Multimedia 2012

26
Tugas Power Point Multimedia diajukan untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Multimedia Agung Yusuf Safei 1205461 Pendidikan Matematika B’12

Transcript of Multimedia 2012

Tugas Power Point Multimediadiajukan untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah MultimediaAgung Yusuf Safei1205461Pendidikan Matematika B12

MATEMATIKAMenghitung Luas Permukaan Kubus dan Balok

Kompetensi Dasar3.9 Menentukan luas permukaan dan volume kubus, balok, prisma, dan limasIndikatorSiswa dapat memahami konsep luas permukaan kubus dan balokSiswa dapat menghitung luas permukaan benda yang berbentuk kubus dan balokSiswa dapat memecahkan masalah yang melibatkan konsep luas permukaan kubus dan balok dalam kehidupan sehari-hari

Tahukah kamu apa itu kubus dan balok ??NOTE:To change images on this slide, select a picture and delete it. Then click the Insert Picture iconin the placeholder to insert your own image.

?

KUBUSBALOKNOTE:To change images on this slide, select a picture and delete it. Then click the Insert Picture iconin the placeholder to insert your own image.

Manakah diantara dua gambar benda ini yang merupakan balok? Dan gambar mana yang merupakan kubus??

Kemudian, manakah yang disebut luas permukaan kubus dan balok?

Bagian atas dan bawahBagian sisi kiri dan kananBagian depan dan belakangPerhatikan penjelasan berikut..Permukaan kubus adalah jumlah semua sisi yang berada pada kubus.Jadi..Luas permukaan kubus adalah jumlah luas semua sisi yang berada pada kubus.Lalu.. Berapa jumlah sisi yang dimiliki sebuah kubus??Mari kita lihat..

Jadi..Kita tahu bahwa..Semua sisi yang berada pada kubus adalah sama, yaitu berbentuk persegi.dan luas persegi adalah sisi x sisi.

Karena jumlah sisi yang berada pada kubus berjumlah 6 yaitu pada bagian depan, belakang, samping kiri, samping kanan, atas, dan bawah kubus.

Maka.. Luas permukaan kubus yaitu..6 x (sisi x sisi)= 6s2

Lalu bagaimana denganbalok ??NOTE:To change images on this slide, select a picture and delete it. Then click the Insert Picture iconin the placeholder to insert your own image.

?

Bagian atas dan bawahBagian sisi kiri dan kananBagian depan dan belakangPerhatikan penjelasan berikut..Permukaan balok adalah jumlah semua sisi yang berada pada balok.Jadi..Luas permukaan balok adalah jumlah luas semua sisi yang berada pada balok.Lalu.. Berapa jumlah sisi yang dimiliki sebuah balok??Mari kita lihat..

Tetapi..Kita tahu bahwa..Semua sisi yang berada pada balok berjumlah 6.

Apakah semua sisi balok berbentuk sama seperti halnya kubus??Ternyata TIDAK.

Balok mempunyai 3 pasang sisi yang sama.

Yaitu..Sepasang bagian depan dan belakangSepasang bagian atas dan bawahSepasang bagian sisi kiri dan kanan

Kita tahu bahwa semua sisi balok mempunyai 3 pasang yang sama.Jadi..Bagaimana menentukan luas permukaan balok???

Bila kita cermati satu persatu.. dan kita berikan tanda pada setiap sisi balok.

PLP = panjangL = lebarT = tinggi

T

Maka.. Luas pada bagian atas dan bawah balok adalah 2 x ( P x L )

PLT

Sedangkan.. Luas pada bagian depan dan belakang balok adalah 2 x ( P x T )

PLT

Dan.. Luas pada sisi kiri dan kanan balok adalah2 x ( P x T )

PLT

Jadi..Jika kita satukan semuanya..Maka didapat dari depan dan belakang = 2 x ( P x T ) didapat dari sisi kiri dan kanan = 2 x ( L x T ) didapat dari atas dan bawah = 2 x ( P x L )

Sehingga luas permukaan balok adalah..2 x ( P x T ) + 2 x ( L x T ) + 2 x ( P x L ) = 2 x [( P x T ) + ( L x T ) + ( P x L )]

Bagaimana?Mudah bukan??Mari kita lihat contoh soalnya..

Berapakah luas permukaan dari lemari tersebut?

Jika diketahui,Panjang lemari tersebut 4 m, dengan lebar 1,5 m dan tingginya 2 m.

Sudah kita ketahui bahwa panjang lemari tersebut 2 m, dengan lebar 1,5 m dan tingginya 4 m.

Kita dapatkan..P = 4 , L = 1,5 , T = 2Dari rumus yang sudah kita peroleh, yaitu Luas permukaan balok = 2 x [( P x T ) + ( L x T ) + ( P x L )]Maka..= 2 x [( 4 x 2) + ( 1,5 x 2 ) + ( 4 x 1,5 )]= 2 x [ 8 + 3 + 6 ]= 2 x 17= 34 m2

Dari dua gambar tersebut, benda manakah yang paling banyak membutuhkan kertas untuk menutupi permukaan benda tersebut??Jika diketahui rubik raksasa tersebut mempunyai sisi 5m, dan ukuran lemari tersebut mempunyai panjang 3m, lebar 7m, dan tinggi 6m.

Gambar 1 merupakan bangun kubus dengan sisi 5m danGambar 2 merupakan bangun balok dengan p = 3, l = 4, t = 10

Gambar 1karena merupakan bangun kubus, maka luas permukaannya adalah 6 x s2, karena sisinya adalah 5mMaka.. Luas permukaan kubus tersebut adalah6 x 52 = 6 x 25 = 150 m2Gambar 2karena merupakan bangun balok, maka luas permukaannya adalah 2 x [( P x T ) + ( L x T ) + ( P x L )]Karena panjang 3m, lebar 7m, dan tinggi 6m.Maka.. Luas permukaan balok tersebut adalah2 x [( 3 x 6 ) + ( 7 x 6 ) + ( 3 x 7 )]= 2 x [ 18 + 42 + 21 ]= 2 x 81= 162 m2

Jadi..Kita simpulkan bahwa diantara dua benda tersebut yang memerlukan kertas paling banyak untuk menutupi permukaannya adalah lemari, karena luas permukaannya lebih besar dibandingkan dengan rubik raksasa tersebut.

Sampai sekarang dulu pertemuan belajar kita :)NOTE:To change images on this slide, select a picture and delete it. Then click the Insert Picture iconin the placeholder to insert your own image.

Sampai jumpa lagi di pertemuan berikutnya..Assalaamualaykum :)

Wind In The CoastlineDEPAPEPEONE, track 92011Instrumental206040.05chi - DEPAPEPE.5d6d.com