Cakrawala Diakonia PMB 2013

44

description

Cakrawala Diakonia - Special Edition for PMB KMK Binus 2013

Transcript of Cakrawala Diakonia PMB 2013

Page 1: Cakrawala Diakonia PMB 2013
Page 2: Cakrawala Diakonia PMB 2013
Page 3: Cakrawala Diakonia PMB 2013

2

Page 4: Cakrawala Diakonia PMB 2013

3

Page 5: Cakrawala Diakonia PMB 2013

4

Page 6: Cakrawala Diakonia PMB 2013

5

Page 7: Cakrawala Diakonia PMB 2013

6

Page 8: Cakrawala Diakonia PMB 2013

7

Page 9: Cakrawala Diakonia PMB 2013

8

Page 10: Cakrawala Diakonia PMB 2013

Seiring dengan perkembangannya, KMK telah memiliki budaya-budaya dan rasa kekeluargaan yang amat kental ketika masuk pertama kali baik mahasiswa baru maupun mahasiswa aktif yang sering ikut kegiatan-kegiatan KMK.

“Halo, Binusian 2017! Gimana nih kabarnya FEP kalian? Asik dong ya. Nah, seperti yang temen-temen semua tau, di program FEP kan ada jam kerohanian di hari

Jumat, pasti pada ikut sesi di KMK kan? Di artikel ini, CD mau bahas lebih jauh nih tentang KMK itu sendiri. Yuk disimak!”

Berdiri pertama kali di bulan Januari tahun 1990, Keluarga Mahasiswa

Katolik (KMK) Bina Nusantara Uni-versity berkembang bersamaan dengan mahasiswa/i yang mau dengan senang hati membangun sebuah komunitas kato-lik.

9

Page 11: Cakrawala Diakonia PMB 2013

Menjadikan KMK sebagai wadah yang profesional, menyenangkan, dan akrab bersama seluruh kategorial, mahasiswa katolik, dan alumni dalam memberikan pelayanan dan pendalaman iman yang tulus serta aktif dalam ruang lingkup keorganisasian BINUS, gereja, dan PMKAJ unit Barat serta mengharumkan nama KMK BINUS.

Menjalin dan meningkatkan komunikasi, koordinasi, dan kerjasama yang baik sebagai bentuk kekeluargaan antar pengurus, seluruh katego-rial, seluruh mahasiswa katolik yang aktif dalam KMK BINUS, para simpatisan katolik, dan para alumni KMK BINUS.

Menjalin hubungan baik dengan BINUS University, UKM, HMJ, dan komunitas BINUS University, gereja, masyarakat, dan PMKAJ unit Barat.

Merangkul Binusian beragama katolik yan belum atau kurang aktif di KMK BINUS untuk ambil bagian di dalamnya.

Meningkatkan kinerja dan kualitas dalam setiap event dan kegiatan rutin KMK BINUS.

Memperkaya setiap event dan kegiatan rutin dengan pendalaman iman.

VISI

MISI01

02

03

0405

Sampai saat ini, kegiatan rutin KMK setiap minggunya diadakan di Ruang 800, Kampus Anggrek setiap jam 11.20 sampai 13.00 dimana pada waktu itu tidak ada jam perkuliahan sama sekali. Jadi, temen – temen semua bisa dateng dan ikut senang-senang di sana. Nah, Ada sisi lain KMK selain di bidang rohani nih. Olahraga bareng temen-temen supaya badan tambah sehat dan makin deket sama temen yang lain ada, lalu juga ada bulutangkis, basket, futsal, dan berenang. Cabang olahraga ini biasa dipertandingkan buat Mawar Cup se-PMKAJ (Pastoral Mahasiswa Keusku-pan Agung Jakarta)

unit Barat tiap tahunnya. Bagi temen-temen yang suka futsal/basket, bisa nih daftar jadi tim olahraga KMK BINUS. Main bareng dan menang bareng lebih terasa seru deh! Terlepas dari kegiatan rutin, ada pula acara-acara rutin KMK yang diadakan setiap tahunnya contohnya Natal, Paskah, Ziarek, PMB, dan ROD. Dari setiap acara tersebut, seluruh maha-siswa katolik di BINUS diundang loh. Jadi, jangan takut mau dateng kalo gak ada temen, karena waktu temen-temen pulang dari acara tersebut, pasti dapet temen baru dan pastinya keluarga baru juga.

10

Page 12: Cakrawala Diakonia PMB 2013

Yang namanya organisasi, gak bisa berjalan kalo gak ada pengurusnya, betul? Nih, orang-orang di belakang layar KMK BINUS kepengurusan tahun 2013 – 2014 beserta divisi masing-masing:

Hasudungan Bimantara

FeliciaWibisono

DanielChristopher

Koordinator Umum

Koordinator Publikasi & Dokumentasi

Koordinator Perlengkapan

Carlos WiramaKoordinator Alam Sutera

Petrus TanWakil Koordinator Umum

Amanda PriscillaSekretaris

Scholastica GrasintaBendahara

Ferry WijayaKoordinator Acara

11

Page 13: Cakrawala Diakonia PMB 2013

Buat temen-temen yang di kam-pus Alam Sutera, tenang aja, KMK akan selalu hadir di hari Jumat berbarengan sama kegiatan rutin yang di kampus Ang-grek. Gak kalah serunya loh! Sekian dulu penjelasan lebih jauh tentang KMK ya. Oh iya, selain temen-

ElizabethIreneKoordinator Liturgi

RicoKoordinator Kesenian dan Olahraga

Mariza MetantiaKoordinator Humas Internal

RicoGunawanKoordinator Humas Eksternal

temen dapet keluarga baru, di sini kalian bisa belajar organisasi juga, tentunya ses-uai sama visi dan misi KMK yang uda disebutin di atas. Yuk, gabung bareng di KMK! Sekali lagi, selamat datang Binu-sian 2017! Kami mengasihimu. [VA]

12

Page 14: Cakrawala Diakonia PMB 2013

13

Katekumen St. Yohanes Pembaptis KMK Binus adalah salah satu kategorial dari KMK Binus yang

bergerak di bidang pengajaran bagi mereka yang ingin mempelajari tentang iman Katolik, dan sekaligus juga memfasilitasi untuk penerimaan sakramen inisiasi, yaitu Baptis, Krisma, dan Ekaristi.

MisiKarena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus,dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman." (Matius 28: 19-20)

KATEKUMENKategorial

Page 15: Cakrawala Diakonia PMB 2013

14

Page 16: Cakrawala Diakonia PMB 2013

15

Kategorial

PERPUSTAKAANPerpustakaan KMK Binus merupakan salah

satu dari 7 kategorial KMK Binus. Sesuai dengan namanya, Perpustakaan memiliki berbagai macam koleksi buku yang ber-manfaat mulai dari buku rohani, motivasi, pengetahuan, novel, dan masih banyak lagi buku-buku menarik lainnya yang dapat dipinjam oleh teman-teman untuk menambah ilmu pengetahuan maupun hanya sekedar hiburan.

Teman-teman yang ingin menjadi member perpustakaan KMK bisa men-ghubungi Jane (0898 9227 455) setiap selesai KMK Jumat dengan membawa uang IDR 10.000 sebagai biaya admin-istrasi dan foto 3×4.

Setelah mendaftar, teman-teman akan mendapatkan member seumur hidup.

Selain pinjam meminjam buku, perpustakaan juga

Page 17: Cakrawala Diakonia PMB 2013

16

memiliki 1 kegiatan pelayanan yang rutin dilaku-kan, yaitu kegiatan pengajaran. Di pelayanan ini, kami juga mengajak teman-teman untuk ikut peduli kepada teman-teman kita yang kurang mampu untuk bisa mengenyam pendidikan yang layak dan membantu mereka dalam meng-hadapi pelajaran yang diberikan oleh sekolahnya

masing-masing.

Pengajaran ini rutin diadakan setiap hari Jumat (kecuali tanggal merah) jam 4.00 sore di lt 2 Auditorium MBK. Untuk teman-teman yang

mau ikutan bisa lang-sung menghubungi

Sugianto (0877 8821 5011) atau langsung datang ke MBK j am 3.30.

Page 18: Cakrawala Diakonia PMB 2013

17

Visi• Menjadi saksi Kristus yang membawa terang kemuliaan-Nya (Mat 5: 16) Misi• Fokus ke Tuhan (Mrk 12: 30)• Mengasihi sesama (Mrk 12: 31)

Kegiatan rutin

1. PD Sabtu Setiap hari Sabtu, pk. 13.00 Ruangan M2CD, Kampus Syahdan2. Pembinaan Setiap hari Minggu, pk. 10.30 Kampus Syahdan3. General Assembly (GA) Setiap hari Minggu bagi semua tim.

Kategorial

PDKK BinusPersekutuan Doa Karismatik Kato-

lik Bina Nusantara (PDKK Binus) diresmikan tanggal 5 Desember 1993. Awalnya, PDKK Binus adalah perseku-tuan doa yang diperuntukkan bagi staf, karyawan, dan dosen Universitas Bina Nusantara. Dengan semakin banyaknya mahasiswa yang bergabung di dalamnya, saat ini PDKK Binus lebih cenderung sebagai wadah bagi mahasiswa Bina Nus-antara untuk berkumpul dan melayani teman-teman di kampus Bina Nusantara.

Page 19: Cakrawala Diakonia PMB 2013

18

History

Persekutuan Doa Karismatik Katolik (PDKK) Bina Nusantara merupakan salah satu kategorial dalam wadah yang ada dalam civitas akademika katolik Binus, yaitu Keluarga Mahasiswa Katolik (KMK) Bina Nusantara. Sebagai kat-egorial dari KMK Binus, PDKK Binus memegang peranan sebagai gerakan pem-baharu umat kristiani. Dalam lingkungan yang lebih luas PDKK Binus juga melay-ani dalam persekutuan-persekutuan doa paroki dan kategorial khususnya dalam bidang puji-pujian.Berawal dari sebuah persekutuan doa kecil yang diperuntukkan bagi staf,

karyawan, dan dosen katolik Binus Uni-versity (dulu STMIK Bina Nusantara) pada tahun 1991, persekutuan ini secara bertahap terus bertumbuh dan berkem-bang dalam pimpinan Roh Kudus. Dalam pertumbuhan dan perkembangannya, pada tahun 1992, sejumlah mahasiswa mulai ikut dalam persekutuan yang jum-lahnya terus meningkat hingga perlu dibentuk sebuah kepengurusan resmi berupa sebuah tim pelayanan.

Tanggal 5 Desember 1993, PDKK Binus secara resmi berdiri dan diresmikan melalui sebuah Perayaan Ekaristi Kudus dalam kegiatan retreat panggilan selama 2 hari. Dalam peresmian ini dicanangkan visi dan misi PDKK Binus sebagai sebuah gerakan pembaharuan.

Page 20: Cakrawala Diakonia PMB 2013

19

Kategorial

LEGIO MARIALegio Maria merupakan suatu per-

kumpulan umat Katolik yang terbentuk dengan restu Gereja dan bimb-ingan kuat Maria Tak Bernoda sebagai

penganta ra s ega l a rahmat yang telah

menggabungkan diri ke dalam

suatu laskar untuk bertempur dalam peperangan abadi antara Gereja melawan dunia dan kekuatan jahatnya. Pelayanan yang tulus ikhlas yang dijiwai oleh kasih dan iman akan Maria sendiri dan pengingkaran diri. Pelayanan meru-pakan suatu cara untuk mengembangkan kasih dalam diri kita dimana kita dapat merasakan dan berbagi kasih bersama orang yang kita layani.

Page 21: Cakrawala Diakonia PMB 2013

20

Tujuan organisasi

Memuliakan Allah melalui pengudusan anggotannya yang dikembangkan dengan doa dan kerjasama aktif di bawah bimbin-gan Gereja dalam karya Maria dan Gereja untuk menghancurkan kepala ular dan meluaskan kerajaan Allah.

Ingatlah - “Hidup bukanlah untuk dilayani melainkan untuk melayani.” (Mat 20:28)

Page 22: Cakrawala Diakonia PMB 2013

21

Kategorial

ANCILLA DOMINI"Ecce ancilla Domini, fiat mihi secun-dum verbum tuum." - artinya “Aku ini hamba Tuhan, terjadilah padaku menurut perkataan-Mu.” Pemilihan nama tersebut dikarenakan Ando memilih Bunda Maria sebagai pelindung dan ingin meneladani sikap Bunda Maria yang selalu setia pada kehendak Tuhan. "Ecce" kata yang dimulai oleh Allah dan dijawab oleh manusia sebagai suatu ben-tuk penyerahan diri.

Ancilla Domini atau yang akrab disapa Ando, bersemboyankan “Many songs, one voice” bercita-cita untuk menjadi wadah tempat penyatuan berbagai macam talenta bermusik yang dimiliki mahasiswa Katolik dengan tujuan untuk memuji dan memuliakan Tuhan.

VisiTurut serta mengembangkan dan mem-perkaya khazanah musik gerejani.

MisiMelayani umat dalam bentuk paduan suara pada misa dalam segala kondisi dan sebagai bentuk pelayanan kepada gereja.

Kegiatan-kegiatan rutin AndoMengisi paduan suara di:

- Misa Gereja Maria Bunda Karmel- Misa Jumat Pertama KMK (diadakan di Binus University setiap hari Jumat pada minggu pertama, pukul 11.20 13.00 WIB)- Misa Natal, - Misa Pekan Suci- Misa Pernikahan

Page 23: Cakrawala Diakonia PMB 2013

22

- Misa Arwah- Misa Pemberkatan Rumah- dan kegiatan pelayanan lainnya.

Jadwal latihanKamis dan Jumat pukul 17.00 – 19.00 atau 19.00 – 21.00 di Ruang Kelas Bina Nusantara Univer-sity Syahdan

Bagi umat yang suka bernyanyi dan

tertarik serta ingin memuji dan melayani Tuhan dalam paduan suara dapat meng-hubungi Contact Person Ancilla Domini yang tersedia.

Contact PersonAncilla Domini : 0897 951 3797Denny : 0857 6537 7703FB : www.facebook.com/ancilla.domini.9Website : ancilladomini.web.id

Page 24: Cakrawala Diakonia PMB 2013

23

Kategorial

THS-THMNama organisasi ini adalah Tunggal

Hati Seminari - Tunggal Hati Maria yang disingkat menjadi THS-THM.

THS (untuk putra) didirikan pada hari Pahlawan tanggal 10 November 1985

di Gelanggang Remaja Jakarta Utara. Sedangkan, THM (untuk putri) didiri-kan pada tanggal 10 November 1986 di Gereja Katolik Santo Bonaventura, Pulo-mas, Jakarta.

Pusat Organisasi THS-THM berkedudukan di Ibukota Republik Indonesia. Keduanya adalah kesatuan organisasi awam non-politis yang

menghimpun dan mendayagu-nakan kegiatan seni budaya olahraga bela-

Page 25: Cakrawala Diakonia PMB 2013

24

diri pencak silat dengan tujuan:• Membina iman Katolik sekokoh mungkin.• Memperdalam iman dengan amal per- buatan sebagai patriot bangsa.

THS-THM adalah sebentuk kerasu-lan awam Indonesia yang memakai sarana budaya olahraga seni beladiri pencak silat Indonesia yang bertujuan untuk memuliakan Tuhan Yesus dan Bunda Maria, serta memiliki pengabdian dan sumbangan

bagi budaya bangsa. PRO PATRIA ET ECCLESIA!

Latihan rutinSetiap Minggu pukul 12.00 di depan hokben Binus Syahdan

Contact PersonFransiskus 296D5666 087899773339 081294132727

Page 26: Cakrawala Diakonia PMB 2013

CAKRAWALADIAKONIA

Kategorial Cakrawala Diakonia (CD) merupakan salah satu media informasi Keluarga Masasiswa Katolik (KMK) Binus Univer-sity dalam bentuk majalah.

Cakrawala Diakonia terbit pertama kali 7 April 1992, yang pada awalnya berbentuk gema mingguan, dan sekarang berubah menjadi bentuk majalah bulanan.

25

Page 27: Cakrawala Diakonia PMB 2013

• Social media (facebook dan twitter KMK Binus

Rubrik rutin Cakrawala Diakonia send-iri terdiri dari Cover Story, Opini, Cerita Anak dalam Pelayanan, Renungan, Lipu-tan event-event KMK serta kategorialnya, dan rubrik-rubrik umum lainnya.

Segmentasi pembaca Cakrawala Diako-nia sendiri terdiri dari para anggota KMK Binus, yaitu seluruh mahasiswa, dosen, dan karyawan Binus University yang beragama katolik.

Cakrawala Diakonia terbit setiap bulan dan dipublikasikan secara online melalui • www.issuu.com/cakrawaladiakonia• Website KMK Binus

26

Page 28: Cakrawala Diakonia PMB 2013

27

Page 29: Cakrawala Diakonia PMB 2013

28

Page 30: Cakrawala Diakonia PMB 2013

29

Page 31: Cakrawala Diakonia PMB 2013

30

Page 32: Cakrawala Diakonia PMB 2013

31

Page 33: Cakrawala Diakonia PMB 2013

32

Page 34: Cakrawala Diakonia PMB 2013

33

Page 35: Cakrawala Diakonia PMB 2013

34

Page 36: Cakrawala Diakonia PMB 2013

35

Page 37: Cakrawala Diakonia PMB 2013

36

Page 38: Cakrawala Diakonia PMB 2013

37

Page 39: Cakrawala Diakonia PMB 2013

38

Page 40: Cakrawala Diakonia PMB 2013

ditulis oleh : Shan Romario

“Nak, kuliah yang baik ya. Di sini ibu dan bapak selalu mendoakan mu..”

Mungkin itu kalimat yang buat kalian semua asing dan mungkin kalian juga berpikir itu cuman ada di FTV, tapi per-nahkah kalian memikirkan bahwa kedua orang tua kalian selalu berusaha sekuat

tenaga buat kehidupan kalian?

Banyak adaptasi buat kalian semua yang jadi mahasiswa baru, keban-

yakan dari kalian tidak menghayati sepenuhnya imbuhan “maha” didepan kata siswa, kalian yang semakin arogan, kalian yang merasa sudah dewasa, kalian yang selalu berusaha berdalih bahwa kalian sudah dewasa dan tidak perlu diatur.

“Mah, aku udah gede, aku bisa jaga diri!“ Kalimat ini yang sering keluar dari mulut kalian yang merasa terkekang dan nggak bisa bebas. Banyak juga dari mahasiswa baru yang memilih kuliah ke luar kota bahkan keluar negeri dengan alasan semata-mata biar bisa bebas dari aturan aturan yang ada di rumah.

Pernahkah sejenak merenung bahwa orang tua kalian berkerja keras buat kalian? Mereka rela merasakan panasnya terik matahari, mereka rela berpeluh ker-ingat buat kelanjutan hidup pendidikan kalian, bahkan tak sedikit dari mereka yang menahan malu untuk mencari ban-tuan untuk biaya kalian kuliah.

Kenyataan yang sebenernya di balik pengalaman baru kita setelah jadi mahasiswa, di balik senangnya kita ber-main-main dengan teman-teman baru kita, berpacaran, jalan-jalan ke mall, atau bahkan sedihnya harus LDR sama pacar, bahkan ada yang sampe putus, atau yang harus makan cuman pake mie instan di akhir bulan, atau yang makan cuman 2x bahkan sekali

39

Page 41: Cakrawala Diakonia PMB 2013

Ini kalimat yang sungguh mengin-spirasi saya ketika saya memulai perkuliahan saya, tapi ini yang mem-buat saya berusaha buat mereka bangga, buat mereka bangga dengan prestasi di kampus, prestasi di luar kampus, perilaku yang semakin dewasa.

“Berawal dari mimpi, berjalan dengan percaya diri, dan jangan pernah berhenti”

sehari. Di tempat lain orang tua kita menanggung beban berat dan bahkan mereka tidak pernah memanjakan diri mereka sendiri, mereka tidak pernah mengeluh akan keadaan itu, dan itu semua untuk kita.

Terkadang hati kecil kita berontak, “Kalo nggak buat kita buat siapa lagi mereka bekerja?” Memang bener mer-eka bekerja buat kita, tapi apakah kita bertanggung jawab atas semua itu? Apa kalian cuman mejeng ke sana sini pake mobil orang tua, suka shopping sana sini ngabisin duit orang tua? Buat kalian yang masih seperti itu, cobalah membuat sebuah pemikiran bahwa kalian kuliah nggak cuman buat ngabi-sin waktu, nggak cuman buat cari title di belakang nama kalian kelak, tapi sebuah pembelajaran yang lebih men-dalam daripada tingkatan Menengah Atas yang lalu, buatlah ilmu yang kalian dapet selama di perkuliahan nanti sebagai modal kalian kedepan, modal kalian di dunia yang nyata, yang lebih kejam dan pragmatis.

Banyak juga yang kuliah di fakultas dengan paksaan orang tua, memang ini susah buat dijalanin, memang susah buat dinikmati, tapi percayalah orang tua kalian nggak mungkin ngasi yang jelek ke anaknya, toh masih ada temen-temen kalian yang bisa bantu kan, so enjoy it!

“Papa Mama nggak bisa ngasi warisan apa-apa, yang bisa cuman

pendidikan yang tinggi.”

Buat ka l i an maha -siswa baru yang baru mu l a i b e r adap t a s i , baru memulai ritme yang baru, baru mulai merasakan kebebasan yang ada di kampus, awal i l ah kehidupan perkuliahan kalian den-

gan baik. Berat memang di kejar kejar deadline, tugas yang menumpuk, harus bangun pagi buat kuliah tapi dosennya nggak dateng, dan banyak lagi hal-hal baru yang bakalan kalian dapetin saat kuliah nanti, tapi syukurilah banyak yang bernasib lebih buruk dari kalian di luar sana. God Bless You !!

40

Page 42: Cakrawala Diakonia PMB 2013
Page 43: Cakrawala Diakonia PMB 2013
Page 44: Cakrawala Diakonia PMB 2013