MS WORD 2007

of 16/16
TUGAS PRAKTIKUM PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI “MICROSOFT WORD 2007” NAMA : HADIJAH NIM : H12110270 KELOMPOK : OPENSUSE NAMA ASISTEN : 1. SUPRI BIN HJ AMIR 2. AGUSMAN 3. ABD. RAHMAN M. 4. AKBAR 5. LILIES HANDAYANI 6. FACHRUL ISLAM 7. MUHLIS M. ASRI 8. RESKIANA LABORATORIUM KOMPUTASI JURUSAN MATEMATIKA FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS HASANUDDIN
  • date post

    25-Jun-2015
  • Category

    Documents

  • view

    468
  • download

    1

Embed Size (px)

Transcript of MS WORD 2007

TUGAS PRAKTIKUM PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI MICROSOFT WORD 2007

NAMA NIM KELOMPOK NAMA ASISTEN

: HADIJAH : H12110270 : OPENSUSE : 1. SUPRI BIN HJ AMIR 2. AGUSMAN 3. ABD. RAHMAN M. 4. AKBAR 5. LILIES HANDAYANI 6. FACHRUL ISLAM 7. MUHLIS M. ASRI 8. RESKIANA

LABORATORIUM KOMPUTASI JURUSAN MATEMATIKA FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS HASANUDDIN MAKASSAR 2010

Jelaskan isi dari Menu Bar Mailings! 1. Envelopes Berfungsi untuk membuat dan mencetak kop surat tunggal. Pad kop surat tersebut dapat dituliskan alamat tujuan.

2. Labels Berfungsi untuk membuat dan mencetak label tunggal. Misalnya, untuk menuliskan alamat penyuratan, sebagai sampul file data, sampul CD, maupun label lembaran.

3. Start Mail Merge Berfungsi untuk membuat dan mencetak dokumen berbentuk surat proposal (berbentuk e-mail maupun kop surat) yang akan dibagikan kepada pelanggan (customer). Setiap surat proposal pada tiap customer dapat divariasikan personalisasi alamatnya berdasarkan nama pelanggan. Informasi surat diperoleh dari sumber data.

4. Select Recipients Berfungsi untuk menentukan dokumen yang digunakan, biasanya berisi data teks dan grafik dari beberapa versi dokumen yang sebelumnya telah di-merge, meliputi nama dan alamat pelanggan.

5. Edit Recipient List Berfungsi untuk mengkoneksikan dokumen ke sumber data yang berisi daftar nama dan alamat resipien surat proposal. Lalu mengedit daftar informasi customer dengan menambahkan atau mengurangi daftar nama. Opsi ini dapat diabaikan jika tidak ada data yang ingin diedit.

6. Highlight Merge Fields Berfungsi untuk menambahkan placeholders (field mail merge) pada dokumen yang berisikan informasi data file yaitu menyusun daftar nama dan alamat customer.

7. Adress Block Berfungsi untuk menyetarakan bentuk penulisan alamat kop surat proposal.

8. Greeting Line Berfungsi untuk membuat pembuka surat yang bentuknya sama pada semua surat yang akan ditujukan pada semua customer.

9. Insert Merge Field Berfungsi untuk membuat label surat yang berisikan nama dan alamat customer.

10. Rules Berfungsi untuk membuat aturan yang mengatur penggabungan surat. Dalam hal ini, Kita dapat menggunakan aturan jika (if) atau akan tetapi (then). Perintah tersebut digunakan untuk mengecek daftar nama pelanggan yang memiliki nomor telepon lokal maupun internasional yang ada di luar negeri.

11. Match Fields Berfungsi untuk mecocokkan sumber data dengan kop surat proposal yang telah dibuat. Menyesuaikan area. Menyesuaikan area memungkinkan anda untuk menyampaikan arti kata di area berbeda di daftar penerima anda Contohnya, anda bisa menjadikan area yang telah anda buat, misalnya Home disesuaikan dengan Home Phone.

12. Update Labels Berfungsi untuk memperbaharui label. Jika anda hendak membuat label, perbaharuilah semua label yang ada di dalam dokumen untuk menggunakan informasi dari daftar penerima.Untuk penggabungan surat , perintah ini tidak dapat digunakan untuk mencetak surat ini.

13. Preview Results Berfungsi untuk khusus digunakan untuk menangani kesalahan (error) yang terjadi saat proses penggabungan surat. Anda juga diberi pilihan untuk memperkirakan error yang akan terjadi saat penggabungan

14. Find Recipients Berfungsi untuk menemukan penerima. Menemukan dan menampilkan data yang spesifik dan telah tersimpan di daftar penerima dengan mencari teksnya.

15. Auto Check for Errors Berfungsi untuk khusus digunakan untuk menangani kesalahan (error) yang terjadi saat proses penggabungan surat. Anda juga diberi pilihan untuk memperkirakan error yang akan terjadi saat penggabungan.

16. Finish & Merge Berfungsi untuk akhir dan penggabungan. Menyelesaikan penggabungan surat. Anda bisa membuat dokumen yang lain untuk menyalin surat tersebut, mengirim semuanya secara langsung ke printer, atau mengerim semuanya melalui e-mail (surat elektronik).

Membuat Label Undangan dengan Ms Word 2007 Langkah 1 1. Buka Program Ms. Excel 2. Setelah itu, anda tulis nama-nama yang ingin di undang, seperti di bawah ini:

3. Setelah itu jangan lupa di simpan, dengan nama file Data Undangan

4. Setelah itu program Ms. Excel nya close. Langkah 2 Kita akan membuat master label, misalkan kita akan membuat master label dengan jenis Label 103, langkah yang harus dilakukan adalah : 1. Buka program Ms. Word, seperti di bawah ini

2. Klik menu Mailings Label,

3. Klik Options.

4. Klik New Label.

y y y y

Label Name isilah sesuai dengan keinginan anda Top Margin diukur dari tepi kertas atas sampai ke tepi Label paling atas Side Margin dari tepi kertas sebelah kiri sampai ke tepi label paling kiri Vertical Pitch dihitung dari tepi atas label baris pertama sampai ke tepi atas label baris kedua

y

Horizontal Pitch dihitung dari tepi kiri label kolom pertama sampai ke tepi kiri label kolom kedua

y

Label height, tinggi label dihitung dari tepi atas label sampai tepi bawah label. Untuk lebih mudahnya tinggi label ini biasanya tertera di bungkus label yang anda beli,

y

Label Width, lebar label dihitung dari tepi kiri label sampai tepi kanan label.

y y y

Number across, diisi dengan banyaknya label dalam satu baris Number down, banyaknya label dalam satu kolom Page Size, sebaiknya anda pilih ukuran Custom (Catatan: diingat ukuran Page Size harus sama dengan Page pada pada Properties Printer Anda, karena jika tidak sama maka hasil Print tidak akan pas )

y y

Page Width, lebar ukuran kertas label Page Height, tinggi ukuran kertas label

5. Setelah semua terisi dengan benar, kemudian klik OK

6. Klik Ok

7. Klik New Document, maka Ms. Word akan membuka lembar baru seprti di bawah ini

8. Setelah itu Save, (simpan dalam satu folder dengan data Ms. Excel yang telah kita buat tadi)

Langkah 3

1. Klik Menu Mailling dan Klik Select Recipients dan Pilih Use Existing List.

2. Buka File Excel (misalnya : Data Undangan) yang anda buat tadi Klik Open

3. Maka tampil kotak dialog Select Table, karena kita tadi menulis nama undangan di Sheet 1, klik Sheet 1$ Ok

4. Selanjutnya kita memasukan filed ke dalam table yang kita buat dengan cara kita klik Insert Merge Field - Kemudian klik Filed satu persatu sesuai dengan posisi yang diinginkan.

5. Setelah masuk semua maka hasilnya seperti dibawah ini:

6. Hal yang paling penting yang harus dilakukan adalah kita meletakan Next Record didepan filed nama selain di filed nama pada kolom pertama baris pertama. Klik Maillings Rules Next Record

Sehingga seperti gambar berikut :

7. Untuk melihat hasil penggabungan data tadi dengan cara mengklik Ikon

Dan lihat hasilnya seperti ini :

8. Untuk mengePrintnya. Klik Finish & Merge Print Document

y y

All, jika kita ingin mengeprint semua Current Record, jika kita hanya ingin mengeprint yang di tampilkan di record

y

Form..to, jika kita ingin mengeprint dari record ke record berapa.

9. Klik Ok ukuran Page Size harus sama dengan Page pada pada Properties Printer Anda, karena jika tidak sama maka hasil Print tidak akan pas.

Untuk membuat label 103 dengan Word 2007 lakukan langkah berikut ini : 1. Pilih Menu Mailings Labels akan muncul kotak dialog Envelopes and labels 2. Pada kotak dialog Envelopes and labels pilih Option, dan akan muncul kotak dialog Label Option kemudian pilih New Label 3. Setelah anda mengklik New Label maka akan muncul kotak dialog Label Detail, apabila anda ingin membuat Label 103 isikan data sesuai gambar di bawah. 4. Setelah mengisi data pada Kotak Dialog New Label anda pilih OK, dan akan kembali pada kotak dialog Label Option, sekarang pada kotak dialog Label option akan muncul product number pilih 103 Label yang tadi anda buat, kemudian pilih OK. 5. Kemudian akan kembali ke Kotak Dialog Encelopes and Labels anda pilih New Document, sekarang lihat hasilnya.

Mail Merge untuk membuat label nama dan departemen pada daftar undangan menggunakan kertas label Tom & Jerry No.103, yang umumnya banyak dijual di toko-toko buku Langkah-langkahnya, yaitu: 1. Pertama-tama, bukalah Microsoft Word 2007, kemudian pilih tab Mailings kemudian pilih Start Mail Label 2. Klik tombol New label. Isilah data-datanya sesuai dengan yang tertera pada gambar. 3. Klik tombol OK. 4. Setelah semua parameter dimasukan,klik Ok terus sampai semua di windows labels kemudian klik new document sehingga terdapat dokumen baru berbentuk seperti ini. 5. Persiapkan di dalam satu file Excel, seluruh daftar nama dan alamatnya. Misal datanya adalah sbb: 6. Kembali lagi ke file yang tadi dibuat di Word, pilih tab Mailings kemudian pilih Select Recipients Use Existing List, maka akan muncul window file browse, pilihlah file excel yang telah kita buat pada langkah 6 diatas.

7. Setelah file excelnya dipilih, akan muncul pilihan sheet mana yang akan digunakan, pilihlah sheet 1 karena datanya memang ada di sh eet1 ini, kemudian klik OK dan OK lagi, maka data di excel telah masuk kedalam mail merge yang kita buat. 8.Kemudian pilih Insert Merge Field untuk memasukan field mana saja yang akan dimasukan kedalam address label yang akan kita buat. Disini kita akan memasukan field NAMA dan DEP, sehingga tampilannya akan seperti di bawah ini. 9. Untuk melihat hasilnya, klik Preview Results. Hasilnya adalah sbb: 10. Untuk mencetak label ini ke printer, pilih Finish & Merge kemudian pilih Print Documents. Bilamana sebelum diprint, ada yang hendak diedit terlebih dahulu, maka pilih Finish & Merge