JENIS-JENIS TEKS DALAM KURUKULUM 2013

21
JENIS TEKS BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013 TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA A. Teks Kelas VII 1. Teks Laporan Hasil Observasi a. Pengertian:Teks laporan adalah teks yang berisi penjabaran umum/melaporkan sesuatu berupa hasil dari pengamatan (observasi). Teks laporan (report) ini juga disebut teks klasifikasi karena memuat klasifikasi mengenai jenis-jenis sesuatu berdasarkan kriteria tertentu. Jenis teks ini mendeskripsikan atau menggambarkan bentuk, ciri, atau sifat umum (general) seperti benda, hewan, tumbuh-tumbuhan, manusia, atau peristiwa yang terjadi di alam semesta kita. Teks laporan hasil observasi merupakan teks yang memuat klasifikasi mengenai jenis-jenis sesuatu berdasarkan kriteria tertentu yang telah diamati. b. Ciri-ciri: harus mengandung fakta bersifat objektif harus ditulis sempurna dan lengkap tidak memasukkan hal-hal yang menyimpang, mengandung prasangka, atau pemihakan. Disajikan secara menarik, baik dalam hal tata bahasa yang jelas, isinya berbobot, maupun susunan logis. c. Struktur: 1) Definisi Umum: berisikan tentang penjelasan umum tentang sesuatu yang akan dibahas (bagian pembukaan). 2) Deskripsi Bagian: deskripsi bagian berisi gambaran tentang sesuatu secara terinci (bagian isi). 3) Deskripsi Manfaat: deskripsi manfaat merupakan bagian yang berisi manfaat atau kegunaan (bagian penutup). d. Contoh teks Laporan Hasil Observasi CINTA LINGKUNGAN (1) Lingkungan hidup adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia dan berhubungan timbal balik. Lingkungan hidup ini mencakupi benda hidup dan benda mati. Benda hidup perlu makanan dan berkembang biak seperti manusia, binatang, dan tumbuhan. Benda mati antara lain tanah, air, api, batu, dan udara. Jika terpelihara dengan baik, lingkungan hidup itu dapat

Transcript of JENIS-JENIS TEKS DALAM KURUKULUM 2013

Page 1: JENIS-JENIS TEKS DALAM KURUKULUM  2013

JENIS TEKS BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013TINGKAT SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

A. Teks Kelas VII1.  Teks Laporan Hasil Observasi

a. Pengertian:Teks laporan adalah teks yang berisi penjabaran umum/melaporkan sesuatu berupa hasil dari pengamatan (observasi). Teks laporan (report) ini juga disebut teks klasifikasi karena memuat klasifikasi mengenai jenis-jenis sesuatu berdasarkan kriteria tertentu. Jenis teks ini mendeskripsikan atau menggambarkan bentuk, ciri, atau sifat umum (general) seperti benda, hewan, tumbuh-tumbuhan, manusia, atau peristiwa yang terjadi di alam semesta kita. Teks laporan hasil observasi merupakan teks yang memuat klasifikasi mengenai jenis-jenis sesuatu berdasarkan kriteria tertentu yang telah diamati.  

b. Ciri-ciri: harus mengandung fakta bersifat objektif harus ditulis sempurna dan lengkap tidak memasukkan hal-hal yang menyimpang, mengandung prasangka, atau pemihakan. Disajikan secara menarik, baik dalam hal tata bahasa yang jelas, isinya berbobot, maupun susunan logis.

c. Struktur:1) Definisi Umum: berisikan tentang penjelasan umum tentang sesuatu yang akan

dibahas (bagian pembukaan).2) Deskripsi Bagian: deskripsi bagian berisi gambaran tentang sesuatu secara terinci

(bagian isi).3) Deskripsi Manfaat: deskripsi manfaat merupakan bagian yang berisi manfaat atau

kegunaan (bagian penutup).d. Contoh teks Laporan Hasil Observasi

CINTA LINGKUNGAN

(1) Lingkungan hidup adalah segala sesuatu yang ada di sekitar manusia dan berhu-bungan timbal balik. Lingkungan hidup ini mencakupi benda hidup dan benda mati. Benda hidup perlu makanan dan berkembang biak seperti manusia, binatang, dan tumbuhan. Benda mati antara lain tanah, air, api, batu, dan udara. Jika terpelihara dengan baik, lingkungan hidup itu dapat menciptakan masyarakat yang sehat, aman, tentram, lahir dan batin.

(2) Indonesia merupakan paru-paru dunia kedua. Indonesia memiliki hutan lebat yang memberikan banyak oksigen.Di Negara ini terdapat tumbuh-tumbuhan dan hewan yang khas, seperti matoa, kayu cendana, burung cenderawasih, orang utang, dan komodo.

(3)  Ekosistem di Indonesia yang masih terjaga, salah satunya, adalah kawasan Gunung Kidul.Di daerah itu sungai di bawah tanah airnya melimpah.Di gua dan sekitar sungai masih dihuni segerombolan kelelawar dan fitoplankton. Fitoplankton itu menjadi makanan ikan sehingga ikan berkembang biak dengan baik. Hewan-hewan melata atau reptil, seperti ular, kadal, dan tokek masih berkeliaran.Burung-burung kecil berkicau, musang berlari-larian, ayam berkokok, dan berbagai serangga hidup saling berpengaruh.

(4) Alam yang indah ini harus dicintai, dijaga, dan dilestarikan. Kecintaan pada alam itu harus selalu kita tumbuhkan kepada seluruh warga Indonesia.Selain itu, rasa cinta itu juga harus terus ditanamkan agar alam Indonesia tetap menjadi paru-paru dunia yang bermanfaat bagi kehidupan seluruh makhluk yang hidup dari masa ke masa.

Page 2: JENIS-JENIS TEKS DALAM KURUKULUM  2013

Keterangan: paragraf (1) merupakan definisi umum, paragraf (2) merupakan deskripsi bagian, paragraf 3 dan 4 merupakan deskripsi manfaat atau kegunaan.

2.Teks Tanggapan Deskriptifa. Pengertian:Teks tanggapan deskriptif adalah teks yang berisi tentang tanggapan berupa uraian

bentuk, ciri-ciri, dan keadaan sesuatu yang dideskripsikan untuk tempat dan waktu tertentu. Teks tanggapan deskriptif disusun dengan struktur yang terdiri atas identifikasi, klasifikasi, dan deskripsi bagian. Bagian identifikasi berisi ciri, benda, tanda, dan sebagainya yang ada di dalam teks tersebut. Bagian klasifikasi berisi pengelompokan menurut jenis, kelompok, dsb., Sementara itu, deskripsi bagian berisi tentang gambaran-gambaran bagian di dalam teks tersebut.

b. Ciri-ciri:1) Menggambarkan atau melukiskan sesuatu2) Penggambaran tersebut dilakukan sejelas-jelasnya dengan malibatkan kesan indra3) Membuat pembaca atau pendengar merasakan sendiri atau , mengalami sendiri

c. Struktur:1) Identifikasi berisi ciri, benda, tanda, dan sebagainya yang ada di dalam teks tersebut.2) Klasifikasi berisi pengelompokan menurut jenis, kelompok, dsb.3) Deskripsi bagian berisi tentang gambaran-gambaran bagian di dalam teks tersebut. 

d. Contoh Teks

Tari Saman

(1) Tari Saman tercatat di UNESCO pada Daftar Representatif Budaya Takbenda Warisan Manusia.Penetapan itu dilaksanakan pada Sidang ke-6 Komite Antar Pemerintah untuk Perlindungan Warisan Budaya Takbenda UNESCO di Bali, pada 24 November 2011.Pada awalnya Tari Saman merupakan salah satu media untuk menyampaikan pesan (dakwah).Tari Saman mengandung pendidikan keagamaan, sopan santun, kepahlawanan, kekompakan, dan kebersamaan.

(2)  Penari Saman berjumlah ganjil.Mereka menyanyikan syair lagu berbahasa Gayo bercampur dengan bahasa Arab saat menari. Nyanyian dalan Tari Saman dibagi menjadi lima macam. Regnum adalah nyanyian berupa suara auman.Dering adalah suara auman yang dilakukan oleh semua penari. Radet adalah lagu singkat dengan suara pendek yang dinyanyikan oleh seorang penari pada bagian tengah tari.Syek adalah lagu yang dinyanyikan oleh seorang penari dengan suara panjang tinggi melengking, biasanya sebagai tanda perubahan gerak.Saur yaitu lagu yang diulang bersama oleh seluruh penari setelah dinyanyikan oleh penari solo.Selain nyanyian, gerakan penari Saman iiringi alat musik berupa gendang, suara teriakan penari, tepuk tangan penari, tepuk dada penari, dan tepuk paha penari.Gerak dalam tari itu disebut guncang, kirep, lingang, dan surang-saring (semua gerak ini adalah bahasa Gayo).

(3) Kostum atau busana khusus Tari Saman terbagi tiga bagian. Pada kepala dipakai bulung teleng dan sunting kepies.Bulung teleng disebut juga tengkuluk, yaitu kain berdasar hitam berbentuk empat persegi panjang.Sunting kepies atau tajuk bunga digunakan di bagian kanan kepala.Pada badan dipakai baju pokok, celana, dan kain sarung.Baju pokok disebut juga

Page 3: JENIS-JENIS TEKS DALAM KURUKULUM  2013

baju kerawang yaitu baju bertangan pendek berwarna hitam disulam benang putih, hijaun, dan merah. Pada tangan dipakai topeng gelang dan sapu tangan.Penggunaan warna pada kostum penari sangat penting menurut tradisi karena warna mengandung nilai-nilai yang menunjukan identitas, kekompakan, kebijakan, keterpaksaan, keberanian, dan keharmonisan para pemakainya.

Keterangan: paragraf 1 merupakan identifikasi, paragraf 2 klasifikasi atau definisi, dan paragraf 3 merupakan deskripsi bagian.

3.   Teks Eksposisia. Pengertian: teks ekposisi adalah karangan yang menyajikan sejumlah pengetahuan atau

informasi.b. Ciri- ciri:

1) Berusaha menjelaskan tentang sesuatu2) Gaya bersifat informatif3) Fakta dipakai sebagai alat kontribusi4) Fakta dipakai sebagai alat kontritasi5) Paragraf eksposisi umumnya menjawab tentang askadimega

c. Struktur:1) Pendapat (tesis) berisi tentang pendapat yang dikemukakan oleh penulis teks.2) Argumentasi atau isi berisi tentang argumen-argumen (alasan) yang mendukung

pernyataan penulis.3) Penegasan ulang berisi tentang pengulangan pernyataan yang digunakan untuk

meyakinkan pembaca tentang kebenaran pernyataan (tesis).d. Contoh teks

Remaja dan Pendidikan Karakter

(1)Remaja adalah masa transisi dari masa anak-anak ke masa awal dewasa.Usia remaja berada pada kisaran usia 10 tahun sampai dengan 21 tahun. Pada masa itu remaja sedang mencari identitas dirinya.Oleh karena itu, remaja harus mendapat pendidikan karakter agar dapat mengarahkan minatnya pada kegiatan-kegiatan positif.Pendidikan karakter yang dapat diberikan pada remaja, antara lain, berperilaku jujur, kreatif, percaya diri, santun, dan peduli.

(2)Remaja mengalami gejolak emosi karena perubahan berat dan tinggi badan yang berpengaruh juga pada perkembangan psikisnya.Pada masa gejolak itu merupakan masa sulit sehingga remaja memerluka pengendalian diri yang kuat ketika berada di sekolah, di rumah, dan di lingkungan masyarakat.Dalam keadaan seperti ini, remaja membutuhka orang dewasa untuk mengarahkan dirinya.Untuk itu, agar tidak terjerumus pada hal-hal negatif remaja harus mempunyai pendidikan karakter.

(3)Pendidikan karakter ini dapat membentuk remaja menjadi berprestasi.Di dalam pendidikan karakter mereka diajari nilai religious yang menguraikan kebaikan agar remaja tumbuh sebagai manusia yang peka pada lingkungan social.Di samping itu, mereka diajari juga nilai toleransi dan nilai cinta damai atau nilai nilai kemanusiaan yang membentuk remaja mempunyai sifat pengasih berbudi pekerti, dan cinta damai.Dalam pendidikan karakter itu

Page 4: JENIS-JENIS TEKS DALAM KURUKULUM  2013

mereka diajari juga nilai suka bekerja keras, kreatif, mandiri, dan mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi yang dapat menjadikan remaja sebagai orang yang berprestasi.

(4)Dengan demikian, nilai-nilai positif dalam pendidikan karakter itu dapat membentuk remaja yang unggul. Mereka akan bisa bersaing baik di tingkat nasional maupun tingkat internasional. Dengan begitu, remaja yang memiliki karakter kuat akan tumbuh sebagai remaja yang unggul dan dibanggakan karena sehat secara fisik,stabil dala emosi, dan intelektualnya berkembang baik.

Keterangan: paragraf 1 merupakan tesis, paragraf 2 dan 3 argumentasi, dan paragraf4 merupakan penegasan.

4    Teks Eksplanasi a. Pengertian: adalah teks yang menjelaskan tentang  proses terciptaan sesuatu yang terjadi

secara alamiah, atau proses bekerjanya fenomena alam maupun sosial.b. Ciri-ciri:

1) Strukturnya terdiri atas pernyataan umum, penjelasan, dan interpretasi2) Memuat informasi berdasarkan fakta3) Faktualnya memuat informasi yang bersifat keilmuan

c. Struktur:1) Pernyataan umum (pembukaan) berisi informasi singkat tentang apa yang dibicarakan. 2) Deretan penjelasan (isi) berisi urutan uraian atau penjelasan tentang peristiwa yang

terjadi. 3) Interpretasi/penutup (tidak harus ada) berisi pendapat singkat penulis tentang peristiwa

yang terjadi. Bagian ini merupakan penutup teks eksplanasi yang boleh ada atau tidak ada.

d. Fitur Bahasa yang Dominan:1) Penggunaan kata kerja aksi2) Penggunaan kalimat pasif3) Penggunaan frasa nomina4) Penggunaan frasa adverbial5) Penggunaan terminologi teknis6) Penggunaan nomina umum dan abstrak7) Penggunaan konjungsi waktu serta sebab-akibat

d. Contoh teks

Tsunami

(1)Kata “tsunami” berasal dari bahasa Jepang yang berarti pelabuhan (“tsu”) dan gelombang (“nami”).Tsunami adalah rangkaian gelombang yang timbul akibat air yang ada di danau atau di laut secara cepat bergerak dalam skala yang besar.

(2)Tsunami terjadi ketika dasar laut mengalami kerusakan bentuk dan secara vertikal merubah posisi air yang datar.Gerakan vertikal yang besar dari patahan bumi dapat terjadi pada lapisan bumi.

(3)Gempa bumi yang tejadi di dasar laut sangat berpotensi  menimbulkan tsunami. Patahan dasar laut menyebabkan equalibrum air menjadi terganggu.Semakin besar daerah

Page 5: JENIS-JENIS TEKS DALAM KURUKULUM  2013

patahan yang terjadi, semakin besar pula tenaga gelombang yang di hasilkan.Gelombang besar yang mengalir deras ke daratan inilah yang sangat berbahaya bagi manusia.

(4)Kamu tidak perlu khawatir karena tidak semua gempa dan letusan gunung berapi menyebabkan tsunami dan tidak semua tsunami menimbulkan gelombang besar.Tsunami selalu membawa kerusakan besar bagi manusia.Kerusakan yang terbesar disebabkan oleh gelombang besar yang membanjir daratan. Gelombang ini ketika mengenai pemukiman manusia akan menyeret apa saja yang dilaluinya. Kadang, korban jiwa yang terjadi bukanlah karena disebabkan oleh ombak besar tsunami yang mengalir, tapi karena benturan dengan benda-benda yang dibawa gelombang tsunami.Selain itu lumpur yang ikut terseret gelombang tsunami menyebabkan manusia menjadi sulit untuk menyelamatkan diri dengan cepat.

Keterangan: paragraf 1 pernyataan umum, paragraf 2 dan 3 penjelasan atau ekplanasi, dan paragraf 4 interpretasi atau penutup.

5    Teks Cerita Pendeka. Pengertian: adalah teks yang berisikan kisah atau cerita tentang manusia dan seluk beluknya

lewat tulisan pendekb. Ciri-ciri:

1) Terdiri kurang dari 10.000 kata2) Bentuk tulisan yang singkat dan lebih pendek dari novel3) Isi cerita berasal dariu kehidupan sehari-hari4) Penokohan dalam cerpen sederhana5) Bersifat fiktif6) Hanya punya satu alur7) Penggunaan kata-kata yang mudah dipahami

c. Sruktur:1) Orientasi  merupakan bagian awal yang berisi pengenalan tokoh, latar tempat dan waktu,

dan awalan masuk ke tahap berikutnya.2) Komplikasi merupakan komplikasi berisi tokoh utama berhadapan dengan masalah

(problem). Bagian ini menjadi inti teks narasi dan harus ada. Jika masalah pada bagian ini tidak ada, penulis harus menciptakannya.

3) Resolusi merupakan resolusi berisi pemecahan masalah. Masalah harus diselesaikan dengan cara yang kreatif

d. Contoh cerpen (dapat diambil cerpen sederhana dari koran atau majalah remaja)

B.  Teks Kkelas VIII1.    Teks Cerita Fabela. Pengertian: fabel adalah cerita yang menceritakan kehidupan hewan yang berperilaku

menyerupai manusia. Cerita tersebut tidak mungkin kisah nyata. Fabel adalah cerita fiksi, maksudnya khayalan belaka (fantasi). Kadang fabel memasukkan karakter minoritas berupa manusia.

b. Ciri-ciri: 1) Menggunakan tokoh hewan dalam 2) Hewan yang sebagai tokoh utama dapat bertingkah seperti manusia (berbicara, berfikir)

Page 6: JENIS-JENIS TEKS DALAM KURUKULUM  2013

3) c.       Menunjukkan penggambaran moral / unsur moral dan karakter manusia dan kritik tentang kehidupan di dalam ceritanya.

4) Penceritaan yang pendek5) Menggunakan pilihan kata yang mudah6) Dalam cerita fabel, paling baik yang diceritakan adalah antara karakter manusia yang

lemah dan kuat 7) Menggunakan setting alam

c. Struktur:1) Orientasi, berupa pengenalan tentang cerita.2) Komplikasi, berupa konflik atau masalah yang timbul dalam cerita.3) Resolusi, berupa penyelesaian masalah dalam cerita.4) Koda, berupa perubahan yang terjadi pada tokoh dan pelajaran yang dapat di petik dari

cerita.d. Contoh fabel

2.   Teks Biografia. Pengertian: adalah teks yang berisi kisah atau keterangan tentang kehidupan seseorang.b. Ciri-ciri:

1) Strukturnya terdiri atas: Orientasi, Peristiwa/ Masalah, dan Reorientasi.2) Memuat informasi berdasarkan fakta (faktual) dalam bentuk narasi.3) Faktualnya berdasarkan pengalaman hidup seseorang yang patut diteladani.

c. Struktur:1) Orientasi, berisi pengenalan atau gambaran awal tokoh atau pelaku di dalam teks biografi.2) Peristiwa dan masalah, berisi penjelasan yang berisi peristiwa-peristiwa yang terjadi atau

pernah dialami oleh tokoh, termasuk masalah yang dihadapinya dalam mencapai tujuan dan cita-citanya..

3) Reorientasi, berisi pandangan penulis terhadap tokoh yang diceritakan. Reorientasi bersifat opsional, boleh ada, boleh juga tidak ada.

d. Contoh biografi

2.3    Teks Prosedura. Pengertian: merupakan teks yang berisi tujuan dan langkah-langkah yang harus diikuti agar

suatu pekerjaan dapat dilakukan. Langkah-langkah itu biasanya tidak dapat dibalik-balik, teks tersebut disebut protokol.

b. Ciri-ciri:1) Srukturnya terdiri atas tujuan dan langkah-langkah2) Memuat informasi tentang cara membuat, menggunakan, atau memakai sesuatu

c. Struktur:1) Tujuan, berisi maksud yang ingin dicapai.2) Langkah-langkah, berisi langkah-langkah yang harus ditempuh untuk mencapai tujuan

yang diinginkand. Fitur Bahasa yang Dominan:

1) Penggunaan kalimat imperatif2) Penggunaan kata keterangan rangkaian seperti, pertama, kedua, selanjutnya, dst.

Page 7: JENIS-JENIS TEKS DALAM KURUKULUM  2013

3) Penggunaan terminologi khusus.e. Contoh Teks

KARE TELUR SRI LANKA

(1)Kare Telur Sri Lanka yang akan kita buat ini berbahan dasar telur dan santan. Dinamakan Kare Sri Lanka karena kare ini mengadaptasi cara orang Sri Lanka dalam membuat kare yaitu dengan menggunakan kelapa untuk mengentalkan kuahnya serta menambah lezat cita rasanya.

(2)Bahan kuahnya adalah santan tanpa gula yang mengandung minyak kelapa alami.Santan jenis ini mudah dijumpai di supermarket-supermarket sekitar kita. Selain telur dan santan, bahan-bahan lain yang dibutuhkan adalah bawang merah, wortel, merica, jahe, seledri, garam, bawang putih, jeruk nipis, tepung, turmeik, dan bubuk kare.

(3)Yang pertama kali dilakukan adalah merebus telur hingga masak. Telur yang akan kita rebus kita masukkan ke dalam panci yang berisi air dingin. Angkat panci yang berisi telur dan letakan di atas kompor.Rebus telur selama 7 menit. Setelah itu angkat serta dinginkan telur dengan cara menyiramnya dengan air dingin.

(4)Sambil menunggu telur menjadi dingin, panaskan mentega dan minyak pada wajan kecil.Kemudian masukkan bawang merah, wortel, merica, dan seledri yang telah diiris-iris sebelumnya.Aduk hingga merata. Setelah merata, tambahkan bawang putih dan jahe dan lanjutkan lanjutkan masak sekitar lima menit. Setelah itu masukkan turmeik, bubuk kare dan tepung.Aduk lagi hingga campuran tadi menjadi rata.Lanjutkan dengan menambahkan air panas, kemudian aduk lagi agar kuah menjadi encer dan merata sempurna.Tambahkan penyedap yaitu garam dan merica kemudian masukkan pada santan.Aduk terus sekitar 20 menit dan bau harum kare tercium.Tambahkan jeruk nipis untuk penguat rasanya.

(5)Terakhir, kupas telur dan potong telur-telur tersebut menjadi dua bagian. Letakkan di piring secara teratur dan siram dengan kuah kari yang telah masak. Pastikan telur-telur tersebut tertutup oleh kuah kare.Dinginkan selama satu menit dan Kare Telur Sri Lanka pun siap untuk dinikmati bersama nasi.

Keterangan: paragraf 1 merupakan tujuan, paragraf 2 merupakan bahan-bahan atau perlengkapan, dan paragraf 3,4, dan 5 merupakan langkah-langkah atau metode.

2.4    Teks Diskusia. Pengertian: adalah enis teks yang berisi tinjauan terhadap sebuah isu dari dua sudut pandang

yang berbeda, yaitu sisi yang mendukung dan menentang isu tersebut. Teks diskusi sering disebut teks argumentasi dua sisi.

b. Ciri-ciri:1) memuat informasi yang bersifat informatif, argumentatif;2) ciri kebahasaannya menggunakan kata hubung perlawanan.

c. Struktur :1) Isu, berisi pengenalan masalah yang akan dibahas atau didiskusikan.2) Argumen Mendukung, berisi penjabaran lebih lanjut tentang isu yang sedang dibahas.

Page 8: JENIS-JENIS TEKS DALAM KURUKULUM  2013

3) Argumen Menentang, berisi argumen yang bertentangan dengan pendapat yang mendukung.

4) Simpulan, berisi rekomendasi posisi atau pendapat akhir penulis mengenai isu yang dibahas.

d. Contoh teks

Larangan Merokok di Tempat Umum

            (1) Larangan merokok di tempat-tempat umum menjadi perdebatan yang marak di masyarakat. Kalangan yang mendukung terus mengumandangkan agar larangan it terus dijalankan.Sedangkan, bagi pihak yang kurang setuju mengharapkan agar larangan itu segera dicabut.            (2) Larangan merokok di tempat-tempat umum,menurut kalangan pendukung larangan, sangat efektif untuk mengurangi dampak buruk merokok,terutama bagi para perokok pasif. Yang dimaksud perokok pasif adalah orang-orang yang tidak merokok tetapi sempat menghirup asap rokok. Perlu dipahami bahwa perokok aktif dan perokok pasif sama-sama memiliki resiko tinggi atas ancaman bahaya merokok. Dengan larangan ini orang-orang non-perokok memiliki hak untuk melindungi diri dari menghisap asap nikotin. Orang-orang non-perokok tidak harus ikut sakit sebagai efek dari perbuatan orang lain (=perokok). Yang pasti,larangan tidak merokok di tempat umum akan mampu menciptakan tempat umum bebas dari asap rokok sekaligus meningkatkan kualitas udara.           (3) Sementara pihak yang berseberangan dengan larangan ini mengatakan bahwa larangan merokok menyebabkan penurunan pendapatan bagi dunia bisnis,seperti  bar, restoran, dan sejenisnya. Argumen lain adalah larangan merokok di tempat umum adalah menindas hak-hak asasi manusia,khususnya kaum perokok.          (4)  Berangkat dari hal-hal di atas,patut kiranya dikatakan bahwa larangan merokok di tempat umum sebagai upaya menciptakan lingkungan udara yang bersih sekaligus sebagai bentuk penghormatan bagi mereka yang bukan perokok. Sementara itu, bagi para perokok tetap diberi hak untuk menikmati rokok di area tertentu yang biasa disebut “smoking area”.

Keterangan: paragraf 1 merupakan isu, paragraf 2 merupakan argumen pendukung, paragraf 3 merupakan argumen penentang, dan paragraf 4 merupakan simpulan

2.5    Teks Ulasana. Pengertian:adalah teks yang berisi tinjauan suatu karya baik berupa film, buku, benda dan

lain sebagainya untuk mengetahui kualitas, kelebihan dan kekurangan yang dimiliki karya tersebut yang ditujukan untuk pembaca atau pendengar khalayak ramai.

b. Ciri-ciri:1) Strukturnya terdiri atas orientasi, tafsiran, evaluasi dan rangkuman2) Memuat informasi berdasarkan pandangan atau opini penulis terhadap suatu kerya atau

produk3) Opininya berdasarkan fakta yang diinterpretasikan 4) Dikenal dengan istilah lain yaitu resensi

Page 9: JENIS-JENIS TEKS DALAM KURUKULUM  2013

c.Struktur :1) Orientasi, merupakan gambaran umum atas bahan atau karya sastra yang akan diulas.

Gambaran umum karya atau benda tersebut bisa berupa paparan tentang nama, kegunaan, dan sebagainya.

2) Tafsiran, isi memuat pandangan pengulasnya sendiri mengenai karya yang diulas. Pada bagian ini penulis biasanya membandingkan karya tersebut dengan karya lain yang dianggap mirip. Selain itu, penulis juga menilai kekurangan dan kelebihan karya yang diulas

3) Evaluasi, merupakan bagian evaluasi dilakukan penilaian terhadap karya, penampilan, dan produksi. Bagian tersebut berisi gambaran terperinci suatu karya atau benda yang diulas. Hal ini bisa berupa bagian, ciri, dan kualitas karya tersebut. 

4) Rangkuman, penulis memberikan gambaran akhir yang berisi simpulan karya tersebut.

d. Contoh teks

Harry Potter: Order of the Phoenix

(1)Saya benar-benar mencintai seri Harry Potter, dan semua buku akan selalu mempunyai tempat khusus di hati saya.

(2)Saya harus mengatakan bahwa dari semua buku, episode ini bukan favorit saya.(3)Ketika seri dimulai semua "merasa baik" pengalaman sebagai cangkir besar cokelat

panas. Cerita-cerita yang terang, cepat, menarik, dan  memuaskan.(4) Orde Phoenix adalah salah satu episode dari buku harry potter. Anda merasa mengerti

dan tertarik membacanya pada saat Anda membaca sampai akhir.Saya benar-benar tersentuh oleh halaman terakhir. Biasanya ceritanya suram,ehingga terasa menyedihkan. Laju berderap dari buku-buku lain telah melambat untuk berlari di sini, dan bagian-bagian itu tidak tampak panjang, seolah-olah kita sedang membaca semua tentang Harry "hanya nongkrong" daripada harus petualangan biasa.Membaca secara rinci tentang Harry membersihkan sebuah rumah tua, misalnya - rumah tangga masih housekeeping, magis atau tidak, dan aku tidak sangat tertarik untuk melakukannya atau membaca tentang orang lain melakukannya.

(5)Beberapa perubahan lain dalam buku ini - dunia "nyata" datang jauh lebih untuk bermain daripada alam semesta fantasi buku-buku sebelumnya, dan Harry rupanya telah diambil dari obatnya. Aku tahu bahwa ia memiliki banyak untuk menjadi pemarah dalam buku ini, terutama dengan menjadi seorang remaja dan semua, tapi perubahan mendadak dalam karakternya tampak terlalu drastis. Dia pergi dari menjadi hangat, orang perhatian kepada seseorang yang akan menggigit kepala sahabatnya off atas apa-apa. Itu hanya tampak seperti itu tidak cocok dengan karakternya, seperti dia berubah menjadi klise berjalan dari "remaja marah" semalam.

(6)Kisah "nyata" tampaknya terjadi di babak 1/3 dari buku, dan bagian ini saya cintai.Aku benar-benar menyukai ending (dan ya, aku menangis!)Sesedih itu.Ini dikemas pukulan dan itu membuat saya peduli tentang cerita bahkan lebih. Masih buku yang benar-benar baik, dengan beberapa revisi itu akan menjadi besar.

Page 10: JENIS-JENIS TEKS DALAM KURUKULUM  2013

Keterangan: paragraf/kalimat 1 merupakan gambaran umum, nomor 2 dan 3 merupakan evaluasi, nomor 4 dan 5 merupakan interpretasi, dan nomor 6 merupakan simpulan.

3.    Teks Kelas IX1.  Teks Eksempluma. Pengertian: adalah jenis teks rekaan yang berisi insiden yang menurut partisipannya tidak

perlu terjadi. Teks eksemplum merupakan  jenis teks rekaan yang berisi insiden yang menurut partisipannya tidak perlu terjadi.

b. Struktur:1) Tesis atau pernyataan umum2) Rangkaian contoh sebagai pendukung tesis3) Kesimpulan

d. Contoh Teks

 Tinggal di Rumah Susun 

      Saya dan keluarga tinggal di rumah susun yang tidak jauh dari rumah orang tua.Tetangga saya, sepasang suami istri yang tinggal di lantai bawah, suka menyelenggarakan pesta bersama teman-temannya.Tadi malam mereka mengadakan pesta lagi dan sangat mengganggu kenyamanan kami.Akibatnya, tidak hanya saya yang terganggu.Ayah, Bunda, serta adik saya pun ikut terganggu.       Ketika mau berangkat kerja dan mengeluarkan mobil, saya sangat terkejut karena ada mobil yang terparkir di depan garasi saya. Pemilik mobil itu memarkir mobilnya seenaknya.Saya tentu tidak dapat mengeluarkan mobil saya dari garasi karena terhalang mobil tersebut.Saya mendatangi tetangga yang tadi malam pesta karena saya mengira mobil itu milik teman-temannya.Ketika mengetuk pintu dan meminta mereka memindahkan mobil itu, saya sangat terkejut karena ternyata mobil itu bukan milik mereka yang ikut pesta. Tanpa pikir panjang, kemudian saya bertanya kepada tetangga yang lain. Mereka mengatakan bahwa bukan mereka pemilik mobil itu.       Saya terdiam sejenak sambil berjalan mendekati mobil itu lagi.Tidak berapa lama kemudian, saya memutuskan untuk menelepon polisi yang kantornya tidak jauh dari tempat tinggal saya.Meskipun polisi itu datang dengan cepat, dia tidak dapat berbuat banyak.Dia juga tidak dapat memindahkan mobil itu karena tidak memiliki kuncinya. Polisi itu memandang saya sambil berjalan ke arah mobilnya.Yang dapat dilakukan polisi itu hanya memberikan surat tilang dan menyelipkannya di kaca depan mobil.        Pengalaman ini sangat membekas bagi saya. Saya tidak dapat mengeluarkan mobil saya karena seseorang telah memarkir mobil dengan semaunya di depan garasi saya. Polisi yang saya harapkan datang membantu pun tidak dapat memindahkan mobil itu.Kalau memindahkan mobil itu, saya harus memecahkan kacanya dan masuk ke dalamnya guna melepaskan tuas rem tangan. Tujuannya agar mobil dapat didorong ke tempat lain. Saya hanya dapat menunggu sampai pemilik mobil itu datang. Agar tidak mengganggu orang lain, parkirlah mobil di tempat yang sudah disediakan!

Page 11: JENIS-JENIS TEKS DALAM KURUKULUM  2013

2.Teks Tanggapan Kritisa. Pengertianb. Ciri-ciri:c. Struktur:

1) Synopsis/resume2) Deskripsi kelebihan dan kekurangan3) Judgment tentang kualitas teks secara menyeluruh

d. Contoh teks

Remaja dan Game Online

      Kemajuan teknologi informasi membuat banyak perubahan, termasuk perkembangan game online di internet. Banyak anak-anak dan remaja menghabiskan waktunya di depan komputer atau telepon pintar untuk menyalurkan hobi bermain game online. Hal itu tentu membawa dampak dan pengaruh terhadap anak dan lingkungannya.      Game online banyak dimainkan oleh anak-anak dan remaja terutama di kota-kota besar. Game online dapat memenuhi hasrat dan hobi mereka. Akan tetapi, banyak hal-hal yang berdampak kurang baik dari game online ini. Berikut ini hal-hal yang dapat memengaruhi anak dan lingkungan jika anak atau remaja bermain game online secara berlebihan. Tidak sedikit game online yang beredar mengusung tema kekerasan. Game-game ini menyertakan unsur kekerasan, kekejaman, dan tindakan lain yang sebenarnya tidak disarankan untuk dilihat secara langsung oleh anak-anak.     Banyak game online yang isinya tidak pantas untuk dikonsumsi oleh anak-anak. Wanita yang berpakaian tidak pantas dan serba terbuka sudah lazim ditemui di game-game yang beredar. Anak yang bermain game online secara berlebihan dapat membuat anak itu menjadi tidak bisa lepas dari kehidupan yang dijalaninya. Oleh karena itu, banyak di antara mereka mengabaikan kehidupan nyata. Kesehatan mata, kebugaran fisik, dan pola hidup sehat  menjadi dampak yang tidak dapat dihindari apabila anak-anak terlalu banyak menghabiskan waktu untuk bermain game online.      Pendapat yang telah disajikan tersebut mungkin benar.Akan tetapi, alasan-alasan yang disajikan tentu tidak boleh berdasarkan asumsi. Kajian secara komprehensif yang dibuktikan melalui penelitian atau cara yang dapat dipertanggungjawabkan secara akademis sangat diperlukan. Akan tetapi, banyak juga sisi positif yang diperoleh anak jika mereka bermain game online tidak secara berlebihan. Ada beberapa alasan yang dapat diterima jika game online dijadikan hobi anak-anak dan remaja kita.     Alasan pertama, Greenfield mengatakan bahwa game online dapat memengaruhi kemampuan anak ke arah positif seperti merangsang saraf motorik mereka dalam bereaksi, melatih keterampilan tangan, koordinasi motorik mata dan tangan menjadi lebih terlatih, merangsang kemampuan mereka dalam berstrategi, dan merangsang kemampuan mereka berpikir untuk memecahkan masalah.     Alasan berikutnya adalah data yang menyatakan bahwa ada korelasi negatif, yaitu anak yang bermain game online menjadi tidak peduli dengan lingkungan. Anak hanya akan peduli pada dirinya sendiri. Penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Indonesia (UI) pada 2009 mengatakan bahwa ada hubungan antara kecenderungan game online dengan ranah keterampilan

Page 12: JENIS-JENIS TEKS DALAM KURUKULUM  2013

sosial, yaitu korelasi negatif yang signifikan antara kecanduan game online dan sensitivitas emosional serta ekspresi sosial.     Kesehatan mata, kebugaran fisik, dan pola hidup sehat dapat diselesaikan jika orang tua dan anak-anak selalu berkomunikasi, memahami apa itu hobi, serta kapan dan di mana anak harus bermain game online secara proporsional dan bertanggung jawab.     Secara umum saya sebagai penanggap sepakat dengan alasan yang mengatakan bahwa game online memiliki dampak negatif. Akan tetapi, alasan-alasan tersebut perlu dikaji secara akademis. Banyak juga dampak positif yang diterima oleh anak dan lingkungannya jika mereka bermain game online secara proporsional dan bertanggung jawab.      Untuk itu, peran orang tua dalam memberikan arahan dan bimbingan tentang kewajiban belajar dan kesadaran pemenuhan hobi memiliki porsi masing-masing.Penggunaan internet secara sehat sangat penting dan diperlukan.Akan tetapi, penyaluran hobi yang positif perlu terus didukung.

3.  Teks Tantangana. Pengertian:b. Ciri-ciri:c. Struktur:

1) Pengantar yang berisi pernyataan tentang topic yang hendak dibantah2) Argument memuat rangkaian bukti atau alasan untuk mendukung bantahan3) Simpulan berupa pernyataan yang menegaskan bantahan

d. Contoh Teks

Pengurangan Subsidi Bahan Bakar Minyak

     Besaran subsidi energi pada tahun anggaran 2014 mencapai 297,4 triliun. Angka tersebut didasarkan pada realisasi tahun 2013 sebesar 299,59 triliun dari yang ditetapkan APBN-P (Anggaran Pendapatan Belanja Negara Perubahan) 2013 sejumlah 287,14 triliun. Subsidi energi tahun ini mencakup BBM/LPG dengan pengajuan 210,73 triliun.       Sementara itu, realisasi tahun lalu mencapai 210 triliun dari APBN-P 2013 sebesar 199,9 triliun. Peningkatan subsidi BBM tersebut karena lonjakan konsumsi minyak Indonesia. Di sisi lain, produksi (lifting) minyak tidak mencapai target. Contoh, sejak tahun 2009, realisasi produksi minyak selalu di bawah target.Pada tahun 2013, targetnya 840 ribu barel per hari, sedangkan realisasinya 825 ribu barel per hari.        Bagaimana dengan konsumsi minyak? Pada tahun 2009, konsumsinya sebesar 1,02 juta barel per hari. Kemudian, pada tahun 2013 melonjak menjadi 1,50 juta barel per hari. Dengan demikian, pada tahun lalu Indonesia harus mengimpor minyak sebesar 725 ribu barel per hari.Indonesia adalah negara pengekspor sekaligus pengimpor minyak.      Sejak 2004, Indonesia sudah menjadi importir minyak (net importer oil). Dengan kata lain, jumlah impor untuk memenuhi konsumsi domestik melebihi jumlah ekspor minyak. Sebelum tahun 2004, Indonesia masih dikenal sebagai eksportir minyak (net exporter oil) karena ekspor lebih tinggi dari impor.       Subsidi BBM harus diakui cenderung meningkat.Kondisi ini tentu membebani APBN.Untuk itu, diperlukan upaya menurunkan atau bahkan menghapus subsidi BBM secara bertahap. 

Page 13: JENIS-JENIS TEKS DALAM KURUKULUM  2013

      Meskipun demikian, kelompok masyarakat yang kontra penurunan subsidi BBM mempunyai argumentasi lain. Penurunan subsidi BBM yang diikuti kenaikan harga BBM memicu inflasi (harga barang dan jasa mahal).Kondisi ini menjadikan daya beli masyarakat turun, khususnya masyarakat miskin. Akhirnya, jumlah penduduk kategori miskin akan bertambah.      Kenaikan harga BBM dan inflasi akan menyebabkan permintaan domestik menurun sehingga melemahkan produksi. Penurunan produksi di berbagai sektor ekonomi akan meningkatkan pemutusan hubungan kerja (PHK) dan meningkatkan pengangguran. Ringkasnya, kelompok kontra berpendapat kenaikan harga BBM menyebabkan inflasi, kemiskinan, serta pengangguran lebih tinggi.    Penurunan dan/atau penghapusan subsidi BBM tentu berdampak negatif terhadap perekonomian dalam jangka pendek, terutama inflasi, sektoral, ekonomi makro, kemiskinan, dan pengangguran.Yang perlu dicermati adalah dampak terhadap kemiskinan dan pengangguran.Pemerintah baru harus sudah mempunyai solusi terhadap subsidi BBM, seperti keberanian menurunkan subsidi BBM secara bertahap sampai akhirnya menghapus.    Dampak negatif penurunan subsidi BBM dalam jangka pendek dapat dikurangi dengan menerapkan kebijakan fiskal lewat jaring pengaman sosial dan kebijakan moneter.Selain itu, Bank Indonesia dapat menurunkan jumlah uang beredar melalui instrumen menaikkan suku bunga Sertifikat Bank Indonesia (SBI).Pengurangan subsidi BBM juga harus disertai program kompensasi. Akan tetapi, program kompensasi yang tidak efektif justru akan meningkatkan kemiskinan.    Sebaliknya, jika program kompensasi dapat dilaksanakan dengan efektif, dapat menekan kemiskinan.Kompensasi sebaiknya bukan dalam bentuk tunai, tetapi dapat berupa asuransi kesehatan, beasiswa pendidikan, modal kerja usaha kecil dan menengah, padat karya, serta beras untuk masyarakat miskin.    Subsidi tidak dapat diberlakukan terus-menerus.Andai subsidi terpaksa diberikan, harus diberlakukan secara adil, selektif, dan tepat sasaran dengan jangka waktu terbatas.Subsidi harus dikurangi secara bertahap, sampai akhirnya dihapus.Pemerintah baru didorong berani mengurangi subsidi BBM disertai penjelasan kepada masyarakat.

3.4    Teks Rekaman Percobaana. Pengertian:b. Ciri-ciri:c. Struktur:

1) Pendahuluan2) Landasan teori3) Metode penelitian4) Paparan data dan hasil percobaan5) kesimpulan

Cara Membuat Perangkap Nyamuk Sederhana 

Page 14: JENIS-JENIS TEKS DALAM KURUKULUM  2013

      Pada saat kita tidur, baik siang maupun malam hari, selalu saja ada makhluk kecil bersayap yang mengganggu tidur kita.Ya, makhluk kecil bersayap tersebut bernama nyamuk.Hal ini mungkin bagi sebagian orang adalah hal yang sepele dan dapat diatasi dengan menyemprotkan cairan pembasmi nyamuk yang banyak beredar di pasar.Namun, tahukah kamu jika cairan pembasmi tersebut mengandung berbagai bahan kimia yang dapat membahayakan kesehatan kita? Untuk mengatasi hal tersebut, kini terdapat cara alternatif yang lebih aman untuk menangkap dan memerangkap nyamuk. Cara membuatnya cukup sederhana dan bahan untuk membuatnya pun dapat kita temui dalam kehidupan sehari-hari.

Sebelum kamu coba membuatnya, siapkan bahan-bahan berikut!1. Botol plastik bekas ukuran 1,5 liter.2. 200 ml air.

3. 50 gram gula merah.

4. 1 gram ragi (beli di toko makanan kesehatan, warung, atau pasar). 

Setelah semua bahan siap, ikuti langkah-langkah pembuatan berikut ini! Potong botol plastik di tengah! Simpan bagian atas/mulut botol! Campur gula merah dengan air panas! Biarkan hingga dingin dan kemudian tuangkan di

separuh bagian potongan bawah botol!

Tambahkan ragi dan tidak perlu diaduk! Ini akan menghasilkan karbondioksida!

Pasang/masukkan potongan botol bagian atas dengan posisi terbalik seperti corong!

Bungkus botol dengan sesuatu yang berwarna hitam, kecuali bagian atas, dan letakkan di beberapa sudut rumah Anda!

     Setelah melalui langkah-langkah pembuatan, kini alat perangkap nyamuk yang sederhana dan ampuh telah berhasil dibuat.Kamu dapat menggunakannya pada siang atau malam hari.     Perangkap nyamuk sederhana ini terbukti lebih aman digunakan dibandingkan dengan cairan kimia pembasmi nyamuk.Alat ini dapat kamu taruh di pojok kamar atau di bawah tempat tidur. Dalam satu minggu, kamu akan melihat banyak nyamuk yang tertampung dalam botol.