Tema IV Keragaman Sosial Budaya sebagai Modal Dasar ... SMP Kelas 8/IPS/Bab 4 Keragaman...

download Tema IV Keragaman Sosial Budaya sebagai Modal Dasar ... SMP Kelas 8/IPS/Bab 4 Keragaman Sosial...آ 

of 85

  • date post

    27-Dec-2019
  • Category

    Documents

  • view

    20
  • download

    0

Embed Size (px)

Transcript of Tema IV Keragaman Sosial Budaya sebagai Modal Dasar ... SMP Kelas 8/IPS/Bab 4 Keragaman...

  • 108 Kelas VIII SMP/MTs Semester 2

    Tema IV

    Keragaman Sosial Budaya sebagai Modal Dasar Pembangunan Nasional

    PETA KONSEP

    A. Sifat dan bentuk

    Interaksi sosial budaya

    B. Fungsi dan peran

    keragaman sosial budaya

    C. Fungsi dan peran

    kelembagaan sosial budaya

    D. Kemerdekaan

    sebagai modal pembangunan nasional

    Pembangunan Nasional

    Proyek/Kegiatan

    Konektivitas Antar Daerah

    Keragaman Sosial Budaya

    Di unduh dari : Bukupaket.com

  • Ilmu Pengetahuan Sosial 109

    Prawacana

    Kamu tentu masih ingat tentang keragaman sosial budaya masyarakat Indonesia yang kamu pelajari pada saat kelas VII. Bangsa Indonesia memiliki khazanah budaya berbeda beda seperti dalam bahasa, adat istiadat, pakaian, teknologi, dan sebagainya. Perbedaan tersebut harus dimanfaatkan dengan baik, sehingga mendukung proses pembangunan nasional.

    Keragaman sosial budaya merupakan modal penting dalam pembangunan nasional. Kekayaan sumber daya alam tidak akan menjamin kesejahteraan masyarakat, apabila masyarakat tidak mampu mengelola sumber daya alam tersebut dengan baik. Keragaman sosial budaya sering disebut juga modal sosial atau modal masyarakat. Masyarakat Indonesia memiliki berbagai budaya positif yang dapat dimanfaatkan untuk pembangunan nasional.

    Keberagaman sosial budaya seperti apa yang dapat dimanfaatkan untuk pembangunan nasional? Siapa saja yang berperan dalam pemanfaatan keberagaman sosial budaya? Bagaimana memanfaatkan keberagaman sosial budaya untuk pembangunan nasional?

    Optimalisasi fungsi dan peran keberagaman sosial budaya dalam pembangunan nasional akan kamu pelajari dalam tema ini. Uraian pada tema ini dibagi menjadi 4 subtema yang meliputi: 1) sifat dan bentuk interaksi sosial budaya dalam pembangunan, 2) fungsi dan peran keberagaman sosial budaya dalam pembangunan, 3) fungsi dan peran kelembagaan dalam mengelola keragaman sosial budaya, dan 4) kemerdekaan sebagai modal pembangunan.

    TUJUAN: Setelah mempelajari uraian pada tema ini, diharapkan kamu mampu: 1. Mengidentifikasi bentuk dan sifat Interaksi sosial budaya dalam pembangunan 2. Menjelaskan fungsi dan peran keragaman sosial dan budaya 3. Mendeskripsikan fungsi dan peran kelembagaan sosial budaya 4. Mendeskripsikan kemerdekaan sebagai modal pembangunan

    Di unduh dari : Bukupaket.com

  • 110 Kelas VIII SMP/MTs Semester 2

    A. Sifat dan Bentuk Interaksi Sosial Budaya dalam Pembangunan

    Sebelum kamu mempelajari tentang bentuk dan sifat interaksi sosial budaya dalam pembangunan, cermatilah peta konsep di bawah ini!

    Peta konsep di atas menunjukkan hubungan sifat dan bentuk interaksi sosial budaya dalam pembangunan. Masyarakat Indonesia yang bertempat tinggal menyebar di berbagai wilayah Indonesia memiliki karakteristik yang berbeda baik dalam aspek seni, budaya, politik, dan sebagainya. Secara kodrat manusia selalu membutuhkan manusia lain. Karena itulah manusia akan selalu melakukan interaksi dengan manusia lain. Dalam kegiatan berinteraksi tersebut terdapat interaksi yang mendukung pembangunan nasional. Selain itu juga terdapat interaksi yang menghambat pembangunan nasional. Bagaimana interaksi masyarakat yang mendukung dan menghambat pembangunan nasional? Untuk menjawabnya kamu perlu memahami bagaimana hakekat interaksi sosial budaya masyarakat.Untuk membantu memahami berbagai sifat dan bentuk interaksi sosial budaya dalam pembangunan kamu dapat mempelajari uraian berikut.

    B. Fungsi dan peran

    keragaman sosial budaya

    C. Fungsi dan peran

    kelembagaan sosial budaya

    D. Kemerdekaan

    sebagai modal pembangunan nasional

    Pembangunan Nasional

    Proyek/Kegiatan

    Konektivitas Antar Daerah

    Keragaman Sosial Budaya

    A. Sifat dan Bentuk Interaksi Sosial Budaya

    Di unduh dari : Bukupaket.com

  • Ilmu Pengetahuan Sosial 111

    1. Sifat-Sifat Interaksi Sosial Budaya dalam Kehidupan Masyarakat

    Manusia tidak dapat lepas dari kebutuhan akan interaksi sosial. Sejak manusia lahir, dia tidak akan dapat melanjutkan hidupnya tanpa bantuan manusia lain. Interaksi terjadi baik antar individu, individu dengan kelompok, maupun kelompok dengan kelompok. Contoh interaksi individu dengan individu dapat kamu lihat dalam kegiatan permainan catur, ayah sedang menasehati anak, dan sebagainya. Interaksi individu dengan kelompok dapat kamu temukan pada saat guru mengajar murid-murid, kyai sedang memberikan ceramah, dan sebagainya. Sedangkan interaksi kelompok dengan kelompok dapat kamu temukan dalam permainan antar tim sepak bola, diskusi antar kelompok di dalam kelas, dan sebagainya. Mengapa manusia memerlukan interaksi dengan manusia lain? Untuk menjawab pertanyaan tersebut kerjakan aktivitas kelompok berikut!

    Mengenal Tokoh

    Gambar 4.1. Ibnu Khaldun

    Lahir di Tunisia pada 1 Ramadan 1332 dikenal sebagai sejarawan dan bapak sosiologi Islam yang hafal Alquran sejak muda. Menurut Ibnu Khaldun manusia diciptakan sebagai makhluk politik atau sosial, yaitu makhluk yang selalu membutuhkan orang lain dalam mempertahankan kehidupannya, sehingga kehidupan manusia dengan masyarakat dan organisasi sosial merupakan sebuah keharusan.

    Sumber: M. Abdullah Enan, 2013, Biografi Ibnu Khaldun: Kehidupan dan Karya Bapak Sosiologi Dunia. Jakarta: Zaman

    Aktivitas Kelompok

    1. Bentuklah kelompok dengan anggota 3-4 orang! 2. Masing-masing anggota dalam kelompok mengidentifikasi dua aktivitas rutin yang

    dilakukan setiap hari, kemudian menuliskan jenis aktivitas dan siapa yang membantu untuk melakukan aktivitas tersebut!

    3. Hasil dari identifikasi masing-masing anggota disatukan, kemudian didiskusikan dalam kelompok untuk memperoleh jawaban siapa saja yang membantu melakukan aktivitas tersebut!

    4. Dari hasil diskusi, tuliskan kesimpulanmu perlunya melakukan interaksi dengan orang lain!

    5. Presentasikan hasil simpulan di depan kelasmu! 6. Tuliskan simpulan hasil diskusi kelas!

    Di unduh dari : Bukupaket.com

  • 112 Kelas VIII SMP/MTs Semester 2

    Apakah kamu sudah mengerjakan aktivitas kelompok tersebut? Simpulan yang diperoleh, orang melakukan interaksi dengan orang lain karena manusia tidak dapat mencukupi semua kebutuhan hidupnya. Mulai kamu bangun tidur di waktu pagi, sampai tidur lagi di waktu malam pasti banyak hal yang tidak dapat kalian lakukan sendiri. Sebagai contoh pada saat kalian makan pagi saat akan berangkat ke sekolah, dari mana kalian memperoleh nasi, siapa yang menanam padi, siapa yang menggiling padi, dan siapa yang mengantar beras sampai di rumahmu, hingga ibu kalian memasaknya? Contoh tersebut merupakan hal sederhana yang kalian hadapi setiap hari. Inilah salah satu bukti pentingnya interaksi dengan sesama. Untuk lebih memahami pentingnya interaksi dalam kehidupan sehari-hari amati gambar berikut!

    Gambar 4.2. menunjukkan contoh lain dari bentuk interaksi. Makan bersama merupakan media berinteraksi dalam keluarga. Interaksi juga merupakan salah satu sarana untuk mencapai tujuan bersama. Sebagai contoh, kamu dapat mengamati interaksi yang terjadi di dalam keluargamu. Ayah, ibu, dan anak-anak memiliki tujuan mencapai keluarga bahagia dan sejahtera. Untuk mencapai tujuan tersebut, tentu semua anggota keluarga harus berinteraksi dengan baik, sehingga masing-masing saling memahami dan membantu seperti tampak pada gambar 4.2. Interaksi yang terjadi di sekolahmu juga merupakan contoh lain interaksi antar manusia untuk mencapai tujuan bersama. Misalnya, interaksi antara pengurus kelas yang membicarakan tentang aktivitas sosial yang akan dilakukan selama satu tahun.

    Dalam berinteraksi, tidak semua mengarah pada kebersamaan atau persatuan. Kamu mungkin menemukan sifat interaksi yang mengarah kepada perpecahan. Sebagai contoh pertengkaran antar orang di sekitar tempat tinggalmu, tawuran pelajar, perang antara Indonesia dan Belanda pada masa lalu, dan sebagainya seperti tampak pada gambar 4.3.

    Sumber: muslimahzone.com Gambar 4.2. Makan bersama dalam satu keluarga sebagai salah satu media berinteraksi keluarga

    Di unduh dari : Bukupaket.com

  • Ilmu Pengetahuan Sosial 113

    Interaksi yang mengarah kepada persatuan seperti dijelaskan di atas, sering disebut interaksi yang bersifat asosiatif, seperti tampak pada gambar 4.3. Sedangkan interaksi manusia yang terjadi mengarah kepada perpecahan, disebut interaksi disosiatif, seperti tampak pada gambar 4.3.

    Kehidupan manusia berlangsung berubah-ubah atau dinamis. Interaksi yang positif pada saat ini, di waktu lain sering berubah menjadi interaksi negatif. Pernahkah kamu berselisih paham dengan temanmu? Sebelum berselisih paham, mungkin kamu selalu bermain bersama. Tetapi bagaimana ketika terjadi perselisihan paham? Mungkin kamu khawatir atau takut untuk mendekatinya. Akan tetapi karena sama-sama sebagai sahabat, kamu berusaha untuk berbaikan dengan temanmu tersebut. Bagaimana setelah kamu berbaikan dan melupakan perselisihan sebelumnya? Mungkin persahabatan kamu semakin erat, dan berusaha tidak ada konflik lagi.

    Perselisihan antar teman yang dicontohkan di atas juga terjadi antar kelompok, bahkan antar bangsa. Sebagai contoh bangsa Indonesia dan bangsa Jepang. Sebelum Jepang menjajah Indonesia, Jepang merupakan salah satu sahabat perdagangan Indonesia. Berbagai produk Jepang telah masuk ke Indonesia sebelum Perang Dunia II. Pada masa pendudukan Jepang, bangsa Jepang menjadi musuh bangsa Indonesia. Kebencian dan pe