Ips Bentuk-Bentuk Keragaman Sosial dan Budaya Indonesia kelas 7 kurikulum 2013

download Ips Bentuk-Bentuk Keragaman Sosial dan Budaya Indonesia kelas 7 kurikulum 2013

of 19

  • date post

    09-Jul-2015
  • Category

    Education

  • view

    2.525
  • download

    37

Embed Size (px)

description

power point ini berisi tentang keragaman sosial dan budaya yang ada di indonesia

Transcript of Ips Bentuk-Bentuk Keragaman Sosial dan Budaya Indonesia kelas 7 kurikulum 2013

IPS

IPSBentuk-Bentuk Keragaman Sosial dan Budaya Indonesia

Oleh :Bagus Putra Diraja(12)Dhivana A.R.L(17)Efraim Wijanarko(19)Ova Dhea Ariesta(25)Yolanda A.W(33)Manusia adalah ciptaan Tuhan yang paling sempurna karena memiliki kemampuan berpikir, perasaan, dan keterampilan. Dengan kemampuan ini, manusia dapat menentukan sendiri cara untuk mempertahankan kelangsungan hidup dan mengubah lingkungannya.Cara manusia mempertahankan diri juga beragamContohnya, manusia membuat tempat tinggal atau membuat senjata, manusia membuat peraturan atau norma-norma, manusia mengenyam pendidikan, dan lain-lain.

Karya-karya manusia dalam usahanya mempertahankan hidup dan memenuhi kebutuhan hidup disebut hasil budaya.

Kebudayaan adalah hasil dari cipta, rasa, dan karsa manusia dalam memenuhi kebutuhannya. Kebudayaan ada 2 macam,Kebudayaan jasmani adalah kebudayaan yang dapat dirasakan, diraba, dan dilihat secara nyata. Contoh : alat-alat tradisional, pakaian adat, kesenian, adat istiadat, arsitektur bangunan, dan lainnya.

2.Kebudayaan rohani adalah kebudayaan yang hanya dapat dirasakan, namun tidak dapat dilihat atau diraba. Contoh : kepercayaan dan ideologi.

Apa sajakah itu?1. Keberagaman Suku BangsaSuku adalah suatu kesatuan masyarakat atas dasar kesamaan bahasa, budaya, dan tempat tinggal. Setiap suku memiliki kebiasaan hidup yang berbeda-beda. Kebiasaan hidup ini menjadi budaya dan ciri khas suku masing-masing hingga membentuk suatu keragaman budaya.

2. Keberagaman BahasaBahasa daerah adalah bahasa yang dituturkan di daerah tertentu. Bahasa daerah digunakan untuk percakapan atau komunikasi untuk suku yang sama. Setiap suku memiliki bahasa yang berbeda dari logat dan dialeknya yang khas. Itulah ciri khusus setiap bahasa daerah.

3. Keberagaman BudayaSetiap daerah memiliki kebudayaan daerah yang khas. Keragaman budaya daerah dapat dikenali melalui bentuk-bentuk pakaian adat, lagu daerah, tarian daerah, rumah adat, alat musik, seni pertunjukan, upacara adat, dan lain-lain.RUMAH ADATSetiap daerah mempunyai rumah adat dengan arsitektur yang khas dan unik. Misalnya, bentuk rumah, atap, dinding, lantai, bahan pembuat dan sebagainya.Bentuk rumah adat menunjukkan ciri khas kehidupan masyarakat suatu daerah. Selain itu bentuk rumah juga dipengaruhi oleh lingkungan alam daerahnya.

Berikut adalah beberapa contoh dari rumah adat yang ada di Indonesia PAKAIAN ADAT DAN SENJATA TRADISIONALPakaian adat tradisional merupakan salah satu kekayaan budaya Indonesia yang banyak mendapat perhatian karena keindahannya. Model pakaian, warna, dan hiasannya berbeda antara daerah satu dan daerah yang lain. Pakaian adat dipakai pada waktu upacaraupacara adat, misalnya kematian, perkawinan, kelahiran, dan kegiatan ritual dari setiap suku.

Contoh Pakaian Adat dan Senjata TradisonalLAGU DAERAH DAN ALAT MUSIKNYALagu daerah bercirikan kedaerahan. Umumnya mengunakan bahasa daerah.

TARIAN DAERAH DAN PERTUNJUKKAN RAKYATSeni tari merupakan salah satu aspek seni untuk mengungkapkan perasaan melalui gerak. Tarian daerah menampilkan kekhasan daerahnya. Tarian biasanya memiliki makna dan simbol tertentu.

TARIAN DAERAH DAN PERTUNJUKKAN RAKYATSeni tari merupakan salah satu aspek seni untuk mengungkapkan perasaan melalui gerak. Tarian daerah menampilkan kekhasan daerahnya. Tarian biasanya memiliki makna dan simbol tertentu.

4. Keberagaman ReligiAgama atau kepercayaan adalah salah satu jenis kebudayaan rohani. Di Indonesia, terdapat enam agama yang diakui secara resmi oleh negara, yaitu Islam, Katolik, Kristen, Hindu, Buddha, dan Khonghucu.

Thank You