Mesin Utama & Permesinan Bantu.pptx

download Mesin Utama & Permesinan Bantu.pptx

of 24

  • date post

    30-Sep-2015
  • Category

    Documents

  • view

    218
  • download

    52

Embed Size (px)

Transcript of Mesin Utama & Permesinan Bantu.pptx

PERMESINAN UTAMA (MAIN ENGINE)

PERMESINAN UTAMA (MAIN ENGINE) & PERMESINAN BANTU (AUXILIARY MACHINERY)PERMESINAN UTAMA (MAIN ENGINE)Permesinan Utama atau Main Engine adalah Mesin Penggerak Utama , Penggerak Utama untuk membangkitkan tenaga pennggerak untuk mendorong Kapal

Permesinan utama Penggerak Utama dapat berupa :

1. Mesin Diesel.2. Mesin Uap.

Mesin dieselMesin Diesel merupakan pesawat yang melakukan pembakaran didalam mesin itu sendiri.Mesin uapMesin Uap atau Turbin Uap pembakaran diluar mesin motor itu sendiri.

Motor Bakar dalam ( Internal Conbustion Engine )Pada motor bakar dalam , bahan bakar dibakar langsung dalam silinder tekanan gas hasil pembakaran bahan bakar menggerakkan torak (piston) secara balik ini kemudian diubah menjadi gerak berputar sebuah poros melalui sebuah engkol.GARIS BESAR MESIN BAHAN BAKAR DALAM1. Penggolongan menurut bahan bakar.2. Penggolongan Menurut Sistem Pengapian.3. Penggolongan Menurut Cara Kerja.

1. Penggolongan menurut bahan bakarMotor Gas ( Gas Engine )Motor Bensin ( Gasoline engine )Motor Bahan bakar Minyak tanah ( heiosere Engine) Motor Minyak Berat 9 heary Oil Engine )

2. Penggolongan Menurut Sistem PengapianBensin dangan pengapian Listrik ( Electrik Ignition Engine ) Mesin Bakar Kapal Bajar ( Hot Bolb ignition Engine ) Motor Bakar dengan System Pengampatan.

Penyalaan dan penyemprotan langsung terjadi dengan Menyemburkan atau menyemprotkan bahan bakar ke dalam udara yang di manpatkan dalam sebuah selinder sehingga mencapai suhu tinggi.

3. Penggolongan Menurut Cara KerjaMesin 4 Tak ( 4 Stroke Engine )Pada Mesin ini Satu situs kerja terdiri dari 2 putaran mesin ( poros engkol ) yaitu 4 langkah torak.

Mesin 2 Tak ( 2 Stroke Engine )Pada Mesin ini satu situs kerja terdiri dari 1 putaran mesin ( poros engkol ) yaitu 2 langkah torak.

PERMESINAN BANTU

Permesinan bantu adalah keseluruhan permesinan yang ada di atas kapal kecuali mesin induk dan ketel induk dan termasuk seluruh pipa-pipa dan penataannya.komponen-komponen system yang disebut pesawat-pesawat bantu (auxiliary machineries)1. Kondensor induk (main condenser)2. Pompa pompa3. Deaerator4. Feed heather

1. Kondensor induk (main condenser)

Suatu alat yang bekerja berdasarkan pemindahan panas (hot exchanger), untuk merubah bentuk uap bekas (dari mesin induk) menjadi air condensate dengan jalan pengembunan dimana panas uap diserahkan ke media pengembun yaitu air laut.

2. Pompa pompa

a. Pompa ekstraksi (extraction pump)Untuk membantu menjaga / mempertahankan kondisi vakum kondensor dan menyalurkan kondensat ke deaerator.

b. Pompa pengisian (feed pump)Untuk meningkatkan tekanan air pengisian sehingga dapat bergerak masuk ke system pengisian dan masuk ke dalam ketel.

3. DeaeratorSuatu pesawat yang digunakan untuk membuang udara dari kondensat.

4. Feed heatherPemanas yang berfungsi untuk menaikkan suhu air pengisian sebelum masuk ke dalam ketel, sehingga membantu meningkatkan efisiensi daya instalasi.

Pesawat bantu dapat kita kelompokkan menjadi :1. Pompa-pompa (pumps)2. Kompresor3. System pelumasan

1. Pompa-pompa (pumps)Fungsi pompa adalah sebagai alat angkut baik cair ataupun gas dari satu tempat ke tempat yang lain berdasarkan perbedaan tekanan. Fungsi nyata pompa sebagai laat angkut di atas kapal adalah sesuai dengan nama yang disandangnya dalam system dimana pompa tersebut berada.Misalnya :Pompa Minyak Lumas Induk (Main Lubricating Oil Pump) berarti fungsi pompa tersebut digunakan untuk memindahkan / menyirkulasikan minyak lumas dari sumtank ke mesin induk.Pompa lensa (bilge pump) artinya pompa yang berfungsi untuk mengeringkan lensa atau bilge dari cairan / bocoran-bocoran keluar kapal sehingga bilge tetap kering.

2. Kompresor

Kompresor yang kita temui di system udara penjalan dan mesin pendingin adalah suatu alat pemindah juga sebagaimana pompa tetapi bedanya yang dipindahkan harus berupa gas dan dengan proses kompresi sehingga hasil keluarannya bertekanan tinggi.Fungsi kompresor adalah sesuai dengan nama dimana ia berada, jadi kopresor udara utama (main air compressor) berarti kompresor yang digunakan untuk menghasilkan udara bertekanan yang selanjutnya disimpan dibotol angin.

3. System pelumasan

fungsi terpenting dari pelumasan, selain sebagai pendingin dan pembuangan kotoran yang diserahkan ke filter, adalah juga mencegah terjadinya gesekan langsung antara logam / metal yang bergerak sehingga terhindar dari keausan.System ini merupakan system vital yang tidak boleh diabaikan bagi permesinan. Oleh sebab itu system ini dihubungkan langsung dengan satu shutdown mesin induk.

Selain akan kita jumpai system utama (main system), secara terpadu kita jumpai pula :a. System udara darurat (emergency system) yang tenaga penggeraknya harus independent dari tenaga yang tersedia danb. Juga pemungsian udara untuk keperluan lainnya.Komponen-komponen yang dapat kita jumpai dalam system ini antara lain : kompresor udara utama (main air compressor), kompresor darurat (emergency air compressor), filters, intercoller dan after cooler, oil separator, botol angin utama (main air receivers) dan botol angin bantu (auxiliary air receiver), cerat-cerat, control valves.Kompresor es, berarti kompresor yang digunkan untuk menghisap refrigerant hasil penguapan di evaporator dan menekannya ke kondensor diembunkan.c. EjectorEjector yang kita jumpai di system pembuatan air tawar dan air tekanan rendah dan di system uap induk. Alat ini berfungsi sebagai vacuum yang mengeluarkan udara di dalam system sehingga dihasilkan terendah.Ejector dapat juga kita jumpai di system vacuum sentral pompa-pompa berfungsi sebagai alat bantu menghilangkan / menghisap udara pada saat jenis nonprimming pumps, pertama kali dijalankan.d. SeparatorSesuai dengan istilahnya, maka separator adalah alat pemisah. Fungsi separator adalah sesuai dengan nama yang diberikan kepada :- Oil separator berarti alat pemisah minyak (alat ini dapat kita jumpai pada kompresor-kompresor dalam system pendingin).- Bilge water separator atau juga disebut oily water separator adalah pemisah minyak dari air yang dibuang keluar kapal dalam rangka mencegah polusi lingkungan.e. PurifierPurifier adalah suatu alat pembersih / pemisah (separator) cairan (hal di atas kapal adalah bahan bakar atau minyak lumas) yang bekerja secara sentrifuse.Dalam pemisahan yang dilaksanakan oleh purifier, selain memisahkan minyak lumas atau bahan bakar dari kotoran yang berbentuk cair juga memisahkannya dari kotoran yang berbentuk padat (lumpur).f. ClarifierSama dengan purifier, clarifier juga merupakan alat pembersih / pemisahan (separator)cairan yang bekerja berdasarkan gaya sentrifugal tetapi berbeda dengan purifier yang dapat membersihkan bahan bakar atau minyak lumas kotoran cair dan kotoran padat, pada clarifier hanya dapat memisahkan minyak lumas atau bahan bakar dari kotoran padat saja.

g. Pemanas (heater)Pemanas adalah alat untuk menaikkan suhu suatu media menjadi lebih tinggi, tanpa merubah bentuk media tersebut.Fungsi pemanas di atas kapal adalah sesuai dengan nama yang diberikan kepadanya, misalnya pemanas bahan bakar (fuel oil heater) berarti alat yang berfungsi untuk menaikkan suhu bahan bakar tanpa merubah bentuk bahan bakar itu sendiri.h. Pendingin (cooler)Pendingin atau cooler adalah alat untuk menurunkan suhu suatu media menjadi lebih rendah tanpa merubah bentuk media itu sendiri.Fungsi pendingin di atas kapal adalah sesuai dengan nama yang diberikan kepadanya, misalnya main fresh water cooler (MFW Cooler) berarti alat untuk mendinginkan air tawar yang keluar dari mesin induk tanpa merubah bentuk air tawar itu sendiri. Main lubricating oil cooler (MLO Cooler) berarti cooler yang digunakan mendinginkan minyak lumas yang keluar dari mesin induk.i. Penguap (evaporator)Penguap atau evaporator adalah alat untuk merubah bentuk cair suatu media menjadi bentuk uap. Fungsi penguap di atas kapal dapat kita jumpai sebagai :- Penguap refrigerant di system pendingin dan- Penguap air laut menjadi uap air di system penyulingan pembuatan air tawar dari air laut.j. Pengembun (condensor)Pengembun atau condenser adalah alat untuk merubah bentuk media uap menjadi bentuk cair dengan cara melepaskan panas media uap ke media pengembun.Fungsi pengembun di atas kapal dapat kita jumpai sebagai :- Merubah uap air yang dihasilkan evaporator menjadi air tawar yang dapat kita jumpai dalam system penyulingan air tawar dari air laut, atau sebagai- Merubah bentuk uap bekas menjadi kondensat pada siklus uap diketel. Atau dapat kita jumpai sebagai- Alat pengubah uap refrigerant dari kompresor es menjadi cairan refrigerant yang akan disalurkan ke ekspansion valve pada system mesin pendingin.

k. Unit distillerUnit distiller adalah unit penyulingan yang di atas kapal berfungsi sebagai pembuat air tawar dari air laut. Sebagaimana fungsinya unit distiller di atas kapal disebut Fresh Water Generator atau Fresh Water Distiller.Unit peralatan ini dipasang pada kapal-kapal ynag dirancang untuk pelayaran jauh, untuk mencegah ketergantungan kebutuhan air tawar sehubungan terbatasnya tangki air tawar.l. Unit Bilge Water separatorUnit bilge water separator adalah unit pembersih air / cairan dan cat kapal yang akan dibuang ke laut.Pembersihan ini dilakukan terhadap kotoran minyak yang terkait dalam air atau cairan yang akan dibuang tersebut, agar tidak mencemarkan lingkungan perairan laut.Unit ini dipasang pada system lensa (bilges system) sehingga diharapkan pada setiap pemompaan air got baik dari kamar mesin maupun dari ruangan (palka misalnya) air yang keluar ke laut sudah terbebas dari minyak.Minyak itu sendiri disimpan dalam ta