staf berpendidikan S3 yang sebagian besar lulusan universitas dari luar negeri seperti Amerika Serikat, Australia, Inggris Jerman, Belanda, Jepang, Malaysia, Filipina, Perancis, Thailand, dan Korea Selatan, serta lulusan dalam negeri yaitu UGM dan IPB. Dari jumlah staf tersebut,16 diantaranya sebagai Guru Besar (Profesor) aktif, seorang Profesor (emr.), dan 2 orang Profesor (ret.). Untuk meningkatan kualitas lulusan telah dijalin kerjasama dengan perguruan tinggi dan badan penelitian internasional antara lain University of Aberdeen UK, Macaulay Land Use

Buku Panduan Pendidikan Doktor Bidang Ilmu Peternakan 3

Research Institute di Scotland UK, Gifu University Japan, Maejo University Thailand, UPM Malaysia, UPLB Philipina, Kangwon National University (KNU) Korea Selatan, dan International Atomic Energy Agency (IAEA) dalam penelitian. Disamping kerjasama secara kelembagaan tersebut, Fakultas Peternakan UGM telah mengangkat Prof. Dr. E. R. Ørskov dari Macaulay Land Use Research Institute sebagai Honorary Professor. Selain itu juga melakukan kerjasama dengan industri peternakan dan mengangkat Ir. Fery Purnama, MSc., PhD sebagai dosen tamu.

Laboratorium-laboratorium di Fakultas Peternakan didukung oleh fasilitas laboratorium terpadu di lingkungan UGM, seperti Laboratorium Penelitian dan Pengembangan Terpadu (LPPT), Unit Pemeliharaan Hewan Percobaan (UPHP), Kebun Pendidikan, Penelitian dan Pengembangan Pertanian (KP4) UGM, serta laboratorium mitra kerjasama lainnya yang sangat membantu dan menjamin kualitas penelitian tingkat Doktor. Tersedianya bahan-bahan pustaka serta jurnal nasional/internasional di Perpustakaan Fakultas Peternakan, Perpustakaan Pascasarjana, Perpustakaan Pusat UGM, dan Perpustakaan di lingkungan UGM lainnya, serta fasilitas internet akan menjamin peserta didik dapat mengikuti perkembangan sains dan teknologi terbaru di dunia.

I.2. Perkembangan Program Studi

Universitas Gadjah Mada merupakan salah satu universitas yang melaksanakan pendidikan formal tertinggi sejak berdirinya tahun 1949, dan telah meluluskan seorang Doktor bidang llmu-ilmu Pertanian pertama kali pada tahun 1958. Pelaksanaan Program Doktor di UGM mengalami perubahan dan perkembangan dari waktu ke

Buku Panduan Pendidikan Doktor Bidang Ilmu Peternakan4

waktu. Pada tahun 1978 didirikan Lembaga Pendidikan Doktor (LPD) sebagai institusi Penanggung Jawab pelaksanaan program doktor di UGM. Tahun 1983, didirikan Fakultas Pascasarjana sebagai pelaksana program pascasarjana (Program S-2 dan S-3) di UGM berdasarkan Keputusan Presiden RI No: 53 Tahun 1982 (Lamp. 2).

Program Doktor selanjutnya semakin mantap dilaksanakan di bawah Program Pasacasarjana UGM, terutama setelah dikeluarkannya SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Rl No: 053/U/1993 (Lampiran 3) tentang Pelaksanaan Pendidikan Doktor di Perguruan Tinggi. Pada tahun 1993 UGM memperoleh SK Dirjen Dikti Depdikbud RI No. 690/DIKTI/Kep/1993 tentang Pemberian Ijin Penyelenggaraan Program Magister dan Program Doktor di UGM (Lampiran 1). Adapun Program Doktor yang termaktub di dalam SK tersebut adalah Program Doktor Bidang Ilmu-Ilmu Pertanian, Teknik, Kesehatan, Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam, Humaniora, dan Sosial. Program Doktor Bidang Ilmu-ilmu Pertanian terdiri dari 11 (sebelas) program studi, yaitu: Agronomi, Ilmu Ekonomi Pertanian, Fitopatologi, Ilmu Hama Tumbuhan, Ilmu Pemuliaan Tanaman, Ilmu Tanah, Ilmu Pangan, Ilmu Teknik Pertanian, Ilmu Peternakan, Sain Veteriner, dan Ilmu Kehutanan.

Pelaksanaan Program Doktor Bidang Ilmu-Ilmu Pertanian saat ini mengacu pada SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Rl No 212/U/1999 tentang Penyelenggaraan Program Doktor (Lamp. 4), SK Menteri Pendidikan Nasional Rl No. 232/U/2000 tentang Pedoman Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi (Lamp. 5) dan Peraturan UGM tentang Penyelenggaraan Program Doktor (S-3) Tahun 2001 (Lampiran 6).

Penyelenggaraan Program Pasca Sarjana Ilmu Peternakan menjadi monodisiplin yang dikelola oleh Fakultas Peternakan UGM sesuai keputusan Rektor UGM No 89/P/SK/ HT/ 2006, dimulai sejak 9 Maret 2006.

Buku Panduan Pendidikan Doktor Bidang Ilmu Peternakan 5

I.3. Visi dan Misi

I. 3.1. Visi

Visi Program Doktor adalah pendidikan yang menghasilkan doktor bertaraf internasional dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang peternakan, yang mempunyai integritas keilmuan, bermartabat, berbudi luhur, serta peduli terhadap permasalahan umat manusia dan lingkungannya.

1.2.2. Misi

Misi Program Doktor adalah:

a. Menyelenggarakan pendidikan peternakan secara tersetruktur untuk mengembangkan ilmu dan teknologi yang dapat memecahkan permasalahan di bidang peternakan baik nasional maupun internasional

b. Mengembangkan penelitian dan teknologi bertaraf internasional yang berbasis kearifan lokal untuk kesejahteraan umat manusia

c. Mengembangkan kerjasama dalam ilmu dan teknologi peternakan dengan universitas lain, lembaga-lembaga penelitian, dunia usaha dan industri baik nasional maupun internasional

I.4. Tujuan Pendidikan

Pendidikan Doktor dalam Ilmu Peternakan bertujuan menghasilkan lulusan sesuai kualifikasi yang digariskan oleh Universitas Gadjah Mada yaitu :

1. Berjiwa Pancasila dan memiliki integritas ilmiah.2. Bersikap terbuka, tanggap terhadap perkembangan ilmu,

teknologi, dan seni serta permasalahan yang dihadapi masyarakat.

Buku Panduan Pendidikan Doktor Bidang Ilmu Peternakan6

3. Memiliki wawasan dan kemampuan dasar keilmuan dan ketrampilan teknis yang diperlukan untuk mengadaptasi dan/ atau menciptakan metodologi baru yang akan dipergunakan dalam melakukan telaah taat kaidah.

4. Menguasai pendekatan teori, konsep dan paradigma yang paling sesuai dengan bidang keahliannya.

5. Akrab dengan permasalahan dan karya serta pemikiran terbaru para ahli dalam kawasan keahliannya.

6. Mampu menggunakan pengetahuan dan ketrampilan dalam kawasan keahliannya untuk menemukan jawaban dan/ atau memecahkan permasalahan yang kompleks termasuk yang memerlukan pendekatan lintas disiplin.

7. Mampu mengkomunikasikan pemikiran serta hasil karyanya baik dengan sejawat maupun khalayak yang lebih luas.

8. Mempunyai kemampuan untuk mengembangkan konsep ilmu di dalam bidang keahliannya melalui penelitian,

9. Mempunyai kemampuan mengelola, melakukan, dan mengembangkan program penelitian,

10. Mempunyai kemampuan melakukan pendekatan multidisipliner/ interdisipliner dalam berkarya dalam bidang keahliannya.

I. 5. Sasaran Program StudiSasaran Program studi doktor Ilmu Peternakan adalah menghasilkan lulusan berderajat Doktor yang mandiri, berintergritas keilmuan dalam memecahkan permasalahan peternakan pada masyarakat di tingkat nasional maupun internasional.

I.6. Strategi Pencapaian

Untuk mencapai keberhasilan studi baik dipandang dari masa studi maupun predikat kelulusan dilakukan strategi sebagai berikut:

Buku Panduan Pendidikan Doktor Bidang Ilmu Peternakan 7

1. Menyiapkan dan mengevaluasi secara periodik kurikulum pendidikan Doktor di Fakultas Peternakan UGM yang berorientasi kepada kesesuaian visi pendidikannya.

2. Menugaskan Dosen yang mempunyai dedikasi dan kualifikasi pendidikan tinggi sesuai dengan bidang keilmuan dan pengalamannya, baik dalam perkuliahan maupun pembimbingan disertasi.

3. Memberi kesempatan kepada peserta program Doktor untuk berkolaborasi dengan peneliti, baik dari institusi dalam maupun luar negeri yang telah mempunyai program kerjasama dengan Fakultas Peternakan UGM.

4. Mengangkat dosen luar biasa yang mempunyai reputasi tinggi dalam bidang keilmuannya, baik dari dalam, maupun luar negeri yang akan bertugas sebagai dosen tamu dan/atau sebagai co-promotor.

5. Menyediakan fasilitas pendukung pendidikan yang diperlukan oleh peserta pendidikan Doktor secara optimal sesuai dengan kebutuhannya.

6. Mempersiapkan panduan akademik program Doktor yang mampu memberikan penjelasan secara baik kepada peserta pendidikan.

Buku Panduan Pendidikan Doktor Bidang Ilmu Peternakan8

II. PENERIMAAN PESERTA PENDIDIKAN DOKTOR

II.1. Syarat-syarat Pelamar

Pelamar dapat diterima setelah memenuhi persyaratan melalui prosedur penentuan mahasiswa baru sebagai berikut :

a. Syarat akademik

1. Lulusan program pendidikan S2 yang sebidang dengan ilmu peternakan (minat studi Nutrisi dan Makanan Ternak, Produksi Ternak, Teknologi Hasil Ternak, dan Sosial Ekonomi Peternakan), memiliki indeks prestasi (IP) minimal 3,50 atau IP minimal 3,25 dengan 3 karya ilmiah yang diterbitkan dalam majalah ilmiah yang terakreditasi sebagai penulis utama.

Buku Panduan Pendidikan Doktor Bidang Ilmu Peternakan 9

2. Lulusan program pendidikan S2 yang tidak sebidang memiliki IP minimal 3,75 atau IP minimal 3,50 ditambah 3 karya ilmiah yang relevan dengan bidang ilmunya dan telah diterbitkan dalam majalah ilmiah yang terakreditasi sebagai penulis utama.

3. Lulusan program sarjana (S1) dengan predikat tertinggi (cum laude), telah terdaftar sebagai mahasiswa S2, dan telah memiliki 5 karya ilmiah hasil penelitian yang diterbitkan dalam majalah ilmiah yang terakreditasi sebagai penulis pertama. Konversi S2 ke S3 dapat dilakukan antara lain telah menempuh 20 SKS dengan IP minimal 3,50 (SK Rektor UGM, No 282/P/SK/HT/2009 ).

4. Lulusan program pendidikan S1 yang tidak sebidang dengan predikat tertinggi (cum laude), terdaftar sebagai mahasiswa S2, memiliki 5 karya ilmiah hasil penelitian yang diterbitkan dalam majalah ilmiah yang terakreditasi sebagai penulis pertama, Konversi S2 ke S3 dapat dilakukan antara lain telah menempuh 20 SKS dengan IP minimal 3,75 (SK Rektor UGM, No 282/P/SK/HT/2009 ).

5. Mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan S2 pada Program Studi Ilmu Peternakan telah memperoleh ≥15 sks dengan IP 4,00 pada dua semester pertama dan memenuhi persyaratan pada bab II.1.b dapat langsung diterima sebagai peserta pendidikan S3 tanpa menyelesaikan kekurangan beban studi termasuk tesis setelah mendapat rekomendasi dari Tim seleksi yang ditentukan oleh Dekan/Penanggung jawab S3, dan beban studi selama menjadi peserta disetarakan dengan peserta yang berpendidikan S2 sebidang, disertai izin sponsor/instansi bagi yang sudah bekerja. Beban studi yang bersangkutan setara dengan peserta berkualifikasi lulusan S2 sebidang.

Buku Panduan Pendidikan Doktor Bidang Ilmu Peternakan10

b. Kemampuan bahasa dan potensi akademik

Pada waktu mendaftar, pelamar harus mempunyai kemampuan berbahasa Inggris yang dikuatkan dengan sertifikat TOEFL Internasional/Pusat Pelatihan Bahasa UGM dengan nilai minimal 450 serta sanggup mencapai nilai sekurang-kurangnya TOEFL 500 sebelum menempuh ujian komprehensif. Pelamar berijazah S2 lulusan luar negeri yang tesisnya berbahasa Inggris persyaratan TOEFL tersebut tidak berlaku. Selain itu calon doctor disyaratkan memiliki hasil tes TPA minimal 550.

c. Minat studi yang dipilih

Program Studi Doktor bidang Peternakan terdiri dari empat minat studi: 1. Nutrisi dan Makanan Ternak, 2. Produksi Ternak, 3.Teknologi Hasil Ternak, 4. Sosial Ekonomi Peternakan.

d. Syarat-syarat administrasi

1. Bukti pembayaran pendaftaran sebagai pelamar,

2. Salinan ijazah sarjana (S1 dan/ atau S2) dan transkrip akademik yang telah disahkan,

3. Bukti karya ilmiah yang dipersyaratkan,

4. Bukti pendidikan tambahan yang pernah diikuti,

5. Kegiatan ilmiah yang pernah diikuti,

6. Riwayat hidup dan riwayat pekerjaan,

7. Garis besar rencana penelitian untuk disertasi,

8. Surat izin dari instansi yang berwenang bagi calon yang sudah bekerja,

9. Tiga rekomendasi, satu dari atasan tentang kepibadian dan integritas calon, dua dari mantan pembimbing, atau mantan dosen tentang kemampuan akademik pelamar (formulir disediakan oleh Program Pascasarjana),

10. Surat keterangan kemampuan berbahasa Inggris (Internasional TOEFL atau dari Pusat Pelatihan Bahasa UGM)

Buku Panduan Pendidikan Doktor Bidang Ilmu Peternakan 11

e. Persyaratan kesehatan

Kesehatan calon doktor dibuktikan dengan surat keterangan sehat dari dokter rumah sakit pemerintah.

II.2. Prosedur Melamar

Lamaran diajukan secara tertulis dengan mengisi formulir yang telah disediakan:

a. Lamaran disampaikan kepada Direktur Administrasi Akademik UGM dengan alamat Kantor Pusat UGM, Lt. 1, Sayap Selatan, Bulaksumur, Yogyakarta 55281.

b. Surat lamaran menyebutkan program studi bidang ilmu Peternakan, minat studi, dan kapan akan mengikuti Program Pendidikan Doktor.

c. Surat lamaran dibuat rangkap dua.

II.3. Waktu Melamar

Pelamar dapat mengajukan lamarannya setiap waktu, dengan ketentuan sebagai berikut :

a. Pelamar yang ingin diterima pada Semester Gasal (yang dimulai pada bulan September), surat lamarannya harus diterima oleh Direktur Administrasi Akademik UGM paling lambat akhir bulan Juni.

b. Pelamar yang ingin diterima pada Semester Genap (yang dimulai pada bulan Februari), surat lamarannya harus telah diterima oleh Direktur Administrasi Akademik UGM paling lambat akhir bulan Desember, tahun sebelumnya,

c. Bagi yang ingin memperoleh Beasiswa Program Pascasarjana (BPPS) dari Departemen Pendidikan Nasional, waktu untuk mengajukan lamaran disesuaikan dengan periode anggaran yaitu sampai akhir bulan April.

Buku Panduan Pendidikan Doktor Bidang Ilmu Peternakan12

II. 4. Seleksi Penerimaan Peserta Pendidikan Doktora. Seleksi didasarkan atas kriteria berikut :

1. Latar belakang pengetahuan yang dimiliki pelamar mencakup :a) Pendidikan formal yang pernah diikuti, lama studi,

dan hasilnya (IP komulatif)b) Karya ilmiah yang pernah ditulis, dan c) Kegiatan lain yang ada kaitannya dengan bidang

studi yang diikutinya.

2. Garis besar rencana penelitian untuk disertasi, 3. Kepribadian dan integritas calon,

b. Hasil seleksi diberitahukan kepada pelamar oleh Dekan Fakultas Peternakan atas nama Rektor UGM.

II.5. Pendaftaran berbasis Sistem Informasi Registrasi (sireg)

a. Pelamar yang diterima, mendaftarkan diri sebagai peserta pendidikan Doktor di Administrasi Program Pascasarjana Direktorat Administrasi Akademik UGM, dengan mengisi formulir pendaftaran ulang, termasuk membawa kesediaan calon pembimbing/promotor. Apabila tidak mendaftar ulang, dianggap mengundurkan diri.

b. Pelamar yang diterima mengikuti program pendidikan Semester Gasal diwajibkan mendaftarkan diri sebagai peserta pendidikan Doktor paling lambat akhir bulan Agustus, sedangkan pelamar yang diterima mengikuti pendidikan Semester Genap, wajib mendaftarkan diri paling lambat akhir bulan Januari.

c. Pelamar yang diterima membayar beaya pendidikan sesuai ketentuan yang berlaku.

d. Setiap peserta pendidikan Doktor melakukan pendaftaran ulang setiap semester.

e. Bagi yang tidak mendaftar ulang tanpa keterangan maka pada pendaftaran ulang semester berikutnya diharuskan melunasi beaya pendidikan semester sebelumnya.

Buku Panduan Pendidikan Doktor Bidang Ilmu Peternakan 13

III. PROSES PENDIDIKAN

III.1. Perkuliahan Perkuliahan pendidikan doktor terdiri

atas :a. Program perkuliahan, b. Penyusunan disertasi.

III.2. Beban Studia. Bagi peserta pendidikan doktor yang berpendidikan S2

sebidang, ditempuh maksimum 10 semester dengan beban pendidikan ≥ 44 sks, terdiri dari perkuliahan ≥12 sks (mata kuliah level S3 ≥ 50% dan level S2 ≤ 50 %) dan Disertasi 32 sks (termasuk 2 sks seminar Disertasi)

b. Bagi peserta pendidikan doktor yang berpendidikan S2 tidak sebidang, ditempuh maksimum 11 semester dengan beban pendidikan ≥ 56 sks, terdiri dari Disertasi 32 sks

Buku Panduan Pendidikan Doktor Bidang Ilmu Peternakan14

(termasuk 2 sks seminar Disertasi) perkuliahan 24 sks (mata kuliah level S3 ≥ 40% dan level S2 ≤ 60 %)

c. Semua mata kuliah dapat diambil secara inter, intra dan/atau antar program studi dalam maupun luar universitas atas persetujuan Promotor.

d. Disertasi merupakan bagian terbesar persyaratan (major fulfillment) dalam menyelesaikan pendidikan doktor.

III.3. Penunjukan pembimbing, Pembimbingan, dan Penggantian pembimbing/penilai/penguji

a. Penunjukan pembimbing

Penunjukan Tim Pembimbing (promotor) dilakukan oleh Pengelola Program Doktor berdasarkan kompetensi dosen dan usulan calon mahasiswa Program Doktor. Tim Promotor berjumlah tiga orang, dimungkinkan empat orang dengan persetujuan Pengelola Program Doktor. Tim promotor terdiri atas Promotor dan 2 Ko Promotor. Promotor harus bergelar Doktor, minimal mempunyai jabatan fungsional Lektor Kepala, sedangkan Ko Promotor bergelar doktor, minimal mempunyai jabatan fungsional Lektor atau yang sederajad (Peneliti madya).

b. Pembimbingan

1. Peserta didik doktor wajib secara aktif berusaha untuk mendapat bimbingan yang teratur dari Tim Promotor.

2. Perserta didik doktor dengan bimbingan Tim Promotor wajib menyusun usulan penelitian disertasi dalam waktu selambat-lambatnya satu tahun, setelah semua matakuliah yang ditempuh lulus.

3. Agar pembimbingan dapat berjalan secara efektif peserta didik doktor diwajibkan berada di kampus selama studi. Keberadaan di luar kampus misal melakukan penelitian di luar kampus atau kepentingan studi lain harus seijin promotor.

4. Peserta didik doktor diwajibkan menyerahkan laporan kemajuan studi secara tertulis setiap enam bulan sekali

Buku Panduan Pendidikan Doktor Bidang Ilmu Peternakan 15

kepada Pengelola Program Doktor, yang mendapat pengesahan Tim Promotor.

5. Tim Promotor secara teratur membimbing peserta pendidikan doktor dalam penyusunan usulan penelitian, penyiapan ujian komprehensif, pelaksanaan penelitian, penulisan disertasi, dan penyiapan ujian akhir.

c. Penggantian pembimbing/penilai/penguji

Penggantian pembimbing (promotor dan/ atau ko promotor)/Penilai/ Penguji dapat dilakukan yang disebabkan karena Pembimbing/Penilai/Penguji berhalangan tetap, sakit, tugas negara dalam waktu relatif lama, atau tidak sesuai dengan kompetensinya lagi, sehingga cukup mengganggu kelancaran studi calon doktor.

Penentuan Pembimbing/Penilai/Penguji pengganti dilakukan melalui rapat Tim Pembimbing dan Pengelola Program S3 yang didasarkan pada kompetensinya dengan mempertimbangkan usulan calon doktor.

III.4. Penilaian Perkuliahan dan Ujian Komprehensif

a. Evaluasi terhadap kemampuan akademik dilaksanakan melalui ujian perkuliahan, seminar, penyusunan usulan penelitian disertasi, dan ujian komprehensif.

b. Evaluasi pertama bagi peserta pendidikan doktor dilakukan pada awal tahun kedua. Apabila setelah dua semester, matakuliah yang ditempuh belum mencapai 6 sks dengan minimal IPK 3, peserta pendidikan doktor dinyatakan tidak mampu menyelesaikan studi, sehingga tidak diperkenankan melanjutkan. Evaluasi kedua dilakukan pada akhir 4 kali masa perkuliahan (empat semester). Apabila matakuliah yang ditempuh belum mencapai 12 sks dengan IPK minimal 3,25, peserta pendidikan doktor dinyatakan tidak mampu menyelesaikan studi, sehingga tidak diperkenankan melanjutkan.

Buku Panduan Pendidikan Doktor Bidang Ilmu Peternakan16

c. Ujian komprehensif mencakup :

1. Penguasaan metodologi penelitian di bidang ilmu.

2. Penguasaan materi bidang ilmunya baik yang bersifat dasar maupun khusus.

3. Kemampuan penalaran termasuk kemampuan untuk mengadakan abstraksi.

4. Kemampuan sistematisasi dan perumusan hasil pemikiran.

d. Ujian komprehensif dilakukan sebelum dimulai penelitian untuk disertasi.

e. Pelaksanaan ujian komprehensif

1. Peserta pendidikan doktor dapat mengikuti ujian komprehensif setelah memenuhi persyaratan antara lain telah menempuh matakuliah minimal 12 sks dengan Indeks Prestasi 3,25.

2. Ujian komprehensif ditempuh paling lambat satu tahun setelah dipenuhi persyaratan butir 1. Apabila dalam waktu yang telah ditentukan (maksimal tiga tahun, terhitung dari saat terdaftar) tanpa alasan yang dapat dipertanggung-jawabkan belum menempuh ujian komprehensif, maka peserta pendidikan doktor tidak diijinkan melanjutkan studi.

3. Menyerahkan 7 kopi usulan penelitian yang telah diseminarkan dan disahkan oleh Tim Promotor.

4. Ujian komprehensif dilaksanakan oleh Tim Penguji (Tim Penilai Usulan Disertasi) yang terdiri atas ketua dan anggota yang merupakan Tim Promotor, dan tiga pakar dalam bidang ilmu yang relevan, dengan kualifikasi jabatan akademik sekurang-kurangnya Lektor dan bergelar doktor dan disahkan oleh dekan. Tiga anggota penguji ini selanjutnya akan bertindak

Buku Panduan Pendidikan Doktor Bidang Ilmu Peternakan 17

sebagai penilai kelayakan disertasi, setelah mendapat surat penunjukan dari Dekan/Penanggung Jawab Program Studi.

5. Ujian dilaksanakan secara lisan selama 120 menit termasuk presentasi usulan penelitian untuk disertasi selama 30 menit. Ujian tetap dilaksanakan walaupun salah satu pembimbing dan/ atau penilai tidak hadir.

6. Hasil ujian dinyatakan lulus dan tidak lulus.

7. Bila tidak lulus, ujian ulangan hanya boleh diadakan satu kali dan harus diselesaikan dalam waktu enam bulan terhitung sejak ujian komprehensif yang pertama. Waktu ujian ulangan ditetapkan oleh Dekan/Penanggung Jawab atas saran Tim Promotor. Apabila ujian ulangan tidak lulus, peserta didik doktor tidak diperkenankan melanjutkan studi.

8. Keputusan hasil ujian ditentukan oleh rapat tim penguji, dan disampaikan langsung kepada peserta pendidikan doktor pada saat ujian berakhir.

9. Para peserta didik doktor yang sudah dinyatakan lulus ujian komprehensif dan sudah memperbaiki proposal disertasinya sesuai saran Tim Penguji berubah statusnya dari calon mahasiswa program doktor menjadi calon doktor.

III.5. Penelitian untuk Disertasi

a. Penelitian untuk disertasi dilaksanakan setelah dinyatakan lulus ujian komprehensif.

b. Setiap akhir semester calon doktor diwajibkan melaporkan secara tertulis tentang kemajuan pelaksanaan penelitian kepada Dekan/Penanggung Jawab dan Ketua Program Studi S2/S3 di Fakultas yang disahkan oleh Tim Promotor.

c. Hasil penelitian diseminarkan minimal dua kali yang ditentukan oleh Tim Promotor/Ketua Program Studi S2/S3

Buku Panduan Pendidikan Doktor Bidang Ilmu Peternakan18

III. 6. Penyusunan Disertasi

a. Disertasi adalah karya tulis akademik hasil penelitian mendalam yang dilakukan secara mandiri oleh calon doktor di bawah pengawasan Promotor dan Ko-promotor berisi: 1. sumbangan baru bagi perkembangan ilmu pengetahuan, 2. menemukan jawaban baru bagi masalah-masalah yang sementara telah diketahui jawabannya 3. mengajukan pertanyaan-pertanyaan baru terhadap hal-hal yang dipandang telah mapan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

b. Disertasi harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut :

1. Ditulis dalam Bahasa Indonesia atau bahasa Inggris dengan persetujuan Tim Promotor,

2. Ditulis menurut format dan cara penulisan yang telah ditentukan,

3. Dilengkapi dengan intisari (abstract) maksimum 500 kata dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

4. Dilengkapi ringkasan dalam bahasa Indonesia dan summary (ringkasan dalam bahasa Inggris), dijilid tersendiri sehingga bukan merupakan bagian disertasi

Buku Panduan Pendidikan Doktor Bidang Ilmu Peternakan 19

IV. EVALUASI PENDIDIKAN

IV.1. Evaluasi Hasil Studi

a. Evaluasi bagi para calon doktor

1. Evaluasi selama penelitian dilakukan setiap akhir semester dengan menyerahkan laporan kemajuan penelitian yang disahkan oleh Tim Promotor. Apabila Tim Promotor menilai bahwa calon doktor dipandang tidak mampu menyelesaikan studi dalam waktu yang ditetapkan, maka calon doktor dinyatakan tidak diperkenankan melanjutkan studi,

2. Sebelum ujian disertasi, dilakukan penilaian kelayakan disertasi oleh Tim Penilai disertasi. Ujian disertasi akan dilakukan setelah disertasi dinyatakan layak oleh tim penilai.

3. Tim Penilai ditunjuk oleh Dekan/Penanggung Jawab Program Studi dengan mempertimbangkan masukan Tim Promotor

4. Tim penguji disertasi ditunjuk oleh Dekan/Penanggung Jawab Program Studi yang terdiri atas Tim Promotor, Tim

Buku Panduan Pendidikan Doktor Bidang Ilmu Peternakan20

Penilai, ditambah dua pakar yang sebidang yang berasal dari dalam dan luar UGM. Ujian disertasi dipimpin oleh Dekan/Penanggung Jawab Program Studi.

5. Evaluasi terakhir bagi calon doktor, adalah ujian disertasi, apabila tidak lulus, ujian ulangan hanya boleh dilakukan satu kali selambat-lambatnya enam bulan terhitung sejak ujian pertama.

b. Penilaian lulusan Pendidikan Doktor dan penentuan predikat kelulusannya didasarkan atas semua nilai matakuliah dan nilai ujian disertasi

IV.2. Penilaian Disertasi

a. Evaluasi kelayakan disertasi yang sudah disetujui Tim Promotor dilakukan oleh Tim Penilai Disertasi,

b. Penilaian disertasi dilakukan oleh Tim Penilai Disertasi yang berasal dari tim penilai usulan disertasi terdiri atas tiga orang, salah satunya berkedudukan sebagai ketua merangkap anggota.

c. Anggota Tim Penilai Disertasi ialah tenaga pengajar yang :

1. Bidang ilmunya sama atau mempunyai pertalian yang erat dengan isi disertasi,

2. Sedapat mungkin berkedudukan tetap pada Universitas Gadjah Mada,

3. Menduduki jabatan akademik sekurang-kurangnya lektor dan bergelar Doktor.

4. Sanggup menjadi Tim Penilai dalam waktu yang telah ditentukan, yang dinyatakan dalam surat kesanggupan.

d. Dasar penilaian disertasi meliputi antara lain: materi, kemampuan penalaran, metodologi, tatatulis, dan konsistensi uraian,

f. Proses penilaian dan perbaikan.

Buku Panduan Pendidikan Doktor Bidang Ilmu Peternakan 21

1. Selambat-lambatnya satu bulan setelah menerima draf disertasi, Tim Penilai Disertasi mengadakan rapat untuk menilai dan membahas naskah disertasi dengan mengundang Tim Promotor sebagai sumber informasi,

2. Tim Penilai menyampaikan hasil rapat penilaian disertasi secara tertulis kepada Dekan/Penanggung Jawab disertai pertimbangan (kalau ada), guna menyempurnakan naskah disertasi.

Dekan/Penanggung Jawab menyampaikan hasil penilaian kepada Tim Promotor,

3. Perbaikan naskah disertasi atas saran Tim Penilai harus dikerjakan dalam waktu selama-lamanya 6 bulan,

4. Setelah Tim Promotor dan calon doktor memperhatikan pertimbangan Tim Penilai, calon doktor menyerahkan sepuluh buah naskah disertasi dan ringkasan yang telah diperbaiki kepada Dekan/Penanggung Jawab atau Ketua Program Studi S2/S3 di Fakultas.

5. Apabila salah satu anggota promotor dan/ atau anggota penilai berhalangan hadir, penilaian tetap diselenggarakan.

IV.3. Ujian Disertasi

Ujian disertasi dapat dilaksanakan setelah calon doktor menyerahkan semua persyaratan yang ditentukan. Pada prinsipnya ujian dilakukan dua kali yaitu ujian tertutup dilanjutkan ujian terbuka.

Ujian tertutup dilanjutkan dengan ujian terbuka bagi calon doktor yang tidak mempunyai publikasi sekurang-kurangnya satu publikasi pada jurnal nasional terakreditasi dan/ atau internasional yang terkait dengan disertasinya atau publikasi dalam prosiding seminar internasional yang diakui oleh Pengelola Program Doktor. Ujian terbuka dapat dilakukan bagi calon doktor yang memang menghendaki.

Buku Panduan Pendidikan Doktor Bidang Ilmu Peternakan22

Calon doktor yang tidak lulus, masih diberi kesempatan mengulang satu kali. Penilaian ujian meliputi: penguasaan materi, kekuatan penalaran atau cara penyusunan argumen dalam pengambilan keputusan atau kesimpulan, metodologi, tatatulis, dan konsistensi uraiannya.

Tata cara Ujian Disertasi

a. Dekan/Penanggung Jawab S3 mengundang rapat kelayakan penilaian disertasi yang terdiri dari Dekan/Penanggung Jawab S3, Ketua Program Studi S3, Tim Penilai, dan Tim Promotor untuk menentukan: kelayakan disertasi, tim penguji, dan tanggal ujian.

b. Tim penguji disertasi terdiri dari Dekan/Penanggung Jawab (sebagai Ketua), Tim Promotor, tiga orang Penilai Disertasi, dan dua orang Penguji tambahan yang relevan dengan topik disertasi, dengan syarat Guru Besar atau berderajat Doktor.

2. Apabila Dekan/Penanggung Jawab berhalangan hadir pada Ujian Tertutup dapat digantikan oleh Ketua Program Studi S3

3. Penguji tambahan ditunjuk oleh Dekan/Penanggung Jawab sebanyak dua orang atas masukan Tim Promotor dan Tim Penilai. Salah satu Penguji Tambahan harus dari luar Universitas Gadjah Mada, apabila Tim Promotor dan Tim Penilai tidak ada yang berasal dari luar Universitas Gadjah Mada.

4. Disertasi lengkap sebanyak 10 eksemplar harus sudah diterima oleh Bagian Pendidikan Pascasarjana paling lambat 14 hari sebelum ujian dilaksanakan untuk diteruskan kepada Tim Penguji.

Ujian Tertutup

1. Ujian tertutup berlangsung selama 150 menit, termasuk 30 menit penyampaian pokok-pokok disertasi/penemuan baru oleh calon doktor.

Buku Panduan Pendidikan Doktor Bidang Ilmu Peternakan 23

2. Pakaian Tim Penguji dan calon doktor adalah Pakaian Sipil Lengkap (PSL),

3. Penilaian ujian tertutup sekurang-kurangnya :a. penguasaan materib. kekuatan penalaran atau cara penyusunan argumentasi

dalam pengambilan keputusan atau kesimpulanc. gaya dan tata tulis serta konsistensi uraiannya.

4. Ketentuan lulus bila nilai ujian rata-rata dari semua penguji minimal IP 3,00

5. Hasil ujian tertutup berupa keputusan:

a. Lulus tanpa perbaikan

b. Lulus dengan perbaikan. Perbaikan maksimal 3 bulan sejak ujian tertutup

c. Tidak lulus. Calon doktor diberi kesempatan mengulang paling

lambat satu tahun.

Disertasi diperbaiki sesuai dengan saran Tim Penguji. Setelah disertasi disetujui Tim Penguji, diadakan rapat Tim Penguji untuk menentukan tanggal Ujian Tertutup ulangan.

6. Mahasiswa yang lulus tanpa perbaikan, dan lulus dengan perbaikan maksimal 3 bulan, Tim Penguji menyampaikan alternatif kepada calon doktor akan menempuh Ujian Terbuka atau mengikuti Wisuda Program Doktor.

7. Mahasiswa yang dinyatakan lulus tanpa perbaikan bila memilih Ujian Terbuka, dapat langsung ditetapkan tanggal Ujian Terbuka.

8. Mahasiswa yang dinyatakan lulus dengan perbaikan, maksimal perbaikan dilakukan 3 bulan, perbaikan naskah disertasi harus disetujui Tim Penguji, jika tidak dapat menyelesaikan tugasnya diwajibkan menempuh ujian lagi.

9. Bila Tim Penguji ujian disertasi memutuskan calon doktor tidak lulus, calon doktor diberi kesempatan untuk ujian

Buku Panduan Pendidikan Doktor Bidang Ilmu Peternakan24

ulangan selambat-lambatnya dalam waktu 6 bulan.

10. Bila Tim Penguji ujian disertasi memutuskan calon doktor lulus, Tim Penguji mengadakan rapat yudisium, untuk menentukan predikat kelulusan. Yudisium dilakukan untuk menentukan predikat kelulusan berdasarkan nilai mata kuliah yang diambil, nilai seminar, penulisan disertasi, dan ujian tertutup, publikasi/ujian terbuka.

11. Ujian tetap diselenggarakan, meskipun salah satu dari anggota promotor dan/ atau penguji berhalangan hadir.

Ujian Terbuka

1. Tim Penguji ujian terbuka sama dengan tim Penguji pada Ujian Tertutup

2. Apabila mahasiswa lulus Ujian Tertutup dengan perbaikan disertasi, maka perbaikan disertasi harus disetujui Tim Penguji secara tertulis.

3. Disertasi yang sudah diperbaiki, diterima oleh Tim Penguji paling lambat telah 14 hari sebelum ujian terbuka

4. Disertasi sebanyak 10 eksemplar ditambah ringkasan disertasi 10 eksemplar dan ringkasan disertasi (press release, maksimal 2 halaman), khusus untuk publikasi wartawan 5 exemplar

5. Tanggal Ujian Terbuka ditentukan oleh Dekan/Penanggung Jawab setelah konsultasi dengan Tim Penguji.

6. Waktu ujian Terbuka selama 60 menit.

7. Ujian disertasi terbuka dapat dihadiri oleh siapa saja yang berminat,

8. Masing-masing Tim Penguji diberi formulir hasil ujian terbuka

9. Hasil Ujian Terbuka ikut menentukan predikat kelulusan yaitu Cum laude/Sangat Memuaskan/Memuaskan.

10. Setelah ujian selesai, Tim Penguji mengadakan rapat yudisium untuk menentukan predikat kelulusan.

Buku Panduan Pendidikan Doktor Bidang Ilmu Peternakan 25

Yudisium dilakukan untuk menentukan predikat kelulusan berdasarkan nilai mata kuliah yang diambil, nilai seminar, penulisan disertasi, dan ujian tertutup, publikasi/ujian terbuka.

11. Ujian tetap diselenggarakan, meskipun salah satu tim promotor dan/ atau penguji berhalangan hadir.

IV.4. Predikat Kelulusan dan Pemberian Ijazah

1. Penilaian kelulusan

Teori (matakuliah) : ≥ 12 sks Disertasi 32 sks Seminar hasil penelitian 2 sks Penulisan dan Ujian disertasi 30 sks (100%): Penulisan disertasi 70% Tinjauan Pustaka 15% Landasan Teori 10% Materi dan Metode 20% Hasil dan Pembahasan 25% Ujian disertasi 30%

a. Ujian tertutup dan publikasi 30% b. Ujian tertutup dan terbuka: Tertutup 20% Terbuka 10%

Predikat kelulusan didasarkan pada nilai kuliah dan tugas-tugas yang lain, disertasi, dan hasil ujian akhir.

2. Predikat kelulusan dengan pujian (cum laude) hanya dapat diberikan apabila IPK ≥ 3,75 dengan lama masa studi tidak melebihi 5 tahun; sangat memuaskan apabila IPK antara 3,50 dan 3,75; memuaskan apabila IPK < 3,50.

3. Ketua tim Penguji mengumumkan predikat kelulusan pada Ujian Terbuka. Hasil Yudisium ditanda tangani Dekan/Penanggung Jawab Program Doktor

4. Ijazah ditandatangani oleh Dekan/Penanggung Jawab dan Rektor:

Buku Panduan Pendidikan Doktor Bidang Ilmu Peternakan26

a. Diberikan pada hari wisuda bagi yang ujian tertutup.b. Diberikan setelah ujian selesai dan dinyatakan lulus

pada ujian terbuka

5. Pada ujian terbuka, setelah promovendus dinyatakan lulus, dipersilakan mengenakan toga, dilanjutkan pemberian ijazah, pembacaan janji alumni, dan sambutan Promotor.

IV.5. Batas Waktu Studia. Calon doktor wajib menyelesaikan pendidikannya

maksimum dalam waktu :

1. Duabelas (12) semester, bagi calon doktor berpendidikan S1 sebidang,

2. Sepuluh (10) semester, bagi calon doktor berpendidikan S2 sebidang,

3. Tiga belas (13) semester, bagi calon doktor berpendidikan S1 tidak sebidang

4. Sebelas (11) semester, bagi calon doktor berpendidikan S2 tidak sebidang.

b. Calon doktor yang belum dapat menyelesaikan studi dalam waktu yang ditentukan, tidak diperbolehkan melanjutkan studinya,

c. Dalam keadaan khusus, atas usul Tim Promotor dan dengan persetujuan Dekan/Penanggung Jawab, perpanjangan dapat diberikan dalam waktu dua kali enam bulan (dua semester). Bila setelah waktu perpanjangan ini calon doktor belum dapat menyelesaikan disertasinya, ia dikeluarkan dari pendidikan Doktor,

d. Ijin cuti akademik dapat diberikan oleh Dekan/Penanggung Jawab sesudah peserta didik doktor lulus ujian komprehensif, untuk jangka waktu seluruhnya tidak lebih dari dua kali satu semester. Selama cuti, masa studi tidak diperhitungkan.

Buku Panduan Pendidikan Doktor Bidang Ilmu Peternakan 27

V. KETENTUAN LAIN

1. Biaya pendaftaran dan biaya pendidikan untuk menyelenggarakan pendidikan Doktor pada dasarnya dibebankan kepada peserta pendidikan Doktor,

2. Peserta didik Doktor yang tidak melaksanakan heregistrasi dua semester berturut-turut dianggap mengundurkan diri sebagai peserta pendidikan Doktor,

3. Ketentuan-ketentuan lain yang belum termasuk dalam Buku Petunjuk ini akan diatur oleh Pendidikan Pascasarjana.

Buku Panduan Pendidikan Doktor Bidang Ilmu Peternakan28

VI. MATA KULIAH YANG DITAWARKAN

Semester Gasal

No Kode Mata kuliah sks1. PTN 811 Biokimia Lanjut 2/02. PTN 821 Pengembangan Kualitas Tanaman Pakan dengan

Teknik Kultur Jaringan dan Bio Molekuler2/0

3. PTD 811 Genetika Biometrika 2/04. PTD 821 Endrokrinologi Reproduksi Ternak 2/05. PTD 851 Fisiologi Unggas Lanjut 2/07. PTE 811 Ekonometrika Lanjut 2/08. PTE 821 Pengembangan Program Penyuluhan dan

Komunikasi Pembangunan Peternakan2/0

9. PTH 811 Ilmu Daging dan Daging Proses 2/010. PTH 812 Ilmu Telur dan Produk Telur 2/012. PTH 821 Ilmu dan Teknologi Protein Hewani 2/013. PTO 898 Seminar (Bagian dari SKS Disertasi) 2/014 PTO 899 Disertasi 30

Semester Genap

No Kode Mata kuliah SKS1 PTN 812 Metabolisme Mikrobia 2/02. PTN 831 Fisiologi Nutrisi Unggas 2/03. PTN 832 Fisiologi Nutrisi Ruminansia 2/04. PTN 841 Bioteknologi Pakan 2/ 05. PTD 812 Pendekatan Molekuler untuk Pemuliaan Ternak 2/ 06. PTD 822 Biologi Molekuler Sel 2/06. PTD 841 Biologi Pertumbuhan dan Perkembangan Ternak

Potong2/0

7 PTE 812 Topik Spesial Agrobisnis Peternakan 2/08. PTE 822 Manajemen Pelatihan dan Pengembangan SDM

Peternakan 2/0

9. PTH 822 Penanganan Limbah Industri Peternakan Lanjut 2/010. PTH 831 Bioteknologi Susu 2/011. PTO 898 Seminar (Bagian dari SKS Disertasi) 2/012. PTO 899 Disertasi 30

Buku Panduan Pendidikan Doktor Bidang Ilmu Peternakan 29

VII. SILABUS MATA KULIAH

Biokimia Lanjut (PTN 811) (2/0)

Membahas secara komprehensif proses biokimiawi dan pengaturannya di dalam sel meliputi proses biokimiawi karbohidrat, lemak, senyawa nitrogen, vitamin, mineral, dan senyawa anti nutrisi; topik-topik baru di bidang biokimia baik yang berhubungan langsung dengan proses produktivitas ternak maupun faktor-faktor lingkungan yang terkait.

Pengembangan Kualitas Tanaman Pakan dengan Teknik Kultur Jaringan dan Bio Molekuler (PTN 821) (2/0)

Membahas tentang komponen struktural tanaman, kemampuan mikrobia untuk memfiksasi N (nitrogen), toleransi tanaman terhadap kondisi lingkungan yang merugikan, kepekaan tanaman terhadap penyakit/hama, subtansi penghambat/anti nutrien, kontrol pertumbuhan tanaman dan deferensiasi, breeding tanaman, kultur callus dan suspensi sel, embriogenesis mikospora, isolasi protoplast, fusi dan kultur, serta membicarakan organogenesis dan embriogenesis secara in vitro.

Buku Panduan Pendidikan Doktor Bidang Ilmu Peternakan30

Genetika Biometrika (PTD 811) (2/0)

Membahas tentang metode untuk mengestimasi variansi dan kovariansi pada model linear. Model genetik dan kovariansi antar kerabat. Rancangan untuk mengestimasi komponen variansi genetik. Teori seleksi dan rancangan percobaan seleksi. Linear Mixed Model untuk prediksi nilai pemuliaan.

Endokrinologi Reproduksi Ternak (PTD 821) (2/0)

Membahas tentang peranan, tugas dan fungsi; hayati, faali, morfologi, (makromorfologi dan mikromorfologi), komunikasi, koordinasi, sinkronisasi, interaksi, interdependensi, deferensiasi, serta spesifikasi, dari: sistem hormonal, sistem endokrin, sistem neroendokrin, sistem sarafi (pusat/tepi/otonom), sistem hemovaskuler, sistem sediaan/preparat sintetis hormonal/ikatan kimiawi lain, pada : organ dan saluran reproduksi, baik yang primer, sekunder maupun tersier, yang terdapat pada jantan maupun betina, dari berbagai macam spesies serta bangsa ternak/hewan/satwa mamalia maupun unggas.

Fisiologi Unggas Lanjut (PTD 801) (2/0)

Membahas tentang fisiologi unggas dimulai dari peranan komplek major histokomptabilit, trandusksi sinyal dan reseptor faktor pertumbuhan dan sistem nervosa dari embrio sampai pada unggas dewasa serta pengaruhnya terhadap pertumbuhan dan produksi. Disamping itu dibahas pula regulasi dan laju lintas elektrolit terhadap pembentukan telur termasuk didalamnya peranan elektrolit cairan uterus dan kontrol folikuler terhadap peneluran. Beberapa teknik manipulasi terhadap nutrien telur dan perannya terhadap pertumbuhan embrio serta efeknya terhadap pembentukan jenis kelamin unggas.

Ekonometrika Lanjut (PTE 812) (2/0)

Mempelajari problem dan penerapan analisis regresi meliputi konsep estimasi, pendalaman penyimpangan asumsi klasik, penerapan model regresi Fungsi Produksi Cobb Douglass,

Buku Panduan Pendidikan Doktor Bidang Ilmu Peternakan 31

pendalaman dummy variable dan dependen dummy variable, model persamaan simultan, dan model time series.

Topik Special Agrobisnis Peternakan (PTE 811) (2/0)

Mempelajari konsep pembangunan antar sub sistem dalam agrobisnis, mengkaji secara empiris permasalahan agrobisnis peternakan dan pemecahannya serta implikasinya.

Pengembangan Program Penyuluhan dan Komunikasi Pembangunan Peternakan (PTE 821) (2/0)

Mempelajari konsep program dan pengembangan program, filosofi dan kerangka kerja pengembangan program penyuluhan dan komunikasi, pendekatan ilmiah dalam evaluasi penyuluhan dan komunikasi, perangkat evaluasi program, model-model evaluasi program, pedoman tahapan melakukan evaluasi formatif dan sumatif, serta eksperimen.

Manajemen Pelatihan dan Pengembangan SDM Peternakan (PTE 822) (2/0)

Mempelajari tentang peran pelatih dalam perubahan manusia dan organisasi, perencanaan efektif, pelibatan pembelajar secara aktif dalam pendidikan dan latihan mengelola ketrampilan manusia, teknik penilai berbasis kompetensi, secara terbaik mengevalusai pendidikan dan latihan, memaksimalkan potensi alat bantu dan penggunaan teknik presentasi dalam pendidikan dan latihan,

Ilmu Daging dan Daging Proses (PTD 811) (2/0)

Membahas tentang mikrostruktur otot, tipe serabut otot dan hubungannya dengan fisiologi serta pertumbuhan serabut otot, mikrobiologi, pengembangan daging proses, biokimia termasuk metabolisme protein, lemak, mineral, serabut otot, prediksi perubahan dan implementasi kualitas daging dan daging proses.

Buku Panduan Pendidikan Doktor Bidang Ilmu Peternakan32

Ilmu dan Teknologi Protein Hewani (PTH 281) (2/0)

Matakuliah ini mempelajari ilmu pada daging, susu, telur, dan hasil ikutannya termasuk kulit, mulai dari mikrostruktur, karakteristik dan potensi aplikasidalam pengolahan pangan, maupun non pangan. Protein seperti albumin, casein, gelatine, myosin, actin collagen akan dipelajari lebih mendalam. Perkembangan bioteknologi dalam rekayasa protein juga akan dipejari baik teori maupun aplikasinya

Penanganan Limbah Industri Peternakan Lanjut (PTH 822) (2/0)

Membahas tentang sifat-sifat limbah industri peternakan untuk menentukan macam penanganannya yang sesuai baik secara fisik, kimia dan biologi. Penekanan diberikan pada peran mikrobia dalam penanganan limbah industri peternakan baik secara aerobik maupun anaerobik pada beberapa sistem penanganan limbah seperti parit oksidasi, kolam aerasi, kolam anaerobik, kolam fakultatif, lagoon, trickling filter, lumpur aktif, digester gas bio dan pengomposan. Kajian terhadap penggunaan biomasa mikrobia untuk bioremediasi lingkungan yang tercemar logam berat merupakan salah satu topik yang menarik untuk didalami.

Metabolisme Mikrobia (PTN 812) (2/0)

Mempelajari secara singkat komparasi metabolisme sel eukariotik dan prokariotik dan proses yang terjadi di mikrobia dalam memanfaatkan gizi dari lingkungan untuk menghasilkan enerji dan senyawa reduktor. Mekanisme pemanfaatan enerji tersedia untuk keberadaan sel meliputi: struktur, membran, dinding sel, protein dan asam nukleat. Dipelajari pula proses metabolisme secara pendekatan reaksi molekuler. Menjelaskan tentang pentingnya konsep hukum thermodynamic dan reaksi kimia, bagaimana mikrobia melakukan fungsinya. Menerangkan proses konservasi energi sel khemoheterotrop aerobik dan anaerobik, khemolitotrop serta proses photosintesis pada mikrobia. Pendalaman materi dilakukan dengan presentasi paper oleh mahasiswa secara individual.

Buku Panduan Pendidikan Doktor Bidang Ilmu Peternakan 33

Fisiologi Nutrisi Unggas (PTN 831) (2/0)

Membahas tentang sistem regulasi hormonal dan syarat yang mempengaruhi ritmik nafsu makan dan minum, mekanisme regulasi dan sekresi hormonal dan enzim pencernaan, fungsi gerak dan transit digesta dalam saluran pencernaan, faktor-faktor yang mempengaruhi kecernaan dan ketersediaan nutrien; mekanisme absorpsi aktif dan pasif dari nutrien dan energi, serta dibahas pula penentuan persyaratan nutrien dan faktor yang mempengaruhinya untuk berbagai status fisiologi.

Fisiologi Nutrisi Ruminansia (PTN 841) (2/0)

Membahas tentang mekanisme pengaturan (regulasi) yang berkerja ditingkat molekul, sel dan organ dan memadukan informasi kedalam gambaran umum fungsi fisiologik (faali) dalam metabolisme ruminansia.

Bioteknologi Pakan (PTN 841) (2/0)

Membahas tentang kondisi, produktivitas dan implikasi ternak; sumber pakan dan kompisisi kimia; efisiensi penggunaan pakan; bioteknologi dan nutrisi ruminansia; bioteknologi dan nutrisi non ruminansia; bioteknologi dan lingkungan target dan prioritas penelitian bioteknologi pakan.

Pendekatan Molekuler untuk Pemuliaan Ternak (PTD 812) (2/0)

Membahas tentang pengetahuan molekuler, dari segi genetik dapat dimanfaatkan dalam pemuliaan ternak sebagai salah satu alternatif seleksi. Mempelajari ihwal terjadinya kelainan atau cacat bawaan (penyakit) berdasarkan struktur dan fungsi gen. Pokok bahasan mata kuliah ini terdiri atas : DNA (Deoxyribonucleic acid) sebagai pembawa informasi genetik, struktur gen eukariot, peranan gen untuk perkembangan dan fungsi khusus pada sel dan jaringan, identifikasi gen secara molekuler, analisis mutasi gen, knock out dan transgenik pada hewan percobaan, aplikasi seleksi dan DNA marker.

Buku Panduan Pendidikan Doktor Bidang Ilmu Peternakan34

Biologi Molekuler Sel (PTD 822) (2/0)

Membahas tentang sistem hayati, sistem faali, sistem struktural, sistem fungsional, sistem peranan, sistem koordinasi, serta sistem integrasi dari segala macam bentuk dan struktur mikro dan makromolekul penyusun sel, baik pada organisme yang tersederhana, pada organisme sel tunggal, organisme multiseluler, organisme tingkat rendah maupun tingkat tinggi, serta kaitannya dengan lingkungan intraseluler maupun ekstraseluler; yang akan meliputi baik sel prokaryosit serta eukaryosit.

Biologi Pertumbuhan dan Perkembangan Ternak Potong (PTD 841) (2/0)

Membahas masalah pertumbuhan dan perkembangan ternak ditinjau dari aspek molekuler, selama dalam kandungan, masa lahir sampai dewasa, masa berproduksi anak, dan masa penggemukan bagi ternak yang digunakan sebagai potongan. Selain itu juga membahas pengaruh faktor-faktor yang mempengaruhi (faktor genetik, lingkungan, dan interaksinya), serta berbagai manipulasi untuk meningkatkannya.

Bioteknologi Susu (PTH 831) (2/0)

Membahas dan menjelaskan tentang kimia dan mikrobiologi susu, komponen bioaktif dan aspek imunologinya serta prinsip dasar pengolahan susu sebagai suatu pengantar ke materi khusus. Pembahasan khusus terfokus pada aplikasi Bakteri Asam Laktat (BAL) sebagai inokulum dan starter fermentasi susu, proses dan kinetika fermentasi, biokimia dan metabolisme enzimatis laktosa dan protein, probiotik dan prebiotik, biologi molekuler plasmid dan konsep kloning gen, rekayasa genetik dan rekayasa metabolit, konstruksi strain-starin BAL unggul, produksi enzim mikrobia, evaluasi nutrisi dan keamanan pangan produk bioteknologi susu

Buku Panduan Pendidikan Doktor Bidang Ilmu Peternakan 35

Ilmu Telur dan Produk Telur (PTH 812) (2/0)

Membahas keunggulan komponen gizi telur dan cara isolasinya, mekanisme fungsional telur termasuk emulsifiying, foaming, dan coagulation, pengembangan telur menjadi produk pangan fungsional termasuk antimikrobia, antioksidan, dan imunomodulator, maupun produk non pangan termasuk bahan kosmetika, deterjen, dyes, leather, fertilizers dan untuk pengobatan.

Ekonometrika Lanjut (PTE 811) (2/0)

Mempelajari alat analisis pada pemecahan permasalahan ekonomi dengan menggunakan analisis regresi meliputi konsep estimasi, pendalaman peyimpangan asumsi klasik, pemodelan ekonometri, independen dan dependen dummy variable, model persamaan simultan, dan model time series.

Seminar (PTO 898) (2/0)

Merupakan penilaian kemampuan mahasiswa untuk menyampaikan suatu permasalahan tertentu secara nalar dan ilmiah. Permasalahan yang disampaikan merupakan usulan penelitian atau hasil penelitian untuk disertasi. Seminar usulan penelitian (proposal) dan seminar hasil penelitian merupakan bagian integral dari penulisan disertasi.

Disertasi (PTO 899) (32)

(Tim Pembimbing)

Buku Panduan Pendidikan Doktor Bidang Ilmu Peternakan36

Adiarto, Ir., M.Sc., Dr. Ir. (Gadjah Mada University, Yogyakarta, 1979),M.Sc. (University of the Philippines at Los Banos, Philippines, 1985),Dr. (Universitaet zu Gottingen, German, 1993),Expertise : Dairy Nutrition and Production.

Ali Agus, Ir., DAA., DEA., Dr.Ir. (Gadjah Mada University, Yogyakarta, 1989),DAA. (Ecole Nationale Supérieure Agronomique de Rennes, Rennes, France, 1993),DEA. (Ecole Nationale Supérieure Agronomique de Rennes, Rennes, France, 1993),Dr. (Ecole Nationale Supérieure Agronomique de Rennes, Rennes, France, 1996),Expertise : Ruminant Nutrition and Feed Technology.

Ambar Pertiwiningrum, Ir., M.Si., Ph.D.Ir. (Gadjah Mada University, Yogyakarta, 1989),M.Si. (Gadjah Mada University, Yogyakarta, 1999),Ph.D. (Gifu University, Japan, 2004),Expertise : Applied Microbiology.

Budi Guntoro, S.Pt., M.Sc., Ph.D.S.Pt. (Gadjah Mada University, Yogyakarta, 1994),M.Sc. (University of the Philippines at Los Banos, Philippines, 2000),Ph.D. (Kasetsart University, Thailand, 2005), Expertise : Community Development and Develop-ment Management in Tropical Agriculture

Budi Prasetyo Widyobroto, Ir., DESS., DEA., Dr.Ir. (Gadjah Mada University, Yogyakarta, 1984),DESS. (IEMVT, Paris, France, 1988),DEA. (Universite Rennes, France, 1989),Dr. (Universite Rennes, France, 1992),Expertise : Dairy Nutrition and Production.

Ali Wibowo, Ir., M.Sc., Ph.D.Ir. (Gadjah Mada University,Yogyakarta, 1974),M.Sc. (University of the Philippines at Los Banos, Philippines, 1980),Ph.D. (University of Georgia, USA, 1987),Expertise : Nutritional Biochemistry.

Diah Tri Widayati, Ir., MP., Ph.D.Ir. (Gadjah Mada University, Yogyakarta, 1991),MP. (Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, 1999),Ph.D. (Nagoya University Japan, Japan, 2004),Expertise : Reproduction / Embriology.

Edi Suryanto, Ir., M.Sc., Ph.D.Ir. (Gadjah Mada University, Yogyakarta, 1985),M.Sc. (University of Glasgow, Scotland, 1992),Ph.D. (Universiti Putra Malaysia, Malaysia, 2000), Expertise : Meat Science and Technology.

Endang Sulastri, S.Pt., MA., Ph.D.S.Pt. (Gadjah Mada University, Yogyakarta, 1995),MA. (Hiroshima University, Japan, 2001),Ph.D. (Hiroshima University, Japan, 2004),Expertise : Rural Studies.

F. Trisakti Haryadi, Ir., M.Si., Ph.D.Ir. (Gadjah Mada University, Yogyakarta, 1989),M.Si. (Bogor Agricultural University, Bogor, 1997),Ph.D. (Tokyo University of Agriculture and Techno-logy, Japan, 2002),Expertise : Agricultural Communication and Exten-sion.

Hari Hartadi, Ir., M.Sc., Ph.D.Ir. (Gadjah Mada University, Yogyakarta, 1974),M.Sc. (University of Florida, USA, 1980),Ph.D. (Kansas State University, USA, 1991),Expertise : Ruminant Nutrition.

Endang Baliarti, Ir., SU., Dr., Prof.Ir. (Gadjah Mada University, Yogyakarta, 1976),SU. (Gadjah Mada University, Yogyakarta, 1986),Dr. (Gadjah Mada University, Yogyakarta, 1999),Prof. (Gadjah Mada University, Yogyakarta, 2001),Expertise : Ruminant Production.

I Gede Suparta Budisatria, Ir., M.Sc., Ph.D.Ir. (Gadjah Mada University, Yogyakarta, 1992),M.Sc. (Wageningen University, Netherland, 2000),Ph.D. (Wageningen University, Netherland, 2006),Expertise : Small Ruminant Production System.

Staff Akademi

Buku Panduan Pendidikan Doktor Bidang Ilmu Peternakan 37

Ismaya, Ir., M.Sc., Ph.D.Ir. (Gadjah Mada University, Yogyakarta, 1979),M.Sc. (Universiti Putra Malaysia, Malaysia, 1987),Ph.D. (James Cook University, Australia, 2003),Expertise : Animal Reproduction.

Jovita Maria Astuti, Ir., M.Sc., Ph.D., Prof.Ir. (Gadjah Mada University, Yogyakarta, 1970),M.Sc. (Michigan State University, USA, 1976),Ph.D. (Michigan State University, USA, 1978),Prof. (Universit Gadjah Mada University, Yogya-karta, 1997),Expertise : Animal Breeding.

Kustantinah, Ir., DEA., Dr.Ir. (Gadjah Mada University, Yogyakarta, 1984),DEA. (ENSAIA - INPL, France, 1989),Dr. (ENSAIA - INPL, France,, 1992),Expertise : Ruminant Nutrition.

Kustono, Ir., M.Sc., Ph.D.Ir. (Gadjah Mada University, Yogyakarta, 1977),M.Sc. (University of the Philippines at Los Banos, Philippines, 1985),Ph.D. (University of the Philippines at Los Banos, Philippines, 1988),Expertise : Physiology / Animal Reproduction.

Jafendi Hasoloan Purba Sidadolog, Ir., Dr. Ir. (Gadjah Mada University, Yogyakarta, 1973),Dr. (Bonn Universitaet, Germany, 1987),Expertise : Poultry Breeding and Management.

Krishna Agung Santosa, Ir., M.Sc., Ph.D., Prof.Ir. (Gadjah Mada University, Yogyakarta, 1972).M.Sc. (University of the Philippines at Los Banos, Philippines, 1977),Ph.D. (University of Minnesota, USA, 1984),Prof. (Gadjah Mada University, Yogyakarta, 2002),Expertise : Animal Science and Agricultural Economics.

Lies Mira Yusiati, Ir., SU., Dr.Ir. (Gadjah Mada University, Yogyakarta, 1984),SU. (Gadjah Mada University, Yogyakarta, 1989),Dr. (Gadjah Mada University, Yogyakarta, 2006),Expertise : Nutritional Biochemistry.

Nurliyani, Ir., MS., Dr.Ir. (Gadjah Mada University, Yogyakarta, 1984),MS. (Gadjah Mada University, 1992),Dr. (Gadjah Mada University, Yogyakarta, 2006),Expertise : Milk Science and Technology.

R. Djoko Soetrisno, Ir., M.Sc., Ph.D., Prof.Ir. (Gadjah Mada University, Yogyakarta, 1974),M.Sc. (University of the Philippines at Los Banos, Philippines, 1980),Ph.D. (Universiti Putra Malaysia, Malaysia, 1989),Prof. (Gadjah Mada University, Yogyakarta, 2001),Expertise : Pasture Science and Ruminant Nutrition.

Rini Widiati, Ir., MS., Dr.Ir. (Gadjah Mada University, Yogyakarta, 1979),MS. (Bogor Agricultural University, Bogor, 1986),Dr. (Gadjah Mada University, Yogyakarta, 2003),Expertise : Agricultural Economics.

Ristianto Utomo, Ir., SU., Dr., Prof.Ir. (Gadjah Mada University, Yogyakarta, 1977).SU. (Gadjah Mada University, Yogyakarta, 1986).Dr. (Gadjah Mada University, Yogyakarta, 2001).Prof. (Gadjah Mada University, Yogyakarta, 2002),Expertise : Ruminant Nutrition and Feed Technology.

Nono Ngadiyono, Ir., MS., Dr., Prof.Ir. (Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, 1978),MS. (Bogor Agricultural University, Bogor, 1988),Dr. (Bogor Agricultural University, Bogor, 1995),Prof. (Gadjah Mada University, Yogyakarta, 2004),Expertise : Ruminant Production.

Rusman, Ir., MP., Ph.D.Ir. (Gadjah Mada University, Yogyakarta, 1993),MP. (Gadjah Mada University, Yogyakarta, 1997),Ph.D. (Niigata University, Japan, 2004),Expertise : Meat Science and Technology.

Soeparno, Ir., Ph.D., Prof.Ir. (Gadjah Mada University, Yogyakarta, 1972),Ph.D. (University of New South Wales, Australia, 1985),Prof. (Gadjah Mada University, Yogyakarta, 1993),Expertise : Meat Science and Technology.

Buku Panduan Pendidikan Doktor Bidang Ilmu Peternakan38

Subur Priyono Sasmito Budhi, Ir., Ph.D.Ir. (Gadjah Mada University, Yogyakarta, 1977),Ph.D. (University of Queensland, Australia, 1992),Expertise : Ruminant Nutrition.

Sudi Nurtini, Ir., SU., Dr.Ir. (Gadjah Mada University, Yogyakarta, 1978),SU. (Gadjah Mada University, Yogyakarta, 1985),Dr. (Gadjah Mada University, Yogyakarta, 2006),Expertise : Agricultural Economics.

Suharjono Triatmojo, Ir., MS., Dr., Prof.Ir. (Gadjah Mada University, Yogyakarta, 1981),MS. (Gadjah Mada University, Yogyakarta, 1988),Dr. (Bogor Agricultural University, Bogor, 2002),Prof. (Gadjah Mada University, Yogyakarta, 2006),Expertise : Animal Waste and By-Product.

Sumadi, Ir., MS., Dr., Prof.Ir. (Gadjah Mada University, Yogyakarta, 1978),MS. (Bogor Agricultural University, Bogor, 1985),Dr. (Bogor Agricultural University, Bogor, 1993),Prof. (Gadjah Mada University, Yogyakarta, 2006),Expertise : Animal Breeding and Statistics.

Suci Paramitasari Syahlani, Ir., MM., Dr.Ir. (Gadjah Mada University, Yogyakarta, 1989),MM. (Gadjah Mada University, Yogyakarta, 1990),Dr. (Gadjah Mada University, Yogyakarta, 2006),Expertise : Marketing of Agricultural Product.

Supadmo, Ir. MS., Dr. Ir. (Gadjah Mada University,Yogyakarta, 1976),MS. (Gadjah Mada University, Yogyakarta, 1988),Dr. (Bogor Agricultural University, Bogor, 1997),Expertise : Nutritional Biochemistry.

Tety Hartatik, S.Pt., Ph.D.S.Pt. (Gadjah Mada University, Yogyakarta, 1994)Ph.D. (Chiba University, Japan, 2002)Expertise : Animal Breeding and Molecular Genet-ics

Tridjoko Wisnu Murti, Ir., DEA., Dr.Ir. (Gadjah Mada University, Yogyakarta, 1985),DEA. (Universite Nancy I, France, 1991),Dr. (Universite CAEN-INRA Youy en Josas, France, 1993),Expertise : Dairy Science, Technology and Indus-try.

Wihandoyo, Ir., MS., Ph.D., Prof.Ir. (Gadjah Mada University, Yogyakarta, 1978),MS. (Gadjah Mada University, Yogyakarta, 1988),Ph.D. (Universiti Putra Malaysia, Malaysia, 2000),Prof. (Gadjah Mada University, Yogyakarta, 2004),Expertise : Invironment Physiology.

Yuny Erwanto, S.Pt., MP., Ph.D.S.Pt. (Gadjah Mada University, Yogyakarta, 1995),MP. (Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, 1998),Ph.D. (Kagoshima University, Japan, 2003),Expertise : Food Safety of Animal Products.

Yustina Yuni Suranindiyah, Ir., MS., Ph.D.Ir. (Gadjah Mada University, Yogyakarta, 1984),MS. (Gadjah Mada University, Yogyakarta, 1991),Ph.D. (University of Aberdeen, Scotland, 2004),Expertise : Dairy Production.

Tri Yuwanta, Ir., SU, DEA., Dr., Prof. Ir. (Universt Gadjah Mada University, Yogyakarta, 1978),DEA. (Universite de Rennes I, Rennes, France, 1988),SU. (Gadjah Mada University, Yogyakarta, 1988),Dr. (Universite de Rennes I, Rennes, France, 1991),Prof. (Gadjah Mada University, Yogyakarta, 2001),Expertise : Physiology and Poultry Reproduction.

Zaenal Bachruddin, Ir., M.Sc., Ph.D., Prof. Ir. (Gadjah Mada University, Yogyakarta, 1977),M.Sc. (University of the Philippines at Los Banos, Philippines, 1985),Ph.D. (University of Wales, England, 1991),Prof. (Gadjah Mada University, Yogyakarta, 2001),Expertise : Applied Biochemistry.

Zuprizal, Ir., DEA., Dr., Prof.Ir. (Gadjah Mada University, Yogyakarta, 1984),DEA. (Universite de Rennes I, Rennes, France, 1989),Dr. (Universite de Rennes I, Rennes, France, 1992),Prof. (Gadjah Mada University, Yogyakarta, 2006),Expertise : Poultry Nutrition.

Buku Panduan Pendidikan Doktor Bidang Ilmu Peternakan 39

No.Dokumen PPs-FPT-XX FORMULIRPROGRAM DOKTOR PROGRAM PASCASARJANA

FAKULTAS PETERNAKAN UGM Berlaku mulai 01-02-2010

Revisi 00 KARTU RENCANA STUDI Halaman 1 dari 2

KARTU RENCANA STUDI SEMESTER _________

Nama : ______________________________

NIM : ______________________________

Program Studi : Ilmu Peternakan

Promotor : ______________________________

Ko-Prpmotor : ______________________________

Ko-Promotor : ______________________________

Matakuliah Jadwal No Kelas

Kode Nama SKS Ke

Sn Sl Rb Km Jm Sb

Jumlah SKS

Promotor Yogyakarta, _______________________ Mahasiswa

_____________________________ _________________________________

Buku Panduan Pendidikan Doktor Bidang Ilmu Peternakan40

No.Dokumen PPs-FPT-XX FORMULIRPROGRAM DOKTOR

PROGRAM PASCASARJANA FAKULTAS PETERNAKAN UGM Berlaku mulai 01-02-2010

Revisi 00 LAPORAN KEMAJUAN STUDI PROGRAM DOKTOR Halaman 1 dari 2

LAPORAN KEMAJUAN STUDI PROGRAM DOKTOR Untuk Bulan : ……………………………………………………..

Nama Mahasiswa : …………………………………………………….. NIM : ……………………………………………………..Sumber dana : ……………………………………………………..Program Studi : Ilmu Peternakan Alamat : ……………………………………………………..

Nama Tim Pembimbing : 1. ………………………………………………. 2. ………………………………………………. 3. ……………………………………………….

Judul Penelitian untuk Disertasi: ………………………………………………………………………………………………………………… …………………………………………………………………………………………………………………

…………………………………………………………………………………………………………………

Tanggal Diterima menjadi mahasiswa S3 : ………………………………005Seminar Proposal : ……………………………… Tanggal Ujian Komprehensif : ………………………………

Tahap kemajuan *) � Belum � Sedang � Sudah

Penelitian : Persiapan (……..%) tanggal: ………… Pengumpulan data (……..%) tanggal: ………… Pengolahan data (……..%) tanggal: ………… Seminar hasil-hasil (……..%) tanggal: ………… Penulisan disertasi (……..%) tanggal: …………

Penilaian:Masuk Tim Penilai Tanggal : …………………………………………………………………….

Rencana Kerja 6 bulan mendatang : …………………………………………………………………….

Kesulitan-kesulitan yang dihadapi : …………………………………………………………………….

Untuk menyelesaikan studi masih diperlukan waktu kira-kira: ……. bulan

Yogyakarta, ……………………………….. Mengetahui Mahasiswa Promotor

…………………...................... ………………….......................... Mengetahui :

Ketua Program Studi S2 & S3,

................................................

*) diisi (v) pda kotak yang bersangkutan

Buku Panduan Pendidikan Doktor Bidang Ilmu Peternakan 41

No.Dokumen PPs-FPT-XX FORMULIRPROGRAM DOKTOR PROGRAM PASCASARJANA

FAKULTAS PETERNAKAN UGM Berlaku mulai 01-02-2010

Revisi 00 DAFTAR PRESENSI KULIAH Halaman 1 dari 2

DAFTAR PRESENSI KULIAH Semester : ______________

Matakuliah : ______________________________

Nama Kelas : ______________________________

Jumlah Peserta : ______________________________

Dosen : ______________________________

Tanggal No NIM Nama Progam Studi

MAHASISWA

DOSEN

Yogyakarta, ____________________

______________________________

Buku Panduan Pendidikan Doktor Bidang Ilmu Peternakan42

No.Dokumen PPs-FPT-XX FORMULIRPROGRAM DOKTOR PROGRAM PASCASARJANA

FAKULTAS PETERNAKAN UGM Berlaku mulai 01-02-2010

Revisi 00 SATUAN ACARA PERKULIAHANHalaman 1 dari 2

Kepada Yth. Wakil Dekan Bidang Akademik dan Penelitian Fakultas Peternakan UGM

SATUAN ACARA PERKULIAHANSemester : ………………………

Matakuliah

Kode, SKS

Nama Dosen

Hari / Tanggal / Jam / /

Kuliah ke Minggu ke :

Jam Mulai : s.d. :

Materi Kuliah

Catatan Perubahan

Tanda Tangan Dosen

Nama Mahasiswa/NIM Tandatangan

Buku Panduan Pendidikan Doktor Bidang Ilmu Peternakan 43

No.Dokumen PPs-FPT-XX FORMULIRPROGRAM DOKTOR PROGRAM PASCASARJANA

FAKULTAS PETERNAKAN UGM Berlaku mulai 01-02-2010

Revisi 00 SATUAN ACARA PRAKTIKUMHalaman 1 dari 2

Kepada Yth. Wakil Dekan Bidang Akademik dan Penelitian Fakultas Peternakan UGM

SATUAN ACARA PRAKTIKUMSemester : ………………………

Matakuliah

Kode, SKS

Nama Dosen

Hari / Tanggal / Jam / /

Kuliah ke Minggu ke :

Jam Mulai : s.d. :

Materi Kuliah

Catatan Perubahan

Tanda Tangan Dosen

Nama Mahasiswa/NIM Tandatangan

Buku Panduan Pendidikan Doktor Bidang Ilmu Peternakan44

No.Dokumen PPs-FPT-XX FORMULIRPROGRAM DOKTOR PROGRAM PASCASARJANA

FAKULTAS PETERNAKAN UGM Berlaku mulai 01-02-2010

Revisi 00 SURAT PERMOHONAN Halaman 1 dari 1

Kepada Yth. Dekan / Penanggung Jawab S2/S3 Program Studi Ilmu Peternakan Program Pascasarjana Fakultas Peternakan UGM

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini : Nama : No. Mahasiswa : No. Telp / HP : Program Studi : Ilmu Peternakan Promotor : Ko-Promotor : Ko-Promotor : Judul Penelitian :

Mengajukan permohonan pembuatan surat keterangan izin Penelitian / Magang / Aktif Kuliah : Keperluan : Waktu *) : Tempat *) : Ditujukan kepada *) :

Demikian kami sampaikan untuk dapat diproses lebih lanjut.

Mengetahui, Promotor/Ko-Promotor

( )

Yogyakarta, ……………………… Pemohon

( )

*) : Untuk pembuatan surat keterangan izin penelitian / magang

Buku Panduan Pendidikan Doktor Bidang Ilmu Peternakan 45

No.Dokumen PPs-FPT-XX FORMULIRPROGRAM DOKTOR PROGRAM PASCASARJANA

FAKULTAS PETERNAKAN UGM Berlaku mulai 01-02-2010

Revisi 00 BERITA ACARA UJIAN SEMESTER Halaman 1 dari 2

BERITA ACARA UJIAN SEMESTER Semester : ……………………………

MATA UJIAN : _____________________________ HARI, TANGGAL UJIAN : _____________________________ PUKUL : _____________________________ TEMPAT UJIAN : _____________________________ JUMLAH PESERTA UJIAN : _____________________________ JUMLAH PESERTA HADIR : _____________________________ JUMLAH PESERTA TIDAK HADIR : _____________________________ DOSEN PENGUJI : _____________________________

CATATA PELAKSANAAN UJIAN

No Nama Jabatan Tanda Tangan

Yogyakarta, ____________________ Penangungjawab ruang

_______________________________

Buku Panduan Pendidikan Doktor Bidang Ilmu Peternakan46

No. Dokumen F-UGM-SIA-06 FORMULIRPROGRAM DOKTOR PROGRAM PASCASARJANA

FAKULTAS PETERNAKAN UGM Tgl. berlaku 09 Mei 2008

Revisi 00 DAFTAR PESERTA UJIAN DAN NILAI UJIAN AKHIR SEMSESTER Halaman 1 dari 1

Kepada Yth. Wakil Dekan Bidang Akademik dan Penelitian Fakultas Peternakan UGM

DAFTAR PESERTA UJIAN DAFTAR NILAI UJIAN DAN NILAI UJIAN AKHIR SEMESTER AKHIR SEMESTER

Semester : ______ Semester : _______

Nama Kelas : ______________________________ Kelas : ____________

Kode Matakuliah : ______________________________ Program Studi : ____________

Jumlah Peserta : ______________________________ Kode MK : ____________

Dosen : ______________________________ Matakuliah : ____________

Tanggal : ______________________________

Ruang : ______________________________

NO NIM NAMA PRODI TANDA TANGAN NILAI NO NIM NILAI

Buku Panduan Pendidikan Doktor Bidang Ilmu Peternakan 47

No.Dokumen PPs-FPT-XX FORMULIRPROGRAM DOKTOR PROGRAM PASCASARJANA

FAKULTAS PETERNAKAN UGM Berlaku mulai 01-02-2010

Revisi 00 PERNYATAAN KESANGGUPANMENJADI TIM PROMOTOR Halaman 1 dari 2

SURAT PERNYATAAN (Kesanggupan menjadi Promotor/Ko-promotor)

Yang bertanda tangan dibawah ini :

Nama : Dr.Ir. Zuprizal, DEA.

NIP : 131471485

Pangkat/Jabatan : Pembina/ Lektor Kepala

Instansi : Fakultas Peternakan UGM

Dengan ini menyatakan bahwa saya bersedia menjadi Promotor / Ko-promotor bagi calon peserta Program Doktor UGM :

Nama : Ir. Yunianta, MP.

No. Mahasiswa :

Bidang Ilmu : Ilmu Peternakan Program Pascasarjana UGM

Judul Proposal : Aflatoksin pada Bahan Pakan dan Ransum Ayam Pedaging

Demikian agar yang berkepentingan maklum.

Yogyakarta, ..........................................

...............................................................

Buku Panduan Pendidikan Doktor Bidang Ilmu Peternakan48

No.Dokumen PPs-FPT-XX FORMULIRPROGRAM DOKTOR PROGRAM PASCASARJANA

FAKULTAS PETERNAKAN UGM Berlaku mulai 01-02-2010

Revisi 00 PERMOHONAN SEMINAR Halaman 1 dari 1

Kepada Yth. Dekan / Penanggung Jawab S2/S3 Program Studi Ilmu Peternakan Program Pascasarjana Fakultas Peternakan UGM

Dengan hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini: Nama : No. Mahasiswa : Program Studi : Ilmu Peternakan Promotor : Ko-Promotor : Ko-Promotor : Dosen Pembahas : 1. 2. 3. Judul makalah seminar :

Mengajukan permohonan untuk melaksanakan seminar proposal / hasil *) pada : Hari/Tanggal : Pukul : Tempat :

Demikian kami sampaikan untuk dapat diproses lebih lanjut.

Mengetahui, Ketua Program Studi S2/S3

( )

Yogyakarta, Pemohon

( )

*) : Coret yang tidak perlu

Buku Panduan Pendidikan Doktor Bidang Ilmu Peternakan 49

No.Dokumen PPs-FPT-XX FORMULIRPROGRAM DOKTOR PROGRAM PASCASARJANA

FAKULTAS PETERNAKAN UGM Berlaku mulai 01-02-2010

Revisi 00 DAFTAR HADIR SEMINAR Halaman 1 dari 1

DAFTAR HADIR SEMINAR

Nama : NIM : Hari, Tanggal : Pukul : Ruang : Judul Makalah :

No. Nama Jabatan Tanda tangan

1 Penanggung Jawab S2 & S3 1

2 Ketua Program Studi S2 & S3 2

3 Promotor 3

4 Ko-Promotor 4

5 Ko-Promotor 5

6 Dosen Pembahas 6

7 Dosen Pembahas 7

8 Dosen Pembahas 8

9 Pemakalah 9

10 10

11 11

12 12

Yogyakarta, ........................... Ketua Program Studi S2 & S3

Prof. Dr. Ir. Lies Mira Yusiati, SU.

Keterangan : Kolom jabatan harap diisi yang sesuai (Misal : Dosen S2, Dosen S2 / S3, Mahasiswa S2 / S3)

Buku Panduan Pendidikan Doktor Bidang Ilmu Peternakan50

No.Dokumen PPs-FPT-XX FORMULIRPROGRAM DOKTOR PROGRAM PASCASARJANA

FAKULTAS PETERNAKAN UGM Berlaku mulai 01-02-2010

Revisi 00 PENILAIAN SEMINAR Halaman 1 dari 1

PENILAIAN SEMINAR

Nama Penilai : Nama Mahasiswa :

Seminar *) : Proposal Tanggal Seminar :

Hasil 1 / 2 / 3 **)

No. Kriteria Penilaian Nilai Maksimal Nilai

1Penulisan makalah (Latar Belakang (permasalahan, keaslian, manfaat); Tujuan Penelitian; Materi dan Metode; Hasil dan Pembahasan)

40

2 Presentasi dan sikap 15

3 Penyajian (visualisasi) 15

4 Diskusi dan tanggapan 30

Total Nilai

*) Beri tanda pilihan yang sesuai **) coret yang tidak perlu

Yogyakarta, ............................... Penilai

...................................................

Buku Panduan Pendidikan Doktor Bidang Ilmu Peternakan 51

No.Dokumen PPs-FPT-XX FORMULIRPROGRAM DOKTOR PROGRAM PASCASARJANA

FAKULTAS PETERNAKAN UGM Berlaku mulai 01-02-2010

Revisi 00 KUNSULTASI DISERTASI Halaman 1 dari 2

KONSULTASI DISERTASI

Nama Mahasiswa : ______________________________________________ Nomor Induk Mahasiswa : ______________________________________________ Program Studi : Ilmu Peternakan Judul Disertasi : ______________________________________________ ______________________________________________

Tanggal Mulai Penelitian : ______________________________________________ Usulan Penelitian : ______________________________________________ Nama Promotor : ______________________________________________

Ko-Promotor : ______________________________________________ Ko-Promotor : ______________________________________________

Tanggal Pemberi konsultasi Materi konsultasi Paraf dosen

Disiimpan mahasiswa dalam stofmap folio Dilampirkan saat Permohonan kelayakan disertasi

Buku Panduan Pendidikan Doktor Bidang Ilmu Peternakan52

No.Dokumen PPs-FPT-XX FORMULIRPROGRAM DOKTOR PROGRAM PASCASARJANA

FAKULTAS PETERNAKAN UGM Berlaku mulai 01-02-2010

Revisi 00 PEMBIMBINGAN DISERTASI Halaman 1 dari 2

PEMBIMBINGAN DISERTASI

Nama Mahasiswa : ___________________________________ NIM : ___________________________________ Angkatan : ___________________________________ Alamat terakhir : ___________________________________ Telpon/HP : ___________________________________

Tanggal Materi pembimbingan Catatan pembimbing Paraf mhs.

CATATAN :

Buku Panduan Pendidikan Doktor Bidang Ilmu Peternakan 53

No.Dokumen PPs-FPT-XX FORMULIRPROGRAM DOKTOR PROGRAM PASCASARJANA

FAKULTAS PETERNAKAN UGM Berlaku mulai 01-02-2010

Revisi 00 PERMOHONAN UJIAN KOMPREHENSIF Halaman 1 dari 2

Kepada Yth. Dekan / Penanggung Jawab S2/S3 Program Studi Ilmu Peternakan Program Pascasarjana Fakultas Peternakan UGM

Dengan hormat,

Bersama ini kami serahkan usulan penelitian untuk disertasi yang berjudul : ..................................................................................................................................................

................................................................................................................................................

................................................................................................................................................

yang siap untuk ujian komprehensif bagi :

Nama : .................................... No. Mahasiswa : .................................... Program Studi : Ilmu Peternakan

Adapun pelaksanaan ujian komprehensif kami usulkan :

Hari/Tanggal : Pukul : Tempat :

Susunan Tim Penguji yang kami ajukan : 1. ........................................................................... 2. ........................................................................... 3. ........................................................................... 4. ........................................................................... 5. ........................................................................... 6. ........................................................................... 7. ...........................................................................

Kemudian mohon diproses lebih lanjut, terima kasih.

Mengetahui : Promotor, Ketua Program Studi S2/S3, Program Studi Ilmu Peternakan

............................................................... .................................................

Buku Panduan Pendidikan Doktor Bidang Ilmu Peternakan54

No.Dokumen PPs-FPT-XX FORMULIRPROGRAM DOKTOR PROGRAM PASCASARJANA

FAKULTAS PETERNAKAN UGM Berlaku mulai 01-02-2010

Revisi 00 DAFTAR HADIR UJIAN KOMPREHENSIF Halaman 1 dari 2

DAFTAR HADIR UJIAN KOMPREHENSIF

Nama mahasiswa : .......................................................

NIM : .......................................................

Hari/Tgl : .......................................................

Pukul : .......................................................

Tempat : .......................................................

No. Nama Jabatan Tanda tangan

1. …………………………………………. Ketua 1. ....................

2. …………………………………………. Anggota 2. ....................

3. …………………………………………. Anggota 3. ....................

4. …………………………………………. Anggota 4. ....................

5. …………………………………………. Anggota 5. ....................

6. …………………………………………. Anggota 6. ....................

7. …………………………………………. Anggota 7. ....................

8. …………………………………………. Mahasiswa 8. ....................

9. …………………………………………. Petugas 9. ....................

10. …………………………………………. Petugas 10. ....................

Yogyakarta, ................................ Ketua Program Studi S2 & S3

……………………………………….

Buku Panduan Pendidikan Doktor Bidang Ilmu Peternakan 55

No.Dokumen PPs-FPT-XX FORMULIRPROGRAM DOKTOR PROGRAM PASCASARJANA

FAKULTAS PETERNAKAN UGM Berlaku mulai 01-02-2010

Revisi 00 HASIL UJIAN KOMPREHENSIF Halaman 1 dari 2

HASIL UJIAN KOMPREHENSIF

Nama : .....................................................

NIM : .....................................................

*) Tanpa perbaikan usulan tanpa sidang lagi **)

*) Perbaikan usulan tanpa sidang lagi **)

*) Perbaikan usulan dengan sidang lagi **)

*) Beri tanda yang sesuai **) Pilih salah satu

Yogyakarta, ............................... Penguji

...................................................

Buku Panduan Pendidikan Doktor Bidang Ilmu Peternakan56

No.Dokumen PPs-FPT-XX FORMULIRPROGRAM DOKTOR PROGRAM PASCASARJANA

FAKULTAS PETERNAKAN UGM Berlaku mulai 01-02-2010

Revisi 00 KOMENTAR / SARAN PERBAIKAN / ALASAN PENOLAKAN USULAN PENELITIAN UNTUK DISERTASI Halaman 1 dari 2

KOMENTAR / SARAN PERBAIKAN / ALASAN PENOLAKAN USULAN PENELITIAN UNTUK DISERTASI

Nama : .................................

NIM : .................................

A . KOMENTAR

B . SARAN PERBAIKAN

C . ALASAN PENOLAKAN

Yogyakarta, ..................................... Penguji

.........................................................

Buku Panduan Pendidikan Doktor Bidang Ilmu Peternakan 57

No.Dokumen PPs-FPT-XX FORMULIRPROGRAM DOKTOR PROGRAM PASCASARJANA

FAKULTAS PETERNAKAN UGM Berlaku mulai 01-02-2010

Revisi 00 HASIL UJIAN KOMPREHENSIF Halaman 1 dari 2

HASIL UJIAN KOMPREHENSIF

Nama Mahasiswa : ...................................................................

N I M : ...................................................................

*) Tanpa perbaikan usulan tanpa sidang lagi

*) Perbaikan usulan tanpa sidang lagi

*) Perbaikan usulan dengan sidang lagi

*) Beri tanda sesuai hasil ujian

Yogyakarta, ........................................... Penguji

………………………………………………

Buku Panduan Pendidikan Doktor Bidang Ilmu Peternakan58

No.Dokumen PPs-FPT-XX FORMULIRPROGRAM DOKTOR PROGRAM PASCASARJANA

FAKULTAS PETERNAKAN UGM Berlaku mulai 01-02-2010

Revisi 00 BERITA ACARA UJIAN KOMPREHENSIF Halaman 1 dari 2

10BERITA ACARA UJIAN KOMPREHENSIF

Telah dilaksanakan Ujian Komprehensif bagi :

Nama : ............................................................ No. Mhs : ............................................................ Judul Disertasi : ............................................................

Pada :

Hari, tanggal : ............................................................ Pukul : ............................................................ Tempat : ............................................................

Dengan tim penguji yang terdiri dari :

1. ………………………………………………. sebagai Ketua 2. ………………………………………………. sebagai Anggota 3. ………………………………………………. sebagai Anggota 4. ………………………………………………. sebagai Anggota 5. ………………………………………………. sebagai Anggota 6. ………………………………………………. sebagai Anggota 7. ………………………………………………. sebagai Anggota

Lama ujian : ................ Jam

Mulai : ................ Selesai : ................

Hasil Ujian : .................................................................................................................

Catatan Lain : .................................................................................................................

Demikian berita acara ini dibuat untuk dapat dipergunakan seperlunya.

Yogyakarta, ...................... Anggota Penguji Tanda Tangan Ketua Tim Penguji

..................................................... 1. ....................

..................................................... 2. ....................

..................................................... 3. .................... …………………………………….

..................................................... 4. ....................

..................................................... 5. ....................

..................................................... 6. ....................

Buku Panduan Pendidikan Doktor Bidang Ilmu Peternakan 59

No.Dokumen PPs-FPT-XX FORMULIRPROGRAM DOKTOR

PROGRAM PASCASARJANA FAKULTAS PETERNAKAN UGM Berlaku mulai 01-02-2010

Revisi 00 PERNYATAAN PERBAIKAN USULAN PENELITIAN TIM PENGUJI KOMPREHENSIF Halaman 1 dari 2

SURAT PERNYATAAN Yang bertanda tangan di bawah ini adalah Tim Penguji Ujian Komprehensif Program Doktor bagi mahasiswa :

Nama : ……………………………………………… NIM : ………………………………………………

Judul Usulan Penelitian untuk Disertasi : ………………………………………………………………………………………………………………….

………………………………………………………………………………………………………………….

………………………………………………………………………………………………………………….

Dengan ini menyatakan bahwa mahasiswa tersebut telah melakukan perbaikan dan penyempurnaan Usulan Penelitian untuk Disertasi berdasarkan saran perbaikan Tim Penguji pada Ujian Komprehensif tanggal30 April 2010.

Demikian surat pernyataan ini kami buat dengan sebenar-benarnya. Untuk selanjutnya mahasiswa tersebut dapat melakukan penelitian untuk penyusunan Disertasi.

Tim Penguji Ujian Komprehensif : Tanggal Persetujuan

1. ……………..…………………………..

…………………………….

2. ……………..…………………………..

…………………………….

3. ……………..…………………………..

…………………………….

4. ……………..…………………………..

…………………………….

5. ……………..…………………………..

…………………………….

6. ……………..…………………………..

…………………………….

7. ……………..…………………………..

…………………………….

Buku Panduan Pendidikan Doktor Bidang Ilmu Peternakan60

No.Dokumen PPs-FPT-XX FORMULIRPROGRAM DOKTOR

PROGRAM PASCASARJANA FAKULTAS PETERNAKAN UGM Berlaku mulai 01-02-2010

Revisi 00 PERNYATAAN KESANGGUPANPANITIA PENILAI DISERTASI Halaman 1 dari 2

Kepada Yth.

Dekan / Penanggung Jawab Program S2/S3 Program Studi Ilmu Peternakan Program Pascasarjana Fakultas Peternakan UGM

Dengan hormat,

Menanggapi surat Saudara nomor : ................................................ tanggal.................................... tentang kesediaan tim penilai disertasi, dengan ini saya menyatakan bersedia untuk menjadi panitia penilai disertasi bagi calon doktor :

Nama : ............................................. NIM : ............................................. Judul Disertasi : ......................................................................................................... .........................................................................................................

.........................................................................................................

Penilaian disertasi tersebut akan kami selesaikan kurang lebih selama satu bulan.

Demimian harap maklum.

Yogyakarta : ......................................

Tanda tangan : .......................................

Nama : ......................................

NIP. : ......................................

Pangkat/Gol. : ......................................

Buku Panduan Pendidikan Doktor Bidang Ilmu Peternakan 61

No.Dokumen PPs-FPT-XX FORMULIRPROGRAM DOKTOR PROGRAM PASCASARJANA

FAKULTAS PETERNAKAN UGM Berlaku mulai 01-02-2010

Revisi 00 PERNYATAAN REVISI DISERTASI Halaman 1 dari 2

SURAT PERNYATAAN (Selesai Revisi Disertasi)

Yang bertanda tangan dibawah ini adalah Panitia Penilai Disertasi Promovendus :

Nama :

NIM :

Judul Disertasi : …………………………………………………………………………………….. ……………………………………………………………………………………..

……………………………………………………………………………………..

Dengan ini menyatakan bahwa promovendus telah melakukan perbaikan dan penyempurnaan Disertasi berdasarkan saran perbaikan Panitia Penilai Disertasi pada Rapat Panitia Penilai bersama Tim Promotor pada tanggal …………………………….. .

Demikian surat pernyataan ini kami buat dengan sebenarnya. Untuk selanjutnya disertasi siap diujikan.

Yogyakarta, …………………..

………………………………………………………..

Buku Panduan Pendidikan Doktor Bidang Ilmu Peternakan62

No.Dokumen PPs-FPT-XX FORMULIRPROGRAM DOKTOR PROGRAM PASCASARJANA

FAKULTAS PETERNAKAN UGM Berlaku mulai 01-02-2010

Revisi 00 PERMOHONAN KELAYAKAN DISERTASI Halaman 1 dari 2

Kepada Yth.

Dekan / Penanggung Jawab S2 & S3 Program Studi Ilmu Peternakan Program Pascasarjana Fakultas Peternakan UIGM

Dengan hormat,

Bersama ini kami serahkan naskah disertasi yang berjudul : .........................................................................................................................................................

.........................................................................................................................................................

.........................................................................................................................................................

yang siap diajukan kepada Tim Kelayakan atas nama mahasiswa :

Nama : ......................................................

No. Mhs. : ......................................................

Program Studi : ......................................................

Adapun Susunan Tim Kelayakan yang kami usulkan adalah : 1. Prof. Dr. Ir. Soeparno 2. Prof. Dr. Ir. Zuprizal, DEA. 3. Dr. Ir. Chusnul Hidayat, M.Sc.

Demikian untuk menjadikan periksa dan mohon diproses lebih lanjut. Terima kasih.

Yogyakarta, .............................. Promotor

................................................... Lampiran surat permohonan : a. Sembilan (9) bendel Disertasi yang telah disyahkan Tim Promotor b. Sepuluh (10) Ringkasan Disertasi Lepas c. Surat pernyataan perbaikan dari Panitia Penilai Disertasi d. Surat Pernyataan Wisuda / Ujian Terbuka (Apabila Wisuda, melampirkan minimal 1 jurnal

yang telah terbit dan terakreditasi).

Buku Panduan Pendidikan Doktor Bidang Ilmu Peternakan 63

No.Dokumen PPs-FPT-XX FORMULIRPROGRAM DOKTOR PROGRAM PASCASARJANA

FAKULTAS PETERNAKAN UGM Berlaku mulai 01-02-2010

Revisi 00 DAFTAR HADIR RAPAT KELAYAKAN Halaman 1 dari 2

DAFTAR HADIR RAPAT KELAYAKAN

Hari, tanggal : ……………………….. Pukul : ................................. Tempat : ................................. Acara : Menentukan kelayakan untuk Ujian Tertutup

bagi Disertasi ………………………………

No. Nama Jabatan Tanda tangan

1. …………………………………………….. Dekan / Penanggung jawab

1. ....................

2. …………………………………………….. Ketua Program Studi S2/S3

2. ..................

3. …………………………………………….. Promotor 3. ....................

4. …………………………………………….. Ko-Promotor 4. ..................

5. …………………………………………….. Ko-Promotor 5. ....................

6. …………………………………………….. Ko-Promotor 6. ..................

7. …………………………………………….. Tim Kelayakan 7. ....................

8. …………………………………………….. Tim Kelayakan 8. ..................

9. …………………………………………….. Tim Kelayakan 9. ....................

10. …………………………………………….. Pelaksana Administrasi 10. .................

11. …………………………………………….. Pelaksana Administrasi 11. ..................

Yogyakarta, ................................... Ketua Program Studi S2 & S3

........................................................

Buku Panduan Pendidikan Doktor Bidang Ilmu Peternakan64

No.Dokumen PPs-FPT-XX FORMULIRPROGRAM DOKTOR PROGRAM PASCASARJANA

FAKULTAS PETERNAKAN UGM Berlaku mulai 01-02-2010

Revisi 00 BERITA ACARA RAPAT KELAYAKAN Halaman 1 dari 2

BERITA ACARA RAPAT KELAYAKAN

Hari, tanggal : ............................................

Pukul : ............................................

Tempat : ............................................

Acara : Menentukan kelayakan untuk Ujian Tertutup bagi Disertasi ............................................

A. Hadir :

B. Sinopsis pembicaraan dalam rapat :

C. Hasil-hasil rapat :

Buku Panduan Pendidikan Doktor Bidang Ilmu Peternakan 65

Dua (2) penguji tambahan :

No. Nama Bidang Keahlian Instansi Asal

1.

2.

Rencana Ujian Tertutup :

Hari : ................................................

Tanggal : ................................................

Jam : ................................................

D. Rapat ditutup jam : .......... WIB

Yogyakarta, ............................ Dekan / Penanggung jawab,

……………………………………

Buku Panduan Pendidikan Doktor Bidang Ilmu Peternakan66

No.Dokumen PPs-FPT-XX FORMULIRPROGRAM DOKTOR PROGRAM PASCASARJANA

FAKULTAS PETERNAKAN UGM Berlaku mulai 01-02-2010

Revisi 00 DAFTAR HADIR UJIAN TERTUTUP Halaman 1 dari 2

DAFTAR HADIR UJIAN TERTUTUP

Nama promovendus : ........................................ NIM : ........................................

Hari, Tanggal : ........................................ Pukul : ........................................ Tempat : ........................................

No. Nama Jabatan Tanda tangan

1. ...................................................................... Ketua 1. ....................

2. ...................................................................... Anggota 2. ................

3. ...................................................................... Anggota 3. ....................

4. ...................................................................... Anggota 4. ................

5. ...................................................................... Anggota 5. ....................

6. ...................................................................... Anggota 6. ................

7. ...................................................................... Anggota 7. ....................

8. ...................................................................... Anggota 8. ................

9. ...................................................................... Anggota 9. ....................

10. ...................................................................... Promovendus 10. ................

11. ...................................................................... Petugas 11. ....................

12. ...................................................................... Petugas 12. ................

Yogyakarta, .............................. Ketua Program Studi S2/S3,

……………………………………...

Buku Panduan Pendidikan Doktor Bidang Ilmu Peternakan 67

No.Dokumen PPs-FPT-XX FORMULIRPROGRAM DOKTOR PROGRAM PASCASARJANA

FAKULTAS PETERNAKAN UGM Berlaku mulai 01-02-2010

Revisi 00 KOMENTAR / SARAN PERBAIKAN / ALASAN PENOLAKAN UJIAN TERTUTUP Halaman 1 dari 2

KOMENTAR / SARAN PERBAIKAN / ALASAN PENOLAKAN UJIAN TERTUTUP

Nama : ..............................................................

NIM : ..............................................................

A. KOMENTAR

B. SARAN PERBAIKAN

C. ALASAN PENOLAKAN

Yogyakarta, ............................... Penguji,

....................................................

Buku Panduan Pendidikan Doktor Bidang Ilmu Peternakan68

No.Dokumen PPs-FPT-XX FORMULIRPROGRAM DOKTOR PROGRAM PASCASARJANA

FAKULTAS PETERNAKAN UGM Berlaku mulai 01-02-2010

Revisi 00 HASIL UJIAN TERTUTUP ( jalur wisuda) Halaman 1 dari 2

HASIL UJIAN TERTUTUP

Nama : …………………………. NIM : …………………………. Jalur : Wisuda

A. Hasil Ujian

Tanda *) Hasil Ujian

Lulus tanpa perbaikan **)

Lulus dengan perbaikan **)

Tidak lulus **)

B. Predikat Kelulusan

Tanda *) Predikat Indeks Prestasi

Cumlaude IP > 3,75 Sangat Memuaskan 3,74 > IP > 3,50 Memuaskan 3,50 > IP > 3,00

*) Beri tanda pilihan yang sesuai **) Pilih salah satu

Yogyakarta, ............................ Penguji

................................................

Buku Panduan Pendidikan Doktor Bidang Ilmu Peternakan 69

No.Dokumen PPs-FPT-XX FORMULIRPROGRAM DOKTOR PROGRAM PASCASARJANA

FAKULTAS PETERNAKAN UGM Berlaku mulai 01-02-2010

Revisi 00 PREDIKAT KELULUSAN UJIAN TERTUTUP Halaman 1 dari 2

PREDIKAT KELULUSAN UJIAN TERTUTUP

Telah dilaksanakan Ujian Tertutup bagi :

Nama : ................................................ NIM : ................................................ Judul Disertasi : ................................................

pada :

Hari, tanggal : ................................................ Pukul : ................................................ Tempat : ................................................

Dengan tim penguji yang terdiri dari :

No. Nama Jabatan Tanda tangan

IP

1. ................................................. (Promotor/Anggota Penguji) 1. ..............

2. ................................................ (Ko-Promotor/Anggota Penguji) 2. ..............

3. ................................................. (Ko-Promotor/Anggota Penguji) 3. ..............

4. ................................................. (Anggota Penguji) 4. ..............

5. ................................................. (Anggota Penguji) 5. ..............

6. ................................................. (Anggota Penguji) 6. ..............

7. ................................................. (Anggota Penguji) 7. ..............

8. ................................................. (Anggota Penguji) 8. ..............

Rerata Indek Prestasi (IP)

Predikat

Demikian surat pernyataan ini dibuat untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.

Yogyakarta, ................................ Ketua Tim Penguji,

.................................................... Keterangan Predikat : Cumlaude IP > 3,75Sangat Memuaskan IP 3,74 > IP > 3,50Memuaskan IP 3,50 > IP > 3,00 Penulisan predikat tidak disingkat.

Buku Panduan Pendidikan Doktor Bidang Ilmu Peternakan70

No.Dokumen PPs-FPT-XX FORMULIRPROGRAM DOKTOR PROGRAM PASCASARJANA

FAKULTAS PETERNAKAN UGM Berlaku mulai 01-02-2010

Revisi 00 BERITA ACARA UJIAN TERTUTUP Halaman 1 dari 2

BERITA ACARA UJIAN TERTUTUP

Telah dilaksanakan Ujian Tertutup bagi :

Nama : ................................................... NIM : ................................................... Judul Disertasi : ...................................................

pada :

Hari, tanggal : Pukul : Tempat :

Dengan tim penguji yang terdiri dari :

1. ………………………………………….. sebagai Ketua 2. ………………………………………….. sebagai Anggota 3. ………………………………………….. sebagai Anggota 4. ………………………………………….. sebagai Anggota 5. ………………………………………….. sebagai Anggota 6. ………………………………………….. sebagai Anggota 7. ………………………………………….. sebagai Anggota 8. ………………………………………….. sebagai Anggota 9. ………………………………………….. sebagai Anggota

Lama ujian : ………… jam Mulai : …………. selesai : ………… Hasil Ujian : ……………………………………………………………………………………………. Catatan Lain : ……………………………………………………………………………………………. Demikian berita acara ini dibuat untuk dapat dipergunakan seperlunya.

Anggota Penguji Tanda Tangan Yogyakarta, ................................ …………………………………….. 1. .................... Ketua Tim Penguji

…………………………………….. 2. ....................

…………………………………….. 3. ....................

…………………………………….. 4. ....................

…………………………………….. 5. ....................

………………………………………. 6. ....................

………………………………………. 7. ....................

………………………………………. 8. ....................

……………………………………..

………………………………………. 9. ....................

Buku Panduan Pendidikan Doktor Bidang Ilmu Peternakan 71

No.Dokumen PPs-FPT-XX FORMULIRPROGRAM DOKTOR PROGRAM PASCASARJANA

FAKULTAS PETERNAKAN UGM Berlaku mulai 01-02-2010

Revisi 00 DAFTAR HADIR UJIAN TERBUKA Halaman 1 dari 2

DAFTAR HADIR UJIAN TERBUKA

Nama promovendus : ..................................................

NIM : ..................................................

Hari, Tanggal : ..................................................

Pukul : ..................................................

Tempat : ..................................................

No. Nama Jabatan Tandan tangan

1. ………………………………………………… Ketua 1. ....................

2. ………………………………………………… Anggota 2. ...................

3. ………………………………………………… Anggota 3. ....................

4. ………………………………………………… Anggota 4. ...................

5. ………………………………………………… Anggota 5. ....................

6. ………………………………………………… Anggota 6. ...................

7. ………………………………………………… Anggota 7. ....................

8. ………………………………………………… Anggota 8. ...................

9. ………………………………………………… Anggota 9. ....................

10. ………………………………………………… Anggota 10. ...................

11. ………………………………………………… Promovendus 11. ....................

Yogyakarta, ............................. Ketua Program Studi S2 & S3

…………………………………..

Buku Panduan Pendidikan Doktor Bidang Ilmu Peternakan72

No.Dokumen PPs-FPT-XX FORMULIRPROGRAM DOKTOR PROGRAM PASCASARJANA

FAKULTAS PETERNAKAN UGM Berlaku mulai 01-02-2010

Revisi 00 DAFTAR HADIR TAMU UJIAN TERBUKA Halaman 1 dari 2

DAFTAR HADIR TAMU UJIAN TERBUKA

Bagi : ................................................ Hari/Tgl : ................................................ Pukul : ................................................ Tempat : ................................................

No. Nama Tandan tangan 1. 1. ....................

2. 2. ....................

3. 3. ....................

4. 4. ....................

5. 5. ....................

6. 6. ....................

7. 7. ....................

8. 8. ....................

9. 9. ....................

10. 10. ....................

11. 11. ....................

12. 12. ....................

13. 13. ....................

14. 14. ....................

15. 15. ....................

Yogyakarta, 29 Januari 2010 Ketua Program Studi S2 & S3

……………………………………………….

Buku Panduan Pendidikan Doktor Bidang Ilmu Peternakan 73

No.Dokumen PPs-FPT-XX FORMULIRPROGRAM DOKTOR PROGRAM PASCASARJANA

FAKULTAS PETERNAKAN UGM Berlaku mulai 01-02-2010

Revisi 00 PERNYATAAN WISUDA/UJIAN TERBUKA Halaman 1 dari 2

SURAT PERNYATAAN (Wisuda/Ujian Terbuka)

Yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama : ………………………………..

No. Mahasiswa : ………………………………..

Program Studi : ………………………………..

Menyatakan bahwa kami memilih jalur : WISUDA / UJIAN TERBUKA*)

Yogyakarta, ………………………..

Mengetahui : Yang Menyatakan : Promotor

…………………………………………. ………………………………………. *) Coret yang tidak perlu

Buku Panduan Pendidikan Doktor Bidang Ilmu Peternakan74

No.Dokumen PPs-FPT-XX FORMULIRPROGRAM DOKTOR PROGRAM PASCASARJANA

FAKULTAS PETERNAKAN UGM Berlaku mulai 01-02-2010

Revisi 00 HASIL UJIAN TERTUTUP (jalur ujian terbuka) Halaman 1 dari 2

HASIL UJIAN TERTUTUP

Nama : ………………………….

NIM : ………………………….

Jalur : Ujian Terbuka

Tanda *) Hasil Ujian

Lulus tanpa perbaikan **)

Lulus dengan perbaikan **)

Tidak lulus **)

*) Beri tanda pilihan yang sesuai **) Pilih salah satu

Yogyakarta, ............................ Penguji

................................................

Buku Panduan Pendidikan Doktor Bidang Ilmu Peternakan 75

No.Dokumen PPs-FPT-XX FORMULIRPROGRAM DOKTOR PROGRAM PASCASARJANA

FAKULTAS PETERNAKAN UGM Berlaku mulai 01-02-2010

Revisi 00 HASIL UJIAN TERBUKA Halaman 1 dari 1

HASIL UJIAN TERBUKA

Nama promovendus : .....................................................

NIM : .....................................................

*) Cumlaude

*) Sangat memuaskan

*) Memuaskan

*) Beri tanda sesuai hasil ujian

Yogyakarta, ............................................. Penguji

...............................................................

Buku Panduan Pendidikan Doktor Bidang Ilmu Peternakan76

No.Dokumen PPs-FPT-XX FORMULIRPROGRAM DOKTOR PROGRAM PASCASARJANA

FAKULTAS PETERNAKAN UGM Berlaku mulai 01-02-2010

Revisi 00 PREDIKAT KELULUSAN UJIAN TERBUKA Halaman 1 dari 2

PREDIKAT KELULUSAN UJIAN TERBUKA

Telah dilaksanakan Ujian Terbuka bagi :

Nama : ................................................ NIM : ................................................ Judul Disertasi : ................................................

pada :

Hari, tanggal : ................................................ Pukul : ................................................ Tempat : ................................................

Dengan tim penguji yang terdiri dari : No. Nama Jabatan Tanda tangan IP

1. ................................................. (Promotor/Anggota Penguji) 1. ..................

2. ................................................. (Ko-Promotor/Anggota Penguji)

2. ..................

3. ................................................. (Ko-Promotor/Anggota Penguji)

3. ..................

4. ................................................. (Anggota Penguji) 4. ..................

5. ................................................. (Anggota Penguji) 5. ..................

6. ................................................. (Anggota Penguji) 6. ..................

7. ................................................. (Anggota Penguji) 7. ..................

8. ................................................. (Anggota Penguji) 8. ..................

Rerata Indek Prestasi (IP)

Predikat

Demikian surat pernyataan ini dibuat untuk dipergunakan sebagaimana mestinya.

Yogyakarta, ................................ Ketua Tim Penguji,

.................................................... Keterangan Predikat : Cumlaude IP > 3,75Sangat Memuaskan IP 3,74 > IP > 3,50Memuaskan IP 3,50 > IP > 3,00 Penulisan predikat tidak disingkat.

Buku Panduan Pendidikan Doktor Bidang Ilmu Peternakan 77

No.Dokumen PPs-FPT-XX FORMULIRPROGRAM DOKTOR PROGRAM PASCASARJANA

FAKULTAS PETERNAKAN UGM Berlaku mulai 01-02-2010

Revisi 00 BERITA ACARA UJIAN TERBUKA Halaman 1 dari 1

BERITA ACARA UJIAN TERBUKA

Telah dilaksanakan Ujian Terbuka bagi :

Nama : ....................................................... No. Mhs : ....................................................... Judul Disertasi : .......................................................

Pada :

Hari, tanggal : ....................................................... Pukul : ....................................................... Tempat : .......................................................

Dengan tim penguji yang terdiri dari : 1. ………………………………………………… sebagai Ketua 2. ………………………………………………… sebagai Anggota 3. ………………………………………………… sebagai Anggota 4. ………………………………………………… sebagai Anggota 5. ………………………………………………… sebagai Anggota 6. ………………………………………………… sebagai Anggota 7. ………………………………………………… sebagai Anggota 8. ………………………………………………… sebagai Anggota 9. ………………………………………………… sebagai Anggota

10. ………………………………………………… sebagai Anggota

Lama ujian : ............... Jam Mulai : ............... Selesai : .................. Hasil Ujian : ................................................................................................................................. Catatan Lain : .................................................................................................................................

Demikian berita acara ini dibuat untuk dapat dipergunakan seperlunya.

Anggota Penguji Tanda Tangan Yogyakarta, ............................

Ketua Tim Penguji ……………………………………………. 1. ......................

……………………………………………. 2. ......................

……………………………………………. 3. ...................... ……………………………………

……………………………………………. 4. ......................

……………………………………………. 5. ......................

……………………………………………. 6. ......................

……………………………………………. 7. ........................

……………………………………………. 8. .......................

…………………………………………….

…………………………………………….

9. .........................

10. ......................