KONSEP USAHA HORTIKULTURA PADA SENSUS PERTANIAN 2013

16
Powerpoint Templates Usaha tanaman hortikultura adalah kegiatan hortikultura yang menghasilkan produk tanaman sayuran, tanaman buah- buahan, tanaman hias dan tanaman obat dengan tujuan sebagian atau seluruh hasilnya dijual/ditukar atas risiko usaha. Usaha pembibitan tanaman hortikultura tidak dicakup Home

description

KONSEP USAHA HORTIKULTURA PADA SENSUS PERTANIAN 2013

Transcript of KONSEP USAHA HORTIKULTURA PADA SENSUS PERTANIAN 2013

Page 1: KONSEP USAHA HORTIKULTURA PADA SENSUS PERTANIAN 2013

Powerpoint Templates

Usaha tanaman hortikultura adalah kegiatan hortikultura yang menghasilkan produk tanaman sayuran, tanaman buah-buahan, tanaman hias dan tanaman obat dengan tujuan sebagian atau seluruh hasilnya dijual/ditukar atas risiko usaha.

Usaha pembibitan tanaman hortikultura tidak dicakup dalam kegiatan ini. Home

Page 2: KONSEP USAHA HORTIKULTURA PADA SENSUS PERTANIAN 2013

Powerpoint Templates

Tanaman hortikultura meliputi: tanaman sayuran, tanaman buah-buahan, tanaman hias, dan tanaman obat.

Tanaman buah-buahan adalah tanaman yang menghasilkan buah segar sebagai sumber vitamin, mineral, lemak nabati dan lain-lain. Pada umumnya, buah yang dihasilkan dapat dikonsumsi tanpa dimasak terlebih dahulu. Tanaman dapat berbentuk pohon, rumpun, menjalar, dan berbatang lunak.

Home

Page 3: KONSEP USAHA HORTIKULTURA PADA SENSUS PERTANIAN 2013

Powerpoint Templates

Tanaman buah-buahan tahunan adalah tanaman buah yang berumur 1 tahun atau lebih, seperti: alpukat, anggur, apel, belimbing dewa, belimbing demak, belimbing karang sari, belimbing lainnya, buah naga, buah nona, cempedak, duku, langsat, durian montong, durian lai, durian lainnya, jambu air,jambu biji, jambu bol, jeruk, kedondong, kesemek, lengkeng, mangga, manggis, markisa, matoa buah, nangka, nenas, papaya, pisang, rambutan, salak, sawo, sirsak, sukun, dll.

Home

Page 4: KONSEP USAHA HORTIKULTURA PADA SENSUS PERTANIAN 2013

Powerpoint Templates

Tanaman buah-buahan semusim adalah tanaman buah yang berumur kurang dari 1 tahun, seperti: blewah, melon, semangka, dan stroberi. Tanaman sayuran adalah tanaman yang bermanfaat sebagai sayur, sebagai sumber vitamin, mineral, dan lain-lain. Pada umumnya, bagian yang digunakan sebagai sayur berupa daun, bunga, buah, dan umbi.

Home

Page 5: KONSEP USAHA HORTIKULTURA PADA SENSUS PERTANIAN 2013

Powerpoint Templates

Tanaman sayuran semusim adalah tanaman sayur yang berumur kurang dari 1 tahun, seperti: asparagus, bawang daun, bawang merah, bawang putih, bayam, brokoli, buncis, cabai hijau, cabai merah besar, cabai merah keriting, cabai rawit, jagung manis, jamur, kacang merah, kacang panjang, kalian, kangkung, kembang kol, kentang sayur (granola), kubis, labu siam, lobak, ketimun, oyong, paprika, paria, petsai, sawi, sawi putih, seledri, selada, terung, tomat, wortel, dan lain-lain.

Home

Page 6: KONSEP USAHA HORTIKULTURA PADA SENSUS PERTANIAN 2013

Powerpoint Templates

Tanaman sayuran tahunan adalah tanamansayur yang berumur 1 tahun atau lebih, seperti blimbing wuluh, jengkol, kluwih, melinjo, petai, dan lain-lain. Tanaman obat adalah tanaman yang bermanfaat untuk obat-obatan, kosmetik, dan kesehatan yang dikonsumsi atau digunakan dari bagian-bagian tanaman seperti daun, batang, bunga, buah, umbi (rimpang) ataupun akar.

Home

Page 7: KONSEP USAHA HORTIKULTURA PADA SENSUS PERTANIAN 2013

Powerpoint Templates

Tanaman obat meliputi:

Tanaman obat tahunan adalah tanaman obat yang berumur 1 tahun atau lebih, seperti daun ungu, dlingo, jati belanda, jojoba, kapulaga, lavender, mahkota dewa, mengkudu/pace, paliasa, salam, sereh, sembung, sirih, tribulus, zodiac, dan lain-lain.

Home

Page 8: KONSEP USAHA HORTIKULTURA PADA SENSUS PERTANIAN 2013

Powerpoint Templates

Tanaman obat meliputi:(lanjutan)Tanaman obat semusim adalah tanaman obat yang berumur kurang dari 1 tahun, seperti artemia, brotowali, jahe, jamur lingzi, kejibeling, kemangi, kencur, kepel, kunyit, kumis kucing, lempuyang, lengkuas, lidah buaya, pegagan, pulepandak, purwoceng, sabiloto, selasih, tapak dara, tapak liman, tempuyung, temu giring, temu ireng, temu kunci, temu wiyang, temu lawak, temu mangga, temuputih, dan lain-lain.

Home

Page 9: KONSEP USAHA HORTIKULTURA PADA SENSUS PERTANIAN 2013

Powerpoint Templates

Tanaman hias adalah tanaman yang mempunyai nilai keindahan dan estetika, baik karena bentuk tanaman, warna dan bentuk daun, tajuk maupun bentuk pohon/batang, warna dan keharuman bunganya, sering digunakan sebagai penghias pekarangan, taman, atau ruangan di rumah-rumah, gedung perkantoran, hotel, restauran maupun untuk kelengkapan upacara adat dan keagamaan.

Home

Page 10: KONSEP USAHA HORTIKULTURA PADA SENSUS PERTANIAN 2013

Powerpoint Templates

Tanaman hias meliputi:Tanaman hias tahunan adalah tanaman hias yang berumur 1 tahun atau lebih, seperti anthurium bunga, anthurium daun, bambu hias, bougenville spp, caladium, dieffenbachia, euphorbia, kaktus, phylodenron, ponix, polyscias, soka/ixora, tabulampot (tanaman buah dalam pot) dan lain-lain

Home

Page 11: KONSEP USAHA HORTIKULTURA PADA SENSUS PERTANIAN 2013

Powerpoint Templates

Tanaman hias semusim adalah tanaman hias yang berumur kurang dari 1 tahun, seperti alamanda, alpinia, anggrek, anyelir, agloenema, bunga matahari, catleya, celosia, cocor bebek, cordylene, drasena, fitonia, gladiol, hebras, kalla lili, kamboja, kastuba, kecombrang, lantana, mawar, melati, monstra, nanas-nanasan, palm jepang, palm kuning, palm merah, peperonia, pisang-pisangan, pohon dolar, pakis-pakisan, pedang-pedangan, rose bombay, rumput peking, scindapsus, sirih-sirihan, spathipylum, talas-talasan, vanda, krisan, talas-talasan, vanda, dan lain-lain.

Home

Page 12: KONSEP USAHA HORTIKULTURA PADA SENSUS PERTANIAN 2013

Powerpoint Templates

Kegiatan budidaya tanaman hortikultura meliputi pengolahan lahan, penanaman, pemeliharaan, dan pemanenan. Usaha tanaman hias meliputi usaha pembesaran tanaman dan usaha pengembangbiakan tanaman.

Home

Page 13: KONSEP USAHA HORTIKULTURA PADA SENSUS PERTANIAN 2013

Powerpoint Templates

Contoh usaha pembesaran tanaman hias:Pak Amin membuka kios tanaman anggrek di Taman Mini Indonesia Indah. Pak Amin membeli bibit anggrek dari Taiwan. Biasanya tanaman anggrek tersebut dipelihara terlebih dahulu hingga siap untuk di jual. Dengan demikian, Pak Amin dikategorikan sebagai petani anggrek.

Home

Page 14: KONSEP USAHA HORTIKULTURA PADA SENSUS PERTANIAN 2013

Powerpoint Templates

Contoh usaha pengembangbiakan tanaman hias:Pak Toyo membuka kios tanaman hias di Ragunan. Biasanya Pak Toyo membeli tanaman Agloenema yang sudah cukup umur. Kemudian, tanaman tersebut dipelihara sebelum dijual. Selama masa pemeliharaan, tanaman tersebut dibudidayakan sehingga menghasilkan bibit baru (anakan Agloenema). Bibit-bibit Agloenema yang dihasilkan dari hasil budidaya tersebut kemudian dijual (dalam bentuk masih bibit). Dengan demikian, Pak Toyo dikategorikan sebagai petani bibit Agloenema.

Home

Page 15: KONSEP USAHA HORTIKULTURA PADA SENSUS PERTANIAN 2013

Powerpoint Templates

Contoh usaha perdagangan tanaman hias:

Pak Udin membuka kios yang menjual berbagai jenis tanaman hias di pinggir jalan wilayah Kecamatan Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Pak Udin biasanya membeli tanaman hias yang sudah siap dijual (bukan dalam bentuk bibit) dari petani-petani tanaman hias di daerah kecamatan Parung, kabupaten Bogor.

Home

Page 16: KONSEP USAHA HORTIKULTURA PADA SENSUS PERTANIAN 2013

Powerpoint Templates

Contoh usaha perdagangan tanaman hias (lanjutan):Dengan demikian, Pak Udin dikategorikan sebagai pedagang, walaupun pak Udin setiap hari melakukan pemeliharaan dengan memberi pupuk dan menyirami tanaman tersebut

Usaha perdagangan hortikultura tidak dikategorikan sebagai usaha tanaman hortikultura.

Home