Mengenali Temperamen

download Mengenali Temperamen

of 13

  • date post

    13-Oct-2015
  • Category

    Documents

  • view

    73
  • download

    2

Embed Size (px)

description

tipe karakter manusia

Transcript of Mengenali Temperamen

MENANGANI PERBEDAAN

MENGENALI TEMPERAMENA.DEFENISI TEMPERAMEN, KARAKTER, DAN KEPRIBADIANTemperamen adalah adalah kombinasi sifat-sifat bawaan yang kita warisi dari sejak lahir yang di bawah sadar mempengaruhi perilaku manusia.Karakter adalah diri manusia yang sebenarnya yakni temperamen yang telah diubahkan/dipengaruhi oleh berbagai faktor pasca kelahiran. Cth. Faktor lingkungan.Kepribadian adalah ekspresi luar yang kita tunjukkan kepada orang lain, bisa sama tapi bisa juga tidak sama dengan karakter kita.

B.MENGAPA PERLU BELAJAR TENTANG TEMPERAMEN?1.Semua manusia dilahirkan dengan kombinasi temperamen.

2.Temperamen yang diwarisi sangat besar pengaruhnya terhadap perilaku manusia.3.Temperamen dasar bersifat menetap (tidak berubah).4.Membantu kita untuk memahami (mengenali) a. Siapa diri kita yang sesungguhnya sehingga kita dapat mawas dirib. Mengapa kita bereaksi tertentu dalam kondisi-kondisi di hidup kitac. Kekuatan temperamen kita dan bagaimana cara memaksimalkannya.

d. Kelemahan temperamen kita dan bagaimana cara meminimalkannyae. Temperamen orang-orang di sekitar kita dan mengapa mereka bereaksi tertentu (termasuk.pasangan atau calon pasangan)5.Tidak ada orang yang sama dan setiap orang unik6.Pernikahan biasanya dan hampir semuanya terjadi di antara dua temperamen yang berlawanan (hampir tidak ada pernikahan yang terjadi pada dua pribadi bertemperamen sama). Mempelajari temperamen akan menolong meminimalkan potensi konflik dan ledakan konflik itu sendiri akibat ketidakmampuan untuk menerima kelemahan pasangan.C.4 JENIS TEMPERAMEN DASARTemperamen pertama kali muncul dalam Alkitab Amsal pasal 30:11-13. Ketika membaca bagian ini, Agur hanya menilai dari ekspresi negatif mereka. Hal tersebut sangat lumrah karena seseorang lebih mudah didiagnosis melalui kelemahan dari pada kekuatannya.Dalam dunia kejiwaan, berdasarkan keterbukaannya, manusia di bagi menjadi dua :

1. Ekstrovert = orang yang bersifat terbuka (fokus ke luar dirinya)

2. Introvert

= orang yang bersifat tertutup (memendam)Kedua tipe di atas, dibagi lagi menjadi empat. Inilah yang disebut sebagai temperamen dasar, yakni :

1. Kolerik (Dominan)( Ekstorvert Kuat Pelaku Optimis Aktif Job Oriented2.Sanguin (Intim)

( Ekstrovert Populer Membicara Optimis Aktif People Oriented

3.Flegmatik (Stabil)( Introvert Damai Pengamat Pesimis Pasif People Oriented4.Cermat (Melankolik)( Introvert Sempurna Pemikir Pesimis Pasif Job OrientedC.1.Kolerik (Dominan)Kolerik adalah tipe temperamen yang berkemauan kuat, cepat, aktif, dan praktis, yang puas diri dan sangat mandiri. Dia cenderung tegas dan berpendirian keras, mudah membuat keputusan bagi dirinya dan orang lain. Orang Kolerik bersifat ekstrovert, tetapi tidak begitu sekuat Sanguin. Orang Kolerik menyukai kegiatan. Sebenarnya, baginya hidup adalah kegiatan. Dia tidak perlu dipengaruhi oleh lingkungannya, tetapi justru mempengaruhi lingkungannya dengan ide-ide yang tidak berakhir, rencana, tujuan, dan ambisi. la jarang masuk dalam kegiatan yang tidak bertujuan, karena ia mempunyai pikiran yang praktis dan tajam. Ia mampu membuat keputusan yang logis dan cepat dan merencanakan proyek-proyek yang berguna.Orang Kolerik tidak takut dengan penderitaan. Sebaliknva, penderitaan cenderung menjadi tantangan bagi dirinya. Hatinya yang keras biasanya membuat ia berhasil sedangkan orang lain gagal. Hal ini bukan karena rencananya lebih baik, tetapi karena orang lain lebih gampang kecil hati dan lamban, sedangkan ia mantap dan tetap maju terus. Jika benar pepatah yang mengatakan pemimpin itu dilahirkan, bukan dibuat, maka orang Kolerik adalah seorang pemimpin yang dilahirkan. Oleh ahli manajemen bisnis disebut SNL (Strong Natural Leader) atau Pemimpin Alami yang Kuat.Aspek emosi orang Kolerik merupakan bagian yang paling sedikit dikembangkan dari dirinya. Dia tidak iiiudah menarik simpati orang lain dan secara alami tidak menunjukkan atau mengekspresikan belas kasihan. Dia sering risih dengan air mata orang lain dan biasanya tidak peka dengan kebutuhan mereka.

Kelemahan terbesar orang Kolerik adalah kemarahannya. Orang Kolerik merupakan orang yang tidak ragu untuk bermusuhan. Kemarahan orang Kolerik sangat berbeda dengan orang Sanguin. Ledakan kemarahan orang Kolerik jarang sekeras orang Sanguin karena ia tidak seekstrover Sanguin. Tetapi hal ini dapat menjadi sangat berbahaya. Orang Sanguin mempunyai kelembutan yang membuat sukar bagi mereka untuk sengaja melukai orang lain (meskipun mereka dapat menyakiti orang lain tanpa dipikir lebih dahulu). Tidak demikian dengan orang Kolerik. Dengan maksud jahat dia dapat dengan sengaja menyebabkan orang lain sakit hati, dan ia menikmatinya. Ia cenderung membuat takut isteri dan anan-anaknya. Dia seorang pencela, tukang menyakiti hati orang lain, dan sombong.Setiap orang yang bekerja sama dengannya, yang menghambat kemajuannya, atau gagal melakukan sesuai dengan harapannya akan segera merasakan ledakan kemarahannya. Tidak seperti orang Sanguin yang menumpahkan kemarahannya tetapi segera reda, orang Kolerik bisa menyimpan dendam untuk jangka waktu yang lama. Barangkali itulah mengapa ia sering diserang bisul pada usia 40 tahun. Tidak seorang pun yang komentarnya lebih tajam dan pedas dibandingkan si Kolerik. Kadang-kadang kita bertanya-tanya apakah betul ini lidah atau pisau cukur.C.2.Sanguin (Intim)Sanguin adalah temperamen yang hangat, santai, bersemangat, dan menyenangkan. Orang Sanguin mudah menyesuaikan diri dan sifatnya yang terbuka membuat ia mudah mendapatkan tanggapan. Keputusannya lebih didominasi oleh perasaan, bukan oleh pikiran. Orang Sanguin begitu ramah sehingga sering disebut Super Ekstrovert. Mereka mempunyai kapasitas yang luar biasa untuk menikmati dirinya dan mengeluarkan kepribadiannya vang suka melucu. Sesaat setelah dia masuk ke sebuah ruangan, dia akan membangkitkan semangat setiap orang dengan pembicaraannya yang sangat gembira. Dia tukang cerita yang sangat menarik, dan sifatnya vang hangat dan emosional membuat ia mengingat kembali pengalaman yang ia ceritakan.Orang Sanguin tidak pernah kekurangan teman. Ia dapat sungguh-sungguh merasakan kegembiraan dan kesedihan orang yang ia jumpai, dan mempunyai kapasitas untuk membuat mereka merasa berharga, seolah-olah ia teman yang sangat khusus dan memang demikianlah halnya selama si Sanguin memperhatikannya. Pada kesempatan lain si Sanguin beralih memperhatikan orang lain dengan perhatian yang sama. Orang Sanguin mempunyai mata meng-gantung yaitu hinggap pada seseorang sampai ia kehilangan minat atau sampai datang orang lain lagi yang menarik perhatiannya.

Orang Sanguin tidak pernah kehabisan kata-kata, sekalipun ia sering berbicara tanpa berpikir. Akan tetapi keterbukaannya mempunyai daya pikat terhadap para pendengarnya, membuat mereka menanggapi suasana hatinya. Kebebasannya kadang-kadang menggairahkan, cara hidupnya yang ekstrovert membuat ia tidak malu-malu. Orang Sanguin menyukai orang dan membenci kesepian. Dia berada dalam keadaan terbaik jika dikelilingi banyak teman. Dia membagikan cerita yang menarik dengan tidak henti-hentinya dan menceritakannya secara dramatis, membuat ia menjadi favorit bagi anak-anak maupun orang dewasa. Sifatnya itu biasanya menguntungkan dirinya, karena ia mendapat karcis masuk di pesta terbaik dan pertemuan-pertemuan sosial. Suaranya keras, keramahannya membuat ia tampak lebih percaya diri dibanding keadaan yang sebenarnya. Tetapi energinya dan kecenderungannya untuk menimbulkan rasa sayang membuat ia mempunyai sedikit noda. Orang-orang mempunyai cara untuk memaklumi kelemahannya dengan mengatakan, Memang itulah dia.

Kelemahan terbesar orang Sanguin adalah kemauannya yang lemah dan kurangnya disiplin. Orang Sanguin sangat emosional, memancarkan daya tarik yang sangat besar, dan cenderung menjadi apa yang oleh seorang psikolog disebut sebagai tukang sentuh (biasanya menyentuh orang yang diajak bicara). Oleh karena itu, mereka pada umumnya mempunyai daya tarik yang besar terhadap lawan jenis. Akibatnya, mereka lebih banyak menghadapi pencobaan seksual dibanding temperamen yang lain. Sayangnya, kemauan orang Sanguin yang lemah membuat mereka mudah jatuh ke dalam pencobaan itu, kecuali jika mereka dibentengi dengan prinsip-prinsip moral yang kuat dan mempunyai kekuatan rohani yang aktif.C.3.Flegmatik (Stabil)

Orang Flegmatik adalah orang yang tenang, acuh, tidak pernah merasa terganggu dengan hal-hal yang membuat hati menjadi panas, sehingga ia adalah temperamen yang paling jarang marah. Dia orang yang paling mudah untuk bergaul dengan baik dan secara alamiah adalah orang yang paling menyenangkan dari semua temperamen. Orang Flegmatik mendapatkan namanya dari cairan tubuh, phlegm, yang menurut Hipokrates membentuk temperamen yang tenang, dingin, lamban, dan stabil. Hidup bagi orang Flegmatik adalah pengalaman yang menyenangkan tetapi ia sedapat mungkin menghindari untuk terlibat. Dia begitu tenang sehingga tidak pernah tergerak oleh lingkungan, apa pun keadaan di sekitarnya. Dia sangat konsisten. Akan tetapi, di balik kepribadiannya yang tenang, pendiam, dan malu-malu itu, tersimpan berbagai kemampuan. Dia lebih beremosi dibanding apa yang tampak di permukaan, dan mempunyai kapasitas untuk menilai seni dan hal-hal kehidupan dengan lebih baik.

Orang Flegmatik tidak kekurangan teman karena ia menikmati orang-orang dan mempunyai rasa humor. Dia tipe individu yang dapat dikelilingi oleh orang-orang yang tertawa terbahak-bahak, tetapi ia sendiri tidak pernah tersenyum. Dengan kemampuan yang unik untuk melihat sesuatu yang menggelikan pada orang lain atau pada tindakan mereka, membuat ia melakukan pendekatan yang positif terhadap kehidupan. Ia mempunyai ingatan yang kuat dan mampu menjadi imitator yang baik. Dia senang menggoda, atau membuat guyonan terhadap tipe temperamen yang lain. Sebagai contoh, dia terganggu dengan semangat orang Sanguin yang tidak