JURLAK-JUKNIS + SURAT KEPUTUSAN PERIODE 2014

download JURLAK-JUKNIS + SURAT KEPUTUSAN PERIODE 2014

of 31

description

OLEH : BEM FK USAKTI 2014

Transcript of JURLAK-JUKNIS + SURAT KEPUTUSAN PERIODE 2014

PETUNJUK PELAKSANA DAN PETUNJUK TEKNIS

SURAT KEPUTUSAN KETUA

BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN

UNIVERSITAS TRISAKTI

NOMOR : 001/SK/BEM FK USAKTI/III/2014

MENGENAI

PETUNJUK PELAKSANA DAN PETUNJUK TEKNIS

BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA PERIODE 2013-2014

Bismillahirrahmanirrahim

Dengan nama Tuhan Yang Maha Esa

Menimbang

Pentingnya petunjuk pelaksana dan petunjuk teknis sebagai dasar pedoman untuk seluruh anggota Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti.

Mengingat 1. Pedoman umum / petunjuk pelaksana (PUPP) masyarakat mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti bab VII pasal 18 ayat 2 tentang peraturan pendukung organisasi

Memutuskan

1. Petunjuk pelaksana dan petunjuk teknis (JUKLAK JUKNIS) yang telah diamandemen, berlaku sejak ditetapkan untuk dipatuhi oleh seluruh anggota Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti

Ditetapkan

Di

: Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti

Ruang

: Auditorium Kampus B Universitas Trisakti

Tanggal: 27 Maret 2014

Pukul

: 18.01

Atas nama Tuhan, Bangsa, dan Almamater

Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti

Periode 2013-2014

Samudra Andi Yusuf

PETUNJUK PELAKSANA DAN PETUNJUK TEKNIS

BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA

PERIODE 2013 - 2014

FAKULTAS KEDOKTERAN

UNIVERSITAS TRISAKTIPETUNJUK PELAKSANA DAN PETUNJUK TEKNIS

BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN

UNIVERSITAS TRISAKTI

PERIODE 2013 - 2014

PETUNJUK PELAKSANA

BAB I

NAMA, WAKTU, DAN TEMPAT KEDUDUKAN

Pasal 1

NAMA

Nama organisasi adalah Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti.

Pasal 2

TEMPAT KEDUDUKAN

BEM FK USAKTI berkedudukan di Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti.

BAB II

ASAS DAN STATUS

Pasal 3

ASAS

BEM FK USAKTI berasaskan Pancasila.

Pasal 4

STATUS

BEM FK USAKTI merupakan bagian dari masyarakat mahasiswa Universitas Trisakti (MM-USAKTI) dan mempunyai otonomi tertinggi dalam bidang eksekutif.

BAB IIISIFAT DAN TUJUAN

Pasal 5

SIFAT

BEM FK USAKTI bersifat takwa, demokratis, dinamis, independen, intelektual, kekeluargaan dan kesetiakawanan-sosial.

Pasal 6

TUJUAN

BEM FK USAKTI bertujuan untuk :

1. Mencari dan mengembangkan potensi diri Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti.2. Menyalurkan ide dan kreativitas Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti.3. Menerapkan ilmu kedokteran dalam lingkungan masyarakat luas.BAB IV

LAMBANG DAN ATRIBUTPasal 7

LAMBANG

BAB V

KETENTUAN UMUM

Pasal 8

TATA ATURAN KERJA UMUM

Termasuk dalam ketentuan ini adalah ketentuan tentang tata aturan kerja umum untuk menciptakan efektivitas dan produktivitas yang maksimal dalam pelaksanaan tugas dan wewenang pengurus BEM FK USAKTI.Pasal 9

STRUKTUR KEPENGURUSAN

Terdiri dari :

1. Badan Pengurus BEM FK USAKTI

2. Badan Pelengkap BEM FK USAKTI

PASAL 10

BADAN PENGURUS BEM FK USAKTI1. Ketua BEM, yaitu pimpinan BEM FK USAKTI.2. Wakil Ketua BEM, yaitu wakil pimpinan BEM FK USAKTI.3. Sekretaris, yaitu penanggung jawab administratif BEM FK USAKTI.4. Bendahara, yaitu penanggung jawab keuangan BEM FK USAKTI.5. Biro, yaitu Badan Pengurus BEM FK USAKTI yang berfungsi sebagai konseptor dan eksekutor terhadap setiap kegiatan sesuai dengan bidangnya masing masing yang terdiri dari ketua biro, wakil ketua biro, dan staff.

Pasal 11

BADAN PELENGKAP BEM FK USAKTI

1. Divisi khusus yaitu badan khusus yang berfungsi sebagai pusat pengembangan dan informasi sesuai dengan bidangnya masing masing yang terdiri dari ketua divisi, sekretaris, bendahara, dan staff.

BAB VITUGAS DAN WEWENANGPasal 12

KETUA BEM FK USAKTI

1. Tugas :

a) Memimpin, mengatur, dan mengkoordinasi pelaksanaan kebijakan Badan Pengurus BEM FK USAKTI, khususnya yang menyangkut tugas tugas harian Badan Pengurus BEM FK USAKTI.b) Mengatur dan mengkoordinasi pembagian tugas terhadap seluruh Badan Pengurus BEM FK USAKTI.c) Melaksanakan kebijakan BEM FK USAKTI baik internal maupun eksternal.d) Melaksanakan dan bertanggung jawab terhadap koordinasi dan mengupayakan solusi strategis dalam rangka pengembangan BEM FK USAKTI baik internal maupun eksternal.

2. Wewenang :

a) Mewakili BEM FK USAKTI baik internal maupun eksternal.b) Mengeluarkan kebijakan dan peraturan terhadap seluruh kelengkapan Badan Pengurus BEM FK USAKTI.c) Memberikan pengarahan serta mengupayakan solusi yang tepat dalam setiap kegiatan maupun pengambilan keputusan.

d) Bersama dengan wakil ketua, sekretaris, bendahara, ketua biro, wakil ketua biro, serta staff merumuskan rancangan program kerja Badan Pengurus BEM FK USAKTI.e) Mendelegasikan tugas dan wewenangnya kepada wakil ketua, sekretaris, bendahara, atau ketua biro dan divisi khusus BEM FK USAKTI sesuai dengan bidangnya masing masing apabila berhalangan.f) Mengganti kepengurusan Badan Pengurus BEM FK USAKTI apabila dipandang perlu melalui mekanisme yang ditentukan.g) Memberhentikan pengurus BEM FK USAKTI apabila ada yang melakukan pelanggaran terhadap PU-PP FK USAKTI, JUKLAK JUKNIS BEM FK USAKTI, dan AD/ART MM-USAKTI.

Pasal 13 WAKIL KETUA BEM FK USAKTI

1. Tugas :

a) Membantu pelaksanaan tugas tugas Ketua BEM.b) Mewakili tugas tugas Ketua BEM apabila berhalangan.c) Bertanggung jawab kepada Ketua BEM.2. Wewenang :

a) Bersama ketua, sekretaris, bendahara, ketua biro, wakil ketua biro, serta staff merumuskan rancangan program kerja Badan Pengurus BEM FK USAKTI.b) Memberikan pertimbangan kepada Ketua BEM dalam pengambilan keputusan BEM FK USAKTI.Pasal 14

SEKRETARIS BEM FK USAKTi

1. Tugas :

a) Mencatat dan mengarsipkan data data Badan Pengurus BEM FK USAKTI.b) Bertanggung jawab kepada Ketua dan Wakil Ketua BEM.c) Menggantikan tugas ketua dan wakil ketua BEM apabila berhalangan pada pasal 12 ayat 1 (c).2. Wewenang :

a) Merumuskan peraturan mengenai surat surat Badan Pengurus BEM FK USAKTI.b) Menjalankan wewenang ketua dan wakil ketua BEM pada pasal 12 ayat 2 (a). Pasal 15

BENDAHARA BEM FK USAKTI

1. Tugas :

a) Mengatur, menyimpan, dan mencatat penerimaan dan pengeluaran keuangan Badan Pengurus BEM FK USAKTI.b) Melaporkan kondisi keuangan Badan Pengurus BEM FK USAKTI secara berkala.c) Berkoordinasi secara aktif dengan parlemen FK USAKTI.d) Bertanggung jawab kepada Ketua dan Wakil Ketua BEM.

2. Wewenang :

a) Merumuskan rancangan tentang pengaturan keuangan secara periodik dan berkala.b) Melakukan kegiatan keseharian di bidang kebendaharaan keuangan Badan Pengurus BEM FK USAKTI.

Pasal 16

KETUA BIRO BEM FK USAKTI1. Tugas :

a) Membantu pelaksanaan tugas Ketua dan Wakil Ketua BEM.b) Mewakili tugas tugas Badan Pengurus BEM FK USAKTI apabila Ketua dan Wakil Ketua berhalangan sesuai dengan bidangnya masing masing.c) Melakukan tugas tugas khusus sesuai dengan bidangnya masing masing.d) Merealisasikan program kerja biro masing masing.e) Bertanggung jawab kepada Ketua dan Wakil Ketua BEM.2. Wewenang :

a) Mengkoordinasikan dan menjalankan biro secara terencana dan terarah.b) Mengupayakan inovasi program kerja sesuai dengan biro masing masing.

Pasal 17

WAKIL KETUA BIRO BEM FK USAKTI1. Tugas :

a) Membantu pelaksanaan tugas tugas Ketua Biro.b) Mewakili tugas tugas Ketua Biro apabila berhalangan.c) Bertanggung jawab kepada Ketua Biro

2. Wewenang :

a) Bersama ketua biro dan staff merumuskan rancangan program kerja BEM FK USAKTI.b) Memberikan pertimbangan kepada Ketua Biro dalam pengambilan keputusan BEM FK USAKTI.

Pasal 18KETUA DIVISI KHUSUS BEM FK USAKTI

1. Tugas :

a) Membantu pelaksanaan tugas Ketua dan Wakil Ketua BEM.b) Melakukan tugas tugas khusus sesuai dengan bidangnya masing masing.c) Merealisasikan program kerja divisi masing masing.d) Bertanggung jawab kepada Ketua dan Wakil Ketua BEM.2. Wewenang :

a) Mengkoordinasikan dan menjalankan divisi secara terencana dan terarah.b) Mengupayakan inovasi program kerja sesuai dengan orientasi kerja divisi masing masing.

BAB VII RAPAT

Pasal 19JENIS RAPAT BEM FK USAKTI

Terdiri dari :

a) Rapat Kerja

b) Rapat Biro

c) Rapat Program Kerjad) Rapat Evaluasi Kerja

e) Rapat Pimpinan

f) Rapat Koordinasi BEM FK USAKTI Divisi Khusus BEM FK USAKTI

Pasal 20RAPAT KERJA

1. Rapat Kerja adalah rapat yang diadakan pada awal kepengurusan BEM FK yang dihadiri oleh Ketua BEM, Wakil Ketua BEM, Sekretaris, Bendahara, Ketua Biro, Wakil Ketua Biro, beserta staff. Rapat ini diadakan untuk membicarakan program kerja setiap Biro.

2. Tata tertib rapat diatur di dalam rapat itu sendiri.

Pasal 21RAPAT BIRO

Rapat biro adalah rapat yang diadakan setiap biro untuk membahas secara detail mengenai program kerja yang hendak dilakukan yang dipimpin oleh ketua biro tersebut.Pasal 22RAPAT PROGRAM KERJA

Rapat Program Kerja adalah rapat yang dilakukan saat membahas sebuah program kerja dari masing masing biro serta divisi khusus tersebut yang dipimpin oleh ketua pelaksana program kerja serta dihadiri seluruh anggota kepanitiaan.

Pasal 23RAPAT EVALUASI KERJA

1. Rapat Evaluasi Kerja adalah rapat yang dilakukan untuk mengevaluasi program kerja dari setiap biro yang dihadiri Ketua BEM, Wakil Ketua BEM, Sekretaris, Bendahara, Ketua Biro, Wakil Ketua Biro,dan staff biro.2. Rapat ini dilaksanakan setiap 3 bulan.Pasal 24RAPAT PIMPINAN

1. Rapat pimpinan adalah rapat yang dihadiri oleh Ketua BEM, Wakil Ketua BEM, Sekretaris, Bendahara, Ketua Biro, dan Wakil Ketua Biro untuk membahas masalah internal dan eksternal BEM FK USAKTI.

2. Rapat ini dilaksanakan setiap 1 bulan.

Pasal 25

RAPAT KOORDINASI BEM FK USAKTI DIVISI KHUSUS BEM FK USAKTI

1. Rapat Koordinasi BEM FK USAKTI dengan Divisi Khusus BEM FK USAKTI adalah rapat yang dihadiri oleh Ketua BEM,Wakil Ketua BEM,Ketua Biro Minat dan Bakat beserta staff,Ketua Biro Hubungan Luar beserta staff dan Ketua Divisi Khusus

2. Rapat Koordinasi BEM FK USAKTI dengan Divisi Khusus BEM FK USAKTI adalah rapat yang bertujuan untuk:

a. Mensosialisasikan suatu kebijakan yang ditetapkan oleh PARLEMEN FK USAKTI

b. Membahas program kerja dari divisi khusus pada awal terbentuknya kepengurusan disetiap periodenya

c. Mengevaluasi program kerja dari divisi khusus setiap 3 bulan sekali

d. Membahas masalah-masalah yang dialami oleh divisi khusus dalam menjalankan program kerjanya serta mencari solusi strategis untuk pemecahannyaBAB VIII

PROGRAM KERJA

Pasal 26

1. Pelaksanaan program kerja mengacu pada JUKLAK - JUKNIS BEM FK USAKTI yang bertujuan untuk mencari dan mengembangkan potensi diri, menyalurkan kreativitas dan ide, serta menerapkan ilmu kedokteran dalam lingkungan masyarakat luas.2. Prinsip pelaksanaan program adalah prinsip pokok yang harus diterapkan dan dipegang teguh dalam perencanaan dan pelaksanaan program. Prinsip prinsip tersebut adalah bertakwa, demokratis, dinamis, independen, intelektual, kekeluargaan dan kesetiakawanan sosial sebagai pengamalan JUKLAK - JUKNIS BEM FK USAKTI.

Pasal 27

MEKANISME KEUANGAN

1. Dana kegiatan mahasiswa (DKM) yang diperoleh BEM FK USAKTI dalam penggunaannya diperuntukan bagi kegiatan mahasiswa yang pengelolaannya dilakukan oleh bendahara BEM sesuai kesepakatan yang dihasilkan dalam rapat kerja BEM FK USAKTI.2. DKM pertama kali diturunkan kepada bendahara BEM di bawah tanggung jawab Ketua BEM FK USAKTI.3. Biro dan Divisi Khusus memberitahukan penggunaan DKM kepada bendahara dan sebelum kegiatannya dilaksanakan dalam paket proposal dan setelah kegiatan dalam bentuk Laporan Pertanggungjawaban (LPJ).4. Bendahara BEM berkewajiban atas peninjauan LPJ keuangan setiap kegiatan dari setiap Biro dan Divisi Khusus yang kemudian dilaporkan kepada Ketua BEM dan diserahkan kepada Parlemen FK USAKTI.5. Apabila dalam melakukan proses peninjauan ditemukan pelanggaran dalam penggunaan dana, maka Bendahara wajib dilaporkan kepada Ketua BEM untuk ditindak lanjuti.

6. Apabila sebuah program kerja memperoleh keuntungan sebesar lebih besar atau sama dengan 5% dari total anggaran program kerja tersebut, maka 70% dari keuntungan diserahkan kepada bendahara BEM dan 30% diserahkan kepada ketua biro pelaksana program kerja tersebut.7. Berdasarkan total dana kegiatan mahasiswa (DKM) yang diperoleh BEM FK USAKTI pada saat rapat pembagian dana kegiatan mahasiswa (DKM), maka 70% dari dana yang didapatkan dialokasikan untuk BEM FK USAKTI dan 30% dari dana yang didapatkan dialokasikan untuk DivSus.

8. Setiap biro dan Divisi Khusus yang ingin mengajukan permohonan untuk penggunaan DKM, wajib menyertakan rincian pengeluaran dalam kegiatannya pada saat rapat pembagian dana kegiatan mahasiswa (DKM) BEM FK USAKTI.Pasal 28

MEKANISME PERTANGGUNGJAWABAN

1. Pertanggungjawaban yang dimaksud adalah pertanggungjawaban setiap biro dan divisi khusus Badan Pengurus BEM FK USAKTI dalam bentuk LPJ tentang penyelenggaraan kegiatan beserta penggunaan seluruh anggarannya baik DKM, sponsor, dll.

2. Pertanggungjawaban setiap kegiatan dalam bentuk LPJ wajib diserahkan kepanitiaan kepada biro atau divisi khusus terkait paling lambat 21 hari setelah kegiatan terlaksana. Apabila lewat dari batas waktu yang ditentukan pengajuan kegiatan selanjutnya tidak akan diterima sampai LPJ kegiatan sebelumnya diserahkan biro atau divisi khusus terkait.

BAB IX

PERUBAHAN ,PENGESAHAN, DAN PERALIHAN JUKLAK - JUKNIS

Pasal 29

PERUBAHAN JUKLAK - JUKNIS

Perubahan pasal pasal JUKLAK JUKNIS BEM FK USAKTI dapat dilakukan melalui rapat kerja BEM FK USAKTI.

Pasal 30

PENGESAHAN JUKLAK - JUKNIS

Pengesahan JUKLAK - JUKNIS BEM FK USAKTI dilakukan dengan surat keputusan Ketua BEM FK USAKTI.Pasal 31

KETENTUAN PERALIHAN

1. Segala peraturan yang ada terus berlaku sepanjang tidak bertentangan dengan JUKLAK JUKNIS BEM FK USAKTI atau belum ada peraturannya di dalam JUKLAK JUKNIS BEM FK USAKTI.

2. Bila terjadi perubahan JUKLAK - JUKNIS BEM FK USAKTI maka aturan yang berlaku pada masa peralihan adalah aturan pada JUKLAK JUKNIS BEM FK USAKTI yang ada selama belum ada aturan baru yang berlaku.BAB X

PENUTUP

Pasal 32

KETENTUAN PENUTUP

JUKLAK - JUKNIS BEM FK USAKTI mulai berlaku sejak disahkan oleh Ketua BEM FK USAKTI.PETUNJUK TEKNIS

BAB I

KEPENGURUSAN BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA

FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS TRISAKTI

Pasal 1Badan Pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti terdiri dari :

1. Pengurus Inti Badan Pengurus BEM FK USAKTI:

a) Ketua BEM

b) Wakil Ketua BEM

c) Sekretaris 1 dan 2d) Bendahara

2. Pengurus Harian Badan Pengurus BEM FK USAKTI:

a) Ketua dan Wakil Ketua Biro Pendidikan dan Profesib) Ketua dan Wakil Ketua Biro Pengembangan Sumber Daya Mahasiswac) Ketua dan Wakil Ketua Biro Pengembangan Organisasi Sumber Daya Mahasiswad) Ketua dan Wakil Ketua Biro Pengabdian Masyarakate) Ketua dan Wakil Ketua Biro Penelitianf) Ketua dan Wakil Ketua Biro Minat dan Bakatg) Ketua dan Wakil Ketua Biro Komunikasi, Informasi, dan Kesekretariatanh) Ketua dan Wakil Ketua Biro Hubungan Luar

i) Ketua dan Wakil Ketua Biro Kajian dan Strategij) Ketua dan Wakil Ketua Biro Kewirausahaan 3. Pengurus Harian Badan Pelengkap BEM FK USAKTI

A. Ketua Divisi Khusus Kerohanian SKI Asy-Syifa

B. Ketua Divisi Khusus Damianus Kudus

C. Ketua Divisi Khusus DhammasenaD. Ketua Divisi Khusus Futsal

E. Ketua Divisi Khusus Basket

F. Ketua Divisi Khusus Bulu TangkisG. Ketua Divisi Khusus Senapati AracanaH. Ketua Divisi Khusus Asian Medical Student Association (AMSA Trisakti)

I. Ketua Divisi Khusus Persekutuan Oikumene Universitas Trisakti (POUTRI)

4. Anggota dari masing-masing biro

5. Badan pengurus inti,badan pengurus harian dan badan pengurus pelengkap, beserta anggota dari setiap biro BEM FK USAKTI disahkan oleh Wadek III FK USAKTI dan mendapatkan surat keputusan WADEK III

Pasal 2

PENGGANTIAN DAN PEMBERHENTIAN

1. Penggantian sewaktu waktu pengurus BEM FK USAKTI dilakukan menurut rapat pimpinan BEM berdasarkan mekanisme yang berlaku.2. Pemberhentian pengurus BEM FK USAKTI dilakukan karena :

a) Permintaan sendiri melalui surat pengunduran diri dan disetujui oleh Ketua BEM FK USAKTI.b) Dikenakan tindakan disipliner apabila melanggar JUKLAK JUKNIS BEM FK USAKTI.3. Pemberhentian dan penggantian Badan Pengurus BEM FK USAKTI adalah hak dan wewenang Ketua BEM FK USAKTI.

Pasal 3

SANKSI

1. Jenis jenis sanksi :

a) Teguran lisan 1,2,3

b) Surat peringatan (SP) 1,2

c) Pemberhentian Langsung (SP 3)

2. Surat Peringatan 1 dikeluarkan apabila :

a) Tidak menghadiri rapat yang disebutkan dalam pasal (19) Petunjuk Pelaksanaan sebanyak 3 kali berturut turut tanpa alasan yang jelas menurut pelaksana rapat tersebut.b) Tidak berperan aktif dalam kegiatan BEM sesuai dengan pengaduan ketua biro yang bersangkutan.c) Telah mendapatkan teguran lisan sebanyak 3 kali.d) Melanggar JUKLAK - JUKNIS BEM FK USAKTI yang berlaku.3. Surat Peringatan 2 dikeluarkan apabila :

a) Menghilangkan atau merusak inventaris kesekretariatan dengan tidak sengaja dan tanpa mengganti.b) Pihak yang bersangkutan mengulangi perbuatan yang telah dilakukan setelah sebelumnya mendapat SP 1.4. Surat Peringatan 3 dikeluarkan apabila :

a) Menghilangkan atau merusak inventaris kesekretariatan dengan sengaja dan tidak mengganti.b) Memasukkan unsur yang dapat mengganggu stabilitas dan kedinamisan kepengurusan dan keanggotaan BEM FK USAKTI .c) Pihak yang bersangkutan mengulangi perbuatan yang telah dilakukan setelah sebelumnya mendapat SP 2.5. Dengan dikeluarkannya SP 3 menandakan orang tersebut tidak lagi terdaftar dalam Badan Pengurus BEM FK USAKTI pada periode dikeluarkannya orang yang bersangkutan.

BAB II

TATA KERJAPasal 4

TATA KERJA ADMINISTRASI

1. Perangkat kerja kesekretariatan adalah :

a) Kop surat BEM FK USAKTI dengan disertai lambang BEM FK USAKTI di sebelah kiri atas

b) Amplop surat BEM FK USAKTI adalah amplop biasa yang dilengkapi dengan kop surat

c) Stempel BEM FK USAKTI berbentuk lambang BEM FK USAKTId) Buku absensi rapat :

No.NamaNIMJabatanTanda Tangan

e) Buku surat masuk :

No.Tanggal SuratSurat DariNomor SuratPerihalKet

f) Buku surat keluar :

No.Tanggal SuratNomor SuratDiajukan kepadaPerihalKet

2. Mekanisme penulisan surat

a. Penulisan nomor surat

Contoh :

No. : 001/SU/BEM FK USAKTI/I/2010

Keterangan :

001 : Nomor urut surat

SU : Jenis Surat

BEM FK USAKTI : Institusi pembuat surat

I: Bulan

2010 : Tahun

b. Penulisan kepala surat

Jakarta 9 Desember 2009

Nomor :

Lampiran :

Perihal :

Keterangan :

Nomor = Nomor surat

Lampiran = Lampiran surat

Perihal = Perihal

c. Alamat tujuan

Kepada Yth.

(Tujuan Surat)

di (Lokasi)

d. Kalimat pembuka

Dengan Hormat,

Bersama ini kami mengundang Saudara dalam acara (Agenda Dalam Undangan, yang akan diadakan pada :

e. Isi surat

f. Kalimat penutup

Demi kelancaran berlangsungnya acara, kami mengharapkan kehadiran Saudara tepat pada waktunya. Atas perhatian dan kerjasamanya, kami ucapkan terima kasih.

g. Tanda tangan

Hormat Kami,

JabatanNama Lengkap

NIMh. StempelPosisi stempel menyentuh tanda tangan pada bagian sebelah kiri.

3. Mekanisme penulisan surat keputusan

a. Penulisan nomor surat keputusan

Contoh :

No.

: 001/SK/BEM FK USAKTI/I/2010

Keterangan :

001 = nomor urut Surat Keputusan

SK = Surat Keputusan BEM FK USAKTI : Institusi pembuat surat

JANUARI : Bulan

2010 : Tahun

b. Penulisan kepala surat keputusan

Contoh :

SURAT KEPUTUSAN KETUA

BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN

UNIVERSITAS TRISAKTI

NOMOR : 001/SK/BEM FK USAKTI/I/2010

MENGENAI

.........................................

c. Kalimat pembuka

Contoh :

Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti

d. Isi surat keputusan

Menimbang : (Pandangan Umum)

Mengingat : (Peraturan peraturan yang berkaitan dengan isi Surat Keputusan )

Memutuskan : (Isi pokok/inti dari Surat Keputusan)

e. Kalimat penutup

Contoh :

Ditetapkan : Jakarta

Pada Tanggal : 27 Januari 2010

Keterangan :

Jakarta = Kota tempat ditetapkannya Surat Keputusan

27 Januari 2010 = Tanggal, bulan dan tahun ditetapkannya Surat Keputusanf. Tanda tangan

Contoh :

Ketua BEM FK USAKTI

Periode 2009 2010

Septian Dwi Nurcahyo

030.06.241

4. Mekanisme penyusunan proposal

a. Cover judul

PROPOSAL KEGIATAN

(Nama Kegiatan)

Lambang BEM FK USAKTI

(Nama Institusi beserta tahun kepengurusan)

b. Isi proposal

I. Pendahuluan

Latar Belakang

Dasar Pemikiran

II. Maksud dan Tujuan

Maksud

Tujuan

III. Nama, Bentuk dan Sasaran

Nama kegiatan

Bentuk kegiatan

Sasaran kegiatan

IV. Waktu dan Tempat

V. Panitia Pelaksana (Lampiran 1)

(Susunan panitia lengkap dengan NIM)

VI. Anggaran Biaya (Lampiran 2)

1. Pemasukan2. Pengeluaran

VII. Penutup

Demikianlah..........

Jakarta (Tanggal, Bulan, Tahun)

Hormat Kami,

(Ketua Pelaksana)

(Ketua Biro)

Menyetujui,

(Ketua Parlemen)

(Ketua BEM)

Mengetahui,

(Wadek III)Menyetujui,

(Dekan)

5. Mekanisme penyusunan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ)

a. Cover judul

PROPOSAL KEGIATAN

(Nama Kegiatan)

Lambang BEM FK USAKTI

(Nama Institusi beserta tahun kepengurusan)b. Isi LPJ

1. Pendahuluan

Latar belakang

Maksud dan Tujuan

Sasaran

Bentuk Kegiatan

Metode Pelaksanaan

2. Pelaksanaan

Persiapan

Uraian Pelaksanaan Kegiatan

Waktu dan Tempat

Susunan Acara

Faktor pendukung dan penghambat terlaksananya kegiatan

Indikator keberhasilan3. Laporan Keuangan

PemasukanPengeluaran

11

22

33

4Total4Total

4. Lampiran

Foto foto dokumentasi kegiatan

Surat surat yang dibuat untuk keperluan kegiatan (SIK, dsb)

Bukti bukti penggunaan dana (berupa bon atau nota pembelian)

5. Penutup

Demikanlah

Jakarta, (Tanggal, Bulan, Tahun)

Hormat Kami,

(Ketua Pelaksana)

(Ketua Biro)

Menyetujui,

(Ketua Parlemen)

(Ketua BEM)Pasal 5

TATA KERJA KEBENDAHARAAN1. Perangkat kerja kebendaharaan adalah :

a) Buku Inventaris Uang

b) Jurnal Umum

c) Buku Inventaris Barang

d) Buku Inventaris Sumber Daya Manusia

2. Mekanisme Kebendaharaan

a) Buku Inventaris Uang adalah buku yang memuat data seluruh uang yang ada di BEM FK USAKTI dibawah tanggung jawab bendahara BEM FK USAKTI.

Contoh :

No.Tanggal Sumber DanaJenis PemasukanNama UnitJumlah UnitKeteranganTotal

b) Jurnal Umum adalah Buku penerimaan dan pengeluaran secara umum dan dioperasikan oleh bendahara BEM FK USAKTIContoh :

No. Tanggal Keterangan Debet Kredit Saldo

c) Buku Inventaris Barang adalah buku yang memuat data seluruh barang yang ada di kesekretariatan BEM FK USAKTI

Contoh :

No. Nama BarangMerk BarangJumlah Kondisi Status BarangKeterangan

d) Buku Inventaris Sumber Daya Manusia adalah buku yang memuat data seluruh sumber daya manusia yang ada di BEM FK USAKTI

Contoh :

No. Nama LengkapNama PanggilanJabatan NIMAlamat No.TelpNo. Hp

Pasal 6

ORIENTASI KERJA BIRO

1. Biro Pendidikan dan Profesi a) Meningkatkan dan mengembangkan intelektualitas dan akademik mahasiswa FK USAKTI baik pre-klinik dan klinik.2. Biro Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa a) Meningkatkan dan mengembangkan sumber daya mahasiswa berdasarkan seven star doctors.3. Biro Pengembangan Organisasi Sumber Daya Mahasiswaa) Melakukan pengakaran serta meningkatkan kualitas mahasiswa dalam pengembangan organisasi BEM FK USAKTI.4. Biro Pengabdian Masyarakat

a) Mengadakan berbagai kegiatan yang bersifat aksi sosial kemasyarakatan.5. Biro Penelitian

a) Mengadakan penelitian untuk pengembangan masyarakat FK USAKTI berbasis akademis dan kesehatan.b) Mengirimkan delegasi untuk lomba - lomba eksternal

6. Biro Minat dan Bakat

a) Mengembangkan potensi masyarakat FK USAKTI di bidang seni, olahraga, dan kerohanian.b) Mengadakan kegiatan kegiatan yang bersifat kesenian, jasmani dan kerohanian.c) Membawahi divisi khusus SKI Asy-Syifa, Damianus Kudus, Dhammasena, Poutri, Futsal, Basket, Badminton , dan Senapati Aracana.7. Biro Komunikasi, Informasi, dan Kesekretariatana) Menerima, mengolah, menyalurkan serta menjalin komunikasi BEM FK USAKTI dengan masyarakat luas.b) Mempublikasikan kegiatan kegiatan baik sebelum dan sesudah pelaksanaan.8. Biro Hubungan Luar

a) Bertanggung jawab dalam membangun citra BEM FK USAKTI di lingkup eksternal sebagai organisasi kemahasiswaan dengan berazaskan Pancasila dan bersifat kebersamaan dan intelektual.

b) Membawahi divisi khusus AMSA.9. Biro Kajian dan Strategia) Mengkaji serta memberikan solusi dari masalah-masalah internal maupun eksternal BEM FK USAKTI.10. Biro Funding & Partnership

a) Membantu secara finansial untuk kepentingan BEM FK USAKTI.

Pasal 7

Orientasi Program Kerja BEM Muda dan Trific

1. BEM Muda dan Trisakti Scientific Club merupakan proker berkelanjutan dari BEM FK USAKTI.

2. BEM Muda merupakan program kerja yang berada dibawah tanggung jawab biro POSDM BEM FK USAKTI.

3. Trisakti Scientific Club atau disingkat Trific merupakan program kerja yang berada dibawah tanggung jawab biro Penelitian BEM FK USAKTI.

4. BEM Muda merupakan program kerja biro POSDM yang ditujukan untuk anggota biasa MM FK USAKTI dalam hal akselerasi pengenalan dini BEM selanjutnya disebut dengan magang di BEM FK USAKTI selama satu periode tersebut.

5. Trific merupakan program kerja BEM dari biro Penelitian yang bergerak dalam bidang keilmiahan ilmu kedokteran.

6. Trisakti Scientific Club atau selanjutnya disingkat Trific tidak diperkenankan untuk mempunyai sebuah emblem dan membentuk sebuah struktur organisasi, Trific hanya diperbolehkan untuk membentuk sebuah struktur kepanitiaan

7. BEM Muda dan Trific dapat mengenakan atribut sesuai ketentuan yang disetujui oleh BEM FK USAKTI.

8. Segala bentuk kegiatan dari Trific harus atas sepengetahuan BEM FK USAKTI.

9. BEM Muda tidak diperbolehkan membuat acara di luar Program Kerja BEM FK USAKTI.

Pasal 8

ORIENTASI KERJA DIVISI KHUSUS

1. Divisi Khusus Kerohanian SKI Asy-Syifa

Sebagai wadah informasi kegiatan kegiatan kerohanian Islam yang ada di lingkungan masyarakat FK USAKTI.

2. Divisi Khusus Damianus Kudus

Sebagai wadah informasi kegiatan kegiatan kerohanian Katholik yang ada di lingkungan masyarakat FK USAKTI.3. Divisi Khusus DhammasenaSebagai wadah informasi kegiatan kegiatan kerohanian Buddha yang ada di lingkungan masyarakat FK USAKTI.

4. Divisi Khusus PoutriSebagai wadah informasi kegiatan kegiatan kerohanian Kristen Protestan yang ada di lingkungan masyarakat FK USAKTI.

5. Divisi Khusus FutsalSebagai wadah informasi kegiatan kegiatan minat dan bakat tentang kegiatan futsal yang ada di lingkungan masyarakat FK USAKTI.

6. Divisi Khusus Basket

Sebagai wadah informasi kegiatan kegiatan minat dan bakat tentang kegiatan basket yang ada di lingkungan masyarakat FK USAKTI.

7. Divisi Khusus BadmintonSebagai wadah informasi kegiatan kegiatan minat dan bakat tentang kegiatan Badminton yang ada di lingkungan masyarakat FK USAKTI.

8. Divisi Khusus Senapati Aracana

Sebagai wadah informasi kegiatan kegiatan minat dan bakat tentang kegiatan Tari dan Rampak Gendang yang ada di lingkungan masyarakat FK USAKTI.9. Divisi Khusus AMSA

Sebagai wadah informasi kegiatan kegiatan yang berhubungan dengan hubungan internasional dan Non Government Organization yang ada di lingkungan masyarakat FK USAKTI.

Pasal 9JALUR KOORDINASI BEM DAN DIVISI KHUSUS1. Divisi khusus yang selanjutnya disingkat DivSus adalah organisasi di fakultas kedokteran Universitas Trisakti yang memiliki jalur koordinasi dengan Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universtitas Trisakti (BEM-FK) dan Parlemen Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti (PM-FK).

2. Dalam Koordinasinya, menjalankan dan mengadakan kegiatannya harus dengan persetujuan Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti (BEM-FK) dan Parlemen Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti (PM-FK) serta berada dalam pengawasan Parlemen.

3. DivSus merupakan organisasi fakultas dengan menggunakan sumber daya yang berasal dari MM FK USAKTI.

4. DivSus berkewajiban memberikan Laporan Pertanggungjawaban kepada BEM yang akan diserahkan kepada Parlemen pada akhir kepengurusan DivSus dan apabila diminta oleh Parlemen.

5. DivSus memiliki lambang sesuai dengan masing-masing DivSus dengan melampirkan nama BEM FK USAKTI.

6. DivSus yang telah berdiri diwajibkan untuk melaporkan keberadaannya kepada BEM dan Parlemen dengan melampirkan :

a. Juklak Juknis yang telah dicap asli oleh BEM FK USAKTI Dan Parlemen FK USAKTI dalam bentuk hardcopy.b. Susunan Kepengurusan disetiap periodenya, serta mendapatkan Surat Keputusan keluaran BEM FK USAKTI yang diketahui oleh Parlemen dan disetujui oleh Wakil Dekan 3 bagian kemahasiswaan.BAB III

KEANGGOTAAN

Pasal 10JENIS KEANGGOTAAN BEM FK USAKTI

1. Anggota BEM Muda2. Anggota BEM Tetap3. Anggota Purna

Pasal 11SYARAT

1. Anggota BEM Muda adalah mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti yang terdaftar secara sah dan belum atau sedang menjalani peraturan masa pembinaan anggota MM-USAKTI yang telah lulus dari rangkaian Open Recruitment BEM Muda FK USAKTI dan akan menjalani satu periode kepengurusan yang telah ditentukan oleh Parlemen FK USAKTI2. Anggota BEM Tetap adalah mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti yang terdaftar secara sah, telah menjalani masa pembinaan anggota MM-USAKTI, dan telah dilantik menjadi anggota BEM FK USAKTI oleh Wakil Dekan III FK Usakti dan akan menjalani satu periode kepengurusan yang telah ditentukan oleh Parlemen FK USAKTI3. Anggota Purna adalah anggota BEM FK USAKTI yang telah selesai melaksanakan kepengurusannya selama satu periode

Pasal 12HAK DAN KEWAJIBAN

1. Setiap anggota BEM tetap Badan Pengurus BEM FK USAKTI berhak menggunakan hak bicara dan hak suaranya

2. Setiap anggota BEM Muda BEM FK USAKTI berhak menggunakan hak bicaranya3. Setiap anggota Badan Pengurus BEM FK USAKTI berhak memakai atribut yang sesuai dengan hak dan kewajiban pemakainya

4. Setiap anggota Badan Pengurus BEM FK USAKTI berkewajiban menjaga nama baik Fakultas Kedokteran USAKTI

5. Setiap anggota Badan Pengurus BEM FK USAKTI berkewajiban untuk melaksanakan dan menjunjung tinggi AD/ART MM-USAKTI, PU/PP MM-USAKTI, JUKLAK-JUKNIS BEM FK USAKTI

6. Setiap anggota Badan Pengurus BEM FK USAKTI berhak mendapatkan pembelaan atas dirinya

7. Dan lain lain yang tidak bertentangan dengan AD/ART MM-USAKTI , PU/ PP FK USAKTI

Pasal 13SANKSI DAN PEMBELAAN

1. Anggota Badan Pengurus BEM FK USAKTI yang melanggar JUKLAK-JUKNIS serta mencemarkan nama baik akan dikeluarkan dari Badan Pengurus BEM FK USAKTI

2. Setiap anggota Badan Pengurus BEM FK USAKTI mempunyai hak untuk membela diri

Pasal 14HILANGNYA KEANGGOTAAN

1. Anggota meninggal dunia

2. Sudah tidak terdaftar sebagai mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti sebelum menyelesaikan masa studi

3. Melanggar JUKLAK-JUKNIS BEM FK USAKTI yang sesuai dengan bab 1 pasal 31