masakan acar timun nenas khas melayu riau

Click here to load reader

download masakan acar timun nenas khas melayu riau

of 18

  • date post

    07-Aug-2015
  • Category

    Education

  • view

    187
  • download

    3

Embed Size (px)

Transcript of masakan acar timun nenas khas melayu riau

  1. 1. MEMBUAT MASAKAN KHAS MELAYU RIAU ACAR TIMUN NENAS Oleh: 1.Meri Septiani Sihite 2.Shinta Puspita Riadi Kelas: XII IPA 2
  2. 2. Acar Timun Nenas Acar Buah (Timun dan Nenas) maksudnya adalah masakan khas Melayu Riau tepatnya berasal dari Bengkalis yang dibuat dengan memcampurkan berbagai macam buah-buahan seperti buah Timun dan Nenas.Hasil dari masakan ini akan menimbulkan cita rasa yang beragam baik itu asam,manis,pedas dan lainnya.
  3. 3. Bahan-bahan yang di perlukan untuk membuat Acar Timun Nenas: Cabe merah 10 biji Gula pasir 4 sendok makan Timun kg Bengkuang 2 buah Nenas 1 buah Garam halus sendok teh Cuka 2 sendok teh Bawang merah 10 biji Wortel 1 buah
  4. 4. Pisau dapur Piring penyajian Sendok tehTalenan Sendok makan Baskom
  5. 5. 1. Kupas nenas dari kulitnya kemudian buang bagian bulatan-bulatan kecil berwarna hitam pada nenas hingga bersih,agar lebih mudah membuang bagian bulatan hitam kecilnya itu usahakan membuang bagian bulatan hitam kecilnya berbentuk garis miring. 2. Setelah itu belah nanas menjadi beberapa bagian(tergantung selera),apabila anda tidak menyukai bagian tulang daging buah nenas ini,anda dapat membuangnya agar nenas lebih lembut disantap.lalu di potong kecil-kecil,setelah selesai taruh di baskom atau tempat yang disediakan. 3. Kupas timun dan buang bijinya,lalu disertai dengan memotong bengkuang dan wortel.setelah selesai potong dadu(tergantung selera ukurannya) ke 3 jenis buah itu.
  6. 6. 4. Setelah itu taruh ke 3 jenis buah tadi kedalam baskom yang berisi potongan nenas tadi. 5. Cuci buah-buahan tadi lalu ditiriskan. 6. Setelah semua selesai barulah kita membuat bumbunya. 7. Kupas bawang merah 10 buah lalu di potong- potong kecil.
  7. 7. 8. Potong cabe merah 10 buah kecil-kecil berbentuk bulatan tipis. 9. Setelah semua bahan di potong-potong kecil,campur semua bahan dalam satu baskom kemudian masukkan asam cuka kira-kira 2 sendok teh,gula pasir 4 sendok makan dan garam halus sendok teh. 10. Diamkan beberapa menit,acar siap disajikan.
  8. 8. Acar adalah makanan khas Melayu Riau yang bercita rasa asam,manis,pedas, dan segar sehingga cocok disajikan dengan berbagai macam makanan,seperti; Nasi goreng + Acar buah Nasi putih + Acar buah Acar juga dapat di nikmati walaupun tidak disajikan dengan makanan lainnya karena rasanya hampir mirip rujak.
  9. 9. Acar akan bertahan selama kurang lebih 6 jam setelah pembuatan,tetapi apabila di simpan di kulkas acar akan bertahan selama beberapa hari.
  10. 10. Karena rasa acar hampir mirip rujak dan segar,acar sangat bagus untuk menambah selera makan.Acar juga baik untuk kesehatan karena terbuat dari buah-buahan.Tetapi untuk orang yang menderita penyakit maag tidak dianjurkan untuk makan acar ini karena mengandung asam.Akan tetapi,apabila makanan ini disajikan bagi penderita maag,cuka yang di berikan jangan terlalu banyak dan lebih banyakkan mentimunnya dibanding nenas atau jika perlu mentimun saja(Acar Mentimun).
  11. 11. The End Thank You