Mengenal Microsoft Word 2000

3
Mengenal Microsoft Word 2000 Windows 98 Microsoftword 2000 adalah program ( software ) pengolah data for windows yang paling popular saat ini.Banyak alasan mengapa orang lebih suka menggunakan program aplikasi Microsoft word sebagai pengolah data.Diantara alasan tersebut adalah lengkapnya pasilitas atau hal-hal penting yang berhubungan dengan tulis menulis dengan program aplikasi windows lainnya,kesederhanaan dan kemudahan dalam pemakaiannya.Semua jenis pekerjaan yang berhubungan tulis menulis seperti pembuatan surat-surat bisnis, laporan ilmiah,skripsi dan lain-lain dapat di selesaikan secara profesional dengan menggunakan microsoft word 97. Untuk dapat menjalankan Ms Word diperlukan sistem Operasi Windows. Pada contoh berikut ini akan di sampaikan cara menjalankan Ms Word 2000 pada Windows 98. Ada banyak cara untuk menjalankan Ms Word di dalam Windows 98.windows 98,salah satunya adalah: klik tombol sart pada taskbar windows 98,arahkan pointer pada folder program,pada menu yang muncul klik icon Microsoft Word. Jika kita sudah melakukan langkah seperti diatas,maka akan tampil layar Editing MS Word ( tempat pengetikan teks). Pada layar pengetikan MS Word di bedakan menjadi beberapa bagian, diantaranya : 1.Title bar : Baris judul yang terdapat pada bagian layar paling atas yang bertulikan Microsoft Word 2.Menu bar : Baris menu ( Daftar perintah ) yang terdiri dari menu file, edit, view sampai dengan help.

Transcript of Mengenal Microsoft Word 2000

Page 1: Mengenal Microsoft Word 2000

Mengenal Microsoft Word 2000

Windows 98

Microsoftword 2000 adalah program ( software ) pengolah data for windows yang paling popular saat ini.Banyak alasan mengapa orang lebih suka menggunakan program aplikasi Microsoft word sebagai pengolah data.Diantara alasan tersebut adalah lengkapnya pasilitas atau hal-hal penting yang berhubungan dengan tulis menulis dengan program aplikasi windows lainnya,kesederhanaan dan kemudahan dalam pemakaiannya.Semua jenis pekerjaan yang berhubungan tulis menulis seperti pembuatan surat-surat bisnis, laporan ilmiah,skripsi dan lain-lain dapat di selesaikan secara profesional dengan menggunakan microsoft word 97.

Untuk dapat menjalankan Ms Word diperlukan sistem Operasi Windows. Pada contoh berikut ini

akan di sampaikan cara menjalankan Ms Word 2000 pada Windows 98. Ada banyak cara untuk menjalankan Ms Word di dalam Windows 98.windows 98,salah satunya adalah: klik tombol sart pada taskbar windows 98,arahkan pointer pada folder program,pada menu yang muncul klik icon Microsoft Word.

Jika kita sudah melakukan langkah seperti diatas,maka akan tampil layar Editing MS Word ( tempat pengetikan teks). Pada layar pengetikan MS Word di bedakan menjadi beberapa bagian,

diantaranya :

1.Title bar : Baris judul yang terdapat pada bagian layar paling atas yang bertulikan Microsoft Word

2.Menu bar : Baris menu ( Daftar perintah ) yang terdiri dari menu file, edit, view sampai dengan help.

3.Tolbar : Peritah yang berbentuk gambar ( icon ).Jika kita klik pada salah satu tombol ,maka akan menghasilkan perintah tertentu.

4. Ruler : Mistar yang di gunakan untuk mengatur margin, dan kedalaman paragraph.

5. Scroll bar : Di gunakan untuk melihat bagian yang tersembunyi ( menggulang layar ).

6.Text Area : Daerah untuk mengetik teks.

7. Status bar : Terletak di bagian bawah layar berisi informasi mengenai halaman yang sedang kita sunting, seperti nomar halaman,nomor seksi dan kolom.

Page 2: Mengenal Microsoft Word 2000

Beberapa bagian dari layr seperti Toolbar,Ruler atau Scrollbar dapat di hilangkan.Untuk menghilangkan atau menampilkan kembali dapat diambil dari menu View,pilih Toolbar, tandai pada cek list yang disediakan.

PENYIPANAN DAN PENGAMBILAN

FILE ( Dukumen)

Untuk memulai pekerjaan dalam Ms Word diperlukan lembar kerja baru.Untuk membuat file baru,klik icon New pada Toolbar atau klik menu file,pilih new kemudian OK.

Setiap hasil kerja pada komputer disebut dengan istilah file.Jadi file adalah data atau program yang terdapat pada media penyimpanan komputer.Untuk setiap hasil pek Merjaan yang di anggap penting selalu di simpan dengan cara menyimpan atau merekam file pada Ms Word adalah Klik file,pilih save.Jika kita baru pertama kali menyimpan file maka akan muncul kotak dialog Save As pada kotak file name, ketikan nama file yang ingin anda berikan,lalu klik save .Menyimpan file dapat

Pula dilakukan di toolbar. Caranya ; klik tombol ( icon ) Save yaitu tombol yang berbentuk disket kecil. File yang telah di simpan dapat juga disimpan kembali dengan nama yang berbeda. Caranya ;

Klik menu file , klik save As...,ketken nama file baru, klik tombol save As.

Pekerjaan atau file yang telah dapat di buka setiap saat bila diperlukan. Cara membuat file yang telah disimpan adalah klik icon Open pada toolbar, pilih file yang akan di buka,klik tombol open.

Dalam pengeditan teks kita dapat memindahkan kursor dari satu halaman ke halaman lainnya dengan mudah dan cepat . Cara memindahkan kursor dapat di lakukan dengan banyak cara, di antaranya ; dengan menekan tombol panah, tombol Page up atau Page down pada keybord atau dengan klik mouse. Untuk memindahkan kursor dapat juga di lakukan dari menu Edit , pilih Go To...,

Ketikan nomor yang di tuju, klik tombol Go To,terakhir klik tombol Close.