HALAMAN JUDUL

download HALAMAN JUDUL

of 13

Embed Size (px)

description

OK

Transcript of HALAMAN JUDUL

HALAMAN JUDULLaporan Hasil Studi LapanganKe Bali pada tanggal 22-25 Mei 2015Pesona di Balik Pulau Dewata

Disusun Oleh :1. Romadhoni Dwi A.2. Ryan Pratama3. Reddy Krisna4. Amir Syarifudin5. Eka Fatmawati 6. Irna Agustina7. Nouval Aulia A.8. Savira Cahyani P.

HALAMAN PENGESAHAN Laporan hasil studi lapangan ke Bali pada tanggal 22-25 Mei 2015 dengan judul Pesona di Balik Pulau Dewata telah dibaca dan diperiksa oleh Pembina KTI di Bangil pada tanggal 13-14 Juni 2015

Mengetahui Pembina OSIS Pembimbing

Syafar Hadi S.Ag.S.Kom Inta Aprilia G. Spd.NIP. 19690509 200801 1014 NIP. 19670418 199403 2005

Kepala SMP Negeri 3 Bangil

NINIK SUTITAH, S.Pd M.Pd NIP. 19590831 198101 1002

KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan rahmat, hidayah, dan inayah-Nya, kami selaku penyusun Karya Tulis Ilmiyah dengan judul Pesona di Balik Pulau Dewata dapat menyelesaikan Karya Tulis Ilmiyah ini dengan lancar. Kami memilih judul Pesona di Balik Pulau Dewata karena Pulau Dewata memiliki obyek pariwisata yang mempunyai pesona tersendiri yang mampu menarik perhatian wisatawan mancanegara maupun lokal. Di samping itu, Pulau Dewata juga memiliki budaya yang beragam sehingga menjadi pesona dan ciri khas tersendiri.Dalam penyusunan Karya Tulis Ilmiyah ini banyak pihak yang telibat dan berperan serta. Oleh karena itu, kami mengucapkan terima kasih kepada :

1. Ninik Sutitah, S.Pd, M.Pd selaku Kepala Sekolah yang telah memberi kesempatan kami untuk menyelenggarakan karya wisata.2. Inta Aprilia G., S.Pd. selaku Guru Pembimbing (Guru Pembina KTI) sekaligus wali kelas yang telah membantu menyelesaikan dan menyusun laporan karya ilmiyah ini.3. Orang tua kami yang telah mendukung dan memberikan bantuan baik secara moril maupun material.

Kami berharap, Karya Tulis Ilmiah ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi pembaca.Karya Tulis ini jauh dari sempurna. Besar harapan kami atas kritik dan saran yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan Karya Tulis Ilmiah ini.

Penyusun

DAFTAR ISIHALAMAN JUDUL iHALAMAN PENGESAHAN iiKATA PENGANTAR iiiDAFTAR ISI ivBAB I PENDAHULUAN 1.1. Latar belakang11.2. Tujuan11.3.Manfaat2 1.3.1.Bagi Siswa2 1.3.2.Bagi Guru21.4. Rumusan Masalah 21.4.1.Pantai Kuta 21.4.2.Pasar Seni Sukawati2BAB II PEMBAHASAN 2.1 Pantai Kuta32.1.1.Lokasi 32.1.2.Keadaan Pantai Kuta 32.2. Pasar Seni Sukawati 4BAB III PENUTUP 3.1. Kesimpulan63.2. Saran6DAFTAR PUSAKA 7

BAB IPENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Bali merupakan salah satu propinsi yang terkenal di Indonesia. Bali terletak diantara pulau Jawa dan pulau Lombok. Bali sangat akrab dengan sebutan pulau Dewata dan pulau Seribu Pura. Pulau Dewata sendiri memiliki arti yaitu pulau dengan mayoritas penduduk yang beragama Hindu dan menganut atau mempercayai adanya dewa, sedangkan disebut Pulau Seribu Pura karena memiliki pura sendiri yang digunakan untuk sembahyang. Mayoritas penduduknya memang beragama Hindu.Dengan pesona keindahan, budaya, dan berbagai hasil seninya, pulau Bali sangat terkenal sebagai tujuan pariwisata di dunia. Di antaranya adalah pantai Kuta dan Pasar Seni Sukawati. Pantai Kuta merupakan salah satu pantai yang terkenal di pulau Bali karena keeksotisannya. Dengan menyuguhkan keindahan sunset dan sunrise, pantai ini mampu menarik wisatawan baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Banyak Orang yang ingin bertransmigrasi ke pulau Bali untuk mencari rezeki, selain ingin melihat keindahan pulau Dewata itu.

1.2 Tujuan 1.2.1 Mengetahui sejarah Pantai Kuta1.2.2 Mengetahui sejarah Pasar Sukawati

1.3 Manfaat1.3.1 Bagi Siswa1. Menambah pengetahuan dan wawasan terhadap kebudayaan Indonesia2. Karya Tulis Ilmiah yang dibuat dapat bermanfaat bagi yang membaca3. Sebagai media pembelajaran siswa4. Menumbuhkan rasa cinta terhadap peninggalan sejarah budaya bangsa sendiri dibanding kebudayaan asing1.3.2. Bagi Guru1. Memudahkan guru dalam proses belajar mengajar di luar sekolah, bukan hanya secara materi tapi juga secara realisasi2 Sebagai media pembelajaran yang bersifat konteksual sesuai kebutuhan Siswa dan tuntutan kurikulum.1.4. Rumusan Masalah1.4.1. Pantai Kutaa. Bagaimana pantai Kuta bisa terkenal sampai ke mancanegara?b. Bagaimana keadaan pantai Kuta sehingga para turis beta berlama-lama di sana ? 1.4.2. Pasar Seni Sukawati a. Bagaimana cara transaksi jual beli di pasar Sukawati sehingga menjadi daya tarik wisatawan?b. Bagaiman keadaan di Pasar Sukawati sehingga dijadikan pasar terbaik ke-4 di Indonesia?

BAB IIPEMBAHASAN

2.1 Pantai Kuta2.1.1 LokasiPantai Kuta terletak di Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, dari Kotamadya Denpasar, 4 km dari Bandara Ngurah Rai. Salah satu pantai yang ada di Pulau Dewata.

2.1.2 Keadaan Pantai KutaPantai Kuta merupakan salah satu pantai ynag sangat terkenal di Pulau Bali. Pantai ini terkenal dengan pasirnya yang putih dan panoramanya yang sangat indah, terutama pada saat matahari tenggelam (sun set) dan matahari terbit (sun rise). Banyak wisatawan domestik maupun mancanegara yang berbondong-bondong datang untuk menikmati keeksotisan Pantai Kuta ini. Keeksotisan pantai inilah yang menyebabkan para wisatawan sangat betah berlama-lama di pantai ini. Ketika baru memasuki pintu masuk pantai Kuta, kita sudah disuguhi dengan pesonanya yang sangat menakjubkan. Terlihat dari jauh ombak yang bergulung-gulung menambah keindahan pantai Kuta ini. Ombak di pantai Kuta ini dimanfaatkan oleh para wisatawan untuk berselancar. Ada sarana untuk belajar berselancar, banyak juga orang yang menjajakan oleh-oleh khas Bali. Saat yang ditunggu oleh para wisatawan adalah ketika matahari terbenam, karena pada saat itu matahari terlihat sangat indah dan sangat besar sekali. Itu lah sebabnya pantai Kuta ini terkenal sampai ke mancanegara. Hal ini dapat menambah devisa tersendiri bagi pemerintah di Bali.

2.2 Pasar SukawatiPasar Sukawati adalah pasar yang sangat terkenal di Bali bahkan di pelosok dunia. Pasar ini terletak di Desa Sukawati, Gianyar. Kurang lebih 18 km dari Kota Denpasar, Bali dan dapat ditempuh kira-kira 30 menit menggunakan kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat. 30 km dari wilayah Kuta dan kurang lebih 90 menit perjalanan yang ditempuh jika dari Bandara Ngurah Rai, Bali. Sangat terkenal karena menjual pakaian dan kerajinan tradisional khas Bali dengan harga yang terjangkau. Pakaiannya seperti Batik yang berkhaskan batik ornament Bali. Selain itu juga dijual beberapa celana maupun baju yang dapat kita gunakan di Bali langsung yang harganya relatif lebih murah dibandingkan dengan tempat yang lainnya di Bali. Semua harga yang diberikan oleh penjual dapat kita tawar. Jadi pintar-pintar saja untuk menawarnya, kurang lebih 1/3 dari harga. Jika ingin sukses untuk menawar harga, maka sebaiknya datang pada saat kios atau pasar baru buka, biasanya pagi hari. Karena kepercayaan orang Bali sendiri pada saat baru buka dagangan langsung dibeli oleh pembeli.Selain pakaian yang kita beli di sini, kita juga dapat melihat-lihat beberapa lukisan yang ditawarkan, seperti lukisan naturalis atau abstrak. Harga yang ditentukan pun juga beraneka ragam. Harga ditentukan oleh ukuran lukisan atau pun makna lukisan itu sendiri. Bisa membeli dengan bingkai ataupun tanpa bingkai, sesuai selera kita. Biasanya barang atau dagangan yang sering diburu turis asing adalah baju oblong khas Bali yang bergambar tokoh-tokoh wewayangan Bali. Untuk oleh-oleh kerajinan lainnya seperti gantungan kunci, tas, sandal santai juga bisa dicari di sini. Pasar Sukawati adalah surga belanja di Pulau Bali. Tempat atau lokasi yang sangat cocok untuk membeli cinderamata khas dari Pulau Dewata.Pasar Sukawati sendiri memiliki tiga tempat yaitu Pasar Sukawati 1, Sukawati 2, dan Sukawati 3, namun lokasi yang paling ramai dan paling lama berdiri adalah Pasar Sukawati 1. Letaknya juga saling berdekatan antara satu sama lain. Pasar ini dibuka dari jam 8 pagi sampai jam 6 sore. Hari minggu pun tetap buka, biasanya kalau Hari Raya Nyepi atau Galungan pasar ini baru tutup.

BAB IIIPENUTUP

3.1 KesimpulanBerdasarkan hasil pembahasan yang diuraikan, maka penulis mengambil kesimpulan bahwa Bali merupakan salah satu propinsi yang terkenal di Indonesia dengan pesona keindahan, budaya, dan berbagai hasil seninya. Pulau Bali sangat terkenal sebagai tujuan pariwisata di dunia serta banyak turis asing yang datang ke Pulau Dewata. 3.2 SaranPenyusunan laporan hasil studi lapangan ke Bali ini masih jauh dari kesempurnaan. Untuk itu perlu pengembangan di masa mendatang dan diharapkan dapat dimodifikasi lebih baik lagi. Berikut ada beberapa saran:1. Ditambahkan tentang wisata kuliner yang ada di Bali2. Menentukan batasan masalah yang dibahas3. Penjelasan yang detail tentang latar belakng penyusunan laporan4. Tidak hanya membahas tentang sejarah-sejarah wisata yang ada di Bali melainkan membahas tentang sejarah Pulau Bali itu sendiri.5. Adik kels kami dapat merasakan hal yang serupa seperti kami6. Pemerintah Daerah bali dapat melestarikan Budaya Bali agar tidak diklaim oleh Negara lain.

DAFTAR PUSTAKA

Hariningsih, Dwi. 2008. Membuka Jendela Ilmu Pengetahuan dengn Bahasa dan Sastra Indonesia 2 untuk SMP/MTS Kelas VIII. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.Leory, Diana. 2003. Soal-soal dan Pembahasan UAN Bahasa Indonesia SMP. Jakarta: Penerbit Erlangga.Moeliono, Anton, dkk. 2003. Tata Bahasa Buku Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.Wirajaya, Asep Yudha. 2008. Berbahasa dan Bersastra Indonesia 3: untuk SMP/MTS Kelas IX. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.Yuniari, Niken. 2010. Prediksi Ujian Nasional. Jakarta Selatan: Ciputat.

LAMPIRAN