Timun Emas

of 18

  • date post

    07-Jan-2016
  • Category

    Documents

  • view

    39
  • download

    0

Embed Size (px)

description

belajar membuat animasi dengan macromedia flash

Transcript of Timun Emas

TUGAS KULIAHMULTIMEDIA2014

DISUSUN OLEH :NI LUH MADE DEWI ASIH ASTITA(21120111120004)

MARLINDA RAHMAWATI(21120111120005)

PROGRAM STUDI TEKNIK SISTEM KOMPUTERFAKULTAS TEKNIKUNIVERSITAS DIPONEGOROSEMARANG2014

Animasi Timun Emas dengan Menggunakan Macromedia Flash 81. Keadaan 1Keadaan 1 ini berisi judul dari animasi dengan background pemandangan sawah dan karakter Timun Emas serta tulisan judul yang berjalan. Keadaan 1 terdiri dari 2 layer dimana layer 1 untuk background sedangkan layer 2 untuk objek tulisan judul. Berikut langkah-langkah pembuatannya :1) Pada frame 1 di layer 1 yang diberi nama back1 dibuat gambar background pemandangan sawah menggunakan tools yang ada di sebelah kiri. Hasil gambar background terlihat seperti gambar 1.

Gambar 1. Tampilan awal animasi2) Kursor diletakkan pada frame 60 di layer 1, kemudian klik kanan dan memilih Insert Keyframe agar background tidak bergerak saat objek tulisan judul dijalankan.3) Menambahkan layer 2 dan diberi nama judul dengan cara memilih menu Insert > Timeline > Layer. Kemudian menghapus semua frame yang ada di layer 2. Pada frame 1 di layer 2 mengklik kanan dan memilih Insert Blank Keyframe dan menulis huruf T. 4) Menambahkan keyframe di frame 5 di layer 2 dengan cara meletakkan kursor pada frame 5, lalu mengklik kanan mouse dan memilih Insert Keyframe. Kemudian mengetik huruf i pada lembar kerja. Selanjutnya memasukkan kembali huruf m pada frame 10 di layer 2 dengan cara yang sama.5) Menentukan jarak tiap-tiap keyframe sesuai selera untuk meletakkan huruf-huruf selanjutnya. 6) Menambahkan sisa huruf yaitu u, n, E, m, a, s pada lembar kerja dengan langkah yang sama seperti langkah sebelumnya. Setelah semua langkah-langkah dilakukan, maka dapat dilihat bagaimana hasilnya dengan menekan tombol Enter pada keyboard untuk menjalankan animasi tersebut, atau dengan memilih menu Control kemudian Play. Animasi yang ditampilkan yaitu tulisan Timun Emas yang muncul satu persatu huruf-hurufnya.

2. Keadaan 2Keadaan 2 ini berisi cerita awal dari animasi Timun Emas dimana seorang janda pergi ke suatu goa untuk menemui seorang Raksasa untuk meminta anak. Keadaan 2 terdiri dari 2 layer untuk menciptakan pergerakan objek. Berikut langkah-langkah pembuatannya :1) Menambahkan layer baru dan diberi judul back2 untuk membuat latar belakang lingkuangan goa dengan cara menekan ikon Insert Layer. Dapat juga dilakukan dengan memilih menu Insert > Timeline > Layer. 2) Menghapus semua frame yang ada dengan cara memblok semua frame lalu klik kanan pada mouse dan memilih Remove Frame.3) Mengklik pada frame 61 di layer back2, kemudian mengklik kanan pada mouse dan memilih Insert Blank Keyframe.4) Menggambar latar belakang pada lembar kerja.5) Menempatkan kursor di frame 300 di layer back2, lalu klik kanan pada mouse dan memilih Insert Keyframe untuk membuat background tetap tidak bergerak meskipun objek di atasnya bergerak.6) Menambahkan layer kembali seperti cara sebelumnya dan diberi judul ke gua untuk menempatkan objek janda.7) Meletakkan kursor di frame 61 di layer ke goa, lalu mengklik kanan mouse dan memilih Insert Blank Keyframe untuk membuat objek baru di atas background. 8) Menggambar objek di atas background seperti yang terlihat pada gambar 2

Gambar 2. Tampilan membuat objek janda9) Meletakkan kursor pada frame 90 di layer ke goa lalu klik kanan dan memilih Insert Keyframe, lalu memindahkan letak objek janda ke posisi yang terlihat pada gambar 3 dengan cara mengklik menu ikon Free Transform Tool di dalam toolbox Tool, lalu diletakkan ke posisi objek janda yang akan dipindah, lalu menggeser objek dengan men-drag.

Gambar 3. Tampilan memindah objek janda (1)10) Kembali pada frame 61 di layer ke goa, lalu klik kanan mouse dan memilih Create Motion Tween untuk menggerakkan objek dari posisi awal ke posisi akhir. 11) Memindahkan objek janda ke posisi selanjutnya seperti gambar 4 pada frame 103 di layer ke goa. Lalu kembali ke frame 61 untuk membuat Create Motion Tween.

Gambar 4. Tampilan memindah objek janda (2)12) Memindahkan objek janda ke posisi selanjutnya seperti gambar 5 pada frame 115 di layer ke goa. Lalu kembali ke frame 103 untuk membuat Create Motion Tween.

Gambar 5. Tampilan memindah objek janda (3)Setelah semua langkah-langkah dilakukan, maka dapat dilihat bagaimana hasilnya dengan menekan tombol Enter pada keyboard untuk menjalankan animasi tersebut. Animasi yang ditampilkan yaitu objek janda yang terlihat berjalan ke arah goa.

3. Keadaan 3Keadaan 3 ini berisi cerita selanjutnya dimana seorang janda sedang memohon untuk memanggil seorang Raksasa untuk meminta anak. Berikut langkah-langkah pembuatannya :1) Menambahkan layer baru dan diberi judul berdoa dengan cara menekan ikon Insert Layer.2) Menghapus semua frame yang ada dengan cara memblok semua frame lalu klik kanan pada mouse dan memilih Remove Frame3) Meletakkaan kursor di frame 115 di layer berdoa, lalu mengklik kanan pada mouse dan memilih Insert Blank Keyframe.4) Menggambar objek janda yang terlihat sedang berdoa, seperti yang terlihat pada gambar 6.

Gambar 6. Tampilan menggambar objek janda berdoa5) Meletakkan kursor di frame 179 di layer berdoa, kemudian mengklik kanan pada mouse dan memilih Insert Keyframe untuk membuat objek tidak bergerak.4. Keadaan 4Keadaan 4 ini berisi cerita dimana Raksasa telah datang menemui janda tersebut. Berikut langkah-langkah pembuatannya :1) Menambahkan layer baru dan diberi judul buto teka dengan cara menekan ikon Insert Layer.2) Menghapus semua frame yang ada dengan cara memblok semua frame lalu klik kanan pada mouse dan memilih Remove Frame.3) Meletakkaan kursor di frame 145 di layer buto teka, lalu mengklik kanan pada mouse dan memilih Insert Blank Keyframe.4) Menggambar objek Raksasa pada lembar kerja, seperti pada gambar 7.

Gambar 7. Tampilan menggambar objek raksasa5) Meletakkan kursor di frame 179 di layer buto teka, kemudian mengklik kanan pada mouse dan memilih Insert Keyframe.6) Kembali ke frame 145 di layer buto teka, lalu mengklik kanan mouse dan memilih Create Motion Tween untuk menggerakkan objek Raksasa.7) Meletakkan kursor di frame 300 di layer buto teka, kemudian mengklik kanan pada mouse dan memilih Insert Keyframe.

5. Keadaan 5Keadaan 5 ini berisi cerita dimana janda terkejut setelah kedatangan Raksasa, kemudian dia diberi sebuah timun. Berikut langkah-langkah pembuatannya :1) Menambahkan layer baru dan diberi judul terkejut dengan cara menekan ikon Insert Layer.2) Menghapus semua frame yang ada dengan cara memblok semua frame lalu klik kanan pada mouse dan memilih Remove Frame. 3) Meletakkaan kursor di frame 179 di layer terkejut, lalu mengklik kanan pada mouse dan memilih Insert Blank Keyframe.4) Menggambar objek janda terkejut pada lembar kerja, seperti gambar 8.

Gambar 8. Tampilan menggambar objek janda terkejut5) Meletakkan kursor di frame 205 di layer terkejut, kemudian mengklik kanan pada mouse dan memilih Insert Keyframe. 6) Meletakkan kursor di frame 221 di layer terkejut, kemudian mengklik kanan pada mouse dan memilih Insert Keyframe.7) Menggambar objek janda pada lembar kerja seperti gambar 9. Lalu kembali ke frame 205 lalu klik kanan pada mouse dan memilih Create Motion Tween.

Gambar 9. Tampilan menggambar objek janda kedua8) Meletakkan kursor di frame 255 di layer terkejut, kemudian mengklik kanan pada mouse dan memilih Insert Keyframe. 9) Meletakkan kursor di frame 275 di layer terkejut, kemudian mengklik kanan pada mouse dan memilih Insert Keyframe dan memindah objek janda dengan menggunakan Free Transform Tool, seperti gambar 10.

Gambar 10. Tampilan memindah objek janda10) Kembali ke frame 255 lalu klik kanan pada mouse dan memilih Create Motion Tween untuk menggerakkan objek janda.11) Meletakkan kursor di frame 290 di layer terkejut, kemudian mengklik kanan pada mouse dan memilih Insert Keyframe dan memindah objek janda dengan menggunakan Free Transform Tool, seperti gambar 11.

Gambar 11. Tampilan memindah objek janda kedua12) Kembali ke frame 275 lalu klik kanan pada mouse dan memilih Create Motion Tween untuk menggerakkan objek janda.13) Meletakkan kursor di frame 300 di layer terkejut, kemudian mengklik kanan pada mouse dan memilih Insert Keyframe dan memindah objek janda dengan menggunakan Free Transform Tool, seperti gambar 12.

Gambar 12. Tampilan memindah objek janda ketiga14) Kembali ke frame 290 lalu klik kanan pada mouse dan memilih Create Motion Tween untuk menggerakkan objek janda.

6. Keadaan 6Keadaan 6 ini berisi cerita dimana janda diberi sebuah timun oleh Raksasa. Berikut langkah-langkah pembuatannya :1) Menambahkan layer baru dan diberi judul timun datang dengan cara menekan ikon Insert Layer.2) Menghapus semua frame yang ada dengan cara memblok semua frame lalu klik kanan pada mouse dan memilih Remove Frame.3) Meletakkaan kursor di frame 226 di layer terkejut, lalu mengklik kanan pada mouse dan memilih Insert Blank Keyframe dan menggambar objek timun seperti gambar 13.

Gambar 13. Tampilan menggambar objek timun4) Meletakkan kursor di frame 300 di layer terkejut, kemudian mengklik kanan pada mouse dan memilih Insert Keyframe.

7. Keadaan 7Keadaan 7 ini berisi cerita dimana janda telah sampai di rumah dengan membawa timun dan mempunyai anak Timun Emas. Keadaan 7 terdiri dari 4 layer untuk menciptakan pergerakan objek. Berikut langkah-langkah pembuatannya :1) Menambahkan layer baru dan diberi judul back3 dengan cara menekan ikon Insert Layer. 2) Menghapus semua frame yang ada dengan cara memblok semua frame lalu klik kanan pada mouse dan memilih Remove Frame.3) Meletakkaan kursor di frame 300 di layer back3, lalu mengklik kanan pada mouse dan memilih Insert Blank Keyframe dan menggambar background rumah seperti gambar 14.

Gambar 14. Tampilan menggambar background rumah4) Meletakkaan kursor di frame 535 di layer back3, lalu mengklik