diskon tunai dan tingkat diskonto

of 15/15
ASSALAMUALAIKUM WR. WB

Embed Size (px)

Transcript of diskon tunai dan tingkat diskonto

PowerPoint Presentation

ASSALAMUALAIKUM WR. WBFaktor diskon atau pendiskontoan dengan bunga sederhana, yaitu proses menghitung P dengandiberikan S, r, dan t. Selisih S P atau D disebut diskon sederhana (simple discount) atau diskonbank(bank discount)padatingkatbungatertentu.Disinisimplediscountatau bank discountdisebut diskon.persamaanlainyangmenghubungkanvariabelD(discount-diskon)denganS(Sumjumlahnominal akhir), d (discount rate tingkat diskon), dan t (time waktu).Diskon (D) dari jumlah (S) selama t tahun dengan tingkat diskon (d) adalah:

Sedangkan,

Dengan melakukan substitusi persamaan di atas:

D = S d tP = S DP = S D P = S (S d t) P = S (1 d t)Contoh SoalBapak Ahmad meminjam Rp. 40.000.000 selama 3 bulan dari bank BNI yang mengenakan tingkat diskon 10%. Berapa besarnya diskon dan uang yang di terima Bapak Ahmad?Jawab:Dik : S = Rp. 40.000.000d = 10% = 0,1t = 3/12 = 0,25Dit :?D = S d t = 40.000.000 x 0,1 x 0,25 = Rp. 1000.000Maka ung yang di terima Bapak Ahmad adalah :P = S D = Rp. 40.000.000 Rp. 1000.000 = Rp. 39.000.000

SURAT PROMES (WESEL)BANKSurat promes (wesel)adalah janji tertulis yang diberikan oleh debitor (peminjam) disebutpembuatpromes, untuk membayarkan kepada kreditur (pemberi pinjaman) disebutpenerimapromes sejumlah uang pada tanggal tertentu yang ditetapkan dalam surat promes tersebut. Surat promes digunakan apabila uang dipinjam atau barang/jasa dijual secara kredit. Ada dua jenis surat promes yaitu promesyang menyatakan tarif bungadan promesyang tidak menyatakan tarif bunga.Untuk selanjutnya promes yang menyatakan tarif bunga akan disebutpromes dengan bungadan promes yang tidak menyatakan tarif bunga akan disebutpromes tanpa-bunga.Surat sanggup bayar atau biasa juga disebut "surat promes" ataupromesyang dalambahasa Inggrisdisebut jugapromissory note, dalamakuntansidapat juga disebut "nota yang dapat diuangkan" adalah merupakan suatukontrakyang berisikian janji secara terinci dari suatu pihak(pembayar) untuk membayarkan sejumlah uang kepada pihak lainnya (pihak yang dibayar). Kewajiban ini dapat timbul dari adanya suatu kewajiban pelunasan suatu hutang. Misalnya, dalam suatu transaksi penjualan barang dimana pembayarannya mungkin saja dilakukan sebagian secara tunai dan sisanya dibayar dengan menggunakan satu atau beberapa promes.Unsur dalam promes :1. Jumlah pokok hutang.2. Bunga (bila ada).3. Tanggal jatuh tempo pembayaran.4. Ketentuan yang mengatur bila si pembayar mengalami gagal bayar.Keistimewaan penting surat promes adalah bersifatnegotiable(dapat dinegosiasikan), yaitu dapat ditransfer kepada pihak lain (orang, perusahaan, bank) menurutendosement(persetujuan) dari pemegang promes terakhir. Mencairkan promes ke bank disebutmendiskontokan promes / wesel. Debitor = Pembuat weselKreditor= Penerima wesel

Promes adalah berbeda darisurat pengakuan hutangbiasa dimana pada surat pengakuan hutang hanya merupakan bukti atas hutang seseorang, tetapi dalam promes tertera adanya suatu persetujuan untuk melakukan pembayaran atas jumlah yang tercantum pada promes tersebut.Kegunaan lain dari promes yaitu untuk pembiayaan atas kebutuhan dana suatu perusahaan yaitu melalui penerbitan atapun pengalihan surat berharga.Promes atas unjukadalah suatu promes yang tidak mencantumkan tanggal jatuh tempo pembayaran dimana pembayaran harus dilakukan setiap saat apabila diminta oleh pemberi pinjaman. Biasanya sipemberi pinjaman akan mengirimkan pemberitahuan dengan tenggang waktu beberapa hari sebelum tanggal pembayaran yang diinginkan. Dalam hal pinjam meminjam uang antar perorangan, penanda tanganan promes ini adalah merupakan suatu cara terbaik guna kepentingan perpajakan dan pembuktian.

Potongan tunai (cash discount) adalah potongan harga yang diberikan apabila pembayaran dilakukan lebih cepat dari jangka waktu kredit. Dari sudut penjual, potongan ini disebut potongan penjualan (sales discount), sedangkan dari segi pembeli disebut potongan pembelian (purchases discount). (cash discount) sebesar 2% akan diberikan jika pembayaran dilakukan dalam waktu 10 hari. Jika tidak, jumlah keseluruhan harus dilunasi dalam waktu 30 hari.Pembeli yang akan memanfaatkan potongan tunai, pada praktiknya akan menerima potongan atau bunga dimuka dalam bentuk diskon tunai. Tingkat bunga efektif yang didapatkan dengan cara ini biasanya sangat tinggi.

Contoh Soal:Mbok Srintil membeli furniture seharga Rp. 100.000.000,- dengan termin kredit , ; Berapakah bunga efektif yang ditawarkan kepada Mbok Srintil tadi ?( catatan: jika Mbok Srintil tadi ingin mendapatkan potongan maka ia akan membayarnya pada hari ke-30 dan jika tidak, ia harus membayar pada hari ke-100 atau ada waktu perbedaan 70 hari)

Jawab: Perbedaan jumlah yang di bayarkan atau diskon adalah 4% atau sebesar Rp.100.000.000 X 4% = Rp. 4.000.000,-P= Rp.100.000.000 - Rp. 4.000.000= Rp. 96.000.000 SI= Rp. 4.000.000t= = 0,191Cara 1: r = SI PTr = 0,2172 atau 21,72%2. PT.Trijaya Makmur membeli peralatan kantor seharga Rp 9.000.000,-, Apabila pembayaran tersebut dilakukan 1 tahun mendatang, total pembayaran menjadi sebesar Rp10.000.000. Berapa besar tarif diskon tunai yang dikenakan pada perusahaan tersebut tersebut?Jawab :

WASSALAMUALAIKUM WR. WB