Complex Complete

download Complex Complete

of 47

  • date post

    18-Sep-2015
  • Category

    Documents

  • view

    223
  • download

    8

Embed Size (px)

description

Complex Complete

Transcript of Complex Complete

RIWAYAT29 tahun gravida 1, para 0.Riwayat DahuluTidak berkaitan.Periode AntenatalDirasakan pada minggu ke 39, terjadi pengurangan gerakan janin selama 3 hari.Dibuktikan oleh CTG (Fig 4.31).CTG1. Apa yang kau perhatikan dari baseline diatas ?2. Apa yang kau perhatikan dari berbagai variabel pada baseline diatas ?3. Apa ada perubahan pada waktu-waktu tertentu, jka ada kapan ?4. Apa yang kau perhatikan tentang aktifitas uterine ?5. Apa menurut mu kategori yang tepat pada hasil CTG diatas, normal/dicurigai terserang penyakit/sudah terserang penyakit ?6. Apa kasus yang paling mungkin terjadi yang bisa dilihat pada kelainan detak jantung yang ditunjukan pada hasil diatas ?7. Apa jenis penanganan atau pengobatan yang dibutuhkan dari pola detak jantung yang ditunjukkan pada hasil diatas ?

ANALISIS1.Baseline 165bpm Non-reassuring2.Variabilitas kurang dari 5 denyut Non- reassuring3.Tidak ada deselerasi reassuring Tidak ada akselerasi? Signifikansi 4. Pengetatan 4-5 dalam 10 menit, tidak menyakitkan.5. Ada dua fitur tidak-tenang : CTG (KTG/Kardiotrokografi) diklasifikasikan sebagai patologis.6.Pola tidur janin dapat menjelaskan penurunan variabilitas. Baseline sedikit dinaikkan di atas 160bpm. Namun ada riwayat perubahan dalam pola gerakan janin selama 3 hari, yang mungkin menunjukkan gangguan janin. Kelainan denyut jantung janin hadir dalam ketiadaan kontraksi, meskipun aktivitas rahim ditampilkan di CTG, wanita tidak menyadari hal itu.7. Ubah posisi ibu.Pemeriksaan vagina untuk menilai dilatasi serviks, dengan maksud untuk melakukan pecahnya membran buatan untuk mengamati warna cairan.Persiapan untuk persalinan jika leher rahim tidak menguntungkan.

HASILPosterior leher rahim, panjang 1 cm, 0,5 cm os melebar.Operasi caesar dilakukan. Anak perempuan.Apgar skor 1/1 5/5.Berat lahir 2.980kg.Tidak ada sampel darah tali pusat yang tersedia.Tebal, tercatat mekonium segar saat melahirkan.Bayi dipindahkan ke unit neonatal.Listeriosis didiagnosis pada usia 2 hari, kemudian pulih dan dipulangkan ke rumah.

PEMBAHASANKetika posisi janin tidur itu menjelasan untuk mengurangi variabilitas adalah penting dimana semua fitur dari CTG bersama dengan riwayat wanita tersebut diberikan pertimbangkan sebelum membuat keputusan pada interpretasi CTG tersebut. Bila ada kelainan CTG dan wanita memberikan riwayat pola perubahan gerakan janin, perdarahan per vaginam atau sakit perut, maka ada indikasi untuk melanjutkan CTG untuk jangka waktu lebih lama sampai fitur kembali ke pola reassuring.

RIWAYAT28 tahun gravida 1, para 0.Riwayat DahuluTidak berkaitan.Periode AntenatalTerjadinya hipertensi selama 36 minggu.Tidak ada proteinurea.Prostin terdapat pada minggu ke 39 pada kehamilan.Proses KehamilanJam 04.00Serviks melebar sebesar 4 cm..Artificial rupture of membranes bekerja cairan yang mengalir berhenti atau mengering.Epidural analgesia dimulai.Pengamatan external secara terus menerus dilakukan.Jam 05.10CTG (Fig 4.32)CTG1. Apa yang kau perhatikan dari baseline diatas ?2. Apa yang kau perhatikan dari berbagai variabel pada baseline diatas ?3. Apa ada perubahan pada waktu-waktu tertentu, jka ada kapan ?4. Apa yang kau perhatikan tentang aktifitas uterine ?5. Apa menurut mu kategori yang tepat pada hasil CTG diatas, normal/dicurigai terserang penyakit/sudah terserang penyakit ?6. Apa kasus yang paling mungkin terjadi yang bisa dilihat pada kelainan detak jantung yang ditunjukan pada hasil diatas ?7. Apa jenis penanganan atau pengobatan yang dibutuhkan dari pola detak jantung yang ditunjukkan pada hasil diatas ?

ANALISIS1. Baseline 160bpm dinaikkan ke 180bpm Non-reassuring 2. Variabilitas kurang dari 5 denyut Non-reassuring 3. Atypical variabel deselerasi, hilangnya presentasi bokongAbnormal4. Kontraksi 3-4 dalam 10 menit, tidak teratur dalam kekuatan dan frekuensi.5. Ada dua fitur tidak reaktif (non-reassuring) dan satu fitur abnormal: CTG tersebut diklasifikasikan sebagai patologis.6. Kompresi tali pusat akan menghasilkan deselerasi variabel atipikal / tetapi tidak akan menjelaskan takikardia atau berkurangnya variabilitas. Ini bisa dijelaskan karena berkembangnya gangguan janin sebagai hasil dari tingkat kompresi tali pusat. Ini adalah melahirkan yang layak dalam pola pikiran janin tidur dalam kasus variabilitas normal harus nampak jelas dalam waktu 90 menit.Takikardia-janin mungkin disebabkan oleh demam ibu.Ini adalah CTG yang kompleks dengan sejumlah kelainan. Kompromi janin harus dihilangkan. Meskipun ketiga fitur terkait berpotensi memiliki penjelasan sendiri jika dilihat bersama-sama itu jauh lebih mengkhawatirkan.7. Catat suhu ibu. Ubah posisi ibu. Hentikan setiap infus oxytocic. Pengambilan sampel darah janin saya harus dilakukan.

HASILSuhu ibu 37,5 C.Deselerasi variabel tetap bertahan, dengan takikardia, variabilitas membaik.Jam 06,10 Pengambilan sampel darah janin dilakukan, pH 7,34, basis defisit 3,6 mmol / 1, hasil normal.Jam 09.00 Serviks os melebar 8-9 cm.Jam 09.30 Suhu Ibu sekarang 36,8 C. CTG seperti sebelumnya.Pengulangan pengambilan sampel darah janin dilakukan: pH 7,37, basis defisit 3,1 mmol/1, hasil normal.Jam 10.15 Serviks os melebar 8 cm, sehingga keputusan yang dibuat untuk bagian darurat caesar berdasarkan kemajuan dalam persalinan. Bayi perempuan.Apgar skor 7/1 9/5.Berat lahir 3.320kg.Hasil analisi darah tali pusat hanya dari satu pembuluh, karena itu tidak dapat menyingkirkan asidemia akurat.pH 7.34, basis defisit 2,7 mmol / 1.

PEMBAHASANPeran pengambilan sampel darah janin dalam kasus ini menunjukkan bagaimana, - meskipun CTG patologis dengan gas darah normal -, proges persalinan terus dilakukan dengan potensi untuk kelahiran normal. Sangat disayangkan bahwa kelahiran normal tidak terjadi dan diperlukan operasi caesar. Hasil darah tali pusat dari kedua pembuluh darah juga memiliki justifikasi keputusan untuk mengizinkan progress persalinan.

RIWAYAT18 tahun gravida 1, para 0.Riwayat DahuluTidak berkaitan.Periode AntenatalNormal.Dirasakan pada minggu ke 36 yaitu adanya pendarahan yeng besar pada vagina selama 2 jam, dan langsung mengelukan adanya rasa sakit pada perut.Pada proses pemeriksaan: Perut mengeras dan mengendur, dan cukup terjadi proses perdarahan pada vagina.Dibuktikan oleh CTG (Fig. 4.33).CTG1. Apa yang kau perhatikan dari baseline diatas ?2. Apa yang kau perhatikan dari berbagai variabel pada baseline diatas ?3. Apa ada perubahan pada waktu-waktu tertentu, jka ada kapan ?4. Apa yang kau perhatikan tentang aktifitas uterine ?5. Apa menurut mu kategori yang tepat pada hasil CTG diatas, normal/dicurigai terserang penyakit/sudah terserang penyakit ?6. Apa kasus yang paling mungkin terjadi yang bisa dilihat pada kelainan detak jantung yang ditunjukan pada hasil diatas ?7. Apa jenis penanganan atau pengobatan yang dibutuhkan dari pola detak jantung yang ditunjukkan pada hasil diatas ?

Analisis

1. Baseline 145 - 150 bpmmeyakinkan2. Hampir tidak ada variabilitastidak meyakinkan3. Deselerasi akhirabnormal4. Rahim rentan iritasi5. Terdapat satu fitur meyakinkan dan satu abnormal : CGT diklasifikasikan sebagai patologis6. Berkurangnya aliran darah plasenta dikarenakan placental abruption - hipoksia janin7. Bersiap untuk persalinan segera. Ubah posisi Ibu.

Hasil

Scan ultrasound dilakukan - bagian belakang segmen-atas plasentaPada pemeriksaan vagina, panjang serviks 1cm, os serviks melebar 2cmOperasi caesar dilakukan.Bayi perempuan.Skor Apgar 0/1 7/5 9/10Sample darah tali pusat tidak tersedia.Berhasil DiresusitasiBerat lahir 2.690 kgUterus Couvelaire tercatatBayi dipulangkan kerumah setelah 3 minggu, baik.

Diskusi

Variabilitas yang kurang dari 5 denyut tiap 40 - 90 menit adalah fitur yang tidak meyakinkan dan dapat menempatkan sebuah CGT dalam kategori yang mencurigakan. Ketika hal ini terjadi lebih dari 90 menit , maka fitur menjadi abnormal dan kategorinya berubah menjadi patologis.

Haruslah ditekankan bahwa tidak dapat diterima untuk menunggu selama 90 menit sebelum mengambil tindakan terlebih jauh mempertimbangkan situasi klinis. Dalam hal ini adalah jelas bahwa terjadi pendarahan anterpartum, CTG terlalu abnormal dan persalinan bayi harus dipercepat.

RIWAYAT36 tahun gravida 3, para 2.Riwayat DahuluTidak berkaitan.Periode AntenatalDirasakan pada minggu ke 33 dengan naiknya tekanan darah.Pengurangan gerakan janin.Ultrasound scan menunjukan lambatnya pertumbuhan ukuran janin dan adanya pengurangan cairan yang keluar.Dibuktikan oleh CTG (Fig. 4.34).CTG1. Apa yang kau perhatikan dari baseline diatas ?2. Apa yang kau perhatikan dari berbagai variabel pada baseline diatas ?3. Apa ada perubahan pada waktu-waktu tertentu, jka ada kapan ?4. Apa yang kau perhatikan tentang aktifitas uterine ?5. Apa menurut mu kategori yang tepat pada hasil CTG diatas, normal/dicurigai terserang penyakit/sudah terserang penyakit ?6. Apa kasus yang paling mungkin terjadi yang bisa dilihat pada kelainan detak jantung yang ditunjukan pada hasil diatas ?7. Apa jenis penanganan atau pengobatan yang dibutuhkan dari pola detak jantung yang ditunjukkan pada hasil diatas ?

Analisis

1. Baseline 180 bpmTidak meyakinkan2. Hampir tidak ada variabilitasTidak meyakinkan3. Deselerasi dangkal, tidak dapat diklasifikasikan karena tidak adanya kontraksi, deselerasi antenatal tidak dipancingAbnormal4. Tidak ada kontraksi5. Terdapat satu fitur abnormal dan dua tidak meyakinkan : CTG diklasifikasikan sebagai patologis6. Mempunyai sejarah intrauterine growth retardation, pengurangan volume cairan, pengurangan gerakan janin, takikardia janin, pengurangan variabilitas, deselerasi terjadi tanpa kontraksi - fetal compromise7. Persiapkan persalinan

Hasil

Caesar darurat dilakukanLaki-laki hidupSkor apgar 1/1 4/5 8/10, berat lahir 1.470 kgSample darah tali pusat tidak tersedia.Simpul tali pusatBayi ditempatkan di unit neonatalDipulangkan kerumah setelah 4 minggu, baik.

RIWAYAT27 tahun gravida 2, par