Kurs Valuta Asing Dan Neraca Pembayaran

of 24

  • date post

    08-Mar-2016
  • Category

    Documents

  • view

    13
  • download

    0

Embed Size (px)

description

ekonomi moneter

Transcript of Kurs Valuta Asing Dan Neraca Pembayaran

  • KURS VALUTA ASING DAN NERACA PEMBAYARANDosen Pengasuh:ARIODILLAH HIDAYAT, SE, M.Si

  • Definisi Kurs Valuta AsingKurs Valuta Asing adalah besarnya jumlah sesuatu mata uang negara tertentu yang diperlukan untuk memperoleh satu unit valuta asing tersebut.

    Dengan demikian kurs mata uang asing atau kurs valuta asing dapat pula disebut sebagai harga dari suatu valuta asing

  • Cara Menentukan Kurs Valuta Asing di Pasar BebasDidalam pasar bebas, perubahan kurs tergantung pada beberapa faktor yang mempengaruhi permintaan (D) terhadap Valas dan penawaran (S) terhadap Valas. Permintaan dan peanwaran terhadap suatu valuta asing inilah yang akan menentukan tinggi rendahnya kurs mata uang asing negara tersebut.

  • Penentuan Kurs antara Rupiah dan DollarJumlah DollarQ11750Kurs Dollar(dalam rupiah)20002250CQ2QQ3Q4DSEkses DemandEkses Supply

  • Perubahan Kurs Valuta AsingGambar aJumlah DolarQ1Q2D1D2Kurs dollar(dalam Rupiah)22502000S0

  • Faktor-faktor Penyebab Perubahan Kurs Valuta AsingFaktor yang menyebabkan terjadinya perubahan kurs pertukaran adalah:Perubahan dalam selera (taste).Perubahan harga barang-barang ekspor.Kenaikan inflasi di dalam negeri. Perubahan dalam tingkat bunga dan tingkat Marginal Efisiensi of Capital (MEC).Tingkat pertumbuhan ekonomi/tingkat pendapatan nasional.Keinginan masyarakat untuk melakukan spekulasi akibat fluktuasi nilai kurs.

  • Faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi pergerakan nilai tukar rupiah Faktor FundamentalEkspektasi pasarIntervensi Bank SentralInflasiFaktor TeknisFaktor Sentimen Pasar

  • Sistem Kurs Yang StabilSistem kurs bebas seperti tersebut diatas sering menimbulkan adanya tindakan spekulasi sebagai akibat ketidaktentuan didalam kurs valuta asing. Oleh karena itu banyak negara yang kemudian menjalankan suatu kebijaksanaan untuk menstabilkan kurs. Pada dasarnya kurs yang stabil dapat timbul secara:Aktif: yakni pemerintah menyediakan dana untuk tujuan stabilitas kurs (stabilization funds)Pasif: yakni didalam suatu Negara yang menggunakan system standar emas

  • Cara Menstabilkan KursRp/USDS1S267006000D1D2D173006700D2S1S200Rp/usd

  • Neraca Pembayaran InternasionalNeraca Pembayaran Internasional adalah ikhtisar yang tersusun secara sistematis dari seluruh transaksi-transaksi ekonomi yang dilakukan antara penduduk suatu negara dengan penduduk negara lain selama jangka waktu tertentu.

  • Neraca Pembayaran InternasionalTujuan dibuatnya Neraca Pembayaran:guna memberikan informasi kepada pemerintah maupun masyarakat tentang posisi keuangan Negara dalam hubungan ekonomi dengan Negara-negara lain.Dapat digunakan pemerintah dalam pengambilan kebijaksanaan baik fiskal, moneter, perdagangan dan pembayaran internasional.

  • Neraca Pembayaran InternasionalPengertian penduduk disini meliputi semua objek ekonomi yang dapat melakukan transaksi-transaksi ekonomi dengan penduduk Negara lain yang meliputi:Perorangan/individuBadan hukumPemerintah

  • Neraca Pembayaran InternasionalTransaksi disini adalah hanya transaksi ekonomi yang terjadi antar penduduk suatu Negara dengan Negara lain. Transaksi dibagi dua:Transaksi Kredit, yaitu transaksi yang menimbulkan atau bertambahnya hak bagi penduduk suatu Negara untuk menerima pembayaran dari penduduk Negara lain. Di dalam neraca pembayaran biasanya diberi tanda positif (+).Transaksi debet adalah transaksi yang mengakibatkan timbulnya atau bertumbuhnya kewajiban penduduk suatu Negara untuk melakukan pembayaran kepada penduduk Negara lain. Didalam neraca pembayaran diberi tanda negative (-)

  • Neraca Pembayaran InternasionalSuatu neraca pembayaran dibedakan menjadi dua jenis pembukuan yaitu:

    Current AccountCapital Account

  • Current AccountDidalam Current Account dicatat transaksi sebagai berikut:Ekspor dan impor barangEkspor dan impor jasa-jasaDidalam pos jasa-jasa dicatat hal berikut:Ongkos pengangkutan dan asuransiOngkos trnasport lain-lainPerjalanan luar negeriPendapatan modal (bunga dari modal atau keuntungan dari modal)Pemerintah, tidak termasuk dalam bagian lainJasa-jasa lainnya

  • Current AccountPos jasa-jasa ini untuk Indonesia, selalu mengalami defisit yang cukup besar. Karena kita lebih banyak menggunakan jasa-jasa dari luar negeri dibandingkan dengan orang luar negeri yang menggunakan jasa-jasa kita. Hal ini yang menyebabkan pos Current Account yang sering disebut sebagai NERACA TRANSAKSI BERJALAN Indonesia selalu nilainya minus berarti terus menerus defisit.Neraca transaksi berjalan atau current account ini diperoleh dari Neraca Perdagangan Neraca Jasa yaitu (X M) barang (X M) jasa. Tanda berarti tergantung dari nilai (X M) jasa.

  • Current AccountSecara Umum defisit transaksi berjalan dapat diklasifikasikan sebagai berikut:Defisit neraca perdagangan lebih besar dari surplus neraca jasa.Defisit neraca jasa lebih besar dari surplus neraca perdagangan.Defisit neraca perdagangan terjadi bersamaan dengan defisit neraca jasa.

  • Capital AccountCapital Account adalah modal jangka panjang (pemerintah maupun swasta), aliran modal jangka pendek (pemerintah maupun swasta), pelunasan pinjaman pemerintah, special drawing right (SDR).

  • Capital AccountAliran modal jangka panjang meliputi:Investasi langsung diluar negeri (transaksi debet) atau investasi asing di dalam negeri (transaksi kredit).Pembelian surat berharga jangka panjang milik penduduk Negara lain (debet atau pembelian surat berharga jangka panjang dalam negeri oleh penduduk asing)Pinjaman jangka panjang yang diberikan penduduk Negara lain (transaksi debet) atau pinjaman jangka panjang yang diterima penduduk negara lain (transaksi kredit).

  • Capital AccountAliran Modal jangka pendek meliputi:Kredit perdagangan dari negara lain (transaksi kredit) atau kredit perdagangan yang diberikan kepada penduduk negara lain (transaksi debet).Deposito bank diluar negeri (transaksi debet) atau deposito bank di dalam negeri milik penduduk negara lain (transaksi kredit).Pembelian surat berharga luar negeri jangka pendek (transaksi debet) atau penjualan surat berharga dalam negeri jangka pendek kepada penduduk Negara lain (transaksi kredit

  • Kebijakan Menyeimbangkan Neraca PembayaranKebijaksanaan Menekan PengeluaranKebijaksanaan menekan pengeluaran adalah langkah-langkah pemerintah untuk menstabilkan neraca pembayaran yang sedang dalam keadaan defisit dengan melakukan tindakan-tindakan yang akan mengurangi pengeluaran agregat.Kebijaksanaan menekan pengeluaran dapat dilaksanakan dengan mengambil salah satu gabungan langkah-langkah yang dinyatakan dibawah ini:Menaikkan pajak pendapatanMenaikkan tingkat bungaMengurangi pengeluaran pemerintah

  • Kebijakan Menyeimbangkan Neraca PembayaranKebijaksanaan Memindahkan Pengeluaran Kebijaksanaan memindahkan pengeluaran adalah tindakan-tindakan pemerintah untuk menstabilkan sector luar negeri yang sifatnya mendorong masyarakat mengurangi impor, melakukan konsumsi yang lebih banyak keatas barang-barang buatan dalam negeri, dan meningkatkan ekspor. Kebijaksanaan pemerintah meliputi salah satu atau gabungan dari langkah-langkah berikut:Memperkenalkan atau mempertinggi pajak imporMenentukan quota atas barang-barang tertentuMengawasi penggunaan valuta asing yang dimiliki Tujuan tersebut dapat dicapai dengan:Menciptakan perangsang-perangsang mengeksporMenciptakan kestabilan keatas upah dan hargaMelakukan devaluasi

  • DevaluasiDevaluasi berarti mata uang sesuatu negara diturunkan nilainya terhadap mata uang negara lain. Tindakan ini menyebabkan barang-barang negara itu menjadi relatif lebih murah dipasaran luar negeri dan sebaliknya barang-barang negara lain menjadi relatif mahal dipasaran dalam negeri.

  • DevaluasiSyarat kesuksesan devaluasiDevaluasi akan berhasil memperbaiki neraca pembayaran yang menghadapi masalah defisit hanya kalau keadaa-keadaan yang dinyatakan dibawah ini berlaku:Permintaan keatas ekspor negara itu elastisImpor negara itu permintaannya elastisPenawaran keatas barang ekspor adalah elastisInflasi yang ada di dalam negeri dapat dikendalikanNegara-negara lain tidak mendevaluasi mata uangnnya.