Langkah Perakitan Dan Troubleshooting Komputer

download Langkah Perakitan Dan Troubleshooting Komputer

of 26

  • date post

    14-Jun-2015
  • Category

    Documents

  • view

    1.932
  • download

    7

Embed Size (px)

description

tugas kuliah

Transcript of Langkah Perakitan Dan Troubleshooting Komputer

BAB I PENDAHULUAN Di dalam Makala ini, anda akan menemukan berbagai informasi mengenai cara memperbaiki aneka jenis computer dan komponen baru, bagan alur tentang perbaikan yang baru, dan foto serta ilustrasi muttahir untuk membantu anda mengatasi maslah pada PC. Jika baru pertamakali membaca buku ini, insyaallah anda akan temukan bahwa makala ini akan memberikan anda pengetahuan untuk mendiagnosa dan memperbaiki PC serta mengambil keputusan cara memperbaiki PC serta mengambil keputusan mengenai cara memperbaiki dan meng-upgrade computer.Anda akan perlu melakukan perbaikan kecil disini, tapi di haruskan memiliki banyak pengetahuan mengenai maslah yang di alami computer. Komponen apa saja yang bisa di tambahkan sendiri, dan cara berkomunikasi dengan pemasok computer anda.

BAB II KEGIATAN PEMBELAJARAN 1 1. SYSTEM OPERASI. Dalam sistem computer digunakan system Operasi sebagai penghubung antara hadware dan Brainware ada beberapa system Operasi yang di kenal berbasis teks dan GUI yang di keluarkan oleh Microsoft. Sistem Operasi inilah yang banyak digunakan di lingkungan Industri. A. Perkembangan Opersi System . Seiring dengan Perkembangan Zaman, maka Operasi System pun mengalami perkembangan dari tahun ke tahun. Mulai dari yang sangat sederhana yaitu DOS ( Disk Operating System ) sampai dengan yang sangat Modern seperti Windows Versi 3.X samapai dengan Windows 2007.Mac OS, dan LINUX dsb. B. System Organisasi Computer Pengertian Pengoperasian Dasar PC merupakan cara menggunakan sebuah personal computer yang sangat mendasar. Personal Computer yang digunakan di tempat kerja akan di tentukan oleh jenis pekerjaan yang dilakukan. Namun dasar kerja computer mempunyai cara kerja yang sama. Banyak pekerjaan yang dilakukan di peruasahaan dan perkantoran yang menggunakan computer. Kegunaan computer di tempat kerja. Computer yang digunakan dalam lingkungan pekerjaan dapat dalam bentuk seperti beri kut:

Sarana Komunikasi Kendali mesin dalam proses produksi Kendali produksi Pendukung kantor Peralatan perekam data Peralatan Bantu profesi.

2. PENGENALAN COMPUTER. Dalam menggunakan computer, kita perlu mengenal computer dari segi perangkatnya atau tipe-tipe computer yang sekarang. Banyak digunakan. Jenis jenis Computer: 1. Intel Pentim1 2. Pentium 2 3. Pentium 3 4. Pentium 4 5. Dual Core 6. Core2 Duo 7. Core2 Quard dst. 8. AMD K6, K7(Duron,Thunderbird/Atlon) 9. IBM G1, G2, G3, G4, dan seterusnya. 10. Cyric M3, Transmeta Crusoe dst.

Merakit Perangkat keras computer 1. Persiapan: a) Persiapan tools yang di butuhkan seperti Obeng(+) dan (-) b) Pastikan computer dalam keadaan mati (power off) c) Jauhkan segala magnet dari hardisk d) Jauhkan air dan cairan dari computer dan komponennya e) Sangat di sarankan menginstal dengan di sertai manual dari motherboard 2. Tips Perakitan Sebelum merakit sebuah PC ada beberapa tips yang perlu di perhatikan, diantaranya adalah: a) Hindari merakit dengan keadaan berkeringat, karena kemungkinan keringat kan jatuh ke peralatan yang sedang kitarakit tanpa tanpa kita ketahui.lalu saat kita menyalakan power supply maka terjadilah hubungan pendek(short contack) dan merusak hasil rakitan kita., b) Hindari memgang atau menyentuh langsung kaki pin prosesor yang ada,termasuk chipset.karena di khawatirkan adanya listrik statis yang

dimiliki tubuh kita dengan cara memegang casing saat power telah di hidupkan.atau dengan memakai gelang anti statis. c) Pada setiap tahap perakitan sebelem menambah komponen yang baru,power supply harus di matikan.Memasang komponen pada saat power supply di hidupkan akan kerusak komponen yang akan di pasang dan juga hasil rakitan kita. d) Jangan lupa untuk menyiapan peralatan yang di butuhkan sebelum memulai perakitan, agar seluruh kegiatan tidak terhambat pada kemungkinan kurangnya peralatan yang ada.

LANGKAH-LANGKAH DALAM MERAKIT KOMPUTER 1. 2. 3. 4. 5. 6. 7. Prosesor Memory/RAM Casning dan Power Supply Hardisk dan Floppy Drive Drive Optis Menyempurnakan Perakitan Setting dan Update Bios

1. PROSESOR Komponen apa yang perlu kita perhatikan dalam saat pertama kali merencanakan pembelian sebuah pereangkat komputer? Jawabannya adalah Prosesor. Prosesor merupakan peralatan terpenting dalam sebuah PC dan menjadi tenaga pelaksana dari seluruh eksekusi perintah ataupun program. Secara umum prosesor PC memiliki teiga bagian penting: Pertama: adalah Arithmatich Logical Unit ( ALU ),yang merupakan pusat dari segala perhitungan matematris untuk menjalankan semua perintah yang harus dilaksanakan oleh sebuah sistem PC. kedua: adalah Control Unit ( CU ), yang merupakan bagian yang menjadi pengatur dari semua lalulintas data maupun perhitungan yang di lakukan oleh Prosesor.dengan danya ini, segala perhitungan dapat dilakukan secara berurutan tanpa adanya tumpang tindih antara satu perintah dengan perintah yang lain. ketiga: adalah yang disebut sebagai Memory Unit ( MU ), unit ini merupakan unit pendukung, dimana perintah-perintah yang sering di lakukan oleh prosesor akan di simpan sementara pada bagian ini.

Sebelum merakit, alasi Matherboard dengan busa untuk menghindari kerusakan alur-alur tembaga di bagian bawah Matherboard. Contoh Gambar Memasang Prosesor:

Sebelum memasango Prosesor, buka tuas pengunci pada Matherboard hingga membentuk sudut 90 terhadap soket prosesor. Setelah itu perhatiakan adanya tanda segitiga berwarna kuning yang ada pada salah satu sudut prosesor. Gambar: Pastikan PIN prosesor telah masuk kelubang soket prosesor dengan benar. Setelah semua soket PIN masuk ke prosesor,anda tinggal mengunci soket dan mengembalikan posisi tuas ke posisi semula. Hati-hati dengan memasang prosesor ini,bila ada kesulitan anda jangan memaksakannya. Bisa jadi nada salah mendudukan atau memasukan kaki prosesor pada soketnya. 2. MENGOLESKAN THERMAL PASTE Gambar: Ketika anda sudah memasang prosesor pada langsung soketnya,jangan memasang headsink pendunginya. Sebelum itu pastikan anda menggunakan thermal paste, sebagai perangkat bantuan agar transfer panas pada prosesor ke heatsink dapat dilakukan dengan sempurna. Pemberian Thermal paste ini amat berguna untuk menurunkan suhu prosesor ketika sedang bekerja karena pasta ini mengisi rongga-rongga sentuh pada bidang sentuh antara prosesor dengan heatsink. Cara pemberiannya sendiri cukup mudah, anda tinggal mengolesi pada bagian utma prosesor yang berada di tengah, baik pada prosesor buatan INTEL maupun AMD dll. Oleskan secukupnya pada bidang tersebut setelah itu gunakan heatsink

untuk meratakan badian yang di olesi pasta tersebut agar merata pada permukaan prosesor. 3. MEMASANG HEATSINK Makin tinggi kecepatan yang prosesor maka membuat panas prosesor. Dengan adanya heatsink selain panas yang bisa di buta serendah mungkin, kestabilan kerja prosesor juga terjaga, umur prosesor juga dapat lenih lama apa bila menggunakan komponen pendingin yang sempurna. Gambar:

Saat hendak dipasang,anda harus harus memperhatikan posisi pengait yang berjumlah 4 buah pada hetasink fan. Dimana ada bagian yang sedikit menjorok keluar. Pada pemasangan yang terletak pada mainboard, terdapat 4 buah lubang yang nantinya berguna sebagai tempat untuk mengaitkan heatsink agar berada pada posisi yang mantap. Setelah itu kunci kedudukannya.setelah itu anda tinggal menghubungkan kabel konektor fan dengan konektor 3 PIN untuk CPU pada Matherboard.agar fan dapat bekerja ketika prosesor mulai beroperasi. Umumnya koneksi 3 pin ini bertuliskan CPU fan . 4. MEMORY/RAM. Sebelum memasang memory pada tempatnya, pastikan 2 pengait pada bagian pinggir slot dibuka dengan menekannya ke bagian luar slot.setelah itu perhatikan pada bagian tengahnya, dimana terdapat pada bagian yang menonjol keluar. Bagian ini sangat penting untuk di perhatikan agar memory bisa masuk pada slot dengan sempurna.

5. CASING DAN POWER SUPPLY Setelah Prosesor dan memory telah terpasang pada matherboard arahkan perhatian anda pada casing, tempat seluruh sistem anda nantinya akan diletakkan. Langkah pertama yang dilakukan adalah membuka penutup casing. Bukalah penutup bagian samping casing dengan menggunakan obeng plus. Gambar power supply:

Power supply merupakan salah satu komponen utama pada PC yang berfungsi memberikan tenaga agar semua komponen dapat beroperasi. Untuk itu sebelum komponen terpasang pada casing, komponen ini perlu di pasang dahulu. Umumnya casing yang beredar di pasaran sekarang ini telah menyertakan power supply di dalamnya. 6. MELETAKKAN MATHERBOARD PADA CASING Setelah casing terbuka dan power supply terpasang. Anda bisa berkonsentrasi pada pelat yang ada pada bagian dalam casing tersebut. Pada bagian pelat tersebut terdapat lubang-lubang yang nantinya digunakan sebagai tempat tempat kedudukan motherboard. Cara pemasangan Matherboard pada pelat ini ada 2 cara: Pertama: anda bisa menaruh langsung Matherboard pada pelat yang masih terpasang pada casing. Cara ini nadalah cara paling konvensional dan paling banyak dipakai oleh para perakit PC. Kedua: dengan melepas pelat dari casing dan kemudian menaruh matherboard pada pelat tersebut. Dengan demikian pemasangan matherbaoard pada pelat tersebut di lakukan di luar casing. Pada makalah ini kita hanya membahas pada cara yang pertama saja. Langkah Pemasangan Matherboard pada Casing: Langkah pertama : Pasang baut-baut yang berwarna keemasan tersebut pada lubang-lubang tertentu agar Matherboard bisa di letekan pada pelat casing. Langkah selanjutnya; Memasang Matherboard pada pelat casing yang btelah di beri baut. Namun sebelum itu anda harus melepaskan dahulu pelat untuk perangkat input output nya yang ada di bagian belakang casing. Setelah dilepas, pasang pelat baut yang sesuai dengan arsitektur perangkat input dari matherboard. Pasang elat tersebut dari dalam casing sampai benar-benar menempelsempurna pada casing.

Treakhir: pasang metharboard anda pada casing tersebut dengan menyingkronkan dengan baut-baut alas, letak perangkat input output. Dan c