Makalah Uas Word 2007

download Makalah Uas Word 2007

of 33

description

ekonomi islam

Transcript of Makalah Uas Word 2007

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 LATAR BELAKANG

Teknologi informasi pada era globalisasi pada saat ini, tidaklah merupakan barang yang mewah lagi, hampir disetiap rumah dinegara maju dan berkembang memiliki teknologi informasi (internet). Itu menunjukkan bahwa perkembangan teknologi informasi sangatlah pesat. Pada saat ini banyak instansi-instansi yang memanfaatkan perkembangan teknologi informasi, salah satunya perusahaan. Itu menunjukan dalam dunia modern yang serba instant, tingkat kebutuhan manusia untuk mendapatkan informasi sangatlah tinggi.

Perusahaan tidak akan pernah berhenti menghadapi permasalahan di dalam dan di luar perusahaan. Permasalahan di dalam menyangkut aspek retrukturisasi organisasi perusahaan, akuisisi, dan merger serta aliansi strategik. Dalam aspek yang lebih operasional menyangkut manajemen finansial, produksi, pemasaran, manajemen administrasi dan manajemen sumberdaya manusia. Sementara itu masalah eksternal ditandai oleh aktifitas ekonomi pasar sedemikian dinamisnya seperti tuntutan pelanggan terhadap mutu dan keamanan produk, fluktuasi harga input dan output, ekspansi pasar perusahaan lain, teknologi dan pesaing. Dalam upaya mencapai keunggulan kompetitif, perusahaan harus menghadapi tantangan bahkan tekanan-tekanan internal dan eksternal itu. Salah satu pendekatannya adalah bagaimana mengefektifkan potensi sumberdaya yang ada.Penggunaan teknologi informasi didalam perusahaan merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kinerja suatu perusahaan, dan juga digunakan sebagai tolak ukur dalam keunggulan kompetitif perusahaan. Perusahaan-perusahaan diseluruh dunia berlomba-lomba untuk menunjukan kecanggihan teknologi informasi yang ada diperusahaannya. Oleh karna itu banyak perusahaan yang bangkrut akibat minimnya penggunaan teknologi informasi didalam perusahaannya.

Kelebihan sistem informasi berbasis teknologi informasi dibandingkan dengan berbasis manual adalah informasi akan diperoleh lebih cepat, tepat, akurat. Selain itu penggunaan alat bantu komputer juga harus semakin ditingkatkan, karena komputer memiliki kemampuan untuk mengolah data dengan cepat dibandingkan dengan kemampuan manusia, sehingga kegiatan operasional sehari-hari dapat diefisienkan dan mengefektifkan pengambilan keputusan, karena sistem informasi akuntansi dirancang tidak hanya untuk pembuatan keputusan yang akan datang dengan kemampuan analitis.

Tidak dipunkiri perkembangan teknologi informasi mempengaruhi semua aspek kehidupan sehingga menimbulkan persaingan, terutama persaingan antar perusahaan. Perusahaan-perusahaan mulai menyusun strategi untuk meraih apa yang dinamakan keungulan kompetitif. Perusahaan-perusahaan akan menyiapkan strategi untuk bersaing dengan perusahaan lain, seperti apa rencana yang dibutuhkan serta kebijakan apa yang akan diambil dalamuntuk memenangkan persaingan tersebut

Keunggulan kompetitif dapat dicapai melalui pengelolaan sumber daya fisik, akan tetapi sumber daya virtual ternyata juga dapat memainkan peranan yang besar. Michael E. Porter diakui sebagai orang yang paling banyak mengungkapkan konsep keunggulan kompetitif dan mengontribusikan pemikiran-pemikiran mengenai rantai nilai (value chain) dan sistem nilai (value system), yang setara dengan melihat sesuatu secara sistem atas perusahaan dan lingkungannya. Para eksekutif perusahaan dapat menggunakan informasi tersebut untuk mendapatkan keunggulan strategis, taktis, dan operasional.

Perguruan tinggi yang baik adalah Peruruan Tinggi yang dalam memberikan mata kuliah tidak hanya teori saja melainkan pemberian tugas serta pengalaman secara langsung terjun ke lapangan. Seperti yang kita ketahui PT Karya Mandiri Sepakat merupakan perusahaan yang sebagai produsen yang memproduksi pintu besi,rel pintu dan accessoriesnya dengan merk WINA telah hadir sejak tahun 1992 dan telah menjadi market leader untuk pemenuhan rel & accessories serta pintu.1.1. Rumusan Masalah1. Bagaimana membuat planning di PT Karya Mandiri Sepakat agar dapat mencapai keunggulan kompetitif?2. Bagaimana strategi untuk mencapai keunggulan kompetitif di PT Karya Mandiri Sepakat?1.3 Tujuan Penelitian

1. Bagi mahasiswaa. Mengetahui lingkungan kerja yang sesungguhnyab. Memperoleh pengalaman di dalam suatu industri perusahaan c. Bisa bersosialisasi dengan para pegawai di perusahaan tersebut2. Bagi Fakultas Ekonomi Unesaa. Memberi masukan pada penyempurnaan kurikulum Prodi Administrasi Perkantoran dalam rangka menyiapkan lulusan yang siap kerjab. Memperoleh masukan dalam berbagai kasus yang dapat digunakan sebagai contoh dalam proses pendidikan.c. Sebagai referensi untuk menambah jaringan dan kerja sama antara Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya dan PT. Karya Mandiri Sepakat Surabaya3. Bagi Perusahaana. Sebagai bahan evaluasi bagi perusahaan tersebut untuk lebih baik lagi dalam menjalankan kegiatannya ke depan.

b. Menjalin kerjasama dengan instansi lain yang terkait guna mengembangkan perusahaan tersebut.

c. Membantu menjalankan operasional dalam perusahaan tersebut.

BAB II

PEMBAHASAN

1. Deskripsi PerusahaanPT Karya Mandiri Sepakat adalah pembuat / memproduksi pintu dan accesories dari bahan plat yang berkualitas, berdiri sejak 1992 berbekal dengan pengalaman, PT Karya Mandiri Sepakat sebagai produsen yang memproduksi pintu besi,rel pintu dan accessoriesnya dengan merk WINA telah hadir sejak tahun 1992 dan telah menjadi market leader untuk pemenuhan rel & accessories serta pintu. kami semakin memperhitungkan kwalitas dari bahan baku dan model-model pintu yang menyesuaikan dengan perkembangan zaman oleh karna itu kami selalu menjadi spek di setiap perumahan dari sabang sampai merauke-dari aceh sampai papua,kami menawarkan kualitas produk dan pelayanan yang terbaik,perusahaan kami selalu mengedepankan kejujuran dengan menunjukkan spek/sket produksi setiap kali ada pemesanan.

Pintu besi merk wina merupakan produksi dalam negeri yang diproduksi oleh PT. Karya Mandiri Sepakat. Pintu besi merk wina terbuat dari besi plat dan difinishing powder coatingdan di design dengan tehnologi modern dan type pintu besiwina sudah terdaftar didepartemen perindustrian dan dengan warna yang bervariasi sehingga rumah anda akan terasa amandan kuat,anti karat dan indah. Garasi rumah tidak hanya berfungsi sebagai tempat melindungi kendaraan pribadi anda, namun keberadaanya juga turut menunjang keindahan design rumah anda.jadi garasi harus dirancang dengan baik disesuikan dengan model rumah sehingga nampak selaras, salah satu elemen utama dari garasi adalah pintu garasi.Pintu besi merk wina merupakan produksi dalam negeri yang diproduksi oleh PT. Karya Mandiri Sepakat yang berlokasi di tangerang-indonesia.

Pintu besi merk wina terbuat dari besi plat sphc dengan ketebalan 2 mm dan difinishing powder coating dengan warna yang bervariasi sehingga kuat,anti karat dan indah.2. Hambatan

Faktor-faktor yang mendukung :

Perusahaan yang masih berkembang Produktivitas perusahaan yang tinggi Narasumber Perusahaan yang bersedia memberikan penjelasan dengan baik.Faktor-faktor yang menghambat:

Mahasiswa harus mencari informasi dahulu seputar PT. Karya Mandiri Sepakat sebelum melaksanakan Observasi.

Mahasiswa harus menjalin link terlebih dahulu kepada karyawan Perusahaan

Adanya narasumber yang enggan berkomentar apabila pertanyaan diluar wewenangnya.

Mahasiswa menunggu lama karena adanya banyak kepentingan yang dilakukan oleh narasumber

3. Solusi

Penyesuaian waktu agar tidak berbenturan

Adanya keterbukaan dari pihak Perusahaan untuk menerima pihak luar yang ingin menggali informasi demi lancarnya kegiatan pendidikan.

Pihak Perusahaan seharusnya mempersiapkan bidang humas untuk dapat membagi informasi kepada pihak eksternal yang berkepentingan agar pihak yang berkepentingan seperti mahasiswa menjadi lebih mudah untuk menggali infromasi.

BAB III

PELAKSANAAN OBSERVASI

A. Komitmen Perusahaan

PT. Karya Mandiri Sepakat merupakan perusahaan yang sangat berkompeten dalam bidang produksi pintu besi merk WINA dengan keunggulan :

1. Kuat dan tahan lama

2. Aman dan tidak lapuk

3. Praktis dan indah

4. Dapat dicuci

5. Tidak susut karena cuaca

6. Tidak karat karena di powder coating

7. Bergaransi dua (2) tahun

VisiMenjadi perusahaan produksi yang mengutamakan kepuasan pelanggan.

Misi1. Menyediakan berbagai macam pintu besi dengan berbagai komponen yang memiliki standar kualitas tinggi.

2. Mewmberikan pelayanan prima kepada pelanggan dengan mengutamakan kepuasaan pelanggan

3. Melakukan perluasan pangsa pasar perusahaan secara profesional dengan cabang di berbagai daerah dan prinsip-prinsip manajemen yang berwawasan global sehingga mampu memberikan kontribusi bagi perusahaan.

4. Mengembangkan lingkungan kerja yang kondusif sehingga menjadi pilihan utama karyawan bekerja dan berkarir secara profesional.

B. Posisi Perusahaan

PT.Karya Mandiri Sepakat adalah sebuah perusahaan Produksi di bidang pembuatan pintu besi yang berdiri secara mandiri dengan memiliki beberapa cabang di seluruh Indonesia dan berpusat di Tanggerang. PT. Karya Mandiri Sepakat memiliki kurang lebih 575 Karyawan. PT. Karya Mandiri Sepakat sudah menjadi yang terdepan dalam bidang Pembuatan Pintu Besi dan Rel. Tersedia dalam berbagai model yang dapat menyesuaikan dengan tema bangunan seperti klasik,modern,minimalis dan simple,dengan kode model WD 101 ,WD 102,WD 103, WD 105, WD 201,WD 202, WD 203 DAN WD 205.serta kami dapat menerima desain dari pelanggan sendiri yang di sesuaikan dengan tekhnologi dan system produksi pintu WINAC. Kegiatan Perusahaan1. Perusahaan dan Lingkungannya

Perusahaan adalah Suatu sistem fisik yang dikelola melalui penggunaan sebuah sistem virtual. Sistem fisik perusahaan merupakan suatu sistem terbuka di mana ia berhadapan dengan lingkungannya. Sebuah perusahaan mengambil sumber daya dari lingkungannya, mengubah sumber daya tersebut menjadi produk dan jasa, dan mengembalikan sumber daya yang telah diubah kembali ke lingkungan.Berdasarkan observasi, PT Karya Mandiri Sepakat mengelola sumber daya berupa besi yang diperoleh dari distributor. Sumber daya dikelola menjadi sebuah pintu besi beserta komponennya, kemudian dijual berdasarkan pemesanan sebelumnya. PT Karya Mandiri Sepakat juga perusahaan yang ramah lingkungan dengan limbah yang dapat dimanfaatkan kembali sebagai karya seni seperti hiasan dan dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar, khususnya Ibu Rumah Tangga. 2. Aliran Sumber Daya Fisik

Sumber daya fisik sebuah perusahaan meliputi pegawai, bahan baku, mesin, dan uang. Pegawai dipekerjakan oleh perusahaan, diubah ke tingkat keahlian yang lebih tinggi melalui pelatihan dan pengalaman, dan pada akhirnya meninggalkan perusahaan. Bahan baku memasuki perusahaan dalam bentuk input mentah dan diubah menjadi barang jadi, yang kemudian dijual kepada para pelanggan perusahaan. Mesin dibeli, digunakan dan pada akhirnya dijual dalam bentuk penerimaan penjualan investasi pemegang saham, dan pinjaman lalu diubah menjadi pembayaran kepada pemasok, pajak kepada pemerintah, dan pengembalian kepada para pemegang saham. Ketika berada di dalam perusahaan, sumber daya fisik dipergunakan untuk menghasilkan produk dan jasa yang dijual oleh perusahaan kepada para pelanggannya.Berdasarkan observasi, Sumber daya fisik perusahaan PT.Karya Mandiri Sepakat meliputi pegawai, bahan baku, mesin, dan uang. Pegawai diberikan pelatihan setiap 6 bulan sekali sementara untuk pegawai baru diberlakukan masa training atau percobaan selama kurang lebih 1 bulan agar dapat memahami kondisi di dalam perusahaan. Bahan baku berupa besi diolah menjadi sebuah pintu besi beserta komponennya, kemudian dijual berdasarkan pemesanan sebelumnya. PT Karya Mandiri Sepakat juga perusahaan yang ramah lingkungan dengan limbah yang dapat dimanfaatkan kembali sebagai karya seni seperti hiasan dan dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar, khususnya Ibu Rumah Tangga. Mesin dibeli secara kredit dari Produsen apabila mesin tersebut mengalami penyusutan akan diganti dengan mesin yang lebih canggih agar dapat meningkatkan tinkat produksi. Keuangan di PT Karya Mandiri Sepakat dikelola oleh Adik dari pemilik perusahaan.3. Mekanisme Pengendalian Perusahaan

Unsur-unsur perusahaan yang mengendalikan operasinya sendiri meliputi :

1. standar kinerja yang harus dipenuhi oleh perusahaan jika ia ingin mencapaitujuannya secara keseluruhan, 2. manajemen perusahaan, dan

3. suatu pemroses informasi yang mengubah data menjadi informasi.Berdasarkan observasi, PT Karya Mandiri Sepakat dalam pengendalian perusahaan sudah memiliki standar kerja dengna adanya Standaqr Operasional Perusahaan. Manajemen perusahaan telah dilakukan secara menyeluruh di berbagai divisi perusahaan meliputi; perencanaan mulai dari bagian produksi, pemasaran, keuangan, dan lain-lain. Terkait pemroses informasi perusahaan mengelola data secara komputerisasi. 4. Lingkaran Umpan BalikLingkaran Umpan Balik (feedback loop) terdiri atas sumber-sumber daya virtual. Data dikumpulkan dari perusahaan dan dari lingkungan lalu dimasukkan ke dalam pemroses informasi, yang mengubahnya menjadi informasi. Informasi ini kemudian diberikan kepada para manajer, yang melakukan pengambilan keputusan yang akan memengaruhi perubahan-perubahan yang dibutuhkan pada sistem fisik.

Manajemen akan dipandu dalam pengambilan keputusannya oleh standar-standar kinerja perusahaan. Standar kinerja ini juga dapat dipergunakan oleh pemroses informasi untuk mengetahui apabila perusahaan tidak memberikan kinerja sesuai dengan yang diharapkan.Berdasarkan hasil observasi, lingkaran Umpan Balik dalam pemrosesan informasi di PT Karya Mandiri Sepakat sebagai berikut.

5. Aliran Sumber Daya LingkunganPerusahaan terhubung dengan unsur-unsur lingkungannya melalui aliran sumber daya lingkungan (environmental resource flows). Aliran-aliran yang umum terjadi meliputi aliran informasi dari pelanggan, aliran bahan baku kepada pelanggan, aliran uang kepada pemegang saham, dan aliran bahan baku dari pemasok.Berdasarkan hasil observasi aliran sumber daya lingkungan di PT. Karya Mandiri Sepakat meliputi aliran informasi dari pelanggan berupa masukan dari pelanggan tentang produk yang dipasarkan oleh PT. Karya Mandiri Sepakat berupa pintu besi dan komponennya. Aliran bahan baku kepada pelanggan berupa sisa dari bahan baku yang dapat dimanfaatkan kembali untuk kerajinan seni sehingga tidak memberikan limbah yang begitu banyak untuk lingkungan. Aliran uang kepada pemegang saham berupa hasil atau laba yang diperoleh perusahaan selalu dibagi kepada pemegang saham. Sedangkan aliran bahan baku dari pemasok berupa besi dari distributor kemudian dioalh sedemikian rupa menjadi pintu besi yang elegant dan mewah siap pakai.

Alur informasi yang diberikan oleh perusahaan hingga sampai ke pelanggan.

6. Definisi Keunggulan KompetitifSeiring dengan perusahaan memenuhi kebutuhan produk dan jasa para pelanggannya, perusahaan tersebut akan berusaha untuk mendapatkan keunggulan di atas para pesaingnya. Mereka dapat mencapai keunggulan ini dengan memberikan produk dan jasa pada harga yang lebih rendah, memberikan produk dan jasa dengan kualitas yang lebih tinggi, dan memenuhi kebutuhan-kebutuhan khusus dari segmen-segmen pasar tertentu.

Di dalam bidang sistem informasi, keunggulan kompetitif mengacu pada penggunaan informasi untuk mendapatkan pengungkitan di dalam pasar. Biasanya para manajer menggunakannya guna memenuhi tujuan-tujuan strategis perusahaan. Berdasarkan hasil observasi, PT Karya Mandiri Sepakat mempunyai divisi marketing yang bertugas dalam memperkenalkan produk maupun dalam penjualan pintu besi tersebut, mereka memperkenalkan produk tersebut melalui brosur maupun melalui jasa internet atau perdagangan elektronik. Di dalam website tersebut sudah dijelaskan berbagai macam harga dan contoh serta gambar dari pintu besi yang mereka pasarkan. Pelanggan tingal mengkonfirmasi alamat dan nomer telepon selanjutnya divisi marketing tersebut yang akan kelapangan untuk mengecek langsung ukurannya agar jelas berapa pintu yang diperlukan untuk sebuah garasi.

a. Planing Mencapai Keunggulan Kompetitif

Menurut Philip Kotler dan Gary Armstrong (2033:311) Mendefinisikan keunggulan kompetitif adalah keunggulan terhadap pesaing yang diperoleh dengan menawarkan nilai lebih rendah maupun dengan memberikan manfaat lebih besar karena harganya lebih tinggi.

Menurut Michael E. Porter (2004:1) Mendefinisikan keunggulan kompetitif adalah jantung kinerja perusahaan didalam pasar yang bersaing, namun setelah beberapa dasawarsa adanya perluasan dan kemakmuran yang hebat mengakibatkan banyak perusahaan kehilangan pandangan mengenai keunggulan kompetitif dalam upaya perjuangan untuk lebih berkembang dalam mengejar diversifikas (strategi pasar untuk menaikan perluas jangkauan pasar).

Dengan berdasar pada definisi tersebur diatas keunggulan kompetitif dapat diartikan keunggulan dalam persaingan dengan menawarkan nilai lebih, dari berbagai elemen, untuk memenangkan kompetisi didalam pasar persaingan, serta memperluas jangkauan pasar.

Banyak cara untuk mencapai keunggulan kompetitif diantaranya:

1. Menyediakan barang dan jasa dengan harga murah

2. Menyediakan barang dan jasa lebih baik dari pada pesaing

3. Dan memenuhi kebutuhan khusus suatu segmen pasar tertentu

Pada bidang komputer, keunggulan kompetitif mengacu pada penggunaan informasi untuk mendapatkan leverage di pasaran. Artinya, perusahaan tidak selamanya mengandalkan pada sumberdaya fisik, tetapi pada sumber daya konseptual yang unggul, data dan informasi yang dapat digunakan sama baiknya.

b. Memperluas Ruang Lingkup Terkait Keunggulan KompetitifManajemen harus waspada terhadap tambahin keunggulan yang dapat dicapai dengan rantai nilai perusahaan ke rantai nilai orgaisasi lain, kaitan seperti ini dapt menghasilkan suatu system interorganisasional (interorganizational system IOS). Sebuah perusahaan dapat mengaitkan rantai nilainya kepada rantai nilai pemasoknya dengan mengimplementasikan system yang membuat sumber daya input tersedia bila dibutuhkan.Sebuah perusahaan dapat menngaitkan rantai nilainya kepada rantai nilai pemasoknya dengan mengimplementasikansistem yang membuat sumber daya input tersedia bila dibutuhkan. Perusahaan juga dapat mengaitkan rantai nilainya dengan rantai nilai para anggota jalur distribusinya, sehingga menciptakan suatu sistem nilai (vaue system). Ketika para pembeli perusahaan produk perusahaan adalah organisasi, rantai nilai mereka akan juga dapat dikaitkan dengan rantai nilai perusahaan dan para anggota distribusinya.PT. Karya Mandiri Sepakat merupakan perusahaan yang sangat berkompeten dalam bidang produksi pintu besi merk WINA dengan keunggulan :

1. Kuat dan tahan lama

2. Aman dan tidak lapuk

3. Praktis dan indah

4. Dapat dicuci

5. Tidak susut karena cuaca

6. Tidak karat karena di powder coating

7. Bergaransi dua (2) tahun

Perusahaan juga melakukan perluasan pasar dengan pembukaan cabang di daerah.

7. Dimensi-Dimensi Keunggulan Kompetitif1. Keunggulan Stategi.

Keunggulan Strategis adalah keunggulan yang memiliki dampak fundamental dalam membantu operasi perusahaan. Sistem informasi dapat digunakan untuk menciptakan suatu keunggulan strategi. Sebagai contoh, sebuah perusahaan dapat memustukan untuk mengubah seluruh datanya menjadi basis data dengan alat penghubung standar (seperti alat penghubung brosur, web) guna kemungkinan berbagi dengan skutu-skutu bisnis dan pelanggannya. Berdasarkan hasil Observasi, PT Karya Mandiri Sepakat melakukan strategi melalui perdagangan elektronik2. Keunggulan Taktis

Keunggulan taktis adalah ketika PT Karya Mandiri Sepakat mengimplementasikan strategi dengan cara yang lebih baik dari para pesaingnya dengan cara memberikan pelayanan sebaik-baiknya, menerima semua permasalahan dari para pelanggan ( berhubungan dengan pintu besi) dan selalu siap apabila pelanggan membutuhkan konsultasi yang berhubungan dengan pintu besinya.3. Keunggulan Operasional

Keunggulan operasional adalah keunggulan yang berhubungan dengan transaksi dan proses sehari-hari. Disinilah sistem informasi akan berinteraksi secara langsung dengan proses. Dalam proses pembayaran, pelanggan bisa melakukan DP sebesar 20% dari harga pemesanan, untuk pelunasan dilakukan setelah proses pembuatan dan pemasangan pintu selesai. Dengan beitu pelanggan merasa lebih puas dan lebih nyaman serta bisa dapat dipercaya.

8. Manajemen Pengetahuan (Knowledge Management)Manajemen pengetahuan adalah semua aktivitas yang berhubungan dengan mengakuisisi data, memproses data menjadi informasi, menggunakan dan mengomunikasikan informasi dengan cara yang paling efektif dan menghapus informasi pada waktu yang tepat. Dimensi informasi mencakup 4 hal, yaitu :

1. Relevansi

Informasi memiliki relevansi jika informasi tersebut berhubungan dengan masalah yang sedang dihadapi. Data yang relevan dalam pengambilan keputusan yang akan diambil saja yang akan disebut sebagai informasi.

2. Akurasi

Seluruh informasi seharusnya akurat, akan tetapi fitur-fitur yang memberikan kontribusi kepada tingkat akurasi sistem akan menambah biaya dari sistem informasi tersebut.

3. Ketepatan Waktu

Informasi hendaknya tersedia untuk pengambilan keputusan sebelum situasi yang genting berkembang atau hilangnya peluang yang ada. Informasi yang tiba setelah pengambilan suatu keputusan diambil tidak akan memiliki nilai yang bermanfaat.

4. Kelengkapan

Para pengguna hendaknya dapat memperoleh informasi yang menyajikan suatu gambaran lengkap atas suatu masalah tertentu atau solusinya. Informasi dikatakan lengkap jika memiliki jumlah agregasi yang tepat dan mendukung semua area dimana keputusan akan diambil.

Berdasarkan hasil observasi managemen pengetahuan digunakan saat penetapan harga dari pintu besi biasa (69) maupun pintu besi yang bagus (W-580 dan W-600). Selain itu penetapan harga komponen nya pun juga bisa digunakan sebagai pertimbangan agar perusahaan tidak mengalami kerugian. Pelanggan tidak selalu membeli pintu besi beserta komponennya, tetapi ada juga pelanggan yang hanya membeli komponennya saja. Bahkan PT. Karya Mandiri Sepakat juga bekerja sama dengan toko-toko yang menjual komponen-komponen dari pintu besi contohnya (Mitra Wina, Toko Jaya Makmur, Toko Duta Karya dsb)

9. Perencanaan Strategis untuk Sumber Daya InformasiPerusahaan-perusahaan pertama yang menggunakan komputer menempatkan tanggung jawab pengelolaan sumber daya informasi di tangan sebuah unit khusus yang terdiri atas para profesional informasi. Unit ini, disebut sebagai layanan informasi (information services-IS), yang dikelola oleh seorang manajer dan memiliki status wakil presiden. Layanan informasi sebagai suatu area bisnis utama dan memasukkan manajer puncaknya di dalam kelompok eksekutif senior, seperti komite eksekutif, yang melakukan pengambilan-pengambilan keputusan penting bagi perusahaan.Berdasarkan hasil observasi, PT. Karya Mandiri Sepakat yang bertempat di daerah Surabaya merupakan perusahaan cabang dan pusat perusahaan bertempat di daerah Tangerang, jadi untuk proses pengambilan keputusan selalu berpusat pada perusahaan utama di daerah Tanggerang tersebut. Untuk perusahann cabang di daerah Surabaya ini hanya melayani penjualan di daearh Surabaya dan sekitarnya , untuk pemrosesan bahan baku serta pembuatan pintu tetap di daerah Tanggerang.

a. Chief Information Officer dan Chief Tecnology Officer

Istilah CEO (chief executive officer), pertama kali dicantumkan dalam kosa kata bisnis untuk menunjukkan seorang (presiden atau ketua direksi) yang memiliki pengaruh besar dalam mengarahkan perusahaan. Pertama, istilah CIO (chief Information Office) digunakan, lalu belakangan ini, istilah CTO mulai muncul. Istilah-istilah ini menggambarkan peranan penting yang seharusnya dimainkan oleh manajer puncak layanan informasi. CIO atau CTO adalah manajer dengan tinkat tertinggi dilayanan informasi. Orang ini akan menyumbangkan keahlian manajerialnya dalam memecahkan masalah-masalah yang tidak hanya berhubungan dengan layanan informasi saja, melain juga area-are operasi perusahaan lainnya.Berdasarkan hasil observasi, Direktur Utama PT. Karya Mandiri Sepakat berada di Perusahaan Pusat yang bertempat di Tanggerang, jadi untuk yang ada di surabaya hanya Manajer Area yang bertanggung jawab atas semua transaksi dan penjualan yang berada di daerah Surabaya dan sekitarnya. Selalu ada komunikasi antara Manajer Area dan Direktur Utama ( Manajer Puncak) baik itu membahas masalah penjualan, maupun masalah keuangan.

b. Perencanaan Strategis bagi perusahaan

ketika sebuah perusahaan mengorganisasikan para eksekutifnya ke dalam komite eksekutif, kelompok ini biasanya aka bertanggung jawab atas perencanaan strategis bagi seluruh perusahaan. Setelah rencana dibuat, komite eksekutif akan memonitor pelaksanaannya sepanjang tahun dan jika dibutuhkan, mengambil tindakan yang sesuai.c. Rencana Strategis Untuk Area-area Bisnis

Ketika para eksekutif sebuah perusahaan sepenuhnya memiliki komitmen pada perencanaan strategis, mereka melihat adanya kebutuhan bagi masing-masing area bisnis untuk mengembangkan rencana strategisnya sendiri. Rencana area bisnis ini akan merancang bagaimana area-area tersebut akan mendukung usaha ketika berusa mencapai sasaran strategisnya. Salah satu pendekatan pada perencanaan strategis area bisnis adalah untuk setiap area membuat rencananya sendiri secara terpisah dari are-area yang lain.

STRATEGI PT KARYA MANDIRI SEPAKAT MELALUI PERDAGANGAN ELEKTRONIK Beberapa orang mengidentifikasikan perdagangan elektronik (yang disebut juga e-commerce) dengan sangat sempit. Definisi sempit yang mereka berikan hanya meliputi transaksi-transaksi bisnis yang berhubungan dengan pelanggan dan pemasok, yang menghubungkan komputer mereka masing-masing melalui internet. Definisi yang sempit seperti ini mengartikan bahwa hanya transaksi-transaksi yang melintas batas perusahaan saja yang dapat diklasifikan sebagai e-commerce. Jika transaksi tetap berada di dalam batas perusahaan, orang-orang ini menyebutnya sebagai transaksi bisnis elektronik. Membatasi transaksi internal versus eksternal sebagai bisnis elektronik atau perdagangan elektronik tidak akan banyak menawar bantuan, karena kebanyakan orang menganggap bisnis elektronik dan perdagangan elektronik sebagai satu hal yang sama.

Pandangan luas e-commerce, yaitu bahwa e-commerce, dapat memfasilitasi operasi internal maupun eksternal perusahaan. Dengan pandangan ini, istilah bisnis elektronik dan perdagangan elektronik akan sama. Banyak operasi perusahaan adalah internal dilaksanakan di dalam batas perusahaan oleh bidang bisnis keuangan, sumber daya manusia, layanan informasi, produksi, pemasaran, dan lain-lain. Dalam definisi luas, suatu transaksi bisnis yang menggunakan akses jaringan, sistem yang berbasis komputer, dan antar muka (interface) sebuah browser web akan memenuhi persyaratan sebagai perdagangan elektronik (e-commerce).

Berdasarkan hasil observasi, seperti pada perusahaan-perusahaan lainnya, PT Karya Mandiri Sepakat telah melakukan strategi perdagangan e-commerce guna mempromosikan produknya. Perdagangan elektronik (e-commerce) banyak memberikan manfaat. PT Karya Mandiri Sepakat menjadi lebih mudah dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan.

Di samping itu, PT Karya Mandiri Sepakat juga telah melakukan pertukaran data secara elektronik untuk efektifitas kerja. Antar divisi hanya perlu menggunakan aplikasi yang telah disediakan oleh PT Karya Mandiri Sepakat. Aplikasi berupa software yang secara khusus disediakan oleh perusahaan dan disosialisasikan khusus karyawan PT Karya Mandiri Sepakat.2.2 E-COMMERCE DI LUAR BATAS PERUSAHAAN Akan bermanfaat jika kita membedakan dua jenis e-commerce yang terjadi dengan entitas di luar batas perusahaan. E-commerce bisnis ke bisnis konsumen (business to consumer/ B2C) mengacu pada transaksi-transaksi yang terjadi antara sebuah bisnis dan konsumen akhir produk, e-commerce bisnis ke bisnis (business to business/ B2B) mengacu pada transaksi antar bisnis di mana tidak ada pihak yang menjadi konsumen akhir. Sebagai contoh, dalam rantai distribusi dari produsen ke distributor ke toko eceran ke konsumen, seluruh transaksi dari satu entitas ke entitas yang lain adalah B2B sampai transaksi terjadi antara toko eceran dengan konsumen, yang merupakan transaksi B2C.

Transaksi B2B melibatkan jumlah orang yang relatif sedikit, biasanya mereka yang berada di dalam kelompok layanan informasi dari perusahaan yang terpengaruh. Orang-orang yang terlibat dalam transaksi B2B biasanya sangat terlatih dalam penggunaan sistem informasi dan mengenal proses bisnis yang terpengaruh oleh transaksi tersebut. Satu transaksi antara sebuah produsen dan distributor dapat menyangkut ribuan unit produk dan nilai jutaan dollar.

Transaksi B2C membutuhkan perbedaan desain yang mendasar. Konsumen mungkin tidak memiliki keahlian dalam bidang teknologi informasi, sehingga situs web harus memberikan instruksi dan bantuan. Jika konsumen berkomunikasi dengan bisnis melalui koneksi telepon yang menghambat, jumlah gambar yang ditampilkan mungkin perlu dikurangi. Cara pembayaran perlu dibuat dalam sistem B2B. Semua perbedaan digabungkan sehingga mensyaratkan situs B2C memiliki waktu download yang cepat, instruksi untuk navigasi situs, kereta belanja yang dapat diisi dan dikurangi sebelum pembelian aktual, dan metode untuk menyimpan profil pengguna (alamat, nomor kartu kredit, dan semacamnya). Situs-situs seperti www.1800flowers.com, www.homedepto.com, www.usps.gov (jasa pos AS) telah dikenal oleh banyak peninjau situs web sebagai situs yang dirancang dengan cukup baik untuk transaksi B2C.

Pemerintah semakin meningkatkan partisipasinya dalam pemerintahan elektronik (yang terkadang disebut e-gor). Masyarakat Carolina Utara dapat terhubung dengan situs Click@DMV yang terdapat dalam halaman web Departemen Kendaraan Bermotor (www.dmv.dot.state.nc.us) untuk memperpanjang nomor polisi kendaraan mereka. Kota New York (www.nyc.gov) memungkinkan warganya membayar denda parkir dan beban- beban lainnya secara online. Direktorat Jenderal Pajak AS (Internal Revenue Service - www.irs.gov) memberikan berbagai macam layanan, mulai dari pengisian formulir pajak penghasilan secara gratis hingga kelas-kelas online guna membantu para wajib pajak menghitung pajak mereka.

2.3 MANFAAT-MANFAAT DARI E-COMMERCE BAGI PT KARYA MANDIRI SEPAKAT Adapun manfaat ydari E-commerce bagi PT Karya Mandiri Sepakat sebagai berikut.

Layanan pelanggan sebelum, selama, dan setelah penjualan menjaid lebih baik.

Hubungan dengan pemasok dan komunitas keuangan menjadi lebih baik.

Imbal hasil ekonomi atas pemegang saham dan investasi pemilik menjadi meningkat.

2.4 KENDALA-KENDALA E-COMMERCE Berdasarkan hasil observasi di PT Karya Mandiri Sepakat, kendala dari e-commerce selama ini meliputi tiga hal, yaitu: a. Biaya yang tinggi.

b. Sumber Daya Manusia yang belum memadai

c. Kekhawatiran akan masalah keamanan.

d. Peranti lunak yang belum mapan atau belum tersedia.

Namun, seiring dengan berkembangnya zaman PT Karya Mandiri Sepakat berusaha untuk meminimalisasi kendala tersebut dengan perencanaan yang matang. Kendala-kendala tersebut, khususnya peranti lunak dan keamanan sering dijumpai dalam pertukaran data secara elektronik antar divisi. Keamanan adalah satu masalah bagi transaksi B2B dan B2C. Perusahaan pada umumnya menggunakan jaringan telekomunikasi yang aman yang dimonitor terus menerus untuk akses yang tidak terotorisasi.

2.5 RUANG LINGKUP E-COMMERCE E-commerce bersifat dinamis dan ruang lingkup pengaruhnya dapat berubah dalam waktu beberapa bulan. Berdasarkan hasil observasi di PT Karya Mandiri Sepakat, ruang lingkup e-commerce tidak hanya sebatas pertukaran data antar divisi perusahaan, dimana sering dikenal dengan B2B. PT Karya Mandiri Sepakat juga melakukan B2C, dimana pemasaran produk dilakukan lewat media sosial.2.10 STRATEGI E-COMMERCE DAN SISTEM INTER-ORGANISASIONAL Berdasarkan hasil observasi, untuk mensinergikan sirkulasi kerja, PT Karya Mandiri Sepakat menerapkan strategi e-commerce yang terbaik. Strategi ini sudah sering disebut-sebut, dimana unsur-unsur yang ada dikaitkan dengan transmisi data elektronik. Strategi ini dikenal dengan sistem inter organisasional (inter organizational system/ IOS). Istilah yang sering kali dipergunakan untuk IOS adalah EDI, yang merupakan singkatan dari electronic data interchange (pertukaran data elektonik). EDI merupakan sub kumpulan dari suatu sistem inter organisasional. Pertukaran data elektronik adalah salah satu cara untuk mendapatkan suatu sistem inter organisasional. PT Karya Mandiri Sepakat memiliki aplikasi bernama LINUX MINT versi 15.0 untuk pertukaran data secara elektronik, dimana masing-masing karyawan memiliki ID dan password untuk mengoperasikannya. 2.11 SISTEM INTER ORGANISASIONAL Kita telah mengetahui bagaimana perusahaan dapat membuat hubungan elektronik dengan perusahaan lain untuk menciptakan suatu sistem inter organisasional (inter organizational system/ IOS) sehingga semua perusahaaan bekerja bersama sebagai suatu unit yang terkoordinasi, meraih manfaat yang tidak dapat diraih sendiri oleh setiap perusahaan. Perusahaan-perusahaan yang berpartisipasi disebut sekutu dagang, sekutu bisnis, atau aliansi bisnis.

E-commerce merupakan suatu hal yang fundamental bagi sistem inter organisasional. E-commerce dan EDI adalah jalan bebas hambatan bagi sistem inter organisasional.

2.12 MANFAAT IOS BAGI PT KARYA MANDIRI SEPAKATBerdasarkan hasil observasi, adapun manfaat yang telah dirasakan oleh PT Karya Mandiri Sepakat sebagai berikut.

a. Efisiensi komparatif Dengan bergabungnya PT Karya Mandiri Sepakat dalam IOS, para sekutu dagang dapat memproduksi barang dan jasa dengan tingkat efisiensi yang lebih tinggi dan selanjutnya memberikan barang dan jasa dengan biaya yang lebih rendah kepada para pelanggannya. Hal ini memberikan para sekutu di dalam IOS keunggulan harga di atas para pesaingnya.

b. Kekuatan Penawaran Dengan bergabungnya PT Karya Mnadiri Sepakat dalam IOS, mampu menyelesaikan perselisihan dengan para pemasok dan pelanggannya demi keuntungan perusahaan itu sendiri. Kekuatan dilihat dari penawaran fitur-fitur produk yang unggul, pengurangan biaya-biaya yang berhubungan dengan penelitian, serta peningkatan biaya perpindahan.

Produk yang berkualitas dan unggul. PT Karya Mandiri Sepakat mampu menawarkan pelayanan yang lebih baik kepada para pelanggannya dalam bentuk penempatan pesanan yang lebih mudah lewat media sosial, pengiriman yang lebih cepat, dan waktu respon yang lebih cepat dalam permintaan informasi. Pelayanan yang lebih baik ini menjadi suatu fitur dari produk-produk PT Karya Mandiri Sepakat, membuatnya menjadi lebih menarik dari pada produk-produk serupa yang ditawarkan oleh pesaing. Di samping itu, kualitas produk juga dijaga untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan.

Penurunan biaya-biaya yang berhubungan dengan penelitian. PT Karya Mandiri Sepakat dapat menurunkan biaya belanja yang ditanggung oleh para pelanggannya dalam mencari pemasok, mengidentifikasikan produk-produk alternatif, dan mendapatkan harga yang lebih murah. Dalam penelitian PT Karya Mandiri Sepakat lebih cenderung menggunakan basis data dari internet sehingga mampu menekan biaya penelitian.

Peningkatan biaya perpindahan. PT Karya Mandiri Sepakat memberikan para pelanggannya sumber daya informasi seperti peranti keras, peranti lunak, dan saluran komunikasi data yang akan harus diganti jika pelanggan membeli produk dari perusahaan lain.

PT Karya Mandiri Sepakat juga menerapkan suatu jenis IOS khusus penambahan vendor, di mana pelanggan memberikan cukup kepercayaan bagi pemasok untuk mengizinkannya untuk mengakses sistem persediaan yang berbasis komputer yang dimilikinya. Hal ini mengharuskan perusahaan memberikan akses basis data kepada pemasok. Sebagai perlindungan, perusahaan dapat membuat salinan dari bagian-bagian basis data yang tidak begitu sensitif dan memberikan pemasok akses hanya untuk salinan tersebut saja, bukannya keseluruhan sistem basis data perusahaan.

EDI EDI terdiri atas transmisi data langsung komputer ke komputer dalam suatu format struktur yang dapat dibaca oleh mesin. Transmisi memungkinkan data dipindahkan dan diterima tanpa harus mengetik ulang. Jalur komunikasi, peranti keras komunikasi, dan jasa-jasa pendukung untuk EDI pada umumnya diberikan oleh perusahaan telepon (AT&T, MCI, dan lain-lain).

Ketika jasa yang menjalankan dan mengelola jalur komunikasi (yang kadang disebut sirkuit) diberikan selain jalur itu sendiri, disebut sebagai jaringan bernilai tambah (value added network/ VAN).

EDI adalah implementasi dominasi dari suatu IOS. Lebih dari dua per tiga e-commerce dilaksanakan dengan menggunakan EDI.Berdasarkan hasil observasi, implememtasi dominasi dari suatu IOS yang sering dikenal dengan EDI (Electronic data interchange), PT Karya Mandiri Sepakat memiliki aplikasi berupa LINUX MINT 15.0. Setiap karyawan memiliki password apabila ingin mengopersikan aplikasi tersebut agar data yang penting tidak mudah dibaca oleh karyawan lainnya.EKSTRANET Ekstranet (extranets) adalah cara lain dari membuat suatu IOS. Cara ini memungkinkan dibaginya informasi berbasis komputer yang sensitif dengan perusahaan lain dengan menggunakan teknologi informasi yang pada umumnya dihubungkan dengan internet. Ekstranet memungkinkan jenis pertukaran data yang sama dengan EDI namun juga menerapkan protokol-protokol umum dan jaringan komunikasi internet sehingga perusahaan tidak perlu mempergunakan peranti lunak dan peranti keras komunikasi yang lebih mahal yang terkait dengan EDI. Ekstranet menggunakan internet untuk komunikasi dan browser standar web untuk menavigasi situs dan bertukar data. Metode-metode enkripsi yang menjaga kerahasiaan pesan juga mudah dipergunakan. Salah satu metode, pretty good privacy, yang umumnya dikenal sebagai PGP (www.pgp.com), sangatlah aman, mudah digunakan, dan tidak mahal.

Berdasarkan hasil observasi, PT Karya Mandiri Sepakat menerapkan ektranet khususnya untuk mengetahui informasi-informasi di knator pusat. Ektranet ini menggunakan jaringan internet. Bisa juga melalui email untuk bertukar informasi.

SEKUTU-SEKUTU BISNIS PROAKTIF DAN REAKTIF Ketika sebuah perusahaan memutuskan untuk menerapkan IOS, perusahaan tersebut dapat melakukannya dalam cara proaktif atau reaktif. Sponsor IOS pada umumnya mengambil pendekatan proaktif, merangsang minat akan IOS dan mendorong partisipasi di dalam jaringan. Para partisipasi pada umumnya merespon dengan cara yang reaktif, menerima atau menolak penawaran sponsor untuk menerapkan IOS.

Berdasarkan hasil observasi, PT Karya Mandiri Sepakat merupakan perusahaan yang menerapkan IOS secara proaktif, mengingat kompetitif persaingan. PT Karya Mandiri Sepakat merangsang minat maupun mendorong penerapan IOS. Namun, PT Karya Mandiri Sepakat juga memerhatikan faktor biaya.

PENGARUH PENERAPAN Berdasarkan hasil observasi, penerapan IOS di PT Karya Mandiri Sepakat dipengaruhi oleh empat hal. Ini sesuai dengan suatu artikel Decision Sciences tahun 1995, dua Profesor SIM G. Premkumar dan K. Ramamurthy. Mereka mengidentifikasikan empat faktor yang menentukan apakah perusahaan akan mengambil langkah proaktif atau reaktif.

Tekanan kompetitif. Ketika suatu perusahaan dalam posisi yang buruk terhadap para pesaingnya atau ketika asosiasi industri atau perdagangan memberikan tekanan yang kuat, perusahaan akan menerapkan IOS, seperti EDI, dengan cara yang reaktif. Peneliti-peneliti baru-baru ini telah mengusulkan bahwa tekanan kompetitif adalah alasan yang paling sering melatarbelakangi penerapan EDI oleh perusahaan.

Penggunaan kekuasaan. Ketika sebuah perusahaan dapat memaksakan kekuasaannya atas anggota yang lain, ia akan proaktif dalam menerapkan IOS. Beberapa perusahaan memiliki kekuasaan yang begitu besar sehingga perusahaan tersebut dapat meminta para sekutu dagangnya mempergunakan IOS atau berbisnis di tempat lain.

Kebutuhan internal. Ketika perusahaan sadar bahwa partisipasi dalam IOS merupakan salah satu cara untuk meningkatkan operasinya, perusahaan tersebut akan melakukan pendekatan atas IOS dengan cara yang proaktif.

Dukungan manajemen puncak. Tanpa melihat apakah perusahaan tersebut bertindak dengan cara proaktif ataupun reaktif, dukungan manajemen puncak selalu akan mempengaruhi keputusan. Ketika manfaat-manfaat yang signifikan dari IOS mengambil bentuk yang tidak berwujud, dukungan manajemen puncak menjadi suatu hal yang sangat penting. MANFAAT-MANFAAT TIDAK LANGSUNG IOS Berdasarkan hasil observasi, Manfaat tidak langsung IOS yang telah dirasakan oleh PT Karya Mandiri Sepakat, meliputi:

a. PT Karya Mandiri Sepakat tidak harus memasukkan data yang masuk ke dalam sistem, kesalahan entri data dapat dikurangi.

b. PT Karya Mandiri Sepakat dapat menurunkan biaya dengan menghilangkan pekerjaan-pekerjaan yang berulang, menghilangkan dokumen kertas, dan mengurangi pekerjaan manual penyebaran dokumen kertas di dalam organisasi.

c. PT Karya Mandiri Sepakat tidak lagi menggunakan kertas. Dengan mengganti dokumen kertas pada masing-masing aliran dengan dokumen elektronik, memungkinkan terciptanya banyak kesempatan untuk meningkatkan efisiensi.

d. PT Karya Mandiri Sepakat mampu menurunkan biaya dan fitur-fitur produk yang unik yang dimungkinkan oleh IOS, menjadikan harga bersaing di pasar.

e. PT Karya Mandiri Sepakat mampu memperbaiki hubungan dengan sekutu dagang melalui penggabungan dalam suatu sistem formal dengan sekutu dagang. Semua partisipan akan sadar bahwa mereka bekerja untuk mencapai tujuan yang sama dan memperoleh keuntungan bersama.

f. PT Karya Mandiri Sepakat mampu memberikan pelayanan yang cepat melalui komunikasi elektronik. PT Karya Madiri Sepakat dapat memberikan respon lebih cepat untuk pesanan dan permintaan jasa pelanggan.

STRATEGI B2C Berdasarkan hasil observasi, PT Karya Mandiri Sepakat menerapkan B2C, dimana penjualan produk dilakukan melalui internet, seperti; blogspot, web, twitter, facebook, dan lain-lain. Dengan adanya B2C, pemasaran menjadi lebih muda. Kecepatan komunikasi yang lebih cepat bagi komputer-komputer rumahan juga telah membuat pengiriman produk-produk digital menjadi lebih praktis.

PRODUK-PRODUK DIGITAL Dunia hiburan telah menjadi salah satu produk awal yang mengambil manfaat dari internet. lagu, album, film, dan produk-produk serupa dapat dibeli dari situs-situs web seperti Sony (www.sony.com). Lending Tree (www.lendingtree.com) memungkinkan para penggunanya mendapat hipotek dan melakukan pendanaan kembali rumah mereka melalui internet.

Satu perbedaan utama antara pembelian produk-produk digital dengan produk-produk fisik melalui web adalah bahwa produk digital dapat digunakan begitu selesai di-download. Perbedaan lainnya adalah bahwa produk itu sendiri akan berpindah ke aset pembelinya.

PRODUK-PRODUK FISIK Barang-barang fisik tidak dapat dikonsumsi melalui web, sebagai gantinya harus dikirimkan ke pelanggannya. Perusahaan-perusahaan yang disebut perusahaan katalog telah menghadapi masalah ini selama bertahun-tahun. Pesanan penjualan dapat diambil alih oleh web, tapi pengiriman harus tetap dilakukan.

Berkembangnya perusahaan-perusahaan pengiriman surat atau barang swasta seperti FedEx dan UPS telah secara langsung membantu e-commerce eceran. Perusahaan ini, dan perusahaan-perusahaan lainnya, memberikan sejumlah metode pengiriman alternatif dengan harga yang berbeda-beda. Kiriman mendesak dapat dikirimkan kepada pelanggan dalam waktu 24 jam dari hampir seluruh lokasi di dunia. Dapat diberikan pula metode yang lebih lambat dari standar sehingga memungkinkan pelanggan mengurangi biaya pengiriman yang harus dibayarkan.

Sebagian besar perusahaan jasa pengiriman populer menawarkan jasa yang melengkapi aktifitas B2C sebuah perusahaan. Pelanggan dapat menggunakan situs web pengirim untuk melacak status kemajuan paket dari perusahaan sampai pengirimannya hingga ke depan pintu rumah mereka. Dengan akses ke situs web pengirim, pelaggan akan dapat memiliki lebih banyak informasi dan kendali atas pengiriman. Pelacakan secara online dapat membuat penjualan B2C menjadi lebih menarik.

PENJUALAN MAYA VERSUS CAMPURAN Berdasarkan hasil observasi, PT Karya Mandiri Sepakat melakukan penjualan campuran (hybrid sales), dimana tempat berjualan secara fisik dan situs web. Pelanggan dapat memesan produk tersebut melalui situs web. PT Karya Mandiri Sepakat menginformasikan biaya dan klasifikasi produk kepada pelanggan, mengatur pembayaran pelanggan, dan menghasilkan pengiriman produk.

PT Karya Mandiri Sepakat mengalami kesulitan dalam menawarkan penjualan maya khususnya memberikan informasi produk yang dibutuhkan tanpa membingungkan pelanggan, terkait gambar merupakan file yang berukuran besar, dan mengkomunikasikannya dari situs web ke komputer pelanggan akan memakan waktu. Sementara pembayaran dapat dilakukan secara transfer. PT Karya Mandiri Sepakat mendirikan beberapa kantor cabang sebagai bentuk penjualan fisik dan berpusat di Jakarta. PERDAGANGAN BERGERAK

Berdasarkan hasil observasi, PT Karya Mandiri Sepakat menerapkan telepon seluler dan asisten digital pribadi (PDA) untuk melakukan e-commerce nirkabel. Seiring dengan berkembangnya teknologi telepon seluler dari generasi analog menjadi generasi digital, istilah telekomunikasi generasi ketiga (third generation/ 3G) telah secara longgar dipergunakan untuk teknologi-teknologi nirkabel yang mampu memindahkan data. PT Karya Mandiri Sepakat juga sering melakukan rapat dengan mobile phone. APLIKASI BISNIS INTERNET Berdasarkan hasil observasi, PT Karya Mandiri Sepakat melakukan aplikasi bisnisdi internet untuk memasarkan produknya. Internet dapat digunakan untuk setiap aplikasi bisnis yang melibatkan komunikasi data, termasuk komunikasi di dalam perusahaan maupun dengan lingkungan. Aplikasi bisnis di internet memudahkan pelanggan untuk melakukan pemesanan di PT Karya Mandiri Sepakat. Penyebaran informasi juga sangat luas. PT Karya Mandiri Sepakat menggunakan berbagia media sosial, seperti; blogspot, web, twitter, facebok, dan lain-lain.

APLIKASI RITEL DENGAN BROWSER WEBPT Karya Mandiri Sepakat menerapkan aplikasi bisnis web. Aplikasi ini paling dikenal masyarakat umum. PT Karya Mandiri Sepakat membuat home page mereka yang dapat secara langsung diakses melalui web. Pelanggan bisa langsung mengakses dan melihat produk-produk yang dipasarkan oleh PT Karya mandiri Sepakat. Informasi/ data

Marketing

Pengelolaan data melalui e-commerce

pelanggan

Pemesanan penjualan

Pengukuran lokasi