Laporan Jadi Praktikum Penyuluhan Pertanian 2011

67
LAPORAN PRAKTIKUM PENYULUHAN DAN KOMUNIKASI PERTANIAN PENYULUHAN TENTANG LIMBAH LELE DI KELOMPOK TANI GEMAH RIPAH DESA DOPLANG KECAMATAN TERAS KABUPATEN BOYOLALI Disusun oleh Kelompok 39 Lesty Ayu Bidhari H0710067 Lilis Christina WulandariH0710068 Meyriza Ayu Hatari H0710069 Nur Fikri Nawawi H0710078 Nur Machfiroh H0710079 PROGRAM STUDI AGRIBISNIS FAKULTAS PERTANIAN 1

Transcript of Laporan Jadi Praktikum Penyuluhan Pertanian 2011

LAPORAN PRAKTIKUM

PENYULUHAN DAN KOMUNIKASI PERTANIAN

PENYULUHAN TENTANG LIMBAH LELE DI KELOMPOK TANI GEMAH RIPAH DESA DOPLANG

KECAMATAN TERAS KABUPATEN BOYOLALI

Disusun oleh

Kelompok 39

Lesty Ayu BidhariH0710067

Lilis Christina WulandariH0710068

Meyriza Ayu HatariH0710069

Nur Fikri NawawiH0710078

Nur MachfirohH0710079

PROGRAM STUDI AGRIBISNIS

FAKULTAS PERTANIAN

UNIVERSITAS SEBELAS MARET

SURAKARTA

2011

HALAMAN PENGESAHAN

Laporan praktikum Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian ini disusun guna melengkapi tugas mata kuliah Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian yang telah diketahui dan disahkan oleh Co-Assisten dan Dosen Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian padaHari:

Tanggal:

Disusun oleh

Kelompok 39

Lesty Ayu BidhariH0710067

Lilis Christina WulandariH0710068

Meyriza Ayu HatariH0710069

Nur Fikri NawawiH0710078

Nur MachfirohH0710079

Mengetahui

Dosen Mata KuliahCo-Assisten,

Penyuluhan dan Komunikasi

Pertanian,

Widiyanto, S.P., M. Si.Erlina Kartika Dewi

NIP. 198102212005011003NIM H0808095KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya sehingga kami dapat menyusun laporan hasil praktikum Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian ini dengan baik. Laporan ini kami susun guna memenuhi tugas Mata Kuliah Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian, sebagai hasil dari praktikum yang dilaksanakan di Desa Doplang, Kecamatan Teras, Kabupaten Boyolali.

Laporan ini dapat selesai karena adanya bantuan dari banyak pihak. Untuk itu kami mengucapkan terima kasih kepada

1. Dekan Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta.

2. Dosen pembimbing dan Co-Assisten Mata Kuliah Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian yang telah membimbing dan memberi arahan dalam praktikum dan penyusunan laporan.

3. Bapak Camat Kecamatan Teras Kabupaten Boyolali dan seluruh steakholder Desa Domplang.

4. Keluarga serta teman-teman yang telah memberikan bantuan dan dukungan baik moril maupun materil.

5. Seluruh pihak yang tidak dapat kami sebutkan satu-persatu.

Kami menyadari bahwa laporan ini masih jauh dari sempurna. Untuk itu, kritik dan saran yang bersifat membangun sangat kami harapkan dari para pembaca untuk perbaikan selanjutnya. Akhir kata, kami berharap semoga laporan dari hasil praktikum ini dapat berguna bagi kita semua.Surakarta, Juni 2011

DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL

iHALAMAN PENGESAHAN

iiKATA PENGANTAR

iiiDAFTAR ISI

ivDAFTAR TABEL

vDAFTAR GAMBAR viI. PENDAHULUAN

1A. Latar Belakang Kegiatan Praktikum

1B. Tujuan Praktikum

3C. Manfaat Praktikum

3II. LANDASAN TEORI

7III. PERSIAPAN PENYULUHAN

13A. Khalayak Sasaran

13B. Penggalian Permasalahan dan Perumusan Tujuan

21C. Penetapan Metode dan Teknik Penyuluhan

27D. Penetapan Alat Bantu dan Alat Peraga Penyuluhan

29IV. PELAKSANAAN PENYULUHAN

31A. Waktu dan Tempat Penyuluhan

31B. Faktor-faktor yang Mendukung

31C. Faktor-faktor yang Menghambat

33V. KESIMPULAN DAN SARAN

35A. Kesimpulan

35B. Saran

36DAFTAR PUSTAKA

LAMPIRANDAFTAR TABEL

Tabel 3.1.1.1Sarana Pendidikan di Desa Doplang, Kecamatan Teras, Kabupaten Boyolali Tahun 2010

15Tabel 3.1.1.2Jumlah Penduduk Menurut Pendidikan di Desa Doplang, Kecamatan Teras, Kabupaten Boyolali Tahun 2010

15Tabel 3.1.1.3Sarana Sosial Kemasyarakatan di Desa Doplang, Kecamatan Teras, Kabupaten Boyolali Tahun 2010

16Tabel 3.1.1.4Sarana Olah Raga di Desa Doplang, Kecamatan Teras, Kabupaten Boyolali Tahun 2010

17Tabel 3.1.1.5 Jumlah Penduduk Menurut Mata Pencaharian di Desa Doplang, Kecamatan Teras, Kabupaten Boyolali Tahun 2010

17Tabel 3.1.1.6 Jumlah Penduduk Menurut Kepercayaan di Desa Doplang, Kecamatan Teras, Kabupaten Boyolali Tahun 2010

18Tabel 3.1.2.1Lahan Pertanian Desa Doplang, Kecamatan Teras, Kabupaten Boyolali Tahun 2010

19Tabel 3.1.2.2Penyediaan Sarana Produksi Pertanian Desa Doplang, Kecamatan Teras, Kabupaten Boyolali Tahun 2010

20Tabel 4.1.1.1Jadwal Acara Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian

31DAFTAR GAMBAR

Gambar 1. Struktur Pengurus Gapoktan Tani Maju

21I. PENDAHULUANA. Latar Belakang

Sektor pertanian adalah sektor yang berperan penting dalam pembangunan di Indonesia dengan tujuan untuk mensejahterakan rakyat. Oleh sebab itu, diperlukan upaya untuk mengembangkan pertanian di Indonesia yang memiliki potensi besar dan peran yang sangat penting dalam pencapaian tujuan bangsa karena pertanian mampu memulihkan keadaan politik, hukum, keamanan, terutama stabilitas ekonomi dengan lebih serius lagi. Pertanian juga merupakan sektor utama yang mendukung perekonomian bangsa. Pembangunan pertanian diarahkan untuk meningkatkan produksi pertanian guna memenuhi kebutuhan pangan dan industri dalam negeri, meningkatkan ekspor, meningkatan pendapatan petani, memperluas kesempatan kerja, dan mendorong pemerataan kesempatan berusaha sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan penduduk Indonesia khususnya petani.

Penyuluhan pertanian diakui telah banyak memberikan sumbangan pada keberhasilan pembangunan pertanian di Indonesia. Penyuluhan telah berhasil menyampaikan berbagai inovasi pertanian kepada petani dengan segala metode sehingga para petani meningkat pengetahuan dan keterampilannya, serta dapat mengubah sikap petani menjadi mau dan mampu menerapkan inovasi baru. Perjalanan pengembangan penyuluhan pertanian di Indonesia yang dimulai sejak akhir abad 19 ternyata mengalami pasang surut dan liku-liku yang dinamik sesuai dengan perkembangan jaman. Dari romantika perjalanan penyuluhan pertanian dapat ditarik hikmah dan pelajaran yang sangat berharga bagi pengembangan penyuluhan di masa kini dan masa mendatang (lebih dikenal dengan era agribisnis). Revitalisasi dan reformasi penyuluhan pertanian di era agribisnis merupakan suatu tuntutan jaman yang tidak dapat dihindarkan. Oleh karena itu, maka pembenahan dan pemberdayaan kelembagaan penyuluhan serta peningkatan kemampuan penyuluh harus menjadi bahan kajian bagi para pakar, yang nantinya akan dijadikan kebijakan oleh pemerintah.

Penyuluhan pertanian adalah bagian dari sistem pembangunan pertanian yang merupakan sistem pendidikan di luar sekolah (pendidikan nonformal) bagi petani beserta keluarga dan anggota masyarakat lainnya yang terlibat dalam pembangunan pertanian. Petani diharapkan mampu memanfaatkan sumber daya yang ada guna memperbaiki dan meningkatkan pendapatan pelayan beserta keluarganya, lebih luas lagi dapat meningkatkan kesejahteraanya. Dengan demikian, penyuluhan pertanian adalah suatu upaya untuk terciptanya iklim yang kondusif guna membantu petani beserta keluarga agar dapat berkembang menjadi dinamis serta mampu untuk memperbaiki kehidupan dan penghidupannya dengan kekuatan sendiri dan pada akhirnya mampu menolong dirinya sendiri ( Soeharto N. P., 2005).

Daram era baru pertanian, penyuluh lapangan dituntut untuk memiliki fungsi paling tidak dalam tiga hal yaitu transfer teknologi (technology transfer), fasilitasi (facilitation), dan penasehat (advisory work). Untuk mendukung fungsi-fungsi tersebut, penyuluh pertanian lapangan mestinya juga menguasai dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. Tema-tema penyuluhan juga bergeser tidak hanya sekedar peningkatan produksi namun menyesuaikan dengan isu global yang lain misalnya bagaimana menyiapkan petani dalam bertani untuk mengatasi persoalan perubahan iklim global dan perdagangan global. Petani perlu dikenalkan dengan sarana produksi yang memiliki daya adaptasi tinggi terhadap goncangan iklim, selain itu teknik bertani yang ramah lingkungan, hemat air, serta tahan terhadap cekaman suhu tinggi nampaknya akan menjadi tema penting bagi penyuluhan pertanian masa depan.

Setelah mengetahui peran dan perkembangan penyuluhan pertanian sejalan dengan perkembangan era globalisasi, khususnya sebagai mahasiswa pertanian, yang dididik untuk memahami teori dan penerapannya di bidang pertanian, mampu memberikan partisipasi terhadap penyelenggaraan penyuluhan pertanian sebagai pemberdayaan petani dan keluarganya beserta masyarakat pelaku agribisnis melalui kegiatan pendidikan nonformal di bidang pertanian agar mereka mampu menolong dirinya sendiri, baik di bidang ekonomi, sosial, maupun politik sehingga peningkatan pendapatan dan kesejahteraan mereka dapat dicapai.

Mahasiswa yang menempatkan dirinya sebagai penyuluh pertanian menempatkan kedudukan penyuluh tidak berada di atas atau lebih tinggi dibanding petani, melainkan dalam posisi yang sejajar. Kedudukan sebagai mitra sejajar tersebut, tidak hanya terletak pada proses sharing selama berlangsungnya kegiatan penyuluhan, tetapi harus dimulai dari sikap pribadi dalam berkomunikasi, tempat duduk, bahasa yang digunakan, sikap saling menghargai, saling menghormati, dan saling mempedulikan karena merasa saling membutuhkan dan memiliki kepentingan bersama (Subejo, 2000).

B. Tujuan

Praktikum Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian bertujuan

1. Mahasiswa mampu menggali permasalahan yang dihadapi oleh sasaran penyuluhan.

2. Mahasiswa mampu merumuskan tujuan penyuluhan.

3. Mahasiswa mampu menetapkan metode, teknik, alat bantu, dan alat peraga penyuluhan yang tepat berdasar kondisi sasaran, sumberdaya penyuluh, kondisi geografis, dan kebijaksanaan pemerintah (sekaligus penetapan alat bantu dan alat peraga penyuluhan yang tepat).

4. Mahasiswa mampu melakukan penyuluhan berdasar prinsip-prinsip komunikasi yang efektif dengan menerapkan konsep pendidikan orang dewasa.

C. Manfaat Praktikum

Praktikum Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian yang dilakukan mempunyai manfaat diantaranya

1. Manfaat bagi Mahasiswa

a. Pemberian pendidikan dan bimbingan yang berkelanjutan bagi mahasiswa, yang artinya penyuluhan tidak akan berhenti begitu saja ketika mengetahui bahwa petani di tempat mereka berikan pendidikan, ternyata telah dapat melakukan perubahan. Namun, penyuluh tetap membantu mereka ke arah yang lebih baik lagi.

b. Pengambilan keputusan, yaitu sebagai fasilitator dan atau perantara informasi tentang kebijakan pembangunan dari pengambil keputusan (penguasa) kepada masyarakat tani.c. Sebagai media penghayatan setiap insan penyuluh terhadap pendekatan, strategi, dan metoda penyuluhan yang partisipatip, yang membawa konsekuensi terhadap perubahan perilaku penyuluh (baik yang berstatus pegawai negeri, aktivis LSM, pedagang/karyawan produsen sarana-produksi dan peralatan pertanian, serta petugas penyalur kredit usahatani) untuk lebih menghargai petani sebagai mitra-kerja dan bukannya terus menerus menempatkannya sebagai obyek kegiatan/bisnis mereka

d. Mahasiswa mampu melakukan evaluasi melalui perubahan kegiatan penyuluhan pertanian yang tidak lagi diarahkan terpusat kepada petani dan keluarganya, tetapi juga terhadap masyarakat pertanian yang lain sebagai stakeholders pembangunan pertanian. e. Memberikan mahasiswa pengalaman agar mahasiswa memiliki kompetensi yang unggul, terutama bidang penyuluhan dan komunikasi pertanian.2. Manfaat bagi Masyarakat

a. Menghasilkan SDM pelaku pembangunan pertanian yang kompeten, sehingga mampu mengembangkan usaha pertanian yang tangguh, bertani lebih baik (better farming), berusaha tani lebih menguntungkan (better bussines), hidup lebih sejahtera (better living) dan lingkungan lebih sehat.

b. Menggerakkan masyarakat, memberdayakan petani-nelayan, pengusaha pertanian, dan pedagang pertanian, serta mendampingi petani untuk1). Membantu menganalisis situasi-situasi yang sedang mereka hadapi dan melakukan perkiraan ke depan.

2). Membantu mereka menemukan masalah.

3). Membantu mereka memperoleh pengetahuan/informasi guna memecahkan masalah.

4). Membantu mereka mengambil keputusan.

5). Membantu mereka menghitung besarnya risiko atas keputusan yang diambilnya.

c. Mampu melaksanakan perubahan-perubahan demi tercapainya peningkatan produksi, pendapatan/keuntungan, dan perbaikan kesejahteraan keluarga/masyarakat yang ingin dicapai melalui pembangunan pertanian.

d. Menyadarkan masyarakat atas peluang yang ada untuk merencanakan hingga menikmati hasil pembangunan.e. Memberikan kemampuan masyarakat untuk menentukan program pembangunan.f. Memberi kemampuan masyarakat dalam mengontrol masa depannya sendiri.g. Memberi kemampuan dalam menguasai lingkungan sosialnya.

3. Manfaat bagi Pemerintah

a. Memberikan pengertian yang baik intervensi pihak-pihak yang berkepentingan, misalnya intervensi pemerintah di bidang produksi, distribusi, dan konsumsi. Meliputi kebijakan penetapan subsidi input produksi, kebijakan kelembagaan penyuluhan, dan undang-undang yang berkaitan.b. Ke depan, arah pembangunan, menuju pada industrialisasi di bidang pertanian melalui pengembangan agribisnis yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan. Hal ini akan bisa diwujudkan dengan lebih dahulu menciptakan sumberdaya manusia yang berkualitas.c. Pemerintah memberi perhatian lebih untuk lembaga independen maupun dependent yang mengakreditasi lembaga penyuluhan pertanian yang ada. Selain itu agar kerjanya profesional lembaga penyuluhan pertanian itu perlu berakar pada lembaga penelitian pertanian yang benar-benar kredibel.

d. Daram era baru pertanian, penyuluh lapangan dituntut untuk memiliki fungsi paling tidak dalam tiga hal yaitu transfer teknologi (technology transfer), fasilitasi (facilitation), dan penasehat (advisory work).

e. Hubungannya dengan pemerintahan, penyuluhan pertanian masa depan berusaha meningkatkan kemampuan pemerintah daerah sebagai pengelola utama pembangunan pertanian, dan meningkatkan kemandirian dan interdependensi petani dan pelaku agribisnis lainnya sebagai pelaku utama pembangunan.

II. LANDASAN TEORI

A. Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian

Diskusi tentang penggunaan istilah penyuluhan di Indonesia akhir-akhir ini semakin semarak. Pemicunya adalah, karena penggunaan istilah penyuluhan dirasa semakin kurang diminati atau kurang dihargai oleh masyarakat. Hal ini, disebabkan karena penggunaan istilah penyuluhan yang kurang tepat, terutama oleh banyak kalangan yang sebenarnya tidak memahami esensi makna yang terkandung dalam istilah penyuluhan itu sendiri. Di lain pihak, seiring dengan perbaikan tingkat pendidikan masyarakat dan kemajuan teknologi informasi, peran penyuluhan semakin menurun dibanding sebelum dasawarsa delapan-puluhan (Mardikanto, 2008).

Penyuluhan pertanian Indonesia nampaknya menghadapi problem dan kondisi yang mirip seperti hasil evaluasi dari World Bank. Beberapa alternatif yang dapat dilakukan sebagai bagian dari reformasi institusi untuk meningkatkan pelayanan penyuluhan sebagaimana yang direkomendasikan World Bank (2002) mencakup tiga hal yaitu (1) desentralisasi, (2) privatisasi, dan (3) pemisahan funding dari execution (Subejo, 2008).

Proses belajar yang seharusnya berlangsung dalam kegiatan penyuluhan adalah proses pendidikan yang diterapkan dalam pendidikan orang dewasa (adult education/andragogie), yaitu: (1) Proses belajar yang berlangsung secara lateral atau horizontal, sebagai proses belajar bersama yang partisipatif di mana semua yang terlibat saling sharing atau bertukar informasi, pengetahuan dan pengalaman. Proses sharing tersebut, tidak hanya berlangsung antar peserta penyuluhan, tetapi juga antara penyuluh/fasilitator dengan masyarakat yang menjadi kliennya. (2) Kedudukan penyuluh tidak berada di atas atau lebih tinggi dibanding petaninya, melainkan dalam posisi yang sejajar. Kedudukan sebagai mitra sejajar tersebut, tidak hanya terletak pada proses sharing selama berlangsungnya kegiatan penyuluhan, tetapi harus dimulai dari sikap pribadi dalam berkomunikasi, tempat duduk, bahasa yang digunakan, sikap saling menghargai, saling menghormati, dan saling mempedulikan karena merasa saling membutuhkan dan memiliki kepentingan bersama. (3) Peran penyuluh bukan sebagai guru yang harus menggurui petani/masyarakatnya, melainkan sebatas sebagai fasilitator yang membantu proses belajar, baik selaku: moderator (pemandu acara), motivator (yang merangsang dan mendorong proses belajar), atau sekadar sebagai narasumber manakala terjadi kebuntuan dalam proses belajar yang berlangsung (4) Dalam persiapan pelaksanaan kegiatan penyuluhan perlu memperhatikan karakteristik orang dewasa, yang pada umumnya telah mengalami kemunduran penglihatan, pendengaran, dan daya tangkap/penalaran (Arip, 2007).

Penyuluhan merupakan pendidikan nonformal dimana sistem pendidikannya terprogram di luar sekolah sehingga penyuluhan memerlukan perencanaan yang jelas mengenai kegiatan yang akan dilaksanakan. Terkait dengan itu, pelaksanaan kegiatan penyuluhan selain menentukan topik atau materi penyuluhan yang akan diajarkan juga harus memetapkan alat peraga penyuluhan yang sesuai dengan sasarannya dan persiapan tentang sarana penyuluhan dalam hal ini adalah alat peraga penyuluhan dan pemilihan alat peraga tersebut guna membantu kelancaran kegiatan penyuluhan yang akan dilaksanakan. Persiapan sarana penyuluhan terutama alat peraga sangat membantu sasaran dalam menerima materi yang diajarkan oleh penyuluh (Anonima, 2010).

B. Metode dan Teknik Penyuluhan

Metode dan teknik penyuluhan pertanian dapat diartikan sebagai cara atau teknik penyampaian materi penyuluhan oleh para penyuluh kepada para petani beserta keluarganya baik secara langsung maupun tidak langsung, agar mereka tahu, mau, dan mampu menerapkan inovasi (teknologi baru). Tujuan pemilihan metode penyuluhan adalah: (1) Agar penyuluh pertanian dapat menetapkan suatu metode atau kombinasi beberapa metode yang tepat dan berhasil guna (2) Agar kegiatan penyuluhan pertanian yang dilaksanakan untuk menimbulkan perubahan yang dikehendaki yaitu perubahan perilaku petani dan anggota keluarganya supaya berdayaguna dan berhasilguna (Padmowihardjo, 2000).

Satu hal yang harus diperhatikan oleh setiap penyuluh sebelum menerapkan suatu metoda penyuluhan adalah, ia perlu memahami "prinsip-prinsip" metoda penyuluhan, yang dapat dijadikannya sebagai landasan untuk memilih metoda yang tepat. Beberapa prinsip metoda penyuluhan yang meliputi: (1) Pengembangan untuk berpikir kreatif (2) Tempat yang paling baik adalah di tempat kegiatan penerima manfaat (3) Setiap individu terikat dengan lingkungan sosialnya (4) Ciptakan hubungan yang akrab dengan penerima manfaat (5) Memberikan sesuatu untuk terjadinya perubahan (Mardikanto, 2008).

Beragam teknik penyuluhan diantaranya adalah kunjungan rumah, kunjungan ke lahan usaha tani, surat menyurat, hubungan telepon, kontrak informal, magang, dan lain sebagainya. Teknik lain yang diungkapkan adalah temu karya, demonstrasi cara, demontsrasi hasil, karya wisata, kursus tani, temu karya, temu lapang, temu usaha, mimbar sarasehan, perlombaan, dan lain sebagainya (Anonimb, 2010).

Berdasarkan teknik komunikasi: (1) Metode yang langsung (direct communication/face to face communication) yaitu penyuluh berhadapan langsung dengan sasrannya, seperti pembicaraan di rumah, gubuk kelompok, dibalai desa, dalam penyelenggaraan suatu demonstrasi dll. (2) Metode yang tidak langsung (indirect communication) tidak berhadapan langsung, misal lewat media massa, media elektronik. Phelan (1995) menunjukkan bahwa surat kabar, tetangga, serta teman dekat petani merupakan sumber informasi yang terpenting dalam penyebaran teknologi baru pertanian bagi keluarga tani (Margolang, 2010).

Pemilihan metoda penyuluhan dapat dilakukan dengan melakukan pendekatan-pendekatan seperti berikut: (1) Metoda penyuluhan dan proses komunikasi (2) Metoda penyuluhan dalam pendidikan nonformal (3) Metoda penyuluhan dalam pendidikan orang dewasa. Selain metoda-metoda tersebut, pada perkembangan terakhir, banyak diterapkan beragam metoda penyuluhan partisipatip berupa: (1) RRA (rapid rural appraisal) (2) PRA (participatory rapid appraisal) atau penilaian desa secara partisipatip (3) FGD (focud group discussion) atau diskusi kelompok yang terarah (4) PLA (participatory learning and action), atau proses belajar dan mempraktekkan secara partisipatif (5) SL atau Sekolah lapang (Farmers Field School) (Mardikanto, 2008).

C. Alat Bantu dan Alat Peraga Penyuluhan

Alat bantu penyuluhan adalah alat-alat atau sarana penyuluhan yang diperlukan oleh seseorang penyuluh guna memperlancar proses mengajarnya selama kegiatan penyuluhan itu di dilaksanakan. Alat ini diperlukan untuk mempermudah penyuluh selama melakukan kegiatan penyuluhan, baik dalam menentukan atau memilih materi penyuluhan atau menerangkan inovasi yang disuluhkan (Departemen Kehutanan, 2000).

Peranan dari alat bantu penyuluhan pertanian dalam proses belajar adalah penting, bila diinginkan memenuhi persyaratan-persyaratannya. Kemanfaatannya antara lain: (1) Membantu menarik perhatian siswa untuk beberapa lama dan menjadikan pelajaran itu menyenangkan (2) Membantu guna menjelaskan pelajaran sedemikian rupa sehingga siswa menjadi mudah dan cepat mengerti (3) Membantu guru mengingat detail pelajaran (4) Para siswa akan mengingat lebih lama apa yang dilihat daripada yang didengar. Beragam alat-bantu penyuluhan yang diperlukan setiap penyuluh antara lain: (1) Kurikulum (2) Lembar-lembar persiapan penyuluhan (3) Papan tulis dan atau papan penempel (4) Alat tulis (5) Perlengkapan ruangan (6) Proyektor (Mardikanto, 2008).Alat peraga penyuluhan sebenarnya tidak sekadar berfungsi sebagai alat peraga atau penjelas, melainkan memiliki fungsi yang beragam antara lain yaitu: (1) Menarik perhatian atau memusatkan perhatian penerima manfaat sehingga lebih mengkonsentrasikan diri untuk mengikuti jalannya penyuluhan yang sedang dilaksanakan oleh penyuluh yang bersangkutan (2) Memperjelas pengertian tentang segala sesuatu yang diuraikan atau disampaikan penyuluh secara lisan sehingga dapat menghindarkan terjadinya salah pengertian yang tidak sesuai dengan yang dimaksudkan oleh penyuluh (3) Membuat penyuluhan lebih efektif, karena penerima manfaat lebih cepat menerima dan memahami segala sesuatu yang dimaksudkan penyuluhnya (4) Peragaan akan dapat menghemat waktu yang diperlukan penyuluh untukmenjelaskan materi yangingin disampaikan atau mereka jelaskan (5) Memberikan kesan yang lebih mendalam sehingga penerima manfaat tidak mudah melupakan kegiatan penyuluhan yang pernah diikutinya (Sunarya, 2000).

Alat peraga di dalam penyuluhan pertanian ada bermacam-macam antara lain yaitu: (1) Benda (2) Barang cetakan (3) Gambar yang diproyeksikan (4) Lambang grafika. Satu hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan alat peraga di dalam pelaksanaan penyuluhan adalah pemilihan alat peraga yang paling efektif dan efisien untuk tujuan perubahan perilaku penerima manfaat yang diinginkan penyuluhnya. Pengetahuan seperti ini sangat penting, karena: (1) Tidak semua alat peraga selalu tersedia atau mudah disediakan oleh penyuluh pada sembarang tempat dan waktu (2) Alat peraga yang mahal tidak selalu merupakan jaminan sebagai alat peraga yang efektif untuk tujuan perubahan perilaku tertentu (3) Untuk tujuan perubahan perilaku tertentu, tersedia banyak alternatif alat peraga yang dapat digunakan, tetapi dengan tingkat efektivitas dan tingkat kemahalan yang berbeda (Mardikanto, 2008).

D. Materi Penyuluhan

Materi penyuluhan pada hakekatnya merupakan segala pesan yang ingin dikomunikasikan oleh seorang penyuluh kepada masyarakat penerima manfaat. Dengan kata lain, materi penyuluhan adalah pesan yang ingin disampaikan dalam proses komunikasi pembangunan. Materi penyuluhan sangat menentukan terhadap jenis metoda penyuluhan pertanian yang akan digunakan. Misalnya, penyuluhan tentang intensifikasi pemanfaatan lahan pertanian sangat berbeda dengan penyuluhan intensifikasi ayam buras, intensifikasi ternak potong, intensifikasi kedele atau intensifikasi padi (inivasi teknis). Berlainan pula dengan materi pembentukan poktan dan gapoktan (menyangkut inovasi sosial) serta penyuluhan tentang perkreditan dan kontrak kerja (inovasi ekonomi) (Soedijanto, 2004).

Acuan agar setiap penyuluh mampu membeda-bedakan ragam materi penyuluhan yang ingin disampaikan pada setiap kegiatannya perlu mengetahui Ragam Materi Penyuluhan Menurut Kebutuhan Penerima manfaat, yaitu: (1) Materi pokok, yaitu materi yang benar-benardibutuhkan dan harus diketahui oleh penerima manfaat utamanya (2) Materi pokok, sedikitnya mencakup 50% dari seluruh materi yang ingin disampaikan pada saat yang sama (3) Materi yang penting, yaitu materi yang berisi dasar pemahaman tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan kebutuhan yang dirasakan oleh penerima manfaatnya (4) Materi ini, diberikan sekitas 30% dari seluruh materi yang ingin disampaikannya (5) Materi penunjang, yaitu materi yang masih berkaitan dengan kebutuhan yang dirasakan, yang sebaiknya diketahui oleh penerima manfaat untuk memperluas cakrawala pemahamannya tentang kebutuhan yang dirasakannya itu (6) Materi ini maksimal sebanyak 20% dari seluruh materi yang diberikan (7) Materi yang mubazir, yaitu materi yang sebenarnya tidak perlu dan tidak ada gayutannya dengan kebutuhan yang dirasakan oleh masyarakat penerima manfaatnya (Anonimc, 2010).Pesan atau materi penyuluhan pertanian untuk dapat diterima dan dihayati serta diterapkan sehingga dapat meningkatkan kemampuan, bila cara penyampaiannya yang dipilih cocok dengan kondisi dari masyarakat petani. Memilih cara atau metode/teknik ini akan menentukan keberhasilan didalam penyelengaraan program penyuluhan pertanian yang merupakan bagian dari pembangunan pertanian (Mardikanto, 2009).

III. PERSIAPAN PENYULUHANA. Khalayak Sasaran

1. Keadaan Umum

Desa Doplang termasuk dalam lingkup wilayah Kecamatan Teras, Kabupaten Boyolali, Propinsi Jawa Tengah. Desa Doplang memilki luas lahan pertanian sebesar 167,59 ha yang terdiri dari 104,7385 ha area sawah irigasi teknis, 21,9265 ha area sawah irigasi teknis, 3,2550 ha area tegal, 32,6635 ha tanah untuk pekarangan dan 5,0065 ha lain-lain.

Kondisi Desa Doplang secara geografis adalah sebagai berikutKetinggian tanah dari permukaan laut: 98 mdl

Banyaknya curah hujan: 2500 mm/th

Jumlah bulan hujan : 9 bulan

Topografi (dataran rendah, tinggi): dataran rendah

Suhu udara rata-rata: 30 oC

Desa Doplang, Kecamatan Teras, Kabupaten Boyolali memiliki batasbatas wilayah sebagai berikut

Sebelah utara: Desa Kadireso

Sebelah selatan: Kecamatan Sawit dan Kabupaten Klaten

Sebelah barat: Desa Kopen

Sebelahtimur: Kecamatan Sawit

Selain memiliki batas-batas wilayah secara fisik, Desa Doplang, Kecamatan Teras, Kabupaten Boyolali juga memiliki batas-batas wilayah secara geografis sebagai berikut

Sebelah utara: sawah padi

Sebelah selatan: sawah padi

Sebelah barat: sawah padi

Sebelah timur: sawah padi

Desa Doplang mempunyai jarak dari pusat administrasi yang dekat, yaitu sebagai berikut

1) Jarak dari Pusat Pemerintahan Kecamatan: 2 Km

2) Jarak dari Ibukota Kabupaten:15 Km

3) Jarak dari Ibukota Propinsi Dati I:125 Km

Desa Doplang terletak pada ketinggian 98 m di atas permukaan laut. Dilihat dari topografinya, Desa Doplang merupakan dataran rendah. Suhu rata-rata pada daerah Doplang yaitu berkisar antara 30oC.

Jumlah warga desa Doplang sebanyak 3.808 jiwa, 750 jiwa berprofesi sebagai petani dan 105 jiwa sebagai buruh tani. Mayoritas penduduk bekerja di bidang agraris karena Desa Doplang memiliki lahan pertanian yang cukup subur dan di dukung dengan adanya irigasi yang baik. Sumber irigasi utama lahan persawahan di Desa Doplang adalah sungai.

Dari sumber data monografi Desa Doplang, Kecamatan Teras, Kabupaten Boyolali tahun 2010 diketahui bahwa total penduduk Desa Doplang hingga tahun 2010 sebanyak 3.808 jiwa dengan jumlah laki-laki 1.784 dan perempuan 1.945 dengan jumlah kepala keluarga 894 jiwa. Dari jumlah tersebut dapat disimpulkan bahwa jumlah penduduk laki-laki dengan jumlah penduduk perempuan hampir sama jumlahnya walaupun dalam nominal terpaut selisih 161 jiwa.

Dari sumber data monografi Desa Doplang, Kecamatan Teras, Kabupaten Boyolali tahun 2010 diketahui bahwa usia produktif di Desa Doplang sebanyak 1.760 jiwa, dan usia nonproduktif di Desa Doplang sebanyak 226 jiwa. Dari data tersebut, dapat disimpulkan bahwa sasaran yang sesuai untuk sasaran penyuluhan adalah sebanyak 2.955 jiwa, yang merupakan golongan usia produktif. Usia produktif terdiri dari penduduk golongan umur 15-64 tahun, sedangkan usia nonproduktif terdiri dari penduduk golongan umur 0-14 tahun dan >64 tahun.

Tabel 3.1.1.1Sarana Pendidikan di Desa Doplang, Kecamatan Teras, Kabupaten Boyolali Tahun 2010NoJenisJumlah

1.

2.

3.

4.

5.

6.TK

SD

SLTP

SMU/SMK

PT/Akademik

Lembaga keagamaan23-

-

-

4

Sumber : Data SekunderLembaga pendidikan yang ada di Desa Doplang meliputi 2 unit Tanam Kanak-kanak dengan tenaga pengajar sebayak 8 orang, 3 unit sekolah dasar dengan total siswa 470, dan 24 guru pengajar. Terdapat pula 4 unit lembaga pendidikan keagamaan. Adanya lembaga pendidikan setingkat SD ini sukses membuat warga Desa Doplang bebas dari buta huruf. Sayangnya, kebanyakan dari penduduk desa tidak tamat SD, meskipun ada pula yang dapat meneruskan ke pergurun tinggi hingga tamat S2.

Tabel 3.1.1.2Jumlah Penduduk Menurut Pendidikan di Desa Doplang, Kecamatan Teras, Kabupaten Boyolali Tahun 2010NoPendidikanJumlah%

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.8.

9.Tidak sekolah

Belum sekolah

Tidak tamat SDTamat SDSLTP

SMU/SMK

D1 dan D2

D3

S1 danS2127

1024231.37085173325

31

1463,332,68

11,10

35,98

22,35

19,25

0,65

0,82

3,84

Jumlah3.808100

Sumber: Data Sekunder

Tentang keadaan penduduk menurut tingkat kependidikan ditinjau dari data monografi Desa Doplang, Kecamatan Teras, Kabupaten Boyolali Tahun 2010 diketahui bahwa sebanyak 127 orang buta huruf, 423 orang hanya mengenyam pendidikan tidak sampai lulus SD, jumlah penduduk yang tamat SD sebanyak 1.370 orang, untuk jumlah penduduk yang mengenyam pendidikan sampai SMP berjumlah 851 orang, dan 733 orang tamat SMA. Untuk penduduk yang menempuh hingga Diploma, sebanyak 25 orang tamat pendidikan D1, 24 orang di D2, dan untuk D3 sebanyak 31 orang. Penduduk yang menempuh hingga S1 dan S2 sebanyak 146.Dari jumlah penduduk menurut pendidikan di atas tampak bahwa tingkat pendidikan warga Desa Doplang sudah cukup tinggi, terbukti hingga tahun 2010 terdapat sarjana sebanyak 146 dan beberapa diploma. Ini menunjukkan pendidikan telah menjadi perhatian khusus dari warga desa. Tingginya tingkat pendidikan di Desa Doplang berarti kemampuan untuk menyerap inovasi baru cukup baik, tingkat rasa ingin mencoba dan menerapkan sesuatu yang baru juga dimiliki oleh warganya. Petani-petani yang tidak berpendidikan tinggi menjadi terpengaruh untuk mencoba inovasi dalam mengatas permasalah bidang pertanian yang dihadapi.

Tabel 3.1.1.3Sarana Sosial Kemasyarakatan di Desa Doplang, Kecamatan Teras, Kabupaten Boyolali Tahun 2010No.JenisJumlah

1.

2.

3.PKK

Karang Taruna

Kelompok Tani1

1

3

Sumber : Data Sekunder

Lembaga kemasyarakatan di Desa Doplang antara lain organisasi perempuan seperti PKK, organiasasi kepemudaan, dan karang taruna, organisasi profesi seperti kelompok tani. Untuk menunjang perekonomian desa terdapat dua koperasi desa. Dengan anggota 160 orang. Koperasi ini menjadi sumber permodalan dan pemasaran hasil panen petani Desa Doplang. Perkembangan Desa Doplang juga dipengaruhi oleh adanya organisasi profesi sehingga pengembangan diri dalam menekuni bidang tertentu dapat maksimal. Kelembagaan ekonomi seperti koperasi ikut mendukung industri makanan yang berkembang di Desa Doplang.

Tabel 3.1.1.4Sarana Olah Raga di Desa Doplang, Kecamatan Teras, Kabupaten Boyolali Tahun 2010No.JenisJumlah

1.

2.

3.

4.Lapangan sepak bola

Lapangan voli

Lapangan bulu tangkis

Meja pingpong1

5

8

6

Sumber : Data Sekunder

Sarana dan prasana di Desa Doplang tergolong cukup lengkap dan memadai. Desa Doplang telah memliki 7 masjid sebagai rumah peribadatan warga yang memang mayoritas memluk agama Islam. Untuk menujang kebugaran dan rekreasi penudduk tersedia 1 lapangan sepak bola, 5 lapangan voli, 8 lapangan bulu tangkis serta 6 unit meja pingpong. Di Desa Doplang juga tersedia 4 unit posyandu dengan tenaga medis di antaranya 3 orang dokter umum, dan 1 orang bidan.

Tabel 3.1.1.5 Jumlah Penduduk Menurut Mata Pencaharian di Desa Doplang, Kecamatan Teras, Kabupaten Boyolali Tahun 2010NoMata PencaharianJumlah%

1.

2.

3.

4.

5.

6.

7.

8.

9.

10.

11.

12.

13.

14.Petani

Pedagang

PNS

TNI/Polri

PenjahitPengrajinBuruh tani

MontirSupir

Karyawan swasta

Kontraktkor

Tukang kayu

Tukang batu

Guru swasta596

196

1144

715314

8328512

12

29

727,258,96

5,21

0,18

0,32

0,69

14,36

0,37

1,4638,91

0,09

0,55

1,33

0,32

Jumlah2.187100

Sumber : Data Sekunder

Dari sumber data monografi Desa Doplang, Kecamatan Teras, Kabupaten Boyolali tahun 2010 diketahui bahwa sebanyak 314 orang mempunyai pencaharian sebagai buruh petani dan sebanyak 596 orang bekerja sebagai petani. Ada 196 orang yang bermatapencaharian sebagai pedagang/wiraswasta/pengusaha, 15 orang sebagai pengrajin, dan PNS sebanyak 114. Penduduk yang menjadi TNI/Polri hanya 4 orang, menjadi penjahit 7 orang, montir sebanyak 8 orang, dan penduduk yang bekerja sebagai supir ada 32 orang. Penduduk yang bekerja sebagai karyawan swasta ada 851 orang, yang bermatapencaharian sebagai kontraktor sebenyak 2 orang, tukang kayu sebanyak 12 orang, yang matapencahariannya tukang batu sebanyak 29 orang, dan guru swasta sebanyak 7 orang.

Berdasarkan keterangan di atas terlihat bahwa mata pencaharian yang paling banyak dilakukan penduduk Desa Doplang adalah karyawan swasta, petani, dan buruh tani. Masih terlihat jelas bahwa matapencaharian penduduk didominasi pertanian. Berarti bidang pertanian masih menjadi tulang punggung perekonomian desa.

Tabel 3.1.1.6 Jumlah Penduduk Menurut Kepercayaan di Desa Doplang, Kecamatan Teras, Kabupaten Boyolali Tahun 2010NoKepercayaanJumlah%

1.

2.

3.

4.Islam

Kristen

Katolik

Hindu3.763

9

35

198,810,24

0,92

0,03

Jumlah3.808100

Sumber : Data Sekunder

Tentang keadaan penduduk menurut agama ditinjau dari data monografi Desa Doplang, Kecamatan Teras, Kabupaten Boyolali tahun 2010 diketahui bahwa sebanyak 3.763 orang memeluk agama Islam, 9 orang yang memeluk agama Kristen, dan sebanyak 35 orang memeluk agama Katolik dan 1 orang memeluk agama Hindu. Dari data tersebut menunjukkan bahwa agama yang dianut oleh Desa Doplang adalah agama Islam.

2. Kelompok Tani

Kelompok tani di Desa Doplang berdiri atas inisiatif warga yang berprofesi sebagai petani. Para petani berharap dengan adanya kelompok tani dapat memajukan pertanian desa. Semangat warga ini mendapat dukungan dari Balai Penyuluhan Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan Kecamatan Teras Kabupaten Boyolali dengan diresmikannya kelompok tani Subur, Guno Tirto, dan Gemah Ripah. Ketiga kelompok tani ini mengadakan pertemuan-pertemuan secara berdampingan. Dalam mengahadapi masalah dalam bidang pertanian kedua kelompok tani saling berbagi informasi. Ketiga kelompok tani tersebut bergabung menjadi satu gapoktan Tani Maju yang diketuai oleh Bapak Soleh B. Jumlah anggota keseluruhan dari gapoktan ini sebanyak 508 anggota. Biasanya, Gapoktan ini mengadakan pertemuan penyuluhan sebulan dua kali, hari Senin pekan kedua dan pekan keempat.

Pertanian Desa Doplang tergolong sudah cukup maju karena didukung oleh lahan yang subur dengan pengairan dari sungai dengan debit cukup besar dan mengalir sepanjang tahun. Yang menjadi tanaman komoditas di Desa Doplang adalah padi. Dari seluruh lahan pertanian yang ada seluas 167,59 ha ditanami padi. Padi yang sering dibudidayakan adalah dengan kemampuan produksi sebesar 640 ton/ha. Tanaman lain yang di budidyakan antara lain 133 ha jagung dengan produksi 60 ton/ha, 1,4 ha kelapa dengan produksi 7.921 kwintal/ha dan 30 ha tembakau dengan produksi 6.000 kwintal.

Tabel 3.1.2.1Lahan Pertanian Desa Doplang, Kecamatan Teras, Kabupaten Boyolali Tahun 2010No.JenisLuas (ha)

1.

2.

3.

4.

5.Sawah irigasi teknis

Sawah irigasi teknis

Tegal

Pekarangan

Lain-lain104,7385

21,9265

3,2550

32,6635

5,0065

Jumlah167,59

Sumber : Data Sekunder

Dari data monografi Desa Doplang, Kecamatan Teras, Kabupaten Boyolali diketahui luas lahan pertanian keseluruhan di desa sebesar 167,59 ha yang terdiri dari 104,7385 ha area sawah irigasi teknis, 21,9265 ha area sawah irigasi teknis, 3,2550 ha area tegal, 32,6635 ha tanah untuk pekarangan dan 5,0065 ha lain-lain. Dari data tersebut dapat disimpulkan masih banyak petani yang mempunyai sawah daripada tegal, dan para petani memanfaatkan sawah itu sebagai sumber penghasilan mereka.

Tabel 3.1.2.2Penyediaan Sarana Produksi Pertanian Desa Doplang, Kecamatan Teras, Kabupaten Boyolali Tahun 2010No.JenisPanjang saluran irigasi (meter)

1.

2.

3.Irigasi primer

Irigasi sekunder

Irigasi tersier1.000

1.000

2.000

Sumber : Data Sekunder

Pertanian di Desa Doplang berkembang dengan baik didukung adanya prasarana irigasi yang baik. Terdapat 1.000 m saluran primer dan 1.000 m saluran sekunder. Sedangkan saluran tersier sepanjang 2.000 m. Terdapat pintu sadap 1 unit dan pintu pembagi air 3 unit. Sarana irigasi digunakan untuk memenuhi kebutuhan air pertanian dan kebutuhan air bagi warga Desa Doplang.

Menurut data monografi Desa Doplang, Kecamatan Teras, Kabupaten Boyolali diketahui jumlah rumah tangga yang memiliki tanah pertanian sebanyak 853 rumah tangga petani yang terdiri dari 570 RTP (Rumah Tangga Petani) memiliki kurang dari 0,5 ha, 19 RTP memiliki 0,5-1,0 ha, dan 7 RTP yang memiliki lebih dari 1,0 ha. Sedangkan yang tidak memiliki tanah pertanian sebanyak 758 RTP.

Menurut data monografi Desa Doplang, Kecamatan Teras, Kabupaten Boyolali diketahui luas tanaman padi tahun ini seluas 205 ha dengan hasil Rp. 17.280.000,00 per ha. Rincian pengeluarannya adalah Rp 4.500.000,00 per-ha. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa petani desa ini mendapat keuntungan sebesar Rp 12.780.000,00 per-ha.Struktur Gapoktan Tani Maju

Gambar 1. Struktur Pengurus Gapoktan Tani Maju

Desa Doplang memiliki Gabungan Kelompok Tani yang bernama Tani Maju diketuai oleh pak Soleh B. Jumlah anggota gapoktan tersebut kurang lebih 508 orang. Setiap 35 hari sekali gapoktan mengadakan pertemuan guna membahas permasalahan kaitannya dengan bidang pertanian di Desa Doplang.

B. Penggalian Permasalahan dan Perumusan Tujuan

1. Penggalian Permasalahan

Pada prinsipnya materi penyuluhan pertanian harus dibuat berdasarkan kebutuhan dan kepentingan petani dan pelaku usaha pertanian lainya dengan memperhatikan pemanfaatan dan pelestarian sumberdaya pertanian setempat, materi penyuluhan pertanian yang diberikan disampaikan kepada petani dan pelaku usaha pertanian lainya telah diverifikasi terlebih dahulu oleh instansi yang berwenang di bidang penyuluhan pertanian. Verifikasi materi penyuluhan pertanian sebagaimana dimaksudkan untuk mencegah terjadinya kerugian sosial, ekonomi, lingkungan hidup, dan kesehatan masyarakat. Verifikasi materi penyuluhan dilakukan oleh kepala Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Teras. Penyuluh memberikan suatu materi yang dapat mendorong peningkatan produktifitas dan efesiensi para petani, penciptaan teknologi dan pengembangan infrastruktur (fisik dan kelembagaan), untuk itu perlu adanya partisipasi petani dan semua pihak untuk meningkatkan produktifitas. Penyuluh lapangan sebagai ujung tombak pemberdayaan memegang posisi kunci dalam menghimpun, merangkum, menyaring, dan menganalisis situasi sosial teknis petani setempat, serts memperlancar proses pemberdayaan.

Materi penyuluhan merupakan seluruh rangkaian pesan yang dikomunikasikan oleh seorang penyuluh kepada masyarakat sasaran. Materi yang disampaikan yang bersifat inovatif harus mampu mengubah atau mendorong terjadinya perubahan ke arah terjadinya pembaharuan demi terwujudnya perbaikan mutu hidup setiap individu dan seluruh masyarakat yang bersangkutan. Materi yang bersifat pesan ideologis akan menghasilkan banyak perubahan. Pesan yang ideologis jika ditanamkan ke dalam lubuk hati khalayak sasaran, baik sebelum perencanaan program-program pembangunan, akan menumbuhkan dan menggerakkan partisipasi masyarakat dan mencapai pembangunan yang berkelanjutan. Pembangunan yang dilaksanakan dapat sesuai dengan nilai-nilai kehidupan yang dijadikan sebagai acuan. Hasil pembangunan terutama pembangunan bidang pertanian benar-benar mampu memperbaiki mutu hidup masyarakat dalam arti mengurangi kemiskinan, meningkatkan pemerataan dan mengurangi kesenjangan, serta memperluas lapangan kerja dan kesempatan kerja. Materi yang bersifat sebagai pesan informatif merupakan segala bentuk informasi yang berkaitan dan bergantung pada pesan ideologis. Di dalam penyampaian materi penyuluhan disampaikan berbagai bentuk kebijakan pembangunan, nilai sosial-budaya, metoda, dan inovasi teknologi.

Meningkatnya kesadaran manusia terhadap terjadinya kerusakan lingkungan hidup yang disebabkan oleh aktivitas pertanian telah mendorong timbulnya paradigma baru dalam sistem pertanian yang merupakan koreksi terhadap paradigma sebelumnya. Dalam paradigma sebelumnya, pertanian dipandang efisien apabila dapat memberikan produksi yang setinggi-tingginya dengan tingkat keuntungan yang maksimum. Oleh karena itu dilakukan intensifikasi pertanian, yang berarti memberikan input luar, yang umumnya merupakan sumberdaya tak terbarukan, dalam volume sangat besar. Hal ini menyebabkan pengurasan potensi lahan dan lingkungan abiotik maupun biotik melebihi kemampuan ekosistem tersebut untuk memulihkannya. Akibatnya adalah terjadi degradasi lingkungan yang sangat mencemaskan dan dengan demikian keberlanjutan sistem pertanian tersebut tidak akan dapat berlangsung. Salah satu contoh adalah penggunaan pupuk anorganik, yang merupakan sumberdaya alam tak terbarukan, telah menyebabkan kerusakan lingkungan, baik ditempat pemberian pupuk (on site) maupun di lokasi akumulasi pupuk tersebut (off site). Dalam paradigma baru, asas keberlanjutan sistem menjadi perhatian penting, oleh karena itu diajukan konsep pertanian berkelanjutan, yaitu pengelolaan sumberdaya yang berhasil untuk usaha pertanian guna memenuhi kebutuhan manusia yang terus berubah sekaligus mempertahankan atau meningkatkan kualitas lingkungan dan melestarikan sumberdaya alam. Dalam konsep pertanian berkelanjutan ini eksploitasi sumberdaya tidak boleh dilakukan melebihi batas kemampuan ekosistem, serta diprioritaskan pada penggunaan input luar serendah mungkin. Materi yang akan disiapkan diseleksi dari berbagai sumber yang didapatkan seperti

a) Sumber resmi dari instansi pemerintah, seperti1) Kementrian /dinas-dinas terkait

2) Lembaga penelitian dan pengembangan

3) Pusat-pusat pengkajian

4) Pusat-pusat informasi

5) Pengujian lokal yang dilaksanakan oleh penyuluh

b) Sumber resmi dari lembaga-lembaga swasta/lembaga swadaya masyarakat yang bergerak dibidang penelitian, pengkajian dan penyebaran informasi.

c) Pengalaman petani, baik pengalaman usahataninya sendiri atau hasil dari petak pengalaman yang dilakukan secara khusus dengan atau tanpa bimbingan penyuluhnya.

d) Sumber lain yang dapat dipercaya, misalnya: informasi pasar dari para pedagang, perguruan tinggi, dan lain-lain.

Materi penyuluhan dipilih harus mengacu pada kebutuhan yang telah dirasakan masyarakat sasaran. Materi pokok merupakan materi yang benar-benar dibutuhkan dan harus diketahui oleh sasaran utama. Materi pokok mencakup 50% dari seluruh materi yag ingin disampaikan pada saat yang sama. Materi yang penting merupakan materi yang berisi dasar pemahaman tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan kebutuhan yang dirasakan khalayak sasaran. Materi penunjang merupakan materi yang masih berkaitan dengan kebutuhan yang dirasakan dan sebaiknya diketahui oleh sasaran untuk memperluas cakrawala pemahamannya tentang kebutuhan yang dirasakannya. Materi yang mubazir yang tidak ada kaitannya dengan kebutuhan khalayak sasaran penting untuk dihindari agar tidak menimbulkan pemahaman yang ambigu dan kerancuan dengan materi pokoknya.

2. Perumusan tujuan Tujuan praktikum Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian yang diadakan di Desa Doplang, Kecamatan Teras, Kabupaten Boyolali adalah untuk mengatasi permasalahan yang timbul di Desa Doplang, yakni pemupukan berimbang. Dalam pemberian pupuk terhadap padi yang ditanam, para petani dan pelaku usaha tani cenderung mengandalkan limbah lele sebagai pupuk untuk padi yang mereka tanam. Padahal pemberian pupuk haruslah berimbang dengan pemberian pupuk yang lain. Pemberian pupuk berimbang dalam kajian ini bukan berarti memberikan pupuk N, P, dan K dalam jumlah seimbang untuk tanaman padi. Yang dimaksud pemupukan berimbang dalam kajian ini adalah pemberian pupuk N, P, dan K disesuaikan dengan target hasil gabah yang ingin dicapai, sumbangan hara N, P, dan K berasal dari tanah serta kekurangan hara untuk mencapai target hasil tersebut dengan penambahan pupuk anorganik dalam bentuk pupuk urea, SP-36 dan KCl. Berdasar teori dikatakan bahwa hasil gabah ditentukan oleh faktor tanah, tanaman, dan lingkungan.

Faktor lingkungan seperti halnya radiasi matahari, curah hujan, kelembaban udara, dan lain-lain merupakan faktor yang tidak dapat dikelola oleh manusia sehingga faktor tersebut kita terima sebagaimana adanya. Faktor tanah dan tanaman merupakan faktor-faktor yang memungkinkan untuk dimodifikasi sesuai dengan karakteristik yang diperlukan tanaman padi guna hasil tinggi. Upaya yang dilakukan untuk memperbaiki kemampuan tanaman berproduksi lebih tinggi antara lain perakitan tanaman dengan daun yang lebih tegak untuk dapat menerima cahaya matahari lebih banyak, sistem perakaran yang lebih kokoh dalam menjelajah lapisan tanah yang lebih dalam, tanaman yang tanggap terhadap pemupukan, dan lain-lain. Berbagai cara dapat dilakukan agar faktor tanah dapat optimal untuk menumbuhkan tanaman yang tumbuh di atas tanah. Pemberian bahan organik ataupun pupuk organik salah satu cara untuk memperbaiki kesuburan tanah.

Selama ini kebanyakan tanah sawah untuk budidaya tanaman padi diperlakukan seperti barang tambang dimana tanah dieksploitasi secara besar-besaran untuk dapat menghasilkan padi dengan produktivitas tinggi dari musim ke musim tanpa pengembalian jerami padi sisa panen ke dalam tanah sawahnya. Perlakuan tersebut menyebabkan kondisi tanah semakin lama semakin tidak mendukung lagi untuk menghasilkan hasil gabah tinggi. Gejala tersebut diistilahkan sebagai tanah sakit. Salah satu cara untuk memulihkan tanah sakit tersebut adalah pemberian pupuk organik atau bahan organik ke dalam tanah sawahnya. Pupuk organik ataupun bahan organik banyak mengandung unsur karbon (C) dalam bahan tersebut. Unsur karbon tersebut digunakan oleh mikroorganisme tanah sebagai sumber energi untuk perkembangbiakannya. Oleh karena itu, salah satu cara untuk mengetahui tanah itu subur atau tidak subur dengan melihat populasi cacing tanah yang hidup di tanah tersebut. Semakin tinggi populasi cacing tanahnya semakin subur kondisi tanahnya, demikian pula sebaliknya. Cacing tanah bergerak ke atas dan ke bawah dalam lapisan tanah. Oleh karena bergerak terus menerus tersebut menyebabkan tanah ibarat seperti diolah dengan hasil tanah menjadi lebih remah (gembur), sirkulasi udara dalam tanah menjadi lebih baik, air yang masuk ke dalam lapisan tanah menjadi lebih cepat dan lain-lain. Dengan adanya mikroorganisme di dalam tanah maka proses perombakan bahan organik menjadi lebih intensif. Hasil perombakan tersebut dilepaskan berbagai hara yang dapat dimanfaatkan tanaman. Berdasar hasil penelitian diperoleh informasi bahwa sumbangan hara N, P, dan K dari tanah sawah beririgasi mampu mensuplai kebutuhan hara N, P, dan K tanaman sampai 60%, 80%, dan 80% untuk target hasil gabah sebesar 6 ton/ha. Besar sumbangan hara N, P, dan K dari tanah masing-masing sebesar 50 kg/ha, 15 kg/ha, dan 80 kg/ha. Sementara itu untuk target hasil gabah 6 ton/ha diperlukan hara N, P, dan K masing-masing sebanyak 90 kg/ha, 16 kg/ha, dan 90 kg/ha. Dengan demikian tambahan hara dari luar dalam bentuk pupuk urea, SP-36, dan KCl masing-masing sebanyak 110 kg urea/ha, 25 kg SP-36/ha, dan 60 kg KCl/ha.

Untuk mendapatkan hasil gabah 1 ton, tanaman padi memerlukan hara N sebesar 1718 kg, sedangkan untuk kebutuhan P dan K masing-masing 3 kg dan 17 kg. Dengan demikian bila diharapkan hasil gabah sebesar 6 ton/ha maka banyaknya urea, SP-36 dan KCl yang diperlukan masing-masing sebesar 230 kg, 115 kg, dan 205 kg. Bila para petani mau mengembalikan jerami sisa panennya ke dalam tanah sawahnya, maka mereka tidak perlu lagi memberi pupuk KCl karena 80% hara kalium yang terserap tanaman terakumulasi pada jerami. Disamping itu air irigasi juga mampu mensuplai hara kalium cukup tinggi. Berdasar hasil pengukuran hara kalium terangkut pada air irigasi Tarum Timur Jawa Barat menunjukkan bahwa pengayaan (enrichment) hara kalium sebesar 23 kg K2O/ha/musim atau setara 38 kg KCl/ha/musim. Hara kalium terangkut air irigasi dapat menambah hara tanah sawah yang cukup signifikan.

Semakin subur tanah sawahnya, semakin sedikit tambahan pupuk untuk makanan tanamannya. Secara teoritis, efisiensi penggunaan pupuk urea adalah sebesar 3040% sehingga 6070% pupuk urea yang diberikan tanaman hilang ke udara melalui proses denitrifikasi. Sementara itu efisiensi penggunaan pupuk SP-36 berkisar 2025%, sisa P yang tidak terserap tanaman terakumulasi dalam lapisan tanah. Efisiensi penggunaan pupuk KCl juga relatif rendah yaitu berkisar 3040% namun hara K yang tidak terserap tanaman tidak hilang ke udara tetapi terakumulasi di dalam lapisan tanah. Oleh karena itu pemberian pupuk P dan K tidak harus setiap musim namun dapat dilakukan setiap 4 musim untuk P dan 6 musim untuk K. Pemberian pupuk P dan K setiap 4 dan 6 musim sekali ditujukan untuk menggantikan P dan K yang terangkut tanaman saat panen. Efisiensi penggunaan pupuk urea dapat ditingkatkan melalui pemberian urea secara split/terbagi yaitu pada waktu tanaman umur 7-10 hari setelah tanam (HST), 21 HST, dan 42 HST, atau juga melalui monitoring warna daun dengan alat bagan warna daun (BWD), atau juga dengan pemberian urea tablet yang dibenam ke dalam tanah.

C. Penetapan Metode dan Teknik Penyuluhan

1. Metode Penyuluhan

Metode penyuluhan merupakan cara penyuluh untuk mendekatkan dirinya dengan masyarakat sasaran. Pada penyuluhan mengenai pemupukan berimbang guna meningkatkan produktivitas tanaman padi di Desa Doplang, Kecamatan Teras, Kabupaten Boyolali agar tetap terjaga ekosistemnya ini menggunakan metode penyuluhan menurut media yang digunakan yaitu media lisan yang disampaikan secara langsung. Metode menurut hubungan penyuluh dengan sasarannya yang digunakan adalah metode partisipatif yaitu dengan komunikasi langsung melalui percakapan tatap muka sehingga memungkinkan penyuluh dapat berkomunikasi secara langsung kepada sasaran.

Metode menurut keadaan psikososial sasarannya yaitu melalui pendekatan kelompok sehingga penyuluh dapat berkomunikasi dengan kelompok sasaran pada waktu yang sama. Penyuluh menggunakan metode ini karena petani lebih mudah dalam menangkap materi yang disampaikan oleh penyuluh. Selain itu, metode ini digunakan yaitu dengan mempraktekkan langsung atau dengan mendemonstrasikan penggunaan pupuk organik sehingga dengan adanya demonstrasi langsung, diharapkan petani atau sasaran mau melaksanakan anjuran dari penyuluh.

2. Penetapan Teknik Penyuluhan

Teknik penyuluhan merupakan cara penyuluh untuk mendekatkan materi pada sasaran. Teknik penyuluhan yang digunakan dalam penyuluhan tentang pemupukan berimbang di Desa Doplang, Kecamatan Teras, Kabupaten Boyolali adalah diskusi dengan penerima manfaat secara kelompok di salah satu rumah pengurus kelompok tani. Diskusi berjalan dengan baik, para penerima manfaat begitu perhatian pada materi yang disampaikan, bahkan ada beberapa masukan yang disampaikan oleh para penerima manfaat untuk penyuluh. Proses penyuluhan tidak berlangsung secara formal, namun dilakukan dengan suasana santai. Agar tidak membebani petani, penyuluhan pertanian dilakukan dengan bersendau gurau namun tetap mengacu pada permasalahan yang sedang dibahas bersama.

Penyuluhan ini lebih efektif, yaitu memberikan informasi yang juga sedang dihadapi petani, yaitu pemupukan berimbang. Kegiatan ini lebih efektif karena peserta dapat mengaplikasikan langsung dan langsung dapat menilai proses kegiatan yang dilakukan penyuluh. Petani biasanya akan mengikuti proses seperti yang telah diperlihatkan para penyuluh jika mereka rasa kegiatan tersebut bermanfaat dan mudah untuk dipraktekkan sendiri. Tetapi dengan memberikan informasi itu, diharapkan petani dapat menerapkan pemupukan secara berimbang sehingga dapat meningkatkan produktivitas padi yang mereka tanam.

D. Penetapan Alat Bantu dan Alat Peraga Penyuluhan

1. Alat Bantu Penyuluhan

Alat bantu penyuluhan adalah alat-alat atau sarana penyuluhan yang diperlukan oleh seorang penyuluh guna memperlancar proses mengajar selama kegiatan penyuluhan dilaksanakan. Folder merupakan barang cetakan yang dibagi-bagikan kepada sasaran penyuluhan. Poster merupakan barang cetakan dengan ukuran relatif besar untuk ditempel di tembok, pohon, atau direntangkan di pinggir atau tengah jalan (Mardikanto dan Arip, 2005).

Alat bantu penyuluhan dapat membantu dalam proses penyuluhan karena dengan adanya alat bantu akan memperlancar proses penyuluhan. Dalam penyuluhan pertanian terdapat dua macam alat bantu penyuluhan yaitu alat bantu yang berhubungan dengan tempat (kursi, tikar, penerangan, dan lain-lain) serta alat bantu yang berhubungan dengan penyajian pelajaran seperti visual, audio, audiovisual, dan lain-lain (Suradisastra, 2006).

Dalam pelaksanaan praktikum ini alat bantu yang kami gunakan adalah laptop yang dilengkapi dengan modem. Alat ini kami pilih karena menyesuaikan sasaran yang umumnya merupakan masyarakat yang cukup berpendidikan sehingga mudah untuk menerima materi yang kami sampaikan secara lisan berdasarkan informasi yang sebelumnya kami cari melalui internet. Disamping itu, pemilihan alat bantu ini dipilih karena keterbatasan waktu untuk mempersiapkan segala sesuatunya dan kami rasa sangat dapat diandalkan pada watu yang terbatas.

Selain laptop, alat bantu yang menunjang penyuluhan yang kami lakukan adalah ruangan. Ruangan yang kami pakai adalah ruang tamu dan teras seorang petani. Meskipun tidak terlalu luas, petani dan penyuluh tetap merasa nyaman dengan kondisi ruangan karena tidak terlalu banyak anggota petani dalam kelompok tersebut.

2. Alat Peraga Penyuluhan

Alat peraga penyuluhan berfungsi sebagai alat untuk memperagakan dan/atau menjelaskan uraian yang disampaikan secara lisan oleh penyuluh guna menbentuk proses belajar mengajar sasaran penyuluhan, agar materi penyuluhan lebih mudah diterima dan dipahami Alat peraga sebagai alat atau benda yang dapat diamati, didengar, diraba, atau dirasakan oleh indra manusia, yang oleh sasaran penyuluhan yang bersangkutan. Salah satu alat peraga penyuluhan berupa barang cetakan, contohnya seperti folder dan poster. Folder merupakan barang cetakan yang dibagi-bagikan kepada sasaran penyuluhan. Poster merupakan barang cetakan dengan ukuran relatif besar untuk ditempel di tembok, pohon atau direntangkan di pinggir atau tengah jalan (Mardikanto dan Arif, 2005).Berkaitan dengan alat bantu yang kami pilih yaitu menggunakan laptop dan modem, maka alat peraga yang kami gunakan adalah tulisan dan gambar yang diperlihatkan melalui LCD laptop. Hal tersebut tentunya sesuatu yang berhubungan dengan permasalahan yang sedang kami suluhkan yaitu mengenai Limbah Lele. Dengan melalui gambar-gambar yang kami perlihatkan, maka sasaran atau penerima manfaat menjadi tahu gambaran keadaan nyata yang sedang dihadapi. Kami tidak menggunakan proyektor karena keterbatasan alat dan media pendukung lainnya. Di samping itu kami juga secara langsung terjun ke lokasi yang sedang bermasalah dengan limbah lele, yaitu di sawah-sawah masyarakat setempat.

IV. PELAKSANAAN PENYULUHANA.Waktu dan Tempat Pelaksanaan Praktikum

Kegiatan penyuluhan tentang Limbah Lele ini dilakukan di Desa Ndoplang, Kecamatan Teras, Kabupaten Boyolali. Adapun proses kegiatannya adalah sebagai berikut:

Tabel 4.1.1.1Jadwal Acara Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian

No.Hari dan TanggalWaktuKegiatanTempatPelaksana

1.Rabu, 11 Mei 201111.00Persiapan penyuluhanHalaman rumah penerima manfaat Praktikan

2.Rabu, 11 Mei 201113.00-13.30Pembukaan kegiatan penyuluhanRumah penerima manfaatPenyuluh pendamping

3.Rabu, 11 Mei 201113.30-14.00Penjelasan materi tentang limbah lele Rumah penerima manfaatIwan Dewangga

4.Rabu, 11 Mei 201114.00-14.30Diskusi singkat tentang limbah leleRumah penerima manfaatPetani dan praktikan

5.Rabu, 11 Mei 2011

14.30-15.00Meneliti keadaan langsung limbah lele diarea persawahanSawahPraktikan, penyuluh pendamping, petani

6.Rabu, 11 Mei 201115.00PenutupanSawahPenyuluh pendamping dan praktikan

Sumber: Catatan Praktikan

B. Faktor-faktor yang Mendukung Penyuluhan

Untuk kelancaran dan keberhasilan penyuluhan, maka perlu adanya pendukung bagi kegiatan penyuluhan. Salah satu pendukung yang bisa diandalkan adalah keberadaan kelembaan penyuluhan pertanian di Desa Doplang sudah terstruktur. Mulai dari PPL sampai anggota kelompok tani. Penyuluhan dilakukan secara terjadwal sesuai kesepakatan penyuluh dengan petani. Sistem kerja penyuluhan pertanian yang digunakan sangat beragam, mulai dari pembahasan langsung dari masalah-masalah yang dihadapi oleh petani sampai penyuluhan mengenai inovasi dan informasi-informasi pertanian terbaru. Penyuluhan pertanian dilakukan di sebuah rumah yang sudah ditetapkan untuk melaksanakan penyuluhan.

Pelaksaan sistem kerja penyuluhan pertanian, petani dan penyuluh pertanian dapat bekerja sama dengan baik. Jadwal yang ada dipatuhi oleh kedua belah pihak. Petani rajin dalam berkonsultasi dengan penyuluh mengenai masalah-masalah yang mereka hadapi. Kegiatan penyuluhan pertanian memunculkan adanya interaksi langsung antara penyuluh dan petani. Petani sering menanyakan berbagai masalah yang terjadi dan memberikan masukan kepada penyuluh. Berbagai masalah tersebut kemudian didiskusikan bersama dengan petani yang lain untuk mencari solusi. Penyuluh sering menggunakan metode kelompok karena dengan menggunakan metode ini interaksi tanya jawab antara penyuluh pertanian dengan petani dapat berlangsung. Selain itu dalam memberikan informasi lebih mudah diterima dan diterapkan oleh kelompok tani sehingga petani dengan cepat memberikan respon dan dapat partisipasi dalam banyak hal.

Proses penyuluhan tidak berlangsung secara formal, namun dilakukan dengan suasana santai, agar tidak membebani petani, penyuluhan pertanian dilakukan dengan bersendau gurau namun tetap mengacu pada permasalahan yang sedang dibahas bersama. Petani tak jarang memberikan celetukan kepada petani yang lain ataupun kepada PPL yang sedang memberikan penyuluhan pertanian. Penyuluhan seperti ini diharapkan dapat mengurangi kejenuhan pada para khalayak sasaran.

Perlengkapan yang lain adalah papan tulis yang kadang digunakan untuk menuliskan sesuatu yang penting bagi petani. Bisa juga dengan kertas karton untuk menulis tentang permasalahan yang perlu dibahas kemudian ditempel di tembok. Penyuluh paling sering dalam memberikan informasi dengan cara langsung dengan pembicaraan dan diskusi langsung sehingga informasi langsung diterima oleh petani.

Adanya sambutan yang baik dari para petani tidak kalah pentingnya dalam proses penyuluhan ini. Evaluasi penyuluhan pertanian di Desa Doplang ini yaitu menggunakan program pelaksanaan penyuluhan yang tepat sasaran, sesuai dengan permasalahan yang sedang dihadapi. Selain itu terdapat program hasil penyuluhan, yang indikatornya tergantung banyak sedikitnya diskusi yang terjadi atau keaktifan petani dalam penyuluhan. Adanya materi penyuluhan yang tepat sasaran dan sedang dibutuhkan oleh para khalayak sasaran dapat meningkatkan tingkat kehadiran dan keaktifan dari para petani pada khususnya. Faktor yang mendukung bagi mahasiswa yang ikut dalam proses penyuluhan yaitu adalah sebagian besar mahasiswa sudah berpengalaman dalam organisasi kampus sehingga mahasiswa mampu memberikan penyuluhan dengan baik.

C. Faktor-faktor yang Menghambat Peyuluhan

Faktor-faktor penghambat dalam penyuluhan ini di antaranya ialah terkadang adanya ketidaksesuaian antara penyuluh dan para petani. Terkadang penyuluh terlalu membosankan di hadapan para petani. Ada kalanya penyuluh berlaku kurang sopan terhadap petani yang sebenarnya faktor ketidaksengajaan dari penyuluh sehingga para petani kurang menghargai penyuluh tersebut. Apabila terdapat ketidaksesuaian antara penyuluh dan petani mengakibatkan materi tidak tersampaikan dengan baik. Faktor penghambat lain bagi mahasiswa yang ikut dalam proses penyuluhan adalah tidak berani melakukan program penyuluhan seperti halnya para penyuluh.Petugas atau pemerintah setempat khususnya, tidak secara rutin meninjau secara langsung terhadap implementasinya dilapangan. Materi yang diberikan pada peserta penyuluhan masih kurang sesuai dengan kemampuan peserta yang notabene adalah petani dan buruh. Kondisi sarana yang seadanya untuk pelaksanaan penyuluhan dirasakan kurang memadai.

Penyuluh jarang dalam menggunakan alat peraga dalam melaksanakan penyuluhan. Hal ini karena dana untuk mendukung adanya peralatan masih minim sehingga menjadi kendala bagi kegiatan penyuluhan. Tanpa adanya alat peraga materi sampai ke petani tidak secepat adanya alat peraga yang menarik minat para petani. Teknik pengenalan melalui kelompok tani sebenarnya kurang efektif karena teknik ini harus mengumpulkan para petani dalam suatu forum, padahal tidak semua petani dapat berkumpul secara bersamaan karena masing-masing mempunyai kesibukan yang berbeda-beda. Misalnya: saat-saat ini diadakan perkumpulan, ada petani yang bekerja sebagai buruh bangunan.

V. KESIMPULAN DAN SARAN

A. Kesimpulan

1. Penyuluhan Pertanian yang disampaikan adalah solusi masalah Limbah Lele di Desa Doplang.

2. Pelaksanaan Penyuluhan dilakukan dengan metode kelompok dengan mendiskripsikan permasalahan. Permasalahan diidentifikasi kemudian dicarikan solusi yang tepat. Setelah penyampaian materi kemudian petani mendapat kesempatan untuk menanggapi ataupun bertanya.

3. Sarana trasportasi yang sulit untuk menjangkau lokasi penyuluhan adalah masalah yang menghambat pelaksanaan penyuluhan di Desa Doplang.

4. Pelaksanaan penyuluhan hanya dilakukan di rumah penduduk yang kondisi sarana dan prasarananya tidak mendukung kegiatan penyuluhan. Tidak digunakannya alat peraga dalam pelaksanaan penyuluhan juga merupakan salah satu faktor yang menghambat proses pemahaman materi.5. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan penyuluhan adalah metode pendekatan kelompok6. Teknik penyuluhan yang digunakan yaitu secara diskusi massal, tidak efektif karena harus mengumpulkan petani dalam satu forum, padahal tidak semua petani dapat hadir dikarenakan adanya kesibukan yang berbeda-beda.7. Alat bantu yang kami pilih untuk memperlancar pelaksanaan penyuluhan adalah laptop dan modem.8. Kami menggunakan alat peraga berupa tulisan dan gambar yang ditampilkan pada LCD laptop.9. Salah satu pendukung yang bisa diandalkan adalah keberadaan kelembaan penyuluhan pertanian di Desa Doplang sudah terstruktur. Selain itu, kemampuan mahasiswa dalam berorganisasi sehingga memudahkan dalam berkomunikasi.

10. Faktor penghambat dalam pelaksanaan penyuluhan kali ini adalah adanya ketidaksesuaian antara penyuluh (mahasiswa) dan para petani karena ketidaksengajaan penyuluh melakukan tindakan yang dianggap tidak sopan oleh para petani, mahasiswa kurang berani bertindak seperti penyuluh yang sebenarnya, dan keterbatasan sarana yang dapat menarik minat petani.B. Saran

1. Pelaksanaan praktikum seharusnya dilakukan dengan persiapan yang matang mengenai materi yang akan dibawakan.

2. Praktikum seharusnya didampingi oleh seorang dosen sebagai kontrol keilmuan.

3. Pemilihan lokasi praktikum hendaknya tidak terlalu jauh dari lingkungan kampus Universitas Sebelas Maret Surakarta dan lokasi mudah dijangkau dengan transportasi umum.

4. Adanya tempat khusus untuk penyuluhan dengan sarana dan prasarana yang lengkap dan mendukung kegiatan penyuluhan, diharapkan dapat mempermudah petani untuk memahami materi penyuluhan.

5. Pengoptimalan kinerja perangkat-perangkat pemerintah Desa Doplang, Kecamatan Teras, sehingga dapat mempermudah penyuluh dalam memperoleh data-data mengenai desa dengan mudah.

DAFTAR PUSTAKAAnonim a. 2010. Alat Peraga dan Pemilihan Alat Peraga Penyuluhan. http://dunia-baru1001.net63.net. Diakses tanggal 11 Mei 2010 Pukul 13:00.

Anonim b. 2010. Praktikum Metode dan Teknik Penyuluhan Pemberantasan Hama Sundep Dengan Pestisida Cair Spontan Di Desa Dagen Kecamatan Jaten KabupatenKaranganyar. http://h0404055.wordpress.com. Diakses tanggal 11 Mei 2010 Pukul 13:10.

Arboleda, J.R. 1980. Subject Matter. Training Material for Post Harvest Training of Trainers. Tambun: BULOG/FAO.

Arip. 2007. Proses Belajar dalam Penyuluhan. http://masarip.blog.friendster.com. Diakses tanggal 11 Mei 2010 Pukul 13:20.

Departemen Kehutanan. 1996. Penyuluhan Pembangunan Kehutanan. Jakarta: Pusat Penyuluhan Kehutanan Departemen Kehutanan RI.

Farrington, J. 1995. The Change Public Role in Agricultural Extension dalam Food Policy Journal. Vol. 20 No.6. Elsevier Science Ltd.

Hadisapoetro. 1970. Modernisasi Usahatani Sebagai Landasan Pembangunan Pertanian. Yogyakarta : UGM Press.Mardikanto, Totok. 1993. Penyuluhan Pembangunan Pertanian. Surakarta : UNS Press.

. 2008. Sistem Penyuluhan Pertanian. Surakarta : UNS Press.

Margolang, ahmaddin. 2010. Menjelaskan Metode Penyuluhan Pertanian. http://madin-smkptnpropinsiriau.blogspot.com. Diakses tanggal 11 Mei 2010 Pukul 13:30.

Padmowihardjo. 2000. Metode dan Teknik Penyuluhan Pertanian. Jakarta: Universitas Terbuka Press.

Phelan, J.F. 1995. Are Traditional Extension Services Dead or Have They a Role in Rural Development? dalam Journal of Agricultural Education and Extension Vol.2 No 3 Hal:7-14. Wageningen University.

Soedijanto. 2004. Menata Kembali Penyuluhan Pertanian di Era Agribisnis. Jakarta: Departemen Pertanian.Subejo. 2008. Penyuluhan Pertanian Indonesia. Jurnal Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian. Yogyakarta: Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian, Fakultas Pertanian UGM.

Suhardiyono, L. 1992. Penyuluhan Petunjuk Bagi Penyuluh Pertanian. Jakarta : Erlangga.

Wiriaatmadja, Soekandar, M. A. 1973. Pokok-Pokok Penyuluhan Pertanian. Jakarta: CV Yasaguna.Ketua:

Bpk Soleh B.

Bendahara

Bpk Mugiman

Sekretaris

Bpk Wahyudi

Ketua Kel. Tani Subur:

Wahyudi

wahyudi

Ketua Kel. Tani Guna Tirta:

Prapto Diharjo

Ketua Kel. Tani Gemah Ripah:

Soleh B.

10