ISI 2012

75
PANDUAN PROFESI EMERGENCY NURSING DEPARTEMENT MAHASISWA profesi angkatan viii 1

description

panduan profesi

Transcript of ISI 2012

Page 1: ISI 2012

PANDUAN PROFESI

EMERGENCY NURSING DEPARTEMENT

MAHASISWA profesi angkatan viii

Nama :………………………………NPM :………………………………KLP :………………………………

PROGRAM STUDI PROFESI NERS1

Page 2: ISI 2012

SEKOLAH TINGGI KESEHATAN (STIKES) MATARAM

2012

2

Page 3: ISI 2012

BAB IPENDAHULUAN

Program Profesi Keperawatan diberlakukan untuk mahasiswa program studi profesi ners STIKES Mataram. Lama pembelajaran tahap ini telah disesuaikan berdasarkan masing-masing kompetensi mata kuliah klinik. Untuk kompetensi Keperawatan Gawat Darurat akan dilaksanakan praktik selama 4 minggu efektif.

Praktik Profesi Keperawatan ini dimaksudkan untuk memberikan pengalaman belajar klinik yang lebih sistematis dan bertahap, dimana pada tahap ini mahasiswa dalam melakukan asuhan keperawatan dititik-beratkan pada pemenuhan kebutuhan dasar manusia berbentuk pelayanan bio psiko sosial kultural dan spiritual yang komprehensif pada klien. Dalam melaksanakan asuhan keperawatan, mahasiswa bekerjasama dengan klien dan tenaga kesehatan lainnya sesuai dengan lingkup kewenangan dan tanggung jawabnya. Etika profesi dan sikap profesionalisme menjadi dasar dalam melaksanakan asuhan keperawatan.

Asuhan keperawatan profesional dilaksanakan dengan menggunakan pengetahuan teoritik yang mantap dan kokoh dari berbagai disiplin ilmu yang terkait dengan ilmu keperawatan, disamping itu berbagai ilmu dasar seperti biologi, fisika, biomedik, perilaku dan sosial sebagai landasan dalam melakukan pengkajian, perumusan diagnosa keperawatan, penyusunan perencanaan keperawatan dan melaksanakan tindakan keperawatan serta evaluasi dan dokumentasi keperawatan. Mahasiswa diharapkan mampu menunjukkan kemampuan keterampilan dan pengetahuan yang berkembang secara terus menerus, langsung pada klien yang dirawat di rumah sakit dan berusaha memberikan asuhan keperawatan profesional yang berkualitas. Keterampilan pemberian asuhan keperawatan dimaksud bersesuaian dengan kompetensi Keperawatan Gawat Darurat. Disamping memberikan asuhan Keperawatan Gawat Darurat langsung kepada klien, mahasiswa juga diharapkan mampu menerapkan konsep-konsep komunikasi therapeutik dan penyuluhan kesehatan kepada klien dan keluarga serta kebutuhan dasar manusia secara terintegrasi.

3

Page 4: ISI 2012

BAB IIPRASYARAT DAN PERSYARATAN

MENGIKUTI PRAKTEK PROFESI NERS EMERGENCY NURSING DEPARTEMENT

A. PERLENGKAPAN 1. Seragam

Atas dan bawah putih model sesuai ketentuan bagian pendidikan dan kemahasiswaan, tanda pengenal, skort (jas lab) lengkap dengan logo dan bet STIKES Mataram, sepatu hitam tertutup tanpa tali (alas karet), hak maksimal 3 cm dan tidak bersuara.

2. Peralatan KlinikSetiap mahasiswa wajib membawa perlengkapan klinik (nursing

kit) dalam tas pinggang yang menunjang pelaksanaan praktik meliputi:Stetoskop, tensimeter, termometer, jam digital atau dengan jarum detik, pen light, reflek hammer, gunting, pinset anatomi, pinset cirurgis, medline kain dan gunting kuku.

3. ReferensiSelama praktik mahasiswa diwajibkan membawa literatur yang

relevan di ruang tempat pembelajaran praktika.

B. KETENTUAN PELAKSANAAN1. Kehadiran

a. Praktik dimulai hari senin sampai sabtu, kecuali untuk mahasiswa yang mengganti dinas, jadwal penggantian dinas diberlakukan sesuai dengan ketentuan yang dibuat oleh bagian akademik (PJMK) STIKES Mataram.

b. Setiap mahasiswa diwajibkan hadir tepat waktu, sesuai dengan waktu yang telah ditentukan, yaitu:

Pagi : pukul 06.30 s/d 14.00 Wib.Sore : pukul 13.30 s/d 20.00 WibMalam : pukul 19.30 s/d 07.00 Wib

c. Setiap mahasiswa wajib memenuhi kehadiran 100 %d. Tidak dibenarkan menukar / mengganti jadwal praktik yang telah

ditentukan.e. Mahasiswa tidak dibenarkan meninggalkan tempat praktik selama

pembelajaran praktika.f. Mahasiswa yang terlambat datang mengikuti praktik

pembelajaran praktika dengan alasan apapun wajib memberitahukan kepada pembimbing klinik dan diharuskan

4

Page 5: ISI 2012

menambah jam praktik sesuai dengan banyaknya waktu yang tertinggal dari jadwal yang telah ditentukan.

g. Mahasiswa yang tidak hadir pembelajaran praktika wajib melaporkan secara tertulis terlebih dahulu kepada pembimbing akademik (PJMK) kemudian ke pembimbing klinik.

h. Ketidak hadiran dengan alasan sakit harus disertai dengan surat keterangan sakit dari dokter dan diserahkan kepada pembimbing klinik dan wajib mengganti sejumlah hari yang ditinggalkan.

i. Mahasiswa yang tidak dapat mengikuti pembelajaran praktika dengan alasan izin dan diketahui oleh pembimbing akademik dan pembimbing klinik, wajib mengganti praktik sejumlah 2 kali jumlah hari yang ditinggalkan.

j. Ketidak hadiran tanpa sepengetahuan pembimbing akademik dan pembimbing klinik diwajibkan mengganti praktik sebanyak 3 kali hari praktik yang ditinggalkan.

k. Mahasiswa yang tidak mengikuti praktik lebih dari 2 hari dengan alasan apapun tanpa pemberitahuan kepada pembimbing akademik dan pembimbing klinik wajib mengulang praktik pada ruangan tersebut.

l. Mahasiswa yang tidak mengikuti praktik selama lebih dari 5 hari dengan alasan apapun pada satu bagian / departemen tertentu kecuali sakit, dinyatakan gugur pada bagian / departemen yang yang bersangkutan.

2. Pelaksanaana.Mahasiswa wajib mengikuti kegiatan orientasi ruangan.b.Mahasiswa wajib mengikuti kegiatan pre dan post conference.c.Mahasiswa wajib mempraktikkan tindakan keperawatan sesuai

dengan kompetensi yang harus dicapai dengan pengawasan seorang pembimbing.

C. KETENTUAN UMUM1. Mahasiswa wajib mematuhi aturan / ketentuan yang berlaku di tempat

praktik dan STIKES Mataram.2. Mahasiswa wajib mengisi daftar hadir, membuat dokumentasi asuhan

keperawatan pada buku laporan program pembelajaran praktika.3. Bekerjasama dan membina hubungan kekeluargaan dengan berbagai

profesi yang ada di tempat praktik.4. Bersikap spontan dan santun terhadap sesama profesi, profesi lain,

klien, dan keluarga klien.5. Bertanggung jawab dan mengutamakan kesehatan serta keselamatan

klien.

5

Page 6: ISI 2012

6. Mahasiswa wajib mengumpulkan buku pembelajaran praktika untuk evaluasi akhir, paling lambat 1 (satu) minggu setelah menyelesaikan program pembelajaran praktika.

D. SANGSI1. Sangsi diberlakukan jika mahasiswa tidak mengikuti ketentuan yang

telah ditetapkan baik disengaja atau tidak disengaja.2. Berat ringannya sangsi ditentukan oleh bagian akademik STIKES

Mataram bekerjasama dengan institusi lahan praktik dan disesuaikan dengan tindak pelanggaran yang dilakukan.

6

Page 7: ISI 2012

BAB IIIPELAKSANAAN PRAKTEK PROFESI NERS KEPERAWATAN GAWAT DARURAT (KGD)

1. BEBAN STUDI Kegiatan praktik profesi keperawatan departemen gawat

darurat secara keseluruhan memiliki beban studi 4 SKS (3 SKS PBC/D, 1 SKS PBP) dengan 4 minggu efektif dalam 1 stase..

2. DESKRIPSI MATA AJARFokus mata ajar Keperawatan Gawat Darurat adalah pada

penerapan proses keperawatan dalam memberikan asuhan keperawatan pada klien dengan keadaan sakit berat sampai keadaan gawat dan juga yang termasuk sakit terminal secara holistik. Hal ini dimaksudkan agar praktek keperawatan yang profesional benar-benar dapat diwujudkan dengan lingkup yang lebih luas yang menyangkut klien, keluarga dan masyarakat.

3. TUJUAN INSTRUSIONAL UMUMSetelah menyelesaikan Praktek Profesi Ners pada mata ajar

ini diharapkan mahasiswa mampu memberikan asuhan keperawatan kepada klien dengan keadaan sakit berat sampai keadaan gawat dan juga yang termasuk sakit terminal khususnya dalam memenuhi kebutuhan dasar secara holistik.

4. TUJUAN INSTRUKSIONAL KHUSUSSetelah menyelesaikan Praktek Profesin Ners pada mata ajar

keperawatan gawat darurat diharapkan mahasiswa mampu: Melakukan pengkajian keperawatan pada klien

dengan kegawatan sistem: pernafasan, kardiovaskuler, persyarafan, perkemihan, pencernaan, muskuloskeletal dan endokrin .

Mengidentifikasi masalah / diagnosa keperawatan pada klien dengan gangguan system tubuh.

Menyusun rencana tindakan keperawatan berdasarkan prioritas masalah.

Melaksanakan dan menerapkan asuhan keperawatan berdasarkan diagnosa keperawatan yang muncul.

Mengevaluasi asuhan keperawatan berdasarkan tujuan dan kriteria hasil.

7

Page 8: ISI 2012

5. PESERTAAdapun peserta Profesi Keperawatan Gawat Darurat ini

adalah mahasiswa profesi Sekolah Tinggi Kesehatan (STIKES) Mataram. Kelompok stase terbagi menjadi 4 kelompok.

6. WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAANPraktik Klinik Keperawatan Gawat Darurat dilaksanakan

selama 4 minggu efektif. Tempat pelaksanaannya di Rumah Sakit Umum Daerah Sidoarjo dengan pembagian menjadi 4 Kelompok : Ruang Unit Gawat Darurat Ruang OK - UGD. Ruang Intensive Terpadu terdiri dari 2 Ruangan : ICU & CVCU Penempatan mahasiswa disesuaikan dengan kompetensi yang ditargetkan. Untuk kompetensi keperawatan gawat darurat akan dilaksanakan di Instalasi Gawat Darurat pada masing-masing Rumah Sakit yang telah ditetapkan.

7. TUGAS MAHASISWAA. Tugas Individu

Selama mengikuti praktik mahasiswa diwajibkan memenuhi penugasan sebagai berikut : Membuat 1 (satu) Laporan Pendahuluan Sesuai Kasus yang

ditemukan. Membuat 1 (satu) Laporan Triage Membuat 1(satu) Laporan Asuhan Keperawatan Pada Klien

dengan kegawatan sistem tertentu. Membuat 1 (satu) Discharge Planning untuk kasus

kelolaannya.Pada akhir praktik seluruh laporan dijilid (2 eksemplar ; 1 untuk pembimbing lahan & 1 untuk pembimbing akademik), sedangkan buku panduan dikumpulkan ke pembimbing akademik setelah mendapatkan nilai dari pembimbing lahan.Batas pengumpulan laporan dan buku panduan adalah 1 minggu setelah praktik berakhir.

B. Tugas Kelompok. Masing-masing kelompok wajib melakukan 1 (satu) kali conference/ diskusi dengan didampingi oleh pembimbing lahan/ akademik.Bahan conference dapat diambil dari salah satu kasus kelolaan individu atau trend & issue yang berkembang.

8

Page 9: ISI 2012

Resume conference di jilid terpisah lengkap dengan cover dan nama kelompok (contoh laporan terlampir)

8. PEMBIMBINGPembimbing klinik meliputi unsur akademik dan lahan praktik, khusus mengenai pembimbing klinik dari lahan memenuhi persyaratan sebagai berikut: Berpendidikan S-1 Keperawatan dengan

pengalaman bekerja dibidangnya minimal 2 tahun, atau D3 keperawatan yang telah mengikuti pelatihan

keahlian khusus sesuai bidangnya dengan pengalaman kerja minimal 5 tahun.

9

Page 10: ISI 2012

BAB IVKOMPETENSI

KEPERAWATAN GAWAT DARURAT

A. Kegawatan Sistem Respirasi:SUB UNIT

KOMPETENSIINDIKATOR Nilai Paraf

Mengidentifikasi tanda gawat nafas.

Mengidentifikasi gejala gawat nafas:1. Melakukan anamnesis

keluhan.2. Respirasi rate dan pola

nafas.3. Sianosis4. Pernafasan cuping hidung5. Pemakaian otot bantu nafas.

Menganalisa data:1. Menguraikan

patofisiologi gawat nafas.2. Mengelompokkan

data3. Menganalisa data4. Menetapkan tingkat

kegawatan nafas. Mampu membebaskan jalan nafas.

Memanfaatkan alat pembebasan & Stabilisasi jalan nafas:1. Naso trakeal tube2. Orofaringeal tube3. Endotrakeal tube4. Laringoscope5. Sudip lidah / Tongue Spatel

Mengidentifikasi cara membebaskan jalan nafas:1. Mengatur posisi sesuai

kondisi klien.2. Membersihkan jalan nafas

dari masa atau cairan.

10

Page 11: ISI 2012

Melakukan pembebasan jalan nafas:1. Jaw thrust2. Headtilt3. Chin Lift4. Heimlich maneuver

Melakukan fisioterapi pernafasan.

Mengidentifikasi kebutuhan fisioterapi pernafasan:1. Suara nafas ronchi2. Pemakaian otot bantu

pernafasan3. Respirasi rate meningkat4. Batuk tidak efektif.

Mempersiapkan alat fisioterapi:1. Stetoscope2. Nebulizer3. Suction4. Vibrator5. Tempat sputum

Menjelaskan prosedur:1. Menjelaskan hasil yang

diharapkan pada pasien.2. Menunjukkan urutan

tindakan prosedur fisioterapi.

Melakukan fisioterapi:1. Suctioning2. Postural drainage3. Breathing exercise4. Clapping5. Vibrating

Mengobservasi:1. Suara nafas vesiculer2. Tidak ada pernafasan

cuping hidung.3. Respirasi rate normal4. Tidak ada pemakaian otot

bantu nafas.5. Tidak ada sianosis.

11

Page 12: ISI 2012

Memberikan Oksigen.

Mengidentifikasi tanda kekurangan oksigen:1. SpO2 menurun.2. Suara nafas ronchi3. Nilai BGA normal4. Pemakaian otot bantu

pernafasan.5. Pernafasan cuping hidung6. Respirasi rate meningkat.Mengkolaborasikan:1. Kebutuhan oksigen dengan

dokter. Mengidentifikasi teknik pemberian oksigen:1. Nasal kanula2. Masker rebreathing3. Masker non rebreathing4. Bag-valve and mask.5. Ventilator

Melakukan monitoring fungsi pernafasan.

Mengobservasi:1. Respon fisik klien2. Interpretasi hasil BGA3. Setting ventilator4. Tidal volume5. SpO2Mengobservasi Respon klien:1. Keluhan berkurang2. Klien dapat

beristirahat.Melakukan tindak lanjut:1. Menjelaskan tindakan yang

akan diberikan.2. Menindaklanjuti sesuai

dengan kondisinya.

Mendokumentasikan pelaksanaan tindakan penanganan kegawatan sistem pernafasan.

Melakukan evaluasi:1. Mengevaluasi respon klien.2. Mengevaluasi tindakan

keperawatanMendokumentasikan:1. Dokumentasi respon klien dalam

lembar observasi dan status pasien.

2. Dokumentasi tindakan

12

Page 13: ISI 2012

keperawatan dalam lembar observasi dan status pasien.

B. Kegawatan sistem kardiovaskuler:

SUB UNIT KOMPETENSI

INDIKATOR Nilai Paraf

Mengenal tanda gawat jantung.

Mengidentifikasi tanda primer:1. Perubahan elektrolit2. Perubahan tekanan darah.3. Perubahan nadi.4. Perubahan respirasi rate5. Perubahan irama jantung6. Gambaran EKG abnormal.

Mengidentifikasi data:1. Gambaran EKG2. Nyeri dada dan rasa tidak

nyaman3. Restriksi kegiatan individu4. Faktor-faktor resiko.

Mengidentifikasi sirkulasi peripheral:1. Nadi peripheral2. Capilary refill3. Warna kulit4. Tingkatan dan jenis edema5. Suhu akral

Melakukan pemeriksaan:1. Rekaman EKG2. Pengambilan darah arteri /

BGA3. Pengambilan darah vena

untuk elektrolit dan enzim.

13

Page 14: ISI 2012

Mampu memberikan pertolongan pada klien gawat jantung.

Mengidentifikasi tekhnik pertolongan gawat jantung:1. Obat jantung2. DC schok3. RJPO4. Infus/ IV Catheter

Mengkolaborasikan: 1. Dengan dokter dalam

pertolongan menggunakan regimen farmakologis.

2. Menjelaskan pada keluarga tindakan yang akan dilakukan.

Melakukan monitoring hemodinamik.

Mengidentifikasi tanda syock:1. Elektrolit2. Tekanan Darah3. Nadi4. Suhu5. CRT

Memberikan pertolongan syock:1. Obat-obatan2. Pengaturan Posisi pasien shock3. Infus4. Tranfusi5. Oksigen

C. Kegawatan sistem Persyarafan:

SUB UNIT KOMPETENSI

INDIKATOR Nilai Paraf

Menilai tingkat kesadaran

Mengidentifikasi tingkat kesadaran:1. Compos meutis2. Somnolens3. Sopor4. Apatis5. Coma

Mengukur GCS

14

Page 15: ISI 2012

Mengelola klien dengan peningkatan TIK.

Mengidentifikasi tanda Peningkatan Tekanan Intrakranial (TIK).1. Irama nadi yang tidak

teratur.2. Gelisah3. Peningkatan tekanan darah4. Pupil edema5. Nyeri kepala hebat6. Bradikardi7. Muntah proyektil

Memberikan posisi:1. Posisi head up 15-302. Posisi anatomis3. Menjaga keselamatan klien.

Melakukan pencegahan peningkatan TIK:1. Tidak mengejan, tidak

batuk.2. Menjaga posisi lehaer tidak

tertekuk3. Mencegah jalan nafas tidak

terhambat4. Menjaga kandung kemih

tidak penuh5. Mencegah manipulasi

kepala berlebihan.Melakukan kolaborasi:1. Mengkomunikasikan

dengan dokter kebutuhan medikasi yang dibutuhkan.

2. Menentukan medikasiMelaksanakan hasil kolaborasi terapi farmakologi:1. Manitol2. Obat antikonvulsan3. Infus 4. Antibiotika

Mengevaluasi:1. Respon kliem2. Tindakan keperawatan.

15

Page 16: ISI 2012

Mendokumentasikan:1. Respon klien dalam lembar

observasi dan status pasien.2. Tindakan keperawatan

dalam lembar observasi dan status pasien.

Asuhan keperawatan klien dengan trauma medula spinal

Mengidentifikasi tanda trauma medula spinalis:1. Flankle A-E pada trauma

medula spinalis.2. Adanya parese

Menganalisa masalah keperawatan yang terjadi

Menentukan diagnosa keperawatan

Mengidentifikasi tanda spinal syock:1. Perubahan TD2. Perubahan kesadaran3. Perubahan suhu akral4. Perubahan nadi5. Oliguri

Memberikan posisi:1. Mengidentifikasi cara

mobilisasi yang tepat2. Mempertahankan posisi

yang tepatMelakukan mobilisasi:1. Melakukan Log-Rolling2. Menggunakan scoop

strecher3. Menjaga a Line Position.

Melakukan penanganan syock spinal:1. Monitor pernafasan2. Monitor elektrolit3. Monitor balans cairan4. Infus5. Dopamin6. Sulfas atropine

16

Page 17: ISI 2012

Kolaborasi:1. Mengkomunikasikan

dengan dokter kebutuhan medikasi yang dibutuhkan.

2. Menentukan traksi, body jacket, tindakan pembedahan.

Mengevaluasi:1. Respon klien2. Tindakan keperawatan

Mendokumentasikan:1. Respon klien dalam lembar

observasi dan status pasien.2. Tindakan keperawatan

dalam lembar observasi dan status pasien.

Asuhan keperawatan klien cidera otak berat.

Mengidentifikasi cidera otak berat:1. GCS2. Reflek cahaya3. Tanda distres pernafasan.4. Perubahan TD5. Perubahan nadi

Menganalisa data:1. Masalah keperawatan yg

terjadi2. Menentukan diagnosa

keperawatan.Memberikan posisi:1. Melakukan sesuai kondisi

klien2. Mencegah manipulasi

kepala berlebihan3. Mengobservasi daerah luka.

Melakukan kolaborasi:1. Mengkomunikasikan

dengan dokter kebutuhan medikasi yang dibutuhkan.

2. Obat anti konvulsan3. Antikoagulans4. Antibiotik5. Infus6. Transfusi

17

Page 18: ISI 2012

Mengevaluasi:1. Respons klien2. Tindakan keperawatan

Mendokumentasikan:1. Respon klien dalam lembar

observasi dan status pasien.2. Tindakan keperawatan dalam

lembar observasi dan status pasien.

D. Kegawatan sistem Perkemihan (Urinaria) :SUB UNIT

KOMPETENSIINDIKATOR Nilai Paraf

Asuhan Keperawatan syndrome TUR

Mengidentifikasi syndrome TUR:1. Hiponatremi2. Hipovolemia3. Hipotensi4. Perubahan irama jantung5. Hipotermi6. Perubahan elektrolit7. Perubahan SpO2.

Menganalisis:1. Masalah keperawatan yang

terjadi.2. Menentukan diagnosis

keperawatanMemberikan terapi pasca TUR:1. Melakukan spolling

dengan normal saline.2. Memonitor balans cairan3. Tanda vital4. Hasil laboratorium

elektrolit5. EKG6. SpO27. Mencegah hipotermi

Melakukan kolaborasi:1. Mengkomunikasikan

dengan dokter kebutuhan

18

Page 19: ISI 2012

medikasi yang dibutuhkan.2. Infus3. Koreksi elektrolit.

Mengevaluasi:1. Respon kliem2. Tindakan keperawatan.

Mendokumentasikan:1. Respon klien dalam lembar

observasi dan status pasien.2. Tindakan keperawatan dalam

lembar observasi dan status pasien.

E. Kegawatan sistem Pencernaan:SUB UNIT

KOMPETENSIINDIKATOR 1 2 3

Asuhan Keperawatan perdarahan saluran cerna

Mengidentifikasi perdarahan saluran cerna:1. Hematemisis2. Melena3. Rigiditas abdoment4. Nyeri perut

Menganalisis:1. Masalah keperawatan yang

terjadi.2. Menentukan diagnosis

keperawatanMelakukan kolaborasi:1. Mengkomunikasikan

dengan dokter kebutuhan medikasi yang dibutuhkan.

Melakukan tindakan:1. Kumbah lambung2. Lavement3. Mengidentifikasi jumlah

perdarahan.

Mengevaluasi:1. Respon kliem2. Tindakan keperawatan.

Mendokumentasikan:1. Respon klien dalam lembar

19

Page 20: ISI 2012

observasi dan status pasien.2. Tindakan keperawatan dalam

lembar observasi dan status pasien.

F. Kegawatan sistem Endokrin:SUB UNIT

KOMPETENSIINDIKATOR Nilai Paraf

Asuhan Keperawatan Koma Hiperosmolaritas Non Ketosis (KHNK)

Mengidentifikasi Koma Hiperosmolaritas Non Ketosis (KHNK):1. Menilai tingkat kesadaran.2. Nafas cepat3. Hiperosmolaritas4. Hipernatremia5. Gangguan neurologik6. Dehidrasi berat

Menganalisis:1. Masalah keperawatan yang

terjadi.2. Menentukan diagnosis

keperawatanMelakukan kolaborasi:1. Mengkomunikasikan dengan

dokter kebutuhan medikasi yang dibutuhkan.

Melakukan tindakan:1. Resusitasi cairan2. Pemberian terapi oksigen3. Pemberian terapi insulin4. Mengukur balans cairan5. Melakukan pemeriksaan GDS6. Koreksi elektrolit

20

Page 21: ISI 2012

Mengevaluasi:1. Respon kliem2. Tindakan keperawatan.

Mendokumentasikan:1. Respon klien dalam lembar

observasi dan status pasien.2. Tindakan keperawatan dalam

lembar observasi dan status pasien.

Asuhan Keperawatan Ketoasidosis Diabetikum (KAD)

Mengidentifikasi Ketoasidosis Diabetikum(KAD): 1. Penurunan kesadaran2. Hiperosmolaritas3. Nafas kusmaul4. Hiperventilasi5. Hiponatremia6. Peningkatan BUN dan

SC7. Peningkatan kalium

serum.Menganalisis:1. Masalah keperawatan yang

terjadi.2. Menentukan diagnosis

keperawatanMelakukan kolaborasi:Mengkomunikasikan dengan dokter kebutuhan medikasi yang dibutuhkan.

Melakukan tindakan:1. Rehidrasi2. Koreksi asidosis dengan

pemberian bikarbonat.3. Koreksi elektrolit4. Terapi insulin5. Reduksi urine6. Pemeriksaan GDS7. Balans cairan8. Terapi oksigen

21

Page 22: ISI 2012

Mengevaluasi:1. Respon klien2. Tindakan keperawatan.

Mendokumentasikan:1. Respon klien dalam lembar

observasi dan status pasien.2. Tindakan keperawatan dalam

lembar observasi dan status pasien.

G. Kegawatan sistem Musculoskeletal:SUB UNIT

KOMPETENSIINDIKATOR Nilai Paraf

Asuhan Keperawatan Klien Fraktur

Mengidentifikasi gangguan musculoskeletal:1. Krepiitasi2. Perubahan bentuk3. Luka terbuka/tertutup4. Perubahan fungsi5. Perdarahan

Menganalisis:1. Masalah keperawatan yang

terjadi.2. Menentukan diagnosis

keperawatanMelakukan kolaborasi:1. Mengkomunikasikan dengan

dokter kebutuhan medikasi yang dibutuhkan.

Melakukan tindakan:1. Pembidaian2. Pembalutan3. Menyiapkan dan melaku-kan

heating4. Menyiapkan dan melaksanakan

prosedur pamasangan gips.

22

Page 23: ISI 2012

Mengevaluasi:1. Respon kliem2. Tindakan keperawatan.

Mendokumentasikan:1. Respon klien dalam lembar

observasi dan status pasien.2. Tindakan keperawatan dalam

lembar observasi dan status pasien.

Keterangan:*Kolom Nilai diisi dengan angka 40 – 100 sesuai dengan kemampuan Mahasiswa.40 – 60 :Pernah melakukan 1 kali, perlu bimbingan dan supervisi lebih lanjut.60 – 80 :Lebih dari 1 kali, perlu bantuan sebagian dan supervisi seperlunya.80 – 90 :Kompeten, hampir tidak membutuhkan bantuan dan perlu supervisi minimal.90 - 100 :Kompeten, tidak perlu bantuan & dapat membantu mengajarkan ke yang lain.

*Kolom Paraf diisi dengan paraf dari perawat pendamping pada saat tindakan dilakukan.

23

Page 24: ISI 2012

BAB IVBIMBINGAN DAN EVALUASI

a. BIMBINGANRanah kompetensi yang dievaluasi mencakup kognitif, afektif dan

psikomotorMetode bimbingan yang diterapkan dalam pelaksanaan program profesi ini meliputi:

Pre ConferensTanggung jawab mahasiswa:1. Membuat laporan pendahuluan sesuai kasus yang telah ditentukan

oleh pembimbing klinik dan penulisannya mengikuti sistematika yang telah ditentukan oleh akademik.

2. Mempertanggung jawabkan laporan pendahuluan yang telah disusun pada pembimbing klinik.

3. Menjawab dan sekaligus menjelaskan pertanyaan yang diajukan oleh pembimbing.

Tanggung jawab pembimbing:1. Menentukan kasus bagi masing-masing mahasiswa sehari

sebelum praktek di ruangan tersebut di mulai.2. Melakukan responsi pada hari pertama praktek di ruangan.3. Memberikan masukan pada mahasiswa untuk penyempurnaan

laporan pendahuluan.

Bed side teachingTanggung jawab mahasiswa:

24

Page 25: ISI 2012

1. Mempersiapkan diri melalui studi kasus dan studi literatur.2. Mendengarkan, memperhatikan, dan aktif dalam tanya jawab.3. Mereview kembali teori, persiapan alat, dan prosedur kerja

Tanggung jawab pembimbing:1. Menentukan kasus.2. Memberikan penjelasan tentang kasus dan memberikan asuhan

keperawatan secara langsung (berhadapan dengan pasien) pada mahasiswa.

3. Menciptakan suasana diskusi yang hangat.

Post ConferensTanggung jawab mahasiswa:1. Membuat laporan kasus dengan mengikuti sistematika penulisan

yang telah ditetapkan akademik.2. Mempertanggungjawabkan laporan kasus yang telah disusun pada

pembimbing.3. Menjawab dan memberi penjelasan terhadap pertanyaan yang

diajukan oleh pembimbing.4. Menyempurnakan dan mengumpulkan masing-masing 1

eksemplar laporan kasus pada pembimbing lahan dan pembimbing akademik.

Tanggung jawab pembimbing:1. Melakukan responsi pada hari terakhir praktek untuk setiap

ruangan.2. Memberikan masukan pada mahasiswa untuk penyempurnaan

laporan kasus.

b. MONITORING DAN EVALUASI Monitoring

1. Hal- hal yang dimonitor adalah pelaporan, kehadiran (daftar hadir diisi setiap hari oleh mahasiswa pada setiap ruangan dengan diketahui oleh penanggung jawab atau yang berwenang di masing-masing ruangan)

2. Sanksi : bagi mahasiswa yang tidak membuat laporan pendahuluan di awal praktik setiap minggu tidak diperkenankan melaksanakan praktik pada hari itu

3. Monitoring dilakukan oleh pembimbing klinik, pembimbing akademik serta penanggung jawab ruangan

4. Evaluasi peserta didik dilakukan pada akhir rotasi ruangan, baik secara langsung dengan pembimbing maupun dengan menggunakan buku monitoring

25

Page 26: ISI 2012

EvaluasiEvaluasi yang dilakukan adalah evaluasi formatif. Evaluasi mencakup dokumentasi pelaporan, keterampilan, sikap dan kehadiran.Evaluasi kognitif dilakukan pada akhir rotasi setiap ruangan dengan mengadakan responsi pada kasus kelolaan dan kasus resume, dilakukan oleh pembimbing klinik dan akademik

Parameter yang dipergunakan dalam pelaksanaan evaluasi meliputi:

NO PARAMETER BOBOT NILAI N X B1 Laporan triage. 10%2 Laporan asuhan keperawatan. 20%3 Discharge planning. 10%4 Conference 20%5 Pencapaian kompetensi wajib 30%6 Penampilan klinik dan sikap 10%

Nilai praktek

Rentang Nilai: Sempurna : 90 – 100 Baik : 80 – 89 Cukup : 68 – 79 Kurang : < 68

Batas nilai kelulusan mata ajar KGD adalah minimal B atau dengan nilai absolut minimal 68.

26

Page 27: ISI 2012

Lampiran 1 : Contoh Outline Laporan Pendahuluan

LAPORAN PENDAHULUANKEGAWAT DARURATAN SISTEM CARDIOVASCULER

(INFARK MIOKARDIUM AKUT)

a. Pengertian Infark Miokardiumb. Klasifikasi Infark Miokardiumc. Faktor Predisposisi & Presipitasid. Patofisiologi Path-Way Infark Miokardiume. Tanda dan Gejalaf. Pengkajian Keperawatang. Diagnosa Keperawatanh. Rencana Tindakan & Rasionalisasii. Pemeriksaan Diagnostik yang mendukungj. Penatalaksanaan Medisk. Daftar Pustaka

27

Page 28: ISI 2012

Lampiran 2 : Contoh format Laporan Triage

REPORTASE TRIAGE

Nama : No Register :Umur : Tgl/Jam MRS :Jenis Kelamin :

Keadaan Saat MRS (First Triage): Airway

Jalan Napas : Patent Ada sumbatan Jenis : Lidah Jatuh Kebelakang

Sekret Benda Asing

Suara Napas : Gurgling Stridor Snoring

BreathingFungsi Napas : Spontan Tidak SpontanEkspansi Dada : Maksimal Tidak MaksimalPergerakan Dada : Simetris Tidak Simetris

Ronchi : - / + Wheezing : - / +

Respirasi Rate : 16 – 28 x <16 x/menit >28 x/menit

Apneu : - / +Dispneu : - / +Takipneu : - / +Bradipneu : - / +

CirculationNadi : Normal :……x/mnt Tidak Normal :……..x/mnt

Takikardia : - / +Bradikardia: - / +

TD : Normal:…...mmHg Tidak Normal :…....mmHgHipertensi : - / +Hipotensi : - / +

Akral : Hangat Dingin Perdarahan : Ringan

Sedang Berat

28

Page 29: ISI 2012

Keterangan Lain : Fraktur

Keterangan :………………………………………………......... Kesadaran

Keterangan :………………..……………….GCS :…………… Lainnya :……………………………………………………………

……………………………………………………………

Kategori :Emergency Urgent Ambulatory Died

Kesimpulan : P1 / P2 / P3 / P0/P4

Petugas Triage

Observer I Observer II

________________ _________________

29

Page 30: ISI 2012

Lampiran 3 : Contoh format ASKEP klien gawat darurat.

ASUHAN KEPERAWATANPADA Tn./Ny./Sdr/i DENGAN KEGAWATAN SISTEM

KARDIOVASKULERINFARK MIOKARD AKUT

I. Pengkajian

a. IDENTITAS Nama / Initial

: ....................................................... Umur :

………………………………....... Alamat :

…………………………………… Pekerjaan : …………………………………… Tanggal MRS :

…………………………………… Tgl pengkajian :

…………………………………………………… Penanggung Jwb : …………………….. Alamat

………………….. No.Register :

…………………………………………………… Dx.Medis :

……………………………………………………

b. KELUHAN UTAMA : ……………………………………………………SaatMRS…………………………………………………………………….(Jika nyeri maka gunakan pendekatan PQRST) ........................................

Saat Pengkajian .......................................................................................... (Jika nyeri maka gunakan pendekatan PQRST) ........................................

c. RIWAYAT PENYAKIT / MEKANISME TRAUMA…………………………………………………………………………………………………………….……………………………………………………………………………………………………………

d. RIWAYAT LINGKUNGAN (TKP)……………………………………………………………………………………………………………….

30

Page 31: ISI 2012

……………………………………………………………………………………………

e. PEMERIKSAAN FISIK AIRWAY :

BREATHING :

CIRCULATION :

DISABILITY :

EXPOSURE :

FULL Vital Sign & Five Interventiono Nadi :o TD :o SUHU :o RR :

Monitor Denyut Jantung +/-Pulse Oximetri +/-Indwelling kateter +/-NGT +/-Pemeriksaan Laboratorium +/-

o GIVE A COMFORT

o HISTORY & HEAD TO TOE ASSESSMENT History : Head to toe :

Kepala : Leher Dada (Thorax) Abdomen : Panggul

31

Page 32: ISI 2012

Alat kelamin Ekstremitas : Atas Bawah

o INSPEKSI ( back bone )

f. Riwayat penyakit terdahulu :

g. Riwayat keluarga :

Genogram

h. Pola pemenuhan ADL :

Kebutuhan nutrisi :

Pola eliminasi :

Pola istirahat tidur :

Pola aktifitas :

Pola kebersihan diri :

Pola komunikasi :

Pola toleransi – koping :

i. PEMERIKSAAN LABORATORIUM/RADIOLOGI Laboratorium :

32

Page 33: ISI 2012

Rontegen :

EKG :

Terapi medis :

II. Analisa Data

Data Etiologi Masalah DS:

DO:

DS:

DO:

DS:

DO:

33

Page 34: ISI 2012

III. Diagnosa Keperawatan

Tgl/Jam No.Dx Diagnosa keperawatan paraf

IV. Planning

Tanggal No.DxTujuan/Kriteria

EvaluasiIntervensi Rasional

1. a. b.c.d.

a. b.c.d.

2. a.b.c.

a.b.c.

34

Page 35: ISI 2012

d. d.

V. Implementasi

No.Dx Tanggal/JAM Implementasi Paraf

35

Page 36: ISI 2012

VI. Catatan Perkembangan

Tgl/jam No.Dx Evaluasi TTD

36

Page 37: ISI 2012

Lampiran IV : Contoh Format Discharge Planning

DISCHARGE PLANNING

Nama / Initial : ...................................................... Umur :

………………………………………………… Alamat :

………………………………………………… Tanggal MRS :

………………………………………………… Tgl pengkajian :

………………………………………………… No.Register :

………………………………………………… Dx.Medis :

…………………………………………………

Subyektif :

Obyektif :

Assessment :

Planning :

Intervention :

Evaluasi :

37

Page 38: ISI 2012

Keterangan : Pindah Ruangan / Rujuk / Meninggal DuniaApabila Pindah Ruangan / Rujuk : Catatan Penting, Meliputi : Tindakan yang telah dilakukan, Tindakan yang belum dilakukan, Hal yang perlu diperhatikan, & Kewaspadaan Umum.

Ttd,

Nama Petugas/Ka.Tim (Mahasiswa)

Lampiran V : Outline Resume Conferrence

RESUME CONFERENCE

1. Cover2. Lembar Pengesahan (Ditandatangani oleh Pembimbing yang mendampingi)3. Judul Kasus/ Trend & Issue4. Isi Kasus5. Hasil Diskusi / Pembahasan6. Kesimpulan & Saran

38

Page 39: ISI 2012

FORMAT PENILAIAN

Nama Mahasiswa :Ruang Praktik :Tanggal Praktik :Format Penilaian : Laporan Pendahuluan I

No Aspek PenilaianNilai

MaksimalNilai

Lahan Akademik

1. Ketepatan Pengumpulan LP 102. Penampilan Laporan 103. Pengertian 104. Penyebab 105. Tanda dan gejala 106. Pemeriksaan Penunjang 107. Penatalaksanaan medis 10

8.Diagnosa keperawatan yang mungkin ada

10

9.Penatalaksanaan keperawatan

10

10. Daftar Pustaka 10

JUMLAH 100

Paraf

Keterangan :

39

Page 40: ISI 2012

LP diserahkan hari pertama praktik dan mencakup aspek basic promoting health function.

__________,.............................2012

Pembimbing Lahan

(...........................................)

FORMAT PENILAIAN

Nama Mahasiswa :Ruang Praktik :Tanggal Praktik :Format Penilaian : Laporan Pendahuluan II

No Aspek PenilaianNilai

MaksimalNilai

Lahan Akademik

11. Ketepatan Pengumpulan LP 10

12. Penampilan Laporan 10

13. Pengertian 10

14. Penyebab 10

15. Tanda dan gejala 10

16. Pemeriksaan Penunjang 10

17. Penatalaksanaan medis 10

18. Diagnosa keperawatan yang mungkin ada

10

19. Penatalaksanaan 10

40

Page 41: ISI 2012

keperawatan20. Daftar Pustaka 10

JUMLAH 100

Paraf

Keterangan :LP diserahkan hari pertama praktik dan mencakup aspek basic promoting health function.

__________,.............................2012

Pembimbing Lahan

(...........................................)

FORMAT PENILAIAN

Nama Mahasiswa :Ruang Praktik :Tanggal Praktik :Format Penilaian : Laporan Pendahuluan III

No Aspek PenilaianNilai

MaksimalNilai

Lahan Akademik

21. Ketepatan Pengumpulan LP 10

22. Penampilan Laporan 10

23. Pengertian 10

24. Penyebab 10

41

Page 42: ISI 2012

25. Tanda dan gejala 10

26. Pemeriksaan Penunjang 10

27. Penatalaksanaan medis 10

28. Diagnosa keperawatan yang mungkin ada

10

29. Penatalaksanaan keperawatan

10

30. Daftar Pustaka 10

JUMLAH 100

Paraf

Keterangan :LP diserahkan hari pertama praktik dan mencakup aspek basic promoting health function.

__________,.............................2012

Pembimbing Lahan

(...........................................)

FORMAT PENILAIAN

Nama Mahasiswa :Ruang Praktik :Tanggal Praktik :Format Penilaian : Laporan Pendahuluan IV

No Aspek Penilaian Nilai Nilai

42

Page 43: ISI 2012

Maksimal Lahan Akademik

31. Ketepatan Pengumpulan LP 10

32. Penampilan Laporan 10

33. Pengertian 10

34. Penyebab 10

35. Tanda dan gejala 10

36. Pemeriksaan Penunjang 10

37. Penatalaksanaan medis 10

38. Diagnosa keperawatan yang mungkin ada

10

39. Penatalaksanaan keperawatan

10

40. Daftar Pustaka 10

JUMLAH 100

Paraf

Keterangan :LP diserahkan hari pertama praktik dan mencakup aspek basic promoting health function.

__________,.............................2012

Pembimbing Lahan

(...........................................)

43

Page 44: ISI 2012

Nama Mahasiswa :Tempat Praktik :Tanggal Praktik :Format Penilaian : Responsi Kasus Kelolaan I

No Aspek PenilaianNilai

MaksimalNilai

Lahan Akademik1. Kesesuaian waktu responsi

(sesuai kontrak)15

2. Penampilan sikap 153. Penguasaan kasus/materi 254. Ketepatan dan relevansi

jawaban25

5. Kemampuan merasionalisasi jawaban

20

JUMLAH 100

Paraf

Keterangan :Responsi sesuai kontrak dengan pembimbing (diawal/di akhir praktik).

____________, .................................2012

Pembimbing Lahan

(...........................................)

44

Page 45: ISI 2012

Nama Mahasiswa :Tempat Praktik :Tanggal Praktik :Format Penilaian : Responsi Kasus Kelolaan II

No Aspek PenilaianNilai

MaksimalNilai

Lahan Akademik1. Kesesuaian waktu responsi

(sesuai kontrak)15

2. Penampilan sikap 153. Penguasaan kasus/materi 254. Ketepatan dan relevansi

jawaban25

5. Kemampuan merasionalisasi jawaban

20

JUMLAH 100

Paraf

Keterangan :Responsi sesuai kontrak dengan pembimbing (diawal/di akhir praktik).

____________, .................................2012

Pembimbing Lahan

(...........................................)

45

Page 46: ISI 2012

Nama Mahasiswa :Tempat Praktik :Tanggal Praktik :Format Penilaian : Responsi Kasus Kelolaan III

No Aspek PenilaianNilai

MaksimalNilai

Lahan Akademik1. Kesesuaian waktu responsi

(sesuai kontrak)15

2. Penampilan sikap 153. Penguasaan kasus/materi 254. Ketepatan dan relevansi

jawaban25

5. Kemampuan merasionalisasi jawaban

20

JUMLAH 100

Paraf

Keterangan :Responsi sesuai kontrak dengan pembimbing (diawal/di akhir praktik).

____________, .................................2012

Pembimbing Lahan

(...........................................)

46

Page 47: ISI 2012

Nama Mahasiswa :Tempat Praktik :Tanggal Praktik :Format Penilaian : Responsi Kasus Kelolaan IV

No Aspek PenilaianNilai

MaksimalNilai

Lahan Akademik1. Kesesuaian waktu responsi

(sesuai kontrak)15

2. Penampilan sikap 153. Penguasaan kasus/materi 254. Ketepatan dan relevansi

jawaban25

5. Kemampuan merasionalisasi jawaban

20

JUMLAH 100

Paraf

Keterangan :Responsi sesuai kontrak dengan pembimbing (diawal/di akhir praktik).

____________, .................................2012

Pembimbing Lahan

(...........................................)

47

Page 48: ISI 2012

Nama Mahasiswa :Ruang Praktik :Tanggal Praktik :Format Penilaian : Asuhan Keperawatan I

No Aspek PenilaianNilai

MaksimalNilai

Lahan Akademik1. Ketepatan Pengumpulan Askep 52. Penampilan Laporan 53. Kemampuan melakukan pengkajian 104. Kemampuan melakukan analisa data 105. Kemampuan merumuskan diagnosa

keperawatan15

6. Kemampuan menentukan prioritas diagnosa keperawatan

10

7. Kemampuan melakukan perencanaan 108. Kemampuan melaksanakan tindakan

keperawatan15

9. Kemampuan melakukan evaluasi 1010. Kemampuan melakukan

pendokumentasian10

JUMLAH 100

Paraf

_____________, .................................2012

Pembimbing Lahan

(...........................................)

48

Page 49: ISI 2012

Nama Mahasiswa :Ruang Praktik :Tanggal Praktik :Format Penilaian : Asuhan Keperawatan II

No Aspek PenilaianNilai

MaksimalNilai

Lahan Akademik1. Ketepatan Pengumpulan Askep 52. Penampilan Laporan 53. Kemampuan melakukan pengkajian 104. Kemampuan melakukan analisa data 105. Kemampuan merumuskan diagnosa

keperawatan15

6. Kemampuan menentukan prioritas diagnosa keperawatan

10

7. Kemampuan melakukan perencanaan 108. Kemampuan melaksanakan tindakan

keperawatan15

9. Kemampuan melakukan evaluasi 1010. Kemampuan melakukan

pendokumentasian10

JUMLAH 100

Paraf

_____________, .................................2012

Pembimbing Lahan

(...........................................)

49

Page 50: ISI 2012

Nama Mahasiswa :Ruang Praktik :Tanggal Praktik :Format Penilaian : Asuhan Keperawatan III

No Aspek PenilaianNilai

MaksimalNilai

Lahan Akademik1. Ketepatan Pengumpulan Askep 52. Penampilan Laporan 53. Kemampuan melakukan pengkajian 104. Kemampuan melakukan analisa data 105. Kemampuan merumuskan diagnosa

keperawatan15

6. Kemampuan menentukan prioritas diagnosa keperawatan

10

7. Kemampuan melakukan perencanaan 108. Kemampuan melaksanakan tindakan

keperawatan15

9. Kemampuan melakukan evaluasi 1010. Kemampuan melakukan

pendokumentasian10

JUMLAH 100

Paraf

_____________, .................................2012

Pembimbing Lahan

(...........................................)

50

Page 51: ISI 2012

Nama Mahasiswa :Ruang Praktik :Tanggal Praktik :Format Penilaian : Asuhan Keperawatan IV

No Aspek PenilaianNilai

MaksimalNilai

Lahan Akademik1. Ketepatan Pengumpulan Askep 52. Penampilan Laporan 53. Kemampuan melakukan pengkajian 104. Kemampuan melakukan analisa data 105. Kemampuan merumuskan diagnosa

keperawatan15

6. Kemampuan menentukan prioritas diagnosa keperawatan

10

7. Kemampuan melakukan perencanaan 108. Kemampuan melaksanakan tindakan

keperawatan15

9. Kemampuan melakukan evaluasi 1010. Kemampuan melakukan

pendokumentasian10

JUMLAH 100

Paraf

_____________, .................................2012

Pembimbing Lahan

(...........................................)

51

Page 52: ISI 2012

Nama Mahasiswa :Ruang Praktik :Tanggal Praktik :Format Penilaian : Sikap I

No Aspek PenilaianNilai

MaksimalNilai

Lahan Akademik1. HUBUNGAN ANTAR MANUSIA

Komunikasi dengan teman sejawat 9Menghargai klien/keluarga 8Menghargai teman sejawat 8

2. KEDISIPLINANDatang dan pulang tepat waktu 7Minta ijin saat meninggalkan tugas 6Mentaati tata tertib 6Membawa nursing kit 6

3. KEJUJURANMenandatangani daftar hadir sesuai kehadiran

12

Perilaku jujur 134. PENAMPILAN PROFESIONAL

Partisipasi dan inisiatif di tempat praktik

9

Seragam praktik sesuai ketentuan 8Bertanggung jawab 8

JUMLAH 100

Paraf

__________, .............................2012

Pembimbing Lahan

(...........................................)

52

Page 53: ISI 2012

Nama Mahasiswa :Ruang Praktik :Tanggal Praktik :Format Penilaian : Sikap II

No Aspek PenilaianNilai

MaksimalNilai

Lahan Akademik1. HUBUNGAN ANTAR MANUSIA

Komunikasi dengan teman sejawat 9Menghargai klien/keluarga 8Menghargai teman sejawat 8

2. KEDISIPLINANDatang dan pulang tepat waktu 7Minta ijin saat meninggalkan tugas 6Mentaati tata tertib 6Membawa nursing kit 6

3. KEJUJURANMenandatangani daftar hadir sesuai kehadiran

12

Perilaku jujur 134. PENAMPILAN PROFESIONAL

Partisipasi dan inisiatif di tempat praktik

9

Seragam praktik sesuai ketentuan 8Bertanggung jawab 8

JUMLAH 100

Paraf

__________, .............................2012

Pembimbing Lahan

(...........................................)

53

Page 54: ISI 2012

Nama Mahasiswa :Ruang Praktik :Tanggal Praktik :Format Penilaian : Sikap III

No Aspek PenilaianNilai

MaksimalNilai

Lahan Akademik1. HUBUNGAN ANTAR MANUSIA

Komunikasi dengan teman sejawat 9Menghargai klien/keluarga 8Menghargai teman sejawat 8

2. KEDISIPLINANDatang dan pulang tepat waktu 7Minta ijin saat meninggalkan tugas 6Mentaati tata tertib 6Membawa nursing kit 6

3. KEJUJURANMenandatangani daftar hadir sesuai kehadiran

12

Perilaku jujur 134. PENAMPILAN PROFESIONAL

Partisipasi dan inisiatif di tempat praktik

9

Seragam praktik sesuai ketentuan 8Bertanggung jawab 8

JUMLAH 100

Paraf

__________, .............................2012

Pembimbing Lahan

(...........................................)

54

Page 55: ISI 2012

Nama Mahasiswa :Ruang Praktik :Tanggal Praktik :Format Penilaian : Sikap IV

No Aspek PenilaianNilai

MaksimalNilai

Lahan Akademik1. HUBUNGAN ANTAR MANUSIA

Komunikasi dengan teman sejawat 9Menghargai klien/keluarga 8Menghargai teman sejawat 8

2. KEDISIPLINANDatang dan pulang tepat waktu 7Minta ijin saat meninggalkan tugas 6Mentaati tata tertib 6Membawa nursing kit 6

3. KEJUJURANMenandatangani daftar hadir sesuai kehadiran

12

Perilaku jujur 134. PENAMPILAN PROFESIONAL

Partisipasi dan inisiatif di tempat praktik

9

Seragam praktik sesuai ketentuan 8Bertanggung jawab 8

JUMLAH 100

Paraf

__________, .............................2012

Pembimbing Lahan

(...........................................)

55