Eksistensi Astra di GIIAS 2015

60
Majalah Agustus 2015 Tahun XLIII Eksklusif Meriahnya Peringatan HUT-RI di Astra Utama GIIAS Sebagai Dewa Penolong Penjualan Otomotif EDISI 08 Eksistensi Astra di GIIAS 2015

Transcript of Eksistensi Astra di GIIAS 2015

Page 1: Eksistensi Astra di GIIAS 2015

MajalahAgustus 2015 Tahun XLIII

EksklusifMeriahnya Peringatan HUT-RI di Astra

UtamaGIIAS Sebagai Dewa Penolong Penjualan Otomotif

E D I S I

08

Eksistensi Astra di GIIAS 2015

Page 2: Eksistensi Astra di GIIAS 2015
Page 3: Eksistensi Astra di GIIAS 2015

SENARAI Majalah AstraEdisi 08, Agustus 2015 Tahun XLIII

ASTRA 2015

DAFTAR ISI

03

03

16 24

Dalam rangka mendukung peningkatan perekonomian nasional, Grup Astra

bersama-sama dengan seluruh anggota Gabungan Industri Kendaraan Bermotor

Indonesia (Gaikindo) turut serta dalam pameran otomotif bertaraf international ke-23 yang

disebut dengan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015.

Eksistensi ini juga menjadi wujud kontribusi Grup Astra dalam mengembangkan industri otomotif nasional. Tidak hanya kemeriahan

GIIAS, Grup Astra juga turut memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-70 Republik Indonesia dengan

upacara pengibaran bendera, juga berbagai kompetisi interaktif yang mengundang

kebahagiaan dan kebersamaan demi mempererat tali persatuan di antara

Insan Astra.

RAGAM BERITA

RAGAM BERITAAnalyst Gathering Astra International: Hasil Kinerja Semester Pertama 2015

16 UTAMAGIIAS Sebagai Dewa PenolongPenjualan Otomotif

24 EKSKLUSIFMeriahnya Peringatan HUT-RI di Astra

36 HUMAN CAPITALAtmosfer Keakraban dalam Acara Purnabakti Eksekutif Astra 2015

40 RELASIAudit & Risk Day 2015‘Building Up To The Next LevelChange Brings Opportunity’

42 PROFIL KARYAWANHilman RisanWakil Presiden Direktur PT United Tractors Pandu Engineering

44 SERBA - SERBI YAYASANKiprah Bersama Sembilan Yayasan Astra

46 LINGSOSKoperasi Astra Salurkan BeasiswaSenilai Rp 33,9 miliar

50 SOLUSIHari Lingkungan Hidup Sedunia2015 di Kampung Berseri Astra,Bekasi

51 PROFIL PERUSAHAANO-RENZ Taxi - Diversifikasi Unggul Transportasi Masa Kini

52 REHATLangkah Tepat AgarTerhindar dari Depresi

55 JALAN - JALANMenyesap Harmoni Sawai

UTAMA EKSKLUSIF

4640

LINGSOSRELASI

Page 4: Eksistensi Astra di GIIAS 2015

Grup Astra kembali menunjukkan

eksistensinya di industri otomotif nasional dengan

kehadirannya dalam Gaikindo Indonesia

International Auto Show (GIIAS)

2015 di Indonesia Convention

Exhibition, BSD City.

PenasihatPrijono SugiartoPemimpin Umum Pongki PamungkasPenanggung Jawab & Pemimpin Redaksi Yulian Warman Wakil Pemimpin Redaksi Boy Kelana SoebrotoRedaktur EksekutifWisnu WijayaRedaktur PelaksanaVita Principalia, Elmeirillia Lonna, Sasha KoharStaf Redaksi Reyhan Valiant, Deddy Pradityo Opficon, Elyana Kulsum, Regina Panontongan, M. Ilham Abdillah, Mulawarman, Agrie Pratama Jakaria, Karnanda Kurniardhi, Suwartiningsih, Hazrina Damitta, Denis Satria

Majalah Astra Edisi 08, Agustus 2015 Tahun XLIII

PENERBIT

DARI REDAKSI

EDITORIALKoresponden Dimas Aska (TAM), Agus Nardianto (ADM), Harsono (DSO), Puti Annisa (IAMI), Anggara Hidayat (ISO), Adi Hartanta (BSO), M. Mizwar (PSO), Yehuda (AHM), Abdul Latief (HSO), Ariena K. (AOP), Debby (AstraWorld), Arif Reza (FIFGROUP), Ni Made Wahyuni (ACC), Iwan L. Pranoto (AAB), Siska W. Andayani (PermataBank), Ornella Elizabeth (UT), P. Budi U. (PAMA), Tofan Mahdi, Moch. Husni (AAL), Astri (SERA), Nur Indah Permanasari (MMS), Mita Jasmine (AG), Agustin (YDBA), Mustika (AMV)

AlAmAT REDAKSI mAJAlAh ASTRA: Public Relations Division, Kantor Pusat PT Astra International Tbk, Jl. Gaya Motor Raya no. 8, Sunter II, Jakarta 14330, Telp. : 652 2555 Faks. : 6530 4957 e-mail : [email protected]

Selanjutnya, melalui Rubrik Eksklusif, kami mengulas proses pengibaran bendera merah putih dalam upacara Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-70 sekaligus foto-foto eksklusif seputar peringatan HUT RI di Grup Astra. Rubrik ini juga mengulas tentang berbagai kompetisi Astra Gema Islami yang mengundang sejumlah kontingen dari berbagai anak perusahaan Grup Astra.

Beralih ke Rubrik Human Capital, jangan lewatkan artikel inspiratif tentang prosesi Purnabakti Eksekutif Astra sebagai wujud apresiasi perusahaan atas dedikasi para eksekutif Astra yang telah bekerja selama puluhan tahun. Begitu pula tentang acara 17-an Seru Bareng Astra yang diadakan dalam rangka memeriahkan Hari Kemerdekaan Indonesia. Anda juga dapat memetik inspirasi lainnya dari Profil Karyawan kali ini, Wakil Presiden Direktur PT United

Majalah Astra adalah majalah internal Grup Astra yang berfungsi sebagai media komunikasi seluruh karyawan, dalam upaya meningkatkan produktivitas dan efektivitas kerja, serta rasa memiliki perusahaan (sense of belonging) dan rasa kekeluargaan dalam grup (sense of group). Diberikan secara cuma-cuma kepada karyawan Astra & anak-anak perusahaannya dan dilarang diperjualbelikan. Semua tulisan yang dimuat di dalam majalah dilarang untuk dikutip tanpa izin khusus dari Redaksi. Surat Tanda Terdaftar No. 080/SK/DITJEN PPG/STT/1976, tanggal 29 April 1976 dan SK No. 603/K/DITJEN PPG/1987 tanggal 24 Juli 1987 tentang Perubahan Pengurus Majalah Astra. Surat Ijin Cetak: No. SKEP/32-PK/IC/Kh/VII/1976

Tractors Pandu Engineering Hilman Risan yang memiliki semangat berinovasi tinggi.

Majalah Astra terus bertransformasi demi memberikan yang terbaik kepada pembaca, mulai dari penambahan jumlah halaman hingga perubahan rubrik.

Perubahaan pada edisi kali ini bisa Anda temukan melalui kehadiran Rubrik Serba-Serbi Yayasan yang menggantikan Rubrik Jalin Mitra. Rubrik ini nantinya dapat menjadi media untuk mengekspos segala kegiatan sembilan yayasan tersebut kepada publik.

Akhir kata, merdekalah untuk terinsipirasi dan melakukan perubahaan ke arah yang lebih baik. Wujud upaya Anda dalam mengisi kemerdekaan dengan senantiasa memberikan kinerja kerja terbaik untuk kemajuan perusahaan dan perekonomian nasional.

Keterlibatan ini merupakan upaya bersama dalam menstimulasi adanya peningkatan perekonomian nasional. Ulasan mengenai aktivitas ini bisa Anda simak di Rubrik Utama.

Page 5: Eksistensi Astra di GIIAS 2015

Majalah Astra Agustus 2015 3

RAGAM BERITA

Analyst Gathering sebagai agenda rutin yang diadakan dua kali setahun oleh Divisi Investor Relations

bertujuan untuk memberikan informasi kepada para relasi analyst dan banker serta anak perusahaan PT Astra International Tbk. Acara ini kembali diselenggarakan pada tanggal 6 Agustus 2015, berlokasi di gedung kantor pusat Sunter, Jakarta.

Presiden Direktur Astra International Prijono Sugianto membuka dengan sambutan yang menekankan bahwa di tengah lemahnya kondisi ekonomi yang dialami Indonesia, maupun regional, sehingga berdampak pada penurunan kinerja dari Perseroan. Namun, bisnis Astra International tetap pada posisi yang kuat untuk menghadapi momentum kebangkitan ekonomi di masa mendatang karena didukung oleh neraca keuangan yang sehat.

Acara kemudian dilanjutkan dengan penyampaian informasi mengenai kinerja perseroan selama semester pertama tahun 2015 yang disampaikan oleh Tira Ardianti selaku Head of Investor Relations Astra

International Tira menerangkan bahwa kinerja perseroan menurun selama semester pertama tahun 2015 karena dampak dari penurunan konsumsi domestik yang tercermin dari menurunnya penjualan unit kendaraan roda empat sebesar 21% yang juga mengakibatkan penurunan pangsa pasar Astra sebesar 2% menjadi 50%. Pasar kendaraan roda dua juga mengalami penurunan secara volume penjualan sebesar 19%, diiringi dengan peningkatan pangsa pasar sebesar 5% menjadi 67%.

Melemahnya nilai tukar rupiah, sebaliknya, memberikan angin segar bagi bisnis Astra di sektor penjualan alat berat, yang diwakili oleh PT United Tractors Tbk. Keuntungan bersih UT meningkat sebesar 4%, di mana sebagian karena keuntungan dari selisih kurs. Produk andalan UT, Komatsu, tetap menjadi pemimpin pasar di industri alat berat, dengan pangsa pasar mencapai 38%.

Sebagai salah satu perusahaan konglomerasi di Indonesia, Grup Astra terus melakukan berbagai upaya untuk mengembangkan bisnis usahanya. Selama semester pertama tahun 2015, Grup Bisnis

Astra telah melakukan beberapa kegiatan penting antara lain: PT Astra Otoparts Tbk melakukan pembelian saham SKF Indonesia sebesar 25,8% sehingga posisi kepemilikan saham atas perusahaan tersebut meningkat 40%, pembelian 75,5 % saham PT Sumbawa Jutaraya dan 50,1% PT Acset Indonusa Tbk oleh UT termasuk anak perusahaannya, yakni PT Pamapersada Nusantara.

Adapula, pengalihan 50% saham PT Kreasijaya Adhikarya – perusahaan dengan kapasitas produksi 2,000 ton CPO per hari di Dumai, Riau – oleh Astra Agro Lestari dan yang terakhir adalah pembelian 25% saham ruas tol Semarang – Solo sepanjang 73 km yang dilakukan PT Astratel Nusantara.

PT Astra Honda Motor, sebagai anak usaha dalam sektor kendaraan roda dua, telah secara sukses menembus pasar ekspor sejak Mei 2015 dengan menjual All New Honda Beat eSP ke Filipina dengan target 30.000 unit sepanjang tahun 2015.

Setelah penyampaian kinerja bisnis-bisnis usaha dari Grup Astra, kemudian dilanjutkan dengan pemaparan kinerja keuangan Grup Astra sepanjang semester satu tahun 2015, di mana total pendapatan konsolidasi mengalami penurunan 9% menjadi Rp 92,5 triliun yang dipicu oleh turunnya penjualan otomotif, agribisnis dan alat berat, sehingga secara garis besar, keuntungan bersih konsolidasi merosot hingga 18% dengan total Rp 8,1 triliun.

Sesi terakhir acara ini adalah sesi tanya jawab yang oleh segenap jajaran direksi Astra, di mana para analyst pasar modal mengajukan beberapa pertanyaan seputar update dan kinerja perusahaan. Setelah acara ditutup, para undangan saling beramah tamah untuk memperat tali silahturahmi dengan para eksekutif Astra.

Analyst Gathering Astra International: Hasil Kinerja Semester Pertama 2015

Kehadiran jajaran direktur PT Astra International Tbk dalam sesi tanya jawab dimediasi oleh Head of Investor Relations Tira Ardianti

Page 6: Eksistensi Astra di GIIAS 2015

Majalah Astra Agustus 20154

RAGAM BERITA

Desain Terbaru Avant-Garde Lexus ES Tampil Memukau

BMW: Ruang Pameran Baru, Pelanggan Lebih Nyaman

Kabar baik bagi penggemar seri Lexus ES di tanah air. Kini, dengan desain terbarunya, sedan mewah favorit kalangan eksekutif

ini tampil semakin aerodinamis dan menawarkan nuansa kenyamanan dan kemewahan kelas wahid.

“Hadir dalam konsep desain Avant-Garde, Lexus ES semakin menonjolkan karakternya sebagai mobil mewah yang mampu mewakili kepribadian pelanggan sebagai pemilik atau penggemar mobil kelas atas,” tutur Lexus Principal Indonesia Suparno Djasmin.

Konsep terbaru ini bisa Anda temukan pada seri Lexus ES 250 berdesain sporty dan 300h varian hybrid yang tampak semakin menawan dengan spindel grille khasnya dan lampu LED daytime running yang terintegrasi ke bumper depan.

Serangkaian acara syukuran berlangsung di ruang pameran BMW Astra TB Simatupang yang baru saja selesai direnovasi dan

terletak di Jalan R. A Kartini Kav. 203, Cilandak, Jakarta Selatan. “Renovasi dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada pelanggan dan calon

Andhika Yudistira (kiri), Adjie Notonegoro (tengah) sebagai bintang tamu dan Farhan (kanan) sebagai pembawa acara

Pada Lexus ES 250, mesin yang digunakan adalah 2AR-FE berkapasitas 2.494 cc Dual VVT-I yang mampu menghasilkan tenaga 181hp pada putaran mesin 6.000 rpm dan torsi sebesar 235 Nm.

Sementara pada ES 300h, gabungan mesin dari 2AR-FXE 2.494 cc dan motor elektrik mampu menghasilkan

pelanggan BMW Astra di wilayah Jakarta Selatan dan sekitarnya. Salah satunya, melalui customer lounge untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan ketika berkunjung,” ujar Chief Executive Officer BMW Astra Fredy Handjaja, dalam acara yang berlangsung pada 8 Juli 2015 tersebut.Seusai renovasi, kantor BMW TB

tenaga total 202 hp dengan kemampuan torsi sebesar 213 Nm yang berada pada puncaknya di putaran mesin 4.5000 rpm.

Dengan penampilan terbaru dan kapasitas yang semakin solid, Lexus ES diyakini dapat semakin memperkuat posisinya pada jajaran kendaraan premium.

Simatupang semakin lengkap dengan standar fasilitas terbaru baik di area showroom maupun bengkel.

Selain itu, cabang ini akan diisi oleh standar identitas perusahaan BMW terbaru yang menekankan kehadiran bisnis premium Astra dan BMW Indonesia.

Acara yang dihadiri lebih dari 50 pelanggan BMW Astra ini juga menjadi ajang peluncuran model terbaru BMW. Dengan mengusung tema Ramadan, perhelatan ini turut mengundang desainer ternama Adjie Notonegoro untuk berdiskusi mengenai tren busana muslim dan mendemonstrasikan penggunaannya agar bisa tampil maksimal. Turut pula hadir Direktur InterStudi Andhika Yudistira sebagai pembicara diskusi pendidikan.

Fredy Handjaja selaku CEO BMW Astra menyampaikan sambutan

Tampilan mewah Lexus ES Desain interior

Page 7: Eksistensi Astra di GIIAS 2015

Majalah Astra Agustus 2015 5

RAGAM BERITA

Inovasi Peugeot Hadirkan Sensasi Maskulin

The New Peugeot 3008 kembali dihadirkan oleh PT Astra International Tbk – Peugeot Sales Operation dengan tema The Road

to Sensation pada 11 Agustus di Living world Alam sutera, Tangerang. Produk terbaru ini merupakan modernitas dari 3008 generasi sebelumnya yang telah mengalami kemajuan dari penggabungan daya tarik Peugeot dan kekuatan crossover.

Hasil pemutakhiran ini dapat terlihat melalui desain eksterior yang lebih modern, dinamis dan maskulin.

Selain itu, karakter “New front face” dari The New Peugeot 3008 sepenuhnya didesain ulang sehingga lebih berkualitas. Gaya kontemporer ditingkatkan oleh grille dan foglamp

The New Peugeot 3008

trim dengan dua garis kromium tipis yang baru.

The New Peugeot 3008 memiliki pengaturan pencahayaan yang khas dengan teknologi yang lebih inovatif. Dengan mengaktifkan

fungsi speed limiter, mobil ini bahkan memungkinkan pengemudinya mengatur kecepatan konstan tanpa menginjak pedal gas dan membatasi laju kecepatan maksimal sehingga sensasi kenyamanan berkendara lebih terasa maksimal.

New Isuzu mu-X 2015 : Tampilan Baru, Pencapaian Maksimum

Isuzu mu-X mendapat hati di kalangan pencinta kendaraan SUV di Indonesia melalui keunggulan fitur serta desain body yang tangguh. Perpaduan desain sporty

dan ketangguhan suara khas mesin diesel Isuzu mu-X membawanya terpilih sebagai “The Best SUV Diesel” dalam acara Indonesia Car of the Year 2014, yang dihelat Majalah Mobil Motor. Varian yang diluncurkan pada Agustus 2014 ini juga menawarkan keseimbangan antara engine performance dan efisiensi penggunaan bahan bakar. Dua hal yang menjadi poin penting bagi Isuzu mu-X dibandingkan dengan kompetitor lain di kelasnya.

Pada Juni 2015, Astra Isuzu sebagai distributor mu-X memperkenalkan New Isuzu mu-X 2015. Tampilan baru pada desain interior dan eksterior menjadikan Isuzu mu-X lebih gagah dan elegan. Black Glossy pada Center Console adalah re-touch bagian tengah

New Isuzu mu-X 2015

dashboard yang didesain dengan sentuhan glossy untuk menambah kesan eksklusif interior Isuzu mu-X. Wooden Panel pada door trim dan dashboard memberikan aksen dinamis dan stylish.

Selain tampilan visual, Isuzu mu-X hadir dengan sistem keamanan berbasis teknologi mutakhir paling lengkap di kelasnya, yakni sistem rem terlengkap (ABS+EBD+BA), sistem kontrol pengendalian teknologi ESC dan TCS

yang menjaga stabilitas kendaraan. Fitur Daytime Running Light adalah lampu yang menyala secara stabil dan konsisten selama mesin mobil berjalan terus-menerus tanpa saklar manual. DRL bekerja sendiri dari sistem lampu mobil.

Astra Isuzu optimis dengan penampilan baru New Isuzu mu-X. Pecinta SUV diesel akan semakin mendapatkan kenyamanan berkendara dengan New Isuzu mu-X.

Page 8: Eksistensi Astra di GIIAS 2015

Majalah Astra Agustus 20156

RAGAM BERITA

Daihatsu Berbagi Apresiasi Bersama Komunitas & Jurnalis

Apresiasi Daihatsu kepada para pengguna setia mobilnya diwujudkan dengan mengajak 115 keluarga dari jurnalis dan

10 klubnya untuk bermudik bersama beberapa waktu yang lalu.

“Daihatsu Sahabat Mudik 2015 melibatkan 460 orang dan telah menjadi rutinitas sejak 2009. Program ini merupakan bentuk apresiasi Daihatsu terhadap seluruh komunitas klub yang turut aktif dalam kegiatan Penyu untuk Indonesia – Konservasi Penyu Binaan Daihatsu,” ujar CSVC Division Head PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Elvina Afny.

Sebelum memulai perjalanan mudik yang ketujuh kalinya ini, Daihatsu turut mengundang Tim Garda Oto untuk berbagi pengetahuan tentang safety riding agar perjalanan mudik Komunitas Klub Daihatsu dan jurnalis sebelum melakukan keberangkatan mudik

Sahabat Daihatsu menjadi aman dan nyaman.

Selain itu, tiap-tiap keluarga peserta dibekali akomodasi berupa uang saku sebesar Rp 1,5 juta, kaos Daihatsu Sahabat Mudik 2015, paket camilan untuk satu keluarga dan cinderamata menarik serta kartu personal

protection dari Asuransi Astra.

Seremoni pemberangkatan Daihatsu Sahabat Mudik 2015 berlangsung pada Senin (13/7) di area Vehicle Logistic Center (VLC) ADM yang terletak di Danau Sunter Selatan Blok O5 Nomor 1, Jakarta Utara.

Tiga Guru Berprestasi Binaan YPA-MDR

Guru memegang peranan penting dalam menentukan berhasil atau tidak pendidikan di suatu

negara. Penyelenggaraan pendidikan bermutu akan dihasilkan oleh guru profesional dengan kualifikasi minimal seperti yang tertuang dalam UU No.14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Guru yang berprestasi merupakan guru yang memiliki kinerja melampaui standar yang telah ditetapkan oleh satuan pendidikan.

Pada Juni 2015, tiga guru binaan Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim (YPA-MDR) terpilih menjadi guru berprestasi. Mereka adalah Siti Sartikat menjadi juara ke-3 guru berprestasi tingkat Provinsi di Banten, Abdul Basit juara pertama lomba inovasi pembelajaran tingkat

Siti Sartikat dan Abdul Basit Guru Binaan PT MMS dan YPA-MDR

Kabupaten di Serang dan Nariyanto berhasil menjadi juara ke-4 guru berprestasi tingkat Provinsi di Jawa Timur.

Siti Sartikat dan Abdul Basit merupakan guru sekolah binaan PT Marga Mandalasakti di Kecamatan Cikande, Kabupaten Serang, Provinsi Banten yang bekerjasama dengan YPA-MDR, sedangkan Nariyanto merupakan guru SDN Sendang 1 Donorojo, sekolah binaan YPA-MDR di Kabupaten Pacitan.

Sebelumnya, mereka mendapat bimbingan dari tim narasumber dari Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) yang menjadi mitra YPA-MDR dalam membina sekolah. Saat ini Abdul Basit melaju ke lomba inovasi pembelajaran tingkat nasional.

Semoga prestasi ini dapat menjadi motivasi dan inspirasi bagi guru-guru binaan YPA-MDR yang lainnya!

Page 9: Eksistensi Astra di GIIAS 2015

Majalah Astra Agustus 2015 7

RAGAM BERITA

AHM Luncurkan All New Honda CB150R StreetFire & New Honda Sonic 150R

Ada kabar gembira bagi para pecinta motor sport di tanah air. PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan

dua model terbaru All New Honda CB150R StreetFire dan New Honda Sonic 150R yang siap memberikan performa maksimal sesuai keinginan pengendaranya. Kedua model terbaru Honda ini dibekali mesin terbaru 150 cc – DOHC dengan berbagai fitur yang berbeda. Produk terlaris motor sport All New Honda CB150R StreetFire hadir dengan desain, fitur dan sensasi berkendara seperti motor sport big bike. Sementara New Honda Sonic 150R hadir dengan performa tinggi dengan ukuran lebih ringan sehingga menghasilkan kelincahan prima.

“Tujuan dari mesin balap sangat sederhana, yakni menjadikan pengendaranya sebagai pemenang. Setiap bagian dari mesin ini dibuat untuk satu tujuan sederhana ini.

(Kanan-Kiri) Toshiyuki Inuma President Director AHM, Johannes Loman Executive Vice President Director AHM, Margono Tanuwijaya Marketing Director AHM dan Koji Sugita Marketing Director AHM memperkenalkan sepeda motor terbaru Honda, All New Honda CB150R dan New Honda Sonic 150R

Kami menjadikannya sebagai prioritas utama, yakni agar pengendara dapat mengeksplorasi output tertinggi di segala situasi, sesuai dan sebanyak yang dibutuhkan. Kami sebut ini pengendalian sesuai keinginan pengendara,” tutur President Director AHM Toshiyuki Inuma.

All New Honda CB150R StreetFire hadir dengan 3 pilihan warna, yaitu

Quantum Red, Macho Black dan Rapid White. Dipasarkan dengan harga on the road (OTR Jakarta) Rp 25,4 juta, model ini ditargetkan dapat terjual 21.000 unit per bulan. Adapun New Honda Sonic 150R seharga Rp 20,9 juta (OTR Jakarta) memiliki 4 pilihan warna, yaitu Active White, Spartan Black, Energetic Red, dan Neo Magenta, dengan target penjualan 11.000 unit per bulan.

AHM Kibarkan Merah Putih di Sirkuit Suzuka Jepang

Kedua pembalap muda berbakat binaan PT Astra Honda Motor (AHM), Aditya Pangestu dan Andi Farid Izdihar, berhasil

mengibarkan bendera Merah Putih saat menduduki podium kedua ajang balap bergengsi Suzuka

4 Hours FIM Endurance World Championship 2015 di sirkuit Suzuka, Jepang.

Dengan menggunakan sepeda motor Honda CBR600RR, keduanya berhasil menyelesaikan 95 lap dalam waktu 4:01’01’.395 dan berhasil

membukukan Best Lap dengan catatan durasi 2’19.159. Balapan yang berlangsung pada 25 Juli 2015 ini dimulai dari posisi lima dengan mengutus Andi sebagai pebalap pertamanya. Balapan dilanjutkan secara bergantian pebalap Aditya Pangestu dan Andi Farid Izdihar dan mengakhiri jalannya empat jam balapan pada posisi kedua.

Selain menurunkan dua pembalap ini, AHM juga menurunkan pembalap berprestasi Dimas Ekky Pratama dalam ajang Suzuka 8 Hours FIM Endurance World Championship 2015 di bawah naungan SATU HATI Honda Team Asia dan mengendarai Honda CBR1000RR yang mendapat dukungan teknis sepenuhnya dari Honda Racing Corporation (HRC).

Aditya Pangestu dan Andi Farid Izdihar menempati podium kedua

Page 10: Eksistensi Astra di GIIAS 2015

Majalah Astra Agustus 20158

RAGAM BERITA

UD Trucks Gelar Pelatihan Strategi Penjualan

Demi memperkaya pengetahuan tentang strategi penjualan, PT Astra International Tbk – UD Trucks Sales

Operation mengundang jajaran kepala wilayah, kepala cabang, manager penjualan hingga analis yang berada di kantor pusat untuk mengikuti sales strategic workshop di Hotel Harris, Kepala Gading, Jakarta Utara.

Kegiatan yang merupakan hasil kerjasama dengan Markplus ini diadakan selama dua hari (9-10 Juli 2015) dan berfokus pada penetapan segmen pasar prioritas serta cara membentuk merek UD.

Pada hari pertama, peserta melakukan analisis data hasil riset

pasar truk dan menggali lebih dalam tentang konsep penjualan B2B (business to business). Kemudian, mereka belajar cara mengelola dan melakukan penjualan secara strategis di hari kedua. Tidak hanya sampai

di situ, hasil dari pelatihan ini akan digunakan sebagai bahan untuk melatih konsultan penjualan di cabang masing-masing supaya mereka memiliki sudut pandang dan peralatan berjualan yang sama.

Suasana Sales Strategic Workshop di Hotel Harris

Kick-Off Company Operating Value Astra UD Trucks

Tarian Saman, yang merepresentasikan kekompakan dan kebersamaan, membuka seremoni kick-off

Company Operating Value (COV) PT Astra International Tbk – UD Trucks Sales Operation, awal Juli lalu. Seluruh manajemen kantor pusat dan pejabat kantor cabang menghadiri acara ini, yang bertujuan memotivasi karyawan dalam menyukseskan implementasi nilai-nilai COV di dalam keseharian.

Chief Executive Officer Astra UD Trucks A. Chrisnoadhi memaparkan COV Astra UD Trucks yang terdiri dari Trustworthy (dapat dipercaya), Customer Orientation (orientasi kepada pelanggan), Synergy (sinergi) dan Continuous Improvement (perbaikan terus-menerus).

Dia mengimbau ke seluruh jajaran manajemen untuk fokus dan

turut berpartisipasi aktif dalam mengimplementasikan COV ini di departemen dan setiap cabang. Memang, untuk melakukan suatu perubahan kebiasaan dibutuhkan waktu dan ketelatenan. Tetapi ia yakin, dengan kemauan dan kesungguhan hati, tujuan akhir pun akan dapat dicapai.

Untuk mempermudah para peserta dalam memahami dan mengamalkan

COV di lingkungan kerja, tim COV Astra UD Trucks membuat sebuah film pendek berdurasi lima menit berisi adegan-adegan yang mewakili seluruh nilai COV.

Di puncak acara, dilakukan penandatanganan commitment board seluruh regional head dan dilanjutkan penyematan pin kepada seluruh regional head dan branch manager.

Jajaran manajemen PT Astra International Tbk – UD Trucks Sales Operation berfoto bersama saat kick-off Company Operating Value

Page 11: Eksistensi Astra di GIIAS 2015

Majalah Astra Agustus 2015 9

RAGAM BERITA

Sinergi FIFGROUP - Polri Sosialisasikan Bahaya Penyalahgunaan Narkoba

Salah satu bentuk kepedulian PT Federal International Finance (FIFGROUP) atas ancaman narkoba

dilakukan melalui aksi nyata yang dilakukan bersama Direktorat Narkoba Bareskrim Mabes Polri. Program ini merupakan sinergi dua belah pihak dalam hal sosialisasi bahaya penyalahgunaan narkoba.

Nota kesepahaman Program sinergi P4GN (Pemberantasan, Penanggulangan Penyalahgunaan dan Peredaran gelap Narkoba) ditandatangani oleh Chief Executive Officer FIFGROUP Suhartono dan Direktur Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri, Brigjen Pol. Andjan P. Putra di Menara FIF, Jakarta.

Suhartono menyampaikan, sinergi ini adalah salah satu komitmen serta kepedulian FIFGROUP terhadap bahaya penyalahgunaan narkoba. Oleh sebab itu, program ini akan diimplementasikan ke seluruh

Direktur Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri, Brigjen Pol, Andjan P. Putra bersama President & CEO FIFGROUP, Suhartono saat penandatanganan MoU program P4GN

kantor cabang FIFGROUP di Indonesia agar dapat memberikan dampak yang baik. “Kami sangat menyambut baik program seperti ini. Semoga dapat dilakukan secara berkesinambungan dan ditiru oleh perusahaan maupun instansi lainnya.

Penanggulangan bahaya narkoba bukan hanya tanggung jawab Polri semata tapi juga merupakan tanggung jawab kita semua,” sambut Andjan P. Putra.

Garda Oto Perluas Jaringan Hingga Empat Kota

Setelah membuka gerai di Lenmarc Mall Surabaya, Garda Oto dari Asuransi Astra kembali memperluas jaringan Garda Center ke

empat kota sekaligus, yaitu Jakarta, Yogyakarta, Medan dan Pekanbaru.

Pembukaan keempat gerai Garda Center tersebut merupakan salah satu upaya Asuransi Astra dalam memberikan layanan yang mudah dijangkau dengan waktu yang lebih fleksibel.

Penambahan gerai dimulai sejak 27 Juli 2015 di lantai dasar Mall Pekanbaru, Riau. Setelah itu, penambahan Garda Center berlanjut di Lantai B1 Lippo Mall Kramat Jati yang terletak di Jalan Raya Bogor Petugas Garda Center sedang melayani pelanggan Garda Oto

KM. 19, Jakarta Timur pada 10 Agustus 2015. Beberapa hari berselang, tepatnya 24 Agustus 2015, Garda Center resmi dibuka di lantai dasar Jogja City Mall yang berada di Sleman, Yogyakarta. Gerai tersebut merupakan Garda Center pertama yang hadir di wilayah Daerah Istimewa

saat ini mencapai 17 gerai. Garda Oto berharap, meluasnya jaringan Garda Center dapat lebih dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, terutama pelanggan yang hendak mengajukan klaim, membeli polis, maupun mengetahui informasi produk.

Satuan tugas P4GN FIFGROUP bersama Direktur Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri, Brigjen Pol Andjan P. Putra

Yogyakarta.

Sedangkan untuk Kota Medan, gerai pertama sudah ada di Brastagi The Supermarket. Garda Center juga hadir di Sun Plaza, lantai 1, yang diresmikan pada 18 Agustus lalu. Dengan demikian, jumlah Garda Center

Page 12: Eksistensi Astra di GIIAS 2015

Majalah Astra Agustus 201510

RAGAM BERITA

PermataBank Priority: Relationship Manager Pilihan untuk Nasabah Terpilih

Pelayanan perbankan terbaik merupakan kunci untuk menjalin hubungan dengan para nasabah beserta keluarganya. Oleh sebab itu,

PermataBank terus berkembang agar dapat memberikan pelayanan prima kepada nasabahnya. Salah satu project terkini dari PermataBank Priority adalah memilih high qualified Relationship Manager. Para Relationship Manager ini akan memberikan pelayanan perbankan terbaik kepada jajaran Direksi, Komisaris, serta karyawan senior Astra.

Setelah melewati tahapan proses seleksi, PermataBank Priority memilih enam Relationship Manager. Keenam Relationship Manager ini memiliki kualifikasi lebih, tersertifikasi, serta berpengalaman dalam membantu kebutuhan perbankan sekaligus memberi panduan konsultasi. Dengan bantuan kompetensi Relation Manager PermataBank Priority, nasabah dapat memgembangkan investasi. Para Relation Manager terpilih dengan senang hati akan menghubungi nasabah untuk memberikan penjelasan lebih lanjut tentang fasilitas premium PermataBank Priority.

Melalui kesempatan ini pula, PermataBank secara khusus

mengundang pembaca Majalah Astra untuk bergabung menjadi bagian dari PermataBank Priority. Adapun fasilitas nasabah PermataBank Priority yang dapat dinikmati oleh pelanggan beserta keluarga:

1. PermataPriority Debit Card bagi nasabah utama dan anggota keluarga 2. Bebas biaya seluruh transaksi melalui PermataNet dan PermataMobile, bebas biaya tarik tunai di seluruh dunia melalui ATM yang tergabung dalam jaringan ATM Bersama, Prima, ALTO dan Visa PLUS3. Fasilitas Priority Centre di kantor cabang pilihan dan prioritas antrian di seluruh cabang PermataBank4. Nilai tukar mata uang asing yang kompetitif melalui Relationship Manager 5. Produk wealth management yang lengkap6. Kurs yang kompetitif dan cicilan 6 bulan dengan bunga 0% untuk pembelanjaan di luar negeri khusus untuk PermataBlack World MasterCard (min. pembelanjaan Rp 2 juta).

PermataBank juga mempersembahkan banyak penawaran menarik bagi nasabah Priority. Dengan

menggunakan PermataPriority Debit Card, nasabah dapat menikmati pilihan promo sebagai berikut:

Relationship Manager PermataBank Priority yang siap membantu transaksi perbankan dan mengembangkan strategi portofolio investasi Anda dan keluarga: Dari kiri ke kanan: Pawestri Saesary, Venny Oktavia Riyadi, Arsianti T. Putri, Attina Triningsih, Bernadeta Wuryaningsih, Suzana Nanda Sarasayu

NO. PROmO DISKON

1Cash back 10% di gerai golf ternama di Indonesia

2Buy 1 Get 1 Free tiket nonton setiap hari Minggu di Cinema XXI pilihan (hingga 27 Desember 2015)

3

Diskon 50% di Asia Restaurant, The Ritz-Carlton Jakarta, Mega Kuningan berlaku untuk hari Senin-Jumat dan diskon 30% untuk Sabtu-Minggu (hingga 31 Mei 2016)

4Diskon 25% di Ah Yat Abalone Forum Restaurant (hingga 31 Desember 2015)

5Diskon 25% di Angke Restaurant untuk hari Senin - Jumat dan 15% untuk Sabtu-Minggu (hingga 31 Desember 2015)

6Diskon 20% di Tony Roma’s (hingga 31 Oktober 2015)

7

Potongan harga Rp 200.000,- di Grand Duck King Signature, The Grand Duck King, The Duck King, The Duck King Noodle House, The Duck King Kitchen, dan Imperial Chef (hingga 30 Desember 2015)

8Diskon 25% di Iwan Tirta Private Collection (hingga 27 Januari 2016)

9 Diskon 25% di Alleira (hingga 21 Juni 2016)

10Special rate Rp 1.500.000,- nett/malam untuk Deluxe Premium Room di Hard Rock Hotel, Bali (hingga 31 Desember 2015)

11Diskon 50% untuk kamar di Hilton Hotel, Bandung (hingga 23 Desember 2015)

12Diskon 20% untuk Luxury Pool Villa di Karma Resorts, Bali (hingga 26 Desember 2015)

Untuk menikmati layanan PermataBank Priority, silakan menghubungi [email protected] atau PermataPriority Call Centre di nomor 1500100.

Roy A. Arfandy, Presiden Direktur PermataBank : “Keenam Relationship Manager ini merupakan salah satu aset terbaik PermataBank yang berpengalaman dan tersertifikasi untuk mengembangkan portofolio investasi Anda”

Page 13: Eksistensi Astra di GIIAS 2015

Majalah Astra Agustus 2015 11

RAGAM BERITA

Astratel Masuk Ruas Tol Semarang – Solo

Pada 29 Juli 2105, PT Astratel Nusantara, anak perusahaan PT Astra International Tbk yang bergerak di bidang infrastruktur dan logistik,

menuntaskan akuisisi 25% saham PT Trans Marga Jateng (TMJ), operator yang memiliki dan mengelola ruas jalan tol Semarang–Solo sepanjang 72,64 km.

Dengan selesainya proses akuisisi ini, komposisi kepemilikan saham masing-masing adalah sebagai berikut: PT Jasa

Presiden Direktur PT Astratel Nusantara Irawan Santoso (kedua kiri) menandatangani Pengalihan Saham PT Sarana Pembangunan Jawa Tengah dalam PT Trans Marga Jateng, disaksikan Direktur PT Astratel Arya N. Soemali (kiri), Direktur Utama SPJT Ir. Krisidiani Syamsi, MM (kedua kanan) dan Direktur SPJT Ir. Johanes Dwi Kuncoro (kanan)

Marga 73,9%, PT Astratel Nusantara 25%, dan PT Sarana Pembangunan Jawa Tengah 1,1%. Ruas tol Semarang - Solo terdiri dari lima seksi dan saat ini seksi 1 Semarang - Ungaran sepanjang 10,8 km dan seksi 2 Ungaran - Bawen sepanjang 11,9 km sudah beroperasi. Seksi 3, ruas Bawen - Salatiga sepanjang 17,3 km masih dalam proses konstruksi, seksi 4 dan 5 Salatiga - Boyolali sepanjang 24,1 km dan Boyolali – Kertosuro

sepanjang 8,41 km masih dalam tahap pembebasan lahan.

Diharapkan seluruh ruas ini dapat diselesaikan dan beroperasi pada 2017. Ruas jalan tol Semarang – Solo merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Jawa, yang selain menghubungkan kedua kota tersebut juga akan menjadi penghubung berbagai kota di Jawa Tengah dan akses ke Yogyakarta.

Keberadaan ruas tol ini diharapkan dapat mengembangkan potensi ekonomi wilayah sekitarnya, sehingga menciptakan efek berganda (multiplier effect) bagi kesejahteraan masyarakat serta memberikan kontribusi pada pertumbuhan ekonomi regional dan nasional.

Pemerintah Indonesia kini fokus pada percepatan pembangunan infrastruktur nasional termasuk terwujudnya Jalan Tol Trans Jawa pada 2018. Sejalan dengan fokus pemerintah tersebut, PT Astratel Nusantara ingin berperan serta dengan menambah investasi jalan tol.

Program Sinergi Bank Permata & SERA Ciptakan Nilai Tambah

Demi menciptakan nilai tambah dan meningkatkan loyalitas pelanggan, Bank Permata Retail Banking Division sepakat

untuk saling bersinergi bersama Serasi Autoraya (SERA) melalui nota kesepahaman yang ditandatangani oleh kedua belah pihak di Gedung WTC 2 lantai 21 Ruang Kalimantan.Selain untuk tujuan di atas, kesepakatan ini juga berpeluang dalam menciptakan pelanggan baru bagi kedua belah pihak melalui program brand activation dari masing-masing perusahaan.

Mengawali sinergi ini, pada kesempatan yang sama, telah ditandatangani pula Perjanjian Kerja Sama antara SERA dan Bank Permata

Retail yang diwakili oleh General Manager PT Balai Lelang Serasi (ibid) Daddy Doxa Manurung dan Head of Area Jakarta 13 Retail Banking Permata Emmy Sara pada 30 Juni 2015. Dengan demikian, pelanggan ibid dapat menikmati layanan Bank Permata di area lelang setiap Rabu dan Sabtu pukul 09.00 WIB-17.00 WIB.

Bank Permata juga memberikan cinderamata dan hadiah menarik untuk setiap pembukaan semua produk perbankannya, khusus bagi pelanggan ibid. Selain itu, Bank Permata dan ibid membuat program loyalty berupa Kartu Premium Customer sehingga pelanggan premium ibid bisa menikmati berbagai fasilitas istimewa.

Direktur Marketing SERA Jefri R. Sirait berjabat tangan dengan Kusna Permana, Direktur Bank Permata Syariah, seusai menandatangani kerjasama

Emmy Sara Head of Area Jakarta 13 Retail Banking Permata berjabat tangan dengan Daddy Doxa Manurung, General Manager Balai Lelang Serasi seusai menandatangani kerjasama

Page 14: Eksistensi Astra di GIIAS 2015

Majalah Astra Agustus 201512

RAGAM BERITA

Astragraphia Document Solution Ajak Pelanggan ke Barcelona

liburan merupakan aktivitas yang sangat ditunggu-tunggu oleh setiap orang. Dari segi psikologis, liburan ternyata memegang peranan

penting dan menimbulkan efek positif bagi diri seseorang.

Selain faktor psikologis, liburan dapat mendorong pemikiran yang kreatif, inovatif dan daya juang yang lebih tinggi dari sebelumnya. Inilah salah satu alasan dari Astragraphia Document Solution mengajak pelanggan setia Astragraphia ke Barcelona.

Pada 20-27 Mei 2015, Astragraphia Document Solution memboyong pelangan ke Barcelona. Promo ini diberikan khusus sebagai bentuk apresiasi tertinggi kepada para pelanggan yang telah memberikan loyalitas kepada Astragraphia.

Mengabadikan moment dengan selfie bersama

“Senang rasanya, kami Astragraphia Document Solution dapat memberikan pengalaman baru dan mewujudkan keinginan para pelanggan untuk bisa menonton pertandingan sepakbola langsung di Barcelona,” tutur Firdaus Agustiawan, Production Sales

Operation 1, Astragraphia.Kunjungan dimulai dari Kota Madrid, Valencia dan berakhir di Barcelona. Di Barcelona, pelanggan berkesempatan menyaksikan pertandingan LA LIGA secara langsung antara tim Barcelona vs Deportivo La Coruna.

Astragraphia Dukung Indutri Kreatif & Entrepreneur Muda

Astragraphia Document Solution telah berkomitmen untuk menjadi garda depan pendorong bagi

pemberdayaan industri kreatif di Indonesia.

Dalam rangka mendukung perkembangan solusi grafika dan printing di Indonesia, Astragraphia Document Solution mengenalkan jajaran tiga produk di kelas Production Service Business, generasi printer production terbaru dari Fuji Xerox, yaitu tipe Color C60 / C70 Printer, Versant 80 Press dan Color 1000i Press.

Fuji Xerox Color C60 / C70 printer memiliki keunggulan desain yang compact dengan kualitas cetak tinggi. Versant 80 Press memiliki keunggulan untuk dapat mencetak

Dari kiri-kanan: Marshel M. (PSB Product & Solution Marketing), Arifin Pranoto (Direktur), Mangara P. (Chief Excecutive Planning & Marketing), Melinda P. (Marketing Communication)

long banner printing dengan ukuran 13” x 25.9” (330 x 660 mm).

Teristimewa, dengan Fuji Xerox Color 1000i, Astragraphia bersama Fuji Xerox menjadi yang pertama menghadirkan teknologi cetak Gold dan Silver melalui teknologi laser printing di Indonesia. Printer ini dilengkapi dengan kemampuan mencetak langsung pada media

kertas berwarna hitam dan merah.

“Kami ingin industri kreatif bisa menjadi salah satu faktor yang dapat meningkatkan roda perekonomian nasional, dengan sentra usaha percetakan dan grafika menjadi bagian yang mendorong multiplier effect untuk memajukan industri lainnya,” ujar Arifin Pranoto, Direktur PT Astra Graphia Tbk.

Page 15: Eksistensi Astra di GIIAS 2015

Majalah Astra Agustus 2015 13

RAGAM BERITA

MMS Gandeng Acset Mempercantik Tol Tangerang – Merak

PT Marga Mandalasakti (MMS) dan PT Acset Indonusa Tbk menyepakati perjanjian pekerjaan renovasi gerbang tol serta

jembatan penyeberangan orang (JPO) serta penambahan lajur transaksi di gerbang tol Balaraja

Direktur Teknik & Operasi MMS, Sunarto Sastrowiyoto, Wakil Presiden Direktur dan Presiden Direktur PT Acset Indonusa Tbk., Jeffry G. Tjandrawijaya dan Tan Tiam Seng Ronnie beserta Wiwiek D.Santoso dan Halim Wahjana, Presiden Direktur dan Direktur Keuangan & Administrasi MMS

Timur dan gerbang tol Cilegon Barat pada tol Tangerang-Merak pada tahun 2015.

Acara penandatangan perjanjian ini dilakukan oleh Presiden Direktur MMS Wiwiek D. Santoso bersama Tan Tiam Seng Ronnie dan Jeffrey

Gunadi Chandrawijaya sebagai Presiden Direktur dan Wakil Presiden Direktur Acset Indonusa.

Pekerjaan utama dalam pekerjaan renovasi gerbang tol Cilegon Barat dan penambahan lajur transaksi ini adalah pembongkaran gardu dan gerbang tol existing, pembangunan gardu dan gerbang tol baru, pembuatan island, penambahan lajur transaksi, perbaikan saluran dan perbaikan perkerasan pada akses tol, pembersihan lokasi kembali dan pelaporan hasil pekerjaan.

Kerjasama yang ditandatangani pada Kamis, (9/7) ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja MMS dalam memberikan pelayanan yang terbaik bagi pengguna jalan sehingga semakin merasakan kelancaran, keamanan dan kenyamanan saat berada di tol Tangerang-Merak.

FGD Expo 2015: Astragraphia Lebih Dekat dengan Publik

Pameran grafika terbesar di tanah air, FGD Expo 2015, adalah salah satu hasil dari tren pertumbuhan sentra percetakan dan grafika di

beberapa wilayah di Indonesia.

Pada acara yang bertempat di Jakarta Convention Center Jakarta tersebut, Astragraphia Document Solution mendekatkan diri kepada publik, yakni mitra bisnis, pelanggan dan media sekaligus memberikan penawaran istimewa untuk meningkatkan bisnis mereka. Bersama dengan Fuji Xerox, Astragraphia Document Solution menjadi yang pertama di Indonesia dalam menghadirkan teknologi cetak gold dan silver dengan menggunakan laser printing. Fuji Xerox Color 1000i Press yang diluncurkan saat FGD Expo 2015 ini memiliki kemampuan cetak langsung pada media kertas berwarna hitam dan merah.

Selain itu, untuk lini Production Service Business, Astragraphia Document Solution meluncurkan dua model terkini, yakni Fuji Xerox Versant 80 Press dan Fuji Xerox Color C60/C70. Keunggulan Fuji Xerox Versant 80 Press adalah kemampuan mencetak long banner print dengan ukuran hingga 330mm x 660mm. Sedangkan Fuji Xerox Color C60/C70 unggul dengan desain

compact dan kualitas cetak yang tinggi.

Astragraphia mengenalkan pula Fuji Xerox Versant 2100 Press yang dilengkapi dengan teknologi pertama di dunia, yakni RIP processing yang memiliki resolusi 1.200 x 1.200 x 10 bit depth dan mampu menghasilkan warna solid dengan detail yang sangat baik.

Surya Paloh bersama Direksi PT Astra Graphia Tbk meresmikan Fuji Xerox Color 1000i Press di FGD Expo 2015, JCC Senayan

Page 16: Eksistensi Astra di GIIAS 2015

Majalah Astra Agustus 201514

RAGAM BERITA

Menyambut Direktur Baru Polman Astra

Ruang Rapat 3 Politeknik Manufaktur (Polman) Astra terlihat istimewa pada hari itu. Sebuah agenda sidang tertutup sedang digelar

oleh Senat Akademik Politeknik Manufaktur (Polman Astra). Agenda utama sidang adalah pergantian

Foto bersama setelah serah terima jabatan Ketua Senat & Direktur Polman Astra, Tony H. Silalahi & Yakub Liman (ki-ka)

Direktur Polman Astra yang sekaligus menjabat sebagai Ketua Senat Akademik Polman Astra, Yakub Liman.

Yakub Liman melakukan penandatangan berita acara serah terima sekaligus menyerahkan jabatan direktur dan ketua Senat

Polman Astra menghasilkan lulusan yang andal. Direktur Polman Astra yang baru Tony H. Silalahi tak lupa mengucapkan terima kasih kepada Yakub Liman, yang telah mengabdi selama 10 tahun. Selama masa jabatannya, Yakub berkontribusi banyak membangun fondasi Polman Astra menjadi lebih kuat.

Tony sendiri bukanlah nama baru dalam Grup Astra. Sebelumnya, Tony menjabat sebagai Human Capital & General Services Div. Head AUTO2000.

Dengan latar belakang industri dan sekaligus pengguna lulusan Polman Astra, Tony dipercaya memiliki kapasitas dalam memimpin dan menjawab tantangan serta kebutuhan industri. Bersama dengan kepemimpinan baru, Polman Astra siap berkarya menjadi kebanggaan Astra pada tahun 2020.

Kuliah Umum Polman Astra 2015: Inovasi untuk Bangsa

memasuki pengujung tahun akademik 2014/2015, Politeknik Manufaktur (Polman) Astra kembali

mengadakan kuliah umum. Dengan mengusung tagline Inovasi untuk Bangsa, kuliah diselenggarakan selama 3 hari dan mengundang pembicara dari kalangan internal maupun eksternal Grup Astra.

Topik kuliah perdana membahas tantangan industri maupun engineering ke depan menyongsong Masyarakat Ekonomi Asean yang disampaikan oleh Gembong Baskoro, Dekan Fakultas Teknik dan IT Swiss German University (SGU). Setelahnya, Winarso dari PT Karalys System Utama memaparkan tema era informasi engineering. Pada hari kedua, Polman Astra mengangkat tema Kaizen, yakni tentang bagaimana cara melakukan

Penyampaian kuliah umum hari pertama oleh Dr. Ir. Gembong Baskoro M.Sc. (kanan) didampingi moderator Eka Samsul (kiri)

perubahan dan hasil yang dapat dipetik dari QCC.

Kuliah ini menghadirkan dua pembicara alumni Polman Astra yakni Bambang Indarto (PT Astra Honda Motor) dan Danang Wahyu Hidayat (PT Aisin Indonesia). Keduanya dikenal sebagai motor perubahan di perusahaan tempat mereka mengabdi.

Hari terakhir kuliah umum, Direktur Produksi PT Meiwa Mold Indonesia Andri Wahyudi mengangkat bahasan engineering problem solving dalam industri mold & dies. Kemudian, Hans Jaeger, mantan rektor SGU, menutup kuliah dengan topik “The Real Engineer” yang menginspirasi mahasiswa untuk menjadi tenaga ahli yang terus berinovasi.

Akademik Polman Astra kepada Tony H. Silalahi. Dalam pidato sambutannya, Yakub menyampaikan rasa terima kasihnya kepada seluruh civitas akedemik Polman Astra yang telah mendukungnya. Yakub menghargai setiap peran serta civitas dalam membangun

Penyampaian kuliah umum hari kedua, pembicara I, Bambang Indarto (dari AHM sekaligus alumni Polman Astra)

Page 17: Eksistensi Astra di GIIAS 2015

Majalah Astra Agustus 2015 15

RAGAM BERITA

Kegiatan Kekaryawanan AI-HO: Daycare Pasca-Lebaran 2015

masuk kerja setelah libur panjang lebaran seringkali memunculkan permasalahan klasik

bagi karyawan/karyawati PT Astra International Tbk-HO. Apalagi bila bukan soal pengasuh anak atau asisten rumah tangga yang belum kembali dari kampung halamannya.

Memahami hal itu, perusahaan hadir dan memberikan solusi dengan mengadakan program Daycare bagi karyawan/karyawati Astra International Head Office (AIHO). Program ini dilakukan dengan menggandeng Resourceful Parenting Indonesia, yang merupakan salah satu rekanan dari Asosiasi Pengusaha Sayang Ibu Anak Indonesia (APSAI).

Penyelenggaraan Daycare merupakan rangkaian dari program Employee Relations AIHO dan sudah memasuki tahun kedua

pelaksanaannya. Program ini bertujuan untuk memberikan dukungan bagi karyawan pasca-lebaran dan mengisi kegiatan bermanfaat untuk si kecil.

“Kami berharap dengan diadakannya program ini, karyawan sebagai orangtua bisa bekerja dengan tenang karena putera-puterinya berada di tangan profesional dan tidak

terpisahkan oleh jarak yang jauh.” ujar Chief Corporate Human Capital Development PT Astra International Tbk Aloysius Budi Santoso.

Selama program Daycare berlangsung, diselenggarakan juga seminar parenting yang bertema “Memahami Minat dan Bakat Anak” yang mendapat sambutan positif dari para peserta.

Foto bersama peserta daycare dengan Chief of Corporate Human Capital Development PT Astra International Tbk, Aloysius Budi Santoso

YDBA Hadiri Perayaan Hari Jadi ke-48 ASEAN

hari jadi ASEAN ke-48 menjadi momentum yang istimewa bagi Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA). Acara

HUT ASEAN ini diselenggarakan di Gedung Sekretariat Asean dan dihadiri oleh Wakil Presiden RI Jusuf Kalla. Pada acara ini hadir pula Sekretaris Jenderal ASEAN Le Luong Minh dan juga Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama.

YDBA menghadiri perayaan HUT ASEAN untuk kali pertama. Kesempatan spesial ini digunakakan YDBA untuk menampilkan produk karya UMKM, yakni pohon industri mobil Toyota Innova dan sepeda motor Honda Vario. Pohon industri ini merupakan kontribusi UMKM

Indonesia yang telah lama bermitra dengan YDBA dalam memajukan industri otomotif lokal.

“Kami berharap, YDBA dapat melebarkan sayapnya dalam mengembangkan UMKM di tanah air. Kami ingin UMKM yang selama ini bermitra dengan YDBA tidak saja

dikenal di dalam negeri, tetapi juga di luar negeri, termasuk ASEAN.

Dengan dikenalnya UMKM tersebut, sama halnya seperti membuka peluang pasar bagi UMKM itu sendiri,” ujar Kepala Departemen Pelatihan dan Pendampingan YDBA Edison Monoarfa mewakili YDBA.

Suasana booth YDBA yang menampilkan pohon industri Toyota Innova dan sepeda motor Honda saat HUT ke-48 ASEAN

Page 18: Eksistensi Astra di GIIAS 2015

Majalah Astra Agustus 201516

UTAMA

GIIAS Sebagai Dewa Penolong Penjualan Otomotif

Agustus menjadi bulan spesial bagi Indonesia Convention & Exhibition (ICE). Setelah diresmikan oleh

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada 4 Agustus, dua pekan

Presiden Direktur PT Astra International Tbk (kiri) dan Ketua Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Sudirman Maman Rusdi (kanan) mendampingi Wakil Presiden RI Jusuf Kalla dan Gubernur Banten Rano Karno mengunjungi area pameran PT Astra Daihatsu Motor pada acara pembukaan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015

Pameran ini sangat penting ketika pasar domestik otomotif melambat. Melalui

GIIAS diharapkan dapat mendorong gairah di pasar otomotif

kemudian, arena pameran ICE di BSD City, Tangerang, menjadi ajang pameran otomotif terbesar di Tanah Air, Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015.

GIIAS dibuka oleh Wakil Presiden

Republik Indonesia Jusuf Kalla. Menteri Perindustrian Saleh Husin, Menteri Perdagangan Thomas Lembong dan Gubernur Banten Rano Karno turut hadir dalam pembukaan GIIAS pada 20 Agustus 2015. Presiden Direktur PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto beserta seluruh direksi yang berkaitan dengan bisnis Otomotif Astra seperti Direktur Sudirman Maman Rusdi, Direktur Suparno Djasmin, Direktur Johannes Loman dan Direktur Djony Bunarto Tjondro pun hadir bersama Ketua Penyelenggara GIIAS 2015 Johnny Darmawan.

Wapres Jusuf Kalla dalam sambutannya mengatakan, pameran otomotif seperti GIIAS

Page 19: Eksistensi Astra di GIIAS 2015

17

Hingga Juli 2015, Gaikindo mencatat penjualan mobil nasional sebanyak 581.106 unit, turun 20,7% dibandingkan dengan 733.444 unit pada periode yang sama 2014.

Sudirman menambahkan pelaksanaan GIIAS 2015 untuk mendorong penjualan kendaraan dan pengembangan produk baru. Dengan industri yang berkembang,

pertumbuhan ekonomi pun membaik. GIIAS dapat menjadi forum yang efektif bagi APM untuk berinteraksi dengan pengunjung, baik dari dalam maupun luar negeri. “Di tengah melemahnya pasar mobil nasional, kehadiran GIIAS diharapkan mendorong penjualan mobil,” ujar Sudirman.

GIIAS, yang diadakan di arena seluas 91.577 meter persegi , menghadirkan 31 perusahaan otomotif, 34 merek kendaraan yang terdiri dari 23 merek kendaraan penumpang, dua merek kendaraan penumpang yang dibawa oleh importir umum, sembilan merek kendaraan komersial, 351 exhibitor dan 1.026 jurnalis, baik dari dalam dan luar negeri. GIIAS 2015 mengusung tema Smart Mobility for The Future. Smart mobility merupakan sistem transportasi

Majalah Astra Agustus 2015

UTAMA

memberikan banyak pilihan bagi konsumen, melibatkan banyak vendor, subkontraktor, ribuan komponen, ratusan ribu dealer dan membuka lapangan kerja yang luas. “Utamakanlah komponen dalam negeri sebagai sumbangan Anda untuk memperbaiki ekonomi dan industri nasional karena tanpa saling mendukung satu sama lain, maka daya beli kita akan menurun. Indonesia ini juga beruntung memiliki jumlah penduduk 250 juta, terbesar keempat di dunia, sehingga kapasitas pasar tetap ada, meski sedang menurun,” tuturnya.

Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Sudirman Maman Rusdi dalam sambutannya mengatakan, pameran otomotif Gaikindo ini merupakan yang ke-23 sejak pertama kali diadakan pada 1986. “Pameran ini sangat penting ketika pasar domestik otomotif melambat. Melalui GIIAS diharapkan dapat mendorong gairah di pasar otomotif,” ujarnya.

Selama pameran GIIAS 2015 yang berlangsung 10 hari (20-30 Agustus), nilai penjualan mobil mencapai Rp 5,4 triliun, naik 0,19% dibandingkan dengan pameran serupa pada tahun 2014 sebesar Rp 5,39 triliun. Namun, volume transaksi penjualan mobil menurun 11,26% menjadi 17.077 unit dari 19.000 unit pada 2014. “Meski nilai transaksi turun tipis, jumlah pengunjung pameran GIIAS 2015 menembus 451.654 orang dibandingkan dengan pengunjung tahun 2014 sebanyak 380.000 orang,” tutur Sudirman.

interkoneksi yang dapat memenuhi keanekaragaman kebutuhan manusia dengan memanfaatkan teknologi terkini dalam rangka efisiensi bahan bakar, mengurangi gas buang dan keamanan berkendara.

Sebanyak 23 merek kendaraan penumpang terdiri dari Audi, BMW, Chevrolet, Daihatsu, Datsun, Ford, Honda, Hyundai, Jaguar dan Land

Rover. Kemudian, Lexus, Mazda, Mercedes-Benz, MINI, Mitsubishi Motors, Nissan, Porsche, Renault, Smart, Suzuki, Tata Motors, Toyota dan VW. Dua merek kendaraan penumpang dari importir umum, yakni Aston Martin dan McLaren, sedangkan sembilan merek

kendaraan komersial meliputi FAW, Hino, Isuzu, Maxus, Iveco,

Mitsubishi Fuso, Tata Motors, Toyota Commercial dan UD Trucks.

Pemeran GIIAS juga menampilkan berbagai model kendaraan berteknologi tinggi dengan fitur cerdas yang mendukung keselamatan berkendara. Pada pameran kali ini, Gaikindo menargetkan 380.000 pengunjung.

Partisipasi Grup Astra Dalam GIIAS, Grup Astra menghadirkan tujuh merek produk otomotifnya, satu suku cadang dan satu yayasan. Tujuh merek tersebut adalah Toyota, Daihatsu, Isuzu, BMW, Lexus, UD Trucks dan sepeda motor Honda. Selain itu, ada suku cadang melalui Astra Otoparts dan Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA). PT Toyota Astra Motor (TAM) menghadirkan 41 unit kendaraan penumpang,

Wakil Presiden Jusuf Kalla (kelima kiri) bersama Menteri Perindustrian Saleh Husin (keempat kiri) dan Gubernur Banten Rano Karno (ketiga kanan), didampingi Presiden Direktur Astra International Prijono Sugiarto (kedua kiri), Direktur Astra Suparno Djasmin (keempat kanan) dan Ketua Umum Gaikindo Sudirman Maman Rusdi (kanan) berfoto bersama di booth Toyota

Page 20: Eksistensi Astra di GIIAS 2015

Majalah Astra Agustus 201518

UTAMA

kendaraan niaga, Lexus, hingga special exhibit di booth seluas 4.756,5 meter persegi dengan tema Beyond Mobility. “Berbagai kemajuan teknologi dan kendaraan yang kami tampilkan merupakan cerminan tekad untuk memberikan yang terbaik kepada pelanggan,” ujar Hiroyuki Fukui, Managing Officer Toyota Motor Corp yang juga Presiden Direktur TAM, di saat pembukaan Toyota Booth di GIIAS 2015, Kamis (20/8).

TAM juga menampilkan jajaran produk dengan teknologi terlengkap, sebagai bagian dari semangat Beyond Drive yang diterapkan melalui komitmen Toyota dalam menghadirkan teknologi yang lengkap, inovatif, hemat bahan bakar, ramah lingkungan dan mempunyai kinerja mesin terbaik.

Di GIIAS, semangat itu tercermin dari kehadiran Mirai, fueled-cell car pertama yang diproduksi secara massal di dunia. Dengan bahan bakar hidrogen, Mirai menjadi kendaraan ramah lingkungan dengan zero emission yang telah dipasarkan di Eropa dan Amerika. Sementara kendaraan berteknologi listrik hadir melalui i-Road - personal mobility masa depan yang dirancang untuk

mobilitas di perkotaan. Berbeda dengan sepeda motor, i-Road didesain sebagai kendaraan compact sehingga pengguna terhindar dari panas dan hujan seperti layaknya mobil.

Di segmen MPV premium, TAM juga menampilkan Alphard Hybrid untuk pelanggan di Indonesia.

Tidak hanya membawa teknologi-teknologi masa depan, TAM juga membawa teknologi yang saat ini diaplikasikan di Indonesia. Salah satunya All New Hilux yang hadir untuk melengkapi jajaran produk di segmen kendaraan komersial Toyota.

Tidak terkecuali pula pada produk fenomenal Toyota Avanza, yang telah hadir melalui Toyota Grand New Avanza dan Grand New Veloz.

Desain eksteriornya menjadi lebih agresif dan canggih.

Interior dilengkapi fitur baru yang memberikan kenyamanan berkendara. Teknologi mesin Dual VVT-i yang mumpuni juga disematkan pada Grand New Avanza dan Grand New Veloz. Tak ketinggalan, kendaraan roda empat terlaris di Indonesia ini juga dilengkapi fitur keamanan terdepan di kelasnya.

Selama GIIAS 2015, Toyota hadir melalui tiga booth, yaitu Toyota main booth, commercial booth dan Lexus booth. Toyota main booth menempati lokasi seluas 2.614,5 meter persegi, dengan menampilkan 25 unit kendaaan penumpang dari berbagai line-up, mulai dari kendaraan segmen LCGC (Agya), sampai kendaran segmen MPV premium Toyota Alphard dengan teknologi hybrid.

Adapun, delapan unit kendaraan segmen komersial yang terdiri

dari Toyota All New Hilux, Dyna dan HiAce tampil di commercial booth seluas 840 meter persegi untuk menunjukkan keandalan Toyota di segmen ini.

Untuk pertama kalinya, dalam GIIAS 2015, Toyota juga menampilkan booth khusus untuk kendaraan premium melalui Lexus booth seluas 1.302 meter

persegi, di mana salah satu produk andalan yang dihadirkan adalah Entirely New RX.

TAM juga meluncurkan Toyota Motor Oil (TMO) Lubricant Full Synthetic 0W-20 ECO POWER API SN GF-5 yang merupakan varian terbaru dari pelumas TMO Lubricant. Ini untuk menjawab kebutuhan pelumas bagi mesin-mesin kendaraan generasi terbarunya.

Toyota menghadirkan Mirai pada GIIAS 2015

Toyota Avanza dan Rush di booth Toyota

Page 21: Eksistensi Astra di GIIAS 2015

Majalah Astra Agustus 2015 19

UTAMA

Hingga hari terakhir pameran ini, realisasi surat pemesanan kendaraan (SPK) merek Toyota mencapai 7.706 unit kendaraan. Pada pameran otomotif serupa pada 2014, Toyota menjual sebanyak 10.344 unit.

Kontribusi terbesar penjualan kendaraan Toyota pada GIIAS 2015 berasal dari segmen MPV (Avanza dan Kijang Innova) sebesar 51,01%, kemudian hatchback (Agya dan Yaris) sebesar 20,78%, SUV (Rush dan Fortuner) sebesar 17,35% dan selebihnya dari penjualan sedan (Vios, Altis, Camry), serta kendaraan premium (Alphard dan Vellfire). Berdasarkan laporan SPK, penjualan Grand New Avanza dan Grand New Veloz, yang baru saja diluncurkan pada 12 Agustus 2015 di Hotel Raffles, memberikan kontribusi terbesar, yaitu 39,82% dari total penjualan.

Daihatsu Copen & FT-FX Concept

Sementara itu, hadir dengan tema: Fun Experience With Your Best Friend, booth Daihatsu menjadi arena yang menyenangkan dengan nuansa cerita, edukatif dan interaktif bagi pengunjung.

Booth Daihatsu dibuka secara resmi oleh Presiden Direktur PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Sudirman Maman Rusdi dan President Daihatsu Motor Company Ltd. Masanori Mitsui disaksikan oleh Chief Executive PT Astra International Tbk – Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Djony Bunarto Tjondro.

Untuk menunjukkan inisiatif dan inovasi dalam mengembangkan teknologi otomotif yang efisien dan ramah lingkungan, Daihatsu menampilkan total 15 unit dalam pameran yang mendapat respons positif dari masyarakat tersebut.Dua unit mobil konsep pertama kali dipamerkan di dunia, yaitu FT Concept dan FX Concept, empat unit model Jepang saat ini, yaitu Daihatsu Move, Daihatsu Wake, Daihatsu Cocoa dan Daihatsu Hijet.

Tidak hanya itu, booth Daihatsu juga menampilkan sembilan unit model existing & modification yang meliputi

empat unit Great New Xenia, yang diluncurkan pada 12 Agustus 2015 di Hotel Fairmont, dua unit Ayla Special Edition, Terios Limited Edition, Terios tipe R Standard dan Daihatsu Copen.

FT Concept dirancang sebagai

mobil kompak berkapasitas tujuh penumpang yang mengusung konsep desain yang Tough and Masculine SUV. Dengan konsep urban sporty crossover yang futuristic dan stylish, garis karakter dinamis, dipadu dengan kilap warna red metallic yang kuat, FX Concept tampil sebagai kendaraan compact cross-over yang cocok bagi para pecinta petualang untuk dapat digunakan di berbagai medan. “Sebagai produsen mobil kompak terkemuka, Daihatsu konsisten menampilkan mobil konsep. Di GIIAS 2015, kami membawa dua mobil konsep yang untuk pertama kali tampil di ajang pameran kelas dunia,” ujar Pradipto Sugondo, Executive Officer Research and Development ADM.

Di GIIAS 2015, Daihatsu menampilkan berbagai artis ternama dan beraneka kompetisi, seperti Kids Choir, Miss Daihatsu Competititon, Cosplay, photo contest, stilt walker dan silk dancer. Pada pengujung pameran GIIAS, Daihatsu memperoleh penghargaan dalam kategori Mini Car dan City Car, masing-masing untuk unit Wake dan Grand New Xenia.

Sepanjang ajang GIIAS 2015, Daihatsu berhasil menjual 559 unit mobil yang terdiri dari Daihatsu Ayla

Daihatsu FT Concept dipamerkan di booth Daihatsu

Jusuf Kalla (ketiga kiri), Saleh Husin (kedua kiri), Prijono Sugiarto (kedua kanan), Sudirman M. Rusdi (kiri) berfoto di depan Daihatsu Copen di booth Daihatsu

Page 22: Eksistensi Astra di GIIAS 2015

Majalah Astra Agustus 201520

UTAMA

sebanyak 195 unit, Gran Max 117 unit, Terios 118 unit, Xenia 90 unit dan lain-lain yakni Sirion dan Luxio. Pada ajang serupa 2014, Daihatsu menjual 582 unit.

Isuzu, Otot IndonesiaPT Isuzu Astra Motor Indonesia

(IAMI) tampil ‘berotot’ dan ‘berisi’ guna memeriahkan partisipasi pada pameran GIIAS. Isuzu hadir dengan konsisten lewat tema Isuzu Otot Indonesia: Bekerja Tanpa Henti, Menjelajah Ke Seluruh Negeri. Melalui tema ini, Isuzu dengan seluruh line-up produknya siap menjadi motor distribusi logistik ke seluruh Indonesia sebagai rajanya

diesel yang tangguh dan efisien. “Layaknya otot, kami bersama-sama bangsa akan terus menggerakkan perekonomian Indonesia,” ujar Yohannes Nangoi, Presiden Direktur IAMI.

IAMI merupakan salah satu perusahaan otomotif nasional yang dikenal sebagai produsen kendaraan bermesin diesel. Produk yang dihasilkan terbagi atas dua kategori besar, yakni light commercial vehicle (LCV) dan commercial vehicle (CV). Pada kategori LCV, Isuzu Indonesia mempunyai Isuzu Panther, Isuzu D-Max, dan Isuzu mu-X. Sedangkan pada kategori CV, Isuzu memiliki truk kelas ringan yaitu Isuzu Elf dan truk medium Isuzu Giga yang tersedia dalam mesin 4 silinder dan 6 silinder heavy duty common rail.

Isuzu menempati booth seluas 1.196 meter persegi. Sebanyak 9 unit display diboyong Isuzu mengisi booth-nya yang eye catching. Sembilan unit tersebut adalah mu-X High Grade Sporty, mu-X, dengan tema Eye Catching Dress up/spec Young sporty, D-Max Motor Trail Carrier, Panther G. Touring X-Treme, Isuzu Elf NKR 55 Food Truck, Isuzu GIGA GVR 34H Tractor Head (Chassis), Isuzu GIGA FVR 34P Aplikasi Concrete Pump, Isuzu Elf NQR VIP Bus dan Isuzu Elf NPS 4x4.

Bertepatan dengan pameran di GIIAS, Isuzu juga mewisuda 16 siswa angkatan ke-7 dari Isuzu Technician School dan mendapatkan gelar mekanik M3. Ke-16 orang mekanik ini nanti ditempatkan di dealer-dealer resmi Isuzu seluruh Indonesia. Sejak 2012 sampai saat ini, Isuzu telah melahirkan 110 mekanik dari Isuzu Technician School.

Menjelang berakhirnya GIIAS 2015, Isuzu pada 27 Agustus 2015 juga menyerahkan Isuzu’s Recommanded Body Builder kepada 12 perusahaan karoseri di booth Isuzu di GIIAS. Penyerahan sertifikat ini dilakukan langsung oleh Presiden Direktur Isuzu Yohannes Nangoi. Ke-12 perusahaan karoseri yang telah lolos seleksi program Body Builder tersebut adalah PT Adiputro Wirasejati, PT Bengawan Karya Sakti, PT Hydraxle Perkasa, PT Mecoinoxprima, PT Mekar Armada Jaya, PT Mitra Toyotaka Indonesia, PT Morodadi Prima, PT Roda Nada Karya, PT Sukses Tunggal Mandiri, PT Surya Putra Barutama, PT Tentrem Sejahtera dan PT United Tractors Pandu Engineering.

Selama pameran di GIIAS 2015, Isuzu berhasil menjual 155 unit, sedangkan penjualan Isuzu pada ajang serupa 2014 mencapai sekitar 300 unit.

18 Model baru BMWSebagai pemimpin di segmen kendaraan mewah, di GIIAS 2015 BMW Indonesia menghadirkan 18 model baru BMW di BMW Pavilion seluas 1.500 meter persegi. Model-model baru ini untuk menunjukkan kepemimpinan BMW dan posisi penting BMW sebagai pelopor sebuah kendaraan segmen baru yang mengedepankan performa dinamis, efisiensi yang luar biasa, teknologi mutakhir dan daya tarik estetika. Konsep arsitektur BMW Pavilion ini mendapatkan penghargaan sebagai pemenang pertama stan

Booth Isuzu bertema Isuzu Otot Indonesia

Isuzu menyerahkan sertifikasi kepada 12 perusahaan karoseri pada GIIAS 2015

Page 23: Eksistensi Astra di GIIAS 2015

Majalah Astra Agustus 2015 21

11 hari pameran tersebut, Lexus berupaya mengenalkan warna baru pada dunia otomotif Indonesia dengan menghadirkan Lexus personalized services yang kemudian dikemas dalam bentuk Lexus Omotenashi Lounge. Lounge ini memiliki konsep unik, di mana pelanggan dapat menikmati hospitality Lexus Indonesia melalui Lexus Signature Beverages, Japanese Koto Music, Lexus RCF yang dipadu dengan Lexus Barista & Butler. Seluruhnya bersinergi sebagai interseksi antara produk, layanan dan gaya hidup.

“Pelanggan akan disambut oleh senyuman khas Lexus Associates, serta merasakan suasana yang berbeda begitu menjejakkan kaki ke dalam Lexus Omotenashi Lounge. Perpaduan produk, layanan personal, dan gaya hidup yang ditawarkan diharapkan mampu memberikan warna tersendiri bagi para Lexus Enthusiasts,” tutur Hiroyuki Fukui, Lexus Principal Indonesia pada kesempatan terpisah.Desain dan tata ruang Lexus

Omotenashi Lounge juga dirancang sedemikian rupa dengan mengacu pada bahasa desain Lexus yaitu L-Finesse. Tata cahaya lampu, tata letak ruangan, dan pemilihan material melibatkan maestro dalam bidangnya yang turut merancang Lexus Menteng Gallery, yaitu B. Sardjono Sani. “Kami ingin memberikan yang terbaik bagi pelanggan mulai dari produk hingga layanan purna jual. Diharapkan pelanggan mampu merasakan kenyamanan paripurna

UTAMA

favorit pilihan pengunjung untuk kategori kendaraan premium dalam ajang Indonesia WOW Product Automotive.

BMW Pavilion akan menyajikan kombinasi menarik antara suasana mewah dan teknologi inovatif, yang dirancang secara unik untuk memberikan pengalaman tak terlupakan bagi pengunjung. Desain BMW Pavilion menampilkan desain arsitektur modern dan elegan, yang memungkinkan para pengunjung untuk merasakan layanan premium khas dan eksklusif BMW.

Di GIIAS 2015, BMW juga meluncurkan BMW Gran Tourer pertama di Indonesia, sekaligus mengenalkan sebuah segmen kendaraan yang benar-benar baru.

Kendaraan inovatif serba guna dan fleksibel itu merupakan kendaraan premium kompak pertama di dunia yang menawarkan ruang yang luas, fitur keamanan lengkap, dan kepraktisan.

Selama ajang GIIAS 2015, BMW sukses menjual 330 unit kendaraan. Unit penjualan tertinggi diraih oleh BMW Seri 3 lalu diikuti oleh Seri 5 dan X5.

Partisipasi Perdana LexusUntuk pertama kalinya, Lexus Indonesia berpartisipasi dalam pameran otomotif GIIAS. Selama

BMW menghadirkan 18 model baru pada GIIAS 2015

Lexus ES300h hadir di booth Lexus

dan memperoleh kepuasan maksimal sebagai bagian dari keluarga besar Lexus Indonesia,” tutur Suparno Djasmin, Lexus Principal Indonesia.

UD Trucks Rayakan HUT ke-80Seiring dengan pameran otomotif

GIIAS 2015, UD Trucks merayakan ulang tahunnya ke-80 tahun. UD Trucks menegaskan komitmennya untuk menyajikan produk-produk yang sesuai dengan prinsip pendirinya, Kenzo Adachi.

Menurut Adachi, truk itu harus aman, awet, hemat bahan bakar serta menawarkan waktu operasional yang tinggi dan kapasitas angkut yang besar. Sepanjang 80 tahun terakhir, UD Trucks menyediakan ragam produk yang memenuhi kriteria itu, sekaligus mengurangi total biaya yang dikeluarkan pelanggan. UD Trucks hadir di Indonesia melayani pelanggan dengan berbagai produk dan servis selama lebih dari 30 tahun.

Presiden Direktur UD Trucks Indonesia Valery Muyard mengatakan, UD Trucks menerapkan Going The Extra Mile di Indonesia dengan cara memperbarui jaringan dukungan servis yang luas, melalui peralatan, teknologi, proses dan infrastruktur yang modern. “Pada tahun 2014, kami telah membangun pusat distribusi suku cadang di Kalimantan, yang mempersingkat waktu pengiriman ke pelanggan kami,” tutur Valery Muyard.

Truck Quester yang dipamerkan di booth UD Trucks

Page 24: Eksistensi Astra di GIIAS 2015

Majalah Astra Agustus 201522

Booth Honda ini didesain dengan mengusung tema Smart Mobility for the Future seiring dengan upaya AHM mempersembahkan jajaran sepeda motor dengan teknologi canggih dan pintar untuk masa depan yang lebih baik.

Keikutsertaan jajaran big bike Honda pada GIIAS 2015 menjadi salah satu langkah perusahaan untuk semakin mendekatkan pecinta big bike dengan produk-produk Honda di segmen premium. “Booth Honda dalam pameran otomotif GIIAS ini kami yakini dapat memikat banyak perhatian pengunjung dengan adanya jajaran big bike Honda yang memiliki desain premium dan teknologi canggih khas Honda,” ujar General Manager Marketing Planning and Analysis AHM Agustinus Indraputra.

Selain menghadirkan jajaran big bike Honda, AHM memanjakan pengunjung dengan menghadirkan replika motor sport balap Honda RCV213V yang merupakan besutan dua pebalap tim Repsol Honda, Marc Marquez dan Dani Pedrosa di ajang balap bergengsi MotoGP.

Produk Unggulan Astra Otoparts

Perusahaan pembuat suku cadang PT Astra Otoparts Tbk (AOP)

Muyard memaparkan salah satu produk unggulan dari produsen truk yang dulu dikenal dengan brand Nissan Diesel dan menjadi bagian dari Volvo Group ini adalah Quester. Truk heavy duty yang baru diluncurkan tahun lalu ini bisa disesuaikan untuk sebagian besar kebutuhan transportasi yang efisien bahan bakar, dengan kapasitas angkut, performa, dan daya tahan maksimal.

Selama GIIAS 2015, UD Trucks menawarkan keuntungan berupa skema pembiayaan berupa bunga 0% dan uang muka hanya 10%. Pelanggan juga berpeluang mendapatkan layanan gratis perawatan preventif selama 4 tahun dengan biaya dimasukkan ke dalam cicilan bulanan mereka.

Pesona Big Bike Honda

PT Astra Honda Motor (AHM) memboyong seluruh jajaran big bike Honda untuk meramaikan GIIAS. Kehadiran Big Bike Honda menjadi suguhan menarik tersendiri bagi pengunjung pameran otomotif bergengsi ini.

Pada GIIAS 2015, AHM mengusung tema Excites the World dengan memajang 6 tipe big bike Honda, yaitu Honda CBR1000RR SP, Honda NM4 Vultus, Honda CBR650F, Honda CB650F, Honda CB500F dan Honda CB500X yang dipamerkan pada booth Honda.

UTAMA

President Director PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto (kiri) mencoba big bike Honda didampingi oleh President Director AHM Toshiyuka Inuma (kedua kiri) dan Direktur Astra Johannes Loman (kanan)

Berbagai produk Astra Otoparts yang dipamerkan saat GIIAS 2015

pun kembali berpartisipasi dalam pameran otomotif GIIAS. Booth AOP menggunakan konsep modern minimalis yang mengakomodir dua aktivitas utama, yaitu display produk dan layanan penjualan.

Produk yang ditampilkan oleh AOP adalah produk-produk unggulan untuk kendaraan roda empat maupun roda dua yang sudah dikenal masyarakat seperti Aki GS ASTRA, shock absorber KYB Zeto dan suku cadang ASPIRA. Tidak hanya itu, AOP juga memperkenalkan produk-produk terbaru, yaitu ban motor Pirelli, oli Shell Helix ASTRA dan ban motor ASPIRA Premio.

Di sisi layanan penjualan, AOP memberikan potongan harga hingga 25% untuk produk yang dijual pada event GIIAS 2015. Untuk menarik minat pengunjung, AOP juga membuat berbagai program penjualan seperti Bundling Product dengan harga khusus, diskon tambahan hingga 22% di program Happy Hour & Diskon Merdeka, cicilan 0% hingga 6 bulan, juga hadiah langsung berupa merchandise untuk nominal pembelian tertentu. Tidak hanya untuk pengunjung, sepanjang periode pameran GIIAS 2015 ini diadakan kompetisi foto di media sosial untuk meningkatkan awareness terhadap merek-merek yang dipasarkan AOP kepada masyarakat.

Komponen Lokal & Pohon IndustriSelain menghadirkan produk otomotifnya, Grup Astra juga menghadirkan Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA) pada ajang GIIAS. Pada kesempatan ini, selain menujukkan pohon industri mobil Astra Daihatsu Ayla, YDBA menghadirkan mitra UMKM yang membuat komponen lokal. Hal ini untuk mendukung pengembangan industri otomotif nasional.

Page 25: Eksistensi Astra di GIIAS 2015

Majalah Astra Agustus 2015 23

YDBA yang didirikan pada 2 Mei 1980 berfokus pada pembinaan UMKM. YDBA membawa misi untuk memberikan “Kail Bukan Ikan” pada seluruh UKM mitranya. Dalam kiprahnya selama 35 tahun, hingga Juni 2015, YDBA memberikan pembinaan kepada 8.916 UMKM.

Untuk pemuda putus sekolah, YDBA telah melatih 552 orang pemuda putus sekolah menjadi mekanik. YDBA juga telah menciptakan 60.446 lapangan pekerjaan melalui UMKM yang difasilitasinya.

Berbagai Penghargaan Sepanjang pameran GIIAS 2015 juga diberikan sejumlah penghargaan kepada berbagai pihak, antara lain mobil dan booth terfavorit versi pilihan pengunjung pameran.

Untuk kategori mobil favorit pilihan pengunjung, Daihatsu Copen meraih peringkat pertama disusul New Suzuki Ertiga dan New Mazda CX-5 GT di peringkat kedua dan ketiga.

Untuk booth terbaik pilihan pengunjung, ada enam kategori, yakni booth mobil premium, mobil komersial, booth di atas 2.000 meter persegi, booth seluas 800-1.400 meter persegi, booth 500-750 meter persegi dan booth nonAPM Gaikindo.

UTAMA

Booth YDBA menampilkan pohon industri Astra Daihatsu Ayla

Booth mobil premium

BMW dan Mini

Lexus

Mercedes-Benz

mobil komersial

Isuzu

Mitsubishi

Hino

Booth di atas 2.000m2

Toyota

Honda

Nissan

Booth seluas 800-1.400 m2

Mitsubishi

Mazda

Chevrolet

Booth seluas 500-750 m2

Ford

Renault

Hyundai

Non APm Gaikindo

Venom

V-kool

Triumph

Selain itu, pada hari terakhir GIIAS 2015, sebanyak 18 corporate communications trainee (corcomm trainee) yang sedang mengikuti pelatihan selama 2,5 bulan ini mengunjungi pameran otomotif tersebut.

Dalam kunjunganya, 18 perserta corcomm trainee mengunjungi booth otomotif Grup Astra, seperti Toyota, Daihatsu, Isuzu, BMW, Lexus, UD Trucks, motor Honda dan YDBA.

Berikut selengkapnya:

Operator di Balik ICE

Pameran otomotif GIIAS tahun 2015 ini untuk pertama kalinya diadakan di Indonesia Convention

& Exhibition (ICE) yang berlokasi di BSD City, Tangerang. ICE, yang dibangun di atas lahan seluas 22 hektare menelan US$282 juta, dimiliki oleh Grup Sinar Mas dan Grup Kompas Gramedia melalui perusahaan patungan PT Indonesia International Expo.

ICE, yang awal bulan lalu diresmikan oleh Presiden Joko Widodo, memiliki luas bangunan 220.000 meter persegi dan berstandar internasional. Terdapat 10 hall seluas 50.000 meter persegi, 4.000 meter persegi ruang konvensi, 50.000 meter persegi area outdoor dan 12.000 meter persegi area selasar. ICE juga dilengkapi dengan 33 ruang rapat dengan berbagai ukuran.

Siapa operator yang mengoperasikan ICE?

Jika merujuk pada situs ICE, ruang pameran itu dioperasikan oleh Deutsche Messe, salah satu operator ruang pameran dan penyelenggaraan acara terbesar di dunia. Tahun 2014, pendapatan Deutsche Messe mencapai 280 juta euro dan menempatkan di jajaran 10 besar operator pameran kelas dunia. Deutsche Messe memiliki 1.200 karyawan di seluruh dunia dan jaringan bisnis dengan 66 kantor perwakilan dan anak perusahaan di lebih dari 100 negara di seluruh dunia.

Page 26: Eksistensi Astra di GIIAS 2015

Majalah Astra Agustus 201524

EKSKLUSIF

Meriahnya Peringatan HUT-RI di Astra

Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-70 Republik Indonesia selalu diperingati dengan sangat

meriah di Astra.

Upacara bendera dilaksanakan secara serentak di seluruh anak perusahaan dan kantor cabang Astra di seluruh Indonesia dan diikuti oleh seluruh direksi dan karyawan, sebagai wujud kecintaan

terhadap bangsa dan negara.Dalamupacara bendera ini, Presiden Direktur PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto bertindak sebagai pembina upacara.

Sementara itu, di anak perusahaan Astra, pimpinan tiap-tiap anak perusahaan dan kepala cabang bertindak sebagai pembina upacara.

Petugas upacara merupakan karyawan Astra yang dilatih selayaknya pasukan pengibar bendera (Paskibra). Mereka dipilih dari berbagai divisi di setiap perusahaan secara bergilir setiap tahun. Untuk memeriahkan

Sebagai kebanggaan bangsa, Astra terus berusaha untuk bisa memberikan kontribusi bagi kemajuan

bangsa Indonesia melalui Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia

Presiden Direktur PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto (tengah) selaku pembina upacara memberikan ucapan selamat dan terima kasih kepada petugas upacara HUT Kemerdekaan ke-70 Republik Indonesia yang terdiri dari karyawan di kantor pusat Astra International seusai upacara

Page 27: Eksistensi Astra di GIIAS 2015

Majalah Astra Agustus 2015 25

EKSKLUSIF

peringatan HUT kemerdekaan tersebut, di kantor pusat Astra International telah dilaksanakan acara 17-an Seru Bareng Astra, yang diisi dengan berbagai macam lomba khas hari kemerdekaan, seperti balap karung, makan kerupuk, vokal grup dan yel-yel pada 14 Agustus.

Perlombaan ini diikuti dengan penuh semangat oleh para karyawan. Para suporter pun tidak kalah semangat memberikan dukungan pada tim jagoannya.

Sebagai kebanggaan bangsa, Astra terus berusaha untuk bisa memberikan kontribusi bagi kemajuan bangsa Indonesia melalui Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia, sebuah langkah nyata dari Grup Astra untuk berperan aktif serta memberikan kontribusi meningkatkan kualitas masyarakat Indonesia melalui karsa, cipta dan karya terpadu untuk memberikan nilai tambah bagi kemajuan bangsa Indonesia.

Astra menjalankan program corporate social responsibility (CSR) dalam empat pilar utama, yaitu: Pendidikan, Lingkungan, Usaha Kecil & Menengah serta Lingkungan.

Melalui 192 perusahaan dan 226.806 Insan Astra yang terdiri dari 99,99% putra-putri terbaik Indonesia, kontribusi nyata tersebut juga dilaksanakan di anak perusahaan Grup Astra dan sembilan yayasan yang berada di bawah naungan Astra, yaitu Yayasan Toyota & Astra, Yayasan Dharma Bhakti Astra, Yayasan Astra Bina Ilmu, Yayasan Astra Honda Motor, Yayasan Amaliah Astra, Yayasan Pendidikan Astra – Michael D Ruslim, Yayasan Karya Bhakti United Tractors, Yayasan Astra Agro Lestari dan Yayasan Insan Mulia Pamapersada Nusantara.

PT Astra International Tbk memperingati HUT Kemerdekaan ke-70 Republik Indonesia dengan melaksanakan upacara pengibaran bendera merah putih. Presiden Direktur PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto bertindak sebagai pembina upacara. Upacara dimulai pada pukul 07.30 WIB dan diikuti oleh direksi dan seluruh karyawan di halaman kantor pusat Astra International

Pasukan pengibar bendera menuju tiang bendera untuk mengibarkan sang merah putih dalam upacara memperingati HUT Kemerdekaan ke-70 Republik Indonesia

Page 28: Eksistensi Astra di GIIAS 2015

Majalah Astra Agustus 201526

EKSKLUSIF

Perayaan HUT Republik Indonesia Ke-70 di Seluruh Indonesia

PT AI Tbk - Astraworld - Jawa Timur PT AI Tbk - Astraworld - MedanPT Acset Indonusa Tbk

PT AI Tbk-BMW Sales Operations-Peugeot Sales Operation-AAP

PT AI Tbk - Daihatsu Sales Operation- Bandar Jaya PT AI Tbk - Daihatsu Sales Operation-Bintaro

PT AI Tbk - Daihatsu Sales Operation-Cirebon PT AI Tbk - Daihatsu Sales Operation-Cokro DSK

PT AI Tbk - Daihatsu Sales Operation-Head Office

PT AI Tbk - Daihatsu Sales Operation-Karawaci

PT AI Tbk - Daihatsu Sales Operation- Balikpapan

PT Al Tbk - Daihatsu Sales Operation-Cibubur

Page 29: Eksistensi Astra di GIIAS 2015

Majalah Astra Agustus 2015 27

EKSKLUSIF

PT AI Tbk - Daihatsu Sales Operation-Medan PT AI Tbk - Daihatsu Sales Operation-Narogong

PT AI Tbk - Daihatsu Sales Operation-Pekalongan PT AI Tbk - Daihatsu Sales Operation-Pondok Cabe PT AI Tbk - Daihatsu Sales Operation-Pondok Indah

PT AI Tbk - Daihatsu Sales Operation-Pondok Pinang

PT Astra Aviva Life

PT AI Tbk-Toyota Sales Operation-Bali

PT AI Tbk - Daihatsu Sales Operation-Mojokerto

PT AI Tbk - Toyota Sales Operation-Tegal PT AI Tbk - TSO - AUTO2000 - Probolinggo

PT AI Tbk - TSO - AUTO2000 - Surabaya PT Aisin Indonusa Automotive

PT AI Tbk-Daihatsu Sales Operation-Probolinggo

PT AI Tbk-Toyota Sales Operation-Solo

Page 30: Eksistensi Astra di GIIAS 2015

Majalah Astra Agustus 201528

EKSKLUSIF

PT Astra Otoparts Tbk - HO

PT Astra Visteon Indonesia PT Astragraphia Tbk

PT Federal Nittan Industries

PT Gaya Motor PT GS Battery

PT Century Batteries Indonesia

PT Denso Indonesia PT Federal Izumi Grup

PT Astra Daihatsu Motor - Head Office PT Astra Komponen Indonesia PT Astra Nippon Gasket Indonesia

PT Astra Otoparts Tbk - Divisi Adiwira Plastik PT Astra Otoparts Tbk - Divisi Nusametal

FIFGROUP Jayapura

Page 31: Eksistensi Astra di GIIAS 2015

Majalah Astra Agustus 2015 29

EKSKLUSIF

PT Karsa Surya Indonusa - Gondola Ancol PT Marga Harjaya Infrastruktur PT Menara Terus Makmur

PT Metalart Astra Indonesia PT Pakoakuina

PT Palma Plantasindo

PT Serasi Auto Raya-TRAC-Batam

PT Serasi Auto Raya-TRAC-HO-Condet

PT Inti Ganda Perdana Group PT Isuzu Astra Motor Indonesia-Karawang Plant PT Isuzu Astra Motor Indonesia-Medan

PT Pamapersada Nusantara

PT Serasi Auto Raya-TRAC-Ambon PT Serasi Auto Raya-TRAC-Bandung

PT Nusametal

Page 32: Eksistensi Astra di GIIAS 2015

Majalah Astra Agustus 201530

EKSKLUSIF

PT Serasi Auto Raya-TRAC-Pekanbaru

PT Showa Indonesia Manufacturing PT SIGAP Prima Astrea PT Suryaraya Rubberindo Industries

PT Toyota Astra Financial Services PT Toyota Astra Motor & TMMIN

PT Yutaka Mfg Indonesia

PT Serasi Logistics Indonesia

PT Serasi Auto Raya-TRAC-Makassar PT Serasi Auto Raya-TRAC-Manado

PT Serasi Auto Raya-TRAC-Padang

PT UD trucks

PT United Tractors TbkPT United Tractors Pandu Engineering (UTPE)

PT Serasi Auto Raya-TRAC-Jayapura

Page 33: Eksistensi Astra di GIIAS 2015

Majalah Astra Agustus 2015 31

EKSKLUSIF

Grup Astra Wilayah Jambi Grup Astra Wilayah Makassar

Grup Astra Wilayah Medan Grup Astra Wilayah NTB Grup Astra Wilayah Palembang

Grup Astra Wilayah Papua

Grup Astra Wilayah Yogyakarta

Grup Astra Wilayah D.I. Yogyakarta

Grup Astra Wilayah Pontianak Grup Astra Wilayah Riau

Grup Astra Wilayah Semarang

Grup Astra Wilayah Bandung Grup Astra Wilayah Banjarmasin Grup Astra Wilayah Banten

Momentum perayaan HUT RI ke-70 menjadi pemantik semangat khususnya bagi Grup Astra untuk terus menghasilkan karya terbaik dan menjadi kebanggaan negeri.

Jayalah Indonesia! Jayalah Astra!

Page 34: Eksistensi Astra di GIIAS 2015

Majalah Astra Agustus 201532

EKSKLUSIF

AGI 2015: Bersilaturahmi dalam Kompetisi

Ada yang berbeda dengan pemandangan di depan lobi gedung kantor pusat PT Astra International Tbk pada

Sabtu, 8 Agustus pagi itu. Kerumunan orang telah memadati area ini dengan pakaian mereka yang beraneka rupa dan berwarna-warni. Dengan wajah yang penuh semangat, tidak sabar menunggu acara dimulai.

Sebagian besar dari kerumunan ini adalah kontingen perwakilan dari tiap anak cabang perusahaan Grup Astra. Beberapa di antaranya bahkan mengajak anak-anak mereka untuk turut berpartisipasi dalam berbagai lomba yang telah disediakan para panitia.

Mari kita penuhi gedung Astra ini dengan semangat silaturahmi. Selamat berekspresi dalam kompetisi

yang sehat dan bermanfaat ini

Pada kesempatan ini, para peserta yang mencapai lebih dari 1.300 orang tersebut akan memperebutkan 36 medali yag disediakan PT Astra

International Tbk di mana kontingen dengan medali terbanyak berhak menerima piala bergilir Amaliah Astra. Kali ini piala tersebut berhasil diperoleh PT Astra Daihatsu Motor.

Tiba saatnya acara dimulai, Ketua Pengurus Yayasan Amaliah Astra Pongki Pamungkas tak lupa memotivasi untuk para peserta lomba Astra Gema Islami melalui pidato pembuka, “Mari kita penuhi gedung Astra ini dengan semangat silaturahmi. Selamat berekspresi dalam kompetisi yang sehat dan bermanfaat ini.”

Masih dalam momen yang sama, Presiden Direktur PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto juga menyampaikan kata-kata penuh semangat kepada para peserta, “Saya bangga anda bisa berkumpul di sini. Manfaatkanlah waktu dari pagi hingga siang nanti untuk berkumpul, berkompetisi dan bersilaturahmi. Saya selaku Presiden Direktur, secara resmi ingin membuka acara ini, semoga berjalan lancar dan berguna untuk kita semua.” Usai menyampaikan pidatonya, Prijono secara simbolis memukul bedug sebagai tanda bahwa acara telah resmi dimulai.

Tak lama kemudian, lantai dua, tiga, lima dan delapan telah

dipenuhi oleh para peserta lomba. Berbeda dengan situasi di ruangan lomba lainnya, Gedung R. William Soeryadjaya yang terletak di lantai delapan Kantor Pusat Astra International penuh dengan suara riuh rendah dan gelak tawa. Dalam ruangan yang penuh keceriaan ini, para peserta Cerdas Cermat Islam Astra menyimak setiap pertanyaan dengan penuh

antusias.

Bukan hanya para peserta, para penonton tampaknya juga ikut tenggelam dalam euforia ini karena acara berjalan dengan seru dan penuh kebersamaan.

Presiden Direktur PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto didampingi Ketua Yayasan Amaliah Astra (YAA) Pongki Pamungkas memukul bedug sebagai tanda dibukanya acara puncak Astra Gema Islami (AGI) 2015

Presiden Direktur PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto berfoto bersama dengan para perwakilan kontingen yang mengikuti Astra Gema Islami (AGI) seusai pembukaan AGI di gedung kantor pusat Astra di kawasan Sunter

Page 35: Eksistensi Astra di GIIAS 2015

Majalah Astra Agustus 2015 33

EKSKLUSIF

Foto Bersama para Pemenang Lomba AGI 2015

Berikut adalah nama pemenang beserta urutannya dari masing masing lomba :

Cerdas Cermat Islam Astra

Federal Nittan Industries

TD Automotive Compressor

Akebono 2

Salam Silaturahmi

PT Astra Daihatsu Motor

PT Astra Otoparts Div. Adiwira Plastik

Astra Motor

Lomba Kabar Ramadan Astra

PT United Tractors Tbk

Auto 2000 PDC Jakarta

PT Pamapersada Nusantara

Kambing Cup

Astra Daihatsu Motor

TOYOTA

AOP Div. Adiwira Plastik

Lomba Tahfidz Anak

Salsabila Mutmainnah, Putri Bp. Victor

PT TD Automotive Compressor Indonesia

Muadz Abdul Majid, Putra Bp. Muhammad Faizin

PT Astra Otoparts Tbk

Hilyah Faza, Putri Bp. Ari Cahyono

PT Astra Otoparts Div. Adiwira Plastik

Lomba Tahfidz Dewasa

Eko Winahyu S PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia

Dwi Ernanto PT Astra International - UD Truck Sales Operation

Galih Cahyo PT Astra Honda Motor

Lomba Murottal

Mirwan Junaidi PT PermataBank

Kurniawan PT Astra Otoparts Tbk - HO

Ahmad Fauzi PT Akebono Brake Astra Indonesia

Lomba Cerita Sirah Nabil

Gita Laksita Jatismara Auto 2000

Leili Septianingrum PT Toyota-Astra Motor

Annissa Zamraida PT Astra Otoparts Div.Adiwira Plastik

Lomba Poster

Rendra Randy PT Serasi Autoraya

Semangat Bekerja Ayah

Eva Lestari Auto 2000Mencari Rezeki yang Halal Sesudah Menunaikan yang Fardhu

Laily Maulidiya Syafitri

PT Astra Daihatsu

Pribadi Muslim Daihatsu

Lomba Video Dakwah

Astra Otoparts Istiqomah: Auratku Maruahku

PT Akashi Wahana Indonesia Jangan Malu Bertanya Pada Diri Sendiri

PT Indokarlo Perkasa Rohis Rangers IKP: Sadar Diri

Lomba Komik Dakwah

Dewi Sri Mulyani PT Federal Nittan Industries Bekerja Baik Yuk!

Khoiria PT Astra Daihatsu Motor Ikhlas dalam Bekerja

Nur Cahyo PT Indokarlo Perkasa Sholat The Flash

Lomba Cerpen Islam

Soni Perdana Gunadis Auto 2000 PDC Jakarta Urgent Tingkat Dewa!

Munir mustofa Auto 2000 Jangan Mengurangi Timbangan

Nita NPT Showa Indonesia Manufacturing

Perjuangan Belum Usai

. Lomba Video Salam Lebaran

M. Ismail Mudjsa PT Astra Daihatsu Motor Salam Lebaran Karyawan

Rendi M. PT Akashi Wahana Indonesia Salam Lebaran

Seti Haryadi PT Astra Honda Motor Salam Lebaran AGI 2015

Page 36: Eksistensi Astra di GIIAS 2015

Majalah Astra Agustus 201534

EKSKLUSIF

Kunjungan Kampung Berseri Astra & Olimpiade Rumah Pintar

Presiden Direktur PT Astra International Tbk Prijono Sugiarto beserta Viena Sugiarto mengunjungi Kampung Berseri Astra (KBA)

yang berlokasi di Keputih Tegal Timur, Surabaya, pada 15 Agustus 2015. Ini merupakan kunjungan kedua setelah peresmian KBA Keputih tersebut pada Oktober tahun 2014.

KBA merupakan wilayah dengan lingkungan yang bersih dan hijau serta masyarakat yang sehat, cerdas dan produktif yang mewakili empat pilar corporate social responsibility (CSR) yang dijalankan oleh PT Astra International Tbk, yaitu bidang Pendidikan, Lingkungan, Usaha Kecil & Menengah (UKM) dan Kesehatan.Dalam kunjungan ini juga dilaksanakan Olimpiade Rumah Pintar yang diikuti oleh ibu-ibu dan anak-anak warga Kampung Keputih Tegal Timur, Surabaya. Olimpiade ini diisi dengan lomba merancang busana anak berbahan daur ulang, peragaan busana anak berbahan daur ulang, lomba menggambar, lomba mewarnai, lomba keterampilan mengetik di komputer serta lomba menyanyi.

16 Kampung Berseri AstraHingga tahun 2015, Astra telah membina 16 Kampung Berseri Astra

Prijono Sugiarto bersama Viena Sugiarto membuka secara resmi olimpiade Rumah Pintar di Kampung Berseri Astra di Kampung Keputih Tegal Timur, Kecamatan Sukolilo, Surabaya, Jawa Timur

yang tersebar di wilayah Jakarta, Kep. Seribu, Tangerang, Surabaya, Bandung, Bali, Balikpapan, Bekasi, Depok dan Sulawesi Barat. Kampung Keputih Tegal Timur Surabaya terpilih karena memenuhi kriteria yang telah ditentukan, yang terdiri dari tiga aspek, yaitu tata lingkungan kampung baik, warga kampung memiliki sifat gotong royong serta memiliki kemudahan akses untuk melakukan sosialisasi dan pengawasan program tanggung jawab sosial.

Di KBA Keputih Tegal Timur Surabaya yang memiliki luas 10.120 m2, ada dua rukun tetangga yang terpapar program, yang terdiri dari 200 kepala keluarga atau 760 jiwa. Rata-rata penduduk Kampung Keputih Tegal Timur bekerja sebagai buruh harian sebesar 57%, 25% berstatus ibu rumah tangga, 14% pelajar, 3% karyawan swasta dan 1% berprofesi di berbagai bidang. Tingkat pendidikan penduduk di kampung ini juga bervariasi. Sebanyak 32% masih bersekolah di bangku sekolah dasar atau madrasah ibtidaiyah, lalu sebanyak 32% di bangku PAUD. Ada 21% yang duduk di bangku sekolah menengah pertama atau madrasah tsnawiyah, 7% di sekolah menengah atas atau madrasah annawiyah atau sekolah menegah kejuruan, 3% tidak bersekolah dan 3% berada di bangku

perguruan tinggi (Data per Juni 2015).

Perencanaan pembangunan dan pengembangan Kampung Keputih Tegal Timur Surabaya ini dilakukan dalam tiga tahapan. Pada 2013 – 2014 menjadi kampung yang bersih dan asri, pada 2015 – 2016 menjadi pusat wisata edukatif dan pada tahun 2020 menjadi ikon Kota Surabaya. Dalam mewujudkan Kampung Berseri Astra, dukungan dari pemerintah dan masyarakat menjadi faktor penting yang menentukan keberhasilan program. Masyarakat di kampung ini dikenal berjiwa gotong royong, kreatif, pekerja keras serta memiliki motivasi untuk memperbaiki lingkungan.

Prijono Sugiarto bersama Viena Sugiarto menyerahkan bantuan buku untuk Rumah Pintar di Kampung Berseri Astra di Kampung Keputih Tegal Timur, Kecamatan Sukolilo, Surabaya, Jawa Timur

Perwakilan warga Kampung Keputih Tegal Timur menerima bantuan bibit tanaman produktif dari Viena Sugiarto didampingi Prijono Sugiarto

Viena Sugiarto bersama Prijono Sugiarto turut menimbang bayi dalam kegiatan posyandu

Page 37: Eksistensi Astra di GIIAS 2015

Majalah Astra Agustus 2015 35

EKSKLUSIF

Surabaya Run For Trees Menutup Astra Green Lifestyle 2015

Grup Astra International bekerjasama dengan pemerintah kota Surabaya mengadakan kegiatan Surabaya Run

For Trees 2015, Minggu (16/8), di Parkir Timur Plaza Surabaya. Kegiatan Surabaya Run For Trees 2015 tersebut dihadiri oleh Walikota Surabaya, Tri Rismaharini.

Surabaya Run For Trees 2015, yang diikuti sekitar 1.000 peserta, menutup rangkaian kegiatan program Astra Green Lifestyle (AGL) 2015 yang telah dilaksanakan di 10 kota di Indonesia. Selama Juni-Juli lalu, AGL telah diselenggarakan di sembilan kota, yaitu Jakarta, Denpasar, Balikpapan, Bandung, Yogyakarta, Medan, Pekanbaru, Palembang dan Makassar.

Surabaya Run For Trees merupakan fun run yang mengajak masyarakat untuk menjalankan tren gaya hidup sehat. Para peserta yang mengikuti kegiatan ini mewakili satu pohon yang akan diberikan untuk Kota Surabaya tercinta. “Sebelumnya, suhu di Surabaya lebih panas. Namun, dalam 2 tahun ini, suhu di Surabaya sama atau lebih rendah dari Jakarta. Ini berarti program lingkungan di Surabaya berjalan bagus. Dengan lingkungan bersih dan sehat, masyarakat menjadi lebih sehat,” ujar Tri Rismaharini dalam sambutannya.

Acara Surabaya Run For Trees ini mengambil start di Parkir Timur Plaza Surabaya, Jl. Pemuda, Jl. Panglima Sudirman, Jl. Gubeng dan finish di Parkir Timur Plaza Surabaya, dengan jarak tempuh sepanjang 8 km.Selain lomba lari, ada AGL Photography Competition yang merupakan lomba foto on the spot. Pada 11-15 Agustus 2015 di Kampung Berseri Astra Surabaya, juga berlangsung berbagai lomba, yaitu Green Office Astra Group, AGL Green Dress Competition, AGL

Green Class Competition, AGL Green Exhibition dan AGL Green Home Competition.

Ada juga pameran di showroom masing-masing unit bisnis Grup Astra Surabaya, yaitu pameran mobil Auto2000 dan Mobil88 serta test drive. Peserta berkesempatan mendapatkan hadiah door prize berupa satu unit motor Honda Revo dan puluhan barang elektronik dengan total puluhan juta rupiah.

AGl di Sembilan KotaDi sembilan kota sebelumnya, kegiatan AGL telah diikuti oleh 23.760 peserta dalam berbagai kegiatan: fun run dan run competition di Jakarta, Bali, Palembang dan Yogyakarta, fun walk di Bandung dan Makassar, fun bike di Balikpapan dan aksi lingkungan di Medan dan Pekanbaru.

Dari seluruh kegiatan di sembilan kota ini, ada 13.700 pohon yang akan didonasikan. Sementara total botol plastik yang berhasil terkumpul sebanyak 48.610 buah.

Dengan semboyan Kenali, Lakukan, Ajarkan, AGL diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup pada 5 Juni, sekaligus sebuah acara kampanye gaya hidup ramah lingkungan bersama Grup Astra. Dalam program kampanye AGL tersebut, masyarakat diharapkan memperoleh inspirasi untuk hidup ramah lingkungan dengan mengetahui kegiatan pengelolaan lingkungan yang telah dilakukan Grup Astra (Kenali), mendapatkan pengalaman tentang cara melakukan kegiatan pengelolaan lingkungan (Lakukan), sehingga terinspirasi untuk mengajarkannya ke orang lain (Ajarkan).

• Foto 1:Walikota Surabaya Tri Rismaharini (tengah) berfoto bersama eksekutif Grup Astra dalam pembukaan Surabaya Run For Trees 2015

• Foto 2:Walikota Surabaya Tri Rismaharini menyapa peserta Surabaya Run For Trees 2015

1

2

Page 38: Eksistensi Astra di GIIAS 2015

Majalah Astra Agustus 201536

HUMAN CAPITAL

Atmosfer Keakraban dalam Acara Purnabakti Eksekutif Astra 2015

Sebagai wujud apresiasi atas dedikasi para eksekutif Astra yang telah menyelesaikan masa baktinya, PT Astra

International Tbk mengadakan acara Purnabakti Eksekutif Astra pada 19 Agustus 2015 bertempat di Executive Lounge, Astra International Head Office.

Dekorasi dedaunan hijau dan lampu hias mampu membangun konsep kekeluargaan pada hari itu. Dalam pidato sambutannya, Executive Management PT Astra International Tbk, F. X. Sri Martono menyampaikan bahwa sampai 2015 ini, sebanyak 126 eksekutif Astra

telah menjalani masa purnabakti. Perinciannya, 57 orang eksekutif selama 2004-2008, 64 orang eksekutif sepanjang 2009-2014 dan lima orang untuk tahun ini. Beliau berharap, jaringan komunikasi dan kebersamaan dengan para purnabakti dapat tetap terpelihara dan masih berkenan untuk saling berbagi pengalaman bersama Astra International“Kami masih membutuhkan bimbingan dan kebersamaan dalam keluarga besar Astra untuk Indonesia,” ungkap F.X. Sri Martono.

Usai pidato sambutan, para hadirin diajak menyaksikan video berdurasi pendek mengenai sepak terjang

Kami masih membutuhkan bimbingan dan kebersamaan

dalam keluarga besar Astra untuk

Indonesia

Page 39: Eksistensi Astra di GIIAS 2015

Majalah Astra Agustus 2015 37

HUMAN CAPITAL

Atmosfer Keakraban dalam Acara Purnabakti Eksekutif Astra 2015

Eksekutif Astra yang memasuki masa purnabakti. Mereka adalah Chief of Corporate Information System and Technology Astra International Ganda Kusuma sejak tahun 2001 - 2014, Robby Sani yang berkarier selama 21 tahun serta Stefanus Soetomo Taningdjaja, pria pencinta teh jahe dan es krim yang telah menunjukkan loyalitasnya selama 33 tahun. Kemudian, Yulianto Hari Pramono, pria yang terkenal dengan kedisiplinannya dan telah memulai karier di Grup Astra sejak 1983. Gelak tawa, haru dan decak kagum sesekali terlontar dari para hadirin saat video memutar kenangan demi kenangan manis bersama kelimanya. Tergurat

senyum ikhlas yang memancarkan rasa bangga dengan mata berbinar pada wajah para eksekutif Astra kala menyaksikan ulasan singkat tentang diri mereka.

Dedikasi dan loyalitas mereka yang begitu panjang memang patut diapresiasi dan dijadikan panutan bagi generasi baru Insan Astra. Tidaklah heran jika Presiden Direktur Astra International Prijono Sugiarto juga menyampaikan apresiasinya dalam acara yang sama. “Saya ingin mengucapkan terima kasih atas dedikasi Bapak-Bapak. Anda sudah menjadi bagian dari Astra dan saya ingin rekan-rekan tetap menjadi ambassador Astra di mana-mana. Saya berharap silaturahmi ini tetap dijaga ke mana pun Anda menempuh era baru dalam hidup Anda. Semoga saja, ini bisa menjadi satu benchmark tentang apresiasi penuh Astra atas dedikasi selama ini,” tutur Prijono Sugiarto. Prijono bercerita, meskipun selama

ini Astra selalu terkenal sebagai perusahaan yang mengedepankan people management di mata umum, tidak banyak yang tahu, perusahaan juga terus bersikeras dalam mendapatkan orang-orang terbaik. Astra boleh berbangga diri karena 57% dari jumlah personil eksekutif saat ini merupakan orang baru. Ini menunjukkan regenerasi di tubuh Astra berjalan dengan baik.

Selepas berpidato, Prijono Sugiarto didampingi Sri Martono menyerahkan tanda apresiasi kepada para eksekutif Astra yang resmi memasuki masa purnabaktinya. Kegiatan foto bersama seluruh jajaran direksi dan para purnabakti eksekutif Astra dan ramah tamah diiringi alunan piano dan tembang-tembang hits era 70-an menutup acara ini. Terima kasih kami ucapkan kepada para purnabakti atas kontribusinya kepada Astra. Sampai jumpa dalam kesempatan lainnya!

1

2

• Foto 1:Foto Bersama Direksi dengan Eksekutif Purnabakti Astra• Foto 2:Prijono Sugiarto menyampaikan pesan, kesan dan ucapan terima kasih kepada eksekutif Astra yang memasuki masa purnabakti

Page 40: Eksistensi Astra di GIIAS 2015

Majalah Astra Agustus 201538

HUMAN CAPITAL

Cuaca cerah dan sejuk angin yang berhembus di halaman Gedung Kantor Pusat PT International Tbk pada

pagi itu kian mengiringi semangat seluruh insan Astra yang menghadiri rangkaian 17-an Seru Bareng Astra. Rasa gembira dan semangat kebersamaan terlukis di wajah mereka yang tenggelam dalam euforia. Perayaan menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia ke-70 oleh PT Astra

17-an Seru Bareng Astra Menyatu dalam Kebersamaan

International Tbk kali ini sudah dinanti-nanti oleh insan Astra. Sebagai perusahaan yang mengedepankan kekuatan super team, semangat setiap kelompok yang berasal dari berbagai divisi yang berbeda Corporate Function, kian menambah keakraban Keluarga Besar Astra. Pembagian kelompok ini pun berbeda. Setiap kelompok merupakan perwakilan dari seluruh divisi yang terdiri dari beberapa orang yang berbeda

corporate function, dengan tujuan bisa saling mengenal, juga menambah kekompakan dan keakraban bagi yang sudah saling mengenal. Kriteria ini tidak membuat semangat mereka memudar, ledakan tawa dan canda terus terdengar hingga acara berakhir.

Rangkaian acara 17-an Seru Bareng Astra diawali dengan pelaksanaan lomba balap karung, disusul dengan lomba makan kerupuk di pagi hari. Setiap kelompok mempersiapkan tiga pria dan tiga wanita sebagai perwakilan mereka untuk menjadi peserta lomba makan kerupuk. Usai kedua lomba ini, seluruh peserta dipersilakan untuk beristirahat sambil mempersiapkan diri untuk rangkaian kegiatan selanjutnya.

Seraya menunggu acara dimulai, para peserta tampak sibuk berlatih untuk memberikan penampilan terbaiknya. Demi mendukung kemeriahan rangkaian acara yang akan berlangsung, sebagian besar

Semangat setiap kelompok yang berasal dari berbagai divisi yang

berbeda Corporate Function, kian menambah keakraban Keluarga

Besar Astra.

Suasana keceriaan Insan Astra seusai acara penyerahaan hadiah

Page 41: Eksistensi Astra di GIIAS 2015

Majalah Astra Agustus 2015 39

HUMAN CAPITAL

suporter bahkan memakai kostum serta berbagai atribut unik nan menarik ala Indonesia secara kompak. Saat acara dimulai, suasana riuh pun memenuhi ruang auditorium. Mereka kembali berkumpul untuk menyaksikan perlombaan yel-yel dan vocal group. Lomba yel-yel diikuti oleh delapan kelompok yang terdiri dari 10-20 orang dengan durasi lima menit. Peraturan yang sama juga berlaku bagi lomba paduan suara yang menggunakan alat musik akustik dan terdiri dari 5-10 orang di tiap kelompok.

Penjurian langsung dilakukan oleh para juri, antara lain Beny Priyatna dari Corporate Communications, Social Responsibility and Security,

Pemenang lomba 17-an Seru Bareng Astra:

Agustina Wulandarie dan Dwi Astuti Irenaningtyas dari Coporate Human Capital Development, Shirleen Novinia dari Group Audit and Risk Advisory Division Astra International.

Perlombaan dimulai dengan penampilan yel-yel suporter dari masing-masing divisi dan diselingi dengan lomba paduan suara.

Kebersamaan Insan Astra di siang hari itu kian terpancar melalui dukungan penuh dari para suporter dan penampilan peserta yang amat berkesan. Para peserta begitu kreatif mengemas lagu-lagu daerah Indonesia diiringi dengan alat-alat musik akustik. Yel-yel juga mampu membuat para

hadirin tertawa terpingkal-pingkal mendengar lelucon dan tarian mengikuti irama.

Sambil menunggu keputusan juri, berbagai kuis interaktif seputar Hari Kemerdekaan pun turut dilayangkan untuk mengasah daya ingat para hadirin. Acara yang meriah ini ditutup dengan sesi pengumuman pemenang dan foto bersama.

Sungguh acara yang berkesan untuk dikenang oleh seluruh Insan Astra. Semoga acara ini mampu memupuk rasa cinta terhadap bangsa dan juga melanjutkan perjuangan para pahlawan dengan semangat kerja untuk bangsa. Merdeka!

lomba makan kerupuk

JUARA 1 kelompok 4 Accounting, Human Capital Development, Corp. Planning, YPA MDR

JUARA 2 Kelompok 2 Corp. Tax, Executive Management, Corp. Investor Relations

lomba vocal group

JUARA 1 kelompok 3 Accounting, Treasury, ESR

JUARA 2 Kelompok 7 Risk Advisory, CSC, AMDI, Corp. Development & Strategi

JUARA 3 Kelompok 2 Corp. Tax, Executive Management, Corp. Investor Relations

lomba balap karung

JUARA 1 kelompok 4 Accounting, Human Capital Development, Corp. Planning, YPA MDR

JUARA 2 Kelompok 3 Accounting, Treasury, ESR

JUARA 3 Kelompok 5 Sales Operation Audit, Recruitment & Assessment Center, Public Relations.

lomba yel - yel suporter

JUARA 1 kelompok 2 Corp. Tax, Executive Management, Corp. Investor Relations

JUARA 2 Kelompok 3 Accounting, Treasury, ESR

JUARA 3 Kelompok 4 Accounting, Human Capital Development, Corp. Planning, YPA MDR

Page 42: Eksistensi Astra di GIIAS 2015

Majalah Astra Agustus 201540

RELASI

‘Building Up To The Next Level – Change Brings Opportunity’Audit & Risk Day 2015

Audit & Risk Day merupakan acara tahunan bagi para Auditor dan Risk analyst yang bertujuan sebagai media knowledge sharing

dan ajang untuk mempererat hubungan rekan se-profesi di seluruh Grup Astra. Tahun ini acara diselenggarakan pada 30 Juli 2015 di Ruang William Soeryadjaya Hall, PT Astra International Tbk dan dihadiri sekitar 270 peserta yang terdiri dari auditor dan risk analyst Grup Astra serta perwakilan dari Corporate Function PT Astra International Tbk.

Tema Audit & Risk Day tahun ini adalah “Building Up To The Next Level – Change Brings Opportunity”, sesuai dengan President Letter yang disampaikan oleh Presiden Direktur PT Astra International Tbk, Prijono Sugiarto. Internal Audit dan Risk Analyst berharap dapat menyesuaikan diri dengan pesan tersebut, yakni mampu memberikan Unique Solution Offering, Service Excellence dan Innovative System.

Ketidakpastian dalam bisnis yang saat ini terjadi seharusnya mendorong para Auditor dan risk analyst untuk berkontribusi memberikan solusi dan pelayanan terbaik kepada manajemen. Acara dibuka dengan sambutan dari Direktur PT Astra International Tbk Simon Collier Dixon dan, Chief Group Audit and Risk Advisory PT Astra International Tbk, Cornelius Nangoi.

Kegiatan kali ini menghadirkan tiga praktisi, yakni, Chief Economist PT Bank Danamon Indonesia Tbk, Anton Hendranata untuk memberikan gambaran mengenai dinamika perekonomian global dan domestik serta prediksi ekonomi di masa mendatang agar auditor dan risk analyst mampu mempersiapkan strategi yang tepat guna mendukung sustainability perusahaan; Litigation Division Head PT Astra International Tbk Dwi HS Nugroho yang memaparkan pembahasan mengenai Good Corporate Governance – Tanggung Jawab Hukum Perdata & Pidana untuk

meningkatkan kesadaran para auditor dan risk analyst mengenai penegakan hukum serta aspek kepatuhan korporasi dalam kerangka internal maupun eksternal; serta, Marketing Director FIFGROUP, Djap Tet Fa mengenai key challenges and success factor dalam menghadapi dinamika pasar yang terjadi saat ini dan evolusi bisnis di FIFGROUP.

Acara ini diharapkan dapat memperkaya pengetahuan serta memacu inisiatif dan inovasi dari seluruh peserta yang hadir. Sebagai bagian dari acara, terdapat pertunjukan dari Rampak Kendang Astra, Kepri-band, serta lomba foto yang diikuti oleh para peserta dari Grup Astra. Acara Audit and Risk Day 2015 kemudian ditutup oleh pemaparan, Sales Operation Audit Division Head PT Astra International Tbk Suryaningrum dan dilakukan sesi foto bersama dengan seluruh peserta.

Direktur PT Astra International Tbk Simon Collier Dixon memberikan sambutan

Cornelius Nangoi, Chief Group Audit and Risk Advisory PT Astra International Tbk memberikan cinderamata kepada Djap Tet Fa, Marketing Director FIFGROUP atas kesediannya menjadi salah satu narasumber

Anton Hendranata, Chief Economist, Bank Danamon saat pemaparan mengenai dinamika kondisi perekonomian global dan Indonesia

Foto bersama seluruh peserta Audit and Risk Day 2015 di William Soeryadjaya Hall, PT Astra International Tbk

Page 43: Eksistensi Astra di GIIAS 2015

Majalah Astra Agustus 2015 41

RELASI

Astra Dukung Peningkatan Profesionalisme Jurnalis

Sebagai perusahaan yang berkomitmen turut membangun bangsa, PT Astra International Tbk berkomitmen untuk turut

serta dalam pengembangan sumber daya manusia Indonesia melalui salah satu pilar CSR Astra, yaitu pendidikan yang ditujukan bagi para pemangku kepentingan.

Salah satu pemangku kepentingan tersebut adalah para jurnalis media. Astra merealisasikan komitmen tersebut melalui dukungannya dalam program Safari Jurnalistik dan Uji Kompetensi Wartawan yang diadakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) secara rutin dan didukung juga oleh Dewan Pers.

Pada tahun ini, Astra mendukung pelaksanaan Safari Jurnalistik di lima kota di Indonesia. Pelaksanaan Safari Jurnalistik di Kota Palembang pada 31 Juli mengusung tema profesional, berwawasan, dan beretika untuk membentuk jurnalis yang andal dalam era media modern yang sangat mementingkan kecepatan, akurasi, dan etika.

Hadir dalam acara ini, Ketua Bidang Pendidikan PWI Pusat, Marah Sakti Siregar, Sekretaris Jenderal PWI Pusat, Hendry CH. Bangun, Ketua

PWI Provinsi Sumatera Selatan, H. Oktaf Riady, Head of Public Relations Division PT Astra International Tbk, Yulian Warman, Koordinator Grup Astra Wilayah Palembang, Yagimin dan para kepala cabang Grup Astra Wilayah Palembang.

Hendry CH Bangun mengatakan, kegiatan Safari Jurnalistik yang dirangkai dengan pra-UKW untuk memberikan pemahaman bagi para wartawan mengenai kenapa uji kompetensi ini penting bagi profesi wartawan karena profesionalisme wartawan harus selalu ditingkatkan agar informasi yang disajikan kepada masyarakat semakin berkualitas.

Selain itu, pemberitaan tidak jarang menjadi permasalahan dan dibawa ke ranah hukum karena seringkali jurnalis melupakan prinsip-prinsip dalam membuat berita dengan baik sehingga sering salah diinterpretasikan. Marah Sakti menambahkan, wartawan harus dibina atas tiga kesadaran, yakni kesadaran etika, kesadaran penambahan ilmu dan wawasan serta kesadaran meningkatkan penulisan berita dan teknik peliputan. “Wartawan profesional harus mengisi dirinya atau men-charge baterai profesional, bukan kuli konglomerat media, tetapi jurnalis profesional

itu orang yang bekerja untuk publik, dengan menunjukkan jati dirinya. Bukan sebagai pekerja atau buruh media,” tutur Marah Sakti.

Selain itu, modal paling penting yang harus dimiliki oleh seorang jurnalis bukanlah kepintaran, melainkan komitmen dan integritas. Jurnalis bisa membuat berita dengan baik ketika komitmen dan integritasnya diarahkan kepada kepentingan rakyat.

Di lain pihak, Head of Public Relations Divisions PT Astra International Tbk, Yulian Warman mengungkapkan rasa hormatnya karena bisa terus bekerjasama dengan PWI. “Safari Jurnalistik ini masuk ke dalam program CSR pendidikan kami. Karena itulah, kami terus-menerus menyelenggarakan bersama PWI untuk meningkatkan kualitas jurnalis yang semakin baik. Kami yakin, negara yang memiliki jurnalis andal adalah ciri negara yang beradab dan maju,” tuturnya.

Hendry CH Bangun (empat kiri) bersama Yulian Warman (ketiga kiri) berfoto dengan peserta Safari Jurnalistik di Palembang

Ketua Koordinator Grup Astra Wilayah Palembang Yagimin (berdiri) menjelaskan sekilas Grup Astra saat Safari Jurnalistik

Page 44: Eksistensi Astra di GIIAS 2015

Majalah Astra Agustus 201542

PROFIL KARYAWAN

Wakil Presiden Direktur PT United Tractors Pandu Engineering

Itulah makna kemerdekaan bagi pria yang konsisten menunjukkan produktivitasnya hingga saat ini sekalipun masa baktinya bersama Astra telah melebihi seperempat

abad. Kemerdekaan baginya merupakan kombinasi dari kebebasan dan berinovasi. Inovasi ini ditujukan untuk mengembangkan potensi yang ada sehingga dapat menjadi kontribusi positif bagi diri sendiri, perusahaan dan bangsa.

Hasrat untuk terus berinovasi masih membara dalam diri pria yang lahir pada 14 Mei 1962 ini. Keinginan untuk terus menciptakan perubahan ke arah yang lebih baik, sudah ada dalam dirinya sejak masa muda. Demi mencapai cita-cita ini, Hilman Risan yang kala itu masih di bangku kuliah, tak ragu menjalani tiga kali kerja praktek di beberapa perusahaan, seperti di perusahaan perminyakan, Lembaga Penerbangan dan Antariksa

Kemerdekaan adalah kebebasan untuk mengendalikan dan mengelola potensi-potensi aset kita sehingga menjadi

kemakmuran bagi bangsa

Hilman Risan

Dalam kehidupan sehari-harinya, Hilman terus menerapkan

Filosofi Catur Dharma yang telah tertanam di dalam dirinya

Nasional (Lapan) hingga Industri Pesawat Terbang Nurtanio yang sekarang lebih dikenal dengan nama PT Dirgantara Indonesia.

Usai menyelesaikan pendidikan Teknik Mesin di Universitas Indonesia (UI) pada 1988 silam, anak ke enam dari enam bersaudara ini segera menancapkan arah kariernya di area industri yang menurutnya selalu mampu menciptakan sesuatu

Page 45: Eksistensi Astra di GIIAS 2015

Majalah Astra Agustus 2015 43

PROFIL KARYAWAN

Mendapatkan kesempatan belajar tentang perencanaan produk dan produksi di Jerman menjadi pengalaman kedua yang tak

terlupakan di mana wawasannya menjadi bertambah luas dan bermanfaat sebagai bekal untuk mengembangkan kerjasama dengan para pelanggan.

Program MaritimProgram pengembangan maritim yang saat ini sedang gencar dikerjakan oleh pemerintahan Presiden Joko Widodo, Hilman turut memberikan tanggapan, “Baru setahun belakangan pemerintah mulai fokus di sektor kelautan sedangkan kami sudah hampir enam tahun memulai bisnis maritim. Dengan adanya tiga anak perusahaan yang bergerak di bidang maritim,

yang baru. Ia memutuskan untuk bergabung dalam salah satu anak perusahaan Grup Astra, yakni PT United Tractors Pandu Engineering dan mengawali kariernya sebagai staf production engineering mulai 1 Juni 1989.

Prinsip yang tak mudah menyerah dan kegigihannya dalam bekerja membawa pengaruh baik bagi kariernya. Hanya butuh setahun bagi pria asal Sumatera Barat ini untuk mendapatkan kepercayaan sebagai seorang supervisor di departemen manufaktur.

Dua tahun kemudian, kedisiplinannya dalam bekerja kembali menunjukkan dampak baik sehingga jabatan Hilman meningkat lagi dan menjabat posisi manajer di Manufacturing, Engineering & Service Department. Dalam posisi ini, ia kemudian mengikat janji pernikahan dengan Lucy Susiana Noor, wanita berlatar belakang pendidikan hukum yang dicintainya.

Baru sebulan menikah, Hilman ditugaskan oleh perusahaan untuk pergi belajar tentang project planning di Jerman selama satu setengah tahun. Anak pertama mereka, Rifina Ramdiantri Rahisa lahir ketika Hilman masih di Jerman. Ia hanya sempat pulang ke tanah air untuk sesaat dan kembali menjalani tanggung jawabnya untuk menimba ilmu di Jerman. Inilah salah satu pengalaman hidup Hilman yang mungkin takkan pernah terlupakan.

Dalam hal pekerjaan, berbagai pengalaman berkesan juga dialaminya, salah satunya adalah ketika berhasil mendesain dan memproduksi unit produk pertamanya secara komplit di awal karier, yakni Forklift Truck.

kami turut berkontribusi dalam program ini. Tiga anak perusahaan tersebut adalah PT Patria Maritime Lines yang bergerak dalam usaha

pengoperasian kapal, PT Patria Maritim Perkasa, mengembangkan desain dan bangunan kapal, serta PT Patria Maritime Industry melakukan bisnis perbaikan kapal.”

Melalui kepemimpinannya dalam tiga anak perusahaan di atas, Hilman berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam rangka meningkatkan kemajuan teknologi di sektor maritim dan senantiasa mempelajari segala turunan bisnis potensial yang ada demi kemajuan perusahaan dan kesejahteraan bangsa sehingga bisa dikembangkan secara maksimal.

Wujud kontribusi ini dibuktikan dengan terus aktif dalam berbagai kegiatan, melalui beberapa asosiasi kelautan, seperti

Indonesia Ship Buliding and Offshore Industri Association, Indonesia National Ship-owners Association, Indonesian Oil and Gas Support Industry Association dan Indonesian Heavy Equipment Industry Association. Selain itu, Hilman juga aktif berbagi pengetahuan bersama anggota Pusat Kajian Maritim di Fakultas Teknik UI.

Dalam kesehariannya, pria kelahiran Bandung ini senantiasa menerapkan Filosofi Catur Dharma yang telah tertanam meresap di dalam dirinya, yakni menjadi milik yang bermanfaat bagi bangsa dan negara, dengan terus berinovasi dan berkontribusi secara positif.

Foto kebersamaan Hilman dan keluarga kala menikmati masa liburan

Hilman Risan bersama Direksi PT United Tractors Pandu Engineering

Page 46: Eksistensi Astra di GIIAS 2015

Majalah Astra Agustus 201544

SERBA - SERBI YAYASAN

Kiprah Bersama Sembilan Yayasan Astra

Sebagai upaya memberikan kontribusi secara nyata kepada masyarakat, Grup

Astra telah mendirikan sembilan yayasan yang berada di bawah naungan PT Astra International Tbk.

Sembilan yayasan di bawah naungan Grup Astra berjalan merangkul seluruh pemangku kepentingan Grup Astra baik dari kalangan internal maupun eksternal sebagai penerima manfaat.

Sebagian besar yayasan menjalankan aktivitas di bidang pendidikan. Bantuannya tidak hanya berupa materi, tapi juga memiliki program-program yang membedakan dengan lembaga lain yang menjalankan kegiatan di bidang pendidikan.

Kegiatan yayasan-yayasan Astra sifatnya bukanlah amal, tapi kemitraan. Artinya, bantuan tidak pernah putus setelah penyerahan pertama, melainkan terus ada pemantauan dan pembinaan yang berkelanjutan untuk mencapai tujuan bersama.

Berikut kiprah sembilan yayasan Grup Astra:

1. Yayasan Toyota dan Astra (YTA)

Yayasan ini menjadi sejarah awal Astra melakukan kegiatan CSR. Visi dan misi YTA tidak pernah berubah, yaitu turut serta dalam mencerdaskan kehidupan bangsa melalui program penyediaan bantuan dana dan pembiayaan untuk kegiatan pendidikan, riset dan pengembangan ilmu sains dan teknologi, bantuan alat peraga pendidikan dan buku-buku, terutama teknologi otomotif.

Fokus program YTA yaitu pada peningkatan kualitas pendidikan bagi pelajar sekolah dasar hingga sekolah menengah atas serta kepada staf pengajar perguruan tinggi negeri yang melakukan penelitian sebagai salah satu syarat untuk meraih gelar master dan doktor.

Sejak tahun 1974, YTA telah memberikan beasiswa kepada 92.700 siswa dari 101 universitas dan lebih dari 600 siswa SD dan SMP dari 30 provinsi di Indonesia. Selain itu, YTA juga membantu lebih dari 700 penelitian dan sekitar 60.000 buku-buku penunjang studi.

2. Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA)

William Soeryadjaya menyadari Astra membutuhkan dukungan dari pemasok komponen. Astra pun mendirikan yayasan ini pada tahun 1980 dengan mengemban misi pembinaan dan pengembangan UMKM di tanah air, sekaligus sebagai penguatan value chain usaha Astra melalui program

pemberdayaan atau income generating activities masyarakat di sekitar area operasional Astra.

Program pembinaan diberikan antara lain dibidang manajemen, teknologi, akses pasar, fasilitas pembiayaan dan teknologi informasi, dengan memaksimalkan sinergi pada jaringan value chain Astra secara terintegrasi.

Pada usianya ke-35 tahun, hingga per Juni 2015 YDBA telah membina 8.916 UMKM di bidang manufaktur, perbengkelan, agrobisnis dan kerajinan yang tersebar di seluruh Indonesia. Dari jumlah tersebut, telah tercipta 60.446 pekerjaan.

3. Yayasan Astra Bina Ilmu (YABI)

Yayasan ketiga yang didirikan Astra adalah YABI pada tahun 1995.

Semula YABI bernama Yayasan Federal Bina Ilmu yang membawahi Akademi Teknik Federal oleh PT Federal Motor yang kini bernama PT Astra Honda Motor. Seiring dengan perkembangan bisnis, Yayasan Federal Bina Ilmu berubah nama menjadi YABI dan Akademi Federal Bina Ilmu berubah menjadi Politeknik Manufaktur Astra (Polman Astra).

Kegiatannya dijalankan melalui Polman Astra, yang ditujukan untuk menjadi politeknik terbaik di Indonesia, yang menghasilkan lulusan diploma tiga di bidang otomotif, sumber daya alam, termasuk di dalamnya pengembangan pola pikir QCDI,

Page 47: Eksistensi Astra di GIIAS 2015

Majalah Astra Agustus 2015 45

Perhatian pada pendidikan di daerah pra sejahtera di Indonesia, diberikan Astra melalui YPA – MDR. Dalam penyaluran bantuan ke sekolah jenjang SD hingga SMK, YPA – MDR tidak hanya fokus pada bidang akademik dan karakter saja, melainkan juga memperhatikan bidang life skill (kecakapan hidup) dan seni budaya. YPA-MDR senantiasa melihat dan mendasarkan kepada potensi daerah setempat. Sehingga selama perjalanannya, YPA – MDR telah membangun dan membina 50 sekolah, membina 720 guru dan 11.467 murid di daerah pra sejahtera di Indonesia.

8. Yayasan Astra Agro Lestari (YAAL)

Sebagai yayasan kedelapan yang didirikan Astra pada 2010, YAAL berkomitmen untuk menjadikan sekolah-sekolah binaannya menjadi salah satu sekolah terbaik di wilayah perkebunan setempat. Hingga akhirnya, walau baru berkegiatan selama lima tahun, tercatat sudah ada 67 sekolah yang telah dibangun oleh YAAL di wilayah perkebunan PT Astra Agro Lestari Tbk.

9. Yayasan Insan Mulia Pama Persada Nusantara (PAMA)

Yayasan ini menjadi yayasan paling muda yang dimiliki Astra. Didirikan pada tahun 2014, fokusnya adalah untuk mengelola dan mengembangkan potensi infak, zakat serta shadaqah bagi kemaslahatan umat.

YAYASANASTRA AGRO LESTARI

SERBA - SERBI YAYASAN

disiplin, kebiasaan belajar dan persiapan untuk menghadapi tantangan global.

Ada tujuh bidang studi yang diselenggarakan oleh Polman Astra, yaitu tool manufacturing, manufacturing process, mechatronics, mills, automotive maintenance, heavy equipment dan informatika. Hingga kini, YABI telah meluluskan 2.505 mahasiswa di berbagai bidang yang siap bekerja dengan kualitas terbaik di Indonesia.

4. Yayasan Astra Honda Motor (YAHM)

Pada tahun yang sama, Astra juga mendirikan YAHM yang memiliki misi mendukung kehidupan masyarakat di bidang pendidikan dan sosial melalui program beasiswa bagi siswa pra sejahtera dan pembangunan fasilitas pendukung untuk institusi pendidikan, program edukasi masyarakat tentang keselamatan di jalan, program pelestarian lingkungan hidup serta kegiatan amal untuk berbagai aktivitas sosial budaya termasuk bencana alam.

YAHM yang telah memberikan 7.086 beasiswa untuk siswa kurang mampu ini, didirikan dengan tujuan menjadi organisasi sosial yang mandiri dengan misi mendukung kehidupan masyarakat di bidang pendidikan dan sosial, melalui pemberian beasiswa, pendidikan keselamatan berkendara, program lingkungan hidup serta pengembangan masyarakat.

5. Yayasan Amaliah Astra (YAA)

Selang enam tahun dari YAHM, YAA didirikan pada 2001. Visinya adalah membangun intellectual quotient (IQ), emotional quotient (EQ) dan spiritual quotient (SQ) melalui kegiatan di bidang sosial keagamaan sejak didirikan pada 2001. Melalui Masjid Astra, YAA mengadakan aktivitas perayaan keagamaan dan Cerdas Cermat Islami Astra dalam Astra Gema Islami yang berfungsi mempererat solidaritas sesama umat muslim dan meningkatkan pengetahuan agama Islam.

Tercatat YAA telah memberikan 9.216 beasiswa di sekitar wilayah Grup Astra hingga tahun lalu.

6. Yayasan Karya Bakti United Tractors (YKB UT)

Yayasan ini bisa dikatakan belum terlalu lama melakukan kegiatan sosialnya karena YKB UT baru didirikan pada tahun 2008. Yayasan ini memiliki visi menjadi lembaga pendidikan keterampilan mekanik dan operator alat-alat berat terbaik di dunia. Melalui UT School, yayasan ini menjadi wadah pelaksanaan program pendidikan yang secara intensif menyiapkan operator dan mekanik alat berat yang profesional dan terampil sesuai dengan persyaratan internasional.

Pada tahun keenam perjalanannya, YKB UT melalui UT School telah memiliki jaringan di 19 daerah di seluruh Indonesia dan telah meluluskan 7.242 lulusan.

7. Yayasan Pendidikan Astra – Michael D Ruslim (YPA-MDR)

Page 48: Eksistensi Astra di GIIAS 2015

Majalah Astra Agustus 201546

LINGSOS

mengambil tema “Aku Generasi Berprestasi”, Koperasi Astra pada 22 Agustus lalu kembali menyelenggarakan

penyerahan beasiswa di Ocean Ecopark Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta. Ini merupakan pemberian beasiswa Koperasi Astra yang ke-15. Hingga tahun ini, Koperasi Astra sudah memberikan beasiswa sebesar Rp 33,9 miliar untuk 23.204 siswa yang merupakan putra-putri karyawan Astra di seluruh Indonesia.

Penyerahan beasiswa itu dilaksanakan oleh Pengawas Koperasi Astra International Aloysius Budi Santoso dan Herawati Prasetyo serta Ketua Umum Pengurus Koperasi Astra International Pongki Pamungkas kepada perwakilan penerima beasiswa dari setiap tingkat pendidikan. Acara ini juga turut dihadiri oleh eksekutif Grup Astra, pengurus dan pengawas Koperasi Astra International serta para penerima beasiswa di wilayah Jabodetabek dan para orang tua siswa.

“Ada peningkatan sebesar 9,3% untuk penerima beasiswa pada tahun ini dari 3.000 siswa pada tahun lalu menjadi 3.280 siswa. Selain itu, jumlah dana

beasiswa yang disalurkan tahun ini juga meningkat 13,5% menjadi Rp 5,3 miliar dari Rp 4,7 miliar pada tahun lalu,” ujar Ketua Umum Pengurus Koperasi Astra International Pongki Pamungkas.

Mengukir Prestasi Bagi para penerimanya, beasiswa Koperasi Astra telah membantu memberikan peluang untuk meraih cita-cita. “Beasiswa ini memacu kami untuk selalu mengukir prestasi di bidang akademik maupun non akademik. Saya mengucapkan terima kasih, semoga Koperasi Astra senantiasa dapat terus menyalurkan bantuan terhadap anak-anak Indonesia yang berprestasi,” ujar Dwi Putranto, mahasiswa semester V Fakultas Teknik, Universitas Indonesia, salah satu penerima beasiswa.

Fauziyah Nur Hasanah, siswa kelas 5 (lima) SD Puri Artha Karawang, pun mengungkapkan rasa harunya. “Terima kasih Koperasi Astra, saya menjadi

lebih semangat belajar karena mendapat beasiswa dari Koperasi Astra,” Selain prestasi akademik yang memuaskan, para penerima beasiswa Koperasi Astra juga mencetak prestasi non akademik yang cukup membanggakan. Salah satunya, Ilyasa Ridwan Ma’ruf, siswa kelas XII SMAN 2 Tangerang Selatan yang menjadi juara dua lomba lari estafet se-Jabodetabek tingkat SMA pada 2014.

Beasiswa Koperasi Astra merupakan salah satu program kesejahteraan koperasi bagi anggotanya. Beasiswa ini diberikan kepada anak-anak anggota Koperasi Astra International yang duduk di bangku SD, SMP, SMU, Akademi/Perguruan Tinggi untuk satu tahun ajaran 2015 - 2016.

Pada prinsipnya, di mana pun instalasi Astra berada, harus memberikan manfaat bagi lingkungan sekitarnya, sesuai dengan butir pertama filosofi Catur Dharma, yaitu “Menjadi Milik yang Bermanfaat bagi Bangsa dan Negara.”

Koperasi Astra Salurkan Beasiswa Senilai Rp 33,9 Miliar

Pengawas Koperasi Astra International Herawati Prasetyo (ketiga dari kiri) menyerahkan beasiswa Koperasi Astra International kepada salah satu penerima beasiswa dari tingkat SMA didampingi oleh Pengawas Koperasi Astra International Aloysius Budi Santoso (kedua kiri) dan Ketua Umum Pengurus Koperasi Astra International Pongki Pamungkas (kiri)

Pemberian beasiswa dari tahun ke tahun

Beasiswa dari Koperasi Astra

5,338

3.280

4,705

3.000

4,466

2.720

3,995

2.548

3,396

2.296

2011

1.000

--

2.000

3.000

4.000

5.000

6.000 4.000

3.200

2.400

1.600

800

Rp Juta Anak

Jumlah PenerimaDana Pencairan

2012 2013 2014 2015

Foto bersama para penerima beasiswa dengan seluruh Pengawas & Pengurus KAI, Direksi dan Eksekutif grup Astra

Page 49: Eksistensi Astra di GIIAS 2015

Majalah Astra Agustus 2015 47

LINGSOS

menjelang Hari Raya Idul Fitri 1436 H, PT Astra International Tbk mempunyai serangkaian kegiatan

CSR yang dilaksanakan untuk masyarakat di wilayah binaan yang tersebar di sembilan wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.

Kegiatan serupa juga dilakukan di wilayah Kampung Tanaman Pangan Lestari yang terletak di area Pekayon, Bekasi. Setelah selesai sholat Jumat pada 10 Juli 2015, warga berkumpul di kantor Majlis Taklim Masjid Darussalam, Pondok Pekayon Indah. Siang itu, akan diadakan pembagian paket sembako dan santunan anak yatim kepada warga yang membutuhkan.

Paket Lebaran untuk Warga KBA & Rumah Singgah Harapan

Pembagian paket sembako hari itu berjalan tertib dan lancar, warga menerima paket dengan suka cita.Beberapa hari sebelumnya tim KBA – Bekasi sudah membuat daftar keluarga yang membutuhkan untuk mendapatkan paket sembako tersebut dan memberikan kupon penanda kepada keluarga yang terdaftar. Pada hari pelaksanaan, kupon tersebut akan ditukarkan dengan paket sembako. Selain paket sembako, dibagikan juga dana santunan kepada 20 anak yatim serta penyampaian dana Beasiswa Lestari Astra kepada tiga anak yang sudah lolos seleksi.

Pada hari yang sama paket sembako juga disampaikan kepada

Simbolisasi Pemberian Paket Santunan kepada Warga

tim Rumah Singgah “Harapan”, Tebet, Jakarta Selatan dan kepada warga di wilayah Jakarta Timur, tim pengelolaan sampah terpadu, Kelompok Swadaya Masyarakat – Kamboja yang berada di Kelurahan Kebon Pala, Kecamatan Makassar, Jakarta Timur.

Page 50: Eksistensi Astra di GIIAS 2015

Majalah Astra Agustus 201548

LINGSOS

Komitmen PT Astra Honda Motor (AHM) dalam mengembangkan dan meningkatkan mutu SMK mendapatkan

apresiasi dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. AHM dinilai turut berpartisipasi untuk memperbaiki

kualitas pendidikan SMK sekaligus menyerap tenaga kerja di wilayah tersebut.

Ganjar Pranowo menyerahkan penghargaan tersebut kepada Deputy Head of Corporate Communications AHM, Ahmad

Gubernur Jateng Apresiasi AHM Kembangkan SMKMuhibbuddin pada acara Expo Produk dan Job Fair SMK 2015 di SMA Taruna Nusantara Magelang. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Anis Baswedan turut hadir dalam acara tersebut.

Ganjar Pranowo menyatakan, Jawa Tengah merupakan salah satu provinsi pemasok tenaga kerja SMK terbesar di Indonesia. Peningkatan kompetensi akan memacu SDM untuk memiliki daya saing. Untuk itu, Ganjar menegaskan perlunya sinergi antara ABG, yaitu akademisi, pebisnis dan pemerintah.

Muhibbudin menyatakan, AHM memberi perhatian besar dalam pengembangan implementasi program link and match antara dunia pendidikan dan industri. Program dikembangkan melalui SMK KTSM Honda yang berjumlah 344 tersebar di Indonesia. Di Jawa Tengah sendiri terdapat 26 SMK binaan Honda.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menyerahkan penghargaan kepada Deputy Head of Corporate Communication AHM, Ahmad Muhibbuddin atas partisipasi AHM dalam Pengembangan dan Peningkatan Mutu SMK di Jawa Tengah

Dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional, PermataBank mengadakan serangkaian acara yang sarat dengan

peningkatan pendidikan bagi anak untuk meningkatkan literasi finansial sejak dini, di antaranya pelatihan Permata Bankir Cilik dan Parenting Talkshow dengan topik “Pentingnya Bermain Sambil Belajar Bagi Perkembangan Anak” bersama Vera Itabiliana dan Novita Anggie.

“Bermain itu penting bagi proses belajar karena memungkinkan terjadinya whole-brain learning [otak kiri dan kanan] serta mengembangkan pemikiran abstrak anak,” tutur Vera.

Direktur Retail Banking PermataBank Bianto Surodjo menjelaskan,

Permata Bankir Cilik dirancang untuk mendongkrak tingkat literasi anak-anak Sekolah Dasar melalui program pelatihan untuk menjadi Duta Menabung di setiap sekolahnya.

“Dengan menggunakan metode belajar sambil bermain, para relawan PermataBank siap untuk berbagi ilmu melalui serangkaian modul permainan edukatif, seperti Bintang

Permata Bankir Cilik Tingkatkan Literasi Finansial dengan Bermain

PermataEdugame, ular tangga si Bintang dan buku cerita si Bintang,” ujar Bianto.

Acara ini melibatkan 40 siswa-siswi yang akan berperan sebagai Duta Menabung. Mereka berasal dari delapan SD yang berada di lingkungan sekitar PermataBank Jakarta, seperti Karet, Kuningan, Menteng dan Pondok Aren.

Penyerahan modul literasi keuangan kepada perwakilan peserta Permata Bankir Cilik yang dilakukan secara simbolis oleh (Ki-Ka) : Leila Djafaar - EVP Head Corporate Affairs PermataBank Irene Heniwati, Asisten Direktur Program Elektronifikasi dan Keuangan Inklusif Bank Indonesia Vera Itabiliana Hadiwidjojo

Page 51: Eksistensi Astra di GIIAS 2015

Majalah Astra Agustus 2015 49

LINGSOS

Genap berusia 33 tahun pada 15 Juli 2015, Astra Credit Companies (ACC) merayakan dengan serangkaian kegiatan

corporate social responsibility (CSR). “Misi kami adalah To Promote Credit for A Better Living,” tutur Chief Executive Officer ACC Jodjana Jody.

Dihadiri oleh Chief Operation Officer ACC Anton Rusli dan Chief Human Capital & General Affair Officer Siswadi, kegiatan sosial dimulai pada 3 Juli, bertepatan dengan Acara Puncak Ramadan di Kantor Pusat ACC di TB Simatupang, yang mengundang 330 anak yatim dan duafa untuk berbuka bersama dan diberi bantuan perlengkapan sekolah. Pada acara ini, ACC memberikan bantuan untuk pembangunan Pesantren Al Azka di Cisauk Tangerang dan peralatan sekolah untuk SMK Mandiri.

Tak cuma itu. ACC mengadakan pengobatan gratis di tiga kota, yaitu Sukabumi, Tasikmalaya dan Cirebon bekerjasama dengan Rumah Zakat. Acara pengobatan gratis dimulai di Sukabumi pada 9 Juli, di Tasikmalaya pada keesokan harinya, dan di Cirebon pada 11 Juli. Masyarakat tampak antusias, terlihat dari total penerima manfaat yang melebihi target 330

HUT Ke-33 ACC for A Better Living

orang. Para peserta juga mendapatkan bantuan bahan makanan dan kebutuhan pokok.

Sebagai penutup, ACC berbagi makanan buka puasa untuk Polsek Kedawung, beberapa LSM di Cirebon dan masyarakat sekitar. Selamat Ulang Tahun ACC, ACC Tetap Jaya!

ACC Berbagi Bantuan Pembangunan Pesantren Al Azka Cisauk

ACC Berbagi Pengobatan Gratis di ACC Cirebon

menjelang arus mudik lebaran 1436 H, badan usaha jalan tol Tangerang-Merak MMS melakukan serangkaian persiapan

dan koordinasi dengan pihak-pihak terkait.

Setelah berkunjung ke PT ASDP Merak di bulan Juni lalu, pada Jumat (10/7) MMS menyelenggarakan media gathering sosialisasi lebaran dan kampanye keselamatan untuk mewujudkan mudik lancar, aman dan nyaman di tol Tangerang-Merak.

Dalam acara bertajuk Cerdas dan Aman Berkendara, Demi Keselamatan Bersama tersebut, Kepala Kepolisian Daerah Banten Boy Rafli Amar mengungkapkan pentingnya kesadaran aman berlalu lintas. Kepolisian membentuk Formula Satu (Forum Komunikasi Masalah Lalu Lintas yang Sopan, Aman, Tertib,dan Patuh) serta kurikulum aman berlalu lintas dalam pelajaran SD. Ia mengungkapkan,

kesiapan MMS menyambut mudik lebaran semakin baik dari waktu ke waktu. Acara ini dihadiri pula oleh Manajer Operasional PT ASDP Merak Nana Sutisna, Direktur Lalu Lintas Polda Banten Rudi Antariksawan, Humas NTMC Korlantas POLRI AKBP Subono, rekan-rekan media, serta Metropolitan Expressway Company Limited (MEX) Jepang.

MMS & MEX Sosialiasikan Kesadaran Tertib BerlalulintasNaoto Mashiko, perwakilan MEX yang datang dari Jepang khusus menghadiri Kampanye Keselamatan MMS, mengungkapkan dukungannya terhadap acara ini.

Acara disemarakkan dengan kehadiran Polisi Cilik binaan Polres Pandeglang serta parodi tips enam langkah aman berlalu lintas dan peragaan lagu Aman Berlalu Lintas oleh Tim Patroli.

Peserta Kampanye Keselamatan berfoto bersama

Page 52: Eksistensi Astra di GIIAS 2015

Majalah Astra Agustus 201550

SOLUSI

Show the love through your work! Kalimat ini sederhana dan mudah dilafalkan, tetapi agak sulit diterapkan. Bagaimana

cara menyatukan cinta dan kerja agar keduanya dapat kita laksanakan seimbang dalam kehidupan kita?Hal utama yang bisa menumbuhkan cinta dalam pekerjaan, yakni keikhlasan, kesungguhan dan kebahagiaan. Kita bisa pelajari hal ini dari film: Patch Adams dan Jiro Dream of Sushi. Kedua film ini memperlihatkan bukti bahwa mimpi, kecintaan dan memaknai pentingnya peran kita dalam suatu pekerjaan dapat berdampak positif bagi diri kita sendiri dan orang lain.

“If you treat a disease: You win or you lose. But when you treat a person: I guarantee you win – no matter the outcome,” ungkap film Patch Adams. Banyak inspirasi yang kita peroleh dengan menonton film Patch Adams.

Di dalam film tersebut, kita dapat mempelajari kegigihan seseorang yang memiliki impian menjadi dokter karena bisa melayani dan menghibur pasien guna meningkatkan kualitas hidup dari orang tersebut. Orang yang sakit mempunyai hak untuk didengar, tersenyum dan sembuh. Kebahagiaan diyakini sebagai obat terbaik untuk pasien, selalu berpikir positif dan optimistis serta senantiasa memengaruhi orang lain untuk memiliki keyakinan terhadap hidup.

Berpikir out of the box, memiliki keberanian serta memiliki pemikiran besar akan menimbulkan kreativitas tanpa batas guna memperoleh solusi terbaik. Dengan keyakinan dan kesungguhan, Patch Adams pun berani membuktikan bahwa peraturan baku dalam dunia kedokteran tidaklah selalu efektif dalam proses penyembuhan pasien. Membantu orang lain adalah kebahagiaan

My Job Matters, Making Work Meaningfulterbesar yang dirasakan Patch Adams. Dengan memberikan kebahagiaan kepada setiap orang, diyakini adalah obat paling mujarab dari semua penyakit.

Selain Patch Adams, ada Jiro Ono, si pembuat sushi terenak di Jepang, bahkan diakui kelezatannya seantero dunia. Untuk menikmati sushi di restoran ini, reservasinya bisa sampai tiga bulan sebelumnya. Yang makan di sana adalah orang-orang terkenal di dunia, termasuk Presiden Amerika Serikat Barrack Obama, khusus menyempatkan makan sushi di tempat ini.

Jiro Ono telah mendedikasikan hidupnya selama berpuluh-puluh tahun untuk membuat sushi terlezat di dunia.

Selain budaya Jepang yang memiliki etos kerja yang tinggi, Jiro sangat memperhatikan detail dan kualitas. Perfectionist serta memiliki standar sangat tinggi yang menjadikan sushi Jiro memiliki citarasa mengagumkan. Dia pun percaya ada faktor lain yang menyebabkan sushinya rasanya jauh lebih enak, yakni disiplin, kerapihan dan juga kebersihan.

Ada resep sukses yang dipercaya oleh Jiro, yaitu “Once you decide on your occupation, you must immerse yourself in your work. You have to fall in love with your work. Never complain about your job. You must dedicate your life to mastering your skill.”

Sungguh kecintaan terhadap pekerjaannya merupakan kunci utama kesuksesan Jiro. Begitu cintanya dia membuat sushi sampai-sampai dia benci hari libur. Budaya seperti ini di Jepang bernama ‘Shokunin’, yakni

melakukan hal yang sama setiap hari, kerja tanpa henti dan selalu ingin bekerja setiap saat. Kali ini kita bisa mendapat pelajaran tentang apa itu cinta terhadap pekerjaan.

Kerja keras dan ketekunan yang dilakukan terus-menerus oleh Jiro jelas membuahkan hasil di atas espektasi pelanggan dan pecinta sushi, bahkan melebihi espektasi Jiro. Tidak pernah puas plus pentingnya grand vision dalam melakukan pekerjaan merupakan kunci keberhasilannya.

Akhirnya kita bisa memetik pelajaran berharga dari orang-orang hebat di atas adalah melakukan pekerjaan harus dengan hati (cinta), sungguh-sungguh dan ikhlas. Kita harus mengetahui passion dan purpose kita. Selain itu, kita harus melakukan yang terbaik dalam segala hal, disiplin, inovatif dan kreatif untuk menghasilkan sesuatu yang beyond the box. Saya percaya kita Insan Astra memiliki semangat yang sama, bahkan dapat melebihi apa yang dilakukan Patch Adams dan Jiro Ono.

Karnanda KurniardhiCorporate Communications PT Astra International Tbk & Ketua Ikasi

Page 53: Eksistensi Astra di GIIAS 2015

Majalah Astra Agustus 2015 51

PROFIL PERUSAHAAN

Kenyamanan dan rasa aman adalah keutamaan yang menjadi pusat perhatian seseorang ketika memilih transportasi untuk

berpergian. Pada dasarnya, setiap pemakai jasa transportasi umum menginginkan perjalanan yang mulus dan berkesan. Melihat begitu banyak pilihan transportasi yang memiliki berbagai tawaran menarik, masyarakat tentu menjadi semakin selektif dalam memilih. Keselektifan inilah yang memicu perlombaan menjadi semakin ketat antar-armada, baik laut, darat maupun udara, terutama di kota-kota besar yang penuh dengan kesibukan.

Dengan menyadari keterkaitan atas dua hal di atas, armada transportasi yang cerdas dituntut untuk menciptakan diversifikasi unggul sehingga para pemakai jasa mudah mengingat jati diri perusahaan dan pada akhirnya dapat terpilih sebagai kendaraan yang terpercaya. Diversifikasi inilah yang membuat O-RENZ Taxi tampil sebagai armada transportasi darat terkenal dan tepercaya, terutama di seluruh pelosok Kota Surabaya.

Perusahaan ini berdiri pada 2005 di bawah naungan PT Serasi Transportasi Nusantara, anak perusahaan PT Serasi Autoraya yang merupakan keluarga besar Grup Astra. O-RENZ

Diversifikasi Unggul Transportasi Masa KiniO-RENZ TAKSI

O-RENZ TaxiGrha O-RENZJl. Wonorejo Timur no 99SurabayaT.031-8711818F.031-8766969Reservasi 24 Jam 031-2981999

Informasi lebih lanjut:

Taxi memulai usahanya dengan 337 unit Limo berwarna oranye cerah dan berlokasi di Wonorejo Timur, Surabaya. Seiring perkembangan, kini penyedia jasa taksi ini telah mengoperasikan 1.100 unit dengan jumlah pengemudi aktif sebanyak 1.800 orang di empat pul

dan 70 titik pangkalan taksi yang juga tersebar di Sidoarjo dan Gresik.

O-RENZ Taxi berdiri untuk menjawab kebutuhan pelanggan melalui layanan taksi argometer yang bisa memberikan nilai lebih dengan pengalaman berbeda dibanding usaha sejenis melalui berbagai acara dan program promosi dengan tetap bertumpu pada lima hal dasar, yaitu keamanan, kenyamanan, kemudahan, kecepatan layanan dan pembayaran yang sewajarnya.

Setiap armadanya melayani dengan penuh kepedulian, memberikan rasa aman dan nyaman melalui penyediaan unit berkondisi prima dan penciptaan

Comfort Zone Inside (Cozy) serta senantiasa memberikan jaminan pengemudi yang beretika dengan berfokus pada kebutuhan pelanggan.

Demi mengembangkan layanan pengemudi, perusahaan kerap menyelenggarakan beberapa jenis pelatihan, seperti basic training, refreshment training outdoor (dengan masa kerja lebih dari satu tahun), refreshment training layanan (bagi mereka yang terkena keluhan pelanggan), coffee morning (ajang komunikasi dua arah antara pengemudi dan manajemen) serta sidak pangkalan.

Selama 10 tahun beroperasi, O-RENZ Taxi kerap membina relasi dan arus komunikasi dengan 800.000 pelanggannya melalui program-program pelanggan setia yang dikenal dengan sebutan, SAHABAT O-RENZ. Demi mempermudah akses pelanggan dan memaksimalkan kualitas pelayanan, perusahaan bahkan mengubah akses reservasinya dan sistemnya dari analog ke digital pada awal tahun ini sehingga kapasitas telepon masuk dari pelanggan semakin meluas terutama pada jam-jam sibuk. Segala kemudahan ini menghasilkan diversifikasi unggulan yang membuat pengalaman naik taksi bersama O-RENZ Taxi menjadi berkesan.

Page 54: Eksistensi Astra di GIIAS 2015

Majalah Astra Agustus 201552

REHAT

Jam kerja yang lebih lama membuat anda semakin berisiko mengalami depresi. Jika bekerja lebih dari 11 jam per hari, dua kali

lipat kemungkinan terkena depresi dibandingkan dengan karyawan yang bekerja selama 7-8 jam per hari.

Meskipun kerja lembur sesekali dapat berguna bagi pekerja dalam hal karier dan kehidupan sosial di kantor, tetapi perlu diingat, terlalu lama bekerja sangat erat dengan peningkatan depresi.

Untuk menjaga kesehatan mental, disarankan untuk menjaga keseimbangan waktu kerja, kehidupan dan rileks, serta belajar untuk beristirahat. Berikut beberapa tips untuk mengurangi tekanan depresi:

Matikan alat komunikasi untuk sementara waktuKetika tiba di rumah, cobalah untuk mematikan sementara semua peralatan elektronik yang terkait dengan pekerjaan. Biasakan untuk tidak membawa pulang pekerjaan ke rumah, jadi disarankan untuk menyelesaikan tugas di kantor.

Hidupkan sedikit musikMendengarkan musik favorit dapat meningkatkan kadar dopamin di otak, efek musik dengan memainkan lagu favorit dapat membantu mengurangi gejala depresi.

Sosialisasi dalam hal kebaikanMisalnya membuat kopi untuk rekan kerja. Mungkin tampak seperti tindakan sepele, tetapi hal tersebut dapat menjadi penguat suasana hati.

Mengatur waktu istirahatKetika bekerja, jangan lupa untuk beristirahat. Cobalah untuk berdiri dari meja sesekali setiap jam untuk peregangan. Cobalah untuk berjalan, mengambil minum, membuat kopi, atau bergerak menjauh dari meja. Tidak hanya baik untuk sirkulasi darah, tetapi juga memberikan waktu istirahat untuk mata dari menatap komputer. Jadi, bahkan saat makan siang, cobalah untuk makan di luar kantor.

Berolahraga secara teraturLatihan sebanyak 30 menit 5 kali per minggu dapat menenangkan ketegangan otot dan mencegah efek negatif pada tubuh dengan menstimulasi hormon pembuat kenyamanan dari otak. Hal ini juga dapat mengurangi depresi hingga 50%.

Ambil waktu liburanSesekali liburan dapat mengurai tuntutan sehari-hari. Meskipun hanya berlibur untuk sementara waktu, sangat membantu untuk memulihkan tenaga.

Terhindar dari Depresi

Dipersembahkan oleh: Corporate Information Systems & Technology PT Astra Internatoinal Tbk

Langkah Tepat Agar Terhindar dari Depresi

Hati –Hati, Ada Penyusup

masih seputar malware atau virus komputer. Kali ini kita akan membahas mengenai malware jenis Trojan bernama

Dromedan. Dampak jika komputer Anda terkena adalah malware ini akan mengunduh malware lainnya pada komputer yang terinfeksi dan akan

melakukan pencurian informasi dari komputer korban, seperti zini juga dilengkapi dengan fungsi remote control yang membuat hacker dapat melakukan aktivitas apa saja pada komputer korban dari jarak jauh.

Bagaimana agar komputer Anda tidak terkena malware ini? Berikut tipsnya:

1. Gunakan password yang kompleks pada file, komputer, akun sosial media dan akun Anda lainnya, seperti minimum terdiri dari 8 karakter dan menggunakan setidaknya 1 huruf kecil (a-z), 1 huruf capital (A-Z), 1 angka (1-9), dan 1 karakter spesial seperti:

Hati –Hati, Ada Penyusup di Komputer Anda !@#$%^&.2. Menonaktifkan fitur autoplay ketika Anda mengakses removable drive seperti USB, eksternal hardisk dan lain-lain.3. Gunakan antivirus yang up to date dan selalu men-scan terlebih dahulu sebelum membuka data Anda.4. Hanya mengakses file sharing ketika Anda benar-benar harus mengakses dan berikan password yang komplek pada file sharing.5. Hati-hati jika membuka lampiran dengan file yang dicurigai memilliki virus seperti .vbs, .bat, .exe, .pif dan file scr.6. Pastikan Anda mengakses situs yang benar.

Page 55: Eksistensi Astra di GIIAS 2015

Majalah Astra Agustus 2015 53

Tabungan Berjangka

REHAT

Manfaat Menabung dengan Tabungan Berjangka

Pada saat kita menerima gaji atau penghasilan setiap bulan, hal pertama yang seharusnya kita lakukan adalah menyisihkan sebagian uang kita untuk

ditabung. Memiliki tabungan itu sangat penting, terutama bagi kita yang memiliki target keuangan pada masa depan, baik untuk rencana pendidikan buah hati, rencana berlibur bersama keluarga atau teman-teman tercinta, rencana membeli properti dan lain sebagainya. Namun pada praktiknya, hal ini sangat sulit untuk diwujudkan.

Permasalahan utama dari menabung yang seringkali terjadi adalah sulitnya untuk mendisiplinkan diri kita agar dapat menyisihkan sebagian uang kita untuk ditabung. Terkadang sengaja atau tidak, uang tersebut kita pakai untuk kesenangan pribadi yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan.

Jika kita mau menabung tetapi sulit untuk disiplin dalam menyisihkan uang, kita bisa menggunakan produk perbankan yang bernama tabungan berjangka atau biasa disebut tabungan rencana.Tabungan berjangka adalah jenis produk tabungan di mana nasabah harus menentukan besar nilai yang akan ditabung per bulan dan jangka waktu menabung yang diinginkan sesuai dengan kebutuhan nasabah. Dengan menggunakan tabungan berjangka, dana setoran bulanan akan secara otomatis diambil dari rekening kita yang lainnya (sebagai rekening sumber

dana, misalnya rekening penggajian) setiap bulan sesuai tanggal yang telah kita tetapkan untuk dipindahkan ke rekening tabungan berjangka.

Tabungan berjangka cukup berbeda dengan dengan tabungan biasa karena uang yang kita tabung per bulan tidak dapat diambil sewaktu-waktu.

Dengan menabung pada tabungan berjangka, kita akan mendapatkan sejumlah keuntungan yang tidak bisa kita dapatkan pada tabungan biasa. Berikut beberapa keuntungan, dengan menabung di tabungan berjangka:

1. Menjadi Disiplin MenabungSebelum membuka tabungan berjangka, kita akan menentukan terlebih dahulu jumlah setoran bulanan yang akan disetorkan ke tabungan berjangka serta berapa lama jangka waktu menabung yang kita butuhkan.Setiap bulan, sistem bank yang akan melakukan pemindahbukuan uang kita seperti yang telah kita sepakati sebelumnya, jadi secara tidak langsung kita dipaksa untuk berdisplin setiap bulannya untuk menyisihkan sebagian uang kita, jadi urusan menabung menjadi lebih mudah.

2. Suku Bunga Lebih Tinggi dari Suku Bunga Tabungan BiasaTabungan berjangka juga menawarkan suku bunga yang lebih tinggi dari tabungan biasa. Dengan suku bunga lebih tinggi, maka uang kita akan berkembang lebih cepat.

3. Mendapatkan Perlindungan Asuransi JiwaKetika kita membuka tabungan berjangka, biasanya dilengkapi dengan fasilitas perlindungan asuransi jiwa. Mengenai biaya premi atas asuransi jiwa, tergantung dari tiap-tiap bank, ada yang memberikan secara gratis dan ada yang preminya

dibayar oleh nasabah sendiri. Manfaat dari asuransi ini adalah untuk menjamin bahwa tujuan menabung yang telah nasabah rencanakan sebelumnya dapat tetap diwujudkan, walaupun terjadi risiko atas diri nasabah.

4. Dana Pada Tabungan TerjaminSama dengan produk simpanan lainnya di bank, dana pada tabungan berjangka juga dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), sehingga jika sewaktu-waktu bank mengalami kebangkrutan atau dilikuidasi, maka dana nasabah akan dijamin oleh LPS sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Memiliki kedisiplinan dalam menyisihkan uang untuk ditabung adalah kunci utama dari kesuksesan menabung. Keinginan untuk memiliki banyak uang di tabungan tidak akan tercapai jika kita tidak disiplin. Jadi, dari sekarang, kuatkan komitmen kita untuk berdisiplin dalam menabung.

Memahami adanya kebutuhan penting ini, PermataBank telah menyediakan produk tabungan berjangka yang dapat Anda jadikan salah satu pilihan bijak untuk mulai berdisiplin dalam menabung, yaitu produk tabungan PermataProteksi Masa Depan (PPMD).

Dengan penawaran suku bunga spesial hingga 6% per tahun dan perlindungan asuransi jiwa gratis dengan total uang pertanggungan sebesar Rp 500 juta per nasabah, Anda dapat mewujudkan apa pun rencana masa depan Anda bersama keluarga tercinta. Atau dapatkan cashback hingga Rp 25 juta tanpa diundi, cukup dengan mengikuti program PPMD Promo Berhadiah Langsung sesuai ketentuan yang berlaku.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai produk tabungan PPMD, segera kunjungi Cabang PermataBank terdekat atau hubungi petugas PermataTel di 1500111.

Jika ada pertanyaan lebih lanjut dapat menghubungi [email protected] dengan mencantumkan nama, alamat kantor dan nomor HP

Dipersembahkan oleh:

Page 56: Eksistensi Astra di GIIAS 2015

Majalah Astra Agustus 201554

ULASAN

Judul : Everest (3D)Pemain : Jason Clarke, Josh Brolin, John hawkes, Keira Knightley, Robin Wright, Emily WatsonProduksi : Universal PicturesGenre : Petualangan, drama, thrillerRating : Remaja

Film ini menceritakan proses penyelamatan mengerikan oleh sesama

pendaki gunung yang harus memasuki zona bahaya mistis pada ketinggian

tertinggi Gunung Everest dengan kapasitas oksigen yang menipis.

Perjuangan mereka melawan gunung es yang jatuh, melalui jurang dengan

gemetar, menaiki puncak berbahaya dengan tebing yang menjulang akan

memicu degupan jantung Anda ketika menonton film ini. Kisah persahabatan

dan kerja sama ini disajikan dengan suasana seru dan menegangkan.

MOVIE MUSIK

Artis : The Fly Feat. Rio DewantoSingel : Indah Pada WaktunyaProduksi : Universal music Indonesia

“Berjuanglah, berlarilah… jangan cepat menyerah jalani hidup, semua

akan indah pada waktunya…” Syair lagu ini berupaya menebarkan

pesan positif bagi para pendengarnya yang mulai putus asa dan hampir

menyerah agar kita tetap bersemangat dalam setiap proses hidup yang

harus dijalani. Gairah semangat dalam teks lagu ini dilantunkan dengan

latar belakang musik pop yang bertempo cepat dan tetap nyaman di

telinga.

Lagu inspiratif hasil kolaborasi dari Rio Dewanto dan grup band The Fly ini

menawarkan suasana musik penuh semangat yang mampu memulihkan

keletihan Anda selama bekerja.

BUKU

Judul : DoverOleh : Gustaaf PeekPenerbit : PT Gramedia Pustaka UtamaISBN : 978-602-03-1622-2

Buku misteri ini menawarkan suasana mencekam di tengah bisnis

perdagangan manusia termasuk prostitusi. Mr.Chow, salah satu

dalang bisnis gelap ini berhasil menutupi usahanya dengan menjadi

pemilik restoran Cina di Belanda. Ia melibatkan Toni, tukang masak di

dapur restorannya sebagai supir dalam berbagai aksi kejahatannya. Toni

merupakan menjadi salah satu korban kerusuhan Mei 1998 yang terpaksa

menyelamatkan diri ke negeri lain untuk menghindari amukan massa saat

itu.

Cerita ini menggambarkan sulitnya bertahan hidup di negara asing sebagai

imigran gelap. Setiap peran yang dideskripsikan dalam buku ini memiliki

cerita hidupnya masing-masing. Semua berjuang untuk menemukan tujuan

yang sama, yaitu negara terakhir tempat mereka bisa tenang menetap.

Judul : Good To GreatOleh : Jim CollinsPenerbit : PT Gramedia Pustaka UtamaISBN : 978-602-03-0443-4

Bagaimana bisa suatu perusahaan dengan sejarah panjang sebagai

bukan perusahaan istimewa mentransformasikan dirinya menjadi

sebuah perusahaan yang mengalahkan beberapa dari organisasi

bermanajemen terbaik di dunia, merupakan pertanyaan besar yang

melatarbelakangi kemunculan buku ini.

Temuan-temuan dari studi ini mencakup pola kemimpinan untuk

mencapai kejayaan, konsep landak yang memampukan Anda

melampaui kutukan kompetensi, budaya disiplin dan peran teknologi.

Hasil penelitian ilmiah tentang pola merubah diri perusahaan

dari bagus ke hebat, dijabarkan dengan pemakaian bahasa yang

sederhana dan mudah dipahami.

BUKU

Page 57: Eksistensi Astra di GIIAS 2015

55

ALAN-JALANJ

DAPATKAN INFORMASI MENARIK MENGENAI TEMPAT-TEMPAT MENAKJUBKAN DI DUNIA DAN BERAGAM KEBUDAYAAN UNIK DI MAJALAH NATIONAL GEOGRAPHIC TRAVELER & WWW.NGI.CC/TRAVEL

Majalah Astra

Menyesap Harmoni Sawai

Wisatawan berenang di laut jernih dengan terumbu karang nan cantik menghiasi dasar laut di Ora. Pantai ini dapat ditempuh sekitar lima menit dari Sawai memakai longboat. Ora Beach Resort menjadi salah satu pilihan menginap jika mengunjungi pantai ini.

“Selamat Datang di Taman Nasional Manusela”. Manusela populer sebagai tempat pengamatan burung. Yang juga terkenal dari tempat ini adalah Gunung Binaiya yang berketinggian 3.055 meter dari permukaan laut.

Mobil menanjaki sebuah bukit kecil saat matahari hampir terbenam. Akhirnya kami sampai di Lisar Bahari. Resor ini terletak di ujung desa, terbuat dari kayu dan dibangun di atas laut dangkal. Posisinya yang menghadap

ke laut memungkinkan tamu untuk menikmati pemandangan senja yang menawan, seperti saat ini.

Sawai pertama kali dipopulerkan oleh sekelompok ilmuwan asing yang singgah ke Seram, saat tengah melakukan ekspedisi sains melalui jalur laut, tak lama setelah Lisar dibangun. Selama di sini, kami menjelajahi beberapa lokasi di Sawai. Objek-objek bertema laut kami datangi menggunakan longboat, perahu motor berukuran kecil dan panjang.

Dalam bahasa lokal, Sawai berarti ‘tempat yang miring’. Desa-desa itu tampak kecil dan terpisah satu sama lain. Kami sempat singgah di dua lokasi di pinggir tebing untuk sekadar bermain air dan snorkeling, gua bawah air Hatukunita, dan tebing Hatusupun. Di Hatukunita, saya harus menyelam sebentar untuk mencapai lorong gua. Sedangkan di Hatusupun kami ber-snorkeling dan sekadar berfoto di sebuah gasibu kecil di atas laut yang dibangun oleh orang setempat. Beberapa titik laut dangkal juga kami datangi untuk menikmati alam bawah laut. Jika dibandingkan tempat snorkeling yang sudah populer, ikan dan terumbu karangnya relatif tidak terlalu banyak.

SEPENGGAL DUNIA LAIN YANG BEGITU INDAHTeks dan foto oleh ALFIAN WIDIANTONO

Tebing-tebing besar besar yang menjulang membuat kami terkesima. Kami sedang membelah Pulau Seram. Amahai, sebagai titik awal, berada di selatan. Tujuan kami ada di pantai utara. Tak lama kemudian, kami melewati sebuah gerbang.

Agustus 2015

Astra NGT Sawai.indd 1 8/19/15 5:25 PM

Page 58: Eksistensi Astra di GIIAS 2015

Majalah Astra Agustus 201556

Astra Quiz - Mencari KataEdisi Agustus 2015 Edisi Agustus 2015

Pertanyaan:Bagaimana cara Anda memaknai dan mengisi kemerdekaan di lingkungan kerja?

Salah satu hal yang paling berpengaruh dalam aplikasi efisiensi adalah kesadaran dan pola pikir pelaku. Oleh karena itu, Eco Mind bisa menjadi one way solution untuk perwujudan efisiensi di suatu perusahaan. Apabila semua orang berpikir “Bahkan kita tidak bisa menghitung uang dalam kondisi tanpa oksigen”, maka orang akan sangat mempertimbangkan untuk menyia-nyiakan energi di muka bumi ini

Temukan 10 (sepuluh) kata yang berhubungan dengan artikel Edisi Agustus ini, di antara huruf acak dalam box di atas. Lingkari kata-kata tersebut, scan/foto, lalu email ke [email protected] dengan mencantumkan nama, alamat kantor, dan nomor ponsel.

Jawaban Quiz Majalah Astra Edisi sebelumnya / Juli 2015Perusahaan Hijau, Freestival, Mudik, Ramadhan, Mark Wilson, Adiwiyata, Printlab , Labour, Ekonomi Makro , Buka Puasa Pemenang:1. Adit Paisal, PT Astra International Tbk-Toyota Sales Operation

2. Suharyadi, PT Astra International Tbk-Toyota Sales Operation Part Depo Balikpapan

3. Amos Friando, Corporate Accounting - PT Astra International Tbk

4. Sheeren Yolanda, PT Astra International Tbk

5. Agusta Puji Setiawan, Auto 2000 TSO-Part Depo Balikpapan

6. R. Apnita Sidabutar, PT. Astra International Tbk. - AstraWorld

7. Dandy Damar Rahardja, PT. Astra International – Isuzu Sales Operation

8. Vinsesius TR, PT Astra International Tbk-Peugeot Sales Operation

9. Ira Puspitasari, PT Astra International Tbk – Honda Sales Operation Region Bengkulu

10.Kusendra Yunika A , PT. Pamapersada Nusantara

Email opini Anda sejumlah satu paragraf ke [email protected] dengan mencantumkan nama, alamat kantor, dan nomor ponsel disertai foto 5 (lima) opini yang menarik akan ditampilkan di Edisi September, dan mendapatkan hadiah single CD dari Universal Music Indonesia.

Hadiah akan dikirimkan langsung ke alamat tiap-tiap pemenang.

Orta Oktavia SPT Aisin IndonesiaCikarang Selatan – Bekasi

QUIZ & OPINI

Kalau mencetak dokumen sekarang saya menggunakan kertas bekas. Selain itu, saya mengurangi cetakan. Jika dokumen bisa di-scan lalu dikirimkan melalui email, kenapa harus dicetak dan dikirimkan manual?

Feni HardiPT Astra International Tbk - HondaJakarta

Kampung hijau Terpadu merupakan program pembinaan masyarakat yang berada di ring 1 operasional perusahaan. Dengan mengintegrasikan bidang lingkungan, Kesehatan, Pendidikan, Ekonomi dan Tanggap Darurat Bencana secara masif dan terstruktur dapat tercipta sustainability bussiness dengan konsep low Cost, High Impact melalui semangat sinergi, baik sumberdaya dan kekuatan perusahaan dalam program Sinergi CSR AhEmE.

Erika PratiwiPT United Tractors Tbk - CESRSGACOMCakung, Jakarta Timur

Kurniasari SupriatinPT Astra Aviva Life - Marketing & Branding

Buat saya yang terpenting adalah komunikasi, karena salah satu faktor penyebab inefisiensi kerja adalah miscommunication. Inovasi yang saya terapkan adalah bagaimana bisa mengoptimalkan komunikasi lewat perangkat digital atau elektronik yang saya punya, misalnya dengan membuat Whatsapp group, juga membuat source data atau project yang dapat diakses dan di-update oleh rekan-rekan terkait lewat google drive atau Excel sekalipun.

10 penjawab benar dan beruntung akan mendapatkan hadiah salah satu dari buku berikut, dari Gramedia Pustaka Utama.

Pertanyaan edisi Juli 2015: Apa inovasi Anda untuk mengaplikasikan efisiensi di perusahaan Anda?

Dipersembahkan oleh:

Rummaneggie An Omega SimanungkalitPT Astra International Tbk - Group Audit & Risk AdvisoryJakarta

Inovasi yang saya lakukan dimulai dari ruang lingkup pekerjaan saya sendiri, yaitu membuat Financial Risk Analysis Dashboard yang berguna mempercepat proses analisa laporan keuangan. Dengan inovasi ini, sangat terasa efisiensi dalam waktu, tenaga dan secara tidak langsung juga biaya operasional kerja.

H U T R I R T S K M T K R B

B K O X T Y M B T H M L P J

Z Q L E B A R A N T R H Z G

S G S T K G Z V W G N B R X

T K O P E R A S I A S T R A

P M L T G L Z M K B S B G Z

W F O G H K J B G R P W T A

P K S U Z U K A M B K R D U

C V E X M K N J S P B S C D

K A M P U N G B E R S E R I

Q B A R C E L O N A P H D T

G U R U B I N A A N Y P A D

P Q A T N S F L S X Q R Y A

T N N N M N K D R P T G W Y

K A G L T P B R M N D V Y X

Page 59: Eksistensi Astra di GIIAS 2015
Page 60: Eksistensi Astra di GIIAS 2015

MajalahAgustus 2015 Tahun XLIII

EksklusifMeriahnya Peringatan HUT-RI di Astra

UtamaGIIAS Sebagai Dewa Penolong Penjualan Otomotif

E D I S I

08

Eksistensi Astra di GIIAS 2015