KULIAH PAKAR PERPUS 2011

download KULIAH PAKAR PERPUS 2011

of 35

description

perpustakaan

Transcript of KULIAH PAKAR PERPUS 2011

  • PERPUSTAKAAN :Manfaatnya bagi kita semuaApabila Anda tidak tahu suatu kataasing, bagaimana Anda bisa menemukan arti kata tsb.? Umpamanya ENSEFALITISSekarang ini perpustakaan dinamakan: The LIBRARY WITHOUT WALLS.

  • PRINSIP: Apabila Anda berfikir bahwa dengan mencari Ilmuhanya lewat GOOGLE SEARCH atau MNS SEARCH, maupun WIKIPEDIA SUDAH CUKUP, maka hal itu tidaklah benar.(Princeton)

  • Di UNIVERSITAS Sultan Agung ada Perpust. PUSAT,Terletak di samping Mesjid. Tiap fak. punya perpust.

    Perpustakaan FAKULTAS KEDOKTERAN UNISSULA:Terdiri dari 2 bagian:Perpust. ELEKTRONIK / komputer--INTERNETPerpust. BUKU dan MAJALAH

    Perpust. ELEKTRONIK: LIBRARY WITHOUT WALLS

    Bagian Buku dan majalah adalah : OPEN ACCRESS

    BUKU REFERENSI tersusun di rak tersendiri.TIDAK BOLEH DIPINJAM untuk dibawa PULANG.BACA di TEMPAT karena MAHAL dan hanya punya 1 EXP.

    MAJALAH disusun di rak MAJALAH.

  • Yang dibicarakan di sini adalah Pencarian referensi di Perpus Buku dan Majalah FK Apabila Anda mempunyai niatan mencari referensi yang lebih banyak dan lebih dalam tentang ENSEFALITIS tadi di Perpus Buku dan Majalah bagaimana caranya?

    Apa yang Anda lakukan pertama-tama?

  • Apa yang Anda lakukan kalau hanya mengetahui JUDUL buku .

    Apa yang Anda lalukan kalau Anda hanya mengetahui NAMAPENGARANG dari sesuatu buku.

  • Anda akan melihat adanya 3 macam KARTU KATALOG.

    Yaitu: KARTU PENGARANG KARTU JUDUL KARTU SUBYEK

    Kartu-kartu KATALOG ini membantu Anda dalam mencariapa yang Anda butuhkan dengan CEPAT.

    Jika yang Anda ketahui adalah NAMA PENGARANG, makacarilah di LEMARI BERLACI yang berisi KARTU PENGARANG.Harus diperhatikan bahwa nama pengarang dalam ilmuPerpustakaan selalu di INVERSI (dibalik).Umpamanya; pengarang bernama Slamet Hamidun, makaKartu Katalog akan tertulis HAMIDUN SLAMET ( dulupakai komma , sekarang TIDAK)

  • 612HOO Hooke Richardv.2,e.13 Buku pelajaran soal-soal ilmu Faal / Richard Hooke, penterjemah Hamidun Slamet; editor bah. Indonesia Eva Emelia.-- vol. 2, ed. 13.- Jakarta: EGC, 2005.kolasi x, 125 hal.; ilus.; gambar; foto.; peta; tabel; 24cm.( -Seri Ilmu-ilmu Kedokteran)

    anotasi bibl.; ref.; glos.; indeks ISBN 979-12345-10-X Judul asli: Physiology questions and answers. Dilengkapi dengan soal-jawaban.

    nomor inventaris 1245 /BK KARTU PENGARANG = MAIN CARD

  • 612 Buku pelajaran soal-soal ilmu FaalHOO Hooke Richardv.2,e.13 Buku pelajaran soal-soal ilmu Faal / Richard Hooke, penterjemah Hamidun Slamet; editor bah. Indonesia Eva Emelia; .--vol. 2, ed. 13.- Jakarta: EGC, 2005. x, 125 hal.; ilus.; gambar; foto.; peta; tabel; 24cm.( -Seri Ilmu-ilmu Kedokteran)

    bibl.; ref.; glos.; indeks ISBN 979-12345-10-X Judul asli: Physiology questions and answers. Dilengkapi dengan soal-jawaban nomor inventaris 1245 /BK KARTU JUDUL

  • 612 FISIOLOGI MANUSIASOAL-SOALHOO Hooke Richardv.2,e.13 Buku pelajaran soal-soal ilmu Faal / Richard Hooke, penterjemah Hamidun Slamet; editor bah. Indonesia Eva Emelia.-- vol. 2, ed. 13. Jakarta: EGC, 2005. x, 125 hal.; ilus.; gambar; foto.; peta; tabel; 24cm.( -Seri Ilmu-ilmu Kedokteran)

    bibl.; ref.; glos.; indeks ISBN 979-12345-10-X Judul asli: Physiology questions and answers. Dilengkapi dengan soal-jawaban.

    nomor inventaris 1245 /BK KARTU SUBYEK

  • Jadi pada kartu PENGARANG, maka yang ditulis teratasadalah NAMA PENGARANG dalam bentuk INVERSI

    Pada kartu JUDUL, maka yang ditulis teratas adalah namaJUDUL .

    Pada kartu SUBYEK, maka yang dityulis teratas adalahSUBYEKnya. Subyek selalu ditulis dengan SEMUA HURUFBESAR untuk membedakan dengan JUDUL, kalau seandainyaSAMA. Umpamanya:

    Judul buku Sirkumsisi, maka SUBYEKnya juga SIRKUMSISITetapi memakai HURUF BESAR

  • KETERANGAN KARTU KATALOG:

    Nomor di ATAS KIRI adalah nomor GOLONGAN / nomorKLASIFIKASI, yang menerangkan BIDANG ILMU

    TIGA HURUF di bawah no. golongan adalah tiga hurufPertama dari nama Pengarang yang di inversi.Di bawahnya adalah keterangan volume dan edisi.

    Nomor di BAWAH KANAN adalah nomor AKSESI, yaitu Nomor URUT di buku INVENTARIS.Jadi 1245 / BK artinya no urut 1245 dari buku BELI (B)Jika nomornya 8001245 /AK artinya no. urut 1245 dariBuku HADIAH (pemberian) (A).Perpustakaan FK menerima sumbangan buku dari dokter-dokter baru yang lulus .

  • SUSUNAN FISIK BUKU.

    Mengapa buku pada PUNGGUNG BUKU harus diberi :NOMOR BUKU, IDENTIFIKASI 1 dan IDENTIFIKASI 2

    (untuk membedakan buku yang satu dengan buku yang lain).

    616 menunjukkan Bidang IlmuSUT 3 huruf pertama dari nama kel. pengarangv.2,e.3 volume dan edisi

  • Apabila Anda menemukan bahwa ternyata ada beberapaBuku yang bisa Anda pinjam tentang sesuatu yang Andabutuhkan, sedangkan Anda hanya boleh meminjam SATUbuku saja, maka bagaimana cara memilih buku yang paling bermanfaat?Lihatlah di BELAKANG halaman judul

  • Halaman-halaman PENTING:

    Di BELAKANG halaman judul.Di BELAKANG halaman judul tertulis hal-hal penting umpamanya:TAHUN penerbitan. PENTING terutama untuk beberapa ilmu, karena ilmu tsb. berubah dengan cepat: IMUNOLOGI, BIOLOGI MOLEKULER, AIDS dan HEPATITIS B.

    Tidak berarti bahwa buku dari yang tahun lama tidak berguna.Juga tidak berarti bahwa ilmu lain boleh ambil buku yang lama. Sebaiknya selalu memilih buku yang terbaru

  • NOMOR GOLONGAN / NOMOR KLASIFIKASI:Nomor Golongan menentukan BIDANG ILMU, lengkapdengan keterangan TAMBAHANNYA.Bidang Ilmu Umpamanya:610 Kedokteran Umum610.73 Perawat dan Perawatan 610.3 Kamus Kedokteran (tambahan 03 = KAMUS)610.76 Soal-soal Kedokteran (tambahan 076 = SOAL-2)

    Anatomi Manusia Fisiologi Manusia Kesehatan Pribadi Kesehatan Masyarakat Farmakologi dan Terapi Penyakit-penyakit Bedah Obstetri dan Ginekologi

  • IDENTIFIKASI 1:Menunjukkan 3 huruf pertama dari nama Pengarang

    IDENTIFIKASI 2:Untuk membedakan kalau dengan NOMOR GOLONGANDAN IDENTIFIKASI 1 , buku masih TIDAK dapatdibedakan.

    Contoh:Pengarang bernama ABDUL HAMID. Mengarang buku FaalPengarang bernama SLAMET HAMIDUN. Mengarang bukuFaal juga. Maka buku pertama mempunyai NOMOR BUKU: 612 HAMSedangkan buku ke 2 juga mempunyai nomor buku 612 HAM

  • Maka harus ada IDENTIFIKASI 2 untuk membedakan kedua buku tadi.Bisa dengan mengambil HURUF PERTAMA dari JUDUL.Umpamanya buku 1 sudah dinamakan 612 HAMKemudian perpust. menerima buku yang ke dua, maka umpamanya berjudul: Fisiologi manusia, maka buku ke 2 diberi nomor 612 HAM f

    Identifikasi 2 juga dipakai untuk memberikan keteranganTentang VOLUME dan / atau EDISI umpamanya 612 GUY v.1,e.18 (vol. 1, edisi 18)

  • Buku-buku yang dikarang oleh pengarang yang sudah terkenal mengarang buku tertentu dan sering keluar edisi baru, maka Nomor Buku langsung dilengkapi dengan iden 2 yaitu no. edisi-nya. 612 612 612 612 GUY GUY GUY GUY e.3 e.5 e.7 e.11Biasanya buku-buku ini kami lengkapi dengan edisi yang palingbaru secara terus menerus.

    SUBYEK.Dibelakang halaman judul ada SUBYEK. Subyek ini adalahsangat penting untuk pemakai Perpustakaan. Karena biasanyaPemakai tidak mengerti dan sukar untuk mengingat-ingatNomor KLASIFIKASI / Nomor GOLONGAN yang menentukan Bidang Ilmu.

  • Pemberian NOMOR KLASIFIKASI dan SUBYEK adalahSANGAT PENTING. Yaitu bagian TERPENTING dari Pekerjaan Pustakawan.Jika suatu buku diberi NOMOR KLASIFIKASI YANG SALAH, maka buku tsb. akan diletakkan di rak buku di TEMPAT yang TIDAK seharusnya. Maka gagal-lah kerjaPustakawan tadi.MOTTO Pustakawan adalah :

    THE BOOK MUST BE FOUND ON THE SHELF

    Buku-buku memang di atur di rak-rak buku menurut BIDANGILMU yaitu sesuai dengan nomor KLASIFIKASI / nomor GOLONGAN tadi.

  • Jika Anda SUDAH memilih SATU buku yang menurut Anda paling baik,maka bagaimana mencari keteranganyang lebih lanjut dan lebih dalam dari kata ENSEFALITIS tadi?

  • ISI BUKU:Biasanya isi buku sangat terperinci , maka kita dapat meng-etahui apakah yang kita cari ada di buku tsb.Caranya adalah dengan melihat INDEKS / INDEX yangterdapat di halaman-halaman PALING BELAKANG dari BUKU.Umpamanya kita mau mencari MUTASI TRANSVERSI, makaKita mencari di kata-kata yang dimulai dengan huruf M, danMencari kata MUTASI TRANSVERSI sampai ketemu.Di samping kata tsb. biasanya ada no. halamannya . Jika ada

    beberapa no. halaman, carilah yang diGARIS BAWAHI,Di halamn-halaman tsb. MUTASI TRANSVERSI tadi diba-has dengan rinci:

    MUTASI TRANSVERSI 80. 110-112, 160Sedangkan di halaman 80, dan 160 hanya sambil lalu saja.

  • Seseorang yang insaf akan pentingnya buku untuk menimbaIlmu akan MENYAYANGI buku-buku di perpustakaan.Tidak akan menCORET-CORET maupun MENYOBEK beberapahalaman yang dia perlukan, hanya karena buku tsb. adalahBuku REFERENSI jadi tidak bisa dibaca di rumah.

    Di Perpustakaan Univ.Luar Negeri. Buku yang langka, yang sudah berumur 100 tahun, maka untuk membacanya harus membuat janji dengan Petugas Perpust. Pada saat membaca, maka Petugas tadi yang membukakan halaman-halamannya.Maka dapat dimengerti betapa mereka menghargai buku-bukulangka tsb.

    Besar harapan petugas perpustakaan Fakultas Kedokteran UNISSULA, mahasiswa tahun pelajaran ini akan bersikapsedemikian pula,

  • OPEN ACCESS:

    Perpustakaan Buku FK. UNISSULA adalah berdasarkan Open Access, yaitu mahasiswa dapat mengambil buku sendiriyang ia butuhkan. Apabila sudah diambil dan dilihat dan tahu di mana tempatnyatadi, maka TIDAK APA untuk mengembalikannya ke rak.TETAPI apabila TIDAK TAHU LAGI, di mana tempat se-mula dari buku tadi, maka sebaiknya DILETAKKAN di MEJA saja. Nanti di waktu jedah, akan dikembalikan ke rakoleh petugas dengan BENAR.

  • Apabila tidak ada Pengarang tetapi Editor, maka kartu ber-bentuk HANGING INDENTION.

    616.016HAR Harison prinsip prinsip ilmu Penyakit Dalam/ editorv.2,e.13 Isselbacher (et al.). v.2,e.13. Jakarta: EGC, 2000.kolasi xix,1507,8,30 hal.; ilus.; gambar; foto; tabel; 29cm.

    anotasi indeks ISBN 979-448-453-9 Judul asli: Harrisons Principles of Internal Medicine . Dilengakpi dengan soal-soal. Ada CD ROM. nomor inventaris 2008/BKMain card adalah kartu JUDUL

  • Bentuk KARTU PENGARANG /yaitu EDITOR.

    616.016 Isselbacher (ed.)HAR Harison prinsip prinsip ilmu Penyakit Dalam/ editorv.2,e.13 Isselbacher (et al.). v.2,e.13. Jakarta: EGC, 2000.kolasi xix,1507,8,30 hal.; ilus.; gambar; foto; tabel; 29cm.

    anotasi indeks ISBN 979-448-453-9 Judul asli: Harrisons Principles of Internal Medicine . Dilengakpi dengan soal-soal. Ada CD ROM.

    nomor inventaris 8001254/A

  • Bentuk KARTU SUBJEK.

    616.016 PENYAKIT DALAMHAR Harison prinsip prinsip ilmu Penyakit Dalam/ editorv.2,e.13 Isselbacher (et al.). v.2,e.13. Jakarta: EGC, 2000.kolasi xix,1507,8,30 hal.; ilus.; gambar; foto; tabel; 29cm.

    anotasi indeks ISBN 979-448-453-9 Judul asli: Harrisons Principles of Internal Medicine . Dilengakpi dengan soal-soal. Ada CD ROM. nomor inventaris 8001543/A

  • Kartu kartu disusun dalam laci secara PENGABJATAN.Ada dua macam cara:

    Letter by letter (Motto: ALL THROUGH)Word by word (Motto, NOTHING BEFORE SOMETHING)

    Contoh pengabjatan LETTER BY LETTERKALI KALIKALI BOGOWONTO KALIANDAKALI SERAYU KALIBARU KALIANDA KALIBARU TIMURKALIBARU KALI BOGOWONTO KALIBARU TIMUR KALIMASKALIMAS KALI SERAYU

  • Di perpustakaan FK UNISSULA kami memakai pengabjatan

    WORD BY WORD jadi mottonya NOTHING BEFORE SOMETHING contohnya;

    KALI KALIKALIANDA KALI BOGOWONTOKALI SERAYU KALI SERAYUKALI BOGOWONTO KALIANDAKALIBARU TIMUR KALIBARU KALIMAS KALIBARU TIMURKALIBARU KALIMAS

  • Cara KLASIFIKASI buku-buku menurut buku DDCDEWEY DECIMAL CLASSIFICATION ed 22

    Pembuatan kartu-kartu KATALOG adalah berdasarkan ISBD

    INTERNATIONAL STANDARD BIBLIOGRAPHIC DISCRIPTION

    Tiap buku mempunyai ISBN yaitu INTERNATIONAL STANDARD BOOK NUMBER

    Tiap majalah mempunyai ISSNINTERNATIONAL STANDARD SERIAL NUMBER

    Penting untuk pemesanan buku dan majalah yang TEPAT

  • Klasifikasi menurut DDC

    000 = Karya / Karangan Umum (general works)100 = Filsafat (Philosophy)200 = Agama (Religion)300 = Ilmu-2 Sosial (Social Sciences)400 = Bahasa-bahasa (Languages)500 = Ilmu-2 Pengetahuan Dasar ( Pure Siences)600 = Ilmu Pengetahuan Terapan / Teknologi (Applied Sciences / Technology700 = Kesenian (Arts)800 = Kesusasteraan (Literature)900 = Sejarah dan Ilmu Bumi (History and Geography)

  • Ilmu Kedokteran termasuk Ilmu Pengetahuan Terapan .Nomor Klasifikasi adalah antara 610 sampai 619 danDibagi menurut cabang-2 Ilmu sebagai berikut:610 = Kedokteran Umum (medical Sciences)611 = Anatomi Manusia (Human Anatomy)612 = Fisiologi Manusia (Human Physiology)613 = Kesehatan Umum dan Pribadi (General and Personal Hygiene614 = Kesehatan Masyarakat (Public Health)615 = Farmakologi dan Terapi (Pharmacology and Therapy)616 = Penyakit-penyakit (Diseases)617 = Ilmu Bedah (Surgery)618 = Obstetri dan Ginekologi (Obstetrics and Gynecology)619 Kedokteran Eksperimental (Experimental Medicine)

  • Cabang-cabang Ilmu di atas tadi dibagi menjadi lebih HALUS lagi :

    = = PENYAKIT-PENYAKIT616.8 = SUSUNAN SARAFPENYAKIT-PENYAKIT616.85 = PSIKIATRI616.853 = EPILEPSI

    = PENYAKIT-PENYAKIT616.9 = PENYAKIT-PENYAKIT LAIN-LAIN616.97 = SISTEM IMUNPENYAKIT-2616.979 = DEFISIENSI SISTEM IMUN,PENYAKIT616.9792 = AIDS

  • Di samping cabang-cabang ilmu tadi ada yang dinamakanSUB-DIVISIONS. Gunanya untuk menerangkan lebihjauh.

    = BIOLOGI574.01 = BIOLOGIFILSAFAT DAN TEORI574.012 = BIOLOGI--KLASIFIKASI574.014 = BIOLOGI--TERMINOLOGI574.018 = BIOLOGI--METODOLOGI574.024 = BIOLOGIPEMAKAI KHUSUS574.03 = BIOLOGI--KAMUS574.072 = BIOLOGI--PENELITIAN574.09 = BIOLOGI--SEJARAH

  • 574.024 617 3 Menunjukkan :

    574 = BIOLOGI024 = Specific type of users / pemakai khusus 61 = Berhubungan dengan Kedokteran (610) 73 = Perawat dan perawatan (610.73)

    Jadi nomor 574.024 617 3 menunjukkan :BIOLOGIUNTUK PERAWAT DAN PERAWATAN

    PENULISAN NAMA:TIDAK semua nama di inversi. Nama Arab dengan BIN, TIDAK di inversi.Nama Cina juga tidak Kwik Kian-Gie (karena Kwik adalahnama keluarga).Nama Arab memakai Al, maka seluruh nama mulai dari Aldiambil sebagai nama Keluarga.

  • Nama yang memakai JR (junior) selalu disertakan.Richard Nelson Jr, maka nama ditulis Nelson Richard (Jr.)

    Jika nama pengarang LEBIH dari 3 maka hanya ditulis namaPengarang yang PERTAMA dan ditambah et al.Umpamanya:Muis Abdul (et al.) artinya dengan kawan-kawanYaitu et alliances. ET = DENGAN ALLIANCES = KAWAN-2

    Mencari apa yang dibutuhkan di perpust. Memang tidak selalumudah. Mintalah bantuan dari Pustakawan yang ada.Saya bersedia membantu Anda sebisa saya.

    MENANTI KUNJUNGAN ANDA SEKALIAN