Edisi 131-April 2016

5
High Dynamic Range Saat berbicara soal dynamic range, umumnya kita berbicara soal seberapa halus tiap piksel peka cahaya pada sensor mampu menerjemahkan intensitas cahaya ke dalam besaran tegangan. Perhatikan kalau piksel berukuran besar (seperti pada DSLR) mampu membedakan terang gelap lebih baik dibanding piksel pada kamera saku (apalagi kamera ponsel). Karena itulah kamera saku dan kamera ponsel lebih mudah mengalami highlight clipping atau area putih yang blown/terbakar. Dear Sahabat KFD, Aksi olahraga ekstrem merupakan olahraga yang sangat memacu adrenalin. Salah satunya olahraga balap mobil drifting. Dalam kegiatan olahraga yang satu ini sangat unik karena si pengemudi harus meliuk-liukkan kendaraannya. Momen ini adalah momen yang unik untuk diabadikan dengan kamera EOS dan penggunaan teknik yang tepat. Salah satu yang sering digunakan adalah teknik panning. Penasaran? Simak rubrik Tips & Trik yang membahas tentang mengabadikan car drifting competition dengan teknik panning. Dari Redaksi Ngobrol Yuk Panni memb meng perge subjek mobil karen Penga - - - Tips m - - - Selam Page 1 Mengabadikan Car Drifting dengan teknik Pan ing adalah teknik fotografi yang mengabadik buat background menjadi blur. Teknik ggerakan arah lensa kamera Anda secara perla erakan subjek utama dari kanan ke kiri, atau s k mobil yang melakukan atraksi drifting seba l tersebut sedang keluar dari tikungan deng na akan menambah daya tarik dari sebuah foto aturan kamera. Gunakan speed yang rendah disarankan m agar speed dapat disesuaikan. Posisikan mode lensa di mode AF (auto f agar lebih mudah lensa mengunci focus. Gunakan ISO rendah maksimal 200 jika ruangan dengan cahaya yang cukup terang. mengabadikan car drifting dengan teknik pan Lakukan ujicoba pemotretan, perhatikan terlalu rendah dan jangan terlalu tinggi misalkan subjek bisa diabadikan dengan d gunakan speed 1/80 atau 1/60. Gunakan monopod agar bisa menaha pergerakan dari kiri ke kanan atau sebalikn mat mencoba Edisi 131 April 2016 g Competition nning kan subjek yang bergerak dan panning dilakukan dengan ahan dan konsisten, mengikuti sebaliknya. Dalam menangkap aiknya tunggu momen dimana gan asap ban yang lebih tebal o. menggunakan pengaturan TV focus) dan shutter di Ai Servo pemotretan dilakukan di luar .. nning. shutter speed kamera jangan i. Perhatikan gerakan subjek dibekukan 1/125 maka cobalah an getaran saat melakukan nya.

Transcript of Edisi 131-April 2016

Page 1: Edisi 131-April 2016

High Dynamic RangeSaat berbicara soal dynamicrange, umumnya kita berbicarasoal seberapa halus tiap pikselpeka cahaya pada sensormampu menerjemahkanintensitas cahaya ke dalambesaran tegangan. Perhatikankalau piksel berukuran besar(seperti pada DSLR) mampumembedakan terang gelap lebihbaik dibanding piksel padakamera saku (apalagi kameraponsel). Karena itulah kamerasaku dan kamera ponsel lebihmudah mengalami highlightclipping atau area putih yangblown/terbakar.

Dear Sahabat KFD,Aksi olahraga ekstremmerupakan olahraga yangsangat memacu adrenalin.Salah satunya olahraga balapmobil drifting. Dalam kegiatanolahraga yang satu ini sangatunik karena si pengemudi harusmeliuk-liukkan kendaraannya.Momen ini adalah momen yangunik untuk diabadikan dengankamera EOS dan penggunaanteknik yang tepat. Salah satuyang sering digunakan adalahteknik panning.Penasaran? Simak rubrik Tips& Trik yang membahas tentangmengabadikan car driftingcompetition dengan teknikpanning.

Dari Redaksi

Ngobrol Yuk

Panningmembuatmenggerakan arah lensa kamera Anda secara perlahan dan konsisten, mengikutipergerakansubjek mobil yang melakukan atraksimobil tersebut sedang keluar dari tikungan dengan asap ban yang lebih tebalkarena akan menambah daya tarik dari sebuah foto.

Pengaturan kamera.-

-

-

Tips mengabadikan-

-

-

Selamat mencoba

Page 1

Figure 1

Mengabadikan Car Drifting Competitiondengan teknik Panning

Panning adalah teknik fotografi yang mengabadikan subjek yang bergerak danmembuat background menjadi blur. Teknikmenggerakan arah lensa kamera Anda secara perlahan dan konsisten, mengikutipergerakan subjek utama dari kanan ke kiri, atau sebaliknya.subjek mobil yang melakukan atraksi drifting sebaiknya tunggu momen dimanamobil tersebut sedang keluar dari tikungan dengan asap ban yang lebih tebalkarena akan menambah daya tarik dari sebuah foto.

Pengaturan kamera.Gunakan speed yang rendah disarankan menggunakan pengaturan TVagar speed dapat disesuaikan.Posisikan mode lensa di mode AF (auto focusagar lebih mudah lensa mengunci focus.Gunakan ISO rendah maksimal 200 jika pemotretan dilakukan di luarruangan dengan cahaya yang cukup terang..

Tips mengabadikan car drifting dengan teknik panningLakukan ujicoba pemotretan, perhatikanterlalu rendah dan jangan terlalu tinggi. Perhatikan gerakan subjekmisalkan subjek bisa diabadikan dengan dibekukan 1/125 maka cobalahgunakan speed 1/80 atau 1/60.Gunakan monopod agar bisa menahan getaran saat melakukanpergerakan dari kiri ke kanan atau sebaliknya.

Selamat mencoba

Edisi 131 – April 2016

Car Drifting CompetitionPanning

adalah teknik fotografi yang mengabadikan subjek yang bergerak dan. Teknik panning dilakukan dengan

menggerakan arah lensa kamera Anda secara perlahan dan konsisten, mengikutikanan ke kiri, atau sebaliknya. Dalam menangkap

sebaiknya tunggu momen dimanamobil tersebut sedang keluar dari tikungan dengan asap ban yang lebih tebalkarena akan menambah daya tarik dari sebuah foto.

yang rendah disarankan menggunakan pengaturan TV

auto focus) dan shutter di Ai Servo

Gunakan ISO rendah maksimal 200 jika pemotretan dilakukan di luarruangan dengan cahaya yang cukup terang..

anning.Lakukan ujicoba pemotretan, perhatikan shutter speed kamera janganterlalu rendah dan jangan terlalu tinggi. Perhatikan gerakan subjekmisalkan subjek bisa diabadikan dengan dibekukan 1/125 maka cobalah

agar bisa menahan getaran saat melakukanpergerakan dari kiri ke kanan atau sebaliknya.

Page 2: Edisi 131-April 2016

Menghubungkan Kamera EOS dengan Fungsi NFC

Pada beberapa kamera EOS seperti EOS 760D,NFC Anda dapat melakukan transfer data dari kamera keArtikel berikut menjelaskan bagaimana menghBagan alur pengoperasian untuk menghubungkan melalui NFC adalah(1) Nyalakan kamera dan smartphone.(2) Aktifkan fungsi NFC pada kamera dan(3) Sentuhkan smartphone ke kamera sehingga bersentuhan satu Untuk pengaturan NFC smartphone dan posisi antena NFCmengaculah pada instruksi manual smartphone Untuk pengaturan NFC kamera, ikuti langkah di bawah ini.

Pengaturan NFC pada kamera

Pilih [Wi

Pada tab

Tambahkan Ditampilkan ketika [ Tekan tombol <

d Ketika pengaturan ini dipilih untukmendaftarkan nama (untuk Untuk prosedur pengiriman gambar

1

2

Menghubungkan ke smartphone

Ketika pesan yang mengindikasikan koneksi ditampilkan padadiciptakan bahkan jika smartphone dipindahkan jauh dari kamera. Camera Connect dimulai pada smartphone Ketika pengoperasian pada kamera diselesaikan dalam langkah 2,

Simpan pengaturan. Ketika koneksi diciptakan, layar dikoneksi telah disimpan, layar ini tidak akan muncul dan Tekan tombol untuk memilih Setelah pesan ditampilkan, monitor

Operasikan Kamera menggunakan Camera Connect. Lakukan pengoperasian lebih lanjut

1

2

3

Page 2

Menghubungkan Kamera EOS dengan Fungsi NFC (Near Field Communication)

Pada beberapa kamera EOS seperti EOS 760D, EOS 750D, EOS M3 dan EOS M10 terdapat fitur NFC. DenganNFC Anda dapat melakukan transfer data dari kamera ke Smartphone secara nirkabel.Artikel berikut menjelaskan bagaimana menghubungkan kamera dan smartphone menggunakan fungsi NFC.

asian untuk menghubungkan melalui NFC adalah sebagai berikut :

(2) Aktifkan fungsi NFC pada kamera dan smartphone.ke kamera sehingga bersentuhan satu sama lain.

dan posisi antena NFC-nya,smartphone.

Untuk pengaturan NFC kamera, ikuti langkah di bawah ini.

Pilih [Wi-Fi/NFC].

Pada tab , pilih [Wi-Fi/NFC], kemudian tekan

Tambahkan untuk [Allow NFC connections (Izinkan koneksiDitampilkan ketika [Wi-Fi/NFC] diatur ke [Enable (Aktif)Tekan tombol <INFO> untuk menambah atau menghapusdengan ditambahkan, tekan <SET>.Ketika pengaturan ini dipilih untuk pertama kalinya, layar untuk

mendaftarkan nama (untuk identifikasi) ditampilkan.Untuk prosedur pengiriman gambar ke smartphone

Sentuhkan smartphone ke kamera. Jika gambar sedang dimainkan ulang pada kamera, akhiri

playback. Sentuhkan tanda pada smartphone

kamera.

Ketika pesan yang mengindikasikan koneksi ditampilkan pada monitor LCDdipindahkan jauh dari kamera.

smartphone dan menciptakan koneksi.Ketika pengoperasian pada kamera diselesaikan dalam langkah 2, jendela Utama Camera Connect akan mu

Ketika koneksi diciptakan, layar di sebelah kiri akan muncul pada monitor LCD kamera. Ketikalayar ini tidak akan muncul dan monitor LCD akan mati.

memilih [OK], kemudian tekan <SET>.LCD kamera akan mati.

menggunakan Camera Connect.Lakukan pengoperasian lebih lanjut menggunakan Camera Connect

Edisi 131 – April 2016

(Near Field Communication)

EOS 750D, EOS M3 dan EOS M10 terdapat fitur NFC. Dengan

menggunakan fungsi NFC.:

kemudian tekan

connections (Izinkan koneksi NFC)].Enable (Aktif)].

menambah atau menghapus

pertama kalinya, layar untukidentifikasi) ditampilkan.

smartphone.

pada kamera, akhiri

smartphone ke tanda yang sama pada

monitor LCD kamera, komunikasi dapat

jendela Utama Camera Connect akan muncul

monitor LCD kamera. Ketika pengaturan

Page 3: Edisi 131-April 2016

Kirimkan hasil karya foto Anda! Karya yang dimuat

Segera kirimkan foto-foto Anda, siapa tahu Anda terpilih

Redaksi menerima masukan baik berupa ilmu, foto, atau halfoto yang dimuat akan mendapatkan souvenir dari kami. Aspirasi Anda dapat dikirim melalui email ke:

Memotret Gerhana Matahari Total

Fenomena Gerhana Matahari Total (GMT) 9 Maret 2016 sungguh menghipnotis semua kalangan, semua pembicaraan danmedia-media sibuk dengan persiapan GMT. Dan secara tidak disadari GMT menjadi ‘pesta rakyat’, termasuk dipegiat fotografi baik yang hanya sekedar hobbySaya akhirnya memutuskan untuk berangkat dimenurut info pakar-pakar astronomi adalah tempat terbaik dan terlama untuk menyaksikan GMT tersebut.Untuk mengabadikan GMT tersebut saya berbekal : Kamera Canon EOS 7D Mark II, Lensa Canon 100beserta ballhead yang kokoh dan Filter-filter ND400, ND1000 atau Filter Solar Sun.Karena rentang lensa saya paling panjang 400mm maka saya gunakaadalah dengan menggunakan sensor APS-C maka lensa 400mm tersebut menjadi 400mm x 1.6 = 640mm.Tentu semakin panjang rentang lensanya semakin baik, akan semakin sedikit anda melakukan cropping sehingga kualitmasih terjaga dengan baik.

Michael Sidharta ------------ > fb : michael sidharta ; ig : mikesidharta

Page 3

foto Anda! Karya yang dimuat di kolom “Antar Kita” akan mendapatkan“Exclusive Canon EOS Jacket”.

foto Anda, siapa tahu Anda terpilih pada edisi berikutnya.

Redaksi menerima masukan baik berupa ilmu, foto, atau hal-hal lainnya yang berhubungan dengan fotografi. Segala bentuk artikel ataudari kami. Aspirasi Anda dapat dikirim melalui email ke:

Memotret Gerhana Matahari Total

Total (GMT) 9 Maret 2016 sungguh menghipnotis semua kalangan, semua pembicaraan danmedia sibuk dengan persiapan GMT. Dan secara tidak disadari GMT menjadi ‘pesta rakyat’, termasuk di

hobby maupun fotografer professional.di salah satu lokasi yang dilewati GMT ke Buli, Maba

pakar astronomi adalah tempat terbaik dan terlama untuk menyaksikan GMT tersebut.mengabadikan GMT tersebut saya berbekal : Kamera Canon EOS 7D Mark II, Lensa Canon 100

filter ND400, ND1000 atau Filter Solar Sun.Karena rentang lensa saya paling panjang 400mm maka saya gunakan EOS 7D Mark II (sensor APS

C maka lensa 400mm tersebut menjadi 400mm x 1.6 = 640mm.Tentu semakin panjang rentang lensanya semakin baik, akan semakin sedikit anda melakukan cropping sehingga kualit

> fb : michael sidharta ; ig : mikesidharta

Edisi 131 – April 2016

akan mendapatkan hadiah

pada edisi berikutnya.

hal lainnya yang berhubungan dengan fotografi. Segala bentuk artikel ataudari kami. Aspirasi Anda dapat dikirim melalui email ke: [email protected]

Total (GMT) 9 Maret 2016 sungguh menghipnotis semua kalangan, semua pembicaraan danmedia sibuk dengan persiapan GMT. Dan secara tidak disadari GMT menjadi ‘pesta rakyat’, termasuk di dalamnya,

satu lokasi yang dilewati GMT ke Buli, Maba – Halmahera Timur yangpakar astronomi adalah tempat terbaik dan terlama untuk menyaksikan GMT tersebut.

mengabadikan GMT tersebut saya berbekal : Kamera Canon EOS 7D Mark II, Lensa Canon 100-400mm f4.5-5.6, Tripod

n EOS 7D Mark II (sensor APS-C), PertimbangannyaC maka lensa 400mm tersebut menjadi 400mm x 1.6 = 640mm.

Tentu semakin panjang rentang lensanya semakin baik, akan semakin sedikit anda melakukan cropping sehingga kualitas file

Page 4: Edisi 131-April 2016

Jaga Kepuasan PelangganPrinter Canon Raih Customer Loyalty Award untuk Kali Kelima

Printer Canon kembali meraih penghargaanLoyalty Award untuk kali kelima. Customer Loyalty Award2016 yang diberikan oleh Majalah SWA dan Hachiko inimerupakan ajang penghargaan bagi merekmenjaga kepuasan pelanggan berdasarkan hasil surveiPromotor Score (NPS).

Survei NPS ini bertujuan mendeteksi pelangbenar merasa puas (loyal) sehingga mereka memilikikecenderungan paling tinggi untuk melakukan pembeliankembali, sekaligus menjadi promoter untuk merekomendasikansebuah produk kepada orang lain.

Seminar Taman Rama School

Canon bekerja sama dengan Sinar Photo Bali mengadakan seminarfotografi di sekolah Taman Rama National plus.

Target peserta dari para siswa sekolah di Bali ini adah Siswa SMPdan SMA di mana tujuan utama dalam seminar ini adalah untukmemberikan edukasi tentang wawasan fotografi di kalangan parapelajar saat ini.

Canon PowerShot G5X & PowerShotKamera Premium Dengan Hasil Foto Yang Memukau

Dengan sensor CMOS ukuran 1 inci, resolusi 20.2 megapiksel, prosesor DIGIC 6,serta ISO hingga 12800, menjamin hasil foto berkualitas tinggi dengan detail yangbaik di berbagai kondisi pencahayaan.Kedua kamera ini dapat digunakan untuk mengambil foto jarak dekat hinggasedekat 5cm. Selain itu, 9-bilah diafragma denganCanon PowerShot G5X dan f/2.0 pada PowerShot G9dengan efek bokeh.Canon PowerShot G5X merupakan kamera seri G pertama yang dilengkapi jendelabidik / EVF (Electronic View Finder) beresolusi setinggi 2,36 juta titik yang setaradengan warna gamut pada monitor komputer (sRGB). EFV yang kaya warnasemakin memudahkan fotografer untuksama dengan bidikan yang dilihatnya melalui EVF iniDan untuk pertama kalinya pada kedua PowerShot seri G ini, Canon memberikanopsi kemudahan mengisi ulang daya baterai melalui kabel USB, di sampingperangkat charger baterai konvensional.

Page 4

Printer Canon Raih Customer Loyalty Award untuk Kali Kelima

Canon kembali meraih penghargaan CustomerCustomer Loyalty Award

2016 yang diberikan oleh Majalah SWA dan Hachiko iniajang penghargaan bagi merek-merek yang berhasil

menjaga kepuasan pelanggan berdasarkan hasil survei Net

Survei NPS ini bertujuan mendeteksi pelanggan yang benar-benar merasa puas (loyal) sehingga mereka memilikikecenderungan paling tinggi untuk melakukan pembelian

untuk merekomendasikan

Seminar Taman Rama School

anon bekerja sama dengan Sinar Photo Bali mengadakan seminarfotografi di sekolah Taman Rama National plus.

Target peserta dari para siswa sekolah di Bali ini adah Siswa SMPdan SMA di mana tujuan utama dalam seminar ini adalah untukmemberikan edukasi tentang wawasan fotografi di kalangan para

Tajuk atau materi yang dibawakan daadalah “Foto yang lebih baik dengan kamera digital”yang dibawakan oleh I Wayan Andika Pratama(fotografer profesional).

Diharapkan dengan edukasi fotografi yang telah diserapoleh para peserta pelajar ini bisa menjadikan keahlianketrampilan baru bagi para siswaseminar singkat tsb.

Canon PowerShot G5X & PowerShot G9XKamera Premium Dengan Hasil Foto Yang Memukau

engan sensor CMOS ukuran 1 inci, resolusi 20.2 megapiksel, prosesor DIGIC 6,serta ISO hingga 12800, menjamin hasil foto berkualitas tinggi dengan detail yang

Kedua kamera ini dapat digunakan untuk mengambil foto jarak dekat hinggabilah diafragma dengan aperture terkecil f/1.8 pada

Canon PowerShot G5X dan f/2.0 pada PowerShot G9X ini menghasilkan foto

X merupakan kamera seri G pertama yang dilengkapi jendelaberesolusi setinggi 2,36 juta titik yang setara

dengan warna gamut pada monitor komputer (sRGB). EFV yang kaya warnasemakin memudahkan fotografer untuk memastikan bahwa hasil fotonya akansama dengan bidikan yang dilihatnya melalui EVF iniDan untuk pertama kalinya pada kedua PowerShot seri G ini, Canon memberikanopsi kemudahan mengisi ulang daya baterai melalui kabel USB, di samping

Edisi 131 – April 2016

Tajuk atau materi yang dibawakan dalam seminar iniadalah “Foto yang lebih baik dengan kamera digital”yang dibawakan oleh I Wayan Andika Pratama

Diharapkan dengan edukasi fotografi yang telah diserapoleh para peserta pelajar ini bisa menjadikan keahlian

lan baru bagi para siswa- siswi yang mengikuti

PowerShot G5X

PowerShot G9X

Page 5: Edisi 131-April 2016

Keanggotaan Klub Fotografi Datascrip tidak dipungut biaya,kunjungi website http://www.canon.co.id/klubfotografi/

Canon SK Photo Marathon 2016

Canon Sanggar Kentjana Photo Marathon, atauCanon SK Photo Marathon kembali diadakan diCirebon.Berlokasi di Sport Hall Bima, Jl Brigjen DharsonoCirebon pada tanggal 6 Maret 2016, ajang lombafoto bergengsi yang dikhususkan buat pelajar danmahasiswa ini diikuti oleh -/+ 600 orang pesertapelajar mahasiswa baik yang bermukim di wilayahCirebon maupun kota-kota lainnya.Selain diisi dengan lomba foto bertema jugapembekalan ilmu fotografi dengan pembicaraSandriani Permani yang juga merupakan seoranginstruktur fotografi dari Darwis Triadi School ofphotography.Juri dalam lomba foto tsb adalah Yase D Cory(Canon), Sutomo (Suara Merdeka), Yuliandi K(DCI).Selamat kepada para pemenang canon SK PhotoMarathon 2016.

HUT JPC ke 11th

Hari Sabtu, 19 Maret 2016 berlangsung acara ultah JPC yang ke 11tahun diadakan di ruang Paus, gedung Datascrip.Acara dimulai dengan sambutan dari Pak Willy sebagai Ketua JPCdi mana pada acara syukuran ini pak Willy banyak berterimakasihpada para member JPC dan khususnya pada Canonyang selalu mendukung acara JPC.Seremoni ulang tahun ini juga diramaikan dengan adanya sesipemotretan model, setelah selesai acara motret model dilanjutkandengan puncak acara pemotongan tumpeng yang dilakukan olehPak Willy sebagai ketua JPC dan penyerahan potongan pertama keIbu Merry Harun (Direktur Canon Ddilanjutkan potongan berikutnya kepada para pengurus JPC.

Page 5

Keanggotaan Klub Fotografi Datascrip tidak dipungut biaya, untuk update data kamera dan aksesoris serta daftar ulang keanggotaan anda di akhir tahun, silakanhttp://www.canon.co.id/klubfotografi/ Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Putri melalui email: putri_indah

Canon Care CenterGrand Boutique Center Blok B No. 3-4

Jl. Mangga Dua Raya - Jakarta

Canon SK Photo Marathon 2016

anon Sanggar Kentjana Photo Marathon, atauCanon SK Photo Marathon kembali diadakan di

Berlokasi di Sport Hall Bima, Jl Brigjen DharsonoMaret 2016, ajang lomba

foto bergengsi yang dikhususkan buat pelajar dan/+ 600 orang peserta

di wilayah

Selain diisi dengan lomba foto bertema jugaan ilmu fotografi dengan pembicara

Sandriani Permani yang juga merupakan seoranginstruktur fotografi dari Darwis Triadi School of

Juri dalam lomba foto tsb adalah Yase D Cory(Canon), Sutomo (Suara Merdeka), Yuliandi K

ara pemenang canon SK Photo

Maret 2016 berlangsung acara ultah JPC yang ke 11tahun diadakan di ruang Paus, gedung Datascrip.Acara dimulai dengan sambutan dari Pak Willy sebagai Ketua JPCdi mana pada acara syukuran ini pak Willy banyak berterimakasih

snya pada Canon – PT. Datascrip

juga diramaikan dengan adanya sesipemotretan model, setelah selesai acara motret model dilanjutkandengan puncak acara pemotongan tumpeng yang dilakukan olehPak Willy sebagai ketua JPC dan penyerahan potongan pertama keIbu Merry Harun (Direktur Canon Division, PT Datascrip)dilanjutkan potongan berikutnya kepada para pengurus JPC.

Edisi 131 – April 2016

untuk update data kamera dan aksesoris serta daftar ulang keanggotaan anda di akhir tahun, [email protected]