Buku panduan skripsi fix 2014

32
PANDUAN PENYUSUNAN KARYA ILMIAH STMIK DHARMA WACANA METRO Jl. Kenanga No.3 Mulyojati 16 C Metro Barat Kota Metro

Transcript of Buku panduan skripsi fix 2014

Page 1: Buku panduan skripsi fix 2014

PANDUAN PENYUSUNANKARYA ILMIAH

STMIK DHARMA WACANA METROJl. Kenanga No.3 Mulyojati 16 C Metro Barat Kota Metro

Page 2: Buku panduan skripsi fix 2014

PANDUAN PENYUSUNAN KARYA ILMIAH STMIK DHARMA WACANA METRO

Versi : 01 DAFTAR ISI

DAFTAR ISI

DAFTAR ISI

BAGIAN I PENDAHULUAN

BAGIAN II PROSEDUR PENYUSUNAN DAN ORGANISASI KARYA ILMIAH

BAGIAN III TEKNIK PENULISAN KARYA ILMIAH

BAGIAN IV HAL-HAL LAIN

LAMPIRAN

Page 3: Buku panduan skripsi fix 2014

PANDUAN PENYUSUNAN KARYA ILMIAH STMIK DHARMA WACANA METRO

Versi : 01 PROSEDUR PENYUSUNAN DAN ORGANISASI

BAGIAN I PENDAHULUAN

1.1 Pengertian Karya Ilmiah

Karya ilmiah adalah satu tulisan yang memuat satu hasil penelitian dan ditulis dengan aturantertentu. Karya ilmiah dalam dunia pendidikan dapat berupa laporan tugas akhir, skripsi, thesisataupun disertasi.Dalam buku petunjuk ini hanya akan memberikan penjelasan tentang tata cara penulisan karyailmiah laporan tugas akhir dan skripsi.

Karena karya ilmiah merupakan tugas yang wajib diselesaikan oleh mahasiswa, penulisannya harusmemperhatikan beberapa hal berikut:1. Berdasarkan penelitian yang dilakukan mahasiswa sendiri2 Menghasilkan kesimpulan dari masalah yang dibahas atau yang diteliti, dan3 Memberikan sumbangan nyata bagi kemajuan ilmu pengetahuan dan tekhnologi

1.2 Pengertian Tugas Akhir dan SkripsiSkripsi adalah karya ilmiah yang diwajibkan kepada mahasiswa Starata 1 (S1), sedangkanTugas Akhir adalah karya ilmiah yang diwajibkan kepada mahasiswa Diploma 3 (D3).

1.3 Tujuan Penulisan Laporan Tugas Akhir /SkripsiMemenuhi persyaratan akademis untuk memperoleh gelar Sarjana (S1) atau Ahli Madya (D3)

1.4 Bobot Laporan Tugas Akhir /SkripsiLaporan Tugas Akhir/Skripsi untuk masing-masing program studi adalah:

Untuk program Strata 1 (S1) sebanyak 6 SKSUntuk program Diploma (D3) sebanyak 4 SKS

1.5 Bimbingan Penulisan Karya IlmiahSetiap mahasiswa yang akan membuat laporan tugas akhir ataupun skripsi akan dibimbing olehseorang dosen pembimbing yang diusulkan oleh ketua jurusan kepada dekan. Kegiatanbimbingan adalah :1. Kegiatan bimbingan dimulai dari menyusun rancangan penelitian2. Waktu dan tempat kegiatan bimbingan dilaksanakan pada waktu kerja dan bertempat di

STMIK Dharma Wacana3. Apabila tidak bisa dilaksanakan di STMIK Dharma Wacana maka bisa dilaksanakan pada

tempat lain sesuai dengan persetujuan pembimbing. Hasil kesepakatan itu harus dilaporkandan disetujui oleh Ketua Jurusan.

4. Setiap kali melakukan kegiatan konsultasi, pembimbing membubuhkan paraf pada lembarbimbingan Laporan Tugas Akhir/Skripsi.

Page 4: Buku panduan skripsi fix 2014

PANDUAN PENYUSUNAN KARYA ILMIAH STMIK DHARMA WACANA METRO

Versi : 01 PROSEDUR PENYUSUNAN DAN ORGANISASI

BAGIAN II ORGANISASI KARYA ILMIAH

2.1 Organisasi Laporan Tugas Akhir /SkripsiLaporan Tugas Akhir/Skripsi terdiri dari dua bagian yaitu bagian Awal, bagian Isi dan Akhir:

Bagian awal berisi:1. Kulit Luar (lihat LAMPIRAN 1)2. Judul Dalam (lihat LAMPIRAN 1)3. Surat Pernyataan Orisinilitas Penelitian (lihat LAMPIRAN 2)4. Persetujuan (lihat LAMPIRAN 3)5. Pengesahan Tim Penguji (lihat LAMPIRAN 4)6. Riwayat Hidup (lihat LAMPIRAN 5)7. Persembahan (bila ada) (lihat LAMPIRAN 6)8. Motto (bila ada) (lihat LAMPIRAN 7)9. Abstrak (lihat LAMPIRAN 8)10. Pra Kata (lihat LAMPIRAN 9)11. Daftar isi (lihat LAMPIRAN 10)12. Daftar Gambar dan Simbul (bila ada) (lihat LAMPIRAN 11)13. Daftar Tabel (bila ada) (lihat LAMPIRAN 12)

Bagian isi terdiri atas:

BAB I PendahuluanDalam bab ini tercantum latar belakang, perumusan masalah, ruang lingkup penelitian, tujuan danmanfaat penelitian, dan sistematika penulisan.Latar belakang masalahBerisi penjelasan berupa alasan tertentu kenapa judul/topik skripsi ini jadi pilihan untuk ditelitiPerumusan masalahBerisi masalah dalam bentuk pertanyaan-pertanyaan yang akan dicari jawabanya oleh penelitidalam bentuk temuan/pembuktian yang didapat dari hasil penelitiannya.Ruang lingkup penelitianPenjelasan tentang tempat, waktu, batasan (asumsi) objek penelitianTujuanBerisi penjelasan kegiatan apa yang akan dilakukan dalam penelitian iniManfaat PenelitianMenjelaskan manfaat/kegunaan dari hasil/temuan penelitian yang akan diperoleh institusi dimanapenelitian dilakukan atau bagi ilmu pengetahunSistematika penulisanBerisi penjelasan singkat isi tiap bab dari skripsi

BAB II Landasan TeoriDalam bab ini memuat tentang teori-teori yang mendukung penelitian yang akan dilakukan olehpenulis / peneliti. Apabila penelitian memerlukan analisa statistika maka pada bab ini dicantumkanjuga teori statistika yang digunakan dan hipotesa (bila diperlukan).

BAB III Metode PenelitianDalam bab ini berisi metode-metode pendekatan penyelesaian permasalahan yang dinyatakan dalamperumusan masalah.

Page 5: Buku panduan skripsi fix 2014

PANDUAN PENYUSUNAN KARYA ILMIAH STMIK DHARMA WACANA METRO

Versi : 01 PROSEDUR PENYUSUNAN DAN ORGANISASI

BAB IV Hasil Penelitian dan PembahasanDalam bab ini, mahasiswa mendemonstrasikan pengetahuan akademis yang dimiliki dan ketajamandaya fikirnya dalam menganalisis persoalan yang dibahasnya, dengan berpedoman pada teori-teoriyang dikemukakan pada Bab II.Mahasiswa diharapkan dapat mengemukakan suatu gagasan/rancangan/model/alat/ teori baru untukmemecahkan masalah yang dibahas sesuai dengan tujuan penelitian.

BAB V Kesimpulan dan SaranKesimpulan merupakan rangkuman dari pembahasan, yang sekurang-kurangnya terdiri dari; (1)jawaban terhadap perumusan masalah dan tujuan penelitian serta hipotesis; (2) hal baru yangditemukan dan prospek temuan;(3) pemaknaan teoritik dari hal baru yang ditemukan.

Saran merupakan implikasi hasil penelitian terhadap pengembangan ilmu pengetahuan danpenggunaan praktis. Sekurang-kurangnya memberi saran bagi perusahaan (obyek penelitian) danpenelitan selanjutnya, sebagai hasil pemikiran penelitian atas keterbatasan penelitian yangdilakukan.

Bagian akhir terdiri atas:

1. Daftar Pustaka

Bagian ini berisi daftar buku-buku, jurnal ilmiah, hasil penelitian orang lain, dan bahan-bahanlain yang dijadikan sebagai referensi dalam pembahasan skripsi. Referensi yang sifatnya umumatau hanya melengkapi tidak perlu dicantumkan dalam Daftar Pustaka. Contoh beberapa bukuyang sebenarnya digunakan, tetapi tidak perlu dicantumkan dalam Daftar Pustaka antara lain,Buku Petunjuk Penulisan Skripsi yang sedang saudara (mahasiswa) baca saat ini, buku kamus,dan petunjuk penggunaan software tertentu (misalnya, Excel Microsof Word, dll).

2. Lampiran

Bagian ini berisi data yang dapat mendukung atau memperjelas pembahasan atau uraian yangdikemukakan dalam bab-bab sebelumnya. Data-data tersebut dapat berbentuk gambar, tabel,formulir, ataupun flowchart. Gambar dan tabel ataupun flowchart harus dicetak dengan tinta(printer atau foto) dan tidak boleh dengan pensil atau digambar/ditulis dengan tangan. Apabilabahan-bahan yang dijadikan lampiran jumlahnya cukup banyak, maka mahasiswa hendaknyamembuat daftar lampiran tersendiri di luar Daftar Isi yang ada. Demikian pula apabilamahasiswa perlu melampirkan gambar atau tabel yang banyak, maka harus dibuat DaftarGambar atau Daftar Tabel tersendiri.Lampiran harus diberi halaman yang diawali dengan huruf L, dan dimulai dengan L1, L2 ……dst.

Page 6: Buku panduan skripsi fix 2014

PANDUAN PENYUSUNAN KARYA ILMIAH STMIK DHARMA WACANA METRO

Versi : 01 TEKNIK PENULISAN KARYA ILMIAH

BAGIAN III TEKNIK PENULISAN KARYA ILMIAH

3.1 Petunjuk Penulisan Proposal Karya Ilmiah dan Laporan Karya Ilmiah3.1.1 Bentuk UmumA. Bahasa(1) Penulisan proposal penelitian tugas akhir/skripsi dilaksanakan dalam bahasa Indonesia dengan

berpedoman kepada Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan (EYD).(2) Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia.

B. Kertas(1) Kertas berukuran A4 (21,5 cm x 29,7 cm )(2) Jenis kertas yang digunakan untuk tugas akhir/skripsi kertas HVS dengan bobot 80 gram.(3) Untuk kulit (sampul) digunakan kertas tebal (hard cover).(4) Warna kertas

a. Selain kulit (sampul) dan kertas pembatas antar bab, seluruh kertas berwarna putih.b. Warna Kulit (sampul) Tugas Akhir/Skripsi jurusan Sistem Informasi: Biru tuac. Warna pita pembatas : Biru tuad. Warna Kertas pembatas : Biru muda.

C. Pengetikan(1) Hanya pita atau tinta hitam yang diperkenankan untuk digunakan.(2) Pengetikan dengan komputer

a. Huruf Times New Roman dengan font size 12b. Huruf elite (12 huruf per inci atau size 11 pada komputer) dan mini (14 huruf perinci atau

size 10 pada komputer) dapat digunakan untuk tabel dan gambar.c. Huruf miring (italic) digunakan untuk kata asing, dan nama buku serta majalah atau

publikasi ilmiah pada catatan kaki atau dalam daftar pustaka.(3) Semua huruf awal pengetikan berupa huruf besar (kapital).(4) Semua materi dalam tulisan harus diketik.(5) Simbol dan huruf khusus yang tidak terdapat pada komputer dapat digambar dengan tangan

menggunakan tinta cina.(6) Kata terakhir pada suatu halaman tidak boleh dipenggal ke halaman berikutnya, seluruh kata

harus diketik pada halaman berikutnya.(7) Alinea

a. Alinea dan paragrap dapat dipisahkan dengan indentasi (Semi blok style) atau perbedaanspasi (Blok Style)

b. Jarak indentasi 5 ketuk dari awal batas pengetikan.(8) Penggandaan dapat dilakukan memfotokopi /mencetak dengan kertas dan tinta yang berkualitas

tinggi.

E. MARGIN

(1) Jarak dari pinggir kertasa. Bab dan Judul bab diketik 4 cm (1,6 inci) dari batas atas kertasb. Untuk Judul subbab yang awal diketik 3 spasi pada bagian bawah dari bab dan judul

bab.c. Untuk judul subbab lainnya serta lanjutan materi dari subbab jika tempat tidak

memungkinkan pada halaman tersebut, maka harus dimulai pada halaman berikutnya

Page 7: Buku panduan skripsi fix 2014

PANDUAN PENYUSUNAN KARYA ILMIAH STMIK DHARMA WACANA METRO

Versi : 01 TEKNIK PENULISAN KARYA ILMIAH

dengan batas margin kiri dan atas berjarak 4 cm (1,6 inci) dari pinggir kertas sertamargin kanan dan bawah berjarak 3 cm (1,2 inci) dari pinggir kertas.

d. Pengetikan menggunakan kaidah rata margin kiri dan kanan.(2) Semua tabel dan gambar harus berada dalam margin.

F. SPASI(1) Secara umum, keseluruhan tulisan harus berspasi satu setengah (1,5).(2) Spasi tunggal digunakan untuk judul, judul bab, judul subbab, kutipan, tabel, judul tabel,

judul gambar, biografi, dan naskah pada abstrak makalah ilmiah.(3) Spasi tripel digunakan untuk antartabel, antargambar, antartabel dan naskah, dan

antargambar dan naskah.(4) Spasi empat digunakan:

a. Antara nama penulis dan baris pertama naskah pada halaman abstrak.b. Antara “Daftar Tabel” dan baris pertama judul tabel pada halaman daftar tabel.c. Antara “Daftar Gambar” dan baris pertama judul gambar pada halaman daftar gambar.

(5) Jarak (jumlah ketukan antar kata) dalam tulisan:a. Jarak satu ketukan digunakan antarakata dan setelah semua tanda baca (kecuali setelah

titik pada akhir kalimat, titik dua, titik koma, tanda tanya, dan tanda seru).b. Jarak satu ketukan digunakan sesudah titik untuk singkatan gelar dan nama.c. Jarak dua ketukan digunakan setelah tanda baca titik pada akhir kalimat, titik dua, titik

koma, tanda tanya, dan tanda seru.d. Antara titik dan singkatan lain dalam suatu gelar (misalnya Ph.D., S.H.), dengan angka

lain untuk menunjukkan waktu, dan dengan angka lain yang menunjukkan bilanganribuan tidak mempunyai jarak.

G. PENOMORAN HALAMAN(1) Nomor halaman diketik tanpa tanda petik atau pun tanda hubung.(2) Semua halaman dinomori, kecuali halaman judul.(3) Pada halaman yang memuat judul utama (bab), nomor halaman dicantumkan pada posisi

tengah margin bawah dengan jarak 1,5 cm dari pinggir kertas bagian bawah.(4) Nomor halaman berikutnya ditempatkan di samping kanan atas berjarak 2,5 cm dari pinggir

kertas bagian atas dan 3 cm dari pinggir kanan kertas.(5) Halaman persetujuan, halaman pengesahan, motto, kata pengantar, daftar isi, daftar gambar,

daftar tabel dan abstrak diberi angka romawi kecil dimulai dengan huruf i.(6) Halaman lampiran diberi nomor sesuai dengan nama dan urutannya contohnya lampiran 1,

lampiran 2 dan seterusnya.

H. Tugas akhir/Skripsi dengan Volume Ganda(1) Laporan tugas akhir/skripsi yang tebal mungkin memerlukan dua atau lebih volume (jilid)(2) Halaman judul harus diulang pada setiap volume dan serupa kecuali untuk kata-kata “volume I”

(“Jilid I”). “Volume II” (“Jilid II”), dan seterusnya yang diletakkan tepat di bawah judul.(3) Setiap volume (jilid) mempunyai halaman-halaman pemula.(4) Penomoran halaman berurutan dari “Volume I” (“Jilid I”) sampai volume (jilid) terakhir.

Page 8: Buku panduan skripsi fix 2014

PANDUAN PENYUSUNAN KARYA ILMIAH STMIK DHARMA WACANA METRO

Versi : 01 TEKNIK PENULISAN KARYA ILMIAH

I. Enumerasi(1) Huruf atau nomor yang sudah digunakan untuk suatu bab tidak dapat digunakan untuk bab

berikutnya contohnya Bab I, Bab II dst.

(2) Pola enumerasi dengan penomoran mengikuti pola berikut:Bab I1. ....................................................................................................................

1.1 .............................................................................................................1.1.1 ....................................................................................................1.1.1.1...................................................................................................1.1.1.2...................................................................................................

Enumerasi yang lebih bawah lagi atau lebih dari empat hendaknya menggunakan huruf kecilseperti berikut:1. ....................................................................................................................

1.1 ..............................................................................................................1.1.1 ...................................................................................................

1.1.1.1 .....................................................................................1.1.1.2 .....................................................................................

a. ..............................................................................b. ..............................................................................

J. Catatan Kaki(1) Catatan kaki dapat digunakan untuk:

(a) Mengakui kutipan, pernyataan, dan atau gagasan yang diambil dari penulis/orang lain.(b) Membuktikan/membenarkan pernyataan, membenarkan dengan menyebutkan sumber

informasi.(c) Mengutip halaman tertentu.

(2) Catatan kaki dapat berupa rujukan penjelasan dari isi.(3) Pengetikan

(a) Jika menggunakan cara indentasi, untuk setiap entri catatan kaki, identasi dimulai pada barispertama dan berjarak lima ketukan dari batas margin

(b) Catatan kaki dipisahkan dari naskah oleh garis tidak terputus sepanjang 10 ketukan danberjarak dua spasi dari naskah.

(c) Spasi tunggal digunakan pada catatan kaki, spasi ganda digunakan pada antara catatan kaki.(d) Kutipan dalam naskah diikuti dengan angka Arab yang diketik sedikit di atas garis

(superscript)(e) Nomor yang sama diketik pada awal catatan kaki pada bagian bawah halaman tempat

terdapatnya kutipan tersebut.(f) Catatan kaki penjelas dan rujukan silang dinomori dengan urutan yang sama.

(4) Penulisan(a) Penulisan pertama untuk suatu catatan kaki harus mengandung informasi lengkap nama

penulis/orang, tahun penulisan/ucapan, judul tulisan, tempat penerbit atau makalah/ucapandibacakan/diucapkan.

(b) Nama penulis ditulis dengan nama kecil/nama pertama diikuti dengan huruf besar pertamanama tengah (jika ada) dan nama akhir/keluarga (Contoh: Ria Wulandari, David J. Jackson).

(c) Tanda baca utama adalah koma.

Page 9: Buku panduan skripsi fix 2014

PANDUAN PENYUSUNAN KARYA ILMIAH STMIK DHARMA WACANA METRO

Versi : 01 TEKNIK PENULISAN KARYA ILMIAH

K. Tabel

Tabel menyatakan data yang sudah ditabulasikan dan digunakan dalam tugas akhir /skripsi, baikdalam tubuh tulisan maupun dalam lampiran. Adapun tata cara penulisannya sebagai berikut :(1) Pembuatan Tabel

(a) Untuk membuat tabel harus diketik menggunakan komputer agar hasil ketikan menjadibaik/standar.

(b) Pemandu huruf dapat digunakan untuk judul, nomor, dan tanda-tanda.(c) Tabel sedapat mungkin menggunakan kertas dengan mutu yang sama dengan kertas yang

digunakan untuk seluruh tulisan.

(2) Penempatan Tabel(a) Tabel harus berada dalam margin dan diletakkan sedekat mungkin dengan uraian dalam

tulisan.(b) Posisi tabel sejajar lebar atau sejajar panjang kertas tidak dipengaruhi oleh cara penomoran

halaman.(c) Tabel yang ukurannya kurang atau sama dengan setengah halaman dapat diletakkan di

antara uraian laporan dan dipisahkan dari kalimat sebelah atas dan bawah dengan satu spasitripel.

(d) Tabel yang lebih besar dari pada setengah halaman diletakkan pada halaman tersendiri.(e) Dua atau tiga tabel yang kecil dapat diletakan pada satu halaman dengan pemisahan.(f) Tabel yang lebar dapat diketik atau diletakkan sejajar panjang kertas.(g) Tabel yang besarnya melebihi ukuran kertas dapat dilipat dengan lipatan yang sesuai dengan

ukuran kertas; margin diukur dari batas kertas.

(3) Penomoran Tabel(a) Tabel dinomori dengan seri yang berbeda sesuai dengan bab pada tabel tersebut berada.(b) Setiap seri diberi nomor urut dengan angka arab; misalnya: Tabel 2.16 (artinya tabel pada

bab 2 nomor 16).(c) Penomoran table lanjutan ke halaman lain dapat ditulis :

1. Pada halaman berikutnya di batas atas diketik “Tabel 2.16 (lanjutan)”, tanpa tanda petik.2. Judul tabel tidak diketik ulang.

(d) Penomoran halaman tabel1. Penomoran halaman yang memuat tabel mengikuti halaman naskah.2. Nomor halaman tersebut digunakan dalam menyusun daftar tabel.

(4) Judul Tabel(a) Judul tabel adalah penggambaran isi tabel dan harus sama dengan segala hal yang tertera

dalam tabel.(b) Judul diusahakan singkat dan lugas, serta diakhiri dengan tanda baca titik.(c) Setiap judul tabel harus diketik dimulai dari margin kiri. Judul tabel diketik di atas tabel.(d) Nomor dan judul tabel diletakkan dua spasi di atas batas tabel (tengah)

Page 10: Buku panduan skripsi fix 2014

PANDUAN PENYUSUNAN KARYA ILMIAH STMIK DHARMA WACANA METRO

Versi : 01 TEKNIK PENULISAN KARYA ILMIAH

L. GambarGambarmenunjukkan semua materi nonverbal yang digunakan dalam tubuh tulisan atau lampiranseperti peta, grafik, foto, gambar, dan skema/diagram.

(1) Pembuatan Gambar(a) Untuk membuat gambar harus menggunakan komputer agar hasil ketikan menjadi

baik/standar.(b) Jika lebih dari satu warna digunakan dalam pembuatan gambar, pewarnaan harus sesuai

untuk seluruh gambar.(c) Pemandu huruf dapat digunakan untuk judul, nomor, dan tanda-tanda.(d) Gambar sedapat mungkin menggunakan kertas dengan mutu yang sama dengan kertas yang

digunakan untuk seluruh tulisan.(e) Gambar yang berbentuk foto yang lebih kecil dari halaman tulisan harus dilem dengan rapat

pada kertas dengan kualitas yang sama dengan kertas untuk seluruh tulisan.

(2) Penempatan Gambar(a) Gambar harus berada dalam margin dan diletakan sedekat mungkin dengan uraian dalam

tulisan.(b) Posisi gambar sejajar lebar atau sejajar panjang kertas tidak dipengaruhi oleh cara

penomoran halaman.(c) Gambar yang ukurannya kurang atau sama dengan setengah halaman dapat diletakkan di

antara uraian laporan dan dipisahkan dari kalimat sebelah atas dan bawah dengan satu spasitripel.

(d) Gambar yang lebih besar dari pada setengah halaman diletakkan pada halaman tersendiri.(e) Dua atau tiga gambar yang kecil dapat diletakan pada satu halaman dengan pemisahan.(f) Gambar yang lebar dapat diketik atau diletakkan sejajar panjang kertas(g) Gambar yang besarnya melebihi ukuran kertas dapat dilipat dengan lipatan yang sesuai

dengan ukuran kertas; margin diukur dari batas kertas.(h) Gambar, misalnya peta, yang besarnya melebihi ukuran kertas dapat dilipat dan dimasukkan

ke dalam kantong pada bagian dalam kulit belakang.

(3) Penomoran Gambar(a) Gambar dinomori dengan seri yang berbeda sesuai dengan bab pada gambar tersebut berada.(b) Setiap seri diberi nomor urut dengan angka arab; misalnya: Gambar 2.16. (artinya tabel

pada bab 2 nomor 16)(c) Penomoran halaman gambar

1. Penomoran halaman yang memuat gambar mengikuti halaman naskah.2. Nomor halaman tersebut digunakan dalam menyusun daftar gambar.

(4) Judul Gambar(a) Judul gambar adalah penggambaran isi gambar dan harus sama dengan segala hal yang

tertera dalam gambar.(b) Judul diusahakan singkat dan lugas, serta diakhiri dengan tanda baca titik.(c) Setiap judul gambar harus diketik dimulai dari margin kiri. Judul gambar yang pendek (1-4

kata) diketik di bawah gambar pada bagian tengah.(d) Judul gambar yang terlalu panjang,

1. Jika judul gambar terlalu panjang untuk diletakkan dua spasi di bawah gambar, halamanlain dapat ditambahkan di sebelah muka.

Page 11: Buku panduan skripsi fix 2014

PANDUAN PENYUSUNAN KARYA ILMIAH STMIK DHARMA WACANA METRO

Versi : 01 TEKNIK PENULISAN KARYA ILMIAH

2. Judul diketik sedikit di atas pertengahan kertas yang ditambahkan dan diletakkanmenghadap ke gambar.

3. Nomor gambar harus ada pada halaman judul gambar dan pada halaman gambar beradadi bawah gambar tersebut.

4. Halaman tambahan yang memuat judul gambar diberi nomor halaman; halaman disebaliknya tidak.

(e) Nomor dan judul gambar diletakkan dua spasi di bawah batas gambar bawah (tengah).

3.3.2 Bentuk KhususKarya ilmiah yang berupa laporan lengkap (tugas akhir) terdiri dari halaman-halaman pemula, isi,dan bahan-bahan acuan.A. Halaman-Halaman Pemula

Halaman-halaman pemula terdiri atas:(1) Pernyataan Orisinilitas Penelitian

Berisikan pernyataan dari penulis /peneliti bahwa hasil penelitiannya (tugas akhir /skripsi)merupakan hasil penelitian sendiri, dan bukan hasil dari penelitian orang lain.

(2) Abstrak(a) Tujuan utama pembuatan abstrak adalah untuk memberikan informasi ringkas tentang

penelitian yang bersangkutan, yang memungkinkan pembaca untuk mengambilkeputusan apakah tulisan tersebut akan bermanfaat untuk dibaca.

(b) Informasi pada abstrak1. Masalah, tujuan, dan hipotesis (jika ada)2. Deskripsi singkat metode, teknik, dan data yang digunakan.3. Temuan-temuan utama.

(c) Jumlah halaman atau kata pada abstrakPada tugas akhir jumlah halaman paling banyak dua halaman atau 250 kata.

(d) Pengetikan1. Kata “ABSTRAK” harus diketik dengan huruf besar tanpa tanda petik, diletakkan di

tengah-tengah kertas berjarak 4 cm dari pinggir atas kertas pada halaman pertamaabstrak.

2. Kata “Oleh” harus diketik dengan jarak satu spasi tripel di bawah judul tanpa tandapetik.

3. Nama penulis diketik berjarak satu spasi ganda di bawah kata “Oleh” dan berjaraksama dari margin kiri dan kanan.

4. Pengetikan isi abstraka. Pengetikan dimulai empat spasi di bawah nama penulis.b. Pada halaman berikutnya, nama penulis diketik di sudut kanan atas berjarak satu

spasi dari batas atas margin dan berakhir pada batas kanan margin.c. Seluruh naskah dalam abstrak karya ilmiah ditulis dalam spasi tunggal

(3) Judul karya ilmiah(a) Judul diketik seluruhnya dalam huruf besar(b) Jika lebih dari satu baris, maka disusun secara sistematis dan diketik dalam spasi

tunggal.(c) Nama penulis diketik lengkap.(d) Halaman judul-luar (kulit) hanya memuat judul, jenis karya ilmiah, logo, nama penulis,

nama sekolah tinggi, tempat, dan tahun penulisan

Page 12: Buku panduan skripsi fix 2014

PANDUAN PENYUSUNAN KARYA ILMIAH STMIK DHARMA WACANA METRO

Versi : 01 TEKNIK PENULISAN KARYA ILMIAH

(e) Gelar yang bersangkutan dengan tugas akhir diketik seluruhnya dalam huruf semikapitaldan dicantumkan dalam halaman judul-dalam.

(f) Nama program studi, Sekolah Tinggi, bulan, dan tahun penulisan harus dicantumkanpada halaman judul-dalam.

(4) Halaman PersetujuanMeliputi : Judul karya ilmiah, nama mahasiswa, NPM mahasiswa, program studi,Institut/Universitas, anggota komisi pembimbing, dan ketua program studi .

(5) Halaman PengesahanMeliputi: tim penguji, Dekan Fakultas, dan tanggal lulus ujian skripsi/tugas akhir.

(6) Motto (bukan keharusan)Dapat berupa kondisi yang menjadi prinsip hidup yang bersangkutan

(7) Riwayat hidup (bukan keharusan)Dapat berupa: data mengenai tanggal dan tempat lahir, nama orang tua, riwayat pendidikan,dan riwayat pekerjaan serta prestasi (jika ada).

(8) Persembahan (bukan keharusan)Jika ada, diketik harus singkat dan ditempatkan di tengah-tengah halaman.

(9) Prakata(a) Pengetikan

“PRAKATA” diketik dengan huruf besar dan terletak di tengah-tengah kertas berjarak 4cm dari pinggir atas kertas tanpa tanda petik.

(b) Isi1. Gambaran umum tugas, ketentuan pengarahan dan pegangan kerja peneliti.2. Gambaran umum pelaksanaan tugas dan hasil yang dicapai.3. Ucapan terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu.4. Tempat, tanggal, bulan, dan tahun penyusunan tulisan.5. Nama penulis/penanggung jawab.6. Tidak ada duplikasi isi dengan bagian tugas akhir yang lain.

(c) Naskah kata pengantar/ucapan terimakasih diketik empat spasi di bawah “ PRAKATA”(d) Penomoran

1. Halaman ini dinomori dengan angka romawi i di samping kanan, satu spasi daribatas bawah margin berjarak 3 cm dari pinggir kanan kertas.

2. Jika ada halaman persembahan, halaman ini dinomori ii.

(10) Daftar Isi(a) Pengetikan

1. Judul “DAFTAR ISI” diketik dengan huruf besar dan terletak di tengah-tengahkertas berjarak 6 cm dari pinggir atas kertas tanpa tanda petik.

2. Judul-judul diketik mulai dari batas kiri berjarak empat spasi di bawah “DAFTARISI”

3. Kata “Halaman” diketik tiga spasi di bawah “DAFTAR ISI” dengan huruf “n”terletak pada batas akhir margin kanan.

4. Nomor halaman entri pada daftar isi diketik di bawah kata halaman dengan angkaterakhir pada batas margin kanan.

Page 13: Buku panduan skripsi fix 2014

PANDUAN PENYUSUNAN KARYA ILMIAH STMIK DHARMA WACANA METRO

Versi : 01 TEKNIK PENULISAN KARYA ILMIAH

(b) Materi1. Hanya materi sesudah daftar isi dimasukkan ke dalam daftar.2. Bahan-bahan pada halaman-halaman sebelumnya daftar isi tidak dicantumkan.3. Di bawah kata “LAMPIRAN” dicantumkan hal-hal yang ada dalam lampiran

(antara lain tabel dan gambar).(c) Judul-judul bab ditulis dalam daftar isi dengan susunan kata-kata yang persis sama

dengan yang tertulis dalam isi tulisan(d) Penomoran halaman

1. Daftar isi diberi nomor halaman dalam huruf Romawi kecil, disamping kanan(mengikuti nomor hakam kata pengantar).

2. Nomor diketik satu spasi dari batas bawah margin, berjarak 3 cm dari pinggi kanankertas.

(11) Daftar Tabel(a) Daftar tabel memuat seluruh judul tabel dalam naskah maupun dalam lampiran.(b) Pengetikan

1. Judul “DAFTAR TABEL” diketik tanpa tanda petik di tengah kertas, berjarak 6 cmdari pinggir atas kertas.

2. Pengetikan judul-judul tabel dimulai pada batas kiri margin, berjarak 4 spasi dibawah “DAFTAR TABEL”.

3. Jarak antar judul tabel ada dua spasi, dan jarak antar baris dalam judul tabel satuspasi

4. Kata “Halaman” diketik tiga spasi di bawah “DAFTAR TABEL” dengan huruf “n”terletak pada batas margin kanan.

5. Kata “Tabel” diketik sejajar dengan kata “Halaman” berjarak tiga spasi di bawah“DAFTAR TABEL” dengan huruf “T” terletak pada batas margin kiri.

6. Nomor urut tabel dari naskah dan lampiran diketik berjarak dua spasi di bawah kata“Tabel”, dimulai persis dari batas margin kiri. Jika nomor urut tabel terakhir terdiridari lebih dari satu digit, angka pertama nomor tabel yang lebih dari satu digitdiketik dimulai dari batas margin kiri.

7. Nomor halaman tabel dari naskah dan lampiran diketik di bawah kata “Halaman”dengan digit terakhir pada batas margin kanan.

(c) Penomoran halaman1. Halaman daftar tabel diberi nomor halaman dalam huruf Romawi kecil mengikuti

nomor halaman daftar isi.2. Nomor halaman diketik satu spasi di bawah batas bawah margin, berjarak 3 cm dari

pinggir kanan kertas.(12) Daftar Gambar

(a) Daftar gambar menurut seluruh judul gambar dalam naskah maupun dalam lampiran.(b) Pengetikan

1. Judul “DAFTAR GAMBAR” diketik tanpa tanda petik di tengah-tengah kertas,berjarak 6 cm dari pinggir atas kertas.

2. Pengetikan judul-judul gambar dimulai pada batas kiri margin,3. berjarak 4 spasi di bawah “DAFTAR GAMBAR”.4. Jarak antarjudul gambar adalah dua spasi, dan jarak antarbaris dalam judul gambar

adalah satu spasi.5. Kata “Halaman” diketik tiga spasi di bawah kata “DAFTAR GAMBAR” dengan

huruf “n” terletak pada batas margin kanan.

Page 14: Buku panduan skripsi fix 2014

PANDUAN PENYUSUNAN KARYA ILMIAH STMIK DHARMA WACANA METRO

Versi : 01 TEKNIK PENULISAN KARYA ILMIAH

6. Kata “Gambar” diketik sejajar dengan kata “Halaman” berjarak tiga spasi di bawah“DAFTAR GAMBAR” dengan huruf “G” terletak pada batas margin kiri.

7. Nomor urut gambar dari naskah dan lampiran diketik berjarak dua spasi di bawahkata “Gambar”, dimulai persis dari batas margin kiri. Jika nomor urut gambarterakhir lebih dari satu digit, angka pertama nomor gambar yang lebih dari satu digitdiketik dimulai dari batas margin kiri.

8. Nomor halaman gambar dari naskah dan lampiran diketik di bawah kata “Halaman”dengan angka terakhir pada batas margin kanan.

(c) Penomoran halaman1. Halaman Daftar Gambar diberi nomor halaman dalam huruf romawi kecil

mengikuti nomor halaman Daftar Tabel2. Nomor halaman diketik satu spasi di bawah batas margin, berjarak 3 cm dari pinggir

kanan kertas.

(13) Daftar Simbol, Singkatan, dan Tata Nama(a) Daftar-daftar ini kalau digunakan harus diletakkan setelah daftar gambar pada halaman-

halaman pemula(b) Tata cara penomoran halaman mengikuti halaman dedikasi atau kata penghantar.

B. Isi Proposal Skripsi dan Tugas Akhir1. Isi Proposal Skripsi

Terdiri dari :(a) Latar Belakang/Pendahuluan diketik tanpa tanda petik di pinggir kiri kertas setelah

penomoran berjarak 4 spasi dari judul atas. Pendahuluan berisikan latar belakangtimbulnya suatu permasalahan dari obyek yang diteliti sebagai dasar untuk meneliti.

(b) Rumusan masalah diketik tanpa tanda petik di pinggir kiri kertas setelah penomoranberjarak 2 spasi. Rumusan masalah berisikan masalah yang akan diteliti danpermasalahan tersebut berbentuk kalimat tanya/pernyataan.

(c) Ruang Lingkup Penelitian diketik tanpa tanda petik di pinggir kiri kertas setelahpenomoran berjarak 2 spasi setelah isi rumusan masalah. Batasan masalah berisi tempatdan waktu penelitian serta bagian mana yang diteliti dari tempat tersebut.

(d) Tujuan dan manfaat penelitian diketik tanpa tanda petik di pinggir kiri kertas setelahpenomoran berjarak 2 spasi setelah isi batasan masalah. Tujuan dan manfaat penelitianberisikan tujuan peneliti melakukan penelitian dan manfaat yang didapat dari penelitiantersebut.

(e) Landasan Teori diketik tanpa tanda petik di pinggir kiri kertas setelah penomoranberjarak 2 spasi setelah isi tujuan dan manfaat penelitian. Tinjauan pustaka berisikanteori-teori yang menunjang penelitian tersebut.

(f) Rencana penelitian diketik tanpa tanda petik di pinggir kiri kertas. Rencana penelitianberisikan kegiatan yang akan dilakukan sesuai dengan tahapan kegiatan yang ada padametode penelitian, waktu, tempat dan alat yang dibutuhkan (jadwal kegiatan).

(g) Daftar pustaka, berisi rujukan buku atau karya ilmiah lainnya.

Page 15: Buku panduan skripsi fix 2014

PANDUAN PENYUSUNAN KARYA ILMIAH STMIK DHARMA WACANA METRO

Versi : 01 TEKNIK PENULISAN KARYA ILMIAH

2. Isi Proposal Tugas akhir:(a) Latar Belakang/Pendahuluan diketik tanpa tanda petik di pinggir kiri kertas setelah

penomoran berjarak 4 spasi dari judul atas. Pendahuluan berisikan latar belakangtimbulnya suatu permasalahan dari obyek yang diteliti sebagai dasar untuk meneliti.

(b) Rumusan masalah diketik tanpa tanda petik di pinggir kiri kertas setelah penomoranberjarak 2 spasi. Rumusan masalah berisikan masalah yang akan diteliti danpermasalahan tersebut berbentuk kalimat tanya/pernyataan.

(c) Ruang Lingkup Penelitian diketik tanpa tanda petik di pinggir kiri kertas setelahpenomoran berjarak 2 spasi setelah isi rumusan masalah. Batasan masalah berisi tempatdan waktu penelitian serta bagian mana yang diteliti dari tempat tersebut.

(d) Tujuan dan manfaat penelitian diketik tanpa tanda petik di pinggir kiri kertas setelahpenomoran berjarak 2 spasi setelah isi batasan masalah. Tujuan dan manfaat penelitianberisikan tujuan peneliti melakukan penelitian dan manfaat yang didapat dari penelitiantersebut.

(e) Landasan Teori diketik tanpa tanda petik di pinggir kiri kertas setelah penomoranberjarak 2 spasi setelah isi tujuan dan manfaat penelitian. Tinjauan pustaka berisikanteori-teori yang menunjang penelitian tersebut.

(f) Tahapan penelitian diketik tanpa tanda petik di pinggir kiri kertas. Tahapan penelitianberisikan kegiatan yang akan dilakukan sesuai dengan tahapan kegiatan yang ada padametode penelitian, waktu, tempat dan alat yang dibutuhkan (jadwal kegiatan).

(g) Daftar pustaka, berisi rujukan buku atau karya ilmiah lainnya.

C. Penulisan bahan-bahan KepustakaanTata cara penulisan kepustakaan pada dasarnya disesuaikan dengan bidang ilmu.Daftar Pustaka yang akan dijadikan referensi minimal berjumlah 10 (sepuluh) buah, dengantext books asli minimal berjumlah 6 (enam) buah.Penulisan Daftar Pustaka dan Kutipan berpedoman pada Harvard System sebagai berikut:

3.2.1 Penulisan Daftar PustakaDalam membuat Daftar Pustaka, mahasiswa diharuskan untuk mengikuti prinsip-prinsipumum sebagai berikut :• Tulis semua buku dan bahan-bahan lain yang dijadikan referensi berdasarkan urutan

abjad nama keluarga (last name) pengarangnya.• Jika tidak terdapat nama pengarangnya, maka huruf awal judul referensi (selain a, an,

atau the) yang dipakai berdasarkan urutan abjadnya.• Masukkan semua nama pengarang dan tidak menggunakan “et al.”. Nama pertama

(first name) dan nama tengah (mid name) pengarang harus disingkat: misalnya, GlennA. Welsch ditulis Welsch, G. A.

• Letakkan tahun penerbitan setelah nama pengarang yang terakhir.• Garis bawahi judul dan sub judul buku (referensi), dan gunakan huruf besar hanya

pada huruf pertama dari judul dan sub judul.• Jangan menggunakan tanda kutipan (“….”) pada judul dan sub judul.• Apabila buku yang digunakan adalah buku terjemahan, maka selain nama

pengarangnya yang asli masukkan pula kata-kata ....... diterjemahkan oleh ............,atau ....... alih bahasa oleh ......., baru kemudian tahun penerbitan buku terjemahan tsb.

Page 16: Buku panduan skripsi fix 2014

PANDUAN PENYUSUNAN KARYA ILMIAH STMIK DHARMA WACANA METRO

Versi : 01 TEKNIK PENULISAN KARYA ILMIAH

• Apabila Periodicals, Jurnal, Majalah Ilmiah, dan Reviews, yang dijadikan referensi,maka judul dan sub judul tidak diberi garis bawah, tetapi nama Periodicals, Jurnal,Majalah Ilmiah, dan Reviews beserta nomor edisinya yang diberi garis bawah.

• Gunakan “p” atau “pp.” singkatan page atau pages, untuk kutipan bahasa asing, atau“h” untuk kutipan bahasa Indonesia, sebelum nomor halaman referensi yangdigunakan.

• Dapat pula digunakan bentuk singkatan untuk nama Publisher (Penerbit) atas referensiyang digunakan, sepanjang singkatan tersebut sudah populer dan dikenal umum.

• Jangan meng-indent baris pertama dari referensi, tetapi meng-indent 3 (tiga) hurufuntuk baris kedua dan berikutnya.

3.2.2 Contoh Text Book Asing :rd

Boumol, W. J., & Blinder, A. S. 1988. Economics: Principles and policy (3Harcourt Brace Javanovich, Publishers, San Diego.

Daft, R. L. 1988. Management. The Dryden Press, Chicago.

ed.).

Gibson, J. L., Ivancevich, J. M., & Donnelly, J. H. 1988. Organizations: Behavior,structure, process. Business Publication, Inc, Plano: Texas.

Sawyer, L. B., & Sumners, G. E. 1988. Sawyer’s internal auditing: The practice ofmodern internal auditing (revised & enlarged). The Institute of Internal Auditors,Inc. Altamonte Spring, Florida.

Welsch, G. A., Hilton, R. W., & Gordon, P. N. 1988. Budgeting: Profit planning andcontrol. Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice Hall.

3.2.3 Contoh Text Book Terjemahan :Belkaoui, A. R. 2000. Teori akuntansi buku 1 dan 2. (Alih bahasa Marwata, Widiastuti,

H., Kurniawan, C. H., Ariesanti, A. A ). Penerbit Salemba Empat, Jakarta.Dyekman, T. R., Dukes, R. E. & Davis, C. J. 1996. Akuntansi intermediate jilid 1 ( edisi

3). (Alih bahasa Ali, M). Penerbit Erlangga, Jakarta.Hansen, D. R. & Mowen, M. M. 1997. Akuntansi manajemen jilid 1. (Alih bahasa

Hermawan, A. A.). Penerbit Erlangga, Jakarta.

3.2.4 Contoh Text Book Indonesia :Husnan, S. 2001. Dasar-dasar teori portofolio. Unit Penerbit dan Percetakan AMP

YKPN, Yogjakarta.1999. Dasar-dasar manajemen keuangan. Unit Penerbit dan Percetakan

AMP YKPN, Yogjakarta.Mulyadi. 2001. Akuntansi manajemen: Konsep, manfaat, & rekayasa (edisi 3) Penerbit

Salemba Empat, Jakarta.Purnawan, H. 2001. Undang-undang perpajakan 2000: Gabungan pasal-pasal yang

berubah dan pasal-pasal yang tidak berubah serta penjelasannya. Penerbit Erlangga,Jakarta.

Supranto, J. 2000. Statistik: Teori dan aplikasi jilid 1 dan 2 (edisi keenam). Penerbit

Erlangga, Jakarta.

Page 17: Buku panduan skripsi fix 2014

PANDUAN PENYUSUNAN KARYA ILMIAH STMIK DHARMA WACANA METRO

Versi : 01 TEKNIK PENULISAN KARYA ILMIAH

3.2.5 Bahan Dari WebsiteFormat :

Pengarang. Judul. http://[nama website]. Jam dan Tanggal akses, tahun.

3.2.6 Penulisan KutipanPenulisan kutipan menurut Harvard Style harus menyajikan paling tidak nama keluarga(last name) pengarangnya dan tahun publikasinya. Dalam kutipan langsung, maka nomorhalamannya harus pula dituliskan.

3.2.7 Penulis AsingBerikut ini adalah beberapa contoh penulisan kutipan yang diambil dari buku yangpengarangnya orang asing, sebagai berikut :

a. Contoh satu pengarang :Gitman (2006, p.116) menyatakan, “Cash Budget is a statement of the firm’s plannedinflows and outflows of cash that is used to estimate its short-term cashrequirements”.

b. Contoh dua pengarang :Hansen dan Mowen (2005, p.42) mendefinisikan Direct Materials adalah “materialsthat are directly traceable to the goods or services being produced”.

c. Contoh lebih dari dua pengarang :Chase, Jacobs, dan Aquilano (2004, p.66) menulis, “Project Management can bedefined as planning, directing, and controlling resources (people, equipment,material) to meet the technical, cost, and time constraints of the project”.

3.2.8 TerjemahanPerlu diperhatikan pula bahwa, apabila mahasiswa ingin menulis kutipan dari seorangpengarang asing yang telah diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, maka disampingnama pengarangnya, juga harus disebutkan penerjemahnya (yang diterjemahkan oleh……- nama penerjemah .......).

Contoh :Richard L. Daft yang diterjemahkan oleh Diana Angelica (2006, p.173) mendefinisikan,“Efek Halo adalah sejenis kesalahan penilaian yang terjadi ketika seorang karyawanmenerima penilaian yang sama pada segala hal tanpa mempedulikan kinerjanya padatiap-tiap dimensi secara individual”

3.2.9 Penulis IndonesiaMulyadi (2001, p.5) mendefinisikan “Sistem adalah suatu jaringan prosedur yang dibuatmenurut pola yang terpadu untuk melaksanakan kegiatan pokok perusahaan” .

Untuk kutipan selanjutnya yang bersumber dari referensi yang sama, makacukup hanya menuliskan nama keluarga (last name) pengarang yangpertamadiikuti dengan “et al.”.Misalnya: Chase et al. menyatakan “ …………………..” (p. 97).

Page 18: Buku panduan skripsi fix 2014

Versi : 01 TEKNIK PENULISAN KARYA ILMIAH

STMIK DHARMA WACANA METROPANDUAN PENYUSUNAN KARYA ILMIAH

3.2.10 Penulisan Kutipan Tidak Langsung.Kutipan tidak langsung adalah kutipan yang bersumber dari pendapat/ide/tulisanseseorang tetapi dituangkan dalam gaya bahasa atau kalimat penulis (mahasiswa).Dengan kata lain, penulis (mahasiswa) mengungkapkan pengertiannya sendiri mengenaipendapat/ide/tulisan seseorang mengenai topik tertentu.

Dalam penulisan kutipan tidak langsung, tidak perlu menuliskan tanda kutip dan halamanbuku yang mengungkapkan materi/topik yang bersangkutan, tetapi harus memasukkan(menuliskan) nama pengarang yang pendapat/ide/tulisannya dijadikan acuan, dan tahunpenerbitan buku yang memuat pendapat/ide/tulisan tersebut. Untuk itu, penulis dapatmenggunakan contoh kata-kata di bawah ini.

Contoh :

Mengacu pada pendapat Warren Reeve Fees (2006) pengertian pengendalian internadalah kebijakan dan prosedur yang melindungi aktiva perusahaan dari kesalahanpenggunaan, memastikan bahwa hukum serta peraturan telah diikuti.

1. Lampiran(a) Lampiran umumnya berisi bahan-bahan tambahan, data asli, atau penyitiran yang terlalu

panjang untuk dicantumkan dalam naskah tulisan.(b) Bagian ini dipisahkan dari bagian lain dengan kertas yang bertuliskan “LAMPIRAN” di

pusat kertas yang tidak dihitung dalam penomoran halaman.(c) Lampiran-lampiran dapat dibagi dalam bebereapa jenis lampiran, misalnya lampiran A,

Lampiran B, dan seterusnya.(d) Tabel dan gambar dalam lampiran harus diberi nomor, judul dan daftar dalam tabel atau

daftar gambar pada halaman-halaman pemula.(e) Penomoran tabel dan gambar mengikuti aturan dalam naskah.

D. Pengetikan Judul Bab, Subbab(a) Judul bab, subbab, subsubbab tidak boleh diakhiri dengan titik.

(i) Setiap judul bab diketik seluruhnya dalam huruf besar; penebalan (bold) bukankeharusan tetapi optional; tanpa tanda petik; di tengah-tengah kertas; berjarak 6 cmdari pinggir atas kertas.

(ii) Jika judul bab lebih dari satu baris, judul diketik simetris & 1 spasi(iii) Penyantuman nomor bab bukan keharusan, tetapi optional.

(b) Judul subbab(i) Huruf pertama kata selain kata sambung diketik huruf besar.(ii) Penebalan (bold) bukan keharusan tetapi optional.(iii) Jika judul subbab lebih dari satu baris, judul diketik dalam 1 spasi(iv) Pencantuman nomor subbab bukan keharusan, tetapi optional.

(c) Judul sub-subbab(i) Huruf besar hanya digunakan pada awal kalimat.(ii) Penebalan (bold) bukan keharusan tetapi optional.(iii) Jika judul subsubbab lebih dari satu baris, judul diketik dalam 1 spasi(iv) Penyantuman nomor subsubbab bukan keharusan, tetapi optional.

Page 19: Buku panduan skripsi fix 2014

STMIK DHARMA WACANA METROPANDUAN PENYUSUNAN KARYA ILMIAH

Versi : 01 HAL-HAL LAIN

BAGIAN IV HAL-HAL LAIN

4.1 Jumlah Laporan Tugas Akhir/SkripsiSebelum diujikan, laporan Tugas Akhir/Skripsi dicetak sebanyak empat (4) eksemplar tanpa harusdijilid. Setelah diujikan dan diperbaiki, laporan Tugas Akhir/Skripsi dicetak sebanyak empat (4)eksemplar dengan perincian sebagai berikut: 1 eksemplar untuk perpustakaan STMIK DHARMAWACANA, satu eksemplar untuk Jurusan, 1 eksemplar untuk perusahaan/tempat penelitian dansatu eksemplar untuk penulis.

4.2 Ujian Laporan Tugas Akhir/Skripsi1. Ujian

Laporan Tugas Akhir/Skripsi yang telah disusun harus dipertahankan oleh mahasiswa yangbersangkutan dalam forum ujian yang khusus diadakan untuk penulis.

2. Panitia PengujiPanitia penguji diangkat oleh Rektor atas usul Ketua Jurusan yang terdiri dari 3 orang satuorang sebagai ketua merangkap anggota dan dua orang lagi sebagai anggota penguji

3. Pelaksanaan UjianUjian Laporan Tugas Akhir/Skripsi bersifat komprehensif dan diselenggarakan secaraterbuka, kecuali jika Tim Penguji memutuskan lain atas dasar pertimbangan-pertimbangantertentu. Yang dimaksud terbuka adalah bahwa ujian tersebut boleh dihadiri oleh dosen danatau mahasiswa yang berminat sejauh tidak mengganggu jalannya ujian.

Page 20: Buku panduan skripsi fix 2014

Versi : 01 LAMPIRAN

STMIK DHARMA WACANA METROPANDUAN PENYUSUNAN KARYA ILMIAH

Page 21: Buku panduan skripsi fix 2014

Versi : 01 LAMPIRAN

STMIK DHARMA WACANA METROPANDUAN PENYUSUNAN KARYA ILMIAH

Lampiran 1:

PENILAIAN KINERJA KARYAWAN MENGGUNAKAN FUZZYLOGIC

SKRIPSI

Diajukan Sebagai Salah Satu Syarat Untuk Mencapai GelarSARJANA KOMPUTER

Pada Program Studi Teknik InformatikaSTMIK Dharma Wacana Metro

Disusun Oleh :

MEGA LESTARINPM 10010082

JURUSAN TEKNIK INFORMATIKASEKOLAH TINGGI MANAJEMEN INFORMATIKA DAN KOMPUTER

DHARMA WACANA METRO2014

Page 22: Buku panduan skripsi fix 2014

Versi : 01 LAMPIRAN

STMIK DHARMA WACANA METROPANDUAN PENYUSUNAN KARYA ILMIAH

Lampiran 2 :

PERNYATAAN

Saya yang bertanda tangan dibawah ini, menyatakan bahwa skripsi yang saya ajukan ini adalah

hasil karya saya sendiri, tidak terdapat karya yang pernah diajukan untuk memproleh gelar

kesarjanaan di suatu perguruan tinggi atau karya yang pernah ditulis atau diterbitkan orang lain

kecuali yang secara tertulis diacu dalam naskah ini dan disebutkan dalam daftar pustaka. Karya ini

adalah milik saya dan pertanggungjawaban sepenuhnya berada di pundak saya.

Metro, Februari 2014

MEGA LESTARINPM 10010082

Page 23: Buku panduan skripsi fix 2014

Versi : 01 LAMPIRAN

STMIK DHARMA WACANA METROPANDUAN PENYUSUNAN KARYA ILMIAH

Lampiran 3 :

HALAMAN PERSETUJUAN

Judul Skripsi : Penilaian Kinerja karyawan Menggunakan Fuzzy Logic

Nama Mahasiswa : Mega Lestari

No. Pokok Mahasiswa : 10010082

Program Studi : Teknik Informatika

MENYETUJUI

Ketua Program StudiTeknik Informatika, Pembimbing,

Heri Nurdiyanto, S.Kom, M.T.I. Ridwan Yusuf, S.T., M.T.I.NIK.004009151 NIK. 004004148

Page 24: Buku panduan skripsi fix 2014

Versi : 01 LAMPIRAN

STMIK DHARMA WACANA METROPANDUAN PENYUSUNAN KARYA ILMIAH

Lampiran 4 :

HALAMAN PENGESAHAN

Telah diuji dan dipertahankan didepan Tim Penguji Tugas Akhir/SkripsiProgram Studi Teknik Informatika STMIK Dharma Wacana Metro dan dinyatakan diterima untuk

Memenuhi syarat guna memperoleh gelarSarjana Komputer

Mengesahkan,

1. Tim Penguji : Tanda Tangan

Ketua : Untoro Apsiswanto,S.T.,M.TI

Sekretaris : Ridwan Yusuf, S.T., M.T.I

Penguji Utama : Heri Nurdiyanto,S.Kom.,M.TI

2. STMIK Dharma Wacana MetroKetua,

Untoro Apsiswanto,S.T.,M.TINIK.

Tanggal Lulus Ujian Skripsi :

Page 25: Buku panduan skripsi fix 2014

Versi : 01 LAMPIRAN

STMIK DHARMA WACANA METROPANDUAN PENYUSUNAN KARYA ILMIAH

Lampiran 5 :

RIWAYAT HIDUP

Penulis dilahirkan di Tanjung Ratu Kecamatan Katibung Lampung Selatan pada tanggal

18 desember 1988, anak kedua dari lima bersaudara dari keluarga Bambang Supriyanto

dan Sakiroh.

Penulis menyelesaikan pendidikan pada Sekolah Dasar Negeri 2 Tanjung Ratu di

Katibung pada tahun 2004, Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama Negeri 1 Katibung

diselesaikan pada tahun 2007, dan Sekolah Menengah Kejuruan Yaditama Sidomulyo

diselesaikan pada tahun 2010.

Pada tahun 2010 penulis diterima sebagai mahasiswi STMIK Dharma Wacana Metro

Jurusan Sistem informasi.

Penulis,

Mega LestariNPM 10010082

Page 26: Buku panduan skripsi fix 2014

Versi : 01 LAMPIRAN

STMIK DHARMA WACANA METROPANDUAN PENYUSUNAN KARYA ILMIAH

Lampiran 6 :

HALAMAN PERSEMBAHAN

Skripsi ini saya persembahkan kepada :

1. Ayah dan ibu tercinta, yang selalu memberikan doa, nasihat, kasih sayang serta dukungan

baik moril maupun materil.

2. Kakak dan adik-adikku tercinta yang selalu memberi semangat dan selalu menunggu

keberhasilanku

3. Semua teman – teman yang telah banyak membantu dalam penulisan skripsi ini.

4. Almamater tercinta STMIK Dharma Wacana Metro

Page 27: Buku panduan skripsi fix 2014

Versi : 01 LAMPIRAN

STMIK DHARMA WACANA METROPANDUAN PENYUSUNAN KARYA ILMIAH

Lampiran 7 :

MO T T O

Yang kupegang bukan Tuhan mengabulkan atau tidak mengabulkan doa ku melainkan

berpegang bahwa Dia memberi yang terbaik untuk hidup dan iman ku (M.B 82).

Ketekunan membuat yang mustahil menjadi mungkin yang mungkin menjadi kemungkinan

besar dan yang kemungkinan besar menjadi pasti (Robert Half).

Manusia boleh berencana tapi Tuhanlah yang tetap menentukan.

Experience is the best teacher.

Jadilah seperti padi semakin berisi, semakin merunduk

Page 28: Buku panduan skripsi fix 2014

Versi : 01 LAMPIRAN

STMIK DHARMA WACANA METROPANDUAN PENYUSUNAN KARYA ILMIAH

Lampiran 8 :

ABSTRAK

Sistem Pengendalian Persediaan dan Pendistribusian KWH MeterBerbasis Jaringan pada PT. PLN (Persero) Ranting Metro

Oleh:

Mega Lestari

PT.PLN (Persero ) Ranting Kalianda yang beralamat di Jalan Kenanga No 3 Mulyojati 16 C, KotaMetro. PT.PLN ( Persero ) Ranting Metro membawahi 3 Kantor Jaga (Kaja) yaitu teletak diBantul, Ganjar Agung, dan Kauman. Semua pengolahan data berpusat pada Kantor Ranting MetroPT.PLN ( Peresero ) Ranting Metro memiliki gudang tempat penyimpanan persediaan peralatankantor dan sebagainya salah satunya adalah tempat penyimpan persediaaan KWH meter, selamaini pengolahan data persediaan yang ada diolah oleh pihak gudang dan jika ada bagian lain yangmembutuhkan data persediaan yang ada digudang maka harus menghubungi pihak gudang terlebihdahulu, setelah itu baru pihak gudang mencarikan data yang dibutuhkan oleh bagian tersebut

Berdasarkan permasalahan yang ada penulis merancang sistem pengendalian persediaan danpendistribusian KWH Meter berbasis jaringan pada PT PLN (Persero) Ranting Metro yang berupaprogram aplikasi dengan menggunakan bahasa pemrograman Microsoft Visual Basic 6.0 danMicrosoft SQL Sever sebagai databasenya.

Adanya sistem pengendalian persediaan dan pendistribusian KWH Meter berbasis jaringan pada PTPLN (Persero) Ranting Metro ini untuk membantu kinerja karyawan khususnya pada bagianpelayanan pelanggan, bagian operasional dan distribusi sehingga mempermudah dalam prosespencarian data, pengolahan data serta pembuatan laporan data persediaan dan pendistribusian KWHMeter.

Kata Kunci : Persediaan, Pendistribusian, KWH Meter

Page 29: Buku panduan skripsi fix 2014

Versi : 01 LAMPIRAN

STMIK DHARMA WACANA METROPANDUAN PENYUSUNAN KARYA ILMIAH

Lampiran 9 :

PRA KATA

Dengan kerendahan hati penulis memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, yang telah

memberikan Taufik dan Hidayah-Nya kepada penulis. Sholawat serta salam kepada junjungan

Nabi Muhammad SAW beserta keluarga, kerabat dan pengikutnya.

Sehubungan dengan itu maka penulis menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya

kepada :

1. Bapak Untoro Apsiswanto,S.T.,M.T.I., selaku Ketua STMIK Dharma Wacana Metro

2. Bapak Surono,S.Kom, selaku Pembantu Ketua I STMIK Dharma Wacana Metro

3. Bapak Heri Nurdiyanto,S.Kom.,M.T.I, selaku Ketua Program Studi Teknik Informatika

4. Bapak Budi Sutomo, S.Kom., selaku Pembimbing

5. Para dosen, staff dan karyawan STMIK Dharma Wacana Metro.

6. Staff dan karyawan PT. PLN (Persero) Ranting Metro

7. Kepada semua pihak yang telah membantu sehingga terlaksananya penulisan skripsi ini, semoga

amal yang telah diberikan mendapat balasan dari Allah SWT. Amin Ya Robbal Alamin

Demikianlah kata pengantar dari penulis apabila ada kekurangan dan kesalahan penulis mohon

kritik dan saran yang sifatnya membangun demi kesempurnaan skripsi ini. Semoga skripsi ini dapat

bermanfaat bagi kita semua.

Metro, Februari 2014

Penulis,

Mega LestariNPM 10010082

Page 30: Buku panduan skripsi fix 2014

Versi : 01 LAMPIRAN

STMIK DHARMA WACANA METROPANDUAN PENYUSUNAN KARYA ILMIAH

2.1. Perancangan Sistem Informasi ........................................................................... 6

2.2. Pengadaan Bahan Baku dan Hasil Produksi ....................................................... 6

2.3. Pengembangan Sistem Informasi ....................................................................... 7

2.3.1 Metode Pengembangan Sistem................................................................. 8

2.3.2 Karakteristik Sistem................................................................................. 10

2.3.3 Alat Analisis dan perancangan Sistem...................................................... 11

Lampiran 10 :

DAFTAR ISI

HALAMAN

HALAMAN JUDUL ......................................................................................................... i

HALAMAN PERNYATAAN ............................................................................................ ii

HALAMAN PERSETUJUAN ........................................................................................... iii

HALAMAN PENGESAHAN ............................................................................................ iv

RIWAYAT HIDUP ............................................................................................................ v

HALAMAN PERSEMBAHAN ......................................................................................... vi

MOTTO.............................................................................................................................. viii

ABSTRAK.......................................................................................................................... ix

PRA KATA ....................................................................................................................... x

DAFTAR ISI ...................................................................................................................... xii

DAFTAR GAMBAR.......................................................................................................... xv

DAFTAR TABEL .............................................................................................................. xvii

BAB I. PENDAHULUAN1.1 Latar Belakang................................................................................................... 1

1.2 Rumusan Masalah ............................................................................................. 3

1.3 Batasan Masalah................................................................................................ 3

1.4 Tujuan Penelitian............................................................................................... 3

1.5 Manfaat Penelitian ............................................................................................. 3

1.6 Sistematika Penulisan ....................................................................................... 4

BAB II. TINJAUAN PUSTAKA

Page 31: Buku panduan skripsi fix 2014

Versi : 01 LAMPIRAN

STMIK DHARMA WACANA METROPANDUAN PENYUSUNAN KARYA ILMIAH

Lampiran 11 :

DAFTAR GAMBAR

HALAMAN

Gambar 2.1 Tampilan Utama Microsoft SQL Server 2000 .............................................. 18

Gambar 3.1 Bagan Alir Dokumen Sistem Yang Berjalan ................................................ 22

Gambar 3.2 Diagram Konteks ......................................................................................... 24

Gambar 3.3 DFD Level 0 ................................................................................................ 25

Gambar 3.4 DFD Level 1 Proses 1 .................................................................................. 25

Gambar 3.5 DFD Level 1 Proses 2 .................................................................................. 26

Gambar 3.6 Rancangan Daftar Bahan Baku..................................................................... 27

Gambar 3.7 Rancangan Daftar Supplier .......................................................................... 27

Gambar 3.8 Rancangan Daftar Pakan.............................................................................. 28

Gambar 3.9 Rancangan Laporan Data Pengadaan Bahan Baku........................................ 28

Gambar 3.10 Rancangan Laporan Data Hasil Produksi.................................................... 29

Gambar 3.11 Rancangan Input Data Bahan Baku ............................................................ 29

Gambar 3.12 Rancangan Input Data Supplier .................................................................. 30

Gambar 3.13 Rancangan Input Data Pakan...................................................................... 30

Gambar 3.14 Rancangan Input Data Penerimaan Bahan Baku ......................................... 31

Gambar 3.15 Rancangan Input Data Hasil Produksi ....................................................... 31

Gambar 3.16 Relasi Antar Tabel .................................................................................... 32

Gambar 3.17 Hierarki Input Proses Output..................................................................... 38

Gambar 3.18 Flowchart Menu Utama............................................................................. 39

Gambar 3.19 Flowchart Submenu Master....................................................................... 39

Page 32: Buku panduan skripsi fix 2014

Versi : 01 LAMPIRAN

STMIK DHARMA WACANA METROPANDUAN PENYUSUNAN KARYA ILMIAH

Lampiran 12 :

DAFTAR TABEL

HALAMAN

Tabel 2.1 Simbol Untuk DFD......................................................................................... 12

Tabel 2.2 Simbol Bagan Alir Dokumen.......................................................................... 12

Tabel 2.3 Simbol Entity Relationship .............................................................................. 14

Tabel 3.1 Kamus Data Bahan Baku................................................................................. 32

Tabel 3.2 Kamus Data Supplier....................................................................................... 33

Tabel 3.3 Kamus Data Pakan .......................................................................................... 33

Tabel 3.4 Kamus Data Penerimaan.................................................................................. 34

Tabel 3.5 Kamus Data DPenerimaan............................................................................... 34

Tabel 3.6 Kamus Data Produksi ...................................................................................... 35

Tabel 3.7 Kamus Data Rincian Bahan Baku .................................................................... 35

Tabel 3.8 Kamus Data Rincian Pakan.............................................................................. 35