Laporan imyep 2013

26
Pertukaran Pemuda Indonesia - Malaysia (PPIM) 2013 Laporan Kegiatan Hanif Azhar Delegasi Jawa Timur Oleh :

description

Indonesia Malaysia Youth Exchange Program (IMYEP) 2013 by Ministry of Youth and Sport Indonesia Hanif Azhar East Java delegate

Transcript of Laporan imyep 2013

Page 1: Laporan imyep 2013

Pertukaran PemudaIndonesia - Malaysia

(PPIM) 2013

Laporan Kegiatan

Hanif AzharDelegasi Jawa Timur

Oleh :

Page 2: Laporan imyep 2013

02

Puji syukur kehadirat Allah SWT sehingga saya bisa menyelesaikan ‘Laporan Kegiatan Pertukaran Pemuda Indonesia-Malaysia (PPIM) 2013’ ini dengan sebaik-baiknya. Merupakan kebanggaan berharga bagi saya, menjadi salah satu pemuda Indonesia yang mengemban tugas negara dalam mempererat hubungan persahabatan dan kerja sama bilateral ini. Pemuda sebagai agent of change dan agent of revolution harus siap dengan segala permasalahan yang muncul sekarang ini dalam proses akulturasi dan transformasi budaya. Pemuda mampu menggerakan semua stackholder dan segala aspek yang berkenaan dengan kegiatan kepemudaan dan kemasyarakatan.

Penyelenggaraan kegiatan Pertukaran Pemuda Indonesia Malaysia tahun 2013 yang diikuti oleh 33 orang utusan masing-masing provinsi di Indonesia dan 25 orang dari Malaysia. merupakan suatu bentuk kegiatan yang dirancang untuk meningkatkan wawasan Global, pemahaman keanekaragaman seni budaya, memupuk rasa kesatuan dan persatuan antarbangsa, meningkatkan keterampilan dan melatih kreativitas menuju kemandirian pemuda.

Program ini telah memberikan kontribusi besar bagi hubungan kedua negara, dan peningkatan sumber daya Indonesia, pemuda pada khususnya, namun demikian, evaluasi dan re orientasi program perlu dilakukan secara terus menerus untuk memperoleh manfaat yang sebesar-besarnya.

Surabaya, September 2013Hanif Azhar

Delegasi Jawa Timur

Kata Pengantar

Page 3: Laporan imyep 2013

03

Indonesia – malaysia secara geografis merupakan negara yang bertetangga. Hubungan penduduk kedua negara telah terjadi bahkan sebelum kemerdekaan kedua negara terjadi, namun hubungan antara Indonesia – malaysia beberapa kali mengalami pasang surut. Sebagai dua negara yang bertetangga, bahkan sering disebut serumpun, potensi kerjasaa maupun potensi konik antar dua negara ini amatlah besar. Walaupun diwarnai oleh hubungan yng surut up and down, secara umum hubungan kedua negara semakin meningkat khususnya dalam lima tahun terakhir. Hal ini ditandai oleh berbagai bentuk kerjasama baik, ekonomi, keamanan maupun sosial budaya. Kerjasama tersebut akan semakin kokoh bila ditopang oleh eratnya hubungan sosial budaya antar penduduk kedua negara.

Program Pertukaran Pemuda Indonesia-Malaysia (PPIM) atau juga sering disebut sebagai Indonesia-Malaysia Youth Exchange Program (IMYEP) merupakan salah satu implementasi dari Memorandum of Understanding antara pemerintah Indonesia dan Kementrian Belia dan Sukan Malaysia. Program ini telah dilaksanakan sejak ditanda tanganinya nota kesepahaman antara duta besar republik indonesia dengan kementerian Belia dan Sukan Malaysia pada tahun 1979

1. Tujuan Umum a) Meningkatkan persahabatan dan saling pengertian antar pemuda kedua negara;b) Memberikan kesempatan lebih luas kepada pemuda untuk saling mengenal lebih dekat tentang kebudayaan, adat istiadat, sosial ekonomi kedua negara;c) Mengembangkan jiwa nasionalisme;d) Membangun sikap tolerean, kreatif dan mandiri.

2. Tujuan Khususa) Lebih bertanggung jawab, dewasa dalam berfikir dan bertindak;b) Meningkatkan semangat nasionalisme dalam kehidupan global;c) Membangun dan mengembangkan sikap kritis, kreatif;d) Menumbuhkan jiwa empati terhadap sesama.

Mencetak generasi “HEBAT” yaitu Himpunan Pemuda dan Belia berkarakter dan bermartabat.

Peserta dari Indonesia berjumlah berjumlah 33 orang yang merupakan utusan masing-masing Provinsi di Indonesia ditambah 2 national leader dari Kementrian Pemuda dan Olahraga. Sedangkan Peserta dari Malaysia berjumlah 24 Orang dengan satu orang national leader dari Kementrian belia dan Sukan.

C. Tema Program

D. Peserta

B. Tujuan

A. Latar Belakang

Pendahuluan

Page 4: Laporan imyep 2013
Page 5: Laporan imyep 2013
Page 6: Laporan imyep 2013
Page 7: Laporan imyep 2013

07

Esa Sukmawijaya, S.P, M.SiKetua Divisi Pengembangan

Deputi Pengembangan Sumber Daya PemudaKementerian Pemuda & Olahraga Indonesia

Ketua Delegasi

Mardiko Bagus Sumitro, S.Pd, M.MStaf Deputi Pengembangan Sumber Daya Pemuda

Kementerian Pemuda & Olahraga Indonesia

Wakil Ketua Delegasi

Page 8: Laporan imyep 2013

08

Norkhairiah binti mohammad sham Kementrian belia dan sukanMohd Hafiz bin raya Kementrian belia dan sukanMuhammad Khalid bin ali R4YCMohd sharul haizal bin Mohd rozali Majelis Belia daerah jerantutMuhammad Farid Wajdi Bin Hanif Foundation Students coordinating CouncilMuhammad Asyraf Bin Badrulhisyam Belia Islam Nasional (PEMUDA)Johari Johar Bin Mod Yuoff Gabungan Pelajar Melayu Semenanjung (GPMS)Mohammad ihsan Bin Abdul hamid Kelab prostar daerah Kuala langatChang Yon Tian Young Movement MalaysiaLeong Kaar Soon St. John Ambulance Wilayah Persekutuan Kuala lumpurLee chin Peng St. John Ambulance pulau pinangLogeswaran A/L Sithamparan Majelis Belia Kawasan titiwangsa

DelegasiNational Leader

Page 9: Laporan imyep 2013

09

Thivagar A/L Vajan Majlis belia India Malaysia (malaka)Muhammad Nazrin Shah Kelab Belia Sukarelawan GombakSiti Nurul Izzati Binti Ismail Kelab Rakan Muad sik/darul Aman KeedahHawa Mas azwar binti ahmad Center for university social Responsibility (CONSERVE)Nadiah syafiqah mohd Norhan R4YCWan Nurulhanis Wan Muhammad Majlis Belia Jajahan machangNorhabillah Hassan Majlis Belia daerah Perak TengahFarhana Alonto Pengakap Cawangan sabahKhaw hui leng Young Budhist Assiciation of MalaysiaTee Chin Chin Gerakan Belia Bersatu MalaysiaNg Sing Phing Gerakan Belia Bersatu MalaysiaAbirammi A/P Govindan Majlis Belia Hindu

MalaysiaMohd Qoyyum Bin Haji Rahman Kementrian Belai dan Sukan

Page 10: Laporan imyep 2013

10

Pembekalan persiapan program serta berbagi pengalaman oleh Dinas yang menangani Kepemudaan di seluruh provinsi dan alumni yang tergabung dalam wadah organisasi Purna Caraka Muda Indonesia (PCMI) terkait. Pre-PDT diselenggarakan di daerah masing-masing sebelum program berlangsung dan PDT yang dilaksanakan di Pusdiklat Aparatur Kemenkes RI Jalan Hang Jebat Raya blok F III Kebayoran Baru Jakarta Selatan, selama 4 hari yakni berlangsung pada tanggal 20-23 Agustus 2013.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mempersiapkan fisik dan mental peserta, serta penampilan cultural performance sebagai bekal menghadapi kegiatan dan suasana baru selama melaksanakan program. Berdasarkan inisiatif dari peserta, maka para peserta tiba di Jakarta s e h a r i s e b e l u m k e g i a t a n P D T dilaksanakan yaitu pada tanggal 19 Agustus 2013. Hal tersebut dilakukan atas dasar perlunya persiapan yang lebih matang sebelum keberangkatan.

FASE PERSIAPAN (PRE-DEPARTURE TRAINING)

Diskusi kepemudaan bersama Menteri Pemuda dan Olahraga Indonesia,

Bapak Roy Suryo Notodiprojo

Olahraga Pagi peserta IMYEP 2013bersama Bapak Esa Sukmawijaya

Page 11: Laporan imyep 2013

11

Latihan Culture Performance

Pre-Departure Training (PDT) ini bertujuan untuk menambah pengetahuan baik dalam bidang kebudayaan, kepemudaan, kenegaraan dan pembinaan mental untuk mempersiapkan diri para peserta program pertukaran pemuda Indonesia- Malaysia. Kegiatan ini dirancang dalam rangka peningkatan dan pemgembangan kemampuan (kompetensi) peserta yang meliputi aspek-aspek:

1. Cognitive based competence2. Performance based competence3. Affective based competence4. Consequence based competence5. Explanatory based competence

Tujuan PDT

Page 12: Laporan imyep 2013

12

Selamat Datang

JAKARTAKunjungan keliling ibukota Indonesia, Jakarta meliputi Monumen Nasional, Museum Nasional, dan Thamrin City bersama delegasi Indonesia dan juga Malaysia.Dalam kunjungan ini, dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil yang disebut dengan “buddy”.Adapun Buddy saya adalah Muhd Khaled Ali dan Wan Nurul Hanis dari Malaysia, serta Siska Mandalia Delegasi Indonesia.

Fase Indonesia (24-28 Agustus 2013)

Page 13: Laporan imyep 2013

13

Sparkling

SurabayaSurabaya merupakan kota tujuan program Pertukaran Pemuda Indonesia-Malaysia (PPIM) 2013, setelah Jakarta. Seluruh delegasi tiba di Surabaya pukul 22.00 WIB dna langsung menuju Hotel Santika Surabaya sebagai tempat penginapan selama fase Indonesia. Tiba di hotel, seluruh delegasi berkumpul di Ballroom untuk technical meeting dengan serangkaian acara seperti penyambutan dari PCMI Surabaya (panitia), pembagian kamar dan roommate serta coffe break

DISPORA Jawa TimurDelegasi melakukan kunjungan ke kantor DISPORA Jawa Timur untuk bertemu dengan Kepala DISPORA Jawa Timur. Pada saat tiba di kantor tersebut, seluruh delegasi di sambut oleh Tari Remong, tarian tradisional khas Jawa Timur. Setelah itu, pengenalan masing-masing delegasi yaitu delegasi dari Indonesia dan Delegasi dari Malaysia.

TanggulanginSetelah dari kantor DISPORA Jawa Timur, delegasi beranjak menuju Tanggulangin. Tanggulangin merupakan salah satu kawasan pengrajin kulit ternama di Jawa Timur. Produksi nya bahkan sudah banyak yang di import ke luar negeri. Harga yang di tawarkan juga beragam dan cukup terjangkau.

Surabaya

Page 14: Laporan imyep 2013

14

Kunjungan ke Gunung Bromo, Pasuruansalah satu situs pariwisata alam andalan yang ada di Jawa Timur

BROMOJawa Timur

PT PAL Indonesia merupakan sebuah galangan kapal dengan kegiatan utama yaitu memproduksi kapal perang dan kapal niaga serta jasa perbaikan dan pemeliharaan kapal.

UPT Balai Pengkajian & Penelitian Hidrodinamika BPPT merupakan lembaga pemerintah non departemen yang berada di bawah koordinasi Kementrian Negara Riset dan Teknologi yang mempunyai tugas melaksanakan tugas pemerintahan di bidang pengkajian dan penerapan teknologi

Page 15: Laporan imyep 2013

15

Jembatan Nasional Suramadu adalah jembatan yang melintasi Selat Madura, menghubungkan Pulau Jawa (di Surabaya) dan Pulau Madura (di Bangkalan,

tepatnya timur Kamal), Indonesia. Dengan panjang 5.438 m, jembatan ini merupakan jembatan terpanjang di Indonesia saat ini

Sebagai penutupan, seluruh delegasi di undang untuk makan malam sekaligus cultural performance di Rumah Dinas Wali Kota Surabaya. Acara tersebut di hadiri oleh para pejabat kenegaraan Jawa Timur, serta perwakilan dari masing-masing delegasi dan kementrian pemuda dan olahraga.

Culture Performance

Jembatan Suramadu

Page 16: Laporan imyep 2013

16

MALAYSIA(29 Augustus - 3 September 2013)

Page 17: Laporan imyep 2013

1717

Kunjungan Kedutaan Besar Republik Indonesia ini dilaksanakan sebagai wadah silahturrahim dan diskusi antara peserta program dan pihak KBRI. Dalam kunjungan ini juga dilaksanakan dialog terbuka yang membahas tentang hak dan kewajiban Warga Negara Indonesia yang tinggal dan belajar di Indonesia.

Central Market merupakan pusat souvenir dan oleh-oleh khas Malaysia. Produk yang dijual terdiri dari produksi rumah tangga, produksi garment, maupun baran-barang produksi missal yag terdiri dari hasil kerajinan tangan dan makanan khas Malaysia. Banyak wisatawan domestik maupun mancanegara yang datang memenuhi Central Market karena harga yang ditawarkan sangat terjangkau.

Page 18: Laporan imyep 2013

18

Bertepatan dengan hari jadi Malaysia yang ke 56, pada tanggal 31 Agustus tahun 2013 maka seluruh peserta program mengikuti perayaan kemerdekaan Malaysia yang diadakan di Dataran Merdeka. Dataran merdeka merupakan pusat kegiatan kenegaraan Malaysia. Perayaan tersebut dihadiri oleh yang dipertuan Agung, Perdana Menteri Malaysia serta pejabat negara lainnya. Antusiasme peserta berbaur dengan masyarakat Malaysia ketika menyaksikan iringan pawai dan marching band yang dibawakan secara meriah. Ada pula persembahan dari Belia atau pemuda pemudi Malaysia yang menampilkan Flash Mob dalam perayaan tersebut.

Dataran Merdeka

Page 19: Laporan imyep 2013

19

Perayaan hari kemerdekaan Malaysia31 Agustus 2013, di Dataran Merdeka

Page 20: Laporan imyep 2013

20

Tanggal 31 Agustus sore 2013 peserta tiba di lokasi homestay. Kedatangan peserta disambut meriah oleh warga. Lokasi Homstay berada di Johor, Felda Sri Ledang. Peserta Indonesia dipasangkan dengan peserta malaysia dalam satu rumah homestay.

Foster Family

Keesokan harinya bermain permainan tradisional Malaysia, yaitu gasing

malam harinya, Peserta mengadakan kunjungan ke rumah kepala kampong guna menghadiri acara Marhaban atau perayaan hari raya, di Malaysia perayaan hari raya Idhul Fitri.

Page 21: Laporan imyep 2013

21

Penampilan seni diadakan di dewan orang ramai di Felda Sri Ledang pukul 20.00 s.d 00.00 waktu setempat. penampilan diawali oleh peserta Indonesia kemudian peserta Malaysia dan belia setempat. Penampilan pertama diawali oleh tari saman dari Aceh dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia raya setelah itu penampilan seni dari kedua Negara.Tanggal 2 September homestay berakhir. Pukul 11.00 waktu setempat peserta Indonesia dan Malaysia meninggalkan keluarga Homestay menuju Kuala Lumpur.

Cultural PerformanceFelda Sri Ledang, Johor 1 September 2013

Page 22: Laporan imyep 2013

2222

Kementrian Belia dan Sukan berada di komplek Kementrian di Putra Jaya. Kunjungan ini diisi dengan dialog dan dikusi bersama Menteri Belia dan Sukan tentang kepemudaan dan seluruh aspek yang menyangkut kepemudaan di Kuala Lumpur.

Majelis Belia Malaysia (MBM) atau Malaysian Youth Council merupakan sebuah badan yang menaungi segala aspek kegiatan kepemudaan di Malaysia. Majlis ini meliputi 39 organisasi pemuda seluruh Malaysia dan bekerjasama dengan badan kepemudaan dunia.

Page 23: Laporan imyep 2013

23

Program Pertukaran Pemuda Indonesia Malaysia merupakan Program yang

dapat memberikan manfaat yang banyak pagi pemuda indonesia dan

Malaysia. Tidak seperti tahuun- tahun sebelumnya, tahun ini merupakan

tahun kedua bagi kedua peserta Untuk berinteraksi langsung.

Diantara Manfaat tersebut adalah membangun keakraban atara Pemuda

Indonesia dan antara pemuda Indonesia Malaysia sehinnga para

pemuda dapat menjadi garda depan bagi bangsanya,menjadi pribadi yang

arif menaggapi isu yang beredar di antara kedua bangsa , memberikan

wawasan Global, memperluas jaringan sosial dan menumbuhkan

jiwa kewirahusaan bagi pemuda.

Durasi Program yang singkat dirasakan kurang begitu efektif untuk

mencapai tujuan- tujuan dari program. Ke depan diharapkan program

Indonesia- Malaysia Memiliki durasi yang lebih lama agar semua tujuan

dari program dapat tercapai

Selain itu kegiatan dalam bentuk diskusi dan sharing terasa masih

kurang dan untuk tahun berikutnya diharapkan sesi diskusi lebih banyak

lagi agar masing- masing peserta dari kedua negara dapat membuka

cakrawala bepikir yang lebih luas.

Penutup dan Rekomendasi

Page 24: Laporan imyep 2013

22

Kementerian Pemuda dan Olahraga Indonesia, Dispora Jawa Timur, serta Purna Caraka Muda Indonesia (PCMI) Jatim, atas kepercayaannya mengemban amanah sebagai duta dan kesempatan meraih pengalaman yang tak ternilai harganya

Terimakasih spesial :

Rani Rakhmawati, partner sesama dari Jawa Timur. yang telah membantu dan membimbing saya dalam persiapan PPIM yang cukup singkat. Serta menjadi partner tuan rumah yakni Cak & Ning Suroboyo selama PPIM fase Indonesia.

Tia Rahma Putri, delegasi Riauterimakasih telah menjadi couple yang baik selama program PPIM berjalan. saling mengingatkan untuk kebaikan guna menyukseskan program.

Asyraf Badhrulhisyam, delegasi Malaysia. Terimakasih sudah menjadi teman sekamar yang baik, serta partner diskusi yang kritis. Banyak perjanjian-perjanjian yang kita sepakati bersama, semoga Allah memberikan kesempatan kita bertemu kembali dalam keadaan lebih baik.

Muhammad Khalid Ali, delegasi Malaysia. Terimakasih sudah menjadi buddy yang bersahabat dan bertanggungjawab. serta menjadi tourguide yang hebat.terimakasih sahabat...

Page 25: Laporan imyep 2013

25

Together as one, We build this worldThe future will be in our hands

Like the stars sparkling in the skyLike the moon shining all our night

When the world, gets the problemThen we know, we are the answers

All things we do, To make it throughLike IMYEP, we are family

You are my world, The future is oursWe meet as a stranger, We leave as a friend

Trough the mountain devide, and the ocean are wideThe future will be in our hands

There's so many thing that we can shareand it's time we must be aware

All things we do, To make it throughLike IMYEP, we are family

You are my world, The future is oursWe meet as a stranger, We leave as a friend

and Family...

Mars IMYEP

Page 26: Laporan imyep 2013