Katalog PPI Amsterdam 2014

28

description

Pada tahun 2013 lalu, ada kontes pembuatan katalog untuk PPI Belanda. Kontingen Amsterdam juga mengirim, tapi waktu itu bikinnya rada kepepet jadi kurang optimal. Aku gatal untuk membuat ulang, dengan isi yang baru, tapi juga mempertahankan beberapa hal yang ada di katalog lama. Butuh sekitar 9 bulan untuk bikin ini sendiri, karena proyek ini hanya kukerjakan sebagai hobi, mengisi waktu luang ketika aku libur bekerja.

Transcript of Katalog PPI Amsterdam 2014

Page 1: Katalog PPI Amsterdam 2014
Page 2: Katalog PPI Amsterdam 2014
Page 3: Katalog PPI Amsterdam 2014

Welkom bij Amsterdam, Jongeren!Aku memulai kehidupan di Amsterdam ini

sebagai pelajar untuk Manajemen Sumber Daya Alam. Waktu itu adalah tahun 2010 dan Belanda baru saja dikalahkan Spanyol di Piala Dunia Afrika Selatan. Datang dengan dua koper berisi pakaian, surat-surat penting, dan laptop, aku siap menghadapi dunia baru yang penuh tantangan. Alasanku memilih kota Amsterdam: impian bersepeda di tepi kanal.

“Mahasiswa Indonesia di Amsterdam”: menyandang predikat ini tentu mengundang perhatian dari orang-orang terdekatku di Indonesia: orangtua yang menaruh harapan besar, guru-guru yang menunjukkan kebanggaannya, dan teman-teman yang menanyakan red light district dan coffee shop.

Tentu kota Amsterdam yang cantik ini lebih dari sekedar red light district dan coffeeshop. Orang kadang melupakan kemajuan perencanaan kotanya, karakter penduduknya yang merupakan campuran dari ratusan kebudayaan, industri finansialnya, dan juga desain-desain arsitekturnya. Sejujurnya, banyak sekali hal yang belum aku ketahui ketika mendarat di kota ini, pada tahun 2010. Terkadang ada saat aku merasa butuh pertolongan dan petunjuk, karena menyesuaikan diri di kebudayaan yang sama sekali baru tidak bisa kulakukan seorang diri.

Untung aku memiliki teman orang Indonesia dan seorang adik yang tinggal di Leiden untuk membantu meredakan kegamanganku. Kami, PPI Amsterdam, pun berharap agar booklet ini juga mampu membantu saudara-saudara, Pelajar Indonesia di Amsterdam, untuk bertahan dan sukses di kota seribu kanal ini.

K ATAS A M B U TA N

Page 4: Katalog PPI Amsterdam 2014
Page 5: Katalog PPI Amsterdam 2014
Page 6: Katalog PPI Amsterdam 2014
Page 7: Katalog PPI Amsterdam 2014

6

Kereta ApiKereta api biasanya digunakan untuk perjalanan antarkota, tapi terkadang juga dipakai sebagai alat transportasi antarstasiun besar di Amsterdam (misal: dari Central Station ke Amsterdam Zuid). OV-Chipkaart dapat digunakan pada kereta api, tetapi perlu diaktivasi dahulu, dan tentunya saldo kredit yang mencukupi. Kebanyakan pengguna kereta api memilih untuk menggunakan tiket kertas yang dapat dibeli di counter tiket atau mesin tiket.

FerryDi belakang Central Station, kapal-kapal ferry mengantarmu menyebrangi sungai IJ menuju Amsterdam Noord, gratis!

TramTransportasi tram sangat ideal untuk perjalanan jangka pendek seputar pusat kota. Tiket jam-jaman bisa dibeli dari kondektur di dalam tram, atau OV-Chipkaart juga bisa digunakan di sini. Sepeda tidak diperkenankan untuk dibawa serta.

MetroSistem metro Amsterdam berpusat di Central Station, menggunakan jalur yang terlepas dari jalan raya menuju distrik-distrik hingga pinggiran kota. Gunakan tiket Anda ketika memasuki portal di stasiun metro, karena tiket tidak dijual di dalam metro.

BusBus di Amsterdam dioperasikan oleh perusahaan yang sama dengan tram dan metro, dan mengantar penumpang hingga pelosok-pelosok. Tiket dapat dibeli di dalam bus.

http://www.iamsterdam.com/en-GB/experience/plan-your-trip/getting-around/public-transport

PILIHAN TRANSPORTASI

Page 8: Katalog PPI Amsterdam 2014

Setiap lembaga pendidikan dapat membantu mahasiwa baru dalam mendapatkan akomodasi di Amsterdam. Fasilitas standar yang disediakan adalah tempat tidur, lemari, meja belajar, dan kursi. Fasilitas seperti kamar mandi dan dapur dapat diikutsertakan dalam kamar pribadi atau dibagi bersama penghuni lain, sesuai dengan pilihan setiap mahasiswa. Karena tingginya permintaan akomodasi di Amsterdam, sangat penting bagi calon mahasiswa untuk mengajukan aplikasi tepat pada waktunya. Keterlambatan pengajuan permohonan akomodasi dapat berakibat penundaan perolehan akomodasi yang sesuai. Untuk mahasiswa S1 dan S2, akomodasi yang disediakan adalah kamar untuk satu orang. Sedangkan mahasiswa Phd memiliki pilihan akomodasi untuk keluarga (lebih dari 1 orang). 

Jangka waktu sewaSecara umum setiap lembaga pendidikan memberikan maksimal jangka waktu sewa selama  maksimal 1 tahun untuk setiap mahasiswa baru. Selama masa sewa satu tahun, mahasiswa tidak dapat melepaskan kontrak akomodasi yang telah diambil. Setelah 1 tahun, mahasiswa diharapkan dapat mencari akomodasi sendiri. Namun untuk mahasiswa Phd, tidak ada jangka waktu sewa maksimal yang ditetapkan.

Biaya AkomodasiSetiap lembaga pendidikan menetapkan biaya adminisitasi yang berbeda untuk pengajuan sewa akomodasi melalui mereka, berkisar antara €200-400.Biaya untuk akomodasi nya sendiri bervariasi sesuai dengan jenis akomodasi dan lokasi yang dipilih/diberikan oleh lembaga pendidikan. Kisaran harga akomodasi di Amsterdam adalah €300-600 untuk perkamar. Biaya listrik, air, gas, pajak rumah, dan pajak sampah sudah inklusif dalam biaya akomodasi bulanan. Akomodasi AlternatifSelain melalui lembaga pendidikan, mahasiswa baru dapat mencari akomodasinya sendiri. melalui biro makelar rumah atau jaringan relasi. Namun, cara ini tidak dianjurkan bagi mahasiswa baru karena sangat sulit untuk mendapatkan akomodasi di Amsterdam. Selain itu, dengan menggunakan jasa makelar rumah, ada beban biaya tambahan sebagai biaya jasa yang akan dibebankan pada mahasiswa baru sebagai calon penyewa yang besarnya rata-rata berkisar 1 bulan harga sewa kamar/apartemen.Apabila memutuskan untuk mencari akomodasi sendiri, hal yang perlu diperhatikan adalah :jenis kontrak sewa, apakah alamat tersebut bisa didaftarkan atas nama penyewa baru di kantor walikota (gemeente), komponen biaya sewa, dan fasilitas terkait lainnya. Registrasi alamatSetiap penduduk yang tinggal di Belanda lebih dari 4 bulan, wajib mendaftarkan dirinya ke pemerintah kota (gemeente). Mahasiswa baru wajib mendaftarkan dirinya dengan cara datang langsung ke kantor pemerintah kota setempat atau melalui representatif pemerintah kota yang hadir pada hari perkenalan mahasiswa baru. Syarat untuk melakukan pendaftaran diri adalah : paspor, surat penerimaan oleh lembaga pendidikan terkait, dan kontrak sewa rumah atas nama aplikan. Setelah melakukan pendaftaran diri, mahasiswa baru akan mendapatkan nomor penduduk atau dikenal dengan BSN. Nomor penduduk ini penting untuk keperluan pendaftaran di lembaga-lembaga resmi seperti dokter, asuransi, ataupun mendaftar pekerjaan.

AKOMODASI

Page 9: Katalog PPI Amsterdam 2014

Kesehatan

Untuk bertemu dengan dokter, kita harus membuat perjanjian dengan melakukan registrasi melalui telepon atau internet. Karena pelayanan dokter umum menggunakan sistem kluster, kita diharapkan untuk mencari dokter yang berlokasi di dekat tempat tinggal kita. Biaya per kunjungan konsultasi di dokter umum di tahun 2013 adalah €25.98. Di sini tanpa rujukan dokter umum kita tidak bisa menemui langsung dokter spesialis ataupun melakukan tes kesehatan dan perawatan di rumah sakit, kecuali keadaan darurat atau pada hari libur. Karena tidak ada situs yang menyediakan daftar dokter berikut area kerja, silakan mencari di internet dengan kata kunci huisarts/ general practitioner atau tandarts/ dentist.

KESEHATAN

8

Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan wajib dimiliki oleh setiap orang yang teregistrasi dan tinggal di Belanda, termasuk mahasiswa. Jika mengabaikan ini, maka bersiaplah menerima surat peringatan dari pemerintah dan ancaman denda sebesar €350. Perusahaan asuransi seperti AON menawarkan paket asuransi untuk pelajar dengan kisaran harga €450-550 per tahun. Untuk memperoleh ganti dari pembayaran keperluan medis, kita harus membayar sendiri dulu biaya-biaya yang dikenakan. Selanjutnya, kita harus melengkapi surat klaim lengkap dengan bukti asli pembayaran ke perusahaan asuransi. Uang reimbursement akan dikirim sekitar 10 hari sejak mereka menerima klaim kita.Keterangan lebih lengkap mengenai asuransi dapat dilihat di https://www.aonstudentinsurance.com.

Page 10: Katalog PPI Amsterdam 2014

KEAMANANBelanda adalah negara yang sangat aman, dalam arti banyak orang yang jarang menjadi korban kriminalitas dan kekerasan. Akan tetapi, poin-poin berikut iniperlu diperhatikan untuk membantu Anda agar tetap waspada:

Berwaspadalah pada daerah-daerah seputar stasiun kereta dan metro, di tengah kota, dan di dalam transportasi publik karena copet lebih aktif di sini. Hati-hatidengan barang bawaan ketika mendarat di Schiphol dan berangkat menuju kota. Pencopet biasanya bekerja dalam kelompok, satu orang mengalihkan perhatian(menanyakan arah), dan temannya beraksi mengambil barang Anda. Biasanyabertepatan dengan datangnya kereta yang digunakan oleh pencopet untuk kabur. Dilaporkan adanya modus penjambretan oleh pengendara scooter. Juga terjadipenjambretan di restoran dan tempat makan, termasuk ruang sarapan di dalam hotel. Selalu kunci sepedamu ketika di parkiran karena sering terjadi pencurian sepedadi Belanda. Selalu kunci sepedamu pada struktur permanen (tiang listrik, jembatan)dengan rantai besar atau kunci berbentuk U yang mengunci rangka sepeda dan rodadepan. Kunci juga ban belakang depeda (biasanya sudah tersedia dari pabrik).Hier geen fietsen plaatsen berarti dilarang parkir di sini, yang jika dilanggar makasepeda dapat disita petugas ketertiban. Jika Anda curiga menjadi korban salah satu penipuan melalui media elektronikatau perbankan, maka Anda dapat melaporkan kepada yang berwajib ke [email protected] atau ke alamat KLPD, Financial Crimes Unit PO Box3016, 2700 KX Zoetermeer, The Netherlands, Attention: Project Apollo. Dianjurkan untuk selalu mengikuti berita terkini Belana untuk berjaga-jaga ataspotensi kekerasan (misalnya huru-hara). Berbagai demonstrasi juga banyak terjadi di Belanda dalam berbagai tingkatkerawanan. Diajnjurkan untuk menjauhi tempat-tempat yang sedang bergejolak,atau mengambil tindakan preventif ketika berada di sekitarnya.

Page 11: Katalog PPI Amsterdam 2014

1

http://goamsterdam.about.com/od/gettingaroundamsterdam/a/top10bikesafety.htm

10

2

3

4

5

6

7

Gunakan jalur sepeda yang biasanya berwarna merah, terbentang di sisi kanan jalan raya. Terkadang jalur ini bersifat dua arah. Beberapa tempat seperti di pusat kota, tidak terdapat jalur sepeda, sehingga harus lebih berhati-hati dalam mengendarai sepeda.Berikut adalah informasi mengenai rambu bersepeda: 1) lingkaran merah dengan gambar sepeda berarti sepeda dilarang masuk, 2) segi empat atau lingkaran dengan latar belakang warna biru dengan gambar sepeda berarti sepeda dipersilakan lewat/masuk, 3) uigezondered adalah bahasa Belanda dari “kecuali”. Jadi, kalau ada rambu kendaraan dilarang masuk dengan tulisan tambahan “uigezondered fietsen”, berarti sepeda dipersilakan lewat.Pengendara sepeda selalu memberi jalan untuk tram yang mau lewat dari segala arah. Pejalan kaki selelu memberi jalan untuk sepeda dan tram yang akan lewat. Jauhi jalur tram sebisa mungkin.Jangan contohi pengendara yang melanggar lampu lalu lintas, menggunakan trotoar untuk sepeda, menyalib sesama pengendara sepeda tanpa peringatan, tidak menggunakan lampu pada malam hari, dan berkomunikasi dengan telepon seluler ketika berkendara.Beri aba-aba dengan menunjuk arah ketika akan mengambil tikungan. Jika tidak dapat memastikan ke arah mana Anda akan berbelok, turunlah dari sepeda.Para turis yang tidak tahu akan peraturan penggunaaan jalur sepeda dan para pengendara scooter sering menyulitkan Anda dalam bersepeda. Waspadalah!Jangan berhenti mendadak di tengah jalan. Gunakanlah trotoar jjika hendak menuntun sepeda.

TENTANGBERSEPEDADI AMSTERDAM

Page 12: Katalog PPI Amsterdam 2014

http://www.mastersportal.eu/articles/338/8-tips-to-survive-studying-in-the-netherlands.html

11

Baca materi kuliah langsung setelah diberikan, karena tidak akan ada waktu menyelsaikan seluruh bahan dalam masa ujian

Akan tetapi fokuslah pada poin-poin utamanya, bukan pada seluruh

detil.

Mulai kerjakan tugas sedini mungkin. Jangan ditunda hingga saat-saat terakhir, terutama apabila tugas tersebut tampak mudah. Sebab,

semudah apa pun tugas yang diberikan, akan banyak hal yang harus dilakukan untuk menyelsaikannya.

Rencanakan jadwal belajarmu, dan usahakan seproduktif mungkin

dalam pelaksanaannya.

Tetapkan sekonkret mungkin target-target yang ingin dicapai. Hal ini membantumu tetap dalam jalur dan juga membantu tetap fokus ketika

Anda ketinggalan.

Selalu bertanya kepada kolega atau dosen, mereka akan membantumu dengan senang hati. Beranilah dan jangan takut, karena percaya diri

adalah segalanya di pendidikan Belanda.

Kamu akan banyak bekerja dalam kelompok dan membuat laporan atau tugas. Biasanaa, dalam kuliah internasional, di mana Bahasa

Inggris digunakan sebagai pengantar, teman sekelompok dari negara-negara dengan Bahasa Inggris sebagai bahasa ibu dapat membantu meningkatkan kualitas laporan. Anda dapat belajar juga dari mereka soal membahasakan ide dan pendapat. Hal ini tentu generalisasi, dan

tiap situasi adalah berbeda. Namun, ini dapat dijadikan panduan.

Ingat untuk sering mengambil jeda dan istirahat, serta secara berkala menikmati waktumu dengan hiburan. Yang penting adalah disiplin

manajemen waktu!

8 KUNCI STUDI DI BELANDA

Page 13: Katalog PPI Amsterdam 2014

Berikut adalah informasi kontak sekolah tinggi dan universitas di Amsterdam: Vrije Universiteit Amsterdamde Boelelaan 1105, 1081 HV Amsterdam The NetherlandsTelephone: +31 20 59 89898Fax: +31 20 59 89899 http://www.vu.nl/en/index.asp

Universiteit van Amsterdam (UvA)Spui 21, 1012 WX AmsterdamThe NetherlandsTelephone: +31 20 - 525 9111 (main switchboard)http://www.uva.nl/en/home Amsterdam University of Applied Sciences (AUAS/HvA)Student Information OfficeWibautstraat 2-4, 1091 GM AmsterdamTelephone: +31 20 599 5422http://www.international.hva.nl/ Inholland University of Applied ScienceWildenborch 6, 1112 XB DiemenRoom X0.10Telephone: +31 20 495 10 15Email: [email protected]://www.inholland.nl/inhollandcom/ Tinbergen Institute AmsterdamGustav Mahlerplein 117, 1082 MS AmsterdamThe NetherlandsTel. +31 (0)20 525 1600E-mail: [email protected]://www.tinbergen.nl/ 

12

KONTAK SEKOLAH

Page 14: Katalog PPI Amsterdam 2014

http://netherlandsbynumbers.com/2013/04/11/10-things-you-need-to-know-about-dutch-supermarkets/

BERBELANJA DI SUPERMARKET Kartu kredit tidak pernah diterima di supermarket Belanda,

termasuk di supermarket besar. Bawalah kartu bank (PIN card) atau uang tunai.

Jika Anda membutuhkan obat-obatan atau P3K, cobalah di belakang counter/kasir. Atau, kalau mau lebih lengkap, datangilah toko-toko obat seperti Etos dan Kruidvat.

Tiap supermarket di Belanda memiliki kentang yang sudah dikupas dalam berbagai bentuk dan ukuran, sayur yang sudah dipotong dan dicuci, bawang dan jamur siap masak, dan bahkan banyak sekali pilihan makanan siap saji (tinggal dipanaskan), mulai dari pizza, stamppot, salad, hingga nasi goreng sate ayam.

Banyak supermarket yang menyuguhkan kopi/the gratis untuk pleanggan. Kalau Anda beruntung, terkadang disediakan sampel makanan seperti keju, daging, kue, hingga cookies.

Biasanya ada satu lemari es penuh produk susu (toch Belanda terkenal dengan produk susunya): perhatikan warna kartonnya. Biru adalah susu (semakin muda warna birunya, semakin rendah kadar lemaknya), merah adalah karnemelk (buttermilk/kefir: tidak semua orang mampu menahan rasanya), hijau adalah untuk yoghurt, dan kuning adalah untuk vla.

Kantong plastik tidak tidaklah gratis. Bawalah kantong plastik sendiri dari rumah jika ingin menghemat beberapa sen dan menghindari tumpukan plastik di rumah. Tas dan kantong plastik tidak perlu dititipkan ke petugas.

Seringkali supermarket buka dari 08.00 pagi hingga 18.00 atau 20.00 malam, kecuali koopavond/shopping evening (biasanya hari Kamis) ketika supermarket tutup jam 21.00 malam.

Dianjurkan untuk tidak menaruuh keranjang belanja di atas meja kasir.

Page 15: Katalog PPI Amsterdam 2014

Finan$ialRestoranKelas menengah.………..……€12.00-€20.00McDonald’s Paket……….…..€6-€7Cappuccino……………….…….€2.20-€3.00Coca-Cola (0,33 liter)……….€1.54-€2.50Air (0,33 liter)………………..…€1.20-€2.00 *http://www.numbeo.com/

cost-of-living/city_result.jsp?country=Netherlands&city=Amsterdam

14

Belanja SupermarketSusu 1 liter.………….………...…€0.70-€1.10Roti tawar (500g)……………..€1.00-€1.95Beras (1kg)…………………….....€1.00-€2.50Telur ayam (12)………………...€1.93-€2.70Keju lokal (1kg).…….…………€7.23-€15.00Dada ayam (1kg)……..……….€5.00-€7.00Apel (1kg)……………….……….€1.50-€2.00Jeruk (1kg)………………….……€1.50-€2.20Tomat (1kg)……………………..€1.50-€2.50Kentang (1kg)………….………€1.00-€2.00Selada (1 ikat)………………….€0.80-€1.00Air (1.5 liter)…………………….€0.60-€1.20Rokok (1 pak)…………….….…€5.20-€6.00

Biaya BulananListrik+Gas+Air+Sampah….€120-€212.501 menit telepon………………….€0.10-€0.25Internet (6Mbps).……………..€16.07-€35.00PakaianCelana Jeans………………….….€60-€99Summer dress…………………..€35-€60Sepatu olahraga………………..€65-€100

Ini adalah panduan anggaran biaya hidup selama di Amsterdam. Data disadur dari internet*, bedasarkan laporan dari 1200+ responden.

Page 16: Katalog PPI Amsterdam 2014
Page 17: Katalog PPI Amsterdam 2014

Islam

Katholik

Kristen

Buddha

Hindu

 

 

Boeddiistisch Centrum AmsterdamPalmstraat 63+3120 4207097www.vwbo.nl

Seperti yang diingatkan seorang teman baik, Tuhan juga ada di Belanda. Oleh karena itu, berikut adalah informasi rumah ibadat untuk melestarikan kehidupan religius kita:

Di Amsterdam terdapat 2 masjid Indonesia, yaitu:Masjid Al-Ikhlas Saaftingestraat 312, Amsterdam(http://www.al-ikhlash.com/)Masjid EuromoslimEkingenstraat 3-7, Amsterdam(https://www.facebook.com/masjideuromoslim.amsterdam)

Hillsong Church Amsterdamhttp://hillsong.nlOosterlijke Handelskade 4, 1019 BM Amsterdam+3120 260 0069

Jadwal Misa gereja-gereja Amsterdam:http://tinyurl.com/misaamsterdamSelain itu, setiap hari Minggu pertama selalu ada Misa berbahasa Indonesia jam 13.00 diselenggarakan oleh KKI di Gereja Drie Stromen, Renswoudsestraat no. 75 (http://tinyurl.com/kkiamsterdam)

Hindoestaans Cultureel CentrumAsterweg 45+3120 6373762

KEHIDUPANRELIGIUS

Page 18: Katalog PPI Amsterdam 2014

http://www.amsterdam.info/squares/http://www.holland.com/global/tourism/article/squares-of-

amsterdam.htm

SQUARESAMSTERDAM

17

Dam SquareTerletak tepat di pusat kota Amsterdam. banyak seniman jalanan yang berkumpuldi sini, dengan ditemani ribuan burungmerpati. Di sini terletak monumen nasionalBelanda untuk mengingat perjuangan paratentara pada Perang Dunia II, dan istanakerajaan tempat perayaan pesta kebangsaan.

RembrandtpleinSquare yang satu ini dikelilingi oleh klub malam, bar, cafe outdoor, dan hotel, penuh dengan pelancong yang ingin bersosialisasi.LeidspleinDi sini lah lokasi hiburan Amsterdam, tempat berkumpulnya berbagai toko, restoran, casino, cinema, dan klub musik.MuseumpleinDinamakan museumplein (museum square) karena berbagai museum berpusat pada lokasi ini, seperti Rijksmuseum, Museum Van Gogh, Museum Stedelijk, Zazare Diamonds, dan House of Bols. Di sinilah ditemukan lapangan hijau dengan tulisan raksasa “I AMSTERDAM”. Terkadang dibangun pula panggung umum (contoh untuk dalam perayaan tahun bau) yang mengadakan konser-konser dan acara hiburan.WaterloopleinPernah menjadi pusat pendudukan warga Yahudi, tempat ini sekarang dibuka untuk pasar loak yang menjual barang-barang menarik dengan harga terjangkau.NieuwmarktNieuwmarkt (New Market) terkadang masih berfungsi sebagai pasar, tetapi yang menjadi daya tarik tempat ini adalah lokasinya yang dekat dengan chinatown dan Red Light District.Het SpuiPenuh dengan toko buku, termasuk yang berbahasa Inggris.

Page 19: Katalog PPI Amsterdam 2014

18

{Café}Café BrechtBar dan café yang diinspirasikan oleh desain interior antik dariEra Berlin klasik.Weterringschans 157, 1017SE AmsterdamCafé BlueCafé yang terletak di lantai paling atas pusat perbelanjaanKalvertoren di Kalverstraat. Nikmati pemandangan 360 derajatkota Amsterdam melalui jendela-jendelanya yang besar.Singel 457, 1012WP AmsterdamCafé LateiTempat mungil ini dihiasi oleh wallpaper dari era 60an dan 70an,dengan lampu retro, piring cantik, dan cangkir romantis.Zeedijk 143, 1012AW AmsterdamIn ‘t AepjenIni adalah bar tertua di Amsterdam, yang telah melayani parapelaut sejak tahun 1544. Satu dari dua bangunan yang didominasioleh kayu.Zeedijk 1, 1012AN AmsterdamPannenkoekenbootNikmati panekuk tanpa batas di atas kapal selagi berlayar diDanau IJ selama durasi 2,5 jam.Ms. Van Riemsdijkweg, 1033RC Amsterdam

{Museum}House of BolsMuseum kecil ini memperkenalkan Anda pada minuman herbalciptaan Lucas Bols, dan indera pengecapan, penciuman, danpenglihatan Anda akan dimanjakan lewat minumannya.Paulus Potterstraat 14, 1071CZ AmsterdamTassenmuseumMuseum ini walaupun nampaknya ditujukan untuk wanita karenamemamerkan 4.000 jenis tas dan dompet, akan tetapi surveymembuktikan para pria pun sangat menikmati suasana museum ini.Herengracht 573, 1017CD AmsterdamOns Lieve Heer op Solder350 tahun yang lalu, seorang penduduk Amsterdam membeli duarumah yang saling berjejeran dan mengubah dalamnya menjadiGereja Katholik tersembunyi.Oudezijds Voorburgwal 40, 1012GE Amsterdam

HIDDEN GEMSAMSTERDAM

Page 20: Katalog PPI Amsterdam 2014

19

Christmas DayDamrak dan Museumplein

Malam Tahun BaruSeluruh Amsterdam

Realisme Art Fairrealismeamsterdam.com

Amsterdam Fashion Weekfashionweek.nl

Tahun Baru ImlekNieuwmarkt

{Desember}

{Januari}

{Februari}

Winter Events

Page 21: Katalog PPI Amsterdam 2014

National Restaurant Weekrestaurantweek.nl5 Days Off Amsterdam5daysoff.nlBlijBurg City BeachBlijburg.nlSilent Processionwww.stille-omgang.nl

{Maret}

{April}

{Mei}

King’s DaySeluruh AmsterdamImagine Film Festivalimaginefilmfestival.nl

Art AmsterdamKunstrai.nlEPA Film weekepafilmweek.nl

Spring Events

20

Page 22: Katalog PPI Amsterdam 2014

21

{Juni}

{Juli}

{Agustus}

Holland Festivalwww.hollandfestival.nl

Vondelpark Open Air Theaterwww.openluchttheater.nl

Taste of Amsterdamwww.tasteofamsterdam.com

Nuit Blanche Amsterdamnuitblancheamsterdam.nl

The Open Garden Dayswww.opentuinendagen.nl

Int’l Theatre School FestivalItsfestivalamsterdam.com

Amsterdam Roots FestivalAmsterdamroots.nl

Kwakoe Zomer Festivalkwakufestival.nl

Comedytrain Internationalcomedytrain.nl

Nuit Blanche Amsterdamfashionweek.nl

Robeco Summer Concertwww.concertgebouw.nl

De Parade Theater Festivalwww.deparade.nlGrachtenfestival

www.grachtenfestival.nlPrinsengracht concert

Kanal prinsengrachtOpen Air Film Festival

plukdenacht.nlSail Amsterdam

Sail.nl/enUitmarkt

www.uitmarkt.nl

Summer Events

Page 23: Katalog PPI Amsterdam 2014

{September}

{Oktober}

{November}

Int’l Broadcasting Conventionwww.ibc.orgOpen Monuments DayOpenmonumentendag.nlAmsterdam DrawingAmsterdamdrawing.comInside Design Amsterdamwww.elle.nl/insidedesignJordaan Festivalwww.jordanfestival.nlRobodock Arts Festivalwww.robodock.orgNational Restaurant Weekwww.restaurantweek.nlRocket Cinema Festivalwww.ibc.orgAmsterdam Dance Event Amsterdam-dance-event.nlTCS Amsterdam Marathontcsamsterdammarathon.nl

Museum Nightwww.n8.nlArt and Antique Fairwww.pan-amsterdam.nlHigh Times Cannabis Cupwww.cannbiscup.comShadow Festivalwww.shadowfestival.nlDocumentary Filmfestivalwww.idfa.nlArrival of Saint NicholasSeluruh AmsterdamAmsterdam Art Weekendamsterdamartweekend.nl

Autumn Events

22

Page 24: Katalog PPI Amsterdam 2014
Page 25: Katalog PPI Amsterdam 2014
Page 26: Katalog PPI Amsterdam 2014

PPI AMSTERDAMKetua periode 2013-2014: Chelcian PrasyudhastykaPresidium periode 2012-2013: Aldi MuslimMilis: [email protected], [email protected]: PPI Amsterdam and Community

25

Page 27: Katalog PPI Amsterdam 2014

“Bagi saya, memilih untuk melanjutkan sekolah di Amsterdam terasa seperti membeli barang secara online, dimana saya tidak mengetahui dengan pasti apa yang akan saya dapat. Namun ternyata keputusan itu tepat. Selain kualitas pendidikan yang tinggi, kotanya yang unik, penduduk disini pun sangat beragam dan ramah. Terlebih lagi, hampir semua orang fasih berbahasa Inggris, membuat saya tidak terlalu mengalami kendala bahasa.”

Aldi MuslimS2 Transport and Supply Chain ManagementVU University Amsterdam

“Bagi saya, Amsterdam berarti tiga hal:1. kehidupan malam yang unik2. kemudahan akses jalan-jalan sekitar

eropa3. kualitas pendidikan UvA yang tinggi”

Andre AkbarMahasiswa S1 Business AdministrationUniversiteit van Amsterdam

Rhintany PutriAlumni S2 Transport and Supply Chain ManagementVU University Amsterdam

Silakan kunjungi testimoni online Intan dihttp://www.youtube.com/watch?v=DrjrOiBI9Ks

26

Page 28: Katalog PPI Amsterdam 2014

Emergency: 112Polisi: 0900 8844/0800 7000

Layanan medis 24 jam: 088 0030600 (shda.nl)

Pelayanan barang hilang di schiphol: 0900 0141

KBRI Den haag: 070 3108166/ 070 3108139 (www.indonesia.nl)

Kontak Penting!

Diproduksi oleh :Aldi Muslim, Tezar Saputra, Rhintany Putri